Jan 122016
 
Sukhoi Su-34

Sukhoi Su-34

Bulawayo – Angkatan Udara Aljazair telah memesan 12 fighter bomber Sukhoi (Su-34) “fullback” dari produsen pesawat Rusia Novosibirsk Aircraft Production Association, untuk menggantikan armada MiG-25 era Soviet yang sudah tua dan sebagai bagian dari modernisasi Angkatan Udara Aljazair.

Dalam wawancara surat kabar Rusia Vedomosti, Direktur Jenderal, Novosibirsk Aircraft Production Association Sergei Smirnov Chkalov mengatakan Aljazair akhirnya membeli 12 Su-34 setelah hampir delapan tahun perundingan terus menerus.

Smirnov juga mengatakan Angkatan Udara Aljazair juga bernegosiasi untuk pembelian jangka panjang versi upgrade dari (Sukhoi) Su-24 “Fencer,” yang akan sejalan dengan perubahan kebutuhan Aljazair, re-orientasi kekuatan dan proyek modernisasi.

Pembom tempur Su-34 menjadi bagian dari kesepakatan belanja militer Aljazair-Rusia yang ditandatangani pada Maret 2006, nilai kontrak USD 7,5 miliar, untuk penyediaan sistem anti-rudal, penerbangan, peralatan pertahanan laut dan darat dan teknologi.

Su 34 yang dibawa perang oleh  Rusia ke Suriah

Su 34 yang dibawa perang oleh Rusia ke Suriah

Pakar militer Rusia Igor Korotchenko mengatakan kepada RIA Novostin bahwa penyebaran bomber Su-34 di medan perang Suriah membantu pembeli potensial di Afrika, Eropa Timur dan Timur Tengah untuk mengevaluasi kinerja dan memutuskan apakah akan membeli pesawat itu atau tidak. ALjazair memutuskan untuk membeli.

“Beberapa negara di Afrika, termasuk Uganda dan Nigeria, yangmelancarkan perang melawan Boko Haram, seharusnya membeli Su-34. Pesawat pembom tempur yang top seharusnya memperkuat Angkatan Udara Ethiopia, yang mana masih mengoperasikan armada pesawat tempur Su-27 yang menua, “kata Korotchenko.

Kockpit Su-34

Kockpit Su-34

Su-34 juga telah menarik minat dari Irak, Uzbekistan dan Turkmenistan. Sementara Kazakhstan sudah mengoperasikan satu skuadron yang baru diakuisisi dari Rusia. Didukung oleh dua mesin turbo-fan Saturnus AL-31F, Su-34 adalah pesawat tempur pembom generasi keempat yang diciptakan dari frame-nya pendahulunya, (Sukhoi) Su-27.

Fighter bomber ini rentang operasi non-stop 4000 kilometer dan kecepatan maksimum hingga 2.200 kilometer per jam. Persenjataan utamanya mencakup canon 30-mm GSH-301, dan berbagai rudal udara-ke-udara rudal, rudal jelajah, rudal udara-ke-darat, rudal anti-kapal dan rudal anti-radiasi, dan juga tambahan rudal berpandu dan free-fall bom.

Defensenews.com

  14 Responses to “Aljazair Modernisasi Angkatan Udara dengan Pesawat Su-34”

  1. kapan nih TNI AU pake SU 34

  2. kapan nih TNI AU pake SU 34….

  3. Si Bebek laku keras

  4. kau juga pastikan jangan ada pesawat nyasar lagi yaa

  5. mending nambah Su 35 bung drpd beli si bebek

  6. sokong SSKM..dum spiro spiero

  7. nahh ini kayaknya cocok klo di duetin sama su 35….hehee

  8. Semoga terwujud TNI AU butuh pesawat pembom jarak jauh….. AMIN….

  9. Malon tidak punya otak, bisanya cuma mengklaim kreativitas indo aja..contoh batik,reog di klaim ,gak punya malu malingsyia..

  10. VB BERAPI LP06,,senjata produk tempatan paling jaguh,,mantap bro

  11. kenapa ya kok suka menghina, apa malon gak sadar, negaranya mau hancur gara gara ulah pemimpinnya ?

 Leave a Reply