Apr 202016
 

Banyak orang yang pesimis akan kemampuan Korea Selatan dalam membangun pesawat tempur yang “katanya” berkutat di generasi 4.5 ini. Tidak cuma di dalam negeri, bahkan media Jepang yang merupakan tetangga bagi Korea Selatan pun turut meragukan keberhasilan Korea Selatan dalam mewujudkan program ambisius puluhan milyar dollar ini.

Alasan klasik yang sering dikemukan adalah keengganan Amerika yang menolak memberikan 4 teknologi kunci yang dibutuhkan Korea Selatan dalam membangun pesawat yang disebut F-33 Boramae ini. Namun benarkah demikian ?. Kalau anda juga berpikir begitu maka silahkan heran. Kenapa, karena perusahan militer terkemuka Korea Selatan, LIGnext sudah mewujudkan apa yang banyak orang pikir tidak mungkin Korea Selatan buat menjadi pukulan keras untuk mereka bangun dari mimpi.

korsel

LIGnext 6

LIGnext

LIGnext 5

LIGnext 4

LIGnext 1

LIGnext 2

3

@bung_carin seperti janji saya. Ini artikel khusus buat Anda. Aekarang pertanyaan anda sudah terjawab. Jangan lagi bilang software A,B,C. Kalau masih ragu, silangkan masuk ke website LIGnext. Salam

Oleh : B Stepanus

  90 Responses to “Akankah Korsel Patahkan Ramalan Jepang tentang Pesawat KFX/IFX ?”

  1.  

    Semangat 45 bung Stefanus =D

    •  

      ini Baru kereen B. Stepanus
      “memberi bukti bukan janji, memberi fakta bukan sekedar wacana.”

      Mantab.

      NKRI Harga mati

    •  

      @ stevanus
      tetap bung stevi……aku sangat ragu 98 %…sy lebih percaya kata media asing di luar korsel
      bila 4 tek kunci di dapat dr luar maka bisa jadi dr 25 tek yg diberikan usa juga akan diganti 2 atw 3 tek dari luar usa
      tapi menurut sy tetap saja kfx akan mengalami masalah nantinya..
      kalau korea bisa,..saya salut..sama korea bisa mengalahkan israel,rusia,china,prancis,inggris.
      jangan sampai kfx menjadi setara T 50 +, atw rudalnya tidak tepat sasaran….
      thx di buatin spesial buat aku……
      gw oon banget yeh…..
      hik..hik..hik..nangis..:((

    •  

      bunk stepanus@sabar

    •  

      Sudahlah, simpan saja dulu rasa bangganya, sampai pada waktu KFX/IFX sudah berupa prototipe, lagi pula itu baru membahas pencapaian kerja keras korsel, jalan menuju proyek ini mungkin masih panjang, kendala, kerumitan dan tantangan, kemungkinan besar masih banyak yg harus dilalui kedepannya, yg penting kedua negara benar2 fokus, tidak pernah lelah berjuang mewujudkannya, ini bukan pekerjaan semudah orang bicara dan berdebat,,,sebagai rakyat indonesia, saya lebih bangga dan tahu apa yg sudah dicapai oleh para engineer kita,,,

      •  

        Satu lagi yg harus diantisipasi indonesia dan korsel, adalah sebagian besar teknologi KFX/IFX itu dari as, maka kemungkinan kebijakan parlemen as masih bisa berubah jika obama tak lagi jadi presiden, ingat jabatan obama sudah hampir habis, mengantisipasi kemungkinan terburuk harus sudah dipikirkan para pengambil kebijakan kedua negara,,,

    •  

      Bung b. Stepanus telah memenuhi sumpahnya…mantap. lanjutkan bung. Sehat selalu untuk anda.

  2.  

    bismillah

  3.  

    Jepun cemburu gadis cantik ” indonesia” gak bs d gaet buat bkin bayi siluman X2 bareng

  4.  

    Lanjutkan

  5.  

    @bang stepanus

    Kalo LIGnext banyakan dapet ilmunya/TOT dari Thales ya bang?

  6.  

    mudah2n sahaja dapatkn tu 4 teknologi inti..mkin maju untuk kfx.

  7.  

