May 302015
 
KRI OWA tembakkan yakhont

KRI OWA tembakkan yakhont

Mantan Menhan Juwono Sudarsono mengemukakan pembelian Rudal YAKHONT dilakukan secara G to G . melalui fasilitas kredit ekspor, dan dibarter dengan sumber daya alam, SDA pada saat itu. Dalam hal ini pembelian rudal yakhont terjadi pada tahun 2003-2004 dan proses rekayasa penyatuan sistem rudal yakhont untuk diinstall pada KRI Oswald siahaan berhasil pada tahun 2007, dibantu oleh tenaga ahli Lapan dan tekhnisi Rusia.

Pembelian rudal ini termasuk rahasia, tidak banyak yang mengetahui termasuk wartawan dalam negeri pun tidak ada yang mempublikasikannya. Hanya perwira tinggi TNI AL dan Mabes TNI serta jajaran KeMENHAM saja yang mengetahui. Hal ini hampir berbarengan dengan datangnya 2 pesawat Sukhoi SU-27 flanker.

Akhirnya Peluru kendali buatan Russia itu terpasang di atas KRI Oswald Siahaan-354 sekitar tahun 2007 dengan modifikasi di sana sini.

Rudal Yakhont sebenarnya sudah dimiliki sejak tahun 2003-2004 namun TNI AL baru bisa melakukan uji coba beberapa tahun kemudian karena untuk mengintegrasikan sistem kapal dengan rudal membutuhkan waktu yang lama.

Mantan Komandan Gugus Tugas Senjata Strategis TNI AL, Laksamana Pertama TNI Sulaeman Banjarnahor, mengatakan, dalam uji tembak tersebut rudal Yakhont hanya membutuhkan waktu sekitar enam menit mencapai sasaran. Sulaeman mengatakan, alasan dibelinya rudal Yakhont dari Rusia, karena berdasarkan kajian rudal Yakhont bisa memenuhi standar geografi di Indonesia, dimana hal ini sesuai dengan permintaan TNI AL. Jarak 300km dengan di tambah radar laut dari Rusia menjadikan rudal yakhont sebagai senjata rahasia TNI AL saat itu.

yakhont31.jpg

yakhont21.jpg

“Rudal Yakhont tidak didesain untuk menenggelamkan kapal, tapi hanya untuk melumpuhkan kapal,” kata Sulaeman seraya menambahkan masa pakai rudal bisa mencapai 20 hingga 30 tahun, namun perlu dikaji kembali, mana yang lebih pas. Rudal asal Rusia itu dibeli dengan harga US$12 juta per unit.

Beberapa rudal Yakhont yang dibeli oleh TNI AL dari Rusia itu memiliki kecepatan hingga mencapai dua mach atau melebihi dua kali kecepatan suara dengan jangkauan sasaran 300 kilometer. Pembelian dilakukan lengkap dengan suku cadang pendukungnya.

SUMBER: dari berbagai sumber.

Telik Sandi

Bagikan Artikel :

  179 Responses to “Alutsista “Ghoib” yang Melakukan Penampakan”

  1. wah gaib bermunculan

    • “Jarak 300km dengan di tambah radar laut dari Rusia menjadikan rudal yakhont sebagai senjata rahasia TNI AL saat itu.”
      Pertanyaannya, senjata rahasia TNI AL saat ini apa ya??? 😀

      • Kalo ga test drive n kepergok…plg2 msh lama kali ya..

        • G to G itu pembelian di thn 2003-2004, yang terealisasi dan untuk di ujicobakan thn 2007 yang 2010- 2015 ? kan masi barang Goib,.. masi belom bisa di bongkar hehhehehe semoga kedepanya TNI kita makin di segani dan terulang kembali menjadi macan asia ,… berkobarlah negriku sansakaku Garudaku bumi pertiwiku,… Aminnnn salam JogjaKRATON

        • Widuri mana widur,,,
          Itu rilis resmi bahwa pengadaan yakhont di 2003, 2004,,
          Jadi jika tdk percaya dg yg ghaib tdk perlu sampai memberikan kta2 nyeleneh sampai menulis surat,,,
          Udah kebuka 1 demi satu,,,
          Owh ya f5 tiger masih aktif stlh habis di upgrade,,kenapa tni au buru2 cari su35, padahal f5 tiger masih bisa di pakai,,,,

          Warjag dulu tempat nongkrong yang bagus sekarang tempat rusuh ,

      • nah itu… kalau beli 2003 – 2004, publikasinya sekitar 2014. berarti yang saat ini, tunggu di tahun 2025. hehe

      • Bung telik sandi, ada info mengatakan, integrasi pertama ahli Lapan dengan teknisi Russia gagal dan sering overshoot. Kemudian diperbantukan tenaga litbang TNI-AL, dan butuh beberapa tahun lagi sampe bisa integrasi minimal hingga 150an km, apa betul???

        • betul bung@mj ….orang Lapan juga menyatakan pada saat itu sangat sulit mengabungkan dua system yg berbeda ..karena itu setelah sukses penyatuan system yakhont dan KRI OWA, byk ahli Lapan “sekolah” dibeberapa Negara.sebut saja cina,ukraina,jerman, dan india.

