Sep 082014
 

image

Republik Singapura Air Force (RSAF) resmi menggunakan jet latih advanced Alenia Aermacchi M-346 Master, untuk mendidik pilot baru di skuadron pelatihan pesawat tempur yang berbasis di Prancis.

Menteri pertahanan Singapura Dr Ng Eng Hen menghadiri ceremony pengiriman 12 jet latih tempur, 3/09/2014, untuk bergabung ke Skadron 150, yang berbasis di Cazaux Air Base dekat Bordeaux, Prancis.

Pembelian jet latih canggih ini dilakukan pada tahun 2010 untuk menggantikan pesawat McDonnell Douglas A-4SU Skyhawks RSAF yang sudah tua, yang juga berbasis di Cazaux. Jet latih M-346s juga dilengkapi dengan simulator misi penuh, yang disuplai oleh Boeing.

Jet latih militer  The Alenia Aermacchi M-346 Master

Jet latih militer
The Alenia Aermacchi M-346 Master

Detasemen pelatihan RSAF di Cazaux Air Base berdiri tahun 1998, dan tahun 2011 RSAF memperpanjang perjanjian dengan Prancis untuk menggunakannya hingga tahun 2035.

Singapura merupakan salah satu dari empat negara yang membeli M-346, bersama dengan Italia (disebut T-346A), Israel (M-346 Lavi), dan Polandia. Berbeda dengan tiga operator lain, Singapura belum mengajukan pembelian untuk sistem Elbit Systems Targo helmet-mounted display (HMD) yang merupakan bagian dari paket pelatihan tambahan pesawat.

  65 Responses to “Alenia Aermacchi M-346 Singapura”

  1. Selamat pagi..!!!

  2. saingan T-50 sdh hadir

  3. Masi lebih baik T-50i Indonesia

  4. pagiii

  5. Lebih canggih T-50 lah….

  6. maaf OOT, koment puisi saja, untuk menambah kebanggaan sebagai bangsa besar..

    Ini Indonesia Bung

    Ini Indonesia Bung !!
    yang didalam hatinya bersemayam Kebesaran Mulawarman
    yang di jantungnya berdetak kejayaan Purnawarman
    Yang dijiwanya bergelora kedigjayaan Jayawarman
    yang didadanya membahana semangat Gajah Mada

    Ini Indonesia Bung !
    Bukti lembaran sejarah pahlawan Cut Nyak Dien dan Sultan Hasanudin
    Bukti lontar Sisingamangaraja, dan Tuanku Imam Bonjol
    Bukti catatan perlawanan Sultan Nuku dan Kapitan Patimura
    Bukti perjuangan Pangeran Dipenogoro dan I Gusti Ngurah Rai

    Ini indonesia Bung !!
    Yaitu merah darah patriot Revolusi Kemerdekaan
    Yaitu banjir nyawa di Palagan Surabaya
    Yaitu putih tulang para suhada Ambarawa
    Yaitu tetes air mata bunda Jogjakarta

    Ini Indonesia Bung !!
    hati hati dengan kami !!
    Kami cinta kedamaian, tapi lebih cinta kemerdekaan
    NKRI adalah harga mati, tak perlu penawaran

    Ini Indonesia Bung !!
    Hati hati dengan kami !!
    kami cinta persamaan derajat, tapi lebih cinta harga diri
    Produksi Indonesia adalah tetes keringat kami, tak perlu alasan

  7. Secara kasat mata hampir sama dengan yak-130,ato memang kembarannya,soalnya aermacchi pernah kerjasama dg yakolev dalam pengembangan pesawat latih,nih si upil mau nyoba ngrasain karakteristik pesawat blok timur kali yah….????kan tetangganya banyak yg menggunakan pesawat blok timur,ex NKRI,malon,vietnam,china,india….mohon pencerahannya….???

  8. sepuloh besar

  9. absen 10 besar

  10. ping!!