    Mantaf bantingannya hahah

  8.  

    oklah..kalau begitu…3x

  9.  

    ini Baru kereen B. Stepanus
    “memberi bukti bukan janji, memberi fakta bukan sekedar wacana.”

    Mantab.

    NKRI Harga mati

  10.  

    Syukur dh kl bgt makin cerah harapan kfx/ifx bs terwujud….

  11.  

    buka bukaan..

  12.  

    Harus optimis,,,proyek pembuatan pswt Kfx-Ifx berhasil meski asu tidak memberi 4 teknologi kunci,saya yakin korea bisa mencari alternatif mengembangkan atau menggandeng perusahaan dr eropa yg mengusai radar aesa.
    Mungkin jepang takut karna pswt generasi 5 akan tersangi pswt generasi 4.5 korea-indonesia.

  13.  

    CARIN di SKATMAT tuh.
    dia mau komen disini ga yah?
    mari kita lihat bersama??? xixixixixixi 😀

    •  

      skak mat..??…tidak lah…kan aku sudah blokir raja dengan benteng…
      bisa jadi nanti terbalik,,.jadi skak,ster,benteng dan skakmat..
      tuh sinetron sctv baru selesai…..
      emang lg pada bahas apa sih..? main catur yah..?
      ha ha ha

  14.  

    pokoknya hidup JF-17 Block 3, yang lain pesawat kaleng krupuk …

  15.  

    artikel ini didedikasikan utk bung carin…. so sweet…. bantingan….

  16.  

    Nyimak ae…

  17.  

    kalau bung tanya saya, menurut saya bukan. sepertinya ini 1/2 barang harom. hasil jerih payah korea selatan melobi RADS/Rafael advanced defence system israel . dulu saya pernah baca sebuah artikel tentang kedekatan korsel dengan israel dalam bidang militer. alasan paling masuk akal ya karena US enggan memberi teknologi yang di butuhkan untuk menjaga siklus ketergantungan alutista. sedangkan israel ya beda. mereka ini edan,mereka tak ada batasan. YOU HAVE MONEY, YOU GOT WHAT YOU WANT. yang penting barang mereka laku. mau korut kek,korsel kek,russia kek,china kek. mereka jual, gak mikir-mikir memang. bahkan lawannya sendiri arab juga di kasih ma dia. urusan besok di pake perang ma dia itu belakangan.

    back to the topix, mungkin dahulu sekali pada saat
    mereka memutuskan untuk menggantikan F-5 mereka yang sudah menua. jadi mereka mulai ngembangin bertahap sampai jadi kyk yang anda lihat di gambar. soal kenapa sebelumnya mereka minta ke amerika, ya karena bung tau sendiri la, amerika gila-gilaan dalam dana riset, ya jelas teknologi tentang ini mereka ada kelebihan. wajar itu. tapi gak beda jauh lah. wong pengembangannya juga kerja sama dengan Rafael juga klo gak salah. itu menrut saya dan seingat saya. benar gaknya y gak penting. biar israel kek, ora urus. yang penting kita punya ni pesawat ma teknologinya.

    •  

      @ stevanus
      yaaaa anda salah yg punya rumus ini YOU HAVE MONEY, YOU GOT WHAT YOU WANT. yang penting barang mereka laku. mau korut kek,korsel kek,mau malaysia kek,mau indonesia kek,mau china kek,mau vietnam kek,,mau hantam rakyat sendiri kek..dll.”ITU RUSIA”
      bukan israel.
      ha ha ha

      •  

        @ stevanus

        terima kasih sheringnya..walaupun sy selalu selingi guyonan..
        dan tlg anda baca lagi koment saya di thread ini…
        sebagai tambahan yang sy kutip dr bung antasena..
        #sebagai rakyat indonesia, saya lebih bangga dan tahu apa yg sudah dicapai oleh para engineer kita,,,#
        dan kalau sy tambahkan sy juga lebih bangga lagi kepada “the man behaind the desk”
        yang bisa menjaga seluruh rakyat indonesia agar damai dan sejahtera hingga kini dan nanti juga agar bisa sejajar dengan negara maju ..baik ekonomi ,dan militer.
        salam..

      •  

        Rajin cari referensi bukan berasumsi ya bu carin

    •  

      hahhahah cocok
      israel jadi tempat bocoran juga buat teknologi usa

      semoga lancar lah ni projek
      biar ada milestone tersendiri di masa depan

  18.  