    • setidaknya jawaban dari former yang suka “melemahkan ” kekuatan TNI dari reply dengan kata kunci Hoak,
      dari semua Goib , yang berhasil tidak terendus salah satunya ya ini Si -Yakhont

      Skor

      1 TNI – 0 Forumer
      1000 TNI – Barat, FPDA, Maloner , Sonotan , red dot ( inteljen gagal )

      Kesimpulan

      Salut untuk TNI dan RI , Kobarkan semangat Ke-Ghoiban ” terus menerus
      bentar lagi pun juga ditiru Negara-2 yang ane sebutkan diatas

      Ditangan Ahli RI , Platform Frans dan Platform Bung Ruskye , menyatu menjadi satu
      kedua ,inilah kekuatan Sebenar… yang ditakuti Negara kawasan , melebihi isu Yakhont sekalipun
      PAL , ahli membuat Korvet 3 NR Ex brunei di Galangan Inggris , menjadi sempurna , tidak oleng, dan BAE mengaku salut atas penyerahan offset sang kapal untuk di instal, diperbaiki sana – sini , sehingga tetap balance , bukankah ini salah satunya yang tidak jadi dibeli oleh Negara-2lain karena di buat ngebut menjadi tak imbang ( Silakan Artikel Cari tentang NR Class Edisi tahun 2014 , ane lupa judulnya ,

      So Ngoprek , menjadi menu khusus di tangan Ahli Indonesia dalam penyempurnaan alutista

      ===========
      Bisa Jadi F-16 dikasih knalpot NOZ jadi ngebut 2+mach , jelas pespur baru bila diserempet oleh sang Elbot menjadi panas dingin karena takut Te***us

      Edisi : Yang terakhir jangan dipercaya , karena edisi penulis

      • Apa lu ngak curiga gan 2004 beli rudal banyak yakhont ????
        Ditembakan Pake apa ????
        Diintergasikan ke kapal 2007 butuh 3 tahun ???
        lha nembak pake apa bung ??? apakah ada yg ghoib lebih tajir ???

        • jawabanya bisa … submarines / mobbile / pespur ??
          ada ghoib yang bisa diinstal yakhony selain OWA
          -ngak mungkin beli peluru ngak ada senjatanya ^_^

        • ente sebelum reply silakan baca baca artikel jkgr lama. salah satunya lo ga ngerti platform type coastal. baca koment koment reply jkgr artikel lama sblm reply. Ane 2012 SR setahun sblm ikut reply Thn 2013.jd sedikit tahu apa arti clue maupun sandi bahasan alutista dsini

      • awkwakkwa Bisa Jadi F-16 dikasih knalpot NOZ jadi ngebut 2+mach , jelas pespur baru bila diserempet oleh sang Elbot menjadi panas dingin karena takut Te***us, yg ini asli sungguh terlalu bikin ngakak…

    • Artikel yang lucu

      Yakhont bukan makluk Ghoib

      Bahkan banyak beritanya di tahun 2002 kalau TNI-AL mengakuisisi Yakhont

      Para Formil sudah tahu kedatanganya sejak 2004

      Bahkan ARC sudah memposting Fotonya sejak 2005 di PT. PAL

      YANG MEMBIKIN GHOIB ADALAH YANG NULIS AKTIKEL INI SENDIRI

      Karena dia sendiri yang telat Informasi……………sehingga menurut dia GHOIB

      KATROK…LU

      • ^ proof ?

      • Wkwk bukan cuma gua yang bingung ternyata bro,

        Emang iya yakhont mah bukan rahasia lagi, udah dipasang di kri yos sudarso dari kapan tau toh ?

      • Bung Hondajazz klo emang ni barang udah ga goib gw mo nanya.. Ni rudal diinstal di kri mana aja? N berapa biji ya yg kita beli? Klo bung tau.. Label goib bkal kita cabut deh, bgmn ? Kita tnggu jwbannya n linknya klo ada, mksh.

        • @Armed
          Dasar orang aneh kamu, udah tau nanya nanya
          Pikun ya, atau Pecundang

          • Woles aja bro.. Hehehe.. Jangan cepat naik darah lah.. Terus terang.. Gw ga tau berapa biji yakhont yg dbeli TNI..N diinstal dmana aja? Klo bung tau(krn kata anda tdi ni barang udah ga goib lagi) berarti bung Hondajazz tau tntang apa yg sya tanyakan tadi kan?? Mnrt hemat saya.. Goib itu bukan saja dri apa jenis alutsista tsb.. Tapi berapa jumlah dan dimana aja tu barang dtempatkan tu bisa diartikan goib (karena tdk diketahui dng tepat persisnya) n klo itu ga dketahui dngn pasti.. Bisa saya artikan bahwa itu msuk “goib” , maaf ni cuman pendapat dri “si orang pikun ” bung.. Kali aja saya ada salah..

