Dec 092014
 
Pangdiv Kostrad Mayjen Bambang Haryanto. Β©2014 Merdeka.com

Pangdiv Kostrad Mayjen Bambang Haryanto. Β©2014 Merdeka.com

Merdeka.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan semakin tangguh dengan alat utama sistem persenjataan (alutsista) baru yang akan dipamerkan di Hari Ulang Tahun Juang Kartika pada 15 Desember mendatang. Peralatan baru tersebut akan menjadi bagian dari sistem persenjataan yang dimiliki oleh Artileri Pertahanan Udara (Arhanud).

Panglima Divisi Infanteri 2/Kostrad Mayjen TNI Bambang Haryanto mengungkapkan, tantangan TNI dalam mempertahankan wilayah udara cukup berat, apalagi dengan wilayah Indonesia yang sangat luas. Karena itu harus didukung dengan pembaruan peralatan-peralatan tempur udara.

“Kita punya peralatan baru yang akan dipamerkan di hari ulang tahun Juang Kartika tanggal 15 Desember di Jakarta. Karena itu alat yang baru itulah yang nanti akan menjadi alat utama dari Arhanud. Kita sudah punya alat-alat yang canggih, tenaga ahlinya sudah dipersiapkan, sudah dilatih, sudah dididik, tapi kemahiran itu harus terus dilatih,” kata Bambang di Malang, Senin (8/12).

Arhanud, kata Bambang, memiliki arti strategis bagi pertahanan wilayah udara Indonesia. Arhanud adalah bagian dari satu Kohanudnas (Komando Pertahanan Udara Nasional). Pada level tertentu pertahanan udara di bawah Kohanudnas, di mana pada level taktis operasional pesawat pesawat yang terbang rendah dalam satu pertempuran menjadi tanggung jawab Arhanud.

“Ketika pesawat itu terbang tinggi dengan kecepatan yang sudah tinggi maka Kohanudnas lah yang akan mendeteksi datangnya pesawat. Kemudian hasil-hasil deteksi itu disampaikan kepada semua jajaran satuan tembak. Nah Arhanud itu dalam jajaran satuan tembak untuk pesawat-pesawat yang terbang rendah dalam satu dinamika pertempuran,” katanya.

Mayjen Bambang berada di Malang dalam rangka memimpin serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Batalyon Arhanudri 2/2 Kostrad dari Letkol Arh GTH Hasto Respatyo ke Mayor Arh Gunawan Wibisono. Selanjutnya Hasto akan dipromosikan sebagai Dandim di Kalimantan Selatan. Sementara Mayor Gunawan sebelumnya sebagai Danden Rudal 003 Cikupak, Cimahi dan sempat bertugas di Pusat Kesenjataan Arhanud Kodiklat TNI AD di Cimahi, Jawa Barat. (Merdeka.com)

 Posted by on December 9, 2014

  128 Responses to “Amankan wilayah udara, Arhanud TNI akan miliki alutsista canggih”

  1.  

    S400 kah…?

    #berharap mode ON

  2.  

    test

  3.  

    mudah”an S400 NKRI HARGA MATI …..!!!!!!

  4.  

    Paling2 S600…

  5.  

    Alusista apakah…..??????

  6.  

    …… “di mana pada level taktis operasional pesawat pesawat yang terbang rendah dalam satu pertempuran menjadi tanggung jawab Arhanud”

    tanggung jawab Arhanud apa cukup untuk level taktis operasional pesawat pesawat yang terbang rendah dalam satu pertempuran????

    •  

      Terbang rendah = jarak pendek…bs jadi yg dimaksud adl rudal starstreak daya jangkau 7-14 km…

    •  

      Thales announces order for ForceSHIELD Integrated Air Defence system and STARStreak missiles for Indonesian Ministry of Defence

      …. “For the realisation of this programme, Thales will increase its existing industrial cooperation with the Republic of Indonesia, and has signed an agreement with the Indonesian company PT LEN Industri. The Group will continue to develop a long-term partnership with the Indonesian industry on future programmes in both the military and civil sectors.”

      https://www.thalesgroup.com/en/united-kingdom/defence/press-release/thales-announces-order-forceshield-integrated-air-defence

      •  

        Itu forceshield yang berbasis starstreak (jangkauan 8km) yang akan dioperasikan oleh Paskhas sebanyak 10 baterai. Kalo utk kohanudnas untuk proyek Air Defence Initiative sebanyak 50 batere mensyaratkan rudal SAM setidaknya berdaya jangkau 25km Forceshield bakalan mengandalkan Starstreak ER yang masih dalam pengembangan

        •  

          The Indonesian Ministry of Defence (MoD) has acquired Thales’ Forceshield integrated air defence system (IADS), the company announced on 15 January.

