Oct 132014
 

Exercise Pitch Black 2012

Jakarta – Sebuah teknologi anti radar dikembangkan oleh TNI dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Teknologi ini diharapkan mampu memperkuat alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik TNI.

Wakil Ketua Dewan Juri Lomba Inovasi TNI 2014, Avanti Fontana menjelaskan, teknologi ini diciptakan dengan menggunakan bahan dasar cangkang udang (chitosan) dan tulang ikan (hidroksiapatit). Adapun pengembangan teknologi ini telah dilakukan sejak 2011 lalu.

Menurut Ketua Umum Yayasan Planet Inovasi itu, sistem kerja utama alat itu yakni dengan menyerap pantulan gelombang frekwensi radar musuh yang dilayangkan ke alutsista milik TNI. Dengan diserapnya gelombang tersebut, maka musuh tak dapat mendeteksi kendaraan yang digunakan TNI dalam menjalankan operasinya.

“Inovasi ini jelas membantu meningkatkan peran dan tugas TNI,” kata Avanti disela-sela pemberian penghargaan Inovasi Panglimat TNI 2014 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (12/10/2014).

Pengembangan teknologi ini dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa IPB, yang terdiri dari Bambang Riyanto, Akhiruddin Maddu, dan Esa Ghanim Fadhallah.

Ketiga orang itu akhirnya didapuk menjadi salah satu tim pemenang dalam ajang Inovasi Panglima TNI 2014. Panglima TNI Jenderal Moeldoko pun, mengapresiasi pengembangan teknologi tersebut. Ia meminta agar penelitian dan pengembangan teknologi itu dapat dipercepat sehingga dapat segera diaplikasikan di alutsista TNI.

Terpisah, Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen TNI Fuad Basya mengatakan, TNI akan menggandeng PT Pindad dalam pengaplikasian teknologi ini. Di samping itu, TNI juga berencana agar teknologi ini dapat diproduksi secara masal. Meski demikian, ia mengatakan uji coba atas alat anti radar itu harus diuji coba terlebih dahulu di Badan Litbang TNI.

Penulis: Dani Prabowo
Editor: Fidel Ali Permana

Kompas.com

  100 Responses to “Alutsista Teknologi Anti-Radar TNI”

    • Kok IPB…apa hubungannya radar dgn pertanian??

      • jangan aneh bung…temen saya aja lulusan sarjana teknik kerjanya di bank hehehe…indonesia SDM nya luar biasa.. 🙂

        salam kenal bung pdkp 01

      • ini lho :
        teknologi ini diciptakan dengan menggunakan bahan dasar cangkang udang (chitosan) dan tulang ikan (hidroksiapatit).

        hehehe…..

        btw, saya punya teman lulusan IPB, jadi wartawan budaya…. hehehe

        • teknologi murah meriah dan mudah didapat. apalagi dicampur pasir lumajang ditambah teknologi dari lapan. makin maknyoos..

          • Halah orang kayak AryaJawa beraninya koar – koar kalo identitinya tersembunyi.. Coba kalo liat muka aslinya.. JELAS bukan orang jawa..

      • berhubungan bung, karena materialnya dari organik udang dan ikan. But anyway, ini adalah terobosan bagus untuk peningkatan pertahanan kita ditengah lagi semaraknya teknologi siluman di dunia saat ini. Mudah-mudahan teknologi bisa diterapkan disemua sektor tidak hanya alutsista saja tetapi juga ke seragam tentara dan peralatan pendukung pertahanan spt base camp militer dll

        • tetapi ..kendalanya munfgkin menurutku, tidak bisa dibuat secara masif ya..?
          kan hanya mengandalkan panen alam. kecuali meman yang dibutuhkan cuma kitosan dan hidroksiapatit bisa dibuat secara sintetis.

          aku sudah pernah baca masalah ini di topix dulu…ttg alutsisita rahasia buatan indonesia.

          tetapi tetaplah hebat…jayalah selalu indonesia.

          janganlah kalah dg bangsa yahudi. bangsa jawa memang pantas disebut bangsa paling cerdas dan jenius sedunia.

          • Jgn chauvinistis…ente jgn coba pecah belah bangsa ini ya…ane paling eneg kalo ada yg ngomong soal suku…org feodal yg hrs enyah dr NKRI..

