JakartaGreater.com - Forum Militer
Mar 012018
 

Sistem Rudal Pertahanan Udara Rusia S-400. © Kremlin.ru via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Amerika Serikat (A.S.) telah mendesak Turki untuk meninggalkan pembelian sistem rudal anti pertahanan udara S-400 dari Rusia. A.S. memperingatkan Ankara akan konsekuensi dari keputusannya tersebut, seperti diberitakan Haberturk mengutip sebuah sumber di Washington.

Menurut surat kabar Turki, Haberturk, seorang pejabat Amerika yang tidak disebutkan namanya mengungkapkan keprihatinannya atas pembelian sistem rudal permukaan-ke-udara Rusia, yang menjelaskan bahwa mereka dapat “secara negatif mempengaruhi interoperabilitas NATO” dan dengan asumsi bahwa Washington dapat menjatuhkan sanksi sebagai tanggapan terhadap S-400 yang baru-baru ini di adopsi Turki.

AS lagi mencari kerjasama dengan Turki untuk meningkatkan kemampuan pertahanan udara Turki sebagai alternatif atas pembelian rudal perukaan-ke-udara S-400 Rusia.

“AS memahami keinginan Turki untuk memperbaiki pertahanan udara. Namun kami prihatin dan mengatakan demikian secara terbuka mengenai kemungkinan perolehan rudal S-400 Rusia, yang akan berimplikasi pada interoperabilitas NATO”, ujar seorang pejabat pemerintah AS kepada harian harian Hürriyet.

Ia menambahkan bahwa akuisisi sistem S-400 Rusia itu berpotensi akan mengekspos Turki terhadap sanksi AS, sesuai dengan undang-undang yang baru disahkan oleh Kongres Amerika Serikat.

S-400 Triumf (NATO menyebut : SA-21 Growler) adalah sistem rudal pertahanan udara yang dikembangkan oleh Almaz Central Design Bureau dari Russia. Sistem pertahanan udara terbaru ini menggantikan sistem pertahanan udara S-300P dan S-200 Angkatan Darat Rusia.

Bagikan:

  124 Responses to “AS Ancam Berikan Sanksi Bila Turki Beli S-400”

  1.  

    suka2 gw dong kta Turki emang msalah buat loh !!!

    •  

      Kasihan Turki…
      AS kambuh lagi penyakitnya… 😆

    •  

      patut dimengerti kemauan AS , bila mengikuti AS pastilah yang diberikan Downgrade/ versi export, sehingga tehnologi -nya sudah diketahui antidotnya oleh AS / nato ,
      sehingga patut dibilang ” pembelian alutsista harus standart nato ”

      beli maupun hibah ….( apalagi ) patut diwaspadai , bisa jadi dipasangi malwareyg ikut ” menyadap” katakanlah , hibah drone misalnya , tentunya pas kita pakai bisa jadi comand sentral as / nato juga ikut mengawasi wilayah RI tanpa kita sadari ….dan tentunya akan tahu di -deploy mana saja Alutsista tersebut serta kondisi topografi wilayah RI misalnya dari versi standart nato

      hati hati dan waspada tentu boleh kan untuk keamanan nasionla kita sendiri

      kalau alutista rusia , bisa jadi AS dan nato akan “kesulitan” mencari antidotnya /malware dari perangkat tersebut , sehingga sulit di kontrol

      meski pada akhirnya Rusia -pun juga bisa memasang antidotnya juga … ( sama-sama ) \

      potensi konflik di belahan negara dunia manapun selalu ada AS/ Nato , sehingga bisa ditarik kesimpulan …. sebenarnya keamanan dunia ini terusik dari mana sih penyebabnya

      kesimpulan : waspada dan berhati-2 bila kita membeli / hibah dari suatu negara
      katakanlah pembelian MALE winlong … dan hibah Drone untuk AL ,,,,

      sudahkah kita mencoba menyelidiki barang tersebut, atau minimal lah bagian Sandi negara / inteljen negara ini juga ikut meneliti sebelum mengoperasikan di setiap alutsista dari negara lain

      CCTV office dari FBI kalau tak salah buatan dari tiongkok sebelumnya , setelah tahu dan sadar , AS pun juga mengganti dari produk local

      CMIIW
      BFB

  2.  

    nah lo , nah lo, ,,
    tu undang2 buru2 disahkan agar bisa cpt2 menekan turki,
    si AS licik , dagangan nya kgak lagu kok ngancam2.

  3.  

    kurang laku jd ngambek

  4.  

    S-400 Triumph – Air Defence Missile System

    https://www.youtube.com/watch?v=q4ncll2gNps

  5.  

