Jun 182016
 

Pasukan Marinir TNi AL dikabarkan tertarik untuk mengakusisi kendaraan lapis baja pengangkut mortir kelas berat 120 mm swa-gerak 2S31 Vena, buatan Rusia. Rencana pembelian 2S31 Vena Self-propelled mortar carrier armoured vehicle ini dipertimbangkan masuk di MEF 2 (2015-2019). Namun ini baru sebatas rumors, yang bisa saja kendaraan ini tidak dibeli dan Marinir pun tidak tertarik.

Tapi jika melihat spesifikasinya, kendaraan tempur ini spesifikasi yang dekat dan diminati oleh Marinir. Tank 2S31 Vena dibangun berdasarkan chasis Infantry Fighting Vehicle BMP-3, tracked dan bersifat amfibi. Dengan demikian kendaraan ini bisa diangkut oleh kapal laut dan diturunkan di garis pantai.

Tank BMP3F yang dimiliki Marinir saat ini, memang masih memiliki kekurangan dalam sebuah medan pertempuran dan kekurangan itu, bisa ditutup oleh Tank pengangkut mortir kelas berat 2S31 Vena. Katakanlah pasukan infanteri sedang bergerak untuk menetralisir target, mereka bisa meminta bantuan tembakan dari Vena dengan jangkauan 7,2 km untuk peluru jenis mortar mines dan 13 km untuk cannon shells.

Kelebihan dari 2S31 Vena dia menembak tidak harus direct hit, melainkan dengan sudut evelasi 4 hingga 80 derajat. Ketika pasukan infanteri sedang bergerak di depan hutan, maka BMP3F yang ada di belakang tidak bisa membantu, karena tembakannya akan terhalang pepohonan. Lain halnya dengan tank amfibi pengangkut mortir swa-gerak 2S31 Vena. Kendaraan ini bisa melakukan tembakan lengkung, untuk membantu atau melindungi pasukan di depan. Peran kendaraan ini sangat vital dalam pertempuran.

2S31 Vena Self-propelled mortar carrier armoured vehicle

2S31 Vena Self-propelled mortar carrier armoured vehicle

Kendaraan ini dipersenjatai dengan 2A80 120mm rifled gun yang bisa menembakkan semua jenis amunisi mortir 120 mm Rusia dan asing, serta peluru mortar standar NATO. Is memiliki tingkat maksimum tembakan 8 sampai 10 peluru per menit. Amunisinya pun bisa menembakkan : high-explosive anti-tank projectiles, HE-fragmentation mortar bombs, Kitolov-2 guided projectiles, smoke bombs and mines.

Chasis BMP3 memang telah dipilih oleh marinir, karena dianggap handal untuk pergerakan (motorized) batalyon Marinir. Jika BMP3 dibangun oleh kontraktor utama Kurgan Machine Construction Plant, maka 2S31 Vena dibangun oleh Motovilikha Plants Corporation.

Pabrik pembuat tank 2S31 Vena mengklaim kendaraan mortir ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Berbicara mortir, maka kita akan berbicara masalah akurasi. Banyak produsen yang membuat mortir. Tapi soal akurasi, nanti dulu. Sekali produk itu tidak akurat, maka dia akan hilang dari pasaran. Ketidakakuratan mortir, dapat membahayakan nyawa pasukan sendiri. Sekali mortir itu diciptakan cacat secara bawaan, maka tembakannya, tidak akan terarah alias ngaco.

Produsen 2S31 Vena, Motovilikha Plants Corporation mengklaim tembakan mortit kendaraan mereka 2,5 kali lebih baik dibandingkan buatan negara lain yang sekelas. Tentu klaim seperti ini harus dibuktikan, dengan uji tembakan di lapangan, oleh prajurit yang akan menggunakan kendaraan ini.

Daya ledak peluru mortir 120 mm ini sangat kuat yang menimbulkan dampak merusak yang sebanding dengan tembakan artileri 152 mm dan 155 mm.

2S31 Vena

2S31 Vena

Badan dan turret tank 2S31 Vena, all-welded aluminium armour construction yang menyediakan dengan perlindungan dari senjata api ringan dan serpihan peluru artileri /mortar.

Tank 2S31 Vena menggunkan mesin UTD-29 V-type 12-cylinder liquid cooled diesel engine, dengan tenaga maksimum 500 hp. “Vena” dilengkapi dengan transmisi hidro-mekanik untuk mesin hydrojet. Suspensi di kedua sisi terdiri dari enam dual roadwheels dengan idler di depan, sprocket di bagian belakang dan tiga track-return rollers.

