Amankan Luasnya Laut Indonesia, KSAL: Kita Baru Punya 2 Kapal Selam

97
Ilustrasi : KRI Nanggala
Ilustrasi : KRI Nanggala

 

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Marsetio berpendapat dibutuhkan minimal 12 unit kapal selam untuk mengamankan luasnya perairan Indonesia. Namun saat ini, Indonesia baru memiliki 2 kapal selam.

“Dalam renstra (rencana dan strategi-red) kita sampai 2024, minimal untuk mengamankan laut kita, butuh 12 kapal selam. Saat ini, kita baru ada 2 kapal selam,” kata Marsetio saat diwawancarai wartawan di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (16/12/2014).

Dijelaskan Marsetio, pada renstra pertama TNI AL sudah menganggarkan untuk membeli 3 buah kapal selam dari Korea Selatan. Dua kapal selam akan dibangun penuh di Korea Selatan, dan yang ketiga rencananya akan dibangun oleh PT PAL dan galangan kapal di Korea Selatan.

“Sehingga diharapkan pada kapal selam ke-4, kita sudah bisa membangun kapal selam secara penuh di PT PAL,” ucap Marsetio.

Lanjut Marsetio, kapal selam pertama yang dibangun di Korea Selatan itu diharapkan selesai pada April 2017 mendatang. Lalu dua kapal selam lagi diharapkan selesai masing-masing 6 bulan setelah yang pertama. “Sehingga diharapkan 2018, kita sudah memiliki sebanyak 5 buah kapal selam,” ujarnya tegas.

Pada renstra kedua 2015-2019, kata Marsetio, TNI AL sudah menganggarkan membangun 2 kapal selam lagi. Sehingga pada 2020, Indonesia sudah memiliki 7 kapal selam.

“Target kita sampai 2024 kita memiliki 12 kapal selam,” imbuh Marsetio. Dirinya berharap rencana itu bisa terlaksana dengan baik. Kapal selam yang tengah dibangun itu diharapkannya nanti mampu menjaga perairan Indonesia.

“Kapal selam adalah kapal yang memiliki kemampuan yang sangat strategis, akan dilengkapi dengan peluru kendali, bisa menembak rudal sehingga kita memiliki keunggulan,” jelas Marsetio. (detikNews)

97 KOMENTAR

      • Tujuan saya di DSME hari itu adalah untuk melihat teman saya mengerjakan proyek PRELUDE , dia yang menunjuk ke semua proyek yang Anda bisa melihat dari kantornya . Saya juga melihat salah satu kapal selam Korea baru , kapal PRELUDE dan banyak hal lainnya . Saya pikir kalian akan tertarik untuk mendengar kapal selam yang tampak baik .

        Aku akan menjadi mata-mata mengerikan jika aku berkeliling memberitahu semua orang di internet apa yang saya lakukan .

        • hihihi ,,, KPK siap menciduk ?? Kapal Selam kita ada berapa belum ada yg bisa menjawabnya .. tapi kapal selam kita pasti lebih dari 2 .
          Tapi secara rasional saja 402 muncul di dermaga ujung , 2 hari berikutnya muncul di Aceh , beberapa hari berikutnya ada berita nasional penyematan lencana Hiu kencana untuk menteri dan gubernur , beberapa hari 402 Muncul di Ambalat ikut mengamankan perbatasan , beberapa hari lagi ada di Bali mengamankan APEC ,
          Dengan mesin yg memang di up grade dan di retrofit tapi untuk menempuh perjalanan bolak balik dengan jarak yg jauh dalam beberapa hari pasti mustahil kalo 402 cuman 1 .. dan 401 YG BENER BENER ga ada beritanya kek menghilang …

  1. Tahun 2020 armada angkatan laut Cina sudah
    menjelma menjadi srigala. Negara tetangga kita saja
    sudah bersiap dengan cuaca ekstrim dengan
    memperkuat armada kapal selam mereka. Jangan
    sampai kita kembali “telat mikir” dengan membiarkan
    satuan kapal selam terlunta-lunta. Sudah seharusnya
    kita menjadikan satuan kapal selam setara dengan
    kekuatan di era Trikora dan Dwikora. Orientasi
    kemaritiman yang didengungkan dengan nada tinggi
    mestinya diimbangi dengan perkuatan armada laut
    khususnya satuan kapal selam. Bukankah ujung-
    ujung dari program kemaritiman itu adalah
    kewibawaan kedaulatan. Komponen utama penjaga
    nilai itu adalah armada KRI dengan kekuatan bawah
    laut yang disegani. Masih ada yang membantah ?