    Arrow Israel-USA sebenarnya potential disodorkan ke Turki. System ini di atas patriot.
    Tapi dibandingkan S400, … hehehe klo waras yaaa tetep milih s400

    •  

      Mas senopati,,berarti Turki bangsa waras,,hehe

    •  

      Yg gak waraskan yg memaksakan dagangannya harus dibeli perkoncoannya, jualan kok harus dgn cara monopoli, maksa dagangan mainan dgn harga tingi harus dibeli dgn pedang terhunus .he3

      •  

        …dan setelah itu di embargo..hhhhhhhhhh

        •  

          nama nya juga bangsa penjajah ya gitu , menghalalkan 1000 cara untuk menuruti kemauannya.
          bila tk sejalan ya embargo sebagai senjata.

          •  

            Indonesia juga pernah melakukan embargo krn kasus penyanderaan di Filipina..

            Apakah Indonesia bangsa penjajah?
            Turki itu banyak mendapatkan benefit dari AS dan NATO salah satu contohnya:

            Saat Turki tembak SU-24 rusia, anda pikir Turki masih mempunyai F-16 selengkap saat ini jika tdk ada NATO dan AS dibelakang Turki ??

          •  

            apakah embargo indonesia ada dampaknya pada militer filipina .?
            apakah anda tahu untuk apa indonesia meng embargo filipina,

            pak RR kqn bilang kalau filipina masih inginkan batu bara dari tanah air maka filipina harus menjamin keamanan di jalur laut yg sangat rawan .

          •  

            Dampaknya sekitar 43% listrik di Filipina modar… dari Industri s/d semau sektor…

            Mungkin militer filipina sdh tdk menggunakan listrik tapi energi dari planet klingon shg tdk berdampak

          •  

            Sama saja jawabannya memangnya anda tau kenapa AS mengembargo Turki? 😀

            Turki sdh menang banyak tapi mau bermain di dua kaki… ngamuk lah big bossnya…

          •  

            skrng tujuan indonesia meng embargo filipina kan juga demi keamanan warga negaranya juga , 43% listrik modar kan gk sebanding dengan keselamatan warga negara indonesia .

            kalau AS gk mau turki beli S-400 harusnya AS harus bisa menyediakan kebutuhan turki yg termasuk sekutu nato nya untuk keamanan negaranya .

            https://jakartagreater.com/alasan-turki-beli-sistem-pertahanan-udara-s-400/

          •  

            Turki mulai bermasalah dengan USA dan NATO setelah USA bermain mata dengan YPG kurdi yang sangat dibenci Turki… saya masih ingat banget dimana Turki sebelumnya merupakan sekutu kuat dari USA dan NATO yang begitu gigih menghendaki Assad lengser, termasuk menjadi lokasi keluar masuknya ISIS, dan merupakan lokasi arah penjualan minyak jarahan ISIS… sampai terjadi tragedi F-16 menembak Su-24, kemudian Russia berang karena justru Turki malah merapat ke NATO daripada melakukan komunikasi dengan Russia, diberi sangsi keras oleh Russia dengan 3 tuntutan yang harus dipenuhi, setelah beberapa waktu terlibat perang urat saraf akirnya Turki menyerah dan memenuhi syarat Russia, kemudian tiba2 terjadi kudeta gagal militer yang justru ditentang oleh rakyat Turki, efeknya tuduhan keterlibatan pihak barat, dan banyak reaksi yang mengikuti termasuk penutupan bandara inclirik…
            Perseteruan yang berlangsung berlarut dan semakin renggang antara Turki – USA/NATO… kemudian tiba2 Turki membeli S-400, dengan alasan USA tidak pernah mau menjual sistem pertahanan udaranya, dan hanya memberikan pinjaman dari anggota NATO secara reguler…
            Hubungan yang kacau sekarang ini pemicu utamanya ya kudeta yang gagal itu…

    •  

      Wkwkwk … setujuuu

    •  

      S-400 itu paket komplit, tidak hanya sistem pertahanan rapat tetapi juga bisa berfungsi sebagai pengintai karena kemampuan deteksinya yang unik, mampu melacak burung yang terbang pergi dan pulang sistem patriot hanya bisa melacak satu arah saja… mampu melacak dalam radius 600km… dan kemampuan ini juga yang memungkinkan melacak dari mana drone untuk menyerang pangkalan militer Russia di Suriah di luncurkan atau dikendalikan…

  6.  

    kalau jadi beli bakal kena embargo
    kalau batal beli apa bersedia jual yang dimaui turki
    embargo juga india dan cina
    lalu mesir
    menyusul kemudian negara satunya lagi

  7.  

    Sistem electronic dan radar 92N dan 91N tidak bersinergi dengan milik NATO, misalnya S400 di tempatkan di Jakarta, maka ini rudal mampu mendeteksi sasaran di Surabaya, dan ini yg di takutkan oleh NATO.

