Feb 172019
 

JakartaGreater.com – Menurut Badan Pengembangan Aeronautika India atau ADA, program Advanced Medium Combat Aircraft atau AMCA, yang kini dikembangkan sebagai pesawat tempur next-gen (jet tempur generasi ke-5) India diperkirakan akan melakukan penerbangan perdana pada tahun 2032, seperti dilansir dari laman Air Recognition.

Menurut informasi ADA, 2 Demonstrator Teknologi Generasi Berikutnya (NGTD) dari AMCA diperkirakan akan melakukan penerbangan resmi pertama mereka.

“AMCA akan menampilkan geometris siluman dan awalnya akan terbang dengan sepasang mesin GE-414. Setelah kami mengembangkan mesin nuatan sendiri, itu bisa diganti dengan yang baru”, kata desainer AMCA.

Lebih lanjut, dia menambahkan bahwa “Terdapat dua cara utama untuk membuat platform militer lebih tersembunyi atau stealth. Salah satunya adalah geometris siluman dan cara lainnya adalah dengan material siluman”.

Advanced Medium Combat Aircraft (AMCA) © Hindustan Aeronautics Limited (HAL)

Dalam geometris siluman, bentuk pesawat itu dirancang dengan sudut sedemikian rupa sehingga dapat menangkis gelombang radar maksimum sehingga nantinya itu meminimalkan penampang radar.

Dalam material siluman, bahan penyerap radar digunakan untuk membuat pesawat yang akan menyerap gelombang radio sehingga bisa mengurangi jejak radar. AMCA pada awalnya akan didasarkan pada geometris siluman, kita bisa memakai material siluman pada tahapan selanjutnya.

“Terlepas dari teknologi yang dikembangkan dari proyek LCA, program jet tempur baru ini sangat penting karena teknologi yang sekarang sedang didemonstrasikan akan berlaku untuk proyek AMCA”, terang desainer AMCA.

Jet tempur ringan Tejas buatan HAL India © Venkat Mangudi via Wikimedia Commons

AMCA, dirancang oleh ADA, kemudian akan diproduksi oleh Hindustan Aeronautics Limited (HAL). DRDO India mendefinisikan pesawat itu sebagai “platform generasi kelima plus” dan berharap bahwa pesawat canggih ini, nantinya akan memberikan Angkatan Udara India superioritas udara yang ingin diraihnya.

Pesawat asli buatan India ini akan dirancang untuk serangan darat, pemboman, pencegatan, serangan serta berbagai peranan lainnya dan akan menggabungkan supercruise, stealth, radar AESA canggih, kemampuan supermanver dan avionik canggih. India, melalui proyek AMCA, sekali lagi menunjukkan keinginannya untuk memberikan prioritas kepada industri pertahanannya sendiri.