Mar 092015
 
AS telah mentransfer 5 kapal patroli ke Vietnam (photo:

AS telah mentransfer 5 kapal patroli ke Vietnam (photo: US Navy)

Seorang diplomat senior AS mengkonfirmasi bahwa Washington telah mengalihkan lima kapal patroli cepat ke Vietnam sebagai bagian dari rencana untuk membantu pasukan maritim bekas musuh AS tersebut.

Asisten Menteri Luar Negeri untuk urusan politik dan militer, Puneet Talwar, berbicara dengan VOA setelah melakukan kunjungan ke Hanoi, untuk menghadiri dialog tentang berbagai isu.

“Kami telah melakukan banyak kerja sama dalam hal mendukung pengembangan Coast Guard Vietnam,” katanya. “Kami sangat bangga dengan pekerjaan itu dan kami berharap ini dihargai oleh rekan-rekan Vietnam. Ya, kami telah menyediakan kapal, dan kami akan terus melakukannya untuk membantu meningkatkan kemampuan Vietnam Coast Guard.”

Penyediaan $ 18 juta dan lima kapal telah diumumkan oleh Menteri Luar Negeri John Kerry dalam kunjungannya tahun 2013 ke Vietnam.

Para pengamat mengatakan bantuan ini akan memperkuat kekuatan maritim Vietnam pada saat China memperluas klaim atas Laut Cina Selatan. Vietnam dan China, dua negara bertetangga yang telah bertentangan selama hampir dua bulan pada tahun lalu, setelah Beijing membangun rig minyak yang kontroversial di perairan yang disengketakan.

Menurut pengamat, ketegangan itu telah menjerumuskan hubungan bilateral China dan Vietnam ke titik terendah dalam beberapa dekade. Vietnam pun terus bergerak dengan meng-upgrade Coast Guard untuk menangani insiden serupa di masa mendatang.

Pencabutan sebagian larangan pengiriman senjata mematikan Amerika Serikat kepada Vietnam tahun lalu, dipercaya akan memberi kesempatan bagi Hanoi memperoleh peralatan militer Amerika untuk melindungi kedaulatan maritim.

Ketika ditanya apakah Vietnam berencana membeli peralatan militer dai AS, Diplomat Senor AS tersebut mengatakan kunjungan delegasinya ke Vietnam bukan tentang “menjual sistem senjata tertentu atau isu-isu transaksional.”

“Ini benar-benar tentang peningkatan kerjasama dan kemitraan antara Vietnam dan Amerika Serikat,” katanya. “Kami membahas berbagai isu, termasuk masalah keamanan maritim, untuk penjaga perdamaian, non-proliferasi dan hal lainnya”.

Ia mengatakan bahwa dalam dialog tahunan, Vietnam dan Amerika Serikat juga “bertukar pandangan mengenai situasi di Laut Cina Selatan dan menegaskan kembali keinginan mereka bersama dalam menjaga perdamaian, stabilitas, kebebasan navigasi dan overflight”. (VOA News)

Bagikan :

  20 Responses to “Amerika Serikat Transfer 5 Kapal Patroli untuk Vietnam”

  1.  

    Pagi…..

    •  

      Pada maret 1965, CIA mengadakan rapat di markas CIA untuk membahas situasi politik dan sosial di kawasan asia terutama asia tenggara. Topik utamanya adalah ada dua front yang mau tidak mau harus dihadapi AS, yaitu Vietnam dan Indonesia. Di Vietnam jelas perjuangan dan perlawanan terus dilakukan sehingga Perancis tidak berhasil menginjakan kakinya di Vietnam setelah PD II. Seperti yang dikatakan Bung Karno bahwa hasil perjanjian Versailles dan Piagam Perdamaian (Vatlantic Charter) adalah bentuk kelemahan dari life line imperialisme (rantai hidup imperialisme), sedangkan di Indonesia bung Karno sendiri pada Agustus 1964 menyatakan politik luar negeri Indonesia adalah bebas aktif tanpa intervensi dan mengecam keras tindakan imperialisme AS.

      Mereka mendapat perintah langsung dari Presiden AS Lyndon Johnson pada waktu itu sebagai Ketua National Security Council (NSC). Mereka membicarakan apakah politik luar negeri Amerika masih bisa diteruskan seperti adanya sekarang dimana AS menghadapi Vietnam yang eskalasinya semakin gawat, dan Indonesia Bung Karno Agustus 1964 menyatakan politik luar negeri Indonesia sangat mengecam keras Imperialisme Amerika.

