Okt 142017
 

S-400 Rusia (photo : Sergey Malgavko / RT.com)

Jakartagreater.com. Turki saat ini dalam proses pembelian sistem anti-pesawat S-400 Rusia dan Ankara juga mengadakan pembicaraan mengenai S-500, sebuah sistem tipe THAAD yang saat ini dalam pengembangan, dirilis RT.com, 13/10/2017.

“Dalam pembicaraan kita dengan Putin, kita tidak berpikir untuk berhenti dengan S-400s. Kami juga memiliki pembicaraan mengenai S-500″, ujar Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, saat kembali dari perjalanan ke Ukraina dan Serbia, yang dikutip oleh surat kabar Habertürk dan Reuters.

Untuk tahap pertama, tidak ada produksi gabungan dalam pembelian S-400. Namun Erdogan menargetkan, pembelian tahap kedua, bisa melakukan produksi bersama untuk sistem pertahanan Rusia tersebut.

Sebelumnya pada bulan Oktober, Rusia telah mengkonfirmasi bahwa mereka menerima uang muka dari Turki untuk pembelian rudal canggih S-400. “Mereka menginginkannya lebih awal dari tahun 2019, tapi masalahnya masih dalam pembahasan, ” ujar ajudan presiden Rusia untuk kerja sama teknik militer, Vladimir Kozhin.

Lalu seperti apa sebenarnya kemampuan S-400 ini sehingga negara NATO seperti Turki merasa perlu untuk memilikinya, meski mendapatkan tekanan dari Amerika Serikat ?.

Menurut Kantor Berita Turki, Anadolu Agency, 20/9/2017, S-400 mampu mendeteksi target dalam jarak 600 km dan mampu menembak target di jarak 400 km dengan kecepatan rudal, 4,8 km/seond, seperti grafik di bawah ini :

Kemampuan S-400 (Anadolu Agency)

S-400 juga dinyatakan sanggup menetralisir pembom B-52 Stratofortress dan B-1 Lancer, serta E-3 Sentry, yang lebih dikenal dengan AWACS (Airborne Warning and Control System).

Kemampuan S-400 (Anadolu Agency)

Daftar pesawat yang bisa dijangkau S-400 menurut Anadolu Agency juga mencakup berbagai pesawat jet tempur buatan AS dan pesawat terbang pendukung, termasuk F-22 Raptor yang canggih dan radar terbang Hawkeye E-2, serta dua jenis rudal taktis – rudal jelajah Tomahawk, dan rudal balistik “unspecified”.

Kemampuan S-400 (Anadolu Agency)

Turki sedang dalam proses mengakuisisi sistem S-400 dari Rusia, yang membuat banyak kecewa sekutu NATO-nya. Turki tampaknya membutuhkan sistem untuk mempertahankan diri dari negara-negara yang memiliki pesawat semacam itu di angkatan udara mereka. Mereka adalah AS dan sekutu-sekutunya, serta tetangga negara Turki di Timur Tengah. Tentu Turki tidak mau ada pesawat generasi kelima yang begitu saja masuk ke wilayah udara mereka.

Negara NATO sempat mengkritik rencana Turki ini, namun Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa dia memikirkan keamanan Turki terlebih dahulu, dan menyoroti sekutu NATO gagal dalam hal tersebut. “Apa yang kamu harapkan? Haruskah kita menunggumu? Kami menjaga diri di setiap titik keamanan.

  35 Responses to “Alasan Turki Beli Sistem Pertahanan Udara S-400”

  1.  

    Alasan Indonesia Tidak Beli Sistem Pertahanan Udara S-400 Karena Tdk Mendapat T.o.T 65% Kandungan Lokal dan Lain Sbgx

    •  

      Coba Sebutkan ToT Dari Pembelian NASAMS Yg Kemaren Barusan Deal Bung… 😆

    •  

      Mari kita berdiskusi :

      Alasan Turki ada dua hal pokok : 1. performance dan 2. waktu

      Harus diakui Barat cukup terlena dengan Patriot dan terlambat mengembangkan penggantinya. Saat ini yang bisa utk menandingi S400 adalah Mead
      S400 saat ini hanya bisa ditandingi oleh MEADS yang masih dibawah kemampuan s400.

      Secara singkat S400 terdiri dari :
      12 jenis rudal yang berbeda dengan 3 range sekaligus : 400 km . 250 km dan 120 km dengan radar 600km. sanggup meluncurkan 12 rudal sebelum reload, dengan ketinggian 85 km.

