Jun 072016
 

Armada angkatan laut Amerika Serikat, Jepang dan India akan menggelar latihan skala besar di wilayah Pasifik Barat, di dekat gugusan kepulauan yang diklaim oleh Tiongkok. Latihan dengan sandi Malabar itu akan diadakan mulai hari Jumat esok dan berlangsung selama delapan hari.

Latihan Malabar merupakan acara tahunan angkatan laut Amerika Serikat dan India, sementara Jepang mulai bergabung dalam latihan tersebut sejak tahun 2007. Pada tahun lalu, latihan militer Malabar digelar di Teluk Benggala dekat India.

Dalam latihan tahun ini, militer Jepang berencana mengirim kapal induk Hyuga. Kapal induk terbaru Jepang itu diperuntukkan membawa helikopter dengan dilengkapi kemampuan anti kapal selam.

Rantai kepulauan di barat daya Jepang menjadi wilayah dengan konsentrasi terbesar personel militer Amerika Serikat di wilayah Asia Timur. Lokasi tersebut memiliki akses menuju Pasifik Barat dan Tiongkok. Jepang memperkuat wilayah itu dengan stasiun radar dan baterai rudal anti-kapal.

Kepulauan Senkaku (Jepang) atau Diaoyu (Tiongkok) yang berjarak sekitar 220 km barat dari Taiwan merupakan pula tak berpenghuni yang dikendalikan oleh Tokyo dan diklaim oleh Beijing.

Sumber: Reuters

  5 Responses to “Amerika Serikat, Jepang, dan India Gelar Latihan Angkatan Laut di Pasifik Barat”

  1. Saur

  2. maka mulai tercekiklah china…..:))

  3. ya ampun kapalnya serem2 banget. hahaha

  4. Kalo cina mengakui wilayah lcs adalah bagian milik mereka berarti negara seperti philipina jepang taiwan dll yang berada di wilayah lcs berarti negara mereka juga donk. Edan iki namanya. Patut diwaspadai kelebihan populasi penduduk China.

  5. Semoga natuna tidak ikut di klaim

 Leave a Reply