Jan 092016
 
Pesawat J-31 China

Pesawat J-31 China

Ahli Amerika Serikat menuduh China telah mencuri desain asli jet tempur generasi kelima AS, di Dubai Airshow pada Minggu 3/1/2016, dan meningkatkan keraguan atas pencapaian negara China yang telah kalah pawai atas India dalam mengembangkan pesawat.

Ahli Pertahanan dan Strategis AS menyatakan bahwa desain dari pesawat FC-31 “Gyrfalcon” atau J-31, yang dipamerkan untuk pertama kalinya di luar negeri, dicuri dari F-35 buatan AS di April 2009 ketika hacker Cina memasuki jaringan pembuat peralatan pertahanan Lockheed Martin, Amerika Serikat.

Badan pesawat J-31 sama dengan pesawat F-35. Pesawat FC-31 juga memiliki dua bay senjata internal yang dapat membawa senjata terpandu dan terarah senjata, seperti F-35.

“Kesamaan termasuk penggunaan two tracking mirrors dan flat-facetted optical window, dan model bawah badan pesawat tempat dari radome radar,” kata majalah mingguan IHS Jane.

Aviation Industry Corporation of China (AVIC) sedang mencoba untuk menjual J-31 sebagai alternatif bagi mereka yang menginginkan F-35 Lockheed Martin. Selain Angkatan Udara China, Iran dan Pakistan diyakini telah menunjukkan minat terhadap jet tempur ini.

Pejabat AVIC yang hadir pada Dubai Airshow memuji pesawat J-31 setinggi langit dan mengatakan bahwa FC-31 dirancang untuk “tuntutan lingkungan medan perang masa depan”.

Kebanyakan ahli pesawat percaya, meskipun, F-35 China tidak bisa bersaing dengan pesawat generasi kelima Amerika. Tapi tidak banyak yang diketahui tentang pesawat ini, yang memiliki mesin turunan dari Rusia. Pesawat ini pertama kali terbang pada Zhuhai Air Show di China pada tahun 2014 dan bisa mencapai kemampuan operasional penuh pada 2024.

AP

  26 Responses to “Amerika Serikat Klaim Pesawat J-31 China, Mencuri Desain F-35”

  1. Yahh cina mah emang begitu, tukang photocopy.

  2. Aturan hak cipta tidak berlaku di cina

  3. Mau menuduh apa ya berani memberi sangsi… china sekarang sudah menjadi naga yang buas siap menerkam siapa saja.

  4. Ah AS kayak gak photocpy aja, pesawat2x kan nyuri desain Blueprint punya NAZI.

    Kayakx malah bagusan J31 dibanding F35 yg byk Cacatx

  5. Klo kita mampuuu.. ikutan kyk china gituuu gapapaa.. biar melompatnya makin cepet dan makin mengurangi biaya..

  6. Lho katanya F35 banyak masalah,… masa copian lebih baik dari aslinya,…? gak mungkin deh, kecuali China bukan mencuri, tapi dikasih,…

    • F35 juga bukan desain asli AS ..malah di kembangkan dari Yak 141 Uni sovyet …,Banyak masalah karena mereka tidak menguasai dasarnya ,cuma dapat blue print kemudian di kembangkan lebih lanjut jadi F35.

  7. suatu saat nti cina yg hebat tp kita yg mulia

  8. gedek-gedek aje ane lihat china..

  9. ragu deh kalau mencuri, ada kemungkinan dikasih transfer teknologi, mirip kayak pesawat nirawak yg dikloning iran yg dulu katanya dibajak, masak dibajak/dikloning kok cepet bgt keluar produknya.. IMHO

  10. Udah tidak kaget, masih ingat berita hacker2 china ditangkap di indonesia ?
    Itu semua sudah direncanakan, dibiayai oleh pemerintahnya dan dilindungi. Jd hacker2 di china diberdayakan untuk kepentingan pemerintah china dan di gaji. Jika mau indonesia bisa ikut memberdayakan hacker2 kita dan ilmuwan,profesor dan teknisi kita.
    Untuk membuat super copy alutista tercanggih pada saat ini. Ibarat kata di indonesia banyak bengkel ketok magic disamping kita juga bisa bikin sendiri. Hahaha….

  11. wkwkwk anjir cinak muke tembok

  12. Kesannya produk moncer Tiongkok adalah Hackernya karena lockheed Martin aja jebol…
    Yaudah kalo dr Toingkok kita ToT Hacker aja xixixixi…..

 Leave a Reply