Airbus Tawarkan Typhoon Tranche 3 ke Kolombia

Jakartagreater.com – Airbus Defense & Space (DS) telah secara resmi menawarkan pesawat tempur Eurofighter Typhoon ke Angkatan Udara Kolombia (Fuerza Aérea Colombiana: FAC) untuk menggantikan armada pesawat tempur Kfir yang sudah tua, lansir Jane’s.

Airbus menawarkan 15 Typhoon Tranche 3 ke Kolombia, bersamaan dengan tawaran kelebihan 17 Typhoon Tranche 1 yang sedang dibuat oleh pemerintah Spanyol.

Ivan Gonzalez, Head of Combat Aircraft Campaigns di Airbus Group, mengatakan kepada Jane pada 20 Februari bahwa perusahaan telah menawarkan 15 Typhoon Tranche 3 (12 kursi tunggal dan 3 kursi ganda) ke Kolombia.

Menurut Gonzalez, Eurofighter akan menjadi pilihan terbaik untuk Kolombia karena beberapa alasan, “Negara ini membutuhkan pesawat tempur multirole yang canggih dan Eurofighter adalah pesawat terbang yang paling memenuhi persyaratan ini. Selain itu, Eurofighter memiliki keunggulan udara-ke-udara yang tidak tertandingi oleh pesaing lain, serta keunggulan udara-ke-darat yang telah ditunjukkan dalam operasi nyata ”.

“Selain itu, penting untuk mempertimbangkan bahwa jika Kolombia memilih armada Eurofighter, Kolombia akan bergabung dengan program pertahanan Eropa terbesar, yang juga akan memungkinkan negara untuk mengambil keuntungan dari manfaat teknologi dan ekonomi yang terkait dengan program ini,” katanya.

FAC saat ini sedang mengevaluasi dan memeriksa proposal dari beberapa negara dan produsen untuk program penggantian pesawat tempur superioritas udara. Menurut angkatan udara Kolombia, pilihan telah diciutkan hingga tersisa Eurofighter Typhoon, Lockheed Martin F-16V Block 70/72 dan Saab JAS 39 Gripen E / F sebagai calon pengganti pesawat tempur Kfir.

Mengganti 23 jet tempur Kfir Israel, yang dibeli Kolombia tiga dekade lalu, dapat menelan biaya lebih dari US$1 miliar, menurut sumber pemerintah. Terlepas dari keterbatasan anggaran, Presiden Ivan Duque mengatakan dia mendukung modernisasi peralatan militer Kolombia.

Untuk membuat tawarannya semakin menarik, Airbus mengusulkan tiga ‘pilar’ kerjasama utama bagi Kolombia, yakni berbagi pengetahuan yang akan memungkinkan industri nasional untuk mendukung program-program pertahanan strategis Kolombia, mendukung pengembangan industri pertahanan Kolombia Corporacion de la Industria Aeronautica Colombiana (CIAC) dengan pengalaman Airbus, dan menyediakan kapasitas yang diperlukan untuk meningkatkan otonomi industri penerbangan dan kemandirian Kolombia.

4 pemikiran pada “Airbus Tawarkan Typhoon Tranche 3 ke Kolombia”

Tinggalkan komentar