          In a deal worth more than GBP100 million (USD163.4 million), Thales will supply the Indonesian Army (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat [TNI-AD]) with its Forceshield system, which comprises the Controlmaster 200 radar and weapon coordination system, the Rapidranger mobile fire-control system, the Lightweight Multiple Launcher (LML) system, and the Starstreak man-portable surface-to-air missile (SAM) system.

          Up to five TNI-AD batteries could be equipped with the Forceshield system.

          At the heart of the Forceshield IADS is the vehicle-mounted GM200 3-D medium-range radar with the Controlview Fire Co-ordination station, which is able to continuously track up to 200 airborne targets at altitudes of up to 25,000 m (82,000 ft) and at a range of 250 km.
          http://www.janes.com/article/32452/indonesia-selects-forceshield-for-air-defence-integration

    •  

      Miris bung Gue membaca dan menganalisa pernyataan tersebut … kenapa kita doyan mengoleksi rudal titik atau jarak pendek .. padahal rudal arhanud jarak menengah dan jauh tinggal comot bawa pulang .. kalo budget banyak pesen s300 atau pantsir rusia .. kalo cekal ya ada HQ7 jarak menengah atau sekalian jarak jauh HQ16 .. jadi inget tentang kisah tragis kavaleri berkuda perancis yg terhebat dan tidak terkalahkan di jamannya harus tewas dan hancur total semua karena berhadapan dengan panzer german ( karena pemikiran kuno komandan kaveleri perancis tersebut bahwa kuda tetap tidak terkalahkan dan lincah ) KONYOL

      •  

        Kita doakan semoga renstra II ini arhanud jarak sedang/menengah bisa masuk ke arsenal kita.
        Untuk renstra 1 saya rasa koleksi TNI baik MANPADS (Man Portable Air Defence Systems)) atau SHORAD (Short Range Air Defence) sudah lebih dari cukup

        •  

          iya bung .. kek LIBYA setelah khadafie jatuh ternyata tentara nasional LIBYA menyimpan ribuan berbagai macam manpads dan shorad di gudang persenjataanya ( jatuh ke tangan milisi dan pemberontak dan dijual kek rudal stinger yg di pake ISIS dan Al qaeda )

        •  

          Tahu-tahu nanti terjawab bung Gue..!? kreasi hari TNI lalu, truk pengusung ATC Tower yang janggal itu..Ya, semoga itu pantsir moda truk…Kok masih misterius begitu. Kalau S-300 pasti milik TNI AU..cmiiw

          •  

            itu ATC mobile keknya bung ..

          •  

            Salah tugas Paskhas TNI AU adalah mampu mengendalikan ATC bung.

          •  

            Siang bung blaze, gimana khabarnya? Lama nggak muncul
            Klo menurut saya, klo emang sdh punya alhamdulillah. Amin YRA.
            Tapi klo menurut data kami, rudal anti serangan udara (SAM/surface to air missile) milik TNI yg mempunyai jarak terjauh adl MBDA Mica Naval klo jadi diakusisi sama tni al untuk upgrade bung tomo class yg menggotong Sea Wolf.

            Komentar KSAU/TNI AU dulu, dengan anggaran minimum lebih baik memilih 1 skuadron heavy fighter dibanding medium/long SAM (S-300 , S-400). Nah target pertama renstra 2 pastinya pengganti F-5 harus gol dulu baru selanjutnya akusisi rudal pertahanan udara jarak sedang/menengah/jauh. Sementara untuk arhanud TNI AD klo naik kelas paling max jarak sedang sekitar jarak jangkau 25 km

            Sedangkan pada waktu HUT TNI itu atc tower itu memang modifikasi jajaran tni au.

            Mending kita tunggu kejutan dari LAPAN, semoga akhir renstra 2 ini kelar.

