Jan 272019
 

JakartaGreater.com – Pesawat tempur Israel melakukan serangan presisi dua hari terhadap sasaran di Bandara Internasional Damaskus pekan lalu, seperti dilansir dari Rossiyaskaya Gazeta pada hari Kamis.

Sebagian besar proyektil yang diluncurkan terhadap sasaran-sasaran Suriah selama serangan pekan lalu terdiri dari rudal jelajah Delilah dan bom pintar SPICE 1000 alias Smart, Precise Impact, Cost-Effective, menurut pengamat militer Rusia, Yuri Lyamin.

“Rudal Delilah tampaknya telah digunakan terhadap sistem anti-pesawat Suriah, termasuk sistem pertahanan udara Pantsir-S1. Rudal yang sama, perlu dicatat, kemungkinan juga terlibat dalam penghancuran Pantsir Suriah pada serangan Israel bulan Mei 2018”, kata Lyamin.

Menurut spesialis itu, sementara beberapa sumber juga telah mendaftarkan drone kamikaze Harop sebagai senjata yang mungkin digunakan untuk melawan pertahanan udara, gambar dari video dan hulu ledak mereka terlihat sangat berbeda.

Uji peluncuran drone kamikaze Harop buatan Israel © Israel Aircraft Industries (IAI)

Puing-puing bom pintar seberat 1.000 pon, Spice 1000, tersebut dilaporkan telah ditemukan disekitar ibukota Suriah setelah ditembak jatuh oleh pertahanan udara Suriah, kemungkinan digunakan itu telah terhadap target stasioner yang lebih besar, termasuk gudang di Bandara Internasional Damaskus, Lyamin mencatat.

“Secara umum, harus dikatakan bahwa penggunaan rudal jelajah dan juga bom berpemandu memungkinkan Angkatan Udara Israel untuk menyerang daerah di dalam dan sekitar Damaskus dari luar jangkauan sistem pertahanan udara Suriah yang paling modern, termasuk sistem Pantsir-S1, Buk-M2E dan Pechora 2M”.

Adapun S-300 yang baru-baru ini dikirimkan, Lyamin berspekulasi bahwa operator sistem ini masih sibuk berlatih untuk menguasai senjata canggih dan bahwa itu belum memasuki tugas tempurnya.

Israel menyerang apa yang diklaimnya sebagai fasilitas penyimpanan senjata Iran di bandara Damaskus pekan lalu. Menyusul serangan terbaru ini, militer Rusia mengumumkan bahwa pertahanan udara Suriah telah menghancurkan lebih dari 30 rudal dan bom pintar Israel yang diluncurkan dari Laut Mediterania oleh empat jet tempur F-16 Angkatan Udara Israel.

Kemudian, sebuah perusahaan satelit Israel menerbitkan gambar-gambar tentang apa yang dikatakan sebagai tingkat kerusakan yang terjadi di Bandara Internasional Damaskus dalam serangan itu.

Gambar-gambar menunjukkan bahwa 3 bangunan gudang kecil hancur, dengan 2 bangunan lain termasuk gudang utama yang besar, mengalami kerusakan sebagian. Bangunan utama bandara tetap tidak tersentuh. Gambar-gambar itu juga menunjukkan tanda terbakar pada koordinat dimana sistem radar JY-7 dan pertahanan udara Pantsir diduga dikerahkan.

  11 Responses to “Analis Ungkap Senjata yang Digunakan Israel di Suriah”

  1.  

    Kejar tayang mumpung S-300 belum beroperasi…

  2.  

    Lah bukannya delilah pada rontok “cuma” diciumi panstir 1

  3.  

    Membaca berita-berita Israel serang Suriah , …
    kayak lihat Mike tyson bertahan ajah digebuki Evander Holyfield …..
    dari 50 pukulan attempt, masuk hanya 3 pukulan , dan yang dipuji puji Evander ???

    •  

      Klu tyson vs evender itu mmng betulan broo

      Tapi klu israel tolol menyerang suriah itu hanya tipuan, karna russia masih berada disuriah, tdk mungkin israel berani menyerang suriah walaupun alasannya iran, kecuali israel minta ijin ke russia, itupun blm tentu diijinkan russia, krna sejarahnya israel itu takut pd sovyet, karna tanpa sovyet israel punah & nikita kruschev prnh berkata ‘kami yg punya sejarah’, kecuali amerika tanpa israel bisa runtuh ekonomi amerika, oleh karna itu amerika memuja israel sehingga kolornya ditiang jemeruan tdk prnah ganti
      😆 😆

    •  

      Klu tyson vs evender itu mmng betulan broo

      Tapi klu israel tolol menyerang suriah itu hanya tipuan, karna russia masih berada disuriah, tdk mungkin israel berani menyerang suriah walaupun alasannya iran, kecuali israel minta ijin ke russia, itupun blm tentu diijinkan russia, krna sejarahnya israel itu takut pd sovyet, karna tanpa sovyet israel punah & nikita kruschev prnh berkata ‘kami yg punya sejarah’, kecuali amerika tanpa israel bisa runtuh ekonomi amerika, oleh karna itu amerika memuja israel sehingga kolornya ditiang jemeruan tdk prnah ganti
      😆 😆

  4.  

    Israel bisa lebih maju teknologi electronika nya karena memiliki kemampuan membuat PCB hingga 8 in 1. Sedangkan Indonesia baru bisa buat 2 in 1 itupun pabriknya udah tutup dan merupakan pabrik milik Jepang yang beroperasi di Indonesia. Kebetulan ane alumni itu pabrik tapi di line yang 1 in 1.

    Sedangkan Malaysia sudah bisa buat yang 3 in 1, Singapura 4 in 1. Dan jepang baru yang 6 in 1.

    Tapi ada 1 hal yang menarik ketika pabrik Indonesia mau membuat yang 2 in 1. Semua mesin2nya adalah ex pabrik yang di Singapura yang sudah lama tidak dipakai karena sudah rusak dan kotor seperti kecemplung laut. Tapi di Indonesia mesin tersebut di perbaiki dan dibersihkan sehingga bisa beroperasi kembali. Memang masih manual itu mesin2nya. Sedangkan Malaysia dan Singapura sudah menggunakan robot.

    Orang Singapura yang dikirim ke Indonesia untuk memantau dan menjadi Supervisor pertama line PCB 2 in 1, Mr Lim sampai terheran-heran melihat mesin yang sudah rusak kaya kecelup air laut bisa di pakai lagi di Indonesia. Indonesia memang kreatif sambil mengacungkan jempol. hahahaha…

    Kalo negara bisa membuat PCB 4 in 1 keatas berarti sudah siap untuk membuat super komputer. Saya sendiri ketika melihat PCB 3 in 1 buatan Malaysia sempat tidak percaya dan ingin sekali mencopot lapisan lembaran karbon nya yang menjadikan 3 in 1 nya.

    •  

      sebenarnya potensi putra / putri Indonesia pun, sudah bisa bikin karya teknologi nano, yang mungkin akan beranjak ke teknologi pico, terus pento dan pezzo ……… mungkin masih perlu lagi pembenahan sobat, soal kebijakan kebijakan strategis soal ini ,,,,,

      maaf jika ada salah kata, ….. fakta akan menunjukkan sesuatu, beriring berjalannya waktu …

  5.  

    bung ersat hebat nih.
    terus berkarya bung ersat.