Okt 282016
 
Helikopter H225M Airbus (Janes.com)

Helikopter H225M (EC725) Airbus (Janes.com)

Helikopter Airbus medium-twin rotorcraft H225M, untuk pertama kali telah dilengkapi kemampuan membawa rudal anti kapal MBDA AM39 Exocet yang diluncurkan oleh anak perusahaan Helibras di Brazil pada 25 Oktober 2016.

Upacara peluncuran berlangsung di fasilitas Itajuba Helibras. Helikopter pertama dari lima unit yang ada, dikembangkan untuk Angkatan Laut Brasil (Marinha do Brasil: MB) di bawah program H-XBR.

Berbicara kepada wartawan pada acara tersebut, kepala program H-XBR untuk Airbus Helicopters, Didier Cormary mengatakan, dengan pesanan 50 unit helikopter H225M untuk angkatan bersenjata Brasil, konfigurasi Operacio MB angkatan laut Brasil, bukan saja konfigurasi tercanggih yang dibangun untuk negara Amerika Latin, tapi juga yang paling ampuh. “Konfigurasi ini memiliki gigi,” katanya.

Konfigurasi Operacio MB terdiri dari dua rudal Exocet AM39 Block 2 Mod 2; sebuah radar penjejak permukaan chin-mounted Telephonics APS-143; missile approach warning sensors (MAWS); a nose-mounted FLIR Systems Star SAFIRE III electro-optic/infrared (EO/IR) sensor turret (seperti yang ditampilkan di varian Brasil lainnya); dan Tactical Console workstation di kabin utama.

airbus-helikopter

Uji terbang helikopter H225M (EC725) yang dilengkapi rudal Exocet (Janes.com)

“Konfigurasi Operacio MB dapat meluncurkan satu atau dua Exocets, dan bisa terbang asimetris dengan satu rudal sementara di sisi lain ditempatkan peralatan pengisian bahan bakar di udara, ini prestasi yang cukup membanggakan [untuk suatu sistem senjata besar seperti Exocet dengan bobot 655 kg], “kata Cormary.

Meskipun Chili dan Arab Saudi telah melakukan konfigurasi helikopter Super Puma untuk dapat membawa Exocet, Cormary menjelaskan bahwa hal itu terjadi sekitar 20 tahun yang lalu dengan melibatkan helikopter, sistem, dan teknologi yang bukan tercanggih. MB sendiri sebelumnya telah memasang Exocets pada helikopter Sikorsky Sea King yang telah pensiun, menggunakan rudal yang lebih tua, yakni Blok 1 Mod 1.

Operacio MB bekerja untuk mengembangkan konfigurasi tersebut mulai tahun 2013, ketika pesanan pembelian ditandatangani oleh pemerintah Brasil.

Sumber : IHS Jane

Bagikan:

  26 Responses to “Airbus Luncurkan Helikopter H225M Pengusung Rudal Exocet”

  1.  

    Ada yang mau borooong?

  2.  

    patut ditiru…dan dicontoh.. tantangan buat PT DI

  3.  

    mantap puma.

  4.  

    Gak perlu diborong helikopter ini. Lebih baik modif pesawat tempur kita, F-16, supaya bisa gotong rudal buatan nato ini

  5.  

    tni al dulu sudah punya super puma yg bisa bawa am 39 exocet akhir 90an tp sekarang entah di mana?

  6.  

    Rudalnya itu lho…..(exo block 2)

    Yang punya inggris dan amrik aja cuma gotong sea skua atau maverick

  7.  

    apa g oleng tu heli kalau rudal nya di tembakkan….

  8.  

    Semoga Indonesia lekas bisa buat rudal sendiri…dan dpt dimodif ke apapun tergantung keinginan user…aamiin….

  9.  

    ah nggak hebat. dulu indonesia pernah ekperimen kayak gini. cm entah kenapa nggak diterusin…

  10.  

    Bagian dari sekenario USA terhadap negara Brazilia untuk memerangi kartel obat bius…

  11.  

    salah satu ciptaan manusia yg daya hancurnya luar biasa dan di takuti amerika setelah uranium yg di pasang di hulu ledak rudal bung… Drugs..(kokain,heroin,amfetamin dkk).

 Leave a Reply