          •  

            Cuma tergelitik saja Bung Maja. Kalau Anda merunut pendapat Ndan Lare Sarkem mengenai “desainer-desainer” kita yang menampilkan pengusung alutsista Kita terutama pada hari TNI lalu, coba diperhatikan media luncur Yakhont, atau Exocet cermati struktur pendukungnya, media penyimpannya dan kapasitas Rudal itu sendiri. Dan tarik kesejajaran dengan produk semestinya untuk pembopong Rudal tersebut. Bagi saya terpampang sejumlah kejanggalan. Demikian pula pada ATC Tower tersebut. Sama sekali tidak rectangle dan dibuat sedemikian adanya sehingga terbetik segera penasaran Kita atas kendaraan tersebut. Beberapa rekan yang berada di lapangan berasumsi itu ialah media peluncur S-300. Tapi adalah lebih sesuai bila moda peluncur pantsyr berada di atasnya. Jika benar itu ATC tower, kekurangan kelengkapan sangat nyata. Bandingkan dengan penggelaran radar semacam arthur, atau Indra-misalnya- tentu agak aneh bukan? Dengan peralatan cukup minim tugas ala kadarnya dapat dilakukan oleh tim dalpur Paskhas. Bung Gue, memang yang terealisasi kita dukung penuh bung. Tapi sama dengan rasa penasaran yang lalu, bahkan kini disekitaran juanda sering kali manuver helikopter panther dengan logo maskapai tertentu. Apa iya bung? jangan-jangan panther kita sengaja dikelabuhkan dengan cara ini..imho?..Bung Bapermas, saya cuma ingin berbagi keantusiasan di balik yang tersirat…imho..

    •  

      padahal, akan ada rudal udara kedarat jarak jauh …. diluncurkan jarak lebih dari 100 km ………… wah duh……… semoga segera ada penambahan BUK II M + S400 ……….. SORAD sdh ada, tinggal jarak menengah dan jarak jauh…

  7.  

    buk minah….

  8.  

    tidak ada enjelasan detail dalam artikel ……berita yang sdh beredar selama ini adalah pembelian startreak dengan rapidranger launcher……apakah ini maksudnya??

    •  

      betul bung radialv, kyknya arah ke startreak klo liat artikel diatas …”di mana pada level taktis operasional pesawat pesawat yang terbang rendah dalam satu pertempuran menjadi tanggung jawab Arhanud”

      •  

        Mudah2an bung..kalo denger2 ceritanya pinsil satu ini lumatan sangar kemampuannya…

      •  

        Bung Gue, kalau TNI AU startreak, kalau TNI AD saya rsa buatan perancis atau swedia…. πŸ˜€

        •  

          Siap salah bung jalo he he he

          SHORAD untuk TNI AD:

          kontrak pembelian rudal Starstreak pada tahun 2012. β€œIndonesia membeli 1 baterai rudal Starstreak, yang terdiri dari sembilan peluncur,” (berita terdahulu ) , shorad untuk TNI AD
          ….”In a deal worth more than GBP100 million (USD163.4 million), Thales will supply the Indonesian Army (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat [TNI-AD]) with its Forceshield system, which comprises the Controlmaster 200 radar and weapon coordination system, the Rapidranger mobile fire-control system, the Lightweight Multiple Launcher (LML) system, and the Starstreak man-portable surface-to-air missile (SAM) system.”
          http://www.janes.com/article/32452/indonesia-selects-forceshield-for-air-defence-integration

          Juga untuk tni ad ada Rudal mistral tersebut dengan jenis multi purpose combat vehicle (MPCV), dengan kecepatan misil 2,5 mach yang dibawa oleh Satuan Tembak Mistral/ATLAS (Advance Twin Launcher Anti Air Strike) dengan varian Komodo Mistral

          dan terakhir : peningkatan usia operasional peluru kendali RBS70 Mark II, yang melibatkan mitra Indonesia, yaitu PT PINDAD. Oleh SAAB, ditawarkan juga sistem RBS70 NG.

