Jun 132018
 

ilustrasi: Sukhoi Su-30MK2 TNI AU. (photo: TNI AU)

Jakarta, Jakartagreater.com – Asisten Operasi Kasau Marsekal Muda TNI Johanes Berchmans SW., memimpin acara Serah Terima Komando dan Pengendalian (Kodal) 8 Pangkalan TNI AU jajaran Koopsau II kepada Koopsau lll pada Senin 11 Juni 2018 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Koopsau lll yang bermarkas di Biak, Papua ini mempunyai tanggung jawab dalam menjaga dan menegakkan kedaulatan udara di wilayah Timur Indonesia. Koopsau III merupakan organisasi baru yang melengkapi Kotama sebelumnya, yaitu Koopsau l dan ll.

Ke 8 Lanud di wilayah Timur yang beralih Kodal dari Koopsau ll ke Koopsau lll tersebut meliputi :

  1. Lanud Jayapura, Lanud Manuhua Biak.
  2. Lanud Merauke, Lanud Timika.
  3. Lanud Pattimura Ambon, Lanud Leo Wattimena Morotai.
  4. Lanud El Tari Kupang dan Lanud Dumatubun.

Dalam sambutannya, Asops Kasau menyampaikan bahwa alih Kodal ini merupakan tindak lanjut dari Keppres nomor 12 tahun 2018 tentang pembentukan empat satuan baru TNI, salah satunya adalah Koopsau lll.

Koopsau lll yang bermarkas di Biak Papua ini mempunyai tanggung jawab dalam menjaga dan menegakkan kedaulatan udara di wilayah Timur Indonesia. Koopsau III adalah organisasi baru yang melengkapi Kotama sebelumnya, yaitu Koopsau l dan ll.

“Sejak peresmiannya, Koopsau lll telah aktif melakukan Kodal terhadap Lanud yang berada di bawah jajarannya, sehingga fungsi Kodal terhadap 8 Lanud jajaran Koopsau lll dan juga pengoperasian kekuatan udara di wilayah tanggung jawab Koopsau lll sepenuhnya menjadi kewenangan dan tanggung jawab Pangkoopsau lll” ujar Asops Kasau.

Hadir dalam acara tersebut, Waasops Kasau, Kaskoopsau lll, para Paban dan Pabandya di jajaran Staf Operasi Mabesau. (tni-au.mil.id)

Bagikan:

  2 Responses to “Alih Komando dan Pengendalian 8 Pangkalan TNI AU”

  1.  

    Yg penting isiannya pak! Pespur dan Helpur jg sistem Hanud tercanggih.he3

 Leave a Reply