          • Dan karena ketidakpastian ini (tntng jumlah dan penempatannya) maka rudal yakhont ini tetap punya efek gentar yg dahsyat.. Itulah esensi sebenarnya dari “alutsista goib” yg kita punya.. Btw..n ternyata rudal ini kinerjanya nglebihin spek nya ya? Kt nya cuman bikin non aktif kaprang.. Tapi kenyataannya sekali tembak sasarannya lngsung tenggelam ke dasar laut dalm hitungan menit! Hehehe 🙂

      • @ bung jan.. Ni bukan crita saya bung.. Tapi mnrt berita2 di media massa yg pernah sy baca bung, gitu.. 🙂

  2. s300

    • Mungkin bung s300 udah ada di kupang ,untyk menutup mulut si Ausie hehe
      .salam kenal bung

    • Artikel yang lucu

      Yakhont bukan makluk Ghoib

      Bahkan banyak beritanya di tahun 2002 kalau TNI-AL mengakuisisi Yakhont

      Para Formil sudah tahu kedatanganya sejak 2004

      Bahkan ARC sudah memposting Fotonya sejak 2005 di PT. PAL

      YANG MEMBIKIN GHOIB ADALAH YANG NULIS AKTIKEL INI SENDIRI

      Karena dia sendiri yang telat Informasi……………sehingga menurut dia GHOIB

      KATROK…LU

      • SUMBER: dari berbagai sumber.

        SAMA SEPERTI YANG NULIS ARTIKEL DIATAS

        Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkw

        • Beda Kelas

          Kalau di sana udah sarjana, jadi SERIOUS
          Kalau di sini masih TK (Taman Katrok Katrok)

          makannya kalau disini bisa bicara seenaknya

          selain disini anda bisa mengunjungi TOPIX karena sederajat dengan sini

        • Lalu ngapain anda balik lgi kesini,udah tau katrok ente kangenin malah nongkrong lg,org yg aneh lbh ajaib dr yg katrok wkwkkkkkk……
          Udah cebokin dulu sana sarjana google ente wkwkkkkk…..

        • Iseng aja………………………..
          sambil injak injak kamu….
          ngemplangi kamu
          kencingi kamu
          berak in kamu

          Wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww

        • Wkwkwkkkk….ada yg naik darah,ternyata yg katanya sarjana cuman segini aja,sabar bung marah gak baik buat kesehatan nanti malah kena stroke wkwkkkkk……

        • Wkwkwkkk….maki2 org di dunia maya,percuma bung sakit juga kagak,santai aja bung tp kalo mau ketemu ok lah atur aja wkwkkkkk……

  3. Mantap

  4. Woi keren.

    • Salah satu alusista Goib yang pernah muncul pada jaman dahulu adalah, Korvet Komar class, ,, digunakan bila Badger dan wiskey clas gagal menenggelamkan carier karel doorman

  5. S 400

  6. S 400 tiap propinsi di tongkrongin minimal 2 bung.. mantapp tuhh…

  7. Itulah yg namanya strategi, masa senjata strategis diumbar..?

  8. keren,tinggal yang lain.

  9. Semoga….

  10. Ya dtggu rilis n babaran dr s300 yg bbrpa udh deploy diobvit kita

  11. Sekarang yg lebih canggihnya yg di rahasiakan 😀

  12. Salam Bung Telik Sandi …
    Harga $12 jt per unit untuk satu system peluncur + radar + rudal ???
    setahu ane hrg $1 jt an hanya utk 1 rudal saja …

    • kalau detil nya kurang tau saya bung@den bdg… yang pasti itu full suku cadang dan peralatan pendukungnya.

      • Kayaknya dari maker nya rudal ini memang di ciptakan buat salvo mode on yg mana 1 rudal terbang tinggi dan menjadi guide buat rudal2 lain,dan apabila rudal yg terbang tinggi tsb di lumpuhkan oleh sistim pertahanan udara kapal musuh maka rudal lainnya aka naik ke ketinggian menjadi pemimpin dan guide buat rudal lainnya.. Sampai rudal2 tsb menghajar sasarannya..

  13. Lanjutkan

  14. Berharap rx lapan seperti yakon, tetap LEBIH BANGGA dengan Rx 450 lapan yang berhasil terbang, tinggal kasih gudance

    • Benar, apalagi Rx 450 mencapai kecepatan mach 4,4 melebihi Yakhont yang hanya mach 3 maksimalnya. Rx 350 kecepatanya mencapai mach 3,5 dan lebih hebatnya Rx 550 mencapai mach 7,67

      • Membandingkan kecepatan RX 450 dengan Yakhont sangat tidak tepat. Rx di tembakkan dengan sudut 45 derjad . makin tinggi terbang kerapatan udaranya makin rendah.Artinya dengan sedikit tenaga wahana bisa meluncur cepat. Sementara Yakhon terbang horizontal kurang dari 500 meter dengan kecepatan 3 march. Silakan bandingkan sendiri.

  15. Yg sering bilang gada goib2.. Malu dah.. Lahh yakhont dari 2003 baru diumbar 12 thn kemudian… Lontong sekilo ama jamur plus pensil 300 +400 +sukro 35 mungkin thn tahun 2020 lah baru diumbar.. Biar ga stress malingkundang sama auscreet..

  16. “Pembelian rudal ini termasuk rahasia, tidak banyak yang mengetahui termasuk wartawan dalam negeri pun tidak ada yang mempublikasikannya. Hanya perwira tinggi TNI AL dan Mabes TNI serta ”

    Jadi klo ada yang ngaku punya teman atau saudara bukan perwira tinggi ngaku ngaku ga ada senjata goib ya pasti ga tahu…

    untuk tahun 2003 saja sdh goib dan 2007 baru diuji coba

    mungkin saat ini sudah ada S300 tapi tidak di publis….

