Amerika : China Akan Bangun Pangkalan Militer Besar di LCS

Washington – Pentagon mengeluarkan informasi terbarunya terkait Laut China Selatan. Menurut pemerintah Amerika, China diperkirakan menambah infrastruktur militer yang besar, termasuk sistem pengawasan ke pulau buatannya di Laut China Selatan (LCS) pada tahun ini. Dalam jangka panjang, perairan yang diperebutkan itu, akan menjadi pangkalan sipil militer.

“Infrastruktur besar lain, termasuk komunikasi dan sistem pengawasan, akan dibangun di fitur ini di tahun mendatang. China akan membangun fitur-fiturnya di pulau reklamasi sebagai basis sipil militer yang terus menerus untuk meningkatkan kehadirannya di LCS secara signifikan,” ujar laporan Pentagon kepada Kongres.

Pentagon, Sabtu, 15/5/2016 mengatakan, China fokus pada pengembangan kemampuan untuk melawan intervensi luar dalam konflik apapun. Akan tetapi China tampaknya ingin menghindari konfrontasi langsung dengan Amerika Serikat di Asia, mengingat potensi kerusakan ekonomi yang ditimbulkan.

“Pada saat yang sama, China menunjukkan kesediaan untuk mentolerir tingkat yang lebih tinggi dari ketegangan dalam mengejar kepentingannya, terutama mengejar klaim teritorial di Laut China Selatan,” ujar laporan itu.

Laporan ini datang di saat ketegangan atas klaim China terhadap LCS yang ditentang beberapa negara Asia. Washington menuduh Beijing melakukan militasisasi Laut Cina Selatan. Sedangkan Beijing mengkritik peningkatan patroli AS di Laut China Selatan dan latihan militernya di Asia.

Sumber : Sindonews.com