        •  

          Eehhh, saya yg salah bung. TNI AU pakai QW-3 ya…. πŸ˜€

  9.  

    si mbah s60 retrofit

  10.  

    terbang rendah lho bung ,,, hehehe .. pertahanan udara titik berarti .. kalo ga rudal jarak pendek startrek inggris ya mistral prancis .. atau rudal grom ceko atau t2000 china .. kalo yg nyerang pesawat sekelas hawk atau super tucano bisa kena .. kalo pesawat lain dengan rudal JDAM jarak jauh ABIS DAH SEMUA .. BLUARRRR

  11.  

    s700 kyknya πŸ˜›

  12.  

    manpad starstreak kali

  13.  

    TNI masih melihat persenjataan tetangga dekat ASEAN untuk referensi pertahanannya … kenapa ga melihat jauh ke negara2 lain nya yg lebih maju .. kalo untuk balance kawasan keknya harus mikir 1000 kali bahwa luas NKRI itu lebih besar dari gabungan luas seluruh negara ASEAN .. senjata strike atau defence nya harus lebih modern dan canggih

    •  

      rudal titik hanya mempunyai jarak maximal perkenaan 5 – 7km dan ketinggian sekelas helikopter …

    •  

      Di asean baru singapore dan vietnam yg rudal SAMnya jos gandos.
      sesuai target MEF memang jilid 2 baru direncanakan nambah medium range. Itu juga kaloMEF tdk dibatalin kayak kurikulum 2013

      •  

        MEF II kelihatannya tetap jalan bung, mungkin porsi AL agak sedikit digeser naik ………..

        •  

          Porsi TNI AL untuk MEF2 akan lebih ke arah repowering terutama matra SAM & SSM. KCR60, Fatahillah Class banyak yang masih kopong persenjataannya, Kedua tipe kapal tersebut ditambah Van Speijk class untuk rudal SAM rumornya akan memakai FL-3000N bikinan Tiongkok

          •  

            Bung Ayam Jago, rumornya lagi CIWS-nya bakal borongan pake Goalkeeper. meskipun banyak yang pengen pake Khastan, tapi keputusan petinggi kayaknya condong ke Goalkeeper…

  14.  

    Kita ini jadi bangsa yg suka menghibur diri dengan kata kata bahwa kita adalah bangsa yg besar. Bangsa yg besar seharusnya punya pertahanan yg kuat bukan hanya rakyatnya yg banyak. Rakyat yg bnyak tanpa pertahanan yg kuat di lempar bulava satu biji udah jadi debu.

  15.  

    Bahasanya lebay seolah2 rudal yang wah banget

  16.  

    Di ats sudah di jelaskan untuk arhanud untuk pesawat terbang rendah.emang pelajaranya mungkin klo obyek penting di lock pesawat yang terbang tinggi . mungkin nanti baru pada bangun.

  17.  

    Era pesawat modern yg bisa luncurin rudal dr jarak ratusan kilo msh aja ngandelin rudal titik.
    ngenes…!

  18.  

    Skyshield? Chiron? QW-3?

  19.  

    S-300 atau S-400 harga mati ……………………….. no more shorad …………

  20.  

    untuk para jkrtgr relex brw ikhlaskan sj klo toh pemerintah mengerti seharusx d berikan rudal s300/400 ingat kita d kelilingi pangkalan militer usa skrng mereka kawan besok gmn…???mikir woi mikir…

    •  

      Jangankan kita china, rusia yang digdaya juga dikepung AS….. Sudah tidak ada celah di dunia ini, dunia telah dikuasai AS bukan ditangan PBB……
      Walaupun begitu kita juga tidak bisa percaya dengan negara lain yang berseberangan dengan AS, seperti yang anda bilang “saat ini kita kawan namun bagaimana besok”
      satu2 cara yaitu dengan mandiri, itu saja

    •  

      Apakah s300/400 compatible dg radar2 nato bung
      Yang lebih realistis belinya juga sam nato. Boleh sih yang gahar2 dari om ruski tapi untuk titik tertentu.ntu pendapat ane

    •  

      Sayangnya untuk MEF3 favorit Kohanudnas spertinnya akan jatuh pada Iron Dome mengikuti langkah India, Singapura, Vietnam & Taiwan

  21.  

    beli ICBM aja, cukup 100 biji nuke warheads … bekas Rusia jg gak masalah, ane jamin negara kita disegani seluruh dunia

  22.  

    starstreak 100% mbah haqul yaqin,,

    •  

      KENAPA MENCELA MBAH ?