  17. Beli rudal jangkauan 300 km harus di dukung helikopter dan radar yg sepadan kalau tidak percuma, jangkauan rudal hanya sebatas kemampuan radar yg ada….jindalee versi indonesia wajib dibuat

    • Sudah Jalan Kalau g salah Radar Radius , kemampuannya malah Jangkauan sampai Vietnam – Coba Dilihat Reply dari bung Nar tentang artikel-2 lama. type Classifield

      Kedua , DAri sumber kemarin Lupa juga former kasih Link , RI sudah beli radar Dopler
      kemampuan mensearch obyek 500-1000 km range , menjejak sampai 400KM sasaran

      Ayo dibantu kasih Link , ( disitu pernah ane liat wbnya sudah diserahkan oleh Negara pembuat …. )

      • Bung doppler radar gunanya untuk menentukan ketinggian terbang pesawat terhadap mulka bumi,dan digunakan juga untuk membimbing rudal yang terbang rendah . Jadi bukan radar untuk mencari objek.

  18. Goib maupun tidak yg jelas saat ini ada alutsista yg tidak akan dibabar untuk media, bahkan yg tahu hanya petinggi TNI yakni Jendral selain itu ada lagi yakni Menhan dan BPK, nah kalau yg mengaku ponakan, anak bahkan istri ya maaf jangan harap tahu alutsista yg super rahasia ini, hanya segelintir orang yg tahu alutsista rahasia kita baik pesawat, kapal, rudal dan lain sebagainya. Aku percaya alutsista rahasia..hehehe salam Sukro di Timur Jauh Indonesia ,Semur jengkol sekilo haha

    • bro BP
      bila sukro dideploy di timur jauh…
      brarti TNI akan dengan mudah naro bomber di timur jauh ya..makanya US naro b1 di darwin..
      sesuai crita crita sesepuh dulu..bila euorfighter dn rafale di barat jauh maka barang blok timur akan di deploy di timur jauh…
      dan barang di simpen di pulau jauh..maka akan jauh juga dari publikasi..hehehe

    • bung BP, kelanjutan Leopardnya gimana???? kok g ono kabar belas……

      batch ke-2 kapan ya?

  19. Bakul panci@…

    Pantesan kw pncinta goib,, orang doyan makanan goib.. Secara lo hbis makan jengkol 1.kg. Kan itu jdi goib mulut km,, bau nya ja da. Barang nya gk keliatan.. Udah gt jd angin kentut di kentutin pula,, jdi lebih goib lg.. Gkgkkkkkkk

  20. Bakul panci@…

    Pantesan kw pncinta goib,, orang doyan makanan goib.. Secara lo hbis makan jengkol 1.kg. Kan itu jdi goib mulut km,, bau nya ja da. Barang nya gk keliatan..

  21. Tahun 2011 yakhont Indonesia sudah di ulas habis oleh pengamat militer asing. Intelijen asing pasti tahu lebih awal dari sang pengamat. Jadi sebenarnya yakhont Indonesia tidak terlalu ghoib.

    http://www.eurasiareview.com/31052011-indonesia%e2%80%99s-anti-ship-missiles-new-development-in-naval-capabilities-analysis/

    • Itu sudah Uji coba baru Geger bung ,
      keberadaan beli sampai deliver , sulit di track , bahkan situs deagel maupun Jane , memasukkan setelah ada uji coba tersebut

      Harap di ingat , pembelian Era Menhan Juwono Sudarsono

      Jujur Ane Salut Menhan

      Juwono sudarsono
      Mahfudz
      Purnomo
      Except RR ( sorry , no offense )

    • g tau yang di maksud goib itu apa, goib terhadap media, masyarakat, atau terhadap seluruh anggota TNI, pemerintah dan jajarannya. pasti negara lain juga tau salah satu fungsi dubesnya tiap negarakan kan sebagai intelejen.

      • Sebenarnya jenis alutsista apapun tidak perlu di ghoib kan, yg perlu di ghoib kan hanyalah jumlah total ada berapa dan penempatan dimana. Cukup tunjukin aja maksimal 3 unit sisa nya sembunyikan, hal ini dimaksudkan untuk sebagai efek gentar diplomasi dikawasan. Contoh sekarang publik tahu yakhont ada di KRI kita, tp ada berapa jumlah dan sudah berapa kapal yg terpasang rudal yakhont, bisa satu bisa semua, bgtu jg alutssta yg lain. Maka hal tsb akan membuat negara berfikir ulang jia harus berhadapan dengan NKRI.

        • Kalau dipublis semua ya konsekuensinya bisa difikir sendiri ya bung apa, kalau sampai efek gentar jadi efek ketawa jangan salahkan pemerintah ya hihihi

        • kalau tentang jumlah masih masuk akal om. tapi ketika goib tentang jenis alutsista saya rasa sulit terjadi di jaman sekarang. misal indonesia punya rafale nah proses pembiliannya ja rumit kaya gitu setelah saya baca undang-undang pengadaan alutsista, masa sih barang segede gitu tidak bisa dideteksi negara lain.

          kemudian dari mulai prosesnyakan juga bisa dipantau negara lain, misal TNI mau pespur nah kan dari prosesnya kan harus ada juri yang menyeleksi pespur 1 sampai 5 yang datang ke produsen, setelah itu juga ada proses pelelangan yang harus diikuti beberapa produsen. selama barang tidak buatan dalam negeri sulit sekali namanya beli tidak diketahui negara lain.