      Tidak ada musuh abadi bagi AS, yang ada adalah kepentingan nasional yang harus di jaga dan diprioritaskan untuk menguasai dunia. Jika pertanyaannya apakah AS akan tulus terhadap Vietnam, tergantung dari seberapa besar Vietnam bisa membantu AS dalam menjaga hegemoninya terhadap Tiongkok dan apabila dinilai kurang kopratif maka teory konspirasi siap dipentaskan kembali .Banyak yg sudah tumbang di tangan mereka termaksud Sukarno lewat teory konspirasi yg dimainkan CIA.

      Imho

  2.  

    first

  3.  

    met pagi,,,

  4.  

    Kapan nih us hibahkan elang botaknya ke indonesia lagi? Lumayan bwat nambah koleksi…hihihi…

    •  

      diomongin pas RI 1 ketemu sm USA 1 di gd puteh katanya 48 unit bekas plus system

    •  

      dikasih seberapapun yang diinginkan hanya saja harus upgrade di negeri mereka. dengan kata lain agar budget tni habis di pesawat abal2 di kalangan mereka. dilecehkan oz pasti sakit hati, mau menunjukan kemampuan elang botak diketawain ama growler dan hornet cs. apalagi sama f-35 so pasti jauh.

  5.  

    Persiapan LCS .. memang tidak ada musuh atau teman yg abadi, yg ada hanyalah kepentingan yg abadi ..

  6.  

    Ada udang di balik Bakwan…
    😀

  7.  

    nih vietnam udah belajar non blok kyk Indonesia… malah untung kan…?

  8.  

    Malaysia dikabarkan juga dapat kapal patroli dari sepupunya Ausie. Karena tak punya uang untuk beli.Dikabarkan juga mau sewa F18,karena lagi lagi tak punya uang untuk beli .

  9.  

    jelas menjaga hegemony dan aset yang ada di asia pasific focus di LCS… indonesia menurut berita akan kebagian (saya bingung memilih kata yang tepat kebagian atau apa ya) 48 elang botak… X. yang akan di refurbish di indonesia. dengan menghibahkan sesuatu ke PT di sebagai off set dari pembelian tersebut…

    SU 35 dan TYPHOON akan tetap jalan…

    maaf bila mengada ada.. OOT.

  10.  

    Kawasan asean dibakar asu dan cina, sepertinya ada yang di maksud oleh dua negara besar ini, di asean indonesia sbg negara terbesar juga salah satu tertinggi laju pertumbuhan ekonominya, kita harus fokus pada pembangunan ekonomi, pembangunan infrastruktur yang lebih masif baik darat laut udara beserta sarana dan prasarananya jangan sampai terganggu oleh kepentinganasing yang ingin merongrong kita

  11.  

    Dasar licik.
    Mknya dimana2 sll mngedepankn perang proksi.
    Dulu mundur dr Vietnam dgn rasa malu. Skrg bekas musuhnya itu djadikn pion utk menghadapi ancaman terberatnya di Asia.
    Mana berani dia berhadapan langsung dgn Cina. Berhadapan langsung dgn Taliban sj kewalahan & mundur. Wlu kwalitas pasukan Cina tdk sehebat Taliban, tp senjatanya mematikan.
    Indonesia hrs mengambil pelajaran dr rezim orba, dimana kedekatan kt dgnnya saat itu justru akhirnya mnyengsarakn kt saat ini.
    Jayalah negeriku!

  12.  

    Hati hati dengan kebaikan ASU…..!!!

    Saya kog selalu muak tiap kali ASU jualan sesuatu,atau kasih sesuatu ke negara lain.ujung ujungnya biasanya ada kejahatan terselubung di setiap kebaikannya.

    Waspada di balik kebaikannya………….!!!!

    dan jangan terllena dengan kebaikannya.

    ASU adalah negara terjahat di muka bumi.

  13.  

    Diplomasi nya vietnam ini …Sangat bagus dan perlu dipelajari…..mereka juga mengerti sekali kok…kalau USA itu Tidak bisa dipercaya….Tapi sementara…mari dimanfaatkan Dulu….mumpung masih butuh kpd vietnam….

  14.  

    hari ini asu berbaik hati menghibahkan kapal patroli besok hibah pesawat lusa kena embargo mantap sekali rencananya kapitalis sial,mending d buatkan tot saja…

  15.  

    Spesifikasi kapal patroli tersebut, apa?

 Leave a Reply