Jul 112017
 

Perahu Katamaran berpeluncur rudal Type 022 China turut ambil bagian dalam latihan perang di Laut China Timur. © Chen Jian

Sejumlah kapal rudal Katamaran Type 022 (Houbei-Class) Angkatan Laut China mengikuti latihan serangan dan pertahanan maritim di perairan Laut China Timur pada awal Juli 2017, seperti dilansir dari laman Defence Blog.

Mereka berasal dari Grup Kapal Cepat Rudal di bawah Armada Laut China Timur PLA.

Kapal pertama diluncurkan pada bulan April 2004. Kapal rudal yang menggabungkan fitur siluman dan didasarkan pada perahu pemecah gelombang berlambung katamaran rancangan Australia yang lebih stabil daripada kapal cepat rudal lainnya dalam kondisi laut yang tinggi. Sekitar 83 unit kapal cepat rudal China ini beroperasi bersama 3 (tiga) armada yang telah diproduksi dalam kurun waktu tujuh tahun.

Kapal Type 022 dirancang untuk berpatroli di wilayah pesisir China dan beroperasi di dalam zona pantai. Masing-masing kapal cepat rudal China tersebut telah dipersenjatai dengan 8 rudal anti-kapal.

Sejumlah pengamat militer menyebutkan bahwa sejumlah besar rudal itu dapat di salvo dan berpotensi menguasai armada musuh, termasuk grup tempur kapal induk.

Meskipun serangan rudal dapat menimbulkan ancaman bagi kapal-kapal permukaan musuh, namun berdasar catatan sejarah bahwa kapal-kapal rudal kecil sering bernasib buruk dalam sebuah konfrontasi besar angkatan laut melawan kapal perang dan pesawat tempur yang lebih besar, sehingga Tipe 022 rentan saat beroperasi di luar perisai pertahanan udara.

Perahu Katamaran berpeluncur rudal Type 022 China turut ambil bagian dalam latihan perang di Laut China Timur. © Chen Jian

Bagikan:

  3 Responses to “Aksi Katamaran Houbei-Class di Laut China Timur”

  1.  

    01

  2.  

    china emang ruarrr biyasa!! Perahu saja bawa Rudal..Sedang Kapal cepat Rudal kita hanya muat 2

  3.  

    Klewang kita gmn kabar perkembangannya ya?

 Leave a Reply