Jun 222016
 

Amerika Serikat memberikan perhatian terhadap aksi nelayan Tiongkok yang memasuki perairan Natuna tanpa izin resmi. Bahkan, Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat merasa khawatir terhadap pendampingan patroli laut Tiongkok kepada para nelayan itu.

Dikutip dari Republika pada Rabu (22/06), Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat menyampaikan bahwa pihaknya menganalisis lokasi persis insiden terkini di Natuna yang terjadi pada Jumat (17/06) lalu. Namun, fakta petugas resmi pemerintah Tiongkok hadir dalam insiden tersebut menjadi perhatian khusus Amerika Serikat. Terlebih, pengawalan petugas tersebut bukan yang pertama kalinya dalam insiden di Natuna.

“Pendampingan oleh patroli laut Tiongkok terhadap para nelayan tersebut adalah tren yang mengganggu,” kata seorang pejabat senior Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat.

Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat menilai bahwa penyertaan militer dalam kegiatan nelayan Tiongkok mengindikasikan ada upaya penegasan jangkauan klaim Tiongkok atas wilayah-wilayah terluar di Laut Cina Selatan. Hal itu berpotensi mengganggu stabilitas regional.

Ketegangan di Laut Cina Selatan semakin “memanas” jelang putusan tribunal internasional atas gugatan Filipina terhadap klaim Tiongkok atas sejumlah pulau di perairan tersebut. Tiongkok menegaskan tidak akan mematuhi segala hasil putusan dan tetap mengklaim sebagian besar wilayah Laut Cina Selatan.

Sumber: Republika Online

Bagikan:

  87 Responses to “Amerika Serikat Beri Perhatian Terhadap Aksi Nelayan Tiongkok di Natuna”

  1.  

    cuma perhatian aja gak lebih

  2.  

    Duorrr

  3.  

    benar juga yah….semua karena “rusia” yg menopang kemampuan china dalam segala hal..

  4.  

    yaak makin rame, mari kt tonton sambil menikmati kacang garuda..
    mamarika sedang mencari perhatian RI
    mamarika jg sedang mencari2 alasan utk melegalkan keterlibatan mereka ke kancah konflik LCS..
    kt tunggu episode berikutnya 🙂

  5.  

    AMERIKA MEMPERHATIAN SELURUH DUNIA, APA LAGI KAWASAN LCS MENDAPATKAN PERHATIAN KHUSUS DARI AMERIKA, KEJADIAN DI NATUNA KEMARIN PAS DIBARENGI KEHADIRAN DUA BATTLE GROUP USS JOHN C STENNIS DAN USS RONALD REAGEN KE FILIPINA.

  6.  

    Perhatian22x doooor

  7.  

    Perhatian ada udang di balik bakwan

  8.  

    Kapal maling kok di kawal, Apalagi pemerintahan RRT melakukan komplain resmi terkait penangkapan maling tersebut. Sudah jelas bahwa pemerintah cina yg memerintahkan maling di ZEE Natuna N mereka tidak mengakui wilayah tersebut milik NKRI.

  9.  

    rakyat di china juga panas…..masa negara besar seperti china bisa digampar oleh negara kecil seperti indonesia
    mereka meminta tindakan tegas terhadap indonesia.!
    eng ing enggggg,..bakalan jadi nih…

  10.  

    GEBUUK sj si Chungkuo,,belagu bangettt

  11.  

    gaib 2 seperti jin,gondoruwo,sundel bolong , betul kah..?

  12.  

    Waahh terkenal ke seluruh dunia nihh keberanian AL yg pantang mundur membela kedaulatan RI.

  13.  

    ho ho ho

  14.  

    Waduh, isyarat kedatangan Viper, guardian dan teman2nya makin kuat….xixixi.

  15.  

    Sebelum mereka minta maaf telah memasuki wilayah Indonesia, saya anggap RRT adalah musuh.

  16.  

