Dec 162016
 


AS akan mulai menerbangkan pesawat tempur paling mematikan, F-22 Raptor, dari utara Australia tahun depan, komandan paling senior Amerika di Pasifik telah mengungkapkan bahwa ia mengingatkan perlunya menunjukkan kekuatan untuk menghalangi agresi di wilayah tersebut.

Selama melakukan kunjungan ke Sydney pada Rabu (14/12/2016), Pimpinan Komando Pasifik AS, Laksamana Harry Harris, berjanji bahwa AS akan tetap menjadi pemain utama di wilayah ini, menyebutkan bahwa “kepentingan abadi” tidak akan berubah “pada 20 Januari” – mengacu pada hari pelantikan Donald Trump sebagai Presiden.

Laksamana Harris mengungkapkan bahwa ia telah menandatangani perjanjian 2017 untuk menjadikan Australia sebagai tuan rumah bagi aset militer AS termasuk Raptor, yang ditakuti dan dihormati sebagai pesawat tempur terbaik di dunia, dan sebagai sinyal kuat tentang kehadiran militer AS di wilayah tersebut.

“Saya pikir itu positif,” kata Laksamana Harris dalam even Lowy Institute.

Kehadiran lebih besar dari kekuatan udara AS dari Australia termasuk pada rotasi marinir AS sebagai cara untuk memperkuat aliansi dan jejak Amerika di tepi selatan Asia – mirip dengan kapal induk stasioner.

Analis strategis secara luas melihat Australia utara sebagai wilayah penting karena sebagian besar masuk dalam jangkauan rudal balistik China dan sebagai titik tumpu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.

Euan Graham, Direktur Lowy Institute bidang keamanan internasional, menggambarkan kehadiran F-22 Raptor sebagai “peringatan bagi China”.

Sementara rotasi marinir di Darwin mendapat perhatian lebih, penempatan pesawat jauh lebih signifikan secara strategis, katanya.

Sumber: Defense Aerospace

Bagikan Artikel :

  77 Responses to “Amerika Serikat Kirimkan F-22 Raptor Ke Australia Tahun 2017”

  1. Wah buahaaayaaa

  2. iya bahaya

  3. Ajoooooooor

    • Kita memang butuh perang supaya mata elite politik menyadari pentingnya peralatan perang dibanding bacot mereka sehari-hari “biar kelihatan pinter di muka publik”

  4. Enak pesawat bisa seliweran di wilayah kita.

  5. Direktur Lowy Institute bidang keamanan internasional, menggambarkan kehadiran F-22 Raptor sebagai ‚Äúperingatan bagi China‚ÄĚ dan ancaman bagi Indoneis!

    apa tanggapan Menhan & Panglima TNI?

  6. maidey…5x…harap sepat kirim su35 dan s400.jangan lupa iskander…ok mr presiden…

  7. Indonesia Darurat T-50 PAK FA

  8. pejabat indonesia biar melek trus borong s300

  9. Wajib bawa payung sebelum hujan.

  10. sebagai jawaban mamarika ke ostrali atas akan datangnya sukoi 35

  11. Ayo LAPAN bikin rudal siluman yg banyak

  12. Kalo udh begini,masih juga hanya tertarik saja sama senjata gahar tapi tak kunjung dibeli?
    Penempatan marinir saja,panglima TNI sudah bilang sbgai ancaman,apalagi f22,kalo dipikir2 untuk hadapi tiongkok tentu lbh dekat jika dipakai f22 yg di jepang ketimbang jauh2 naruh di aussie,ancaman sudah nyata,jangan hanya bilang tertarik tapi tak kunjung dibeli apalagi beli ketengan wkwk

    • Kalo dibilang untuk menghadapi rudal balistik tiongkok yg menyasar aussie,tentu lebih efektif untuk menempatkan sistem pertahanan udara yg sifatnya defensif,kalo pesawat tempur sifatnya sudah offensif,peringatan untuk tiongkok sekaligus ancaman buat indonesia

  13. Wah ancaman ga main2 ini mah..setelah penempatan 2500 Marinir dengan peralatan lengkap sekarang akan di tempatkan pesawat siluman F22 Raptor..walau dengan alasan antisipasi konflik LCS..lokasi Darwin yang berbatasan langsung dengan Indonesia ttp ini menjadi ancaman besar..S400 dan pesawat SU 35 serta pesawat FakPa menjadi Fardhu Ain ini mah..