Kendaraan ini diawaki oleh 4 kru dengan kecepatan maksimal 70km/jam di jalan raya dan mampu menempuh jarak 600 km. Asoseris : NBC protection system, laser range finder, land navigation system, night vision equipment.

Sumber : Armyrecognition.com

  42 Responses to “Akankah Tank 2S31 Vena, Dibeli Marinir ?”

  1.  

    siapa bilang susah, bank ruskye

  2.  

    Males komen pertamax….

  3.  

    Bela beli bela beli.. Mending bikin sendiri

  4.  

    Nah ini dia baru nongol 2S31 Venanya…? Moga jadi dibeli Marinir kita.

  5.  

    spek perang nya memang bagus neh …
    marinir musti amphibi …

  6.  

    Ini secara garis besar fungsinya utk bantuan tembakan mortir maksudnya.? Banyak bener ya peralatannya mau perang. Apa MLRS dan BMP-3 gak cukup.? Maklum klo udah teknis sekali gak paham gue.

    •  

      MLRS bisa menembak jika dia sudah di darat. Jangkauan tembak MLRS lebih jauh dari tembakan mortir. Mortir yg ditembakkan tank vena ini jarak terjauh adalah 13 km.

      Tank Vena bersifat amphibi seperti BMP3. Tetapi tank Vena bisa beri bantuan tembakan saat di laut (hal yg tidak bisa dilakukan MLRS). Bantuan tembakan Tank Vena bersifat melengkung beda dengan BMP3F yang menembak lurus.

      Dengan menembak melengkung berarti seperti hujan tembakan dari atas. Ini menyebabkan konsentrasi musuh terpecah dan kalang kabut sementara marinir kita mendarat.

      •  

        mlrs bisa ditembakkan dari mana aja tergantung platformnya..
        roket mortir kanon fungsinya sama, cuman beda kegunaannya..
        kalo nyerang kelompok kecil n jaraknya deket ya rugi pake mlrs, disamping susah juga nargetnya kalo musuh dibalik bukit..ma mlrs bisa2 dihabisin kalo deket2 lawan secara mlrs buat narget jarak jauh n masive..kanon ato meriam sebenere hampir sama ma mortir dalam fungsi n karakteristik serangannya tapi beda..tinggal liat medan, mana yg cocok digunain..imho..

      •  

        Vena bkn platform amphibi, mungkin kurang cocok utk serbuan cepat ala amphibi … akan merepotkan utk serbuan tumpuan awal … LCT nya musti merapat ke pantai akan jadi target besar dan perlu byk waktu loading nya.

        MLRS bisa ditembakkan dari laut selama platform nya disimpan diatas dek kapal.

        Baiknya marinir focus utk pangadaan tank dan panser amphibi … ingat marinir punya AMX tapi jarang digunakan utk latihan serbuan blitzkrieg.

      •  

        Melengkung dan lurus hahahaha
        Lucu juga ente neh.

    •  

      Kalo Grad dan Vampir, yang Armed roket, tidak bisa untuk sustained fire, karena setelah salvo harys menunggu reload roket yang segeda batang pohon pepaya itu, apalagi kalo sudah ditembakkan semua…lama.

      Kalo Mortir kan reload hanya beberapa detik per shell, sama seperti reload meriam tank, jadi bisa untuk tembakan terus-menerus.

    •  

      Kaya yg dibilang bung Lare sarkem,, MLRS utk menjangkau jarak yg lebih jauh dan bisa menjangkau posisi musuh di balik bukit hanya kekurangannya reload utk menembak tidak secepat canon or mortar,, apalg platform yg dibeli TNI semuanya platform truk dimana mobilitasnya trbatas utk dihutan..

      BMP-3 yg kita punya mempunyai jarak tembak 4,5 km dgn sudut elevasi yg trbatas dlm menembak jika tertutup pepohonan atau posisi musuh diatas bukit yg tingginya sulit di jangkau canon biasa.. makanya buat nutupin kekurangan

  7.  

    kalo mau beli minimal 90 unit aktif …kalo ngomong cukup 210 unit..efektif alat ini…

  8.  

    Anoa buatan Pindad pun bisa dirancang menggunakan mortar 120 mm
    https://defense-update.com/images/2d2m-vab.jpg

  9.  

