Jun 052016
 

Pemerintah Amerika Serikat merasa khawatir dengan upaya militer Tiongkok untuk membuat zona pertahanan udara (ADIZ) di laut Cina Selatan. Sekretaris Negara Amerika Serikat, John Kerry, menyebut hal itu sebagai tindakan provokatif yang dapat mengganggu stabilitas kawasan.

“Klaim zona pertahanan udara di Laut Cina Selatan oleh Tiongkok akan membuat kawasan menjadi tidak stabil dan mendorong sikap provokatif. Sikap tersebut menunjukkan bahwa Tiongkok tidak serius menangani sengketa teritorial Laut Cina Selatan,” ujar Kerry, Minggu (05/06).

Amerika Serikat khawatir, keputusan pengadilan internasional terkait Laut Cina Selatan yang diajukan Filipina mungkin saja dapat mempercepat deklarasikan zona pertahanan udara yang dilakukan oleh Tiongkok. Tindakan itu sebagaimana dilakukan Negara Tirai Bambu tersebut pada tahun 2013 terhadap Laut Cina Timur.

Negara Paman Sam menegaskan, pihaknya akan terus mendesak Tiongkok agar tidak melakukan pergerakan secara sepihak dan melakukan tindakan provokatif sehingga membuat destabilisasi kawasan.

Sementara itu, Tiongkok mengklaim bahwa kebijakan zona pertahanan udara di Laut Cina Selatan merupakan hak negara mereka dan pihak lain tidak berhak ikut campur terhadap tindakan tersebut.

Sumber: Okezone

Bagikan:
 Posted by on Juni 5, 2016