Dec 252016
 

Unjukrasa menuntut pengunduran diri Presiden Korsel Presiden Park Geun-hye, (Reuters)


Seoul – Massa dalam jumlah besar di Korea Selatan memadati jalanan di pusat Kota Seoul, Sabtu, untuk menggelar aksi unjuk pada pekan kesembilan menuntut pengunduran diri segera Presiden Park Geun-hye yang telah dimakzulkan oleh parlemen terkait skandal korupsi.

Sekitar 200 remaja mengenakan pakaian Sinterklas membagikan kado kepada sekitar 200 ribu orang yang ikut ambil bagian dalam aksi 24/12/2016, sebagian di antara mereka membawa serta anak-anak mereka.

Sebagaimana aksi-aksi sebelumnya, aksi kali ini sangat meriah dengan diselingi musik dan orasi dari panggung yang didirikan hanya beberapa blok dari istana kepresidenan, Gedung Biru.

“Boleh jadi Hari Natal ini Park Geun-hye mundur,” kata massa sambil bernyanyi.

Park Chans, pekerja kantoran berusia 25 tahun yang mengenakan kostum Sinterklas mengatakan bahwa tujuannya untuk melihat berakhirnya masa kepresidenan Park dan diumumkan pada Tahun Baru atas tuduhan korupsi yang harus dipertanggungjawabkan.

“Saya berharap pada tahun baru, negara ini bisa menjadi tempat yang lebih baik bagi kehidupan anak muda,” ujarnya.

Pemakzulan Park atas pelanggaran konstitusi sebagai kepala pemerintahan itu masih diajukan banding ke Mahkamah Konstitusi yang memerlukan waktu 180 hari dari pemakzulan pada tanggal 9 Desember 2016 untuk memutuskan apakah keputusan parlemen tersebut sah atau mengembalikan jabatan kepresidenan kepada Park.

Pada Sabtu pagi, jaksa agung tindak pidana khusus memanggil Choi Soon-sil, teman Park yang berperan utama dalam skandal tersebut, untuk dimintai keterangan atas beberapa tuduhan, termasuk suap dan penggelapan dana, demikian menurut pejabat kejaksaan.

Choi dan mantan ajudan kepresidenan pada November lalu dituntut atas kasus penyalahgunaan wewenang dan penipuan, namun Park memiliki kekebalan dari tuntutan tersebut selama dia masih menjabat, sekalipun jabatannya ditangguhkan.

Jaksa Agung Tindak Pidana Khusus bersama dengan tim besar penyelidikan mengambil alih penyelidikan tersebut dari kejaksaan negeri dan seperti menuntut peran Park dan pihak lain yang belum terindikasi dalam kasus itu.

“Tuntutan itu ada dalam surat dakwaan (terhadap Choi), tapi sangat kecil dari 14 poin berdasarkan penyidikan jaksa agung tindak pidana khusus,” kata Lee Kyu-chul selaku juru bicara tim penyelidikan.

Choi akan dimintai keterangan atas tuntutan suap dan memindahkan aset-aset di dalam negeri hasil penggelapan, demikian kata Lee dalam konferensi pers.

Choi yang mengenakan seragam tahanan berwarna abu-abu dan mengenakan masker dibawa ke kantor kejaksaan tindak pidana khusus dari penjara tempat perempuan tersebut ditahan, digelandang oleh petugas keamanan penjara dari kerumunan awak media.

Perempuan itu tidak menjawab pertanyaan wartawan atas tuduhan tersebut.

Dalam keterangannya di pengadilan, Senin, Choi membantah semua tuduhan terhadapnya, termasuk penipuan dan penyelahgunaan kekuasaan.

Pengadilan memiliki waktu hingga 100 hari untuk menyelidiki tuduhan bahwa Park telah berkolusi dengan Choi dan ajudannya untuk menekan sejumlah konglomerat besar memberikan kontribusi senilai 77 miliar won (64 juta dolar AS) pada yayasan yang didirikan untuk mendukung kebijakannya.

Park membantah melakukan pelanggaran, namun dia meminta maaf atas ketidak hati-hatian dalam berhubungan dengan Choi.

Reuters

 Posted by on December 25, 2016

  13 Responses to “Aksi Pekan Kesempilan Rakyat Korsel untuk Lengserkan Park”

  1.  

    prihatin

  2.  

    apa itu KESEMPILAN ?

  3.  

    mohon pencerahan…kenapa presiden korea di lengserkan???apa karena menyengsarakan rakyat dengan naikin harga terus???apa karena ngutang ke cina????

  4.  

    ?

  5.  

    kemungkinan bisa muncul gerakan aksi tandingan bung.

  6.  

    Yg penting hyuna tetap sehat, ifx kita juga sehat

  7.  

    eeeedodol

  8.  

    judulnya bikin merinding
    kesempitan
    maksa karena kurang leluwasa
    atau
    kesempatan
    mudah menjalani karena sikon leluwasa
    padahal isi artikelnya tidak begitu

  9.  

    Baru aja korupsi segitu, ributnya sampai kemana mana.sampai seluruh dunia tau. Liat dong indonesia yang korupsinya di semua lini, di semua bidang, korupsi secara vertikal dan horisontal. mulai dari tingkatRt Rw lurah sampai pemerintah. Biasa aja tuh.