    Keren banget bung B. Stepanus.
    Makin jelas nih kfx/ifx nyaa 😀

  19.  

    @ asbun
    #Akankah Korsel Patahkan Ramalan Jepang tentang Pesawat KFX/IFX ? #
    judulnya saja sudah meragukan..”.AKAN”
    ahh..aku tidak merasa di banting,…karena stevanus memang pandai…(jujur nih),
    sedangkan aku apalah…,hanya tukang jamu gendong..
    yang penting kita doa saja..agar kfx bisa jadi dan tepat waktu,..jangan molor seperti yg lalu.
    ahh aku jd ngak konsen nonton sctv tukang jamu

    ha ha ha

  20.  

    sudahlah gak usah di perbesar. kita semua teman.
    semoga Bung@carin tetap join. bung, saya bukan nyerang bung, saya cuma gak mau di bilang mengada-ngada.
    saya tulis nama bung, karena selama 5 artikel saya bung yang paling vokal. makanya walaupun tadinya berat buat mosting ini, ya udh deh. yang penting ABS.
    ok deh bung carin, kalau baca ini, nyantai aj. jangan di masalahin. udh gitu aj. salam.

    •  

      ia bang stevanus…..ngak apa2 kok…,ampunnnnn bang..
      santai aja kali…peace
      ha ha ha

      •  

        Cep…cep…carin@ yo sudah…kita sebagai anak bangsa Doakan saja semoga para Engineer kita bisa menghasilkan produk apa yang kita semua harapkan. Dengan kekuatan Doa perjuangan akan dimudahkan. Pahit2nya kerja sama dengan korsel ini walaupun menghasilkan paspur sekelas T 50 GE yo ora opo opo…yang penting RI bisa buat paspur. Seekor Gajah pun akan mati jika dikeroyok ribuan lebah….eh…salah dikeroyok ribuan T 50 GE xixixi…

    •  

      Salut buat anda bung stepanus , anda membuat artikel sebenarnya merupakan bahasa sindiran halus anda, seandai nya itu ditujukan kepada saya pastilah saya akan mengkoreksi diri saya (seandainya nya loh kalo artikel tersebut yg ditujukan ke saya) bahasa anda mencerminkan anda seorang yg bijak. Salam bung sehat selalu

  21.  

    Saya yakin dengan jabaran bung Stepanus. Korea memang bisa buat teknologinya, tapi soal kualitasnya ya liat dulu. sama dengan produk2 teknologi mereka macam hp android samsung, LG, dll. Teknologi mereka bagus, tapi kalo ada kecacatan atw ada kekurangan, mereka gak merenovasi/mengupgrade produk mereka yg sebelumnya tapi langsung buat produk baru. MBT mereka contohnya, beda sama Amerika, Eropa dan Rusia. Yg dikhawatirkan itu kalo korea mau mengembangkan produk KFX mereka apakah bakal dishare ke Indonesia apa gak. Kan perjanjiannya cuma sampai gen. 1.0 aja. gen 2.0 dst ya kembangin sendiri. Saya sih yakin Indonesia bisa upgradenya cuma ys itu, anggaran dan fasilitas RnDnya cukup kuat gak ?

  22.  

    Korea Selatan juga sdg mengembangkan Cony RAM (Radar Absorbent Material) yg katanya bagus utk absorb semua frekuensi gelombang radar……. ntnya bisa diapply ke KF-X

  23.  

    Bung stepanus udh gk perlu itu diladenin si cariin …

    Dari bukti2 yg ada selama ini jelas dia caper !!!

    Di kehidupan nyata mungkin dia termasuk kaum buangan atau tukang rusuh

    Toh saya liat bung stepanus selama ini msh nasehatin dia secara halus. Tp kalau msh bebal , biarkan saja, mau dia rusuh kek, mati atau apalah itu urusan dia

    Udh bagus msh baik2, msh aja nyolot. kalau saya jadi anda bung stepanus saya cari itu orang dimana, saya seret saya buang ke hutan tempat biasa

    # saya gk ada maksud ngetroll cm to the point aja yg saya tngkep dri sisi psikologis

  24.  

    si carin tipikal orang bebal nda mau ngalah wkwkwk

  25.  

