Akibat Kecelakaan Pesawat Beruntun, Vietnam Hukum 40 Perwira Militer

Akibat insiden kecelakaan beruntun yang menimpa armada pesawatnya, Kementerian Pertahanan Vietnam menghukum lebih dari 40 perwira militer, dua diantaranya adalah perwira tinggi Angkatan Udara Vietnam.

Empat insiden kecelakaan mematikan terjadi pada bulan Juni sampai Oktober, yang menurut juru bicara militer Mayor Jenderal Nguyen Minh Hoang, menyebabkan kerugian sangat serius bagi Angkatan Udara Vietnam.

Seperti pernah diberitakan, pada 14 Juni satu pesawat tempur Su-30 Vietnam jatuh di Laut China Selatan yang menewaskan satu pilot. Dua hari kemudian satu pesawat penjaga pantai jatuh selama misi pencarian pesawat Su-30 yang menewaskan sembilan awaknya.

Pada 26 Agustus, sebuah jet latih Angkatan Udara jatuh di Provinsi Phu Yen akibat kerusakan mesin, tidak lama setelah lepas landas yang menewaskan satu kru dan seorang warga sipil di darat. Pada tanggal 18 Oktober, seorang kapten dan dua letnan tewas saat helikopternya jatuh selama misi pelatihan di selatan Provinsi Ba Ria-Vung Tau.

Insiden yang baru saja terjadi melibatkan sebuah helikopter komersial, dimana pihak militer dan administrasi penerbangan sipil Vietnam masih menyelidiki penyebab kecelakaan.

Investigasi yang dilakukan Departemen Pertahanan menemukan masalah safety yang masih rendah dan perwira militer yang gagal mengambil pelajaran meskipun terjadi insiden pesawat terjatuh terus menerus. Menurut juru bicara Hoang, Pemeriksaan keamanan pesawat masih dilakukan dengan cara-cara sederhana dan tergesa-gesa.

Tinggalkan komentar