Jan 222019
 

Presiden AS, Donald J. Trump © Voice of America via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berjanji pada hari Kamis untuk meningkatkan sistem pertahanan rudal Amerika, termasuk dengan berinvestasi dalam teknologi untuk melindungi terhadap ancaman senjata “hipersonik” canggih, seperti dilansir dari laman Daily Sabah.

Berbicara di Pentagon, Trump meluncurkan Missile Defense Review, sebuah analisis yang telah lama ditunggu-tunggu tentang jaringan pertahanan pencegat rudal AS yang dirancang untuk menembak jatuh rudal balistik yang masuk.

Trump tidak menyebut Rusia, China ataupun Korea Utara dalam pidatonya sekitar 20 menit. Tetapi strategi baru Pentagon ini memperjelas bahwa rencananya untuk sistem pertahanan rudal berbasis-luar angkasa yang lebih agresif adalah ditujukan untuk melindungi terhadap ancaman yang ada dari Korea Utara dan Iran dan juga melawan sistem senjata canggih yang dikembangkan oleh Rusia dan China.

Peluncuran rudal jelajah hipersonik Avangard buatan Rusia © Kemenhan Rusia via Youtube

“AS sekarang akan menyesuaikan posturnya untuk mempertahankan diri terhadap serangan rudal termasuk rudal jelajah dan rudal hipersonik”, kata Trump kepada para audiens militer. “Kami akan menghentikan peluncuran rudal dari kekuatan musuh, bahkan dari kekuatan yang membuat kesalahan. Itu tidak akan terjadi, terlepas dari jenis rudal atau asal geografis serangan itu”.

Terbang pada ketinggian rendah, berkali-kali kecepatan suara, dan mampu mengubah arah, senjata hipersonik tidak mengikuti busur balistik sehingga jauh lebih sulit untuk dilacak dan saat ini tidak dapat dicegat oleh sistem pertahanan rudal yang dimiliki AS.

Akibatnya, Pentagon sangat ingin mencari cara untuk meningkatkan kemampuannya untuk melacak rudal hipersonik tersebut, terutama dengan menggunakan sensor yang berada dan ditempatkan di luar angkasa.

Trump telah mengecam Iran karena mengembangkan teknologi rudal tetapi ia tak menyebut Korea Utara, yang juga telah mengembangkan arsenal rudal balistik dan telah melakukan beberapa kali uji coba nuklir.

  3 Responses to “Amerika Akan Kembangkan Sistem Pertahanan Rudal Berbasis Luar Angkasa”

  1.  

    Sekalian juga kantor kepresidenan amrik dipindah ke angkasa luar, itu keren amit lho … 😀