Al Ofouq class Oman Buatan Singapura

54
89
Al-Ofouq-class patrol ship
Model kapal patroli Al-Ofouq class untuk RNO. (IHS/Patrick Allen).

Singapore Technologies (ST) Marine telah meluncurkan Kapal patroli Al-Ofouq class yang ketiga untuk Royal Navy of Oman (RNO), ujar seorang pejabat perusahaan ST saat dikonfirmasi oleh IHS Jane.

Kapal 75 meter ini untuk menggantikan Dhofar class dan akan menjadi bagian dari upaya RNO untuk meningkatkan patroli lepas pantai Oman.

Kapal dengan panjang 75 meter ini merupakan turunan dari desain Fearless-75 ST Marine yang diluncurkan di fasilitas Benoi, Singapura, 17 September 2014.

Pada bulan April 2012, ST Marine mengalahkan perusahaan Belanda Damen Schelde Naval Shipbuilding dan India Goa Shipyard untuk proyek pembuatan empat kapal dengan nilai kontrak SGD 880 juta (USD 703 juta) dari Departemen Pertahanan Oman.

Kapal patroli Al-Ofouq class memiliki bobot sekitar 1.100 ton dan menampung awak sekitar 60 orang. Kapal buatan Singapura ini memiliki kecepatan tertinggi 27 knot, dapat menempuh jarak 3.000 nautical mile pada kecepatan 16 knot. Kapal ini kemungkinan akan dipersenjatai dengan meriam Oto Melara 76 mm Super Rapid system, sebagai senjata utama.

Pada bulan Juli 2012, IHS Jane melaporkan bahwa Thales Nederland telah mendapatkan kontrak untuk melengkapi kapal ini dengan sistem manajemen tempur TACTICOS, surveillance radar, STIR 1.2 EO Mk 2 radar/electro-optical tracking system, dan Vigile electronic support measures.

ST Marine mengatakan kapal class ini diluncurkan pertama kali 29 Januari 2014 dan yang kedua pada 17 Juni di tahun yang sama. Kapal-kapal patroli ini diharapkan akan dikirim pada kuartal kedua 2015, dan kapal terakhir akan diserahkan pada kuartal ketiga 2016.

Saat ini Angkatan Laut Singapura, RSN mengoperasikan 11 kapal asli Fearless. (Janes.com)

54 KOMENTAR

  1. ST marines cerdik. Dia buat kapal dengan ukuran antara 60 dan 90 meter. Jika dia mampu mengoptimumkan bobot dan dimensi untuk mengcover senjata, mesin, dan fasilitas lain yang lebih besar, bisa jadi akan menjadi pesaing kuat KCR 60. PT Pal perlu mengantisipasi ini untuk road map ke depan agar produknya bisa bersaing.

  2. Siang Semua,Maaf nih baru Masuk Koment Dikit hehhe he,,,,KaLau Menurut Petunjuk dan CLue nya Para SesePuh PT.PAL Kita jauh Lebih baik KCR tipe 60 kita Bisa Gotong Yakhon ApaLagi RudaL Yg Baru2 Dari Cina C-705 dan C-802 dan Seterusnya(Ya Moga2 Tipe C-805 Exocet DST),ApaLagi PT.PAL Udah Sanggup BUAT LPD Bahkan memenangkan Tender Buat FiLipin, Dan Sebentar Lagi PKR &KaPaL SeLam Changbogo(Mudah2an PKR kita Bisa jadi Destroyer Escort Rasa Nusantara & Chanbogo jadi SeLeveL 214 atau Lada CLass,,,Semoga,Amiiii) oke, Mohon Di Diskusikan

    • Pembuatan kapal dgn panjang 75 meter ini sepertinya memang memenuhi kebutuhan Oman. Sedangkan Indonesia butuh kapal dgn 40 m, 60 m, 90m, dst.
      Bisa jadi dgn panjang 75 meter, kapal ini bisa/akan dilengkapi rudal.

      Soal Oto Melara 76 mm super rapid gun, jangan salah, kanon reaksi cepat ini nongkrong di banyak kapal besar lho, bahkan sampai destroyer. Indonesia pakai ini di kapal kelas frigat.

      Dengan kemampuan tembak sampai 120 peluru per menit (2 peluru per detik?) dan reaksi cepatnya, bukan cuma sasaran darat yang bisa dilibas tapi juga sasaran udara bahkan katanya rudal anti kapal (iklannya si Oto).

      Oman pakai di kapal kelas patroli.

  3. Iya, biar kata canggih jeroanya ga mungki sampe segitu haraganya. Mungkin gross marginnya 500% kali Hehe.
    Tuh petinggi militer oman Dapet komisi berapa ya?
    Hebat singapore jualannya, pedagang ulung bener nih orang2 singapore.

    Masa iya 1 kapal gini bisa ngadapin 5 kcr 40 head to head sekaligus? apa lagi kalo kcr didukung cn235 patmar tni al. 1 lawan 2 kcr+pesawat cn235 mpa pasti menang kcr 40

  4. kalau sejak awal indonesia ditempati orang singapura maka sama saja ga maju, begitu juga kalau bangsa israel yg menempati sejak awal pasti sama ga maju juga bahkan lebih parah bakal terusir dari negeri sendiri. orang indonesia jika sejak awal menempati wilayah singapura pasti juga sama bakal maju juga. keadaan yg membuat orang2 disingapura senantiasa berpikir keras bagaimana mereka bisa survive, kita terlena karna alam yg kaya