  11. yak 130 ku tunggu hadirmu

  12. absen dulu

  13. Absen,selamat pagi semuanya..!!!

    ….NKRI HARGA MATI…

  14. Denger2 pesawat ini punya kelebihan yaitu bisa menembus badai,
    Disamping itu auto pilot jg, ( bisa membantu pilot mengendalikan pesawat, apabila terjadi sesuatu insiden )
    Hanya saja kecepatan nya masih sub sonic

  15. makin zionis wannabe aja nih si upil.

  16. Jadi kan mereka pemacu semangat untuk lebih maju Dan hebat. Anggap saja kawasan itu vitamin penambah gairah. Sekarang kan tinggal man bihand the gun. Ok?!

  17. Sehebat apapun alutsistanya kalau untuk bawa ransel aja nyuruh pembantu, gimana mau perang. Ingat medan perang bukanlah seindah di film dan selucu saat latihan. Tapi mengerikan. Jadi membutuhkan mental baja.

  18. Pagi smua.Klo di bandingin sm yak130 ato T50 korea gimana ya bang?

  19. @bung toak…Tuban ndi sampean…

  20. asumsi ane : klo mo perang beneran dan berkepanjangan…gue sih pasti…naro gepokan di atas tulisan TNI…kenapa ???? karena TNI tidak melulu tergantung sama kecanggihan alutsista,alutsista hanya sebagai penunjang….

    maaf asumsi tukang nanem beras… 🙂

  21. Betul bung rojolele. Cuma sayangnya itu untuk pertempuran darat. Kalau udara sama laut dan para dedemit, ya tetap saja perlu kecanggihan alutsista sama bandelnya pengawaknya. Kalau sudah berhadapan dengan potensi maut, tetap saja mental yang main. Kalau mental kuat, timbul ketenangan. Kalau tenang, teori yang pernah diterima akan reflex dilakukan. Kalau sudah timbul rasa takut, tangan gemetarrrrrrrrrrr……… Ngacir dah. Jamin. Ingat kasus bawean. Menurut ane, hanya karena berani dan nekat, makanya berani menghadang si kornet. Kalau takut tetap ngacir. Dan logikanya dengan superioritas yg dimiliki, apa mungkin pilot asu mau ngakak? Tak mungkin. Colek para sepuh…………

  22. Sepi ya….. Apa pada sibuk.

  23. Bakar menyan……..sstsannhskkaksnmaaksasiuejmmk,(baca mantra…..) wahai sepuh datanglah………. Berikan pencerahannya………hemmmmmmmmmmmmmm…”……….,,,,,,,,l,,…….. (tambah menyan……….)

  24. wajar saja negara kecil dan miskin lahan kalo mo latihan di negaranya tak ada tempat… mo nyewa di RI gak di kasih…

  25. singapura beli psawat banyak..psawat latih bnyk..tp gk pnya tmpat utk terbang..skli trbng dch nympai tetngga,dn dch dlock sam ttangga..prcma bli bnyk..

  26. Jadi ingat pespur AMX yg pernah ditawarkan ke TNI medio 90an.. hehehe

  27. Pas banget deh, Pembelian SAM apalgi yang Long Range Missile buat ditaruh di Natuna sama Kepri dan juga daerah perbatasan NKRI, buat ngehajar Pesawat Musuh yang ngelerak ngelirik masuk wilayah NKRI …

    Bung Admin, Kalo jadi SU-35 … aamiin ngarep banget … kapan mikirin Pesawat Pembom kayak TU-95 Bear … kali aja ada Hibah Rusky … biar daya pukul dan gentarnya high altitude …

  28. Su 35 biaya operasionalnya.mahal apalagi pengadaannya…indonesia gak bakalan kuat…kecuali kalo rakyat mau pada beli bensin 15.000/liter jadi subsidi BBMya bisa dialihkan buat beli alutsista yang canggih2…

 Leave a Reply