    Klo beli spaket skalian ama armata….wow….pasangan serasi yg mematikan…

  10.  

    mau beli susah, mau buat lebih susah, …….. memang tidak ada yg instan ( kecuali mie ), …….. kita tunggu saja inovasi dr PT. PINDAD !!!

  11.  

    kebanyakan halusinasi ngimpi…..economi lagu ancur tuh….bayar utang noh hi hi

  12.  

    kenapa tidak dirilis kapasitas tangki danjarak tempuhnya sehingga irirt at

  13.  

    Kerjasama teknik militernya mana…?? Apa ini juga bagian dari itu…kalo awalnya beli sih ok…tapi akhirnya diajari buat donk share modal kek…yg penting endingnya bisa buat sendiri mumpun rusky lagi diembargo eropa…jadi kalo lihat uang rusky pasti mau… apalagi buat indonesia…pasti mau..lah…
    Indonesia lagi bisa buat apa sih bisa dihitung jari…jadi hayooo sekolah yg rajin…mumpung gurunya masih hidup…

  14.  

    Lebih baik beli robot mortal bikinan Korea Selatan seperti di link di bawah ini ,bisa di pasang di komodo atau anoa . Lebih canggih atau bisa Pindad contek rancangan mereka.

    https://www.youtube.com/watch?v=nz2rFO0mURM

  15.  

    Tes,tos

  16.  

    kok baru denger tembakan proyektil dg teknik melengkung,ini teknik baru atau gw yg ketinggalan info ya….hehehe….

  17.  

    Indonesia blm bisa bikin sendiri nih,belilah demi kemajuan tekhnologi kedepanya

  18.  

    Tank2 yg ada (leopard) di beri tongkang bagian bawah tank… He3…
    Ngaco kan mbah…

  19.  

    Kebangkitan Nusantara sudah dekat, sudah saatnya kita unjuk gigi, keluarkan lagi taring kita…

    Ambil kembali wilayah2 yg pernah lepas, pertahankan wilayah yg ada.

  20.  

    tampilan baru berat sebelah, kasihan yg buka pake hape ga kliatan gambarnya 🙁

  21.  

    Barang gue jg melengkung…

  22.  

    lumayan ini kemampuannya, mending tot aja suapay kita bisa kembangkan sendiri dan bisa kita buat banyak untuk jaga perbatasan, bentuknya medium sangat cocok untuk daerah pedalaman dan perbatasan…

  23.  

    Jadi ….Bagaimana….Keakuratan nya ?
    Jadi beli….atau masih angan angan jangka panjang??
    Kapan beli nya ?

  24.  

    basoka yang bisa berjalan sendiri…heheheee
    ….tapi jika harga terjangkau dengan kemampuan terbatas namun jika diperlukan….membeli bukanlah larangan …meskipun terlihat -rentan fisik-bila dilihat dari sudut pandang mata…hahahaa

  25.  

    Corect choice…cocok…untuk tembakan lengkung jarak menengah. Sementara jarak jauh dengan 122 mm mlrs. Jarak dekat cukup dengan mortir 81 mm…..komposisi yg tepat….50 vena / nona mortar, 20 vampir / grad, howitser m 777 / 155 mm, light gun 105 mm, plussss…… ditambah pantsir s1 atau gecko sam missile untuk proteksi grup pendarat….untuk kendaraan tempur marinir jagonya………jng lupa rudal panggul manpads dan RPG 29 / 32……mampusssss itu musuhhhhh………..jng lupa juga drone copter untuk yon taifib , untuk bantuan tembakan…………proyeksi 5 pasukan marinir …pasmar 1-4 ditambahhhh pasmar 5 khusus melindungi pantura jawa……ingat jawa utara selalu incaran. Mongolia, manchuria, belanda, jepang dan inggris selalu menyerbu jawa utara…..berikutnya tidak ada kecuali amrik menyerbu….china belum mampu nyerbu jawa, krn tidak punya grup ocean going force….hidup indonesia….

  26.  

    Aku selalu bayangin cuma ini yg kurang dari marinir : mortar anona / vena, howitser m 777 dan pantsir s1………atau kalau mau kerennnnn……beli prototype EFV general dynamics……super keren ciptaan negeri obama ini….di gurun berlari layaknya abrams di laut kayak jetsky…….sambil bawa marinir……