May 242016
 

Sikap pesawat-pesawat tempur Tiongkok dan Rusia yang semakin agresif dalam mencegat pesawat militer Amerika Serikat dan berpatroli di dekat Pantai Barat Amerika, menyebabkan kekhawatiran bagi para pilot tempur Angkatan Udara Amerika Serikat.

Jenderal Angkatan Udara Herbert “Hawk” Carlisle, yang memimpin Komando Tempur Udara, mengatakan bahwa tantangan dari Rusia dan Tiongkok di wilayah udara internasional tidak hanya penting namun juga berbahaya.

“Kekhawatiran kami adalah kebangkitan Rusia dan Tiongkok yang sangat agresif,” kata Carlisle.

Jet tempur Su-27 Rusia mencegat pesawat mata-mata RC-135 Amerika Serikat.

Jet tempur Su-27 Rusia mencegat pesawat mata-mata RC-135 Amerika Serikat.


Menurut Carlisle, kedua negara bermaksud memperluas lingkup pengaruh mereka, Rusia memperluas pengaruh militernya di Eropa Timur dan Pasifik sedangkan Tiongkok fokus pada pengaruhnya di Laut China Selatan.

“Sehingga pengaruh di ruang-ruang internasional dikendalikan hanya oleh mereka. Keyakinan saya adalah bahwa kita tidak bisa membiarkan itu terjadi. Kita harus terus beroperasi secara legal di wilayah udara internasional dan jalur perairan internasional. Kita harus terus memanggil mereka ketika mereka menjadi agresif dan tidak aman,” ujar Carlisle.

Menurutnya, pencegatan terhadap pesawat patroli Amerika Serikat berisiko menimbulkan tabrakan di udara yang dapat meningkatkan ketegangan antara kekuatan negara-negara nuklir.

“Setiap kecelakaan yang terjadi saat militer Amerika Serikat memainkan permainan ‘kucing dan tikus’ dengan pasukan Rusia atau Tiongkok bisa meningkat menjadi perkelahian nyata,” ujar seorang konsultan industri pertahanan dan analis militer di Lexington Institute, Loren Thompson.

Carlisle menjelaskan bahwa telah terjadi peningkatan jumlah aksi pencegatan pesawat tempur Rusia dan Tiongkok dalam beberapa bulan terakhir. Menurutnya, menjaga komunikasi dengan militer Rusia dan Tiongkok adalah kunci untuk menghindari kecelakaan.

Sumber: Sindo News

  17 Responses to “Amerika Serikat Khawatir Karena Pesawatnya Sering Dicegat Jet Tempur Rusia dan Tiongkok”

  1. Wooo

    • Jika pesawat tempur rusia,china,bahkan pesawat tua korea utara berpatroli di dekat ASU dipastikan ASU akan melakukan HAL YG SAMA.
      Pernyataan ini hanya untuk MELEGALKAN aksi mereka,…

      SAMIRI atau Dajjal yg bermata satu yg panjang ekornya seperti benua eropa ,hanya kiasan untuk ASU.
      Mata satu melambangkan pemerintahan dunia yg hanya di pimpin ASU sesuai lambang di mata uang dollar,.
      Ekornya melambangkan antek2 eropa/NATO yg siap dikibas kibaskan.

      #just IMAHO# haha

  2. Rasaaaiiinnn

  3. Salah sendiri… Kalo engga mau di usir ya engga usah gonggong2 di depan pagar prumah… Orang, kalo gua ada asu tetangga didepan pagar gua gonggong y gua lempar batu…

  4. takut juga

  5. Bila perlu HANCURKAN sekalian tembak jatuh saja bila main slonong ke halaman orang.

  6. Dasar amrika biangnya teroris, ngeper juga luh..bego

  7. statement aneh, bukannya mereka yg hoby mengkangkangi kedaulatan negara lain ?
    menuduh negara lain terlalu agresif pdhal mereka lah sebenarnya agresor sejati,
    selalu membuat opini buruk di media masa utk menggiring masyarakat dunia membenci negara/kelompok yg tidak mereka suka
    semua koar2nya di media hanya modus utk melegalkan segala tindakan mereka
    biang rusuh, biang onar di permukaan bumi ini ya si ameriki ini

  8. USA/ASU memang biang kerok

  9. Kamu itu lho su, dikit dikit ngeluh, dikit dikit curhat, dikit dikit merasa terancam, macho dikit kenape sih jadi laki.

  10. katanya ….Jenderal Angkatan Udara Herbert “Hawk” Carlisle, yang memimpin Komando Tempur Udara, mengatakan bahwa tantangan dari Rusia dan Tiongkok di wilayah udara internasional tidak hanya penting namun juga berbahaya.

    baru ditemenin terbang doank dh ketarkketurr….haduuuhhhh…

  11. Sebentar lgi dominasi asu akan tergeserk daratanya sendiri…???

  12. Amiriki…amiriki, baru gitu aja di cegat ngocolnya minta ampun, untung2x di cegat, coba kalau di tembak , pasti panggil seluruh pasukan sekutu…nggak pernah macho nih amiriki…pantesan ellu kalah di AASAM….dasar lu pasukan banci…..

  13. asu kelakuan nya spt dia aja negara paling benar di muka bumi ini,yg lain nya salah smua.Moga aja rusia dan china dpt bangkit menjadi super power berikut nya agar hegemoni asu tdk mengila,smua yg tdk sepaham dgn nya di libas..lht saja timteng bergolak trus,dia jd juru runding palestina dan israel ,di lain pihak dia trus perkuat militer dgn menjual peralatan tempur tercanggih kepada israel,sedang kan negara sekutu asu lain nya di arab sana tdk dpt menikmati peralatan yg di jual asu terhadap israel.

  14. RUSIA JUGA KHAWATIR SERING DICEGAT. NGAHAHAHA SAMA AJA DEH.

  15. kaciann

 Leave a Reply