Feb 122019
 

JakartaGreater.com – Pemerintah Indonesia telah meminta kepada Airbus agar membuat komponen pesawat terbang di sana, agar memanfaatkan bahan baku yang tersedia di negara ini secara optimal, seperti dilansir dari laman Defense World pada hari Senin.

“Kami meminta kepada Airbus untuk merencanakan dan memproduksi komponen pesawat dengan Dirgantara Indonesia (PTDI), serta mendesak mereka untuk membuat ban pesawat mereka di sini”, menurut laporan Antara News mengutip Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan saat bertemu dengan Presiden Airbus Asia-Pasifik Jean-Marc Nasr pada hari Senin.

“Beberapa produsen ban mobil seperti Michelin, Dunlop dan GT telah melakukan kegiatan produksi mereka di Indonesia, dan banyak karet mentah kami telah dimanfaatkan secara optimal dalam produksi”, tambahnya. Menteri Luhut juga mengatakan bahwa dia tidak yakin berapa banyak investasi yang diperlukan Airbus untuk menyelesaikan tugasnya.

“Mereka masih melakukan beberapa perhitungan untuk biaya produksi, jumlah komponen yang dapat diproduksi di sini, dan nilai investasi untuk industri ban pesawat. Nantinya, kami juga akan menawarkan mereka beberapa kerjasama dengan perusahaan manufaktur pesawat kami”, ungkapnya.

Menteri Luhut juga mendorong agar Airbus untuk segera bekerjasama dengan perusahaan maskapai penerbangan lokal dalam bisnis pemeliharaan pesawat. “Dua maskapai penerbangan lokal Indonesia – Lion Air dan Garuda Indonesia ingin bekerjasama untuk pemeliharaan pesawat Airbus 320 mereka”, katanya.

  One Response to “Airbus Diminta Memproduksi Ban, Komponen Pesawat di Indonesia”

  1.  

    sekalian bikin velg nya xixixxi