          • INDONESIA bukan hanya org JAWA boss… ratusan suku & bahasa ada d INDONESIA

          • @ termos bocor, thanks komentarnya.

            sesungguhnya bangsa indonesia adalah bangsa jawa, kenapa sekarang ada banyak suku2 yg berbeda….karena itu ulah penjajah. untuk mengkotak2 suku2 yang ada di nusantara.

            Jawa adalah istilah atau nama suatu bangsa yang berperadaban tinggi…dan hampri semua wilayah2 di indonesia/nusantara ada peninggalan2 peradaban tinggi yang sudah dibuat sejak ribuan atau jutaan tahun yang lalu…tapi masih terpendam (sama seperti kasusnya stus gunung padang).

            kalau mau menelusuri…antara suku jawa dan suku2 yang lainnya di indonesia/nusantara akan banyak dijumpai kesamaan adat, adab dan budaya serta teknik dan teknonlogi. sehingga mau tidak mau pasti akan menyimpulkan bahwa suku2 itu mempunyai sumber kultur, ras, dan DNA yang sama yaitu satu asal.

            lagipula patut dingat dan jangan coba mengingkari bahwa pada saat sekarang yg paling banyak kontribusi dalam hal teknologi maju serta kebudayaan di indonesia ..suku jawa adalah paling dominan.

            jadi berbangggalah menjadi JAWA, karena JAWA adalah fitrah…dan juga realitas di nusantara..

          • @wehrmacht…anda kenapa..?

            apa anda merasa panas kuping ketika kehebatan/kejeniusan bangsa jawa disandingkan dg bangsa yahudi….

            kemarin saya masih ingat ttg komentar anda mengeni tulisan saya ttg kelemahan F35…anda terasa agak tersinggung dg itu.

            janganlah terbawa emosi….nanti anda akan terbongkar kedok anda dengan sendirinya dan anda akan menyesalinya

            soalnya saya lihat anda adalah warjager yang cukup terhormat dan sudah cukup lama disini…karena saya SR juga lama disini..

            yang wajar2 aja. gak usah emosi.
            apalagi terhadap sesama warga indonesia.

          • Wah ternyata sri paduka yang mulia aryajawa ahli athropologi jg ya…sy tertarik soal budaya jawa yg berasimilasi dgn budaya suku2 di indonesia dan apa contohnya dan kapan asimilasi itu mulai terjadi…soalnya dari ras saja orang sumatera dan indonesia timur berbeda asal usul…mohon sri paduka aryajawa menjelaskan…

          • btw katanya kerajaan tertua di indonesia adalah kerajaan kutai kartanegara

          • Atau bisa jadi bangsa Indonesia yg agung ini masih satu darah dengan bangsa Semitik yg agung.

          • Harap maklum mas Arya, yg disebut wermah ini blom dioperasi hernianya, jd kupingnya sering panas…sekali lg harap maklum…

          • Nah loh…kalau bung yonhap dah bicara berarti ada benang merahnya antara bangsa jawa dan bangsa semit (sama sama yang agung toh?) bagaimana kalau saya tambahin dgn keterkaitan dgn ancient alien? Sekalian saja kita hubungakan dengan teori survival of the fittest darwin dimana kekerabatan terdekat kita dgn missing link yg dekat dengan apes? (kera yg berjalan tegak)

            Sekalian kita menafikan kisah para nabi…

          • Sy yakin yg dimaksud Darwin itu ialah org yg menyebut dirinya dgn “wermah”…

          • Betul bung yonhap…sy lg nyari pemgganti usus saya yg sdh gak bs tertolong lagi ini…dan berdasarkan data genetis usus ente cocok…sini tak suwek dulu perut ente pake bayonet karatan babe ane…paling ada darah kering fretilinnya dikit…kan ente bs minta pengobatan sama teknologi tercanggih keturunan kinh david…

          • Hehehe…tuh betulkan, pantesan kuping “wermah” sring panas, skrang meningkat jd paranoid, terus meningkat lg jd psyco…harap maklum….harap maklum…hehehe…

          • bung aryo,anda kalo dibilangin ngeyel, ini forum indonesia, kata2 anda yg bilang suku jawa terjenius dan terhebat diindonesia,merendahkan kontribusi suku2 lain disini, penasaran, emang berapa sih IQ anda?