  2. “Dalam renstra (rencana dan strategi-red) kita sampai 2024, minimal untuk mengamankan laut kita, butuh 12 kapal selam. Saat ini, kita baru ada 2 kapal selam,” kata Marsetio saat diwawancarai wartawan di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara”

    nah kalo 2024 cukup masuk akal kalo 2018 no hope (baru 5)

  3. hanya angkatan laut indonesia saja yg berani terang terangan bilang ”kami hanya punya 2 kapal selam”. Berkali kali,berulang.
    negara lain gk brani buka kekurangan pertahanannya.
    gak heran klo negara tetangga pada ngejek,nelayan asing gak takut masuk curi ikan.
    Koq bangga cuma punya 2..

  4. memang betul apa yang beliau katakan, indonesia cuma memiliki dua KS yaitu KS 401 cakra dan KS 402 Nanggala..

    KS 401 Cakra terdiri dari jenis ……
    KS 402 Nanggala terdiri dari jenis ……..
    jadi jumlahnya tetap dua nama yakni KS 401 Cakra dan KS 402 Nanggala.

    lhaa yang KS Midget Bagaimana kabarnya…???

  5. Meski release resmi TNI AL hanya dengan 2 Kapal selam (KS), meski jg kita bs berdalih ada unit KS yg dirahasiaakan,,namun dipermukaan ini ada baiknya kita bicara resmi, dengan patokan KS TNI AL hanya 2 unit,,maka dengan jml minimal ini seharusnya ditambah 14 unit lg menjadi 16 unit KS, inipun pada saat lauching KS ke 16 ( KS 401 & 402 sudah uzur, mesti siapkan lagi penggantinya)..tambahan 14 unit KS terdiri dari U 214 = 4 unit, ChangBogo = 3+3 =6 unit, dan Amur/improved Kilo = 4 unit. Ketiga jenis KS tsb sama2 dpt meluncurkan torpedo berat & Subrudal jarak menengah (semisal SubHarpoon & Club S) jangkauan hingga 500km..kita dorong terus agar KS, Fegat, Korvetm KCR, dll menjadi prioritas pengadaan ALutsista 5th kedepan (diluar SU 35 BM cs)

  6. Menghayal itu ada batasnya. Mau sampai kapan percaya khayalan, kalau kapal selam Indonesia lebih dari dua. Sekarang jaman transparansi, uang buat membeli kapal selam adalah uang hasil jerih payah rakyat. Uang operasional TNI adalah uang hasil jerih payah rakyat. Apa TNI dan pemerintah siap menyembunyikan anggaran belanjanya tanpa pertanggungjawaban ke rakyat? KPK siap menciduk. Berhentilah menghayal. Kalau memang cuma punya dua, akui hanya dua. Tidak perlu malu dan menghayal punya 100, yang lain disembunyikan. Kalau memang cuma dua, dan merasa butuh lebih, ya ikhtiar. Tidak semua rakyat merasa perlu membeli 12 kapal selam. Yang penting pertanggungjawaban. Itu namanya transparan.

    • Bung Jantan..menghayal itu gak ada batasnya menurut saya.Dulu saya memimpikan main layangan dari Utara, sekarang sudah jadi kenyataan…bahkan layangannya sangar banget, membuat tetangga pada melotot kagak percaya..kapan belinya tuh layangan…sampai2 si abot minta f35 segera datang heheheh…hoax nih….

        • Bung Echo, saya tidak mengatakan tidak percaya TNI itu kuat. Tapi tidak perlu pakai logika kalau Indonesia sampai sekarang belum punya 12 kapal selam. Analoginya begini: Kalau dipikir logika, masa wilayah udara NKRI yang luas Sukhoinya hanya 16? Apa lantas alur konsekuensinya harus “Karena wilayahnya luas, sebenarnya TNI punya 100 Sukhoi, yang 16 dipamer-pamer, yang 84 disembunyikan dan akan dikeluarkan cuma saat perang”?

