Nov 112013
 
Kapal Selam Kilo buatan Rusia

Kapal Selam Kilo buatan Rusia

Indonesia kini memasuki era kebangkitan industri pertahanan, setelah sembilan tahun secara serius membangunnya. Indonesia telah mampu memproduksi sejumlah alutsista: Senjata api, Panser, Kapal Laut, dan kini tengah mempersiapkan pembuatan kapal selam dan pesawat tempur.

“Kita harus optimistis bahwa Indonesia bisa membangun industri pertahanan untuk menjaga wilayah NKRI serta menunjang stabilitas politik dan ekonomi,” ujar Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin dalam dialog dengan masyarakat Indonesia di Seoul, Korea Selatan, Minggu (10/11). Wakil Menteri Pertahanan berada di Seoul hingga Rabu (13/11) untuk mengikuti “Cyber Defence Conference” dan meninjau pabrik pembuatan T-50i Golden Eagle, pesawat tempur pesanan Indonesia yang dibuat Korea Selatan (Korsel).

Indonesia telah memesan satu skuadron -16 unit- pesawat T-50i dan pengiriman sedang berlangsung. Selain pesawat, Indonesia juga memesan kapal selam dari Korea Selatan. Saat ini, Indonesia sudah memiliki lima kapal selam dan sedang memesan tujuh kapal selam lagi. Korsel dipilih karena negara ini sejak awal menggunakan kapal selam buatan Jerman, sama seperti Indonesia. Kapal selam yang diproduksi Korsel merupakan pengembangan dari kapal selam Jerman.

Keputusan bekerja sama dengan Korsel membuat Indonesia akan lebih cepat menguasai teknologi pembuatan kapal selam. Lagi pula, kapal selam buatan Jerman yang kini dipakai akan mudah mendapat suku cadang dan perbaikan. Setelah kerja sama produksi di Korsel, pembuatan kapal selam akan dialihkanke Indonesia. “Kita akan menjadi negara pertama di ASEAN yang memproduksi kapal selam,” kata wamenhan.

Sesuai amanat UU 16/2012 tentang Industri Pertahanan, lanjut Sjafrie, Indonesia harus memproduksi sendiri senjata dan alat utama sistem persenjataan (alutsista) di dalam negeri. Impor hanya untuk senjata dan alusista yang tidak bisa diproduksi di Indonesia. “Itu pun dengan syarat harus ada alih teknologi agar dalam waktu tertentu, semuanya bisa diproduksi di dalam negeri. Alih teknologi sungguh menantang teknokrat dan profesional kita,” katanya.

“Kita tidak akan malu lagi saat latihan bersama sesama negara ASEAN, bahkan dengan negara lain di luar ASEAN, yang lebih maju. Kita bisa menunjukkan bahwa kita punya peralatan militer berat yang bagus. Senjata, panser, kapal, dan pesawat buatan Indonesia sudah diekspor. Semua kemampuan ini tinggal diitngkatkan,” ungkap Sjafrie menjawab pertanyaan para mahasiswa dan profesional asal Indonesia yang datang dari berbagai wilayah di seluruh Korsel.

Dalam 10 tahun terakhir, kata wamenhan, kemajuan persenjataan Indonesia cukup signifikan. Ini juga berkat alokasi anggaran untuk pertahanan yang meningkat. Dalam lima tahun, pemerintah mengalokaskan sekitar Rp 150 triliun untuk pertahanan. “Kita belum pakai semua karena Indonesia masih membutuhkan dana untuk peningkatan kesejahteraan rakyat dan pembangunan infrastruktur,” paparnya.

Seal Carrier Kendaraan Tempur Bawah Laut buatan Swedia, sejenis yang dimiliki Kopaska

Seal Carrier Kendaraan Tempur Bawah Laut buatan Swedia,  yang juga dimiliki Kopaska

Tiga Prinsip Universal
Mengutip Presiden SBY, Sjafrie mengatakan Indonesia memegang tiga prinsip plus satu dalam membangun bangsa dan menjaga kedaulatan negara. Pertama, kalau negara ingin kuat, politiknya harus bermartabat. Kedua, ekonomi harus tumbuh pesat. Ketiga, ada kemampuan pertahanan. “Yang harus mejadi perhatian adalah persatuan. Sepanjang ada persatuan, dalam negeri maupun yang di luar negeri, kita akan kuat,” kata Sjafrie.

Sistem pertahanan memberikan kontribusi terhadap politik dan ekonomi. Saat ini, di era global Indonesia harus meningkatkan pertahanan dan kerja sama. “Jika ingin damai, siaplah perang. Ini bukan berarti Indonesia menyiapkan perang. Tapi, sebagai negara besar dan berdaulat, kita harus mempunyai sistem pertahanan yang baik,” kata Sjafrie.

Indonesia, lanjutnya, menempuh empat kegiatan strategis untuk membangun sektor pertahanan:

Pertama, sistem pertahanan tidak hanya militer, melainkan juga nonmiliter.

Kedua, fokus pada pembangunan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan bela negara. Hal ini bisa dijalankan setiap orang lewat pekerjaan masing-masing, tanpa perlu menjadi TNI.

Ketiga, membangun sistem pertahanan setara dengan negara lain untuk melindungi bangsa dan negara. Indonesia harus membangun kekuatan militernya hingga menjangkau seluruh wilayah wilayah. “Peralatan militer dimodernisasi agar high mobility,” papar Sjafrie.

Keempat, membangkitkan kembali industri pertahanan. Indonesia sudah menguasai teknologi menengah dan kini sedang menapak menuju teknologi tinggi. “Untuk yang kemampuan yang tangible, kita masih menengah, tapi kemampuan intangible, kita sudah sangat tinggi,” ujar Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin. (Beritasatu.com/Suara Pembaruan).

  122 Responses to “Alutsista TNI dalam Pusaran Modernisasi”

  1. “Saat ini, Indonesia sudah memiliki lima kapal selam dan sedang memesan tujuh kapal selam lagi” ??

    sudah memiliki 5,
    memesan tambahan 7

    • Lima itu 2 u-209 cakra class+3 pesanan yg sedang berjalan. Mungkn ada penambahan pemesanan lg sebnyk 7 unit. Skema itu mirip bgt dgn pembelian u-209 korsel dari jerman dulu.

      • dari kalimatnya, pesanan tambahan 7 itu mengarah dari Korea juga. dari segi ToT jumlah itu juga memberikan tambahan kepastian kelancaran alih teknologi. tapi mengingat kebiasaan pernyataan pejabat pertahanan yang sering ambigu bisa jadi dari jenis lain.

        Lontong Mode: ON

        • Loh bukannya tambahan 7 itu kerjasama dengan Turki U 214 lisensi Jerman.

          Turki sudah menawarkan U 214 waktu tender U 209 tapi yg dipilih malah CBG mungkin karena mengejar ” TOT imitasi ” dan harga lebih murah

          Turki tetap menawarkan U 214 untuk diproduksi bersama.

