May 172018
 

Pangkostrad menyampaikan alih Kodal satuan Brigif PR 3 Kostrad perlu dilakukan seiring dengan diresmikannya satuan Divisi Infanteri 3 Kostrad, dalam rangka mewujudkan kemampuan operasional Divif 3 Kostrad, sebagai satuan penindak awal.

Jakarta Pusat, Jakartagreater.com – Upacara Alih Komando dan Pengendalian Brigif Para Raider 3 Kostrad dari Divisi Infanteri 1 Kostrad kepada Divisi Infanteri 3 Kostrad dipimpin langsung oleh Panglima Kostrad Letjen TNI Agus Kriswanto pada Kamis 17 Mei 2018 di ruang Mandala, Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat.

Alih Kodal Brigif Para Raider 3 Kostrad Divisi Infanteri 1 Kostrad ini merupakan bagian kesiapsiagaan Kostrad untuk memperluas kekuatan di jajaran satuan Kostrad. Kali ini, Alih Kodal Brigif Para Raider 3 Kostrad dialihkan dari Divisi Infanteri 1 Kostrad kepada Divisi Infanteri 3 Kostrad.

Dalam amanatnya, Pangkostrad menyampaikan alih Kodal satuan Brigif Para Raider 3 Kostrad perlu dilakukan seiring dengan diresmikannya satuan Divisi Infanteri 3/Darpa Cakti Yudha, dalam rangka mewujudkan kemampuan operasional Divisi Infanteri 3/Darpa Cakti Yudha, sebagai satuan penindak awal.

Divisi Infanteri 3/Darpa Cakti Yudha Kostrad yang mampu diproyeksikan dalam waktu relatif singkat dari pangkalan ke sasaran, khususnya di wilayah bagian Timur Indonesia, sehingga secara organisasi harus dipenuhi dan disiapkan serta dilengkapi dengan baik untuk berada pada kondisi siaga operasional.

Menurut Letjen TNI Agus Kriswanto , dengan adanya perkembangan lingkungan strategis saat ini, baik dalam skala global, regional maupun nasional, telah memberikan indikasi bahwa ada masalah-masalah potensial, yang dapat menjadi ancaman nyata terhadap kedaulatan negara.

Masalah-masalah tersebut, kedepan yang patut kita waspadai adalah menyangkut disintegrasi bangsa dalam bentuk aksi-aksi terorisme, pemberontakan separatis bersenjata, penyelundupan, baik melalui darat, laut maupun udara dan eksploitasi sumber daya alam oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

“Kepada Pangdivif 3 Kostrad dan seluruh jajarannya, tugas yang dibebankan kepada saudara-saudara sekalian, adalah merupakan kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh bangsa dan negara. Junjung tinggi kepercayaan dan kehormatan tersebut, demi tetap tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Oleh sebab itu senantiasa pelihara dan jaga kesiapsiagaan operasional satuan jajaran Divisi Infanteri 3/Darpa Cakti Yudha, sehingga siap digerakkan setiap saat untuk melaksanakan tugas.” tegas Pangkostrad Letjen TNI Agus Kriswanto .

Mengakhiri amanatnya, Pangkostrad Letjen TNI Agus Kriswanto berpesan agar seluruh warga Kostrad senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Khusus kepada yang beragama Islam hari ini adalah hari pertama melaksanakan ibadah puasa Ramadhan, selaku Panglima Kostrad dan pribadi saya ucapkan selamat melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

Turut hadir pada kegiatan ini Kepala Staf Kostrad, Pangdivif 3 Kostrad, Irkostrad, Kasdivif 1 dan 3 Kostrad, Danmenarmed 2 Kostrad, Danyon Mandala Yudha, Asisten Kaskostrad, Asisten Kasdivif 1 dan 3 Kostrad. (Penkostrad).

  One Response to “Alih Kodal Brigif PR 3 Kostrad dari Divif 1 kepada Divif 3”

  1.  

    Alih kodal sudah, Alih FIR kapan?? Mungkin Mei…. Mei be Yes, Mei be not. Hhhhhhhhhh