          • indonesia punya 12 kapal selam info darimana bung?…perasaan selama ane ngikutin berita nih lontong blm pernah ada yg nyebutin angkanya dari narasumber.
            gk tau jangan2 bung ini sebenarnya adalah Panglima TNI.

        • Monggo bung jantan bisa diliat artikel yg udah pernah dibabar di jkgr lho,, dibaca clue2 nya,, dibayangkan,, KSAL bukannya tidak jujur,, tp bisa jd apa yg perlu diketahui publik hanya 2,, yg lain top secret bung,, emang bung Jantan juga yakin Sukhoi kita cuma 16?? Klo beneran segitu mudah sekali klo musuh mau nyerang,, lha wong kekuatannya udah dibabar semuaa.. Anda Paham ga yg namanya top secret?? Klo sudah paham yoo jawabannya tuntas.. :mrgreen:

        • bung jantan, sebenernya memang 2 KS indonesia itu, pakai nomor lambung 401 dan 402. tapi ada satu peristiwa, gugus tugas amerika sedang berlayar di alki III, sejak selat lombok sudah ketemu dengan kasel 402 tapi sepanjang alki III ketemu terus dengan 402 padahal kecepatan kasel tentu lebih lambat dari fregat atau destroyer USA. tapi kenapa bisa seperti beriringan hayo? sampai kru gugus tugas tuh coment nya gini, nomere kok 402 tapi wujude kok beda beda. menurut anda bagai mana bung?

        • bung jantan percoyo tni hanya punya 2 kasel?
          fakta bung?apakah sudah pernah hitung langsung?
          kalo masi dari berita ato narasumber mah, apabedanya ama yang lain?
          sukhoi cuman 16 bung?pernah itung langsung?
          hehehe
          terkadang mudah untuk membaca tapi sangat susah untuk mencerna bung..
          imho
          nuhun

    • transparan itu tidak selalu terbuka semuanya, tetap ada rambu2 dan batas2 nya, lha daftar kekayaan negara seperti Barang Milik Negara itu ada jenisnya dan jumlahnya, tapi kata teman saya yg krjanya di Aset (DJKN) tidak ada tuh Daftar inventaris utk barang2 yg harus menjadi rahasia. Kalau negara ini mau di obok2 oleh asing ya silahkan saja beberin semua kekayaan yg kita punya pasti akan banyak calon pembajak atau calon maling yang akan menggerus kekayaan kita.

      Kalau salah, ya gak apa.

  7. Yang jelas masih banyak permainan dilapangan,,beda visi pemimpin, pelaksanaan komando di lapangan akan beda lagi,,beda level & beda tempat masih ada beda kepentingan..mangkanya ada kapal pencuri ikan China yg kabur (meski dg label apapun bunyinya, opini publik tdk bs dibohongi..ini permainan/kesalahan di level brp-mana??),,beda penanganan krn di lapangan ada beda kepentingan..meski diatas sana Pemimpin/komandannya teriak2,,EGP dee,,konon kelemahan manusia RI itu lemes hatinya jika 1, melihat orang menderita atau me,ihat fuluss tebel,,naahh broo bs ambil kesimpulan dee..

  8. Iy sih ngenes juga cuman 2 aj yg d sebutin coba klo nyerang nkri pasti lebih dari 2 lontongnya mulai dari mesin diese,hidrogen,ampe nuklir klo mau liat silahkan serang monggo itupun klo brani coz bersama rakyat tni kuat,salam buat ausie makasih proxy warnya coz nkri itu”satu untuk semua & semua untuk satu

  9. Kalo soal KS bung PS pasti cengar-cengir aja jadi SR…”semakin banyak bantingan semakin bagus,.. 😀 ”
    Biarkan misteri tetaplah misteri…Indonesia itu termasuk negara yg paling diawasi setelah KORUT, knp…? ya silahkan dicerna sendiri..