        • Yup, pasti nya akan diteruskan dari korea selatan juga… Drpd berfikir yg gak enggak kan…

        • @joni yang 4sli
          asik juga tuh jika U 214 produksi bersama dengan menguasi pula teknologi produksi CBG yang arguably U 214 upgrade. hanya saja artinya TNI mengejar jumlah KS lebih dari 15 ketika PAL sudah mulai memproduksi mandiri KS nasional. Kemungkinan lain teknologi yang didapat dari ToT akan digunakan untuk meyempurnakan KS midget

          @Jajaka Tingkir
          di tag lain Diego pernah bilang ‘ehem sudah confirmed’, keterlaluaaan jika ehem dimaksud ternyata Changbogo 😀

        • Jangan ngomongin Changbogo. Barangnya belum ada 😀

          • #2 KS Cakra + 3 Kilo Clas = “sudah memiliki 5″

            #”7 pesanan tambahan” = sisa tawaran hibah 10 Kilo minus 3 yang sudah datang duluan (?)

            cocok itung2annya 🙂 tinggal draw the line between the dots

          • Ok siap bos, jangan ngomongin yg belum ada.
            ‘ehem sudah confirmed’,

      • Yang 3 belom keliatan wujudnya bang..jadi jangan di hitung dulu ya….yang 3 itu yang ga mau balik ke “rumah papa”

  2. wait a minute…., kenapa Diego pasangnya gambar Kilo? apa artinya tambahan pesanan 7 unit itu dipenuhi oleh Kilo class?

  3. Kenapa ya, setiap pembicaraan tentang jenis dan jumlah kapal selam Indonesia, semua wartawan disebut salah kutip: Radar Timika, Tempo, Kompas, BeritaSatu/ Suara Pembaruan….Semua salah kutip 😀

    Kalau salah kutip kalimat yang masih asing..OK-lah. Misalnya rudal starstreak disebut Statik.

    Lha inikan hanya soal jumlah angka yang sangat mudah diingat. Radar Timika mengutip pernyataan perwira kapal selam, bahwa KS kita yang operasional ada 5. Masak mengingat angka “5” saja salah kutip. Penyebutan angka L-i-m-a dengan D-u-a…. jauh bedanya. Bukan sesuatu yang sulit diingat.

    Begitu pula dengan pernyataan Wamenhan yang dikutip Suara Pembaruan….”Saat ini, Indonesia sudah memiliki lima kapal selam dan sedang memesan tujuh kapal selam lagi”. Masak mengingat kalimat sesederhana itu, juga salah kutip. Jangan jangan angka itu pun masih dikorting.

    Lha terus pernyataan Wamenhan Malaysia soal 2 KS Kilo Indonesia, bagaimana ?

    Wartawan Indonesia dan Malaysia salah kutip semua…kalau sudah berbicara kapal selam. Mabok Lontong 😀

    • Hehehe mancing aliran non-konspirasiyah alias jamaah seingbelieivingiyah ceritanya bung ? :p

    • jakartagreater.com……

      indikator dan barometer alutsista indonesia…. hehehe…

      jgn percaya dulu berita2 alutsista indonesia, kalo belum dibahas dimari…
      lanjut om………..

      • Wah nggak gitu kawan. Kita sama-sama sharing informasi dan berdiskusi di sini.

        Rekan -rekan lain juga banyak berbagi info di sini, seperti: Danu, Gue, Melektech, WH, Satrio, Wie Aribowo, Nowyoudont, errik irwan, Skywalker, Arya, Antonov dan banyak rekan-rekan lainnya

        • “Saat ini kita sudah punya LIMA” itu blm termasuk CBG lho,kan CBG baru mo dibuat. Jumlahnya juga sama dgn perkataan komandan KS yg di papua toh. Apa mau tunggu pernyataan dr presiden juga? Atau seeing is believing? Sampai saat itu tiba, mari jadikan sebuah polemik yg membuat tetangga yg lagi “nguping” jadi semakin galau. Btw nama saya sudah di tag ma bung Diego,tlong jgn minta ukuran baju ya, ukuran baju=ukuran karung…hahay..

          • Tuhkan ada yang keceplosan lagi..secara logika masa yang muncul di sorong whiskey class? Kalo teken kontrak 2006 masa belom sampe disini itu lontong…vietnam aja 2009 udah sampe, kadang ga perlu melihat untuk jadi percaya betul?

          • He..he…dengerin eh baca omongan mang shinya (aseli nih bukan shinga???), jadi inget kata-kata di kitab suci salah satu agama, “Berbahagialah mereka yang tidak melihat tapi percaya, dari pada tetangga yang nguping komen di warjag, tapi gundah gulana”

            edited ngawur mode : on

          • Hehehehe biar yang nguping panas dingin gan..

    • Hehe, masalahnya besok2 ada lagi (pejabat) yang ngomong:

      saat ini KS RI baru DUA 🙂

    • @bro diego, bisa aja 🙂

    • Bukan salah kutip.
      Tp salah nangkep/tafsir karena mereka bukan wartawan spesialis liputan militer/perang.

      Apa benar Indonesia SUDAH memiliki LIMA kapal selam & SEDANG memesan TUJUH kapal selam lagi? Apa benar Wamenhan yg mengatakan begitu?

      Ane coba gugling gak dapet info trkait pesanan 7 KS yg sedang diproses (termasuk di SIPRI, jane’s). Angka ‘7’ ini gak banyak disebut (bahkan intelijen warjag gak deteksi soal ‘TUJUH’ sebelum ini).

      Kalo ini rahasia, Wamenhan tentu tidak mengatakan ini di depan publik & wartawan secara terang2an.
      Kalo ini bukan rahasia, maka pernyataan Wamenhan ini akan dikutip berita2 resmi & situs2 informasi kemiliteran (yg kredibel) & kita gak perlu berteori macem2 dari dulu2.
      Kalo keceplosan pun berbagai media besar & resmi juga akan ikut mengutip & mengejar lebih lanjut soal info ini.
      Sebagaimana kawan2 tahu, berita kapal selam kan isu yg seksi apalagi kalo info itu baru.

      Berita ‘SUDAH LIMA’ dan “SEDANG TUJUH’ cuma berasal dari tulisan satu wartawan Suara Pembaharuan yg kemudian disalin Berita Satu dan si wartawan ‘merangkumnya’ dari apa yg ‘dia dengar’ di dialog Wamenhan dengan masyarakat Indonesia di Seoul.

      Jadi, kemungkinan si wartawan salah nangkep/tafsirnya amat gede.

      Kalo yg nulis wartawannya angkasa-commando-dkk baru deh lebih meyakinkan karena ini ‘makanannya’ mereka.

      *ane coba mengulas terkait tulisan berita di atas*

  4. semoga terwujud cita2 “pemerintah” utk kemandirian alutsista,yg penting pemerintah harus memiliki sumber daya manusia yg bnr2 memiliki kemauan dan kemampuan di bidangnya,bkn yg cm jago di atas kertas,jago mengulas tp low class!

