Amerika Segera Kirim Kapal Perang ke Laut China

© AP Photo/ Bullit Marquez

Amerika Segera Kirim Kapal Perang ke Laut China 1

Kapal perang Amerika Serikat segera berlayar ke Laut China Selatan. Kapa;-kapal itu akan lego jangkar (stationed) 12 mil zone dari kepulauan Spratly yang diklaim oleh China,

Pergerakan kapal perang AS ini tampaknya didesain sebagai signal dari AS untuk tidak mengakui klaim China atas teritori tersebut. Namun sejumlah koran di AS menilai situasi itu akann meningkatkan eskalasi konflik.

Pemerintah AS berargumen aktivitas maritim AS di Laut China Selatan yang terjadi beberapa tahun terakhir, bertentangan dengan hukum maritim internasional. China melakukan secara reguler melakukan aktivitas di sana yang dibungkus dengan latihan perang dengan mempertontonkan kekuatan militer mereka.

Presiden AS Barack Obama telah berulang kali menyatakan “keprihatinan” nya tentang kegiatan China di Laut China Selatan. Wakil Menteri Luar Negeri Tony Blinken membandingkan upaya China sama dengan klaim teritorial yang dilakukan Rusia dalam krisis Ukraina.

Blinken menyatakan China mencoba memperluas pengaruhnya melalui pembentukan pulau-pulau buatan di zona damai Laut China Selatan. Tindakan itu dianggap membahayakan. Negara-negara di sekitar Laut China Selatan seperti: Filipina, Malaysia dan Vietnam, juga menganggap upaya China melanggar hukum dan meningkatkan kompetisi saling klaim di wilayah Sengketa.

Sputniknews.com

Leave a Reply