Mei 232016
 

Akankah Singapura memiliki kebutuhan untuk mendapatkan pesawat F-35 untuk melindungi wilayah udara mereka ?. Saat ini, negara ini memiliki pesawat generasi keempat F-16 dan F-15. Ada 60 jet F-16 Singapura sedang mendapatkan upgrade paruh baya untuk memperpanjang operasional mereka hingga 20 tahun ke depan. Singapura diyakini memiliki 40 pesawat F-15 yang dianggap yang terbaik saat ini.

Pengamat Pertahanan David Boey, percaya pesawat tempur Singapura yang ada, secara jumlah dan teknologi masih unggul dari siapa pun di wilayah ASEAN yang mungkin ingin memilih bertengkar dengan Singapura. Dia mengatakan: “Dengan tidak adanya pesawat F-35, pilihannya adalah meningkatkan kekuatan tempur yang ada dengan varian terbaru atau pesawat tempur lainnya.”

final 160522 - F-35B features

Pesawat F-15 seharga US $ 120 juta per unit ketika Singapura membelinya. Dia mengatakan:.. “Kemungkinan membeli F-35 terjadi jika pesawat itu dapat melakukan seperti yang dipromosikan dan berfungsi sebagai deteren yang kredibel. Dengan waktu dan uang yang cukup, bug pesawat bisa diperbaiki dan kita perlu bertanya pada diri sendiri, apakah kesabaran dan uang akan selalu ada untuk membiayai proyek ini ?. ”

Analis Pertahanan Richard Bitzinger berpikir Singapura tidak terburu-buru untuk memiliki F-35 karena sudah memiliki kekuatan udara luar biasa / superioritas atas tetangga regionalnya, meskipun beberapa, termasuk Indonesia dan Malaysia, juga mengincar platform pesawat generasi kelima. “Saya pikir Singapura pada akhirnya akan memilih untuk F-35, karena technophilia secara keseluruhan, tetapi mereka bisa menunggu,” kata rekan senior di S. Rajaratnam School of International Studies.

Pengamat lain mengatakan ada batas bagi RSAF untuk dapat meng-upgrade berapa banyak pesawat generasi keempatnya, untuk tetap dapat mengalahkan musuh.

Anda bisa melakukan banyak hal dengan Toyota dan Suzuki. Tapi jika berbicara tantangan strategis, mungkin kita membutuhkan mobil sport, agar tetap berada di depan.

Sumber : Straitstimes.com

 Posted by on Mei 23, 2016