Akankah Penjualan Jet F-35 ke UEA Diloloskan Kongres AS ?

Washington, Jakartagreater.com  – Pemerintahan Trump telah memberi tahu Kongres tentang niatnya untuk menjual jet tempur F-35 ke Uni Emirat Arab (UEA), kata Anggota Kongres Eliot Engel, yang mengetuai Komite Urusan Luar Negeri AS, sirilis Sputniknews.com pada Kamis 29-10-2020.

“Teknologi ini secara signifikan akan mengubah keseimbangan militer di Teluk dan mempengaruhi keunggulan militer Israel,” kata Engel. “F-35 Joint Strike Fighter adalah platform siluman yang mengubah permainan dengan kemampuan serangan canggih dan teknologi sensor unik. Ekspor pesawat ini membutuhkan pertimbangan yang sangat cermat dan Kongres harus menganalisis semua konsekuensinya”.

Engel juga mengatakan rencana administrasi Trump telah disampaikan kepada Komite Urusan Luar Negeri pada Kamis pagi 29-10-2020 dengan pemberitahuan informal.

Anggota kongres menekankan bahwa bukan kepentingan siapa pun untuk terburu-buru dengan penjualan jet F-35, menambahkan bahwa beberapa faktor harus dipertimbangkan, termasuk kebutuhan untuk mempertahankan keunggulan militer kualitatif Israel.

“Israel saat ini memiliki akses eksklusif di kawasan itu ke F-35, yang telah menjamin keunggulan militernya selama beberapa tahun terakhir,” kata Engel. “Saat Kongres meninjau penjualan ini, harus jelas bahwa perubahan status quo tidak akan membahayakan keuntungan militer Israel”.

Engel juga mengatakan teknologi canggih seperti jet F-35 harus dilindungi dari musuh global Amerika Serikat seperti Rusia dan China di wilayah tersebut. “Terakhir, transfer senjata ini ke satu negara Arab pasti akan menimbulkan permintaan dari negara lain di kawasan itu. Akankah harga normalisasi dengan Israel menjadi infus senjata canggih? Apakah ini bijaksana?” Kata Engel.

Sebelumnya pada bulan Oktober 2020, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Benny Gantz mengumumkan dalam sebuah pernyataan bahwa Israel telah menarik keberatannya terhadap rencana penjualan jet F-35 Amerika Serikat ke UEA setelah Yerusalem mendapatkan jaminan bahwa keunggulan militer kualitatifnya, akan dipertahankan di Timur Tengah.

Netanyahu dan Gantz mencatat bahwa Israel telah diberi tahu oleh pemerintahan Trump tentang rencananya untuk memberi tahu Kongres tentang niatnya untuk menyediakan sistem senjata tertentu ke UEA.

TERPOPULER

Tinggalkan komentar