    •  

      Ngk akan mungkin dibeli S-400, karena tidak akan sinkron dengan NASAMS. Yg paling mungkin itu PAC-3 PATRIOT duet dengan NASAMS untuk sistem pertahanan udara masa depan Indonesia. Angkatan laut pun lebih memilih produk barat untuk sistem pertahanannya seperti Mistral dan VL MICA. Di masa depan mungkin ASTER dan SM-2 mengisi arsenal TNI AL seiring datangnya Destroyer atau heavy fregat. yaa kenyataan memang pahit, semoga Rusia fansboy tetap tabah. hahhahaha..

      •  

        Tidak ada yang tdk mungkin,,,seperti kilo juga masih ada kemungkinan. karena yang pasti cuma jodoh, rizki, dan kematian…semoga saya & anda tidak lupa.

      •  

        AS Ancam Berikan Sanksi Bila Indonesia Beli Su 35

      •  

        NASAMS… peluncur dan rudalnya belinya misah… kalau USA ngambek jadi peluncur ompong tuh NASAMS…
        PAC-3, Turki sampai akirnya memilih membeli S-400 karena begitu sulitnya mendapat persetujuan dari USA… setali tiga uang, Arab Saudi juga melakukan hal yang kurang lebih sama, harus menggertak USA dengan membeli S-400 baru kemudian di ijinkan membeli THAAD…

        •  

          kalau Indonesia pernah gertak AS ga bung? terus dikasih apa…??

          •  

            dikasih 24 elbot yg dibangkitkan dari kuburnya .
            pokoknya mentok di f-16.

          •  

            Mas Putra Sanjaya, emang kita gertak apa kok dikasihnya bekas dah riang gembira…

          •  

            tanya
            ah pada rumput yg bergoyang bung. hhhh
            ane cuma bisa prihatin aja bung.

          •  

            Lhayo…..dapet barang bekas riang gembira giliran dibeliin barang baru pada nyinyir….TERLALU

          •  

            Pernah… dulu diera pemerintahan pak Soekarno… USA ketahuan mendukung beberapa gerakan pemberontakan di Indonesia, kalau ga salah RMS… pilotnya ada yang ketangkap dan ketahuan kalau aktif di militer USA… kalau ga salah dapat apa ya… bantuan makanan dan pelatihan militer kalau ga salah… saya agak lupa yang ini…
            Itu adalah posisi dimana Indonesia bisa mempecundangi dan mempermalukan USA… kalau di era Soeharto beliau jelas lebih memilih merapat kepada USA sehingga malah disetir habis… sampai akirnya dipaksa lengser kala titu…
            Yang kekinian adalah karena Indonesia jelas2 mengakusisi pespur unggulan buatan Russia, sehingga akirnya USA mengakiri embargo militer dan berusaha kembali untuk mendapatkan prioritas kemitraan dengan Indonesia… Menyetujui penjualan AMRAAM kepada Indonesia adalah prestasi tersendiri, karena sebelumnya hal ini hanyalah mimpi… mungkin juga karena Indonesia mendapatkan R-77 dari Russia sehingga USA merasa perlu sedikit melonggarkan perijinan supaya Indonesia tidak semakin condong kapada Russia

          •  

            benar bung yuli , waktu itu si alan pope di tukar dengan 10 pesawat hercules , alan pope berhasil di tangkap setelah sempat terlibat dog fight dengan pilot auri .
            https://m.merdeka.com/peristiwa/kisah-as-tukar-pilot-cia-dengan-pesawat-hercules-tni-au.html

          •  

            Tks bung Yuli…komen yang mencerdaskan

          •  

            Sama2 bung migrusia… selama ada yang saya tahu akan saya bagikan…
            bung Putra Sanjaya… betul sekali bung, itu maksud saya…

            Sejarah Indonesia itu sangat rumit dan penuh dengan perjuangan, jangan dikira kita ini seperti negara kacangan yang tidak memiliki kemampuan sama sekali… justru kita itu memiliki sejarah dengan keberanian dan kenekatan prajurit2 terbaik kita seperti di kisah F-16 vs F-18, kisah insiden laut arafuru, dan banyak lagi kisah lain termasuk kemampuan kita memerangi pemberontakan di awal pembentukan negara RI…

        •  

          dikasih bambu runcing aja bung yuli.
          siapa tau indonesia kebagian jatah expor bambu runcing , mungkin di turki gk ada bambu, meskipun ada tpi gk sebanyak di indonesia . hhh

          selamat sing bung yuli.
          mari ikut naik sugeng rahayu SR2 PRIME.