    > Tiongkok menegaskan tidak akan mematuhi segala hasil putusan dan tetap mengklaim sebagian besar wilayah Laut Cina Selatan….

    endingnya jan asu tenan

  17.  

    Karna laut itu dinamakan “laut cina Selatan” jadi seolah olah laut didaerah itu punya dia semua… harusnya dirobah menjadi ” Laut Asean” jadi semuanya adil.

  18.  

    Wajar kalo RI naikin anggaran militer jadi 200 T. Kalo perlu jadi 5% GDP atau 660T juga gak masalah kok. Tetangga gak akan ada yg berani protes.

  19.  

    apakah sekenario LCS adalah sekenario dua negara sutradara C & U??????

  20.  

    cina tdk akn bs berbuat apa2 dgn alusista KW nya, cina dah terkepung dr segala arah biar mampus tu cina belagu

  21.  

    Masuk

  22.  

    Carin @ kayaknya harus cari cara supaya siluman berugg berantem sama siluman patkai…bagaimana caranya ya ?? Ahaaaa….Suruh berebut pisang….

  23.  

    ujung2nya indonesia d kasih ongkos kredit alutsista., tpi hya bsa untk yg bekas.,

  24.  

    Rusia adalah masalah yang berbeda. ini masalah antara China, vietnam,malaysia,Philipine,Indonesia. ini sengketa batas wilayah laut. Rusia tidak ada urusan dengan ini. jangan berspekulasi.

    Russia terlalu sibuk melepaskan diri dengan dari kepungan NATO, dengan adanya THAAD di setiap negara yang berdekatan dengan russia, Russia tidak memiliki kemampuan udara untuk melakukan penetrasi serangan udara. pesawat mereka tidak akan pernah keluar dari wilayah udara sendiri. jangankan untuk rudal iskander, sebuah UAV yang mencoba keluar dari ADIZ pun pasti di tembak jatuh. setelah itu NATO hanya perlu menggerogoti wilayah Russia perlahan-lahan sampai ke jantung ibu kota moskow.

    China murni sendirian. China berspekulasi Amerika tidak mungkin campur tangan dalam hal ini karena hubungan ekonomi China dan amerika di pertaruhkan. sebenarnya China tidak sedang benar-benar mengharapkan seluruh wilayah yang tercantum dalam 9 dash line. china hanya menggertak untuk mendapatkan 50-60 persen wilayah itu dengan win-win solution antar negara pengklaim dan di bantu atensi amerika. mereka sadar tak akan menang dengan cara apapun bila hanya mengandalkan claim wilayah traditional fishing mereka. tapi, seperti kebanyakan mereka yang berpikir jika diri mereka sudah kuat, china akan menggertak sampai apa yang mereka inginkan di terima. jika perang mereka jelas siap, tapi intinya china sendiri berharap di pisahkan oleh amerika dari oada bertikai. china mharapkan duduk bersama sambil memaksakan kehendaknya jika tidak artinya perang. Nah, negara yang takut pasti akan pelan-pelan menyerahkan haknya. lantas jika negara-negara ini tadi yang awalnya bulat satu suara menentang china kemudian berkurang satu-satu.. maka… hanya negara gila yang berani melawan china sendirian.

    •  

      Ane stuju dgn pndapat lu gan, fikiran lu luas.. G sempit sprti fans2 alay.. Dikit2 rusia pasti nolong, dikit2 us bntu.. Kemampuan militer dlm negri di remehin sendiri. Pake nyalh2in sgala lgi tuh.. Terlalu banyak vocal u..

      “Akan,direncanakan,segera,mungkin” pernyataan itu aja di hebohin dgn pesimis sgala. Alay.. Alay…
      Yg nyalamatin negri lu ya elu2 pade disini, g negara laen..
      etnis,ras dan suku ja g bisa bedain saling fitnah, malah blagu mah scra instan jd pakar militer!!

  25.  