    @ Mabok Sukhoi

    anda benar sekali….tetapi dengan berjalannya waktu dan situasi keamanan sekitarnya,..bisa jadi akan di berikan 4 tek itu kira 2 .. thn 2018,atw thn 2019,atw thn 2020 .dst..atw di bawah tangan melalui..singapure ..
    yg jelas dan pasti USA tak ingin “PAGAR” asia menjadi bolong..hanya 4 tek kunci yg akan tergerus waktu alias nantinya dan pasti menjadi jadul…

    ha ha ha

    •  

      bener, bung Stephanus jawab dgn baik dan dgn data, tapi bung carin seperti anak smp yg gagal paham, jawab dgn prinsip pokoknya saya yg benar dan sinis….bung carin belum kerja dan berkarir ya sepertinya

  26.  

    Berdoa spy ifx berhasil meskipun logika saya mengatakan ifx akan gagal.

    Siap jlnkan plan b jangan nunggu 2020 sebab potensi kegagalannya sangatlah nyata.

    Plan b ikuti jejak brasil dg saab lebih rasional selanjutnya plan b.1 dg rusia
    Kl plan c dg j33 china

    Waktu semakin berkurang
    Skenario perang pasifik lebih matang di 2040
    Jika gagal terusan kra maka china akan mengincar selat malaka.
    Di saat itu kekuatan china akan semakin sangat luuaar biaasaaa untuk bisa menggeser pengaruh USA di asean

  27.  

    tau samsung kan ??? dulu samsung di anggap memiliki produk yang kurang laku dan kalah bersaing dengan nokia dan sony…………. tapi sekarang ?????? mereka bisa membuktikan bahwa mereka bisa menciptakan produk berkualitas dan menguasai pasar dunia.

  28.  

    KFX/IFX. Peran atau kontribusi ilmuwan Indonesia dlm proyek ini apa saja. Selain 80 persen dan terlihat ilmuwan Korsel lebih menonjol, lalu ilmuwan Indonesia sejauh mana? Apa ada artikel yg bisa menjelaskan kontribusi ilmuwan Indonesia di KFX/IFX selain dana 20 persen?

  29.  

    Babaran mantap,,artikel keren bung,,,,,info yg di sajikan mantappp,,,anda luar biasa bung step,,,klw bung carin nggak ngetrol mungkin ndak ada info seperti ini,,,ambil sisi positifnya,,,aja bung2 semua,,,salam,,

  30.  

    Soal teknologi,Korsel bukan negara ecek2

  31.  

    Thanks bung stephanus, artikel yang menarik.

  32.  

    Untuk yg pesimis dengan proyek ini silahkan pesimis tapi bagi saya tetep optimis proyek ini akan sukses bahkan sehabis sholat saya selalu berdo’a untuk kesuksesan proyek ini demi negaraku tercinta

  33.  

    joki@
    makan pohon kaktus bung….hehe

  34.  

    Moga2 bsa lancar.. ..
    Amin….

    Klo kita yakin bsa pasti bsa .
    Krna Allah maha kaya.

    Klo kta pesimis berarti kta gk percaya Allah maha kaya.

    Yoyo

  35.  

    Si Carin berusaha menjawab semua comment yang ada……. ngopi dulu kang…..

  36.  

    South Korea picks Hanwha Thales for KF-X radar project….http://m.koreaherald.com/view.php?ud=20160420001078&ntn=0

    Mohon pencerahannya bung2 sekalian,apakah hanwha group ini saingannya LIGnext ?

  37.  

    Korea selatan udah hebat… sofwar samsung dan Apple saja yanv masok sebagian ada yang buatan Samsung.. jadi, saya yakin 10000% korea selatan bisa.

  38.  

    Pengembangan sm korea mngkin smpi generasi pertam, kl tdk slh genrasi ke 2 nntinya msing ngr bs ngmbangin sendiri…mngkin di gnrasi ke 2 ini indonesia bs mncri partner lain sprt dr blok timur(rusia), ato msh ada saab ato n konserium eropa…yg jgn smpi brhnti inovasi generasi brikutnya nnati…

  39.  

    Selamat pagi Warjag.