      APA GARA-GARA MBAH MEMINTA KEADILAN ???
      MEMINTA BAKAR DAN TENGGELAMKAN KAPAL PENCURI IKAN CHINA
      YANG MEMANG SUDAH TERBUKTI MENJARAH LAUTAN KITA
      HINGGA TERSISA IKAN TERI SAJA…………..

      •  

        mbah bowo lg PMS wkwkwk

      •  

        Sabar mbah itu adalah pengharapan agar mbah selalu sehat bisa menemani kami terus ,,,,nama dia kan menunjukkan agar mbah senantiasa sahat dan kuat to mbah lhawong mangku wanito limo,,yo strooooooong tenan tombah rudalle,,,ha,.ha,,

      •  

        ikan teri banyak kalsium mbah ..? cocok buat mbah bowo, hehe ….. biar tulang kuat dan bisa nikah sama mbok rondo lagi ….. kan mbah bowo punya slogan : …. ki maruto bowo mbah bowo, mangku rondo limo, …….

        xixixixixi……………….piace…….

  23.  

    sodara2 sebangsa mari berdo’a semoga renstra 2 medium range masuk daftar belanja TNI, kalau untuk renstra I jangan ngarep yg medium dulu krn bakalan sakit ati, untuk yg aliran goib maaf kalau sampai ahir 2014 ternyata emang gak pernah ada tu barang goib, karena yg namanya top screet itu tdk mungkin bocor sebelum 30 th. di indonesia yg goib cuma senjatanya siliwangi ama kian santang, jadi jangan sampai kita di nina bobokkan dg kabar bahagia hingga kita tidak beranjak dari titik nol tetsebut. yuk sama2 kita semangat membangun ekonomi kita agar kita mampu mengejar ketertinggalan kita dr bangsa2 lain. I LOVE INDONESIA, AND I WILL KEEP MY COUNTRY.

  24.  

    untuk pertahanan udara jangan beli yg tanggung2,,langsung yg jegeeerrr.
    Negara kita udah d kepung usa & sekutu nya.
    Rusia punya segalanya dlm hal pertahanan,apalagi ekonomi rusia lg turun akibat embargo ekonomi sama barat,manfaat kan kesempatan ini.

  25.  

    giliran yang di hadapi nelayan Malaysia semua pada tereak bakar,………….

    sekarang baru kena batunya,
    “NELAYAN NEGERI CHINA YANG AGUNG YANG GAGAH PERKASA, KEBAL TERHADAP HUKUM APAPUN DI SELURUH PENJURU LAUTAN ASIA TENGGARA”

    NELAYAN CHINA NGAK MEMPAN PASAL KHUP, PASAL INI, PASAL ITU, IZIN INI, IZIN ITU, PELANGGARAN INI, PELANGGARAN ITU. NGAK MEMPAN BLAS…..

    BERANI MENGUSIK NELAYAN CHINA
    TERIMA SENDIRI AKIBATNYA MALAPETAKA YANG DASYAT DARI FREGAT DAN DESTROYER MEREKA.

  26.  

    Bukminah klo gk bukminah ya yg sekelas nya… Untuk sekelas s-400 tunggu tahun 2015++

  27.  

    @mbah bowo yth..kan temanya ARHANUD,,knapa bahas pnengelaman kapal.lg teler miras oplosan nih orang.

  28.  

    NELAYAN NEGERI CINA YANG LEMBIK MASIH KALAH JAGUH SAMA NELAYAN VIETKONG
    NELAYAN CINA NYURI MINTA DITEMENIN MBAH FREGET

  29.  

    Para ahli meriam ri, tolong dong berinovasi bikin mortar 200 mm yg bisa menjangkau 100 km +, biar tni kita makin serem dan disegani!
    Jayalah tniku!

  30.  