          • semua manusia “sama” disisi tuhannya,hanya kadar keimanan yang membedakannya.wasallam!

          • Hehehe…”wermah” akhirnya dah sampai pd tingkat Psyco…jauh…jauh…harap maklum…

          • sepakat dengan bung wehrmacht soal ‘eneg’ -saya merasakan hal yang sama ketika berhadapan dengan katak di bawah tempurung yang begitu mudah besar kepala dan membusungkan dada…

            sejauh ini salah satu ukuran cerdas dan genius yang memiliki wibawa ilmiah level dunia adalah nobel prize (einstein adalah pemenang nobel fisika 1935 -klo gak salah).

            pemenang asal asia; india 4 sains / 3 non-sains cina
            6/3, jepang 18/3, asal java dutch east indies ada 1, untuk kedokteran 1924, namanya ?
            willem einthoven…

            klo mau mikir suku masing2 orang riau atau kutai kartanegara bisa berkata, klo berdiri sendiri tanpa gabung dengan orang jawa gue kaya, saingan ama brunei…

          • Halah orang kayak AryaJawa beraninya koar – koar kalo identitinya tersembunyi.. Coba kalo liat muka aslinya.. JELAS bukan orang jawa..

          • bung Termos Bocor,
            dengan bayar $ 200 anda bisa tahu silsilah nenek moyang anda hingga ribuan tahun lalu, jalur mana yang mereka tempuh hingga akhirnya tiba di kepulauan nusantara ini

            http://shop.nationalgeographic.com/browse/productDetail.jsp?productId=2001246&gsk

            seluruh manusia sekarang ini asalnya dari afrika,
            rute / alam yang mereka tempuh / huni setelah keluar dari afrika dan jenis / pola makan sesuai apa yang ada di lingkungan mereka lambat laun mengubah ciri fisik (evolusi).

            sebagian orang indonesia sekarang ada yang nenek moyangnya mengembara dulu ke asia utara baru turun ke selatan, ada yang potong kompas dari barat / afrika langsung ke timur (lewat india dsb) hingga akhirnya sampai di sini, ini adalah nenek moyang orang papua / aborigin.

          • Assalamualaikum wr.wb.
            Jawa adalah nama salah satu pulau di Indonesia, jika seseorang menyebut jawa adalah suatu suku hal itu merupakan kesalahan fatal wuehehehe 😆 ya bisa di bilang minim tentang pengetahuan kultural adat budaya karakteristik NKRI yang sebegitu buanyaknya :mrgreen:
            misalnya saja di P. Madura memang orang-orang luar madura menyebut mereka orang madura namun kalau di lihat secara teiti terdapat perbedaan dalam penglogatan bahasanya menandakan perbedaan kultural masyarakatnya.
            contoh lain di P. Sumatra dimana perbedaan corak pakaian adatnya walaupun hampir mirip namun jika di teliti secara mendetail maka akan terdapat banyak sekali perbedaan, masakannya logat bahasanya dan lain sebagainya.
            misalnya juga P. Kalimantan dimana ada suku orang dalam dan pesisir dimana pesisir lebih mengandalkan hasil laut sedangkan orang dalam mengandalkan hutan dari situ terdapat perbedaan penggunaan peralatan. selain itu budaya mereka berbeda yang orang dalam biasanya berpindah-pindah sedangkan pesisir lebih tinggal menetap.
            jika berbicara masalah suku maka ada poin-poin tersendiri dalam memetakkannya dan hal tersebut tidak sebatas hanya berdasarkan nama pulau, enak saja kalau berdasarkan nama pulau.
            sepengetahuan saya suku itu tidak terlepas dengan budaya (cipta karya dari masyarakat yang bertempat tinggal di sana, baik bahasa adat istidat masakan rumah adat hukum dan lain sebagainya).

            kalau salah ya maaf 😀
            maaf oot 😀

          • kalau Ras itu genetik
            seinget saya wuehehehehe 😆

            kalau salah ya maaf 😀

          • 2 rute berbeda yang ditempuh rombongan leluhur WNI (dari kloter yang berbeda juga)…

            http://images.sciencedaily.com/2014/04/140421164242-large.jpg

            sebagian kloter merah menyeberang ke amerika melalui selat bering yang memisahkan rusia dan alaska, dan menjadi nenek moyang orang indian.