    • Nampaknya konflik LCS dijadikan topeng untuk memperkuat cengkraman US di asean

      • Ini jadi tanda tanya besar….? klo buat vs Tiongkkok kenapa ga taruh di Korsel, Jepang atawa Pinoy…. dan akan berhadapan langsung F-22 vs Super Tucano (equipped with BrahMos)
        maka Indonesia tetap berjaya lawan Australia….

    • sudah terlihat akal bulus U.S.. yg mereka inginkan itu bukan tiongkok tp…….(anda tahu sendiri)… nanti negara…… bakal dibagi2 porsinya buat yg mendukung & membantu U.S… blom saja tanggal mainnya… sebenarnya bukan tiongkok yg berbahaya melainkan itu U.S… selama ini U.S masih berpikir untuk mengambil alih negara….. karena masih ada tiongkok yg mendukungnya…. yg pasti nanti negara….. tinggal disisakan 1 pulau saja…. kita terlalu terlena dengan iming2 U.S yg padahal musuh sesungguhnya… malah kita selalu menjelek2an, menghina & rasis terhadap tiongkok & russia yg selalu dibelakang kita…

  14. Ini mungkin ad kaitanya dgn su35 yg dbeli indonesia mkax russia flm pnekanan

  15. Mari bung kita ke Mako-nya Pak Gatot , kita serahin obat sakit kepala …..

    heheheh

    Pak Panglima , tantangan bapak tambah banyak yaa dibanding pendahulu-pendahulu bapak ,
    saya tut wuri saja ya pak

  16. Pejabat terkait tolong jangan merem terus ..mikir….!

  17. maidey…5x..percepat pengembangan RX 550.RX750..seterus.y yg mempunyai daya jelajah jauh minta isi .y di serpong(batan) ..siap kirim..

  18. kalo patroli lewat sampai daratan NKRI kayaknya gak berani…
    tapi lewat2 dikit di samudra hindia kayaknya iya,,,

    makanya sigma 10514 dimaksimalkan
    plus frigate iver huitfeld

  19. indonesia darurat hulu ledak nuklir sy jamin negara asing atau aseng berpikir dua kali menyerang indonesia lihat Pakistan, Korut, Iran & India

  20. Judul2 berita dari pembelian alutsista dari negara lain ngeri2 ya, klo indonesia boro2 beli, ngutang sana sini aja dibanggain pake gembar gembor segala….menhan ga bermutu!!!!

  21. Untuk mengimbangi kekuatan skadron super tocano dimalang.

  22. Ini adalah salah satu alasan mengapa Amerika menempatkan pespur F-22 di Australia.
    Hal tersebut diantaranya untuk membantu sekutu Amerika di kawasan Asutralia dan Asia Tenggara, karena di kawasan tersebut sedang berlangsung perebutan kepemilikan pulau-pulau yang disengketakan di wilayah LCS.
    Amerika menjawab kepemilikan Sukhoi SU-35 China dan kemungkinan juga Indonesia.

    Dave Majumdar dari National Interest¬†menyebutkan¬†bahwa AU Amerika‚ÄĒyang paham betul mengenai F-35 pecaya bahwa Sukhoi SU-35 dapat menjadi ancaman serius bagi jet terbaru Amerika. F-35 dibuat sebagai pesawat penyerang dan tak memiliki kapabilitas kecepatan atau ketinggian seperti SU-35 atau F-22.¬†
    ‚ÄúKemampuan pesawat Sukhoi untuk terbang tinggi dan cepat merupakan masalah utama yang kami hadapi, termasuk untuk F-35,‚Ä̬†terang pihak militer Amerika.