    Nice artikel bung @Stepanus.
    Memang dari awal proyek KFX/IFX ini sungguh sdh membuat jantung kita berpacu kuat. Dr mulai ditundanya phase kedua, target produksi yg molor hingga 2035 sampai dng permasalahan 4 teknologi inti yg tdk diberikan oleh USA.
    Yg lebih unik adalah statmen dr pemerintah kedua negara yg terlibat. Disatu sisi korsel mengabarkan optimis bahwa 2019 prototype akan dibuat. Disisi lain pemerintah RI mengabarkan bahwa prototype baru akan dibuat 2025. Seolah ada dua pandangan yg berbeda. Pihak korsel lebih mengumbar optimis krn sbg propaganda perseteruannya dng korut. Sementara RI lebih bersifat low profile alias cari posisi aman utk mengantisipasi persaingan regional. Namun keduanya punya kesamaan yaitu optimis akan mendapatkan 4 teknologi kunci walaupun RI lebih menyerahkan kpd korsel yg punya kemampuan teknologi riset lebih unggul dr pd RI.

    Jalan panjang yg dilalui kedua negara utk bisa mewujudkan impian dari mulai membujuk pemerintah AS utk memberi ToT pesawat F35 dng cara memborong si kalkun utk keperluan angkatan udara korsel sampai dng memburu 4 teknologi kunci dari negara antah berantah.
    Kelak pesawat batch pertama yg dihasilkan adalah pespur gen. 4,5 yg semi stealth melebihi kehebatan f16, f15 dan f18 bahkan rafale, gripen serta thypoon sekalipun namun masih sejajar SU35 akan tetapi kelasnya masih dibawah f35. Ini pula yg menjadi alasan lain knp AS mau berbagi ToT.
    Dilain sisi, AS tentu tidak ingin kfx/ifx lebih hebat dr F35 dng cara tdk memberikan 4 teknologi inti.

    Wajar saja ketakukan AS tersebut. Bukan karena isu ada Indonesia yg negara muslim sbg mitra korsel. Itu alasan yg dibuat2. Kalau memang AS tdk ingin RI terlibat mana mungkin 21 teknologi diberikan. Yg menjadi dasar ketakutan AS murni faktor dagang. Kita tahu bahwa F35 blom habis dirundung permasalahan hingga tak kunjung sempurna, dan kita jg tahu bahwa rencananya kfx/ifx ini menjadi pespur Gen.5 dan fatalnya lg harganya jauh lebih murah dr F35.
    Bisa dibayangkan konsumen F35 akan berpindah ke Kfx/Ifx. Modal riset pembuatan F35 yg sangat mahal itu saja blom balik, masa hrs ditambah pespurnya hrs kalah saing dng kfx/ifx yg merupakan kloningannya.

    Namun saya lebih meyakini statmen dr pihak korsel bahwa kfx/ifx akan sesuai tracknya. Prototype dibuat 2019 dan 2025 sudah produksi masal batch pertama yg masih Gen 4,5. Lalu bagaimana dng 4 teknologi kunci.? Aahh….masa kita harus percaya dng omongan si Carin. Gripen aja yg teknologi gado2 bisa kok, masa kfx/ifx gak bisa. Ini ToT bung, bukan mencangkokan. Jng disamakan dng SU 30 MKI.
    ToT itu membuat ramuan berdasarkan resep aslinya, kalo mencangkokan itu betarti menambahkan bahan lain dlm ramuan yg blom tentu cocok khasiatnya.
    JAYALAH NKRI

  40.  

    Ya berdoa saja tidak kejadian seperti T-50 yang harus minta ijin kalo export

  41.  

    Nah beginian yg ane salut …
    JKGR back to basic …

    babaran bung stepanus membuka mata dan logika ane ttg kelanjutan KFX IFX … moga² sukses sampai ke tahap produksi nya.

    Walau bagaimanapun tetap berharap anak bangsa bisa berkarya mandiri bikin fighter sendiri … seperti alm Nurtanio dan team, walau dg peralatan seadanya yg sdh bisa buat si Kumbang dan LT200 … biarpun kecil utk ukuran saat ini tapi sesepuh penerbangan Indonesia sdh membuktikan, tinggal generasi skrg hrs membuktikan kemampuannya, peralatan desain, riset, develop sampai alat produksi sdh ada di PT DI dan bbrapa institusi pemerintah dan swasta.
    Salam bung Stepanus & Carin

  42.  