          • thanks atas penjelasannya bung @ Danu, kalau sperti bung danu bilang mgkin saja kita satu moyang berkaitan dgn evolusi.. kalau pikiran saya sih mentoknya diperbedaan fisik yg berbeda pasti asal moyangnya jga berbeda, maklum RAM otak sya nanggung..hehee..

          • Assalamualaikum wr.wb.
            orang-orang jaman dahulu lebih tinggi lo kira-kira 2 meteran.

            kalau salah ya maaf 😀

          • ilustrasi tsb tentunya dibuat berdasarkan data / temuan lapangan seperti kerangka / fosil…

    • Assallamuallaiku, salam kenal bung pdkp01. Kita (khususnya pemerintah) harus mengapresiasi segala bentuk karya inovatif putra bangsa.
      Selanjutnya kita tunggu kabar dari bung jalo untuk pengaplikasian teknologi ini pada alutsista kita. Colek bung jalo…

    • Seprtinya kalau teknologi ini bisa diterapkan pd pespur kita, apakah pespur kt akan menjadi Stealth? Mohon sesepuh penjeladannya

      • pertanyaan yg sama dlm pikiran sya jga bung, kalau hanya teknologi material saja yg dterapkan rasanya tetap tdk stealth jga,, krna dpengaruhi jga bentuk pespur, cantolan armamentnya harus di dlm body pespur, sprti pespur siluman pda umumnya. jdi dlm pikiran saya kalau dterapkan pda pespur kita yg sekarang tetap tdk membuatnya stealth. kecuali kita mengembangkan sendiri pespur siluman dgn memakai teknologi ini.

    • Cara menghancurkan suatu negara paling mudah dengan mengadu domba antar sesama warga bangsa… Kalau kita terpancing provokasi, merekanya yg akan bertepuk tangan…. Ingatlah musuh ada disekitar kita dan mereka takut indonesia menjadi negara besar dan kuat karena persatuan seluruh rakyatnya… Waspadalah2….

    • Assalamualaikum wr.wb.
      mau sedikit komeng tapi agak melenceng
      saya baca dari berita katanya turis dari Malaysia banyak yang berkunjung ke Jakarta ya :mrgreen:
      pesan saya tolong jangan jualan atau gopublik untuk perusahan vital. karena bisa jadi mereka pergi ke Jakarta dengan membawa banyak uang.
      ow ya tempat wisata di Jakarta itu apa saja ya? masa jauh-jauh dari kualalumpur untuk melihat Jakarta doang wuehehehe 😆

      kalau salah ya maaf 😀
      maaf oot 😀

  1. mudah2an sukses penerapan material penyerap radarnya

  2. perlu di kembangkan…mantap..

  3. Mantap…semoga tdak kandas ditengah jalan…berharap agar pemerintah lebih memprioritaskan inovasi karya anak negeri…semoga bisa lebih dkembangkan shg Indonesia jaya tdak tergantung lg dengan produk asing…JAYALAH NKRI

  4. dulu saya mau meneliti tentang keramik untuk material armor. tekniknya bottom up dari bahan nano, karena bahannya agak susah gak jadi deh. lalu diubah meneliti HAP(hidroksiapatit) dan chitosan untuk bahan tambal gigi. ternyata cukup berhasil penelitianny. nah baru tau klu HAP n Chitosan bs dipakai anti radar. melimpah ruah di Indonesia bahan ini

    • selamat semoga jangan sampai disini….