    • @frans, santai aja ‘kali…

      sekedar bahan introspeksi, komen2 anda inipun sangat low class:

      gerilya produk masa lalu yg tdk bs lg diterapkan di zaman yg serba canggih sperti skrg

      pukulan telak buat dunia penerbangan indonesia, khususnya alutsista tni… (Mi-17 down)

      (komen spontan saya saat itu: Hanya orang bodoh yang berpendapat ada korelasi langsung antara satu-dua kasus heli TNI tipe X dengan tingkat safety dunia penerbangan Indonesia secara umum).

  5. Sudah, ribut amat. KS kita itu bersifat senyap, rahasia. Yang penting KS kita diperbanyak dilatih para prajurit TNI. Lagian kalau bung diego buka2an tar jadi snowden ke2 dia. Minta suaka pula nnti ke Rusia, haha 😀

    • ya bgtu lah Bung Patton.. selagi tuch lontong gag diketahui oleh public brp jumlah dan bgai mana efeknya,,semua akan ribut. dikasi tau yg sebenarnya,,ada yg gag percaya.. gag dikasi tau,,mlh nanya.. tp ini lah yg namanya Tentara Nasional Indonesia… semua serba ingin tau dan berusaha cari tau…hehehehe… # maaf kl salah komentar

  6. yang pasti KASAD JEND,BUDIMAN dalam acara dialog di TVRI,berkata;dalam waktu dekat 2 kapal selam jenis KILO segera datang,itu kapal yang besar.

    apakah kasad mengada2?

    • Besar bukan berarti kilo class….besar disini menurut jenderal diliat dari panjang lebar personil dan persenjataannya (icbm) heeee …

      • sangat jelas kasad menyebut jenis kilo,dan baru2 ini dalam acara ‘indonesia terkini’di tvri ada penampakan kapal selam jenis kilo dengan latar belakang pantai penuh dengan pohon seperti bakau setelah penampakan kri cakra 401

        • apa urusannya kasad dengan kilo??

          • kasad adalah petinggi militer,ad,al dan au bagian dari militer.
            jika kasad tak tau alutsista yang dimiliki militer,gimana mau buat strategi perang??

          • @cakrawala.. klo bedanya kasad, kasal sama kasau apa? kalo ks kilo biasanya diurus ma kasad tau kasal ya?

          • apakah kasad tak boleh tau alutsista al dan au?

            apakah strategi perang urusan masing2 angkatan?bisa2 miss komunikasi.

            apakah rencana pengadaan alutsista tiap angkatan hanya kepala staf yang tau? gimana dengan menhan,mentri keuangan,apalagi dpr yang punya hak stempel adalah orang2 non user?

            bukankah setiap rencana pengadaan harus dirapatkan lebih dahulu untuk ambil keputusan?

          • Kalo cuma sekedar tau sih boleh aja om…tapi gak boleh ngomongin dapur matra lain ke publik, karena bukan kapasitas/wewenangnya. Apalagi yang diomongin itu adalah alutsista yg memiliki kerahasiaan tinggi.
            Lain ceritanya kalo yg ngomong adalah Menhan atau Panglima TNI.

          • Kasad lupa, dia bukan lagi Sekjen Kemhan 😀

  7. udh saya tunggu2 untuk dibahas sm bung diego, akhirnya..

  8. Berapa pun jumlah kapal selam negara ini, yang penting masih bisa tidur nyenyak dan kerja demi kemajuan negara. Sampai saat ini dirahasiakan tentunya memiliki tujuan dari para petinggi TNI, khusulnya TNI-AL… Biar negara tetangga yang tidurnya gak nyenyak hehe

    • Please flight to Singapore … and then ask some well known military journalists there …. you will be surprised because they have more information of your TNI compare than you …. they will laugh you if you still believe the propaganda from your gov’t …… hehehehe

      • Don’t you think maybe they know more information about TNI because they are being led to think that way?? But if they think TNI are far more weaker than we know then i suppose that is a good thing doesn’t it?

        “It is not what you know that scares you, but what you can not see or hear”

      • Tendang SingTel dari Telkomsel, Indosat, XL-Axiata…!!!

      • BERTAHAP, TAPI PASTI …NKRI AKAN BERJAYA ……

        MAAF …. SINGAPURA HANYA NEGARA KECIL, SINGAPURA JIKA KELAK ADA BENCANA JUGA TERHAPUS DARI PETA DUNIA ………… MESKI MAJU… KARENA MEREKA ADALAH NEGARA BONEKA INGGRIS DAN AMERIKA …..

        BANYAK NEGARA, DAN FIHAK TERTENTU YANG TIDAK SUKA DENGAN MEMBAIKNYA NKRI …………. NKRI DENGAN LUAS WILAYAH, JUMLAH PENDUDUK, DAN SEMUA SDM ….. JIKA BISA SEDIKIT MAJU SAJA , MAKA DIKAWASAN ASEAN TETAP AKAN MENJADI YANG TERKUAT …… KARENA SUDAH DITAKDIRKAN SEBAGAI NEGARA YANG BESAR………….. SINGAPURA..SAMPAI KIYAMAT PUN TETAP SEBAGAI NEGARA SEMUT, NEGARA KECIL …. MALAYSIA NEGARA SEDANG, …..CHINA, INDIA, INDONESIA, RUSSIA, AMERIKA SAMPAI KAPAN PUN TETAP MENJADI / AKAN MENJADI … NEGARA BESAR……

        JADI KITA WARGA NEGARA REPUBLIK INDONESIA, HARUS OPTIMIS, DAN BERBESAR HATI ,… KARENA KITA FAKTA SEBAGAI NEGARA YANG BESAR …… …….. ……………….

      • anak johor..kau suka dengan kemajuan kita ya..>?hahaha

    • sampe panic gan 😉

  9. setelah lama jadi silent reader saya mencoba menyimpulkan,
    tawaran hibah 10 ks itu sebenarnya untuk menutupi jumlah ks yang udah nyemplung di sini
    maybe 🙂

  10. Kalau saya melihat itu semua soal target dari TNI AL dan kemhan untuk th 2020.

    Indonesia memiliki tiga ALKI. ALKI I membentang mulai Laut Cina Selatan-Selat Karimata-Selat Sunda. Kemudian, ALKI II melintasi Laut Sulawesi-Selat Makassar-Luatan Flores-Selat Lombok. Sedangkan, ALKI III mulai Sumadera Pasifik-Laut Maluku-Laut Seram-Laut Banda-Alor.
    Untuk manjaga itu (3 ALKI) maka TNI AL secara IDEAL membutuhkan 12 kapal selam dan pada tahun 2020 sudah ready. Dan pada th 2020 , 2 ks cakra class telah bersiap untuk pensiun.
    Jadi klo kontrak yg berjalan sebanyak 3 KS (korea), maka logika sederhana kita membutuhkan 9 KS “kontrak baru”. Kontrak baru itu sudah harus disiapkan pada th 2014.
    Komposisi (dgn anggaran yg ada):
    1. 4 KS produksi PT. PAL lisensi korea (atau lisensi german???) (dari BARAT), itu menu wajib karena sesuai amanat undang2 harus ada transver tehnologi agar kita bisa membikin sendiri
    2. 5 KS dari TIMUR, untuk memadu alutsista gado2 menghindari embargo klo alutsista barat di embargo alutsista dari TIMUR masih berfungsi. Nah dari timur kemungkinan besar dari Rusia (seperti yg diinginkan KSAL baru2 ini). Tapi menurut saya lebih baik ambil baru jangan second deech…….. jadi takut klo nanti nyelem nggak muncul2… wallauallam. Tapi ingat, rusia klo kita kontrak 5 KS harus mau membuat bengkel perawatan dan sukucadang di indonesia.