      MEADS
      2 jenis rudal medium 120 km dan 30 kmdengan radar 250 km, dengan ketinggian 25 km.

      Jika s400 sudah operasional dan produksi bahkan untuk ekspor, … sedangkan MEADS masih dalam proses pengiriman dengan daftar antri yang cukup panjang terutama USA , jerman dan itali. Hal ini kemungkinan besar yang menyebabkan Turki “tidak bisa menunggu”

      Keputusan Belanda, Jerman dan USA menarik Patriot dari Turki menjadi trigger Turki utk segera membeli system yang ready.

      CMIIW

      •  

        Dan sifat S400 sendiri bung seno yg bisa bekerja secara mandiri,dalam artian jika nanti dicampur dengan MEADS..seumpamanya..bukannya membebani,atau mandul karena tdk bisa diintegrasikan..tapi malah memperkuat…hanya masalah komando aja dalam penggunaannya yg harus ditata…menurut saya

        •  

          Betul karena sifatnya yang mandiri dan sudah mengcover berbagai area… sistem pertahanan lain bisa berfungsi sebagai pertahanan ganda yang saling mengcover tanpa harus diintegrasikan…
          Yang paling moncer itu, S-400 bisa melacak burung pergi pulang, sehingga dalam posisi tidak offensif pun bisa digunakan untuk mendeteksi pergerakan di kisaran area yang mampu di lacaknya… sistem ini tidak dimiliki Patriot maupun THAAD… yang hanya mendeteksi satu arah saja…

          •  

            memang benar sepertinya bisa saling cover beda system.
            Cuma pertanyaanya adalah bagaimana dengan identifikasi friend and foe ?

      •  

        Bung Senopati MEADS memang hasil kerjama tiga negara, Italia, Jerman dan Asu… Mulanya Asu ingin mendapatkan 48 launcher MEADS beserta 1528 misille… Tapi pada 2011 Pentagon membatalkan Niat itu tapi tetap ikut mendanai Project walaupun tidak berniat mengambil MEADS… Tampaknya Asu punya rencana Lain… Keknya Asu berniat membuat Sam baru sendiri yg lebih hebat dan belum dimiliki negara lain, entah mungkin Ego sebagai Super Power menjadikan mereka ingin memiliki teknologi senjata yg berbeda dan lebih jauh lebih hebat kemampunnya bahkan dari Sekutu mereka sendiri… Sm seperti Rusia Super power yg satunya walaupun Mereka sudah punya S400 tapi mereka tetap masih mengembangkan Sam yg lebih canggih S500… Kalau ditanya kemampuan yah MEADS memiliki kemampuan diatas patriot dan mungkin menyaingi S400… Sy sendiri mengharapkan indonesia kalau bisa punya MEADS dan kalau suruh pilih NASAMS sm MEADS Sy lebih pilih MEADS… Sayangnya sepertinya masih lama kalau menunggu MEADS

        •  

          Benar Bung Fnc klo USA tidak jadi akuisisi. Mungkin
          issue menyatakan ketidaksukaan LM/USA dengan rudal MBDA yang menjadi syarat bagi Germany dan Italy.
          Di sisi lain, USA sangat-sangat confident dengan pengembangan AEGIS. Utk MEADS sendiri USA tetap memberikan fund dibawah komitment awal, tetapi hanya berniat dapat mengakses teknologi MEADS tanpa membelinya.

          •  

            Hmm… Ada isu lain juga sebenarnya Si loket buat MEADS untuk menyingkirkan Patriot Raytheon… Loket memang keknya jadi anak emas di Asu, Boeing aja sekarang kalah pamornya… Kalau do italia rencanya MEADS untuk mengantikan Nike hercules… Menariknya italia juga pake SAMP/T air system defense baru juga mereka juga punya SPADA misile system yg kalau di pakistan SPADA 2000 tuh jadi Prime Air defense… Pakistan menilai SPADA 2000 lebih utama bahkan dibanding dng Sam cina yg mereka punya…
            Nah yg menarik itu di jerman, mereka memiliki Patriot PAC3 yg masih terbilang cukup Modern… Dan jerman niatnya ingin mengantikan patriot dng MEADS… Lalu kenapa jerman ingin mengantikan Patriot mereka?? Usut punya usut Ternyata jerman kurang puas dng Patriot.. Patriot Pac2 memang canggih tapi kemampuannya di nilai kurang memuaskan untuk mengintercept Misile yg lebih advanced… Maka di buatlah Pac3 yg di nilai efektif mengintercept misile… Tetapi sayangnya Pac3 juga dinilai less capable untuk intercept Aircraft jika dibanding Pac2, jadi kebalikannya hahaha… Makanya biar maksimal harus di deploy dng pac2… Dengar2 juga jerman di tawarin untuk Further upgrade patriot Pac3 mereka… Tapi jerman menolak dan lebih memilih mengantikan patriot dng MEADS