          Saya lebih tertarik bagaimana strategi akan digunakan TNI yang pernah saya baca disini juga dulu di buat beliau-beliau warjag. misal Om alugoro dan Om Gripen indonesia bahas tentan pespur A lawan B.

          Salam
          Majulah TNI
          Tabah sampai akhir.

    • Ni si arab nyasar pake sok pinter banget sih…hahaha

  22. dengan kemampuan TNI aja negara tetangga pada galaw !
    apalagi ditambah dengan senjata gahar beuuuh…tambah galaw berat.yang bersifat strategis dan vital bagi negara sudah pasti jadi rahadia negara maaf bila salah !
    jayalah TNI
    jayalah INDONESiAKU

    salam dari pembaca setia Jakarta Greater

  23. “Beberapa rudal Yakhont yang dibeli oleh TNI AL dari Rusia”.

    Jelas sekali, jumlah dibawah 10

    gosipnya 4

  24. sekarang ini, ghoib alias merahasiakan cuma bisa dilakukan bila bahan pembuatan serta tehnologinya telah 100% produk dlm negeri, itupun kemungkinan ghoib hanya sebatas jumlah dan ukurannya tdk besar seperti pesawat tempur, kapal selam dan kapal permukaan.

  25. alut yg dighoibkan,klo intel negara lain udh tau,ya sangat berbahaya,semacam main kucing2an sm intel asing.

  26. Kalau tni punya alutsista ghoib knapa dari dulu selalu di remehkan malaysia,singapur,australia,china,
    Logikanya kalu kita bwa pistol dan di taruh di tempat yg bisa di liat orang. ,orang pasti segan liat nya. Di bandingkan yg tidak . ,ghoib di mediam belum tentu ghoib di intel asing. .
    Buka mata,liat amerika , rusia,china, singapure, dengan alutsista nya ga ad negara sembrngan yg berani nyenggol. .,kalu kita ga usah di ceritain lagi,dari sebatas pelanggrn garis batas,sampai pembangunan tiang pancng. ,barang ghoib hanya bisa di milik si pembuat ,bukan si pembeli.,sekarang MEF Aja belum , masih bicara ghoib,lain kata kalu kita sudah mencapy MEF ..bru bicara ghoib. .dan yg menjadi pertanyaan apakah alat yg kata nya sudah di mari dan di bayar lunas tidak berfungsi dalam opaya diplumasi, sampai” mengegakkan hukum di negri sendiri di intenvensi pihak luar.,dan yg kata nya sudah tiba dan di bayar lunas tidak bisa membuat gentar tetangga sebelah untuk mengembalikan fir ke kita. .
    Di dalam militeq memang ad top secret, tapi biasanya pd jumlah, dan spec barang nya dan teknologi di dalam nya. .
    Istri dan anak aja ga di kasihtau ap lagi orang laen,(logikanya) ini malah muncul list A1 dari yg kata nya topsecret entah dari mana,(N). .pembucor sual un aj di penjara apa , la ini yg buka dapur negara cuma di jeplak.
    Intinya berfikirlah yg sehat.
    TNI kuat karna latihan dengan benda nyata. Bukan yg ghoib

    • ada benernya jg sih, mk itu waktu a1 list sperti su 35 dateng 2014 dan uda terkakhir bulan ini tahun 2015 kaga ada batang idungnya tuh nongol, lah waktu beli su 27 aja diliput di tv nongol barangnya bukti kl rakyat beli itu pesawat dan pantes dibanggain lah ini yg diketik gak ada buktinya dr a1 list yg keliatan kan cm sigma sm changbogo itu uda jelas.

    • trus ngapain US naro b1 di darwin…
      kalo kaga gerah…
      US mo lawan tiongkok..napa ga naro di pilipin?ato di jepun?
      lah kata yg realistis kita cuman punya sukhoi ompong dn susah stok mesin ama f16 bekas,napa negara tetangga blanja f35?
      hehehe
      bijimane bro?

      • di jepang sm australia bukanya mmg ada pangkalan amerika, filipina jg kan kl gak salah mmg uda ada dr dulu tp kemudian ditutup dan saat konflik lcs memanas amerika mau buka lg.

      • dan soal sukhoi jg kan kt uda dipersenjatai dan uda lengkap siap tempur, kl f16 beli bekas ya terima nasib dehhh, mungkin keuangan kt blm cukup buat beli baru dgn jumlah banyak, kl masalah tetangga beli f35 mah ya itu mah gak perlu kt pikirin duit2 dia org mau dibakar jg urusan dia org asal gak nembak negara kt aja.

        • Apakah uangnya hanya rill dari APBN??? saya rasa tidak, apakah setiap pembelian alutsista harus koar” tetangga???hehe

          • pernyataan anda kok kayaknya kontradiksi bung BP, di satu sisi anda percaya dgn list A1/ghoib sisi yg lain anda bilang beli alutsista tdk perlu koar2,… list A1 itu bukanny termasuk “koar2” juga bung…??? menurut saya list A1 bkn hanya koar2 tapi sdh telanjang bulat namanya.