    Dan menurut saya , mengutip kata menhan: “kita disuruh ber “SABAR” menunggu info lebih lanjut soal ks dari rusia”. Kita tunggu saja…..

  11. saya bicara berdasarkan fakta2 yg sudah terjadi bung,faktanya mmg dunia penerbangan indonesia menjadi sorotan dunia bkn krn prestasinya tp krn “keburukannya”..dan penerbangan militer melengkapi buruknya tingkat safety penerbangan indonesia,dan itu fakta.jgn kita mengaburkannya cm skdr “aku cinta indonesia”,jaman skrg mau sok pamer kelebihan kita cm jd bhn tertawaan negara lain saja,krn dunia tahu kondisi indonesia sebenarnya..
    tp puji tuhan org2 di pemerintahan tdk seperti segelintir org2 indonesia yg bsnya berkoar2 ga karuan menebar kebohongan utk sebuah kata “gengsi”,dipemerintahan tentu diisi org2 pilihan yg memiliki latar blkg pendidikan yg jelas,apa jd nya bangsa ini jk pemerintahan diisi org2 sperti yg saya sebut diatas..!
    Indonesia di isi oleh 240jt rakyatnya,namun bs di dikte oleh segelintir org singapore,di intimidasi beberapa org malaysia..itulah sdkt fakta yg ada dan dunia tahu itu,ok!

    • Anda tipikal orang yang ‘melihat’ apa yang ingin ‘dilihatnya’.

      -mmg dunia penerbangan indonesia menjadi sorotan dunia bkn krn prestasinya tp krn “keburukannya”..

      silakan google ‘skytrax garuda best regional airline world’s best economy class’

      • percuma gan. saya rasa dia juga tau, justru niatnya yang harus kita waspadai.

        coba saja liat komen2nya ke belakang. Ingin wilayah NKRI masuk Malaysia, kemajuan asing dipuja, kekurangan Indonesia diblow up dan yang paling parah adalah komentar2nya yang selalu menihilkan upaya2 demi perbaikan dan kemajuan Indonesia.

        hampir semua forumer mengkritik sesuatu, hanya saja yang satu ini baunya beda.

    • Bung danu, komentar2 yg seperti sdr frans, klo kita nggak suka nggak perlu ditanggapi.
      Menguras energi. Butuh kedewasaan kita untuk bersikap.
      Kita bisa membedakan mana itu kritik yg membangun, atau bukan.
      Karena nanti mungkin akan bermunculan lagi banyak bloger2 baru di warjag ini yg mungkin sama seperti mbah bowo atau saudara frans atau yg lainnya. Terima kasih

      • yups…setuju bong ……

        ujung ujungnya hanya egois pribadi ………bersatu , rukun akan lebih ok..

      • BERTAHAP, TAPI PASTI …NKRI AKAN BERJAYA ……

        MAAF …. SINGAPURA HANYA NEGARA KECIL, SINGAPURA JIKA KELAK ADA BENCANA JUGA TERHAPUS DARI PETA DUNIA ………… MESKI MAJU… KARENA MEREKA ADALAH NEGARA BONEKA INGGRIS DAN AMERIKA …..

        BANYAK NEGARA, DAN FIHAK TERTENTU YANG TIDAK SUKA DENGAN MEMBAIKNYA NKRI …………. NKRI DENGAN LUAS WILAYAH, JUMLAH PENDUDUK, DAN SEMUA SDM ….. JIKA BISA SEDIKIT MAJU SAJA , MAKA DIKAWASAN ASEAN TETAP AKAN MENJADI YANG TERKUAT …… KARENA SUDAH DITAKDIRKAN SEBAGAI NEGARA YANG BESAR………….. SINGAPURA..SAMPAI KIYAMAT PUN TETAP SEBAGAI NEGARA SEMUT, NEGARA KECIL …. MALAYSIA NEGARA SEDANG, …..CHINA, INDIA, INDONESIA, RUSSIA, AMERIKA SAMPAI KAPAN PUN TETAP MENJADI / AKAN MENJADI … NEGARA BESAR……

        JADI KITA WARGA NEGARA REPUBLIK INDONESIA, HARUS OPTIMIS, DAN BERBESAR HATI ,… KARENA KITA FAKTA SEBAGAI NEGARA YANG BESAR …… …….. ……………….

      • Betul bung Danu….kalau ngomong udah ga bisa nyambung, anggap aja bayangan, atau orang gila.

    • @ Frans : Oh yah? Saya pikir saudara mencampuradukkan antara cinta tanah air dengan ulah pejabat negara (yang tidak mewakili rakyat). Indonesia tidak dijadikan bahan tertawaan di luar negeri saudara Frans, kalau saudara tahu orang-orang Indonesia yang berkiprah di luar negeri dalam bidang-bidang yang cukup “disegani” seperti nanoteknologi, biofisika, biokimia, semikonduktor anda mungkin akan mencabut pernyataan saudara bahwa Indonesia jadi bahan tertawaan orang lain.

      Hanya karena negara ini masih berkutat dengan masalah korupsi pihak elit tidak berarti seluruh orang Indonesia itu bisa dikorupsi.

      “Orang-orang Indonesia itu banyak yang hebat dan kuat, namun saat ini menunggu pemimpin untuk mempersatukan mereka…”

    • Betul sekali agan agan
      WARJAG ini bukan cuma di simak orang awam tapi semua kalangan

      alangkah baik nya kita semua bersikap dewasa
      sudah saatnya bung FRANS dicuekin…….

    • Komen anda terlalu menggeneralisir, kekuatan TNI perlahan tp pasti meningkat ….bahkan Industri militer kita pun meningkat.
      Silakan anda main2 ke forum2 lain dr negara2 ASEAN …mrk bahkan iri dengan perkembangan kita.
      Ataw anda main2 keforum BRASIL, MAROKO dll …mrk menyoroti INDONESIA terutama karna keberanian dibidang PENGADAAN ALUTISTA (campuran) dan dibidang Industri militer.

      1. Gak ada yg salah dengan Patriotisme , justru anda gila kl bilang patriotisme itu bahan tertawaan.
      Anda tau hanya dgn patriotisme kita bs merdeka ? kakek saya dulu masuk hutan dgn pelor bs dihitung dgn jari utk melawan penjajah ….tentu utk orang dgn kapasitas otak sperti anda ….pejuang2 jaman dulu mungkin adlh bahan tertawaan.
      Tp justru itulah yg bs memberikan INDONESIA kemerdekaan …..sesuatu yg tidak dimiliki oleh MALAYSIA apalg SINGAPURA.

      2.GENGSI ? tidak ….TNI memang punya track record yg bs dibanggakan dlm urusan dan latar belakang perang.

