Sep 272016
 

Amerika dan China akhirnya mengumumkan sanksi yang dijatuhkan terhadap Korea Utara. Sanksi tersebut sebupa sanksi kriminal dan sanksi ekonomi kepada sebuah perusahaan China karena telah mendukung program nuklir Korut.

Wakil juru bicara departemen luar negeri Amerika Serikat, Mark Toner menegaskan, sanksi bersama yang dijatuhkan ini sebagai bentuk kepentingan bersama untuk menekan Korut. “Ini menunjukkan bahwa kita bisa bekerja sama dengan pemerintah China,” ujarnya, Senin (26/9/2016).

Para pejabat di China juga sedang menyelidiki sebuah perusahaan bernama Dandong Hongxiang Industrial Developmental Company Limited (DHID), termasuk tiga orang pejabat di perusahaan tersebut, karena diduga telah membantu proyek nuklir Korut dan menjalin kerja sama dengan Kwangson Banking Corporation, sebuah bank Korea Utara yang dicurigai membiayai program nuklir Korea utara. Amerika dan PBB juga menuding Kwangson Banking Corporation telah memberikan dana untuk membantu proliferasi senjata Korut.

Sebagai langkah awal, Departemen Keuangan China telah membekukan aset-aset perusahaan dan para pegawainya, termasuk 25 akun bank, dan 21 perusahaan bayangan.

Bagikan:
 Posted by on September 27, 2016