Amerika Kembangkan Jubah Tembus Pandang

Kain transparan selama ini tentu hanya ada di film dan novel fiksi saja. Akan tetapi baru-baru ini sedang dikembangkan bahan kain transparan seperti jubah gaib Harry Potter!

Bahan kain yang mengagumkan ini sedang dikembangkan oleh pihak militer Amerika Serikat. Mereka sedang membuat seragam transparan yang dapat digunakan dalam suhu apapun dan kondisi apapun. Penggunaan seragam yang membuat pemakainya tak terlihat ini tentu akan menyulitkan lawan.

Pihak militer Amerika sendiri meminta seragam yang benar-benar memiliki kemampuan seperti bunglon. Kain tersebut juga diharapkan nyaman digunakan sehingga dapat menunjang pekerjaan para tentara.

Saat ini kain yang diharapkan tersebut memang belum sepenuhnya jadi. Tahun 2006 lalu seorang ahli dari Kelompok Disika Teoritis asal Imperial College London sebenarnya pernah mengatakan bahwa teori transparan dapat diaplikasikan pada sebuah bahan. Akan tetapi bahan itu masih dalam uji coba laboratorium dan belum bisa membuat benda hilang hingga 100%.

Kelemahan lainnya adalah bahan ini membutuhkan listrik serta peralatan komputer sehingga tidak bisa digunakan di lapangan. Hal ini belum memenuhi tuntutan pihak militer Amerika yang meminta seragam transparan ini untuk bisa berfungsi tanpa listrik. Seragam ini pun minimal dapat bertahan selama empat jam serta tidak lebih dari satu kilogram.

Pengembangan kain transparan seperti jubah gaib Harry Potter ini mungkin dapat menjadi sebuah terobosan terbaru di dunia teknologi apabila benar-benar bisa terwujud

Tinggalkan komentar