      3.INTIMIDASI ? WTH ?! tolong kasih saya bukti …mna Singapura dan Malaysia bs kasih INTIMIDASI …justru sekarang mrk mengaktifkan lg FPDA (Five power defense aggrement) karna kebangkitan militer INDONESIA ….that what I call real INTIMIDATION !

      Singkatnya …you just acknowledge about military, lack of patriotism and the last …you not even use your brain properly.

    • kalau dibaca sekilas komen2 anda seperti yg intelek,tp sayangnya ada bumbu tidak sedap didalamnya.
      komen anda tidak spenuhnya ingin mengkritik tp cenderung menjatuhkan nama indonesia,

  12. hehehe …ks kita sdh ada lebih dari 10 bung …. cuma yang masih layak pakai 2 + 3 …… kita tunggu yang lain akan muncul bertahap sebelum 4 oktober 2014

  13. jika ada kawan2 yg merasa terganggu oleh koment2 saya,saya anggap adalah hal biasa dlm iklim demokrasi saat ini..
    Menjadi “sesuatu” apabila sebuah kritik direspon berlebihan sampe menyerang personal..mengkritik negara sendiri dan memuji kemajuan negara lain,saya rasa tdk ada yg salah jk tujuan akhirnya kita sepakati demi kemajuan bangsa,bangsa yg sdh lbh maju jg tak bs lepas dr kritik/correct kawan,apalg bangsa yg br ingin maju seperti indonesia..jika tdk bs menerima kritik dlm bentuk apapun,bgmn kita bs tahu kekurangan kita..sebaliknya kita justru menjadi bangsa yg besar pasak dr pd tiang,tong kosong nyaring bunyinya..mdh2 tdk sperti itu!
    Krn rakyat indonesia skrg sdh sgt cerdas,tdk akan mudah percaya kpd isu murahan/wacana ga jelas/janji palsu yg cuma memberikan kesenangan sekejap namun membawa derita selamanya!

  14. Masukan dan solusi terbaik untuk majunya tni kita…..semoga kawan2 tetap selalu militan ….walaupun ada suara2 sumbang…..diantara kita…bravo kawan2 jkgr …tni jaya

  15. hari ini saya merasa geli sekali,krn melihat msh ada org indonesia dgn angkuhnya tdk mengakui eksistensi dua “negara kecil” malaysia dan singapore..dunia pun pasti menertawakan anda kawan hehe anda saya pastikan blm pernah menginjakkan kaki ke kedua negara tsb..blm melihat landmark mereka menara petronas,genting highland,monorail,kehebatan deep tunel nya,keindahan tata ruang kotanya,atau anda ingin melihat kota tua melaka yg mendunia,orchard road,sentosa island dll tp anda jgn merokok dan buang sampah sembarangan,mereka punya kesadaran dan disiplin yg tinggi,beda jauh sm negara kita yg boleh merokok dan buang sampah dimana aja,satu lg kawan,anda tdk akan temukan yg namanya gelandangan,pengemis dan pengamen jalanan,beda jauh kan hehe
    warga negara indonesia yg berkarir diluar negri,krn mmg latarbelakang pendidikan mreka menuntut pekerjaan yg di indonesia gak ada kawan,byk org indonesia yg pemikir kerja di prusahaan besar tp bkn krn mereka “i’m indonesian”,mayoritas mereka menempuh pendidikan di luar jg,jd ilmunya jg didapat diluar negri bkn dr indonesia,bhkn lbh byk lg mereka malah jd warga negara tsb krn menjanjikan kehidupan lbh baik..hahaha bicara harus melihat riil nya dong kawan,org indonesia saja klo sakit lebih percaya kpd singapura atau malaysia,bangganya org indonesia jk br plg shoping/medical check up/jln2 dr malaysia dan singapore,bgmn kawan,nyata bkn?

    • anda warga mana sih?

      • Warga Indonesia ngakunya ….pernah kesingapura ngakunya ….paling open minded dan kritis …entahlah gw jg bingung.
        Saking open minded dan kritisnya bahasan Out Off Topic …hbs bahas “Aku Cinta Indonesia ” sekrg bahas Infrastruktur negara tetangga dan perkonomiannya….hanya dia dan Sang Pencipta yg tau jalan pemikirannya.

        Kritik itu hrs tepat sasaran , banyak kok yg kritik …tp tepat.

        Saya kasih contoh ya kritik tepat :

        Misal : Apa yg mau dikritik ? manajemen perencanaannya, contoh kasus Pengadaan Sigma dan segala lika-likunya.
        Misal : Apa yg mau dikritik ? pengawasan serta perawatan alutista, contoh kasus jatuhnya helicopter ataw pesawat terbang.
        Misal : Apa yg mau dikritik ? kedaulatan NKRI terutama wilayah2 termasuk darat,laut dan udara, contoh : Udara di sekitar Natuna.

        Itu baru enak bahasnya ….lha ini bahas gak jelas, tiba2 masalahin “Proud of Indonesia/Aku Cinta Indonesia”

        Pdhl buntut dr “Aku Cinta Indonesia” itu adlh mendorong Konsumsi Produk Dlm Negri …yg pd thn 2008/2009 dimana negara2 eropa krisis malah Indonesia selamat gara2 KONSUMSI DALAM NEGRI yg cukup tinggi.

        Gw aja silent reader jd gedeg bacanya 😀
        Dah ah ntar makin OOT kemana2 😀

    • Bung Frans, kenapa komentar menggunakan bahasa Indonesia? bahasa negara yang anda remehkan. memalukan.

    • kalau warjag mengulas ttg kasel pasti ramme dimari,apalagi ada frans sebagai topic yg sll mmengerucutkan bangsa,11 :12 dgn bah bowo yang sll mmengenang jaman dinasti Thai min cuk,,,,yg sll arogan dgn sikapnya 😀

      sebenernya untuk bung diego ,wh ,melektech,udh pada tau ttg kaseL,tp masih di tutupi,namanya jg silent killer,yang patut di jaga unsur kerahasiaanya,,

      nantikan saja di th 2014,di puncak latihan gabungan, pasti ada sesuatu yg di tammpilkan dari para bos di kemmenhan,,
      2014 akan bnyak kejutan,lebih baik kita nantikan dulu,,

  16. Iya .,. kemaren sy jg “kaget” baca spek CBG di ARC .,. smoga aja memang bgini CBGnya nanti 😀

  17. waduhhh..kapan ya datang nya lammaaaa..benerrr..jgn2 ga jadi lageee…

  18. thx joke nya kawan errik,lmyn buat relaksasi otak hahaha
    Berita yg kawan kutip sangat berbobot dan bs jd pelajaran buat petinggi negri ini,ini skandal kelas tinggi..(saya br tahu ada trik seperti ini,trima ksh atas tmbhn ilmunya)
    Tp indonesia blm sampe kesitu lah,dan klo bs jgn sampe..puji tuhan

  19. Waduh kalo ini mungkin pembersihan kalangan AL AS yang kemaren mau menangkap/mengkudeta Obama. Sambungan penembakan membabibuta di markas AL AS yang kemaren neh…
    Yah.. namanya konspirasi……

  20. saya warga negara indonesia..(edited)..kawan, maaf anda tumben menanyakan saya warga mana,klo blh tau anda warga mana?