    Keluar juga berita resminya. Di artikel sebelumnya kan sudah saya sampaikan kalau bos besar sudah mulai “melirik” BUK-M1 dan 6 unit fighter idaman formil di MEF 2. Melirik ini tahapannya “lebih baik” daripada sekedar tertarik..hehehehehe. Tinggal keputusan politis saja karena ini yang menentukan setiap pengadaan alutsista πŸ™‚

    •  

      bung@sempak..
      mau nanya bung..
      bila RI jadi memiliki buk-m1..bagaimana masalah integrasi dengan satuan radar yang mayoritas genre barat dan pertahanan titik yang genre barat juga?apakah sudah bisa saling ngobrol atau apakah nanti ada masalah dalam intergrasi genre barat dan genre timur?
      nuhun bung@sempak

      •  

        Mas Arumanis. Integrasi ini memang yang masih jadi kendala. Untuk bisa saling ngobrol masih butuh waktu lama. Integrasi sukhoi saja belum beres sampai skrg. Kalau milih yang bisa langsung integrasi ya produk nato lah yang dirangkul tp ya gitu deh. Santai saja mas..semuanya bisa berubah kok..tahapannya masih masuk kategori “melirik” dan ini belum bisa dijadikan acuan. Sekali lagi belum bisa dijadikan acuan

        •  

          siyap bung sempak..
          semoga apapun pilihan (genre barat atau timur) nya untuk sam midle and long..
          semoga bertujuan akhir untuk ketahanan negara NKRI yang tangguh..
          bukan hanya keunggulan (alutsista) versi artikel/kertas..(battleproven#)
          salam hangat bung..
          terimakasih banyak

      •  

        Mas Arumanis. Integrasi ini memang yang masih jadi kendala. Untuk bisa saling ngobrol masih butuh waktu lama. Integrasi sukhoi saja belum beres sampai skrg. Kalau milih yang bisa langsung integrasi ya produk nato lah yang dirangkul tp ya gitu deh. Santai saja mas..semuanya bisa berubah kok..tahapannya masih masuk kategori “melirik” dan ini belum bisa dijadikan acuan. Sekali lagi belum bisa dijadikan acuan

        •  

          baiknya tetep terpisah antar system, buatan Rusia buat ngadepin musang yg pake buatan blok barat (ato sebaliknya) …yg penting komunikasi antar komando yg hrs terintegrasi pake system terpadu (radar utama), karena akhirnya target akan masuk ke dlm jangkauan radar arhanud di lokasi titik, maklum kepunyaan kita msh terbatas.

    •  

      Kenapa nggak ngincar BUK M-2 yang versi lebih baru?

      •  

        Bung EA, karena teknologi lama yg bisa dilobby untuk berbagi Offset, agar UU nomer 16 tahun 2012 bisa diaplikasikan.

        •  

          Bung jalo…apa iya rusia mau berbagi offset dgn kita yg doyannya ngeteng ini? Skala ekonomisnya mereka hitung jugalah…kalau kita belinya masif seperti india mungkin juga…

          •  

            Bung Wher, saat indodefence kemarin say tanya pihak Rosoboron, beliau ngomong tim Kemhan sudah bertemu dengan mereka membicarakan masalah offset integrasi system ini. Tapi masalah ini masih tetap dibicarakan, kalau menurut sales ini, mereka akan bantu Indonesia untuk integrasi system blok timur ke barat. Seperti waktu Yakhont dipasang di kapal blok barat. Lalu saya tanya lagi, waktu itu kan bermasalah dan tim rusia sendiri balik ke tempatnya. Kata nih orang, rusia pernah membantu india untuk masalah ini. Lalu saya tanya untuk kans kita dapat berapa persen? kata dia dilihat dari jumlah pesanan. Yah nanti kita lihat aja bung, tim lobby Kemhan bisa meminta berapa persen offsetnya, setidaknya tidak kurang dari UU nomer 16 tahun 2012? Soalnya User yg minta nih barang…

            Dan yg terpenting, bukan cuman janji palsu sales, seperti kasus BMP 3F

          •  

            “bukan cuman janji palsu sales, seperti kasus BMP 3F”

            @ jalo : ini maksudnya apa yach emang tni dikibulin waktu beli tu tank ampibi.

  31.  

    Itung2 buat investasi lakh….. Gimanapun medium SAM punya kelemahan pada jarak tembak minimalnya, dan SHORAD bisa menutupi kelemahan tersebut

    •  

      KOMEN KOK G’ BERBOBOT BLAS. di analisa di kunyah baru KOMEN, kayak g” tau TNI aja mas mas. KOMEN BOK JANGAN MENGKERDIL KAN BANGSA SENDIRI. Kayak anak Tk aja.