    Buat apa TNI AL buat pusat pelatihan KASEL di SBY, Buat apa TNI AL buat pangkalan KS di PALU segede gaban..Trus buat apa dilakukan pelatihan awak KS setiap tahunnya kalo hanya cuman 2 KS yang kita punya,dari dulu lagi…dah brp angkatan tuh yg lulus pelatihan KS setiap tahun…?masa iya buat awakin 2 KS doang..yg lain duduk” sambil tunggu giliran awakin 401 + 402 gitu…?I dont think so.. 😀

    Silahkan dicerna baik-baik.. saya bukan kaum hoaxer tpi lihatlah pergerakan dan fasilitas yg dibangun tntang KS, oleh TNI AL.. CMIIW

    • setuju bung Gogon…….apa yang anda sampaikan adalah logika mendasaar yang paling sederhana…..tinggal bagaimana masing masing individu mencerna nya…….contoh paling gampang anggaplah kaya club bola beli pemain bintang, masa iya di jadiin cadangan??? otomatis si pemain pun gerah kelamaan jadi cadangan dan club pun buat apa keluarin dana besar cuma buat dijadiin cadangan……..hehe
      :sup2:

    • benul bung, pake logika dasar, tapi info dari bung PS (maaf tak pinjem namanya) disalah satu artikel tentang KASEL, ada yang sudah disini sejak 2007, trus datang lagi tahun 2010, trus datang lagi tahun 2013. makanya di buat lah tuh pankalan KASel di tl. palu karena tempatnya lega, mau di taruh berapa pun pasti muat, mana dalem lagi sampai 400m. yang datang tahun 2007 saja baru di ekspose belum lama ini. sisanya ya tunggu saatn ya tiba.

        • bung Reso……memang kita tidak pernah melihat langsung, jangankan kita masyarakat biasa, wong yang sama sama TNI AL aja ada yang tidak tau tentang keberadaan KS kita ada berapanya……….cb bung cari artikel lama tentang KS disini,…disitu dikasih clue si ini sering nongkrong disini….si ini sering nongkrong si itu…..gitu deh…..
          karna memang tidak boleh di babar habis jadi saat ini kita meng amini saja jika itu benar….kalaupun tidak anggaplah itu suatu doa dari para hulubalang negri ini supaya bisa menjaga NKRI dengan maksimal, walaupun dengan segala keterbatasanya

  10. Ayoo..kita POOLING yuk…:

    1. ” Terlihat LEMAH pada saat kita KUAT” artinya: Bisa saja kita sudah punya kapal selam lebih dari 2 tapi tidak dipublish ke umum….malahan yang dipublish hanya 2 kapal selam yang sudah tua saja (401 & 402), supaya tetangga – tetangga kita tidak pada cari antidot kekuatan alutsista kapal selam kita sehingga kalau terjadi perang maka dipastikan akan menjadi kejutan.

    2. ” Terlihat KUAT pada saat kita LEMAH” artinya: Bisa saja memang kita benar2 lemah hanya punya 2 biji kapal selam tua (401 & 402)……tapi disebarkan hoax2…atau kapal selam ghoib2-an biar menimbulkan efek misterius mengenai keberadaan alutsista kapal selam kita….sehingga kebenaran lemahnya pertahanan laut kita akan tersamar…..malahan negara tetangga lebih hati-hati untuk tidak usil karena buta dengan kekuatan kapal selam kita…dan kita dapat waktu tambahan/buying time untuk mempercepat penguatan otot2 pertahanan laut melalui pengadaan kapal selam.

    Nah sekarang kira-kira mana pilihan bapak/ibu, apakah nomor 1 atau nomor 2 ?

  11. Kalau saya pakai logika sederhana, dan ini sering saya sampaikan. Organisasi apapun pasti punya sesuatu yang dirahasiakan. Bahkan sebuah perusahaan juga begitu, meski mungkin kantor pajak adalah instansi yang tahu karena perusahaan harus tunduk pada aturan. Kalau negara tidak ada yang rahasia, termasuk dalam masalah seperti ini, tidak logis bukan? apalagi tidak ada aturan supra-nasional yang integratif yang mewajibkan negara untuk tunduk, kalaupun ada itu parsial, dan itupun masih bisa ditutupi oleh negara bersangkutan.
    Tentang jumlah alat senjata sesunggunya? hanya bisa ditebak melalui clue-clue.

  12. itu keterangan resmi dr pemerintah/tni,bentuk transparansi tni kpd rakyat…tdk mungkin tni membohongi rakyat,meluruskan berita palsu yg mengatakan kita punya byk kapal selam..ketahuan jg yg doyan mengkonsunsi berita hoax..woi mana suka berita bo’ong tuh,ghoib mana ghoib hehe