  21. Yang jd masalah dr Info di atas adalah belum siapnya SDM kita? dibeberpa media lain disebut bahwa pihak Korea yang memepersulit TOT nya… jd yg bner yg mana sih???

    Dah sejauh mana PT.PAL siap membangun KS ini.. jgn mpe KS CBG yg k 3 di bangun di korsel lagi krena ktidak siapan PT.PAL.. Sayang bgt kan…

    • Memang perlu kemampuan tinggi memproduksi kapal selam. Saya pernah bbrp kali bertemu pak menhan ketika masih menteri esdm.saya kenal dengan teman-teman beliau di kampus itb. konsep-konsep yang diusung saya paham benar. bahkan studi pertahanan juga ada di sana. konsep produksi dalam negeri muncul karena kita yang paling tahu kondisi di negara ini. istilah sederhananya, teknologi tepat guna. makanya, feeling saya mengatakan, hiruk pikuk internal juga bagian dari disinformasi. ada kendala, kesulitan, itu pasti. tapi beliau-beliau orang-orang amat cerdas. mereka ahli dalam berstrategi dan merancang konsep, ahli dalam teknologi dasar, tahu ke mana harus dikembangkan, dan tahu bagaimana mengimplementasikannya.

  22. @bung Frans, kita di forum ini boleh2 saja kritis (oto kritik) sbg cermin thd kita sbg suatu bangsa spy kita pun juga sadar akan adanya kelemahan yg inherent masih membelenggu bangsa kita (korupsi, carut marut hukum, birokrasi dll silahkan tambah sendiri) meski kitapun harus akui bhw upaya mjd lebih baik dan menuju arah jalan yg lebih baik pun sedang dirintis oleh orang2 patriotis (para pecinta tanah air) di dimanapun mereka berada apapun profesinya dan itu belum tuntas (proses menjadi dan bukan proses yang ada tiba2)

    Boleh2 saja kita melirik dan bersiul memuji kehebatan para tetangga kita Singapore & Malaysia (yg dari dulu berdasar sejarah sdh parno habis dengan NKRI), namun ada pepatah Jawa bilang ojo gumunan ojo kagetan lan ojo dumeh (jangan mudah kagum, jgn mudah heran dan jgn mentang2) percayalah kita sedang menuju ke arah sana Mas, silahkan banyak baca2 apapun artikel yg membahas Indonesia dari perspektif orang asing apapun topiknya, membicarakan Indonesia (Nuswantoro) adalah membicarakan fakta Indonesia adalah negara besar sekurang2nya adalah suatu negara yg menarik hati dan well recommended to visit, to invest, to explore, to live in, to make a deal in business etc etc.

    Silahkan baca sejarah supaya mempunyai perspektif yg lebih baik ttg sejarah Indonesia(nuswantoro), sejarah Singapore dan sejarah Malaysia, pun sejarah berdirinya negara2 tsb beserta sejarah kemerdekaannya dan bagaimana mereka memperolehnya. Maka niscaya anda jadi mengerti dan paham bhw kita adalah bangsa besar. sbg referensi silahkan baca buku sejarah History of Java karangan Sir Stamford Raffles, dan bacalah sejarah/biography Rafless sendiri berikut artikel sejarah imperialisme di Indonesia (atau SEA) maka anda akan paham apa itu Singapore dan apa itu semenanjung (Malaysia) dan apa itu Nusantara (Indonesia). Semoga kita bisa melawan “lupa sejarah”
    JASMERAH, jangan sekali2 melupakan sejarah 🙂

    Sorry bro semua OOT dikit 🙂 maap maap 🙂
    Yuuk kembali ke laptop 🙂

  23. di situs ini di sebutkan ks whiskey masih operasional di beberapa negara termasuk indonesia… benarkah demikian ya??mengingat tidak pernah ada pemberitaan ttg ks tersebut setelah era soekarno,apakah dijual ataukah di skrap,mungkin bung #diego bung #nowyoudont atau bung smua yang ada disini bisa kasih penjelasan untuk saya yang awam ini
    maaf atas pertanyaan bodoh saya yang awam ini,hehehe

    http://www.projectboats.com/whiskeysub.html

    • wah maaf gan, saya juga awam dalam masalah militer. tapi ada batas waktu usia pakai yang ketat untuk kapal selam, kemungkinan masih operasional kecil

      Untuk kapal laut TNI AL biasanya ditenggelamkan, hanya saja di Russia saya pernah baca kapal perang pendiun didaur ulang besi bajanya. ini dengan asumsi KS diperlakukan sama dengan kapal permukaaan.

      jejak Whiskey dimana saya lebih awam dari agan-agan

  24. kawan poerboyo@saya bkn type org yg hobby menemukan kebenaran dr sebuah buku lalu kemudian saya bercerita tentang isi buku,jg krg tertarik dgn cerita dr mulut ke mulut..jika saya ingin mengetahui sesuatu,maka saya akan hadir disana hehe..klo menurut pendapat pribadi saya mengenai kemerdekaan adlh bukan bagaimana cara sebuah bangsa mendaptkan kemerdekaan,tapi apa yg bs di lakukan sebuah bangsa stlh merdeka..malaysia dan singapore membuktikannya,dgn wilayah yg sgt kecil,populasi yg tdk sebanyak kita,dan tdk memiliki sejarah kepahlawanan tp mampu tampil sbg negara dgn tingkat kemakmuran dilevel dunia,singapore jgn ditanya lg kehebatannya,bner2 kelas dunia hehe tp saya tetap bangga sbg org indonesia,apalg klo org luar nanya2 indonesia,wah langsung busungkan dada dong kita cerita negri kita hehe di guang zhou ada org indonesia(tmen saya) menikah dgn org lokal tp hingga detik ini gak mau melepas wni nya,katanya mending wa pisah sm bini drpd pisah dgn tanah air wa..wa bs sampe ke sini kan krn wa org indonesia haha kbtln dia buka restoran citarasa indonesia..ok,kayanya pamit ni
    “membuat kesalahan adalah kekurangan manusia,belajar dari kesalahan adalah kelebihannya”
    Selamat malam kawan semua!

  25. Memang mengungkap teka-teki brp jumlah dan tipe lontong milik Indo sungguh sangat menarik, bak ibarat kudis, smkn digaruk smkn asyik.. wkwkwk.. ada clue yg terlupakan dari para suhu dimari, mengenai dephan tempo hari yg memesan 18 baterei ks prdk lokal merk yuasa yg akan di produksi dan diserah terimakan, klo gak salah satu dekade kedepan. nah loh.. itu baterei utk ks tipe yg mana pula? jd mkn binun..??