          • gak tau tuh labilisasi jiwa kynya, logikanya kl mmg gak kebukti pasti uang apbn kt mmg cukupnya beli senjata yg uda direncanain di mef aja, kl nurut a1 list sudah pasti anggarapanya lbh besar dr pemberitaan, nah kl umpama ada anggaran yg tidak diketahui dr apbn apa gak nanti rentan korupsi.

    • Kita harus berterimakasih pada malaysia karena apa? Karena bentuk provokasinya di ambalat makanya pemberitaan yakhont muncul untuk efek deterrent, jika adem2 saja sy yakin berita ghoib akan selalu misteri.

    • Logikanya klo lu bawa pistol dan lu taro ditempat yang diliat orang mis lu taro didepan, maka orang akan nembak lu dari jarak 200m pake ss1 atau klo perlu pake SPR dari jarak 500 meter, klo nggak ya gw bacok dari belakang. Trus pistol yang lu tongolin ngaruh? Kagakkk, emang orang ngeliat pistol lu takut? Orang jadi tau lu bawa pistol, anti dot nya sikat dari belakang atau dari jarak jauh sekalian. Nah makan tuh logika lu

  27. bukan bung saya stuju aja apa pendapat publik biar bisa tidur pules saya ^_^

  28. $12 jt /unit. Dibarter dgn sekian ton sda.
    Enak ya jadi negara pandai, jual rudal satu sj sdh bisa utk memberi makan ribuan org slm satu tahun. $12 jt klu dirupiahkan berapa yah?
    Ayo Indonesia! Kuasailah teknologi, agar rakyatmu bs hidup makmur.
    Btw, kapan yah teknologi mesin mampu kita kuasai?

  29. goib hanya ilusi,,, tp strategi negara sy percya alutsista indonesia ad yg strong

  30. I love ghoib

  31. Mmg realitanya,,,,harus ada yg ghoib2,,,, biar negara lain tdk bisa mendikte kekuatan alutsista TNI kita,,,

  32. ada atau tidak yang penting tidak membuat kita terlena.
    “sakbejo-bejo ne uwong tetep luwih bejo wong kang eling lan waspodo”

  33. Harus daftar ke SIPRI ??? YAKIN ???
    Emang siapa SIPRI ? Jgn sotoy ah ..

  34. Km ngmong apa kentut..??

    Pake bahasa indonesia yg baik dan benar

  35. ghoib itu tidak bisa dilihat tapi bisa dirasakan. Masa sih INDONESIA sebuah negara yang sangat luas cuma di kawal sedikit alutsista . Dan singaporn negara kecil tapi alutsistanya seabreg…coba ada apa? apa karena dia kaya,saya kira bukan itu alasanya satu satunya. Mungkin sobat JGKR sudah banyak yang tahu.
    saya yakin ditubuh tni banyak orang pandai cerdas ahli dalam strategi .

    • Waktu kejadian malaysia rebut sipadan ligitan kenapa alutsista GHOIBnya Kagak nongol???
      Ingat toh yg keluar Kapal tua dan F-16 tua. Mana yg Ghoib ghoibnya?

      Itu baru kejadian +- 10thn yg lalu.

      Tiba tiba setelah 10 thn, muncul sana sini bilang ada alutsista GHOIB ?? Mikir Neng…Utang IMF yg hanya sebesar $9.1 milyar saja baru bisa di lunasin 10 thn yg lalu tiba tiba ada alutsista GHOIB sekelas ASTUTE, Rafale, EF2000, S300 gargoyle Dll yg kalau di jumlahkan perlu uang sebesar $30 Milyar.

      • Ligitan sipadan lepas pada saat pemerintahan siapa bung jas 39??pada saat itu pemenuhan alutsista masih dalam tahap awal, ingat yg membekingi malaysia siapa?? Waktu kejadian itu sebenarnya jika konfrontasipun kita akan kalah karena arsenal kita belum cukup memadahi danyg pasti masih hitungan jari alutsista yg dirahasiakan

      • USA ternyata utangnya ratusan kali lipat dari utang Indonesia, tapi kok alutsistanya berjubel sundul langit ya?? harusnya USA alutsistnya sekelas Indonesia ato kalopun lebih, lebihnya hanya sedikit secara utangnya jauh lebih banyak dari Indonesia

      • Ini orang gak bisa ngitung.. sipadan ligitan lepas 2002, itu 13 tahun yg lalu. Kalo 10 tahun yg lalu itu ambalat, dijawab TNI dgn ujicoba yakhont di 2007. Barulah MEF dirancang pada periode kedua pak SBY..

      • @bung jas 39makanya baca sejarah, sipadan ligitan itu zaman nya siapa..hejeheh

  36. He..he salam Bung.

  37. Surat tuk Adinda Widuri

  38. kalo didaptarin begitu..noh sukro 27 dh dapet SNI yak…
    ato biar dpt plat nomer yak kudu daptar…
    hehehe

  39. ghoib adalah suatu keniscayaan , dan bahkan harus ada bagi keberlangsungan negara terutama NKRI, tidak peduli itu berupa jumlah atau macam alutsistanya……jangan ragukan keghoiban alutsista kita dan juga jangan lupakan contra inteligent untuk membaur dan mengaburkan fakta-fakta tentang keghoiban alutsista tersebut…….