      •  

        Sya rasa indonesia tdk hanya membeli produk barat untuk alutsistany, ttapi lbh memilih dr semua negara dan blok, ada dr rusia , barat,cina dan juga swedia.

  8.  

    Nah loe ente yg suka buatan asu itu tuch embargo hihihi senjata asu ya embargo ,percuma punya peralatan canggih pas mw dipake diembargo pespur,kapal perang jdi macan ompongggg

    •  

      Memangnya KRI Indo pada modar tahun 1965-1967 gara2 di embargo siapa?
      Mau aman bikin sendiri…

      Bangga berlebihan kok ke bangsa lain… paradigma yang aneh

      •  

        Itu karena Pemerintah Orde Baru menyetop semua kerja sama dengan negara komunis seperti China dan Uni Soviet.

        Alhasil, banyak pesawat buatan Rusia yang tidak bisa dioperasikan, bahkan di-grounded akibat ketiadaan suku cadang. Begitupun nasib KRI made in Soviet setali tiga uang nasibnya.

        Dan jangan lupa, Indonesia sempat dikenal sebagai Macan Asia di awal medio 1960an. Dalam waktu singkat, puluhan jet tempur dan bomber buatan Rusia mengisi arsenal TNI.

        •  

          dan itu semua alutsista tercanggih di jaman nya.
          berapa negara yg pny pesawat bomber dikala itu,?
          berapa negara yg punya cruiser ditahun tersebut,?

          & hasilnya kan belanda hengkang juga dari irian barat.

          •  

            Emangnya yg bikin Belanda mau menyerahkan Papua tuh sapa?? Mr. Bunker tuh orang mana?? Uni Soviet ya??

          •  

            USA memanfaatkan kegalauan Belanda… mereka tahu Indonesia benar2 tidak main2 untuk menyerang Papua barat… mereka tahu kalau Belanda mengincar emas di Papua… mereka memanfaatkan situasi itu untuk melakukan beberapa manuver, mengusir Belanda dengan menakut2i kekuatan hebat yang dimiliki Indonesia, dan pada akirnya USA sendiri yang melakukan akusisi eksplorasi papua dengan adanya pemerintahan Orba, sejak awal pemerintahan orba USA selalu memberikan dukungan apapun termasuk dalam perang baik di Timor timur maupun di Papua… Tetapi ada satu hal yang tidak didapatkan Indonesia yaitu supremasi alutista, karena memang sengaja ditahan… persenjataan yang dimiliki Indonesia paling hebat adalah pada era pembebasan Irian barat… setelah itu dampak dari kebijakan pemerintahan Orba dirasakan justru saat ini dimana kekuatan alutista kita benar2 ketinggalan…

          •  

            Pendapat yang lucu, Belanda bisa mengaktifkan Artikel 5 dalam perjanjian Pakta pertahanan NATO.
            https://www.nato.int/cps/ic/natohq/official_texts_17120.htm

            Tahun 1960-61 Indonesia sebenarnya sedang menghadapi 2 front sekaligus baik Trikora maupun Dwikora. Jika Belanda setelah mengaktifkan Artikel 5, Belanda bisa meminta bantuan langsung pada pasukan NATO yg ada didekat Indonesia dan itu adalah UK serta pasukan dari Australia, New Zeeland, hingga Gurkha. Apa yg terjadi jika hampir seluruh kekuatan dipusatkan di Papua tanpa antisipasi dari Pasukan Commonwealth??? Jakarta akan langsung diserang dan diduduki oleh pasukan NATO dan kemerdekaan Indonesia akan dihapuskan saat itu juga atau wilayah Indonesia akan dipecah. Menyebut NATO maka akan melibatkan USA, UK, dan France dan Taiwan (saat itu belum digantikan oleh RRC) sebagai anggota tetap DK PBB. Segalanya bisa terjadi dan Uni Soviet takkan bisa ikut campur karena Indonesia bukan anggota Pakta Warsawa serta Indonesia juga jauh dari wilayah Pakta Warsawa.

          •  

            Lohhh… gimana sih bung Agato, justru yang meminta Belanda hengkang ya USA… mereka yang menekan Belanda… tujuanya, ya salah satunya Freeport itu…
            USA itu cerdas bung, mereka kalau memberi bantuan kepada Belanda, maka sekarang Belanda lah yang menguasai tambang emas di papua…
            Jika seluruh anggota NATO menyerang Indonesia saat itu, ya coba dilihat lagi di artikel sejarah seperti apa Indonesia situasinya saat itu… Kekuatan Indonesia benar2 tidak main2 saat itu, dan untuk menyerang negara yang baru mendapatkan kemerdekaan akan mencoreng semua pihak itu di dunia Internasional… Karena tujuan utama Indonesia adalah mengembalikan wilayah Indonesia, bukan untuk memerangi negara lain dengan