Jan 142019
 

Kontainer Droppable Udara Angkatan Laut India “Sahayak” meningkatkan kemampuan logistik operasional. (www.indiannavy.nic.in)

Kontainer, yang dikembangkan di dalam negeri oleh badan penelitian pertahanan negara, dapat secara drastis meningkatkan durasi penyebaran kapal dalam misi.

Guna memberikan dorongan besar bagi kapabilitas logistik operasional India di wilayah Samudera Hindia, Angkatan Laut India telah melakukan uji coba yang berhasil terhadap kontainer-kontainer yang bisa dijatuhkan udara Sahayak. Kontainer berhasil dijatuhkan di lokasi yang dituju dari pesawat IL-38 di Goa di Laut Arab selama uji coba.

“Wadah Sahayak akan meningkatkan kemampuan logistik operasional Angkatan Laut India dan akan menyediakan sarana untuk memasok suku cadang dan toko ke kapal-kapal yang dikerahkan di lebih dari 2.000 km dari pantai,” demikian pernyataan yang dikeluarkan oleh Angkatan Laut India.

Wadah silindris telah dikembangkan secara asli oleh Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (Defence Research and Development Organisation/ DRDO), badan penelitian militer milik pemerintah India. Pada hari Selasa, Angkatan Laut India menjatuhkan muatan uji 50kg dalam kontainer, yang turun ke laut dengan bantuan parasut.

“Dengan keberhasilan uji coba ini, serangkaian produksi wadah dan parasut Sahayak akan dilakukan,” tambah Angkatan Laut India.

Angkatan Laut India telah meningkatkan kekuatan operasional dan logistiknya di wilayah Samudera Hindia dengan menandatangani pakta dengan beberapa negara sahabat. Sejak 2016, India telah menandatangani pakta logistik dengan Amerika Serikat, Singapura, dan Prancis. Pakta serupa diharapkan segera ditandatangani dengan Rusia dan Jepang.

Sumber: Sputnik News

 Posted by on Januari 14, 2019