Mei 232016
 

Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, mencabut embargo penjualan senjata terhadap Vietnam. Langkah tersebut dilakukan dalam kunjungan perdana Obama ke negara itu.

Obama menyampaikan bahwa Amerika Serikat berniat meningkatkan kerja sama sekaligus menekan perbaikan HAM di Vietnam. Menurutnya, Amerika Serikat tengah melangkah ke depan untuk normalisasi hubungan dengan mengeliminasi kenangan Perang Dingin.

“Pada tahap ini, kedua pihak telah mengembangkan level kepercayaan dan kerja sama,” ujar Obama, Senin (23/05).

Sementara itu, Presiden Vietnam, Tran Dai Quang, mengatakan bahwa negaranya sangat menghargai keputusan Amerika Serikat.

”Vietnam sangat menghargai keputusan Amerika Serikat. Ini bukti jelas bahwa kedua negara memiliki hubungan yang benar-benar normal,” kata Quang.

Amerika Serikat menitikberatkan perbaikan kerja sama dalam bidang militer. Diduga, salah satu sasarannya adalah isu Laut Cina Selatan, permasalahan perairan yang paling penting di dunia.

Embargo senjata Amerika Serikat telah dicabut sebagian pada tahun 2014. Namun, Vietnam ingin pencabutan embargo dilakukan secara keseluruhan untuk mengukuhkan posisi di tengah sengketa perairan.

Pencabutan embargo membawa dampak psikologis bagi Vietnam yang ingin lebih agresif menghadapi Tiongkok. Meski diprediksi tidak akan terjadi lonjakan besar.

Kunjungan Obama selama tiga hari di Vietnam berfokus pada usaha memperkuat hubungan. Amerika Serikat ingin meningkatkan nilai perdagangan hingga dua kali lipat pada tahun 2020 dengan negara yang sedang berkembang tersebut.

Sumber: Republika Online

 Posted by on Mei 23, 2016

  20 Responses to “Amerika Serikat Cabut Embargo Senjata Terhadap Vietnam”

  1.  

    Awas ada maunya…m

  2.  

    mntap … bakalan tmbh garang vietnam k depanx … mju trus vietnam … rambo aj babak belur apalgi cm xi xinting ….

  3.  

    #melek malem awak tuh pancasila atw kapitalis? jauh lah je..
    jangan buat provokasi,,disini forum militer bukan sara.
    jangan bawa” negara apalagi rendahin…
    bila teori awak benar ga usah jauh” ke filipina selatan biar rasain putus asa di derajat 0 kematian,,baru koment gimana rasanya perang di -0 derajat.
    indonesia non blok dari zaman sukarno,suharto dan sekarang sesuai sila pancasila.

  4.  

    Emang kenapa kalau pembeliannya ditunda tapi nyatanya kontraknya sudah ditandatangani, bukannya bagus? Daripada kontrak belum sudah koar-koar Beli Su-35 1000 Skuadron.

    •  

      Positive thinking bro. Waspada bagus, tp ttp positive thinking. Nggak perlulah ikut langkah vietnam, gabung USA, tapi ketika China kalah dijajah USA. Pertahankan hubungan baik dengan China didepan tapi siapkan alutsista dibelakang.

  5.  

    dalam pertemuan damai diparis prancis yang mengakhiri perang vietnam -amerika atau perang indochina II,penasihat keamanan gedung putih Henry Kisingger berbisik kepada colleganya menteri luar negeri Amerika Serikat william Rogers “suatu saat kita akan bekerja bersama mereka”.setelah perjanjian tersebut ditanda tangani hubungan Amerika -vietnam jadi dingin.embargo ekonomi dan militerpun diberlakukan.sebagai finalisasi Presiden Nixon datang ke Beijing untuk lebih mengeliminir pengaruh soviet dan Nam diasia.kini 40 tahun kemudian,siapa yang menyangka keadaan jadi berbalik.yang tidak berubah hanya satu;jakarta tetap bersikap netral dan gaduh dengan urusan dalam negerinya.

  6.  

    Yg jelas kekuatan militer vietnam akan semakin kuat di Kawasan Asean hanya dengan pemasok Rusia saja kekuatan militer Vietnam sudah bertaji apalagi bila amerika mo jual Alutsista ke vietnam pasti vietnam akan mendapatkan tambahan kekuatan militer yg signifikan dan selalu beli baru

  7.  

    @ mr.X….

    anda sangat salah sekali…..pesawatnya sangat berkualitas..bahkan terbaik di dunia….

    yaitu DOLAR AMERICA

    ha ha ha

  8.  

    Oooo… Sebelumnya Vietnam di embargo As ya… Baru tau, soalnya gk ada bedanya sih diembargo / tidak.. Ini sebenarnya jadi bukti bahwa As tidak terlalu penting… Jual senjata situ, gk jual situ… Gk ngEpek.. He he he

  9.  

    Amerika memanfaatkan lawan untuk melawan lawan yg bukan lawannya..

  10.  

    biarlah negara lain beli seabrek2..senjata…menang jadi arang kalah jadi abu ..yg penting kita disini damai sukuri apayg ada..jadi warga indonesia..apa pun kekuangan.y(untung tdk jadi wara suria)….jgn ngenye..terus bisa.y…

  11.  

    Ini berhubungan dengan kepentingan asu dimana mereka merencanakan akan menempatkan rudal”nya di negara bekas jajahanya tsb

  12.  

    bingun mau coment apa…xixixixi..selamat buat vietnam atas segera di cabutnya sanksi embargo senjata..mungkin setelah di kalkulasi berulang ulang oleh ASU atas sanksi yg di berikan maka akan semakin mendekatkan vietnam ke kremlin,alhasil yg di dapat tangan kosong,dan GAP hubungan di plomatik pun semakin menganga,dengan berat hati tak cabut saja lah dari pada puyeng..sebuah modus yg mudah di pahami..heee

  13.  

    asu ya tetep asu licik

  14.  

    tetap netral yakin indonesia akan tetap aman dari konflik hanya media2 para cukong barat yg menakut2i bhwa pulau natuna bs dicaplok china’tujuanya agar indonesua ikut gabung sama barat