  40. tinggal ada mush lewat maen jedor aja yee…. gak usah pusing2 awkkawkawkkawk

  41. Yakhont? itu mah bukan Alutsista GHOIB !!!

    • Yakhont pada masanya alutsista goib bung, setelah dipertontonkan ya tidak lagi, itu pun beberapa tahun kedepan setelah dibeli dgn dilakukannya percobaan tembak.

  42. makin seru aja… nyimak dulu lah sambil ngopi..

  43. kl rudal canggih yakhont sdh di publikasikan pasti ada yg lebih canggih dari rudal tsb yg tdk di publikasikan

  44. percaya ko sma tahayul, makanya gk pernah maju

  45. Klu intel asing tau..ya biarkan,biar negara lain ada krja tuk nyari tau.
    Intinya alutsista yg di RAHASIAkan psti ada,mosok msti di umbar…ya jngan samakan dong dngn singaporn atau vietnam,indonesoa ini sllu di awasi jngn sampai menjadi superior di kawasan,mknya kt diam”nimbun alutsista.
    Yg pasti indonesoa strooong…
    MERDEKA…

  46. kadang senang kadang bingung kadang sedih kadang bahagia kadang kecewa .

    punya su 35 apa nggak ?
    punya ks kilo apa ngak ?
    punya typhoon apa ngak ?
    punya s300 apa ngak ?

    Woi melek jng pada ribut kaum alutsista ghoib vs alutsista realistis .

    istighfar !!
    seburuk”y pemerintah atau tni mereka yg lebih tau demi kedaulatan negara ini .
    percayakan pada mereka !!

    maloners aussi singaporn atau intel asing lg sr di mari .

  47. ga ada itu yg ghoib2, yg ada itu terhijab sehingga tidak nampak, & jika hijab telah tersingkap maka terombang-ambinglah tenggelam dilautan ilmu-Nya

  48. makanya bikin sendiri biar bisa bkin banyak walaupun bnyak utang kya usa..
    trus bisa digoib2in..

  49. Tinggal menunggu uji coba Bastion

  50. waktu itu saya pernah komen berbagi pengalaman real soal lanud yang di selatan itu eh malah di ejek dan di bilang hoak,padahal tadinya mau sekalian nanya nama lanud tersebut dan apa pungsinya eh malah di jawab seperti itu ya sudah lah,biarkan waktu aja yang ngejawab semuanya kaya yakhont ni ok….visss,ah.

  51. terima kasih buat menpora… berkat KEPINTARAN N KEPAKARAN anda, PSSI akhirnya dicabut keanggotaan dari FIFA.
    terima kasih udah menambah puluhan ribu pengangguran di negara kita.
    MENPORA BRENG…EK

  52. Belum ada yg menarik nih rudalnya..masih tempo doloe, turut prihatin ..untuk pengacau PSSI siapkan regu tembak,jaya selalu NKRI!

  53. kemarin aja f16 yang dateng ada yang bernomer ts 1642. dan yang kebakar ts 1643 . jumlah f16 tni au kalau dgabungin berjumlah 34, padahal kita ketahui 2 angka dibelaknag adalah jumlah urutan alutsista tersebut (16××) , pertanyaan nya berapa jumlah f16 sesunggugnya yang dibeli dari mamarika ????

    • Rilis resmi F16 blok 15 OCU dibeli 12 lalu kecelakaan 2 biji, tinggal 10 biji.
      Trus hibah blok 52ID 24 biji plus 6 biji untuk sparepart. Jadi 12+30 = 42. Jadi seharusnya nomor maksimal adalah 1642. Tapi ingat yang hibah itu baru datang 5 biji sebelum kebakar 1 biji.

      Tetapi menurut kabar ghoib yang dulu semasa soeharto beli f16 blok 15 OCU adalah 24 biji, sedang rilis resmi cuma 12 biji. Dan ada juga kemungkinan ada tambahan hibah lagi xx unit f16 c/d family (mungkin blok 40) yang disebut bung Sayaret sudah datang semua.

      Itulah sebabnya ada penomoran 1643 di F16 yang terbakar april lalu. Jadi berapa F16 RI ?

      F16 blok 15 OCU resmi 12 + unpublished 12 = 24 Jadi penomorannya dari nomor 1601 s/d 1624.
      Ada hibah F16 C/D family lain 16 biji namun unpublished jadi penomoran 1625 s/d 1640.
      F16 blok 25 upgrade ke blok 32 namun disebut blok 52ID sebelum april ada 5 biji. Penomoran 1641 s/d 1645. Terbakar 1 biji yaitu nomor 1643.
      Lalu datang lagi bulan mei ini 4 biji.

      Tapi uraian di atas jangan dipercaya lho. hehehehe…

      • Jadi (24-2)+16+(5-1)+4 = 22+16+4+4 = 46 biji yang sdh ada.

        Yang mau datang 15 biji + 6 untuk sparepart = 21 biji.

        Belum lagi jika viper 28 biji jadi dibeli, wah cihui tuh…

        Jangan dipercaya lho xixixixi..