          •  

            wkwkwk…..info darimana bung fnc…….
            Raytheon bisa dibilang maju dalam hal radar, karena mereka yg pegang teknologi radar dengan Gallium Nitride…..silikon syntetis yg dirancang sebagai next gen material…..
            https://www.youtube.com/watch?v=02KTexzeU4I

            …ga punya titanium tenang kan bisa dibuat metal syntetis, HY-100 steel.
            jadi masih bisa bersaing dengan Sovet yg dulunya punya alfa dan ……. yg dibuat menggunakan titanium (walau harga produksi HY-100 mahal bgt).

            jadi be gonoh…… 😆

          •  

            [email protected]
            http://www.military-today.com/missiles/patriot_pac3.htm

            The previous PAC-2 was used during the Persian Gulf War to counter Iraqi Scud missiles. The PAC-2 was regarded as a successful anti-ballistic missile system. However its capabilities were not enough to intercept more advanced ballistic missiles.

            The PAC-3 system can defend against ballistic missiles of all types, however it is less effective against aircraft and air-to surface missiles. This is why it is deployed alongside the Patriot PAC-2 launchers with long-range missiles.

            Masih ada lagi sebenarnya sy lupa baca dimana yah…

          •  

            Tapi Memang Benar lho Bung Raytheon Itu Teknologi Radarnya Cukup Canggih. Masa Klau Gk Canggih Radar Buatanya Di Pake Ama Spirit,Raptor,Eagle,DLL

          •  

            Kata “Patriot Pac2 memang canggih tapi kemampuannya di nilai kurang memuaskan untuk mengintercept Misile yg lebih advanced… Maka di buatlah Pac3 yg di nilai efektif mengintercept misile…”

            Harga rudal pac3 aja mahal b.g.t………masak disuruh intersep rudal jelajah sama pesawat tempur……..

            makanya pac2 biasanya ditempatkan agak jauh dari pac3…….misal di okinawa. naha…… misal pac3 ditempatkan di airbase, pac2 ditempatkan jauh diutara. sebagai first line dalam doktrin patriot, pac2 dituntut utk menghajar pesawat dan rudal jelajah, krn lebih murah dibanding pac3 yg memang didesain untuk menghajar rudal balistik.

            radar tetap diupgrade oleh Raytheon.

          •  

            hihihi benar bung jim…….tadi sempat baca blog bung DR katanya gripen mau pakai radar yg menggunakan GN dari Raytheon……pesawat tempur yg pertama menggunakan GN……

            Dimohon jgn muntah disini……xixi pissss

          •  

            [email protected]
            Kau harga misilenya sy juga kurang tahu tapi seperti yg jelas yg dari link itu di sebutkan di link yg saya kasih

            however it is less effective against aircraft and air-to surface missiles. This is why it is deployed alongside the Patriot PAC-2 launchers with long-range missiles.

            Less effective buat pesawat tanpa mempedulikan harga misile tapi tetap aja di bilang less effective buat pesawat… Bukan sy yg nulis lho itu…

            @bung jim
            Namamya juga isu… Loket tapi kan biasa emang sikut2an di dalam contoh tuh sm boeing… jadi bukan hal aneh juga kalau mereka ingin sikut2an dagangan patriot Raytheon

  2.  

    Sayang Sekali F-35 Bisa Lolos Dari S-400

  3.  

    KARENA MEMANG MONCERRRR .FAKTA

    •  

      Bagai mana pula rusia lbh peduli dgn F22??