    Skenerio cita2 pembagian wilayah yg kaya SDA berikut negara persemakmuran / bagian = ASU (Papua Barat & Sulawesi ), China (Sumatera) dan Rusia (Kalimantan) sedangkan pulau Jawa tdk di jadikan negara bagian asing/aseng krn miskin SDA

    •  

      Wkwkwk..!
      Ngomong senaknya lu tnpa dasar.. Apa kaitannya dgn SDA?
      Eh buka mata telinga u, bnyk baca dan belajar lg yah.. Pemimpin negri ini drmn? Yg memperjuang dan memproklamir kmerdekaan negri ini dr tanah mna?
      Ane yg org melayu aja mrasa tersayat perasaan ini atas ucapan u yg tak berpendidikan. Sono gih tamatin sekolah lu dl, baru ngebcod sdsini

  26.  

    gantung MBAH BOWO di lautan natuna … buat memedi laut
    biar AL China takut

    kwakkwakkkwaaaakkkk

  27.  

    tenang aja paman sam, senjatq kami sudah banyak kok( yang ghoib bin siluman…jadi kita udah siap kok…kix…kix…kix…

  28.  

    stunex@ biasa bung…yg komen kan suka perang kan sering main game perang di warnet…disuruh ke natuna lihat ombak 2 meter juga palingan udah ngajakin pulang nangis2 wkwkwkwwkk…

  29.  

    baca komen warjag cina sukses karena didukung rusia, itu benar tpi jika itu konspirasi kenapa rusia juga bantu india (musuh cina) ?.?.?
    Kalau menurutku rusia lagi bth uang karena embargo Ue, bukan untk konspirasi
    imho

    •  

      lebih tepatnya RUSIA butuh uang dan SDA bung, sambil nyelam minum SUSU…
      Ck..ckckck

      US,&Rusia mah imperialis modern, nah cina baru ketularan.
      gak ada negara didunia ini yg lebih baik selain indonesia akan niat tulus membantu sahabat.
      akhlak dan budi perkerti yg luhur indonesia patut ditiru oleh bangsa&negara lain
      -imho

  30.  

    Presiden Jokowi dan Panglima TNI Kunjungi Natuna Besok
    NEWS | Rabu 22 Jun 2016, 18:09 WIB

  31.  

    Masihkah ada yg bilang ini murni sandiwara antara Indonesia dan Tiongkok??? Apakah hanya demi Indonesia bisa perkuat militer tanpa dikomplain tetangga china rela kehilangan mukanya di LCS. Dan apakah kita hanya terus protes tanpa adanya penguatan anggaran militer minimal 2% PDB. Sudahkah siap kita berperang dengan China yg notabenn ASU aja takut. Ini sudah mendesak sekali, segeralah galakan bela negara sampai 100 jt pasukan siap tempur. Naikan anggaran 2% dr PDB di APBN 2017. Kalau perlu lakukan potongan anggaran kementrian yang lain demi NKRI utuh.

  32.  

    Comment:setuju bro,potong saja anggaran2 yg lain untuk perkuat alutsista,anggaran2 yg gak penting sprti jatah anggaran kungker/kunjungan kerja DPR kluar negri,negara kaya SDA sdh sharusnya di backing oleh militer dan alutsista yg super,shingga akan bs membuat negara lain mengurungkan niatnya buat coba2 mengganggu atau menjarah kekayaan SDA kta,lha yg terjadi slama ini kekayaan negara bukan untk kemakmuran rkyatnya,melainkn untuk kemakmuran pejabatnya,boro2 mikir beli atau buat senjata yg gahar,wong pda sibuk sikut sana sikut sini,demi jabatan dan kekuasaan,giliran dicurangin malaysia cm pd bisa koment,gk bs berbuat apa2 krn minim nya alutsista??pd gak malu ya jd pejabat kya gitu??mw taruh dimana mukanya????sya sbgai rakyat kecil malu bgt punya pejabat stres kya gtu,ujung2 nya program wajib militer??lagi2 rakyat yg hrus berdarah2????pdhal rkyat sbagian besar mrasa kecewa dgn kelakuan pejabat2 stres yg cm mikir jabatan,kekuasaan dan uang tnp peduli bngsa negara dan rakyat…!!!jd ingat lagu wak haji”SELURUH HARTA KEKAYAAN NEGARA,HANYALAH UNTK KEMAKMURAN RAKYAT NYA,trus sdh kah pejbat2 kita melksanakan amanah UUD 45 itu???klau terjadi perang mari kita maju bersama2,tp ingat kalian para pejabat dan pemimpin yg harus maju didepan,jgn rakyat yg slama ini kalian perkosa kalian suruh berada digaris depan….!!!