      NKRI JAYA

    • Salam kenal bung peneliti. Saya sangat setuju dengan anda bung. Indonesia adalah gudangnya SDA. Tidak mustahil teknologi mustahil akan diciptakan dinegeri ini. Tinggal nunggu ni bibit2 ahli metalurgi yang bisa menerapkan teknolgi ini pada alutsista kita. Kalau saya cukup cetak anak yang bisa baca, tulis, dan hitung dulu. He.he.he.. Piss 🙂

      • Dengan jumlah penduduk indonesia yang sekian ratus juta seharusnya banyak inovasi inovasi yang di hasilkan SDA indonesia..
        tapi sudah menjadi rahasia umum kalau banyak juga inovasi itu terhalangi oleh oknum-oknum penjilat..
        Maaf sedikit curhat

  5. Mari kita hapus dkit2 julukan negeri 1000 prototype…dmulai dgn langkah kecil aja dulu : doa

  6. mantap bro…

  7. Indonesia Pasti Bisa, NKRI Harga Mati

  8. Hmmm artikel dari garuda militer ya , teknologi kita semakin maju , ASU aja lagi kembangin baju iron man nya masa kita tidak buat ALutsista kita lebih maju , ipb ahli dalam perkembangan genetika biologi jadi penggunaan teknologi dari cangkang keong dan tulang ikan ini berfungsi sebgai penyerap radar dan pembias panas untuk di terapkan kepada ALutsista kita , walau sebelumnya kita sudah menggunakan teknoLogi pasar besi yg kalau ga’ salah ilmu terapan dari mahasiswa ITS Surabaya yah , Lebih Lanjutnya siLahkan tanya bung JaLo 🙂

  9. nyimak smbil mkn siang yak… :mrgreen:

  10. MANTAB

  11. semakin mantap Indonesiaku

  12. Mantafff

  13. Hebat. Kalau bisa dijadikan cat, lalu digunakan di kapal perang, pesawat tempur, peluru kendali dll.Pasti luar biasa. #semogacepatterwujud

  14. Selamat Buat TNI dan IPB. semoga Indonesia semakin Jaya.

  15. salutt full buat IPB … bisa sinergi dg ITB utk tekno kamuflase material, makin hebat karya anak bangsa kita.
    semoga lancar develop nya.
    teep musti pake jurus proteksi dari godaan mahluk asing yg rajin cari info di negeri kita.

  16. hebatt…..tapi kenapa harus gembar gembor dari sekarang yaa….ngga takut ditiru peneliti asing apa ya

  17. Kalau ini dari cangkang udang & tulang ikan..trus perkembangan cat anti & pasir anti sadap gimana y..??

  18. dripada pusing nunggu hasil penelitian mending… gendruwo, kuntilanak, tuyul…de el el… ditangkap n dikulitin… trus tempel tu kulit nya… di pesawat… dijamin super stealth.. tu pesawat….. hajahaha…….

  19. Dari cangkang udang dan tulang ikan, trus bagaimana bisa tahan lama, tapi ini patut di apresiasi dan dikembangkan lebih lanjut sebelum di aplikasikan, ……. mantap IPB !

  20. Weehh..laaahhh.., pada kemana kok sepi.? Sesepi ambulan tanpa uwi uwi..

  21. antodit radar ini mudah, kucing 😀

  22. Hmmm…biar sedikit risih, tp sy tertarik jg dengan teori seorang ilmuwan muslim, KH. Fahmi Basya, yg mengeluarkan sebuah tesis tentang Borobudur peninggalan Solomon Ben David. Wkt nge-mail ke teman di Yerussalem tntang ini, dia bilang singkat: “It’s possible…kan King Solomon pny banyak teknologi canggih. Ayo apa ada yg mau membuat anti tesis penelitian Pak Fahmi Basya yg cerdas ini….

    • bung@Yonhap..itulah kelebihan alquran sedikit demi sedikit firman allah akan terungkap kebenarannya..jd tentang penemuan ilmu KH Fahmi basya itu jangan di pertanyakan disini karena bukan tempatnya dan tdk mungkin bisa dijelaskan dan diurai disini karena membutuhkan waktu yg panjang sebab walaupun satu hari saya menjelaskan tdk akan selesai….jadi klo anda ingin menegetahui rahasia ilmu itu datang saja keulama besar insya allah pasti akan di jelaskan.
      dalam alquran itu banyak sekali rahasia ilmu yg tersembunyi yg tdk biisa diungkap secara terbuka…sy beri contoh : dalam pembukaan surat albaqoroh ada. ayat berbunyi..ALIF LAM MIM.. ayat ini aja tdk ada satu tafsirpun yg mengungkap secara rinci artinya..MENGAPA???.Karena diayat itu klo diungkap banyak sekali rahasia2 ketuhanan yg mana klo dibuka secara umum akan membahayakan bagi pembacanya yg mengartikan sendiri tanpa dibimbing oleh sang guru/kyai/mursyid..

