Mar 052016
 

Amerika Serikat telah mengerahkan sebuah kapal induk dan beberapa pengawal ke Laut Cina Selatan untuk memperlihatkan kekuatannya ke Tiongkok.

Kapal induk John C. Stennis, bersama dengan dua kapal perusak dan dua crosiers, dilaporkan tiba di perairan yang disengketakan tersebut pada awal pekan ini. Sebuah kapal berbendera Amerika Serikat juga telah di wilayah tersebut.

Tiongkok mengklaim hampir seluruh Laut Cina Selatan. Amerika Serikat telah menuduh Beijing melakukan militerisasi atas daerah itu untuk bersaing dalam klaim teritorial dari bangsa lain.

Setelah Tiongkok mengerahkan rudal permukaan-ke-udara di Kepulauan Paracel bulan lalu, Pimpinan Komando Pasifik Amerika Serikat, Laksamana Harry Harris, mengatakan kepada Kongres bahwa Tiongkok jelas melakukan militasisasi laut.

“Anda harus percaya pada bumi datar untuk percaya sebaliknya,” kata Harris.

Tiongkok membantah tuduhan itu dan mengatakan itu adalah Amerika Serikat yang menyebabkan ketegangan.

“Jika Anda melihat pada masalah ini erat, Amerika Serikat mengirim pesawat paling canggih dan kapal militer ke Laut Cina Selatan,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri di Beijing, yang memperingatkan bahwa penumpukan tersebut dapat menyebabkan “salah perhitungan. ”

This file aerial view taken on July 27, 2012, shows part of the city of Sansha on the island of Yongxing, also known as Woody island in the disputed Paracel chain, which China now considers part of Hainan province.

This file aerial view taken on July 27, 2012, shows part of the city of Sansha on the island of Yongxing, also known as Woody island in the disputed Paracel chain, which China now considers part of Hainan province.


Pejabat Armada Pasifik mengatakan bahwa Amerika Serikat telah secara rutin berpatroli di Pasifik, termasuk Laut Cina Selatan, selama puluhan tahun dan tidak berniat mengendurkannya.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Ash Carter mengatakan kepada sekelompok tentara Amerika Serikat bahwa kebangkitan Tiongkok sebagai bangsa yang makmur baik-baik saja. Terkait perilaku agresif Tiongkok, banyak dari mitra kami yang melihat ke kami untuk menerapkan penyeimbang demi memeriksa apa yang berlebihan .

Enam negara Pasifik – termasuk Vietnam dan Filipina – memiliki klaim teritorial di Laut Cina Selatan, dan menuduh Tiongkok menggunakan militer untuk mengintimidasi mereka.

voanews

Bagikan Artikel :

  26 Responses to “Amerika Serikat Kirim Kekuatan ke Laut Cina Selatan”

  1. cuma gertak aja, ga ada tembak2an

  2. cuma mau menjamin kebebasan bernavigasi. Kalau typhoon datang juga sudah jadi kembali tuh atlantis malayekong.

  3. Terlalu ikut campur nih as. semoga cina, rusia, dan indonesia semakin maju tanpa memicu perang dingin..

  4. Isi nya f18 semua yah.. berani lah cina.. tergantung cinanya berani ga nabrakin kapal nya ke kapal induk tuh.. di suriah rusia udah menang. Sekarang perang beralih ke lcs.
    Seneng banget nih senat2 nya as, dan petinggi militernya. Karna anggaran untuk perang segera cair.
    Habis itu mungkin bantu philipina rebut serawak..

  5. sandiwara segi tilu ujung2na damai kerjasama dan bagi2 jatah sda di wilayah asia tenggara us china ma rusia,kalih itu jugaaa…..viiiissss,ah,kabuuuurrrr.

  6. kmaren di eropa ada 3 B52 yg hilang ya? Artinya 3 naik ojek ke china -.-“.

  7. yg ekonominy maju….militerny ikut maju….ky tiongkok…

    semoga NKRI ekonomi dan militerny bs cepet maju….bkn hny berkembang….

    #sabar menanti….

  8. ntar nih di blog sebelah bakal muncul artikel hoax corner terbaru yihhhaaaa

  9. mntap … hjr tuh cina …

  10. Yang kita pikirin bukan masalah berani ato tidak maa bro. . dalam membuat kebijaksanaan pertahanan aturannya diambil kemungkinan yg terjelek. . yaitu perang
    Lha kalo bener2 terjadi perang mau tidak mau indonesia harus juga siap. .
    Mas bro tahu ga kondisi natuna sekarang msh kayak apa ? Itu ujung tombak kita, . radar belom maksimal, misil pertahanan masih ecek2. . landasan masih pendek, pelabuhan masih blom siap. . fighter masih golden nyungsep. . dsb . . dsb. .
    Ayo kita pikirkan. . jangan sgt percaya diri dan ber evoria dengan sejarah kejayaan masa lalu . . !!

  11. tampilan komentarnya gk enak banget Bung, apalgi di hp!

  12. Betul bung..garuda 45..cuma bagi2 jatah d kawasan..dan.Ga..mungkin perang cuma panas2an doang..tujuan utama..ya para negara adidaya cari market senjata dan motif ekonomi…

  13. Amerika tidak akan dapat dikalahkan kecuali seluruh negara dunia bersatu tanpa terkecuali eropa utk serang amerika. Karna kalau ngandalkan rusia dan china tidak akan mungkin bisa, mereka masih ketinggalan teknologi militer 10 tahun lebih dgn amerika

    • hah ? rusia ketinggalan 10 ? ga kebalik tuh ? teknologi USA sekarang itu , udah di pake rusia tahun 60an DAN TERNYATA ga efektif ! mulai roket US masih butuh rusia ! satelite US usia nya pendek ! teknologi siluman udah di pake soviet 60an ternyata ga ada gunanya ! teknologi hypersonic US aja sering gagal ujicoba ! rusia tahun 1998 udah duluan di kazakhstan ! semua rudal US bsa dihentikan rusia ! Iskander-m Bisa ga US hentikan ? kagak bisa ! Perang Suriah udah jadi jawaban kegagalan US + Crimea ! Hulu ledak nuklir US juga ketinggalan ! ga perlu China atau seluruh dunia buat ngancurin US ! Vladivostok JUGA mampu ngancurin semua kota US

  14. Mengapa Cina merasa berhak mengklaim LCS. Lihat aja namanya Laut CINA Selatan. Karena ada namanya berarti itu memang punya dia.

  15. Ini hasil pembicaraan analysis militer jg ahli strategi militer yg dulu pernah menetap agak lama di bali jg Singapura.

    Tentu tlah di sederhanakan bahasanya biar mudah di cerna.

    # Mengenai militer indonesia #

    Militer indo saat inisudah propesional itu bgs mskpn hrs byk penyempurnaan.

    Pasukan khusus indo bagus.
    Militer bangsa yg kaya harus di takuti negara besar biar tidak mudah di tekan tp tidak dg cara cara yg indo jalan kan dlm memperkuat militernya.
    Itu salah besar dan kedepannya semakin salah besar.
    Negara besar sama sekali tidak tkt selama negara tsb tidak memiliki pertahanan yg bagus dan senjata yg bisa menyerang/membalas langsung sampai daratan negara besar.

    Indonesia harus fokus di pertahanan dulu artinya fokus di rudal dan pendukungnya spti saelit dan radar.
    Ini dulu indo hrs miliki dan kuasai.
    Fokuskan dana yg indo py terbatan disni dulu sampai mampu.
    Angkatan darat sudah besar pertahanan bagus ini sangat mengerikan bg negara besar.
    Jadi rudal dan pendukungnya ini yg utama maksimalkan dana disitu.

    Mengenai angkatan terbang
    Memang dlm perang midern ini sbg segalanya..
    Bisa menguasai udaranya maka dg mudah mengusai daratannya.
    Tp meskipun bgtu tidak akan bisa menguasai wilayah udaranya kl pertahanan udaranya bagus.
    Rencana indo membeli SU35 adl sesuatu yg tidak tepat dan pemborosan dg dana terbatas lagi pula untuk alat angkatan terbang masih py block barat yg terbaik hal ini terkait elektronik dan mesin, barat masih jauh lebih bagus dari timur kecuali rudal dan nuklir blok timur bisa sejajar dg barat.
    Negara lain bahkan yg kclpun jg bisa beli pesawat bagus.
    Semua yg di expor dilemahkan kemampuaanya jadi negara siapa yg menjadi sekutunya negara produsen akan selalu unggul.
    Ingat indo negara nonblok jadi semua hanya teman tp bkn sahabat yg mau sehidup semati sbg aliansi.

    Mengenai angkatan laut
    sdh bagus poros maritim tp produksi pt palnya itu harus lbh serius lg dan di tingkatkan komponen lokalnya
    Suatu alat perang tidak akan bisa menakuti tanpa eletronik pendukungnya.
    Indo sudah bagus berusaha mandiri pada kapal selam. Ini bagus,sesuatu yg ditakuti negara besar karena sampai saat ini masih sangat terbatas teknologi yg benar benar baik mencari keberadaannya jg sangat terbatasnya kemapuannya.
    Ini sangat bagus sekali lagi.
    Indonesia kurang sehati dg banyak negara asean jadi alat perang spti kasel hrs dari rusia/cina karena mereka rata-rata pihak barat.
    Indonesia punya kasel banyak maka indonesia besar kemungkinan bisa sabotase apapun yg bergerak di air di manapun letaknya di dunia ini bahkan besar kemungkinan bisa menembus daratan negara besar.
    Ini akan sangat sulit jaman skrg di lakukan oleh angkatan terbang apalagi memakai teknologi negara asing.

    Jadi intinya begini kesalahan kesalahan dlm straegi akan kasat mata terliat skrg tp akan tampak jelas pd waktunya.

    Ini hanya share pendapat ahli strategi dan analysys militer asing.
    Sekali lagi akhli
    Masih byk sbtle tp tangan keburu keriting duluan

    Jadi jg senang dulu yg hoby SU35 ya. . Wkwkwk. .

  16. perang tdknya trgantung siapa presiden yg nanti trpilih, klo dr partai yg doyan perang ya kita hrs siap2

  17. Perilaku china nguasai lcs ditentang oleh semua neg di kawasan, krn merampas hak zee neg2 tsb (juga zee natuna) dan kebebasan navigasi Internasional. Maka US, Jepang, Aust jg menentang. Tdk ada neg yg belain china, krn melanggar hukum int/PBB. Jd US turun tangan, krn gak ada neg2 kecil yg berani. Mau zee natuna kita dirampas china ? (Banyak kandungan minyak dan gas nya lho !)

 Leave a Reply