  33.  

    RI harus pertahankan hak kedaulatan nya di Natuna, ini sudah menyangkut harga diri bangsa yg di injak2 China ! Bentrokan RI dengan China takutnya menimbulkan prahara yg lebih hebat dari kejadian th 65 dulu dan kembali lagi putus hub diplomatik dgn China.

  34.  

    kemungkinanan kecil rusia akan terlibat lansung di lcs krena 75%lebih mereka menaruh perhatian di perbatan rusia. itu strategi amerika. mereka menempatkan nato untuk mengalihkan perhatian rusia dan untuk lcs, amerika menyerahkan sebagian besar kpd negara asean dan bantuan smerika sendiri. ti nggal menunggu kabar, indonesia akan terlibat langsung di lcs..!!!!

  35.  

    Rusia lebih memilih indonesia sebagai sekutunya yg bisa dipercaya dibanding ASU n China, dimana kedua negara masih dianggap rival rusia.. lagian sebelum konflik di natuna china udah keburu bentrok sama vietnam n pinoy (dibekingin ASU).. malon mah cuma penghibur, alias tim hore bisa jd malah jd duri di konflik LCS yg bermuka dua.. jarak yg lumayan jauh jg jd pertimbangan bisa bikin china menguras dana buat ngegempur indonesia.. sedangkan laut yg diambil jg cuma se uprit dibanding yg disengketakan dgn vietnam n pinoy.. jd yg paling ideal buat china sebelum konflik dgn indonesia ya berebut dulu sama vietnam n pinoy..

    •  

      kalo saya menilai rusia akan netral dan pasti jd mediator jika china-indonesia bentrok.

      klo bentrokan itu terjadi, berarti misi US dan Rusia berhasil dlm misi “Making Conflict and than be Heros”

      artinya: mereka US-Rusia akan menjadi pahlawan siang bolong saat Indonesia-Tiongkok bentrok. perang dingin itu tidak head to head antara dalang dan dalang tapi terjadi antara tumbal dan tumbal, bayangin saja indonesia-tiongkok war di suport US dan Rusia sudah pasti bakal kejadian war sprti di suriah,yg bonyok sapa?? kita jg kan…

      US ngakak, Rusia senyum, Tiongkok garuk kepala…

    •  

      Indonesia akan menjadi mangsa keadaan APA Indonesia mampu bagi pada rusia, rusia dan amerika hanya gunakan peluang jual senjata pada Indonesia lihat APA belaku pada Iraq ketika dulu seluruh dunia sokong dia menyerang iran lihat APA belaku Timur tengah iraq sehingga sekarang hanya berhutang senjata sama rusia ,perancis ,amerika, jika Indonesia mahu berperang sama China, jika Indonesia tak atasi bijak bersikap mahu perang lihat APA berlaku, Amerika tahu dia cuma akan guna taktik proksi bagi senjata sehingga Negara ITU berhutang, China pasti akan pujuk rusia supaya jangan menjual senjata pada Indonesia sebab Indonesia bukan bukan penbeli terbesar, kamu masih ingat tak kes s300 ke iran jualnya 2008 tanguhkan atas sebab konon pbb pada hal rusia mahu mendekat diri euro Setelah pada 2013 euro tapi berpaling menetang rusia guna nato isu ukriane dan syria menyebab baru ia bersetuju menjual s300 pada iran, kalau gak bijak berpolitik Indonesia akan menjadi mangsa kuasa besar,
      Hubungan China dengan rusia pelik ketika rusia hadapi krisis ekonomi 90an China, Syria,india menbantu rusia melalui penjual senjata Dan pemindahan teknologi kepada kepada Negara tersebut sehinggakan rusia berjaya keluar dark krisis ekonomi, hubungan Syrian sekutu rapat rusia dari sejarah agama kristin kompin Timur tengah kerena disitu tempat sejarah agama Kristen kompin Timur tengah Dan syriah sekutu ketika era komunis dulu
      APA Indonesia mampu bagi sama rusia ?