  26. Buat Anda yg kerjanya mengkritik menghina mencerca NKRI dan Rakyatnya walaupun anda rakyat nya atw tdk Silahkan ENYAH dari Ri ini,seorg pengkrtik bukan hnya modal bicara tapi bisa bekerja membuktikan ucapan nya.Dan anda yg jelas2 membanggakan 2negara persemakmuran silahkan anda pilih 2negara itu.Minggat anda Dri NKRI,mw ngaku putra asli,keturunan atw wna jdi wni. Negara ini berdiri bukan dgn kritik dan pmberian tapi dgn perjuangan titik darah. Persemakmuran Inggris itu rata2 kemerdekaan nya ya pasti pemberian dan untuk maju dgn arahan bimbingan Inggris.
    Kita berdiri jatuh berdiri dgn kaki kita sndiri tnpa ada campur tangan bgsa lain.Dan anda sudah beri apa pda negara ini ? Stelah anda hina banggakan negara lain dgn pede nya saya bangga jdi bgsa indonesia.Ingin saya injak2 muka anda,saya kasih kotoran binatang. Tak perduli anda mw bilang putra asli apa tdk saya juga putra asli Kaltim dan skrg Kaltara. Mau apa anda ? Minggat kw dari NKRI ini

  27. Kalau saya bro, lebih setuju yg bermuka dua di negara ini ditembak mati. Bagi saya mereka itu berbahaya dan mengancam,bisa jadi informan bisa jdi milisi bayaran. Kenapa lah mereka jadi parasit di negara ini? Bagusnya ditendang ke negara seberang

  28. pusing banget, tiap dengar dengar jumlah kapal selam indonesia, cuma penjelasan kata-kata semua tanpa bukti nyata. tolong donk pak menhan jelasin semua nya, biar jerawat di hidung saya cepat meletus.

    • lebih pusing mana dengan kru KS’nya yg di perintahkan agar selalu di dalam gag boleh nongol kecuali di samudra Indonesia timur ? itu pun gag boleh lama”…suplay makanan harus nunggu KRI terdekat dl… heheheheh…

      • Hehehehehe yang nongol di deket filipin yak…itu tugas mereka gan…dan mereka sudah siap dengan itu…kita harus bangga sama mereka gan..

        • kalo lokasi persisnya,,saya gag tau mas bro..soalnya tuch lontong khan jalan” juga, gag stay.. bisa saja siang ini maen” di laut arafuru,,tar malem malah ada di samudra indonesia…tergantung perintah dari Jakarta. kalo tau pun,,saya gag akan kasi tau… takut di kasi baju dr serat goni… heheheh… makanya saya salut dengan awak dan warga Hiu Kencana…

  29. setuju, bro.
    kemampuan menanggapi kritik dengan kepala dingin itu menunjukkan kedewasaan berpikir.

    yg lebih bahaya memang ‘musuh dalam selimut’ daripada yg sekedar banyak berkoar mengkritik.

    salam

  30. Siap Mas Danu.

    Saya kalau lagi kumpul dengan teman-teman…sebenarnya menyukai kelompok diskusi yang memiliki cara pandang yang berbeda-beda. Kadang ada anggota dalam kelompok itu yang membuat kita dongkol karena…komentarnya aneh sendiri. Tapi saya justru menggunakan pemikiran dia yang aneh itu sebagai sparring partner ide, untuk menemukan ide-ide yang baru.

    Model kelompok dengan berbagai pemikiran ini, sempat saya jalankan bertahun-tahun. Dan hasilnya ..bagus…karena ada dialektika di dalamnya.

    Saya lihat ada kelompok lain, tapi pimpinan dalam kelompok itu cenderung merekrut anggotanya yang satu pemikiran…Hasil olah pikir mereka bisa ditebak….flat.

    Saya ini orannya lucu. Kalau ada anggota kelompok lain yang didepak krena dianggap tidak bisa kerjasama…maka saya akan bersukacita menampungnya.

    Jadi pada akhirnya kelompok saya itu, sebagian anggotanya dari anggota kelompok lain yang didepak, karena dianggap nyeleneh atau error.

    Hasil/ Karya dari kelompok saya ini bagus…karena mereka tidak berpikir linier…selalu mencari terobosan-terobosan dan mencari titik kompromi di dalam kelompoknya.

    Kini anggota kelompok itu telah mekar dan mereka jadi leader. Saya lihat sejauh ini mereka cukup sukses..karena terbiasa dengan perbedaan pemikiran dan bisa beradaptasi.

    Dari pengalaman itu, saya percaya bahwa proses dialetika…thesis anti-thesis itu benar adanya (menurut pengalaman saya).

    Kita harus berani berbeda pandangan atau pandangan kita diserang orang lain, untuk menemukan pemikiran yang lebih baik.

    Ini hanya pandangan pribadi saya @Mas Danu. Kalau forum menghendaki lain, saya akan ikuti suara mayoritas. Salam

    • …Kalau ada anggota kelompok lain yang didepak krena dianggap tidak bisa kerjasama…maka saya akan bersukacita menampungnya.
      Jadi pada akhirnya kelompok saya itu, sebagian anggotanya dari anggota kelompok lain yang didepak, karena dianggap nyeleneh atau error…

      Hehe, ini mengingatkan pada petikan puisi Emma Lazarus yang dipahat pada kaki salah satu patung/monumen paling dikenal sejagat:

      …Give me your tired, your poor, Your huddled masses yearning to breathe free, The wretched refuse of your teeming shore. Send these, the homeless, tempest-tost to me,
      I lift my lamp beside the golden door!

      Dan terbukti melting pot penampungan orang2 tersingkir itu menjadi superpower dunia.

      Saya tidak menyarankan @frans di-ban, bisa saja diperingatkan. Apapun misinya, lakukan dengan cerdas dan profesional, dengan opini2 berbobot dan rujukan solid.
      Sekedar catatan, gak ada hujan gak ada angin dengan sukarela dia mengungkapkan “jati diri”: saya fransiskus liem – ANEH ! ! !

      @frans, work smart -people will be watching over you !

  31. pengakuan frans sebagai WNI keturunan Tionghoa menguatkan kecurigaan saya. saya kira dalam kenegaraan dan masalah militer tidak pengaruh apa latar belakang ras.

    memuji negara asing, mengusulkan perpecahan NKRI, merendahkan negara sendiri, mengerdilkan upaya dan ikhtiar demi kemajuan bangsa kemudian mengaku sebagi Tionghoa adalah gegabah jika bukan membahayakan. orang seperti ini yang menyerang suatu khaidah umum kebangsaan dengan mengedepankan unsur ras sangat berbahaya. bau racun perpecahan ala antek asing sangat kental.

    Perbedaan pendapat adalah biasa dan harus dihargai. masalahnya apa suara mayoritas di Warjag memandang pecahnya NKRI dan nasionalisme berdasarkan ras adalah suatu tema yang juga pantas diperdebatkan dan dipertimbangkan? atau NKRI harga mati?

    saya lihat ada juga pendukung frans, entah karena termakan gaya bicara frans atau juga memang juga mendukung perpecahan NKRI seperti yang pernah frans usulkan dengan tujuan jelas pula, bergabung dengan malaysia 😀

    masukan saya untuk Warjag, stay away from SARA. Bahaya banget gan..

    • Banget bung, dgn menyudutkan dan memojok suatu etnis hnya akan memperpecah kita. Disni kita diskusi masalah alutsista yg mana berharap selain org dpr tapi pemerintah melihat opini2 kita walau amatir tapi bertujuan untuk kedaulatan NKRI bukan menyudutkan dan cerca bgsa kita.Semoga bung diego memiliki kebijaksanaan dlm hal yg menyangkut mslh ini.