      •  

        Lho siapa juga yang mengkerdilkan TNI….. Malahan gw komennya optimis, mungkin buat investasi masa yang akan datang….. Kan medium SAM juga butuh perlindungan SHORAD…..
        Terus komen yang berbobot gimana? Mungkin kayak “wah, ini pasti S-400 ato jangan2 S-800”

        #pecinta hoax

      •  

        Ini orang radarnya kok
        Ga nybung babar blas. Maksud komen lo tu apa ndro..

  32.  

    Wait and see …

  33.  

    katanya S-300 exs Rusia diakuisisi RI dan akan datang 2014, tetapi sampai sekarang belum ada clue nya sama sekali, bagaimana yach ??????????????????????????????????????

  34.  

    Pasti ini:
    http://en.m.wikipedia.org/wiki/57_mm_AZP_S-60
    varian terbaru dengan alat bidik 8 kali pembesaran dan teknologi manual. Tidak dapat S-300 dan S-400, dapat yg lebih senior: S-60

  35.  

    Beritanya knp dibuat Mengambang bikin PENASARAN gitu..kalau Manpad lg mah bantingannya keras bingiits..ngarep S 400 dptnya Manpad lg..”sakitnya tuch disini..” nanti kalau ada yg smpt lihat tgl 15 kabar kabari infonya y..:)

  36.  

    Mimpi amat pada mengharapkan S400. China sebagai negara pertama akan mulai pake pada tahun 2017 setelah S500 sdh operasional

    Soal harapan warga sini tentang Buk-M sori kalo Rusia sejatinya tdk pernah menawarkan SAM tsb ke Indonesia. Rusia via Almaz Antey menawarkan Tor, Osa, Pantsyr & S300.

    Tetapi untuk pengadaan Air Defence Initiative milik Kohanudnas sebanyak 50 batere dengan mensyaratkan jangkauan SAM sekitar 25km Rusia menurut sumber saya menwarkan kekita kombo Tor & Pantsyr bersaing dengan Forceshield, GBAD Saab & NASSAMS

    Untuk medium SAM dengan jangkauan kurang lebih 50-75km ada rencana akan terlaksana pada MEF III tp lagi2 menurut berbagai sumber Kohanudnas & TNI AU lebih sreg pada Iron Dome milik Israel karena memiliki kemampuan sangat komplit krn memliki kemampuan anti rudal bhkan TNI diam2 sdh mengirimkan tim ke Israel. rumornya akan memakai jalur lewat India ato Taiwan

  37.  

    Ane takutnya tuh senjata ga sempet muntah dah keburu di rudal dl an ama pespur musuh

  38.  

    udah pilih Buk-Minah aja… udah terbukti battle proven… rumornya bisa diintegrasikan dengan radar sipil lagi…

  39.  

    SHORAD Missile kah?
    Masih bingung ni kok pertahanan udara kita yg malah banyak diberikan ke Arhanud TNI-AD dahulu…tapi kok TNI-AU malah masih sedikit Rudal/Alutsista pertahanan udara nya padahal Alutsista itu bagian dri TNI-AU yg semestinya melekat juga utk melindungi aset alutsistanya utamanya yg berupa pesawat/heli dmna alutsista tsb hanya bisa berfungsi bertempur bila sudah mengudara

  40.  

    Diskusinya mantab, byk membahas spesifikasi teknis alutsista dan hampir tdk ada kaum yg asal nulis “nkri harga mati’ hehehe…jadi lebih realistis…kebanyakan berhayal ditambah halunusasi ttg barang ghoib mmg tdk baik baik buat kesehatan hehehe…

  41.  

    bknx pilih kasih antara tni au maupun arhanud tni ad semua itu sudah ada jatahx masing2 brw nyantai aj liat ini forum diskusi sambil ngopi aj mumpung udah musim hujan,apapun arsenal alutsistax harus ada transfer teknologix,demi bumnis kita nkri harga mati…

  42.  

    Yang pasti jenis VSHORAD….
    Paling yaaa….jenis sky shields…dgn chiron….nya…
    Lain nya paling jenis star streak….mistral….Sudah….itu saja…semoga Kita akan mendapat kejutan…bukan nya terkejut…

 Leave a Reply