      Malaysia hanya bermain tarik tali sama Amerika Dan British asal bagi Wang pada mereka supaya mereka perang sama china, Amerika pasti akan lindungi pelaburan mereka di Malaysia kerana perusarahan Amerika dan british terlalu banyak di Malaysia itu Cara paling bijak kami lakukan

      APA Indonesia bisa lakukan bayar je Wang pelindunan pada amerika seperti taiwan, bila tentara Amerika banyak yg mati kamu gak perlu hantar tentera kamu beramai2 seperti pilipina lakukan hanya biarkan aje Amerika perang sama China ITU Cara terbaik

  36.  

    nah..na nah lo loe.pit ..pit fitnah…!!!! ing..inget.. dos..dosa ..bro

    haa..haa…hacieemm maaf batuk

  37.  

    asikk nih ngomong serius sama abang…

    ia betul sekali bang china di jadikan rusia untuk benteng sebelah timur..

    betul abangku..uang yg bicara…lihat saja perang china dan uni sovyet (rusia) dulu thn 1969..tp sampai sekarang mereka mesra2 aja tuh …apalagi pengakuan dan dukungan china terhadap invasi rusia di ukraina (cremia)
    juga jelas sekali pengakuan dan dukungan rusia ke china dengan PARKIR beberapa kapal perangnya setelah latihan perangnya dengan china.BUKAN NYA PULANG EHH MALAH NGOPI BARENG DENGAN CHINA
    (mungkin mau nungguin kapal induk ke 2 ,ke 3 dan ke 4 china hingga selesai)

    juga manuver 2 india…yg sekarang ini jelas 2 ikut di LCS…tp pro usa..
    saling curiga dan siap perang, tetapi cinta damai..

    benar sekali itu sudah di bidik sejak ,laos,camboja,myanmar masuk ASEAN
    untuk memecah belah ASEAN..

    tp lihat saja nanti ibarat catur indonesia adalah KUDA..
    jadi jalannya bisa hitam hitam putih,dan juga bisa putih putih hitam..

    salam..:))

  38.  

    AKHIRNYA DUNIA TAHU CINA pernah di tempeleng Indonesia di era pak jokowi pada tahun 2016 di bulan Ramadhon ..

    secara tak langsung Amerika mengatskan ; oii cina lo udah gila maling terangan di kawal lagi

    Dunia pun mencatat cina ternyata kaya karna maling bukan karna SDA ATAU SDM nya

  39.  

    test

  40.  

    testt

  41.  

    testtt

  42.  

    tset

  43.  

    TNI kita sudah siap.
    Rakyat sudah siap lahir batin.
    Suratan takdir sudah di tulis.
    Kita hanya menjalani.
    Yg penting kita kerja terus,biar ekonomi tumbuh.

  44.  

    chino udeh membuat pulau reklamasi di spratly dan membuat pangkalan militer. lalu kenapa indonesia tidak membuat pulau reklamasi juga di batas wilayah laut terluar dinatina ane kira membuat dua pulau reklamasi seukuran untuk pangkalan militer gk bakalan habis 5 T kecuali kalau sekalian mau ditambah dengan pangkalan militer lengkap itu lain cerita. tapi ya emang harus kesana arahnya. ane yakin jika udah ada pulau yang menyatakan kedaulatan wilayah NKRI, otomatis akan menjadi pagar pembatas. siapa yang berani melangkah melewati pasti mikir lagi.

