AS Alihkan Dana Pertahanan Untuk Tingkatkan Perisai Rudal Israel

Badan Pertahanan Rudal AS (MDA – Missile Defense Agency) telah menghabiskan porsi peningkatan anggaran yang terbatas untuk mendanai sistem pertahanan rudal Israel dengan mengorbankan US keamanan dalam negeri, Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS) mengatakan dalam sebuah melaporkan pada hari Jumat.

“Membantu pertahanan rudal Israel menempati persentase pada peningkatan anggaran MDA ini,” kata laporan itu.

Penulis utama laporan itu, Thomas Karako, menjelaskan bahwa “Program AS cenderung untuk memotong berbagai tagihan untuk memperbesar porsi terhadap program Israel.”

Hasil dari meningkatnya bantuan ke Israel “menempatkan pertahanan rudal AS dan pertahanan rudal Israel berkompetisi,” dengan dana yang sama-sama terbatas, dalam laporan itu.

Amerika Serikat telah membantu Israel dalam mengembangkan dan pengadaan sejumlah sistem pertahanan rudal termasuk Iron Dome, David Sling, dan David Arrow.

Peluncuran Iron Dome saat Operasi Pertahanan Pilar

AS Alihkan Dana Pertahanan Untuk Tingkatkan Perisai Rudal Israel 1

Antara 1998 dan 2011, bantuan ke Israel menghabiskan 1 – 3 persen dari total anggaran MDA. Pada 2014, Badan Pertahanan Rudal menghabiskan 5,5 persen dari anggarannya, atau US $ 729 juta, pada sistem pertahanan Israel.

Laporan CSIS menyarankan Amerika Serikat bisa “negosiasi ulang persyaratan” bantuan militer AS untuk Israel saat berakhir pada tahun 2018.

Negosiasi ulang akan melibatkan penganggaran strategis untuk menggeser beban keuangan dari MDA, sebagaimana lembaga ini menghadapi peningkatan kebutuhan ditengah anggaran yang menyusut.

Lembaga MDA muncul pada tahun 2004 setelah penarikan sepihak AS dari Perjanjian Anti-Rudal Balistik dengan Rusia tahun 1972 .

Leave a Reply