      kesimpualannya apapun ilmu pengetahuan didunia ini semua ada dlm alquran …PERCAYA ATAU TIDAK ITU TERSERAH KEYAKINAN ANDA…Wasalam

    • kok malah mlenceng..yang d bahas inovasi kok jd pengajian. Silahkan cari forum lain saja pak yonhap. Saya yakin bangsa indonesia bisa lebih maju dari negara lain. potensi sudah ada tinggal dikembangkan

  23. kalau bisa,apa salah nya di coba…

  24. Sabar bung waja…itu yg dikejar dia…perpecahan diantara kita…sbg org sumatera asli sy panas…tp melihat istri sy yg asli ponorogo jawa timur sy sumringah lagi…apalagi melihat jagoan kecil sy semata wayang…betapa NKRI nya keluarga sy… 🙂

  25. Sudah..sudah jangan saling menghujat antara sesama anak indonesia…semua sama..saya orang jawa tp kakek ada yang dari kalimantan…sudara dapet orang medan…tetangga banyak batak..mandar..banjar dayak…kalo ada orang jawa hebat benar tetapi suku lain juga tidak kalah hebat..semua punya kelebihan masing masing….bolehlah bangga akan sukunya asal usulnya tp tetap menghormati yang lain…itulah NKRI

  26. wong jowo ae akeh sing ora ngerti ning “jowo” ne!?????

  27. saya udah nonton film ny lumayan.difilm itu saya malah lebih tertarik sama helikopternya dari pd baju robotnya,pergerakan robotnya kurang dinamis malah cenderung lamban.kalo dienplementasikan malah berabe.
    yg ada mlh kaya cerita aleksander sama india.soal baju tentara apakah bung2 sekalian pernah ke solo liat pabrik konveksi pembuatan baju untuk tentara?

  28. Sabar bung waja… Cara menghancurkan suatu negara paling mudah dengan mengadu domba antar sesama warga bangsa… Kalau kita terpancing provokasi, merekanya yg akan bertepuk tangan…. Ingatlah musuh ada disekitar kita dan mereka takut indonesia menjadi negara besar dan kuat karena persatuan seluruh rakyatnya… Waspadalah2….

  29. Yonhap dan arya jawa.
    orang seperti anda di kampung
    saya level nya cuma sbg kuli bangunan
    dan buruh kasar.kalo kami
    di sini mau bikin rumah/ruko,,pasti nyari
    pekerja nya dr kampung asal sampean
    karna upahnya lebih murah,tapi kerja nya rjin.
    Bs di suruh2.contoh spt ini.saya mau perbaiki
    septi tank yg bocor saya bilamg gini”hai yonhap tolong kau kuras dulu septi tank ini
    habis tu kau cor lagi bagus2,ajak tu tmn mu
    si aryajawa nanti ku kasih upah tngah duo ratuih/150000.lalu kau bilang baik da,akan saya kerjakan.smbil lompat2 kegirangan.
    Piss bro-salam Nkri.

  30. saya jadi curiga si arya jawa itu bukan benar-benar orang jawa……….

  31. apakah anda tahu, pasir besi lumajang/ pantai selatan di keruk larinya kemana? jawab: ke negri seberang batam (sebagian). dijual ke negri om naga (sebagian). berarti ini pasir kualitasnya emang wahid ya..

  32. sedangkan ada perusahaan tambang lokal mo kelola ini pasir malah di benturkan dengan masysrakat. ada apa ini.

  33. saya yakin orang bung Aryajawa pasti bukan orang jawa, krn tidak mencerminkan sikap orang jawa, coba bung main ke tempat yang adat jawa nya masih kental, spt di solo dan yogyakarta

    saya sendiri orang jawa tidak suka dengan pendapat anda, dan tujuannya jelas,anda ingin memecah belah persatuan.

    saya harap rekan2 di warjag jgn terprovokasi

    trims

 Leave a Reply