  45.  

    monggo bung carino… katakan kepada mereka rakyat indonesia nggk akan mundur menghadapi cina(PIG). hidup indonesia. MERDEKAAAA…!!!

  46.  

    Nyimak….

  47.  

    Membuat variasi kemungkinan sih bagus saja…seperti teori konspirasi…
    Kalo dipikir Tanpa cinapun kalo mamarika mau… bisa serang indonesia kok…
    Jadi gimana donk..mumet kan…??
    Yang jelas jelas saja ditangani diantisipasi…
    Manuver indonesia juga masih banyak…pilihan…tergantung keadaan…

    Polarisasi dunia semakin kuat…sampai benar benar keruh dan meledak…
    Hasilnya iwak peyek…bergelimpangan…

  48.  

    ehmmmm….kipas kipas….si amiriki mau mancing di air keruh….,dia senang kalo indonesia berantem ama china.lalu…..indonesia di bantu,dgn sedikit ngegombal,amiriki akhirnya nempatin tu pasukan di indonesia.ehmmmm basi. #china macam2 kita tendang,amerika kita setrika….

  49.  

    Halo salam penghuni baru…. Klo menurut saya..menurut awam dan tak berfikir buruk.. China dg kegembiraanya melakukan ivestasi d indonesi..jd kecil sekali kalau sampai perang dngan kit..dn ras china dsni gk dikit mas mas… Gak akan mungkin juga china lokal di boyong lg k china karna pasti gk ada tempat dsna… Rusia jg gak ada kbr untk jd mediatoor..pasalnya cina dn indonesia adalah kawan rusia.. Indonesia msh memiliki kawan ..ada india..ngara islam..jepang..dll… Cina jg berpikir byak untuk itu … Nahh klo sya amati… Kemungkinan ini skenario cina dn indonesia agar senjata indonesia d boyong k natuna.. Untuk mewaspadai para musuh cina d lcs..dan malaysia..skrng siapa nyana klo d dlm cina dn indo ada investasi besar..produk cina bebas d sni.. Gk mungkinlah akan di tinggalkan cma demi natuna yg kecil walau SDA besar… Tp terbatas.. Produk cina terbatas?? Saya rasa tdk terbatas buat indonesia..krn warga cina di dokttin cintailah ptoduk negrinya… Trimakasih.. Dn salam kenal

  50.  

    ternyata benar juga ramalan orang orang dulu : ada bahaya laten komunis……..ternyata emang bener yang nonggol bahaya laten komunis china,,,,,,,,siap siap mobilisasi umum ibu pertiwi memanggil bahaya laten komunis china…..bahaya laten komunis china……

  51.  

    Dalam konflik LCS,..China tidak akan menang. China tidak di takdirkan sebagai penguasa Dunia. Yg jadi penguasa dunia adalah Yahudi CS dan antek2nya al. Amerika. China tidak didesain sebagai aktor dari endingnya dunia. Lihat saja…jika mereka berani perang di LCS menantang USA CS maka inilah kehancuran China dan mereka akan kembali memulai dari NOL…

  52.  

    Mbah Bowo kopinya 1ya,gulanya sedikit ae

  53.  

    ASu memberi perhatian, atau MENCARI PERHATIAN, ……. Awas jgn tertipu !!!

  54.  

    Y ialah indonesia negara kecil kan ngutang sm cina

  55.  

    Saya yakin jika perang meletus sel sel tni di negara lain akan bergerak, akan melakukan sabotase di perbatasa chinna-india, chinna-tebet, chinna -monggol, taiwan, vietnam…. mau gak mau yg berperang bukan hanya indonesia saja…. mati siji mati kabwehh

 Leave a Reply