    Nah beginian yg ane salut …
    JKGR back to basic …

    babaran bung stepanus membuka mata dan logika ane ttg kelanjutan KFX IFX … moga² sukses sampai ke tahap produksi nya.

    bagaimanapun tetap berharap anak bangsa bisa berkarya mandiri bikin fighter sendiri … seperti alm Nurtanio dan team, walau dg peralatan seadanya yg sdh bisa buat si Kumbang dan LT200 … biarpun kecil utk ukuran saat ini tapi sesepuh penerbangan Indonesia sdh membuktikan, tinggal generasi skrg hrs membuktikan kemampuannya, peralatan desain, riset, develop sampai alat produksi sdh ada di PT DI dan bbrapa institusi pemerintah dan swasta.
    Salam bung Stepanus & Carin

  43.  

    IMHO Mau KFX/IFX itu nanti hanya sedikit diatas T50nya Korsel sekalipun tetaplah harus diSYUKURI! Ingat loch teman2 Negara kita sangat tertinggal dalam RnD, sehingga Keputusan Bijak Pemerintah untuk mengikuti proses “Pembuatan”Pespur bersama Korsel, sangatlah tepat. Dengan “Hanya” mengalokasikan Dana 20% kita bisa ikut serta dalam proses pembuatannya. Seperti biasa sebuah proses itu juga bernilai sangat penting dalam Pembelajaran tentu hasil akhir itu adalah buahnya. Kita dulu MEMBAYAR BIAYA PENDIDIKAN untuk MEMBAYAR PROSES PENDIDIKANNYA, BUKAN SERTIFIKAT( walau ada yg ..

    ach sudahlah, carut marut dunia pendidikan kita). Jd apapun hasilnya itulah kebanggaan kita, sebuah hasil pembelajaran Pembuatan Perpur.

  44.  

    kereen…itu gambar ngembangin AESA sendiri kah korea..wow
    apa nanti pake double radar kayak tuh yg dipasang dibawah pesawat siapa tau AESA+PESA (aktif pasif maksudnya)

    ini bulan april..saya nunggu berita tandatangan beli sukrooonya pak RR koq blum kelar2 ya…hehe..

  45.  

    ralat trnyata radar IRST ma RF wakakak…maklum rada ngantuk

  46.  

    Korea selatan terkenal akan Inovasi dan ide2 kreatif yg mewujudkan produk ato karya yg kadang mematahkan Stigma Negatif terhadapnya masih ingat dulu Hp merek Samsung diCap sebagai hp penjiplak oleh pesainganya baik dari eropa maupun jepang toh nyata sekarang hanya dalam 1 dekade semua stigma negatif tersebut terbantahkan bahkan sekarang Samsung sebagai tercatat sebagai salah satu leader vendor Smartphone terbesar didunia bahkan dijepang sendiri industri elektroniknya seakan digerus oleh produk2 korsel macam LG dan Samsung yg bahkan merek top seperti Sony,Toshiba yg sudah puluhan tahun punya nama akhirnya ambruk itu contoh kecil saja dari demam korea selatan yg dalam 1 dekade melanda dunia di segala bidang
    utk sekarang mungkin semua mata dunia masih memandang sebelah mata bahkan ragu terhadap keberhasilan Proyek KFX dimana Indonesia ikut terlibat didalamnya tapi kita tunggu saja hasil akhir yg akan menentukan sendiri apakah stigma negatif benar adanya ato seperti yg sudah2 Korea selatan mampu mematahkan persepsi negatif terhadap nya

  47.  

    saya yakin KORSEL sanggup mematahkan mitos itu..dengan dukungan SDM yang handal begitu tekun dan ulet dalam bekerja,negara yg selalu menyajikan quality bukan quantity…percaya dan yakin I-FX akan mengudara dengan atau tanpa radar AESA bawaannya..karena pernah keluar clue dari artikel kemarin jeroan SU-35 pesanan indonesia berbeda dari bawaannya..bisa di simpulkan…

  48.  

    Sippp…

  49.  

    Sip

  50.  

    keren,,…buru kelari ifx/kfx ma cangbogo…..
    supaya enginer kami bisa upgrade….ke gen 5