  54. saya setuju dgn bung Falls, saya pikir list A1 itu hanya sekedar keinginan yg sukur2 bisa kesampaian, jadi bukan merupakan daftar alutsista yg resmi dari pemerintah (kemenhan & TNI), kan alutsista seharusnya bersifat rahasia (meskipun ada jg yg tidak dirahasiakan) jadi klo diumbar semua dgn terang benderang dengan list A1 sama saja membocorkan rahasia negara dong.
    intinya list A1 tidak relevan
    IMHO

  55. Biarlah yang ghoib tetap goib, berdebat tentang goib yang tak ada bukti sama sekali malah menjadikan suasana diskusi tidak yaman, yang kita harus bahas apa kelebihan dan kekurangan alausistanya, intinya diskusi buat namba ilmu bukan untuk menghayal, (pliss balikin jakarta greater yang dulu penuh dengan comen berbobot)

  56. Ghoih gk ad matinye…. I Love you ghoib he he.

  57. Yang goibmen terlalu polos,yang faktamen menututup nutupi & yang baca tinggal bangga + mencaci

  58. gogoib pasti ad..udah kita lihat bersama jokowi dgn ketegasan nya ..tentu dia juga memper hitungkan siapa yg d blakang nya..yg jelas bukan cina..

  59. 5 Skuadron SU 27/30, yang di tampilkan cuma 1 Skuadron

  60. Ks Kilo class, Amur Class, kaprang Slava Class, S-300, S-400, SU-35SI dan SU-34 fullback, kapan menampakan diri, sbg bukti pertanggung jawaban pd rakyat NKRI ….. ???

  61. list A1 adlh rilis tdk resmi shg negara lain tdk akan percaya. yg perlu dirahasiakan adlh rilis resmi dari pejabat pemerintah walau kadang2 banyak jg sering keseleo lidah. goib dan tdk goib tdk hrs dipermasalahkan. pakailah nalar dan analisa anda. negara pembuat saja tdk boleh mengutarakannya krn termuat dlm uu kerahasian kerjasama militer apalagi pejabat kita. wilayah yg luas ini hrslah byk dijaga kalau tdk kekayaan alam, keamanan, penyelundupan dan black fight akan sering terjadi. bila anda, pemerintah dan rakyat kita msh merasa aman berarti penjagaan makhluk ghoib kita sdh berjalan dgn baik. Teruskan pengembangan dan peningkatan makhluk ghoib kita. Bila tanpa ghoib maka pertahanan kita akan mudah terdeteksi dan lemah.

  62. Hahahaha cara ngeles yg bagus bung bakul panci.. Btw klo kita mke logika n nelaah clue2 yg ada.. Dri berita yg trsebar dimedia massa.. Sbtlnya kita hrs dah nyadari “BETAPA MISTERIUS NYA TNI DAN ALUTSISTA NYA”.. Cnth.. Ada yg tau berapa jumlah pasti dari pasukan khusus trimatra kita? Ada yg tau ga? Hehehe.. Dari hal sekecil iTu aja dah mnimbulkan efek gentar tersendiri? Blm brapa jumlah yakhont kita? Dtempatkan /diinstal dimana aja? Ada ngga yg versi daratnya disini? Utk pespur.. Gw mo nanya.. Ada yg tau berapa jumlah yg pasti dri pangkalan udara kita? N dimana aja tu pangkalan? Hehehe.. INDONESIA ITU LUAS MAN! N PULAUNYA ADA PULUHAN RIBU.. Mau ngecek atu-atu? Silahkan renungkan, salam 😉

  63. @ bung jan.. Ni bukan crita saya bung.. Tapi mnrt berita2 di media massa yg pernah sy baca bung, gitu.. 🙂

  64. Ora percoyo aq karo list A1,….
    Skrg jaman udah terbuka beda sama dulu..pas jaman pak harto..

    Kecuali belinya di pasar gelap,..trus negara ini gk ada dpr nya…baru deh gw percaya list a1…

    Akakakakakakaka…..

  65. ada yang percaya ma ghoib dan ndak percaya ma ghoib, biarkan aja toh ! gak masalahkan ! biar intel asing bingung baca di JGKR … he he he….

  66. biar lebih greget : 1. kapal selam kelas akula tni datang sebanyak 4 unit. 2.Rudal topol-m digunakan tni untuk mempertahankan natuna dari ancaman china. 3. f22 raptor hanya amerika dan indonesia saja yg pakai. 4. indonesia diberi setengah dari alusista tercanggih yg dimiliki rusia sebagai hadiah.

  67. nah itu ane demen yg diatas no.2. ditopol sampai ngompol.. haha.. anda smua pngen lihat barang ghoib…? jngan sampe trjadi.klau anda sudah lihat,brarti kita smua sudah mngalami&baru terjadi WW3. china aja ngeper alias ciut nyali sm negara trcinta kita.

  68. kalimat yg indah” Mantan Menhan Juwono Sudarsono mengemukakan pembelian Rudal YAKHONT dilakukan secara G to G . melalui fasilitas kredit ekspor, dan dibarter dengan sumber daya alam, SDA pada saat itu. Dalam hal ini pembelian rudal yakhont terjadi pada tahun 2003-2004″

    yakhont,flanker dan hind bermula pd th 2003

 Leave a Reply