      • kalau terjadi perpecahan dan lebih2 keributan bahkan kerusuhan adalah si sonora. ingatlah kejadian tahun 98 dan seterusnya sampai peristiwa bom2-an di kita. semua itu berakibat buruk bagi iklim investasi dan berpengaruh bagi pertumbuhan ekonomi kita. dan siapa yang menangguk untung tentunya si sonora karena arah investasi dari ri pindah ke mereka (industrial spionase). perihal keturunan atau bukan, tidaklah menjadi ukuran dalam bela negara. yang menjadi ukuran adalah perbuatan apa saja yang bisa kita berikan agar martabat tanah ini menjadi dihormati oleh bangsa asing. saya punya keyakinan bahwa kemajuan bangsa ini susah dibendung lagi, dan paling mudah adalah dihambat agar tidak cepat2 mencapai tujuannya dengan menyebarkan waham “Pesimisme dan Memandang Remeh Bangsa Sendiri”

  32. Setuju Bung Diego, buat saya ndak masalah sejauh komennya tdk rasis, omong kotor, itu mrpkan dialektika pemikiran dan mendewasakan. Bung Frans ini cara berfikirnya adalah dekonstruksi (meminjam aliran post modernisme) membongkar bangunan dan konsep namun sayangnya sekali dia tdk percaya pada buku yg ditulis sbg orang sbg hasil pengamatan, pemikiran dan fakta alias “a historis” (tdk mengakar), kebenaran absolut hanya apa yg dia lihat, rasakan, pegang dan alami semata.

    Shg thd kasus analisa per”lontong” an pun tampaknya penganut aliran seeing is believing 🙂 hanya melihat yg tersurat saja ndak mau yg tersirat…. 🙂 atau bisa jadi berkomentar antitesis spy antithesis lainnya (informasi) muncul meski konyol caranya (metode interogasi informasi halus)

    Jadi yg 3 dari 5 diatas bukannya Jerman poenya ya?

  33. @Frans menyebut suku bangsa dan harusnya hal itu tidak perlu dia sampaikan, karena bisa mengundang motif lain dari kalimatnya itu. Saya akan edit kalimat SARA @Frans.

    Semoga dia tidak SARA lagi. Kita lihat saja dulu kawan-kawan. Sabar 😀

    • IMO benang merah SARA dan keutuhan NKRI yang harus diperhatikan oleh semua forumer WNI, kecuali tentu forumer asing yang kadang masuk sini, itu beda lagi dan cenderung bisa dimaklumi. tapi pada merekapun tetap kita tetap harus welcomed dan menyikapi dengan wajar serta seimbang. kenapa saya agak ngotot pada saudara frans karena dia mengaku WNI tapi komennya bermental typical sentimen WNA, dan saya terus terang agak kesal dengan penyebutan Tionghoa setelah membuat jengkel banyak orang 😀 itu bisa memancing komen SARA yang menyudutkan etnis tertentu.

      Setiap kritik dan serangan baik untuk upaya perbaikan, what doesn’t kill you makes you stronger

  34. Kalau saya Indonesia keturunan Adam dan Hawa…he…he….. 🙂

    Wah pak Darwin bisa marah nih ……..

  35. kapal selam cuma 2 ya disyukuri aja mas jangan nyebar hoax

    • Wamenhan Sjafrie Sjamsoeddin menyebar hoax? 🙂 atau wartawan salah kutip?

      rencana menambah alutsista kapal selam termasuk rencana strategis mencapai kekuatan minimum. dan kabar2 yang menambah berat kemungkinan penambahan KS ini tidak hanya bersumber dari kemenhan namun juga pihak luar

  36. kawan diego@ trima ksh atas koreksinya,saya tdk bermaksud bermain sara disini,ada yg bertanya “saya org mana”,rupanya jwban saya jd polemik,skali lg utk kawan diego trima ksh koreksinya,buat kawan patton,kawan danu jg trima ksh atas kritikan kerasnya..tp mari kita saling menghargai pendapat individu,tdk terburu buru menafsirkan sebuah kritik yg getir sekalipun,ada harga utk sebuah perbedaan..krn perbedaan membawa warna yg unik dinegri ini,indonesia jk ingin maju dan menjadi negara besar jg harus dimulai dr perbedaan kawan,jk perbedaan itu di satukan utk sebuah kekuatan..maka dunia siap2 menyaksikan ketangguhan bangsa ini,puji tujan!

  37. sebenarnya negara mana sih yang paling perkasa di laut/maritim,amerika,rusia,prancis,inggris atau jerman?
    Krn saya pernah dengar inggris hebat,prancis jg hebat,jerman canggih,tp knapa amerika yg lbh dominan,klo rusia (buat saya)susah ditebak.Tlg bagi ilmunya dong,srius loh!

    • Klo begitu, biar tidak bingung anda harus menambahkan waktunya. Karena bangsa yg besar dalam bidang tertentu pada dasarnya ada rangka waktunya. Bisa saja saya menjawab Indonesia adalah salah satu bangsa yg perkasa dalam kemaritiman, di masa Kerajaan Sriwijaya hingga masa Kesultanan Demak.

      • mksd saya era modern kawan,kita jgn bicara masa lampau..ok,saya cm penasaran aja,secara teknologi sebenarnya unggul yg mana diantara ke lima negara yg saya sebutkan diatas,trus klo kapal selam kilo itu apa bertenaga nuklir atau bkn,klo tenaga nuklir apa boleh/bs indonesia memilikinya..jd nambah pertanyaannya haha

      • Jawaban bagus, mengingatkan saya pada buku karya Paul Kennedy, The Rise and Fall of Great Powers; Economic Change and Military Conflict from 1500 to 2000…

  38. bro, masih ingat tidak dulu pernah indonesia membatalkan pembelian beberapa kapal selam yang dari jerman/turki/korsel (maaf lupa)… kalau tidak salah ada 5-7 KS, alasan pembatalan itu dikarenakan pada saat itu terjadi krisi moneter? mungkin itu…

    update: 5 KS Type 206 tahun 1997 batal karena krisis moneter…

    • oh ya lupa…
      jadi yang menjadi pertanyaan “Saat ini, Indonesia sudah memiliki lima kapal selam dan sedang memesan tujuh kapal selam lagi”, menurut saya ialah:
      5 KS : 2 KS (chakra dan naggala) + 3 KS yang dari total 5 KS U-206 yang batal
      7 KS : 2 sisa dari total KS U-206, + 3 yang baru pesan dari korsel + 2 KS Kilo class

      itu menurut saya…

    • klu g slh dari 5 ks itu, 3 udah dibayar lunas

  39. Tahapan pembuatan KS Chang Bogo:

  40. Kok yang ngomong KASAD bung? Tau apa dia soal lontong? Kalo ngomong meriam,tank atau senapan okelah,lha ini lontong…Apa dia nyesel masuk AD padahal cita2nya AL?peace…

 Leave a Reply