      •  

        F-22 LEBIH CANGGIH DARI F-35 BISA DIBUKTIKAN SAAT NEGARA SEKUTUNYA LEBIH INGIN MEMBELI F-22 TIDAK DIPERBOLEHKAN DENGAN ALASAN KERAHASIAN TEKNOLOGI, F-35 PROGRES NYA SERING BERMASALAH DAN SEKUTU US BOLEH MEMILIKINYA SUDAH PASTI TEKNOLOGINYA DI BAWAH F-22 DAN TIDAK ADA TEKNOLOGI KHUSUS DI DALAMNYA

        •  

          F35 itu bahan materialnya dgn F22 hampir sama, yg mmbedakan F22 ruang lingkar api pendorong pesawat lbh kedalam atau terlindung dgn platformnya & gas buangnya sbgi pendorong pesawat memiliki pendingin untuk mengelabui radar pendetek panas & F35 ruang lingkar api pendorongnya berada diluar platformnya tapi masih memiliki pendingin di gas buangnya sbgi pendorong pesawat & F35 bermesin tunggal sedangkan F22 bermesin ganda

          Hahhaahaaaa

  4.  

    Sales s 400 yakin bgt sampai di buat daftar pesawat yg bisa di tembak ? Pertanyaan emang udah di tes buat nembak itu semua dasar dasar sales kalau S400 bisa nembak jatuh semuanya ngapain buang uang sama waktu buat S500
    logika dasarnya kan begitu itu artinya rusia sendiri ragu akan kemampuan S400

    •  

      S300 S400 S500 adalah acuan dasar dari carir lapangan SA 2 GUIDELINE & SA 3 GOW yg sudah dikembangkan lg lebih canggih & modern

      Hahhaahaaaa

    •  

      Itu Logika Kamu… Kan Setiap Saat Teknologi Pesawat Itu Bisa Berkembang Dan Maka Dari Itu Rusia Melakukan Tahap Pencegahan Jika Sewaktu-Waktu Teknologi Pesawat Milik Musuh Sudah Tdk Bisa Di Antisipasi Oleh S-400 Dgn Menciptakan Air Defence System Yg Lebih Canggih Dari Pendahulunya Yaitu S-500… 😆

      #Bahasaku Ra Jelas 😆

    •  

      Anda adalah orang yang aneh… Teknologi itu tidak bisa berhenti, akan terus dikembangkan sampai akirnya mentok, dan muncul teknologi lain yang berbeda dengan kemampuan lebih hebat… pada dasarnya teknologi tidak akan pernah puas, karena semakin canggih suatu teknologi, yang lainya akan mengimbangi bahkan berusaha melampaui itulah mengapa tidak akan pernah berhenti… bahkan tidak menutup kemungkinan akan keluar S-600, S-700 sampai S-1000…

      •  

        Ya mungkin logika ini sangat aneh tp bukan ini bertentangan prinsip dasar perang rusia
        Bagi orang rusia pisau walau tumpul dan tidak mengkilap tetaplah pisau utk membunuh (Efekti efisien dan murah) contoh perang di suriah S 400 sudah pasang tapi ganti S300? Pertanyaan ada masalah S400
        2 kl S400 itu hebat sekali kenapa di jual keluar malah ke turki yg notabene anggota nato ? Masalah uang ga mungkin itu saja kan mungkin rusia sdh tahu ada beres dgn s400 makanya mrk buat s500

  5.  

    Memang masih misteri kemampuan S400…tetapi jika waktunya kita butuh S400 wajib beli…tidak semua disorti serang dengan F22 atau F35…yang tanpa beresiko jika negara besar menyerang pasti menembakan rudal jarak jauhnya..yg bersalvo…sebagai pembuka jalan..sudah benar pengadaan…dikita dengan mengakuisisi,SAM jarak pendek dulu,setelah itu jarak menengah,baru terakhir SAM jarak jauh,sbagai pensalvo maupun sebagai umpan,sedang SAM2 yg dibawahnya dia akan membantu melindungi SAM jarak jauh…ingat kejadian disuriah yg disalvo 59 tommahawk..pihak penembak mengklaim kena semua sasarannya…pihak yg ditembak mengklaim hanya 16 unit saja yg masuk…tetapi habis itu…malah yg laris dagangan yg disalvo…bukan rudal disalvokan…hanya pendapat saya ini…

  6.  

    Alasan turki beli S400 sdh sangat jelas diterangkan di artikel ini yaitu demi keamanan negara nya, siapa tahu ada pesawat siluman nyelinap ke wilayah turki, jadi dgn S400 sdh ke deteksi dini …

    Apalagi eropa dan ceko sdh punya antidot pesawat siluman, jadi wajib punya alat penangkal siluman juga lah

  7.  

    Indonesia ntar belinya yang S 650

  8.  

    Siapa yg tau arti dari S penamaan rudal rudal cetakan rusia?.
    Yang tau akan mendapatkan SS 600

    Hahhahaaaa