    Menurut Majumdar, sebagai pesawat tempur superior SU-35 memiliki kombinasi kemampuan terbang tinggi dan kecepatannya yang luar biasa.
    ‚ÄúSU-35 dapat meluncurkan senjata dari kecepatan supersoniknya, yakni sekitar Mach 1,5¬†pada ketinggian lebih dari 45 ribu kaki. Sementara F-35 secara umum akan beroperasi pada ketinggian 30 ribu kaki dengan kecepatan sekitar Mach 0,9.‚ÄĚ

    Opini saya pribadi untuk pespur F-22 Raptor adalah masalah biaya operasional F-22 sebagian besar dihasilkan dari lapisan Radar Absorbent Material (RAM).
    Tidak ada obat untuk menyembuhkan tingginya biaya operasi ini sampai lapisan RAM bisa digantikan dengan yang lebih murah.
    Jadi F-22 USAF kemungkinan besar hanya digunakan untuk misi / oprasi khusus di kawasan Asia Tenggara.

  23. Waaaah… kalau F-22 di tempatkan di Austroli, tandanya Indonesia jadi beli SU-35 doooongs…
    n kayaknya banyak.. lebih dari 8 or 10..

  24. buruan beli S 300 S 400!!!walaupun terlambat,wah bahaya sekali untuk Indonesia!!!!!beli radar pasif!!!beli rudal nuke WAJIB!!! siapa yang bilang Indonesia ngga ada mu

  25. bagussss… semoga f-22 cepet nongkrong di ostrali. biar su-35 segera deal di akuisisi.

  26. Matane pejabat ben melek

  27. Minta tolong ke om putin pinjamkan pakfa nya yg sudah selesai uji prototipe.
    hitung2 test lapangan langsung dgn musuh sesungguhnya..
    tp su35 dan s400 wajib akusisi.
    sekalian radar anti siluman.
    dijamin si raptor pasti akan pulang kampung

  28. bukan bahaya lagi sangat menganggu kedaulatan kita tapi jangan khawatir jiKa kita bersatu dan essential force kita baik maka tidak mungkin kita mengalangi ilfiltrator AS di kawasan udara kita. NKRI harga mati bung!!!

  29. Jawabannya cukup dihadang dengan NC212

  30. ini pasti target opersinya 100% NKRI.. klo buat chino .ya di jepang lah parkirnya.
    kebayang ntar bolak balik di langit Indonesia tanpa ketauan….
    moso rek ..mau dibiarkan ..wualah..

  31. makanya su 47 mana eh salah su35 mana nih? nanti main slong boy aja mereka di udara kita. hayo… liat tetangga kita sudah mulai nih dibawah pimpinan trump nih….

  32. Kalo indonesia siap utk menghadapi F22 raptor cukup dengan pesawan siluman terbaik yang dimiliki yaitu super tukiman,elang botak tua dan elang botak hibah,ditambah sukro yang jumlahnya terbesar di asia pasifik,kalo aussit dan asu coba2 resekin lagi NKRI tinggal keprukkk…
    Edisi: Tetap semangat dengan segala keterbatasan…hehehehe

  33. buat cina apa buat adeknya??

  34. mantablah asu. kirim yang banyak.
    di Indonesia banyak militan terlatih, tukang masang ranjau paku di tengah jalan.
    tinggal di ekspor ke australi utara, kelar tuh pesawat gak bakal moncer.

  35. F-22 kalo sampe nyerempet Indo kita lawan pake Hawk aja, biar tengsin dia…. dilawan pesawat tempur ringan….

  36. Ancaman buat cina ?? Palingan cina malah tertawa haha dan bilang ” cuma pengalihan isu itu, dan cina pun berbisik “itu buat km indonesia, hati2 yah ..

  37. Galautingkattinggi/diujungpenantianasu35/f22rapor. Likefadherlikesan hadah.

  38. Kata kuncinya ada di kalimat

    “kepentingan abadi”

    Maksudnya tentu indonesia

  39. Boroooooong wkwkwkwkw

  40. “……. bahwa ia mengingatkan perlunya menunjukkan kekuatan untuk menghalangi agresi di wilayah tersebut. …….”

    Siapa yg mau agresi, coba?

  41. Euan Graham, Direktur Lowy Institute bidang keamanan internasional, menggambarkan kehadiran F-22 Raptor sebagai ‚Äúperingatan bagi China‚ÄĚ.

    China atau nkri..? Tolong waspada dengan sparatis dan Freeport di Papua.

  42. Pesawate indonesia iso rontok kabeh nek ra ndue SAM,

  43. Kita percaya mulut amerika atau percaya fakta yg ada, sudah jelas itu intervensi Kita dalam hal kontrak freeport,
    Bgmn kesiapan alutsista dan militer kita ?
    Apa maksud seseorang yg berjaga didepan pintu rumah kita dgn bersenjata ?
    Bgmn sikap kita ?
    Bertanya terus kalau dia jawab aku di sini mau melawan sipanda, padahal rumah sipanda tidak di sini.
    Apakah kita percaya ?
    Kalau saya tentu tidak.
    Entah Pemerintah ?

  44. diutara si panda melakukan militerisasi militernya dengan arhanud dan pespur,itu belum termasuk unsur kaprang dan kaselnya.

    dan diselatan paman sam dan kangguru melakukan kerja sama militer dekat daerah hotspot(diindonesia ada 3hot spot adalah aceh sudah damai biarpun ada gangguan sedikit,kedua timles sudah merdeka,dan ketiga adalah papua nah ini mungkin incaran kepentingan)

    banyak harus dicernakan kalo benar untuk melawan tiongkok,minimal harus lewat indonesia,biarpun kekuatan aussie sdm cm 70.000rb lumayan kuat disisi selatan pasifik,belum alusssita class yahudnya(apakah pespur superhornet,growler dan angkut lumayan mumpunin tidak sanggup menghadapin selatan?????)

    penempatan f22,rotasi bomber f1 lancer,penempatan 1brigade marinir merupakan tantangan sendiri kalo mau lihat daerah militerisasi kepentingan amrik serikat dipasifik,belum katanya mau ada kapal induk heli permanen diutara aussi kemungkin mengangkut f35 tipe b.

    proksi ditakutin didalam,baru dimasukin oleh2 kepentingan baik selatan dan utara,jd moga2 tidak seperti suriah kedua diasteng.kalo diutara dan selatan penguatan artinya tengah jd BANCAKAN KEPENTINGAN LUAR

    opini pribadi saja,kl salah dimaafkan saja

    salam damai selalu

  45. Makanya terus aja mau diajak latber militer asu n ozi terutama marinir indonesia dan para jenderal yg pro asu kirik n konco demi dolar klo mrk udah tau kelemahanmu baru tau rasa mulai skrg tni harus stop latber militer untuk jaga rahasia tempur, jelas tujuannya mau ambil freeport smg pemerintah sgr membeli rudal S400 membeli kapal selam amur kilo fregat admiral gorhskov dg rudal kalibr pokoke lawan dgn buatan Russia gregetan ane

  46. Jika pemerintah yg skrg lebih dekat ke China, harusnya kita lbh gmpng “meminta” bantuan alutsista wahid milik China utk menghadapi ASU… Entahlah apa kita “cuman”dekat scr ekonomi saja bkn scr militer. Meskipun alutsista China blm terbukti tp setidaknya ASU akan berpikir “menyerang” Indonesia bila melihat jumlah alutsista yang “baru dan canggih” milik Indonesia (meskipun bantuan dr China). Tp kalo cmn scr ekonomi tok, ya maka kita sebaiknya pro ke Rusia sj krn Rusia pasti siap membantu alutsista “nomor wahid” (jika diminta) spt era Trikora dulu… Rusia jg mau koq investasi ekonomi diIndonesia. Jd jika kerjasama China cmn “ekonomi” lbh untung dgn Rusia krn bisa dua2nya (ekonomi&militer). Dan Rusia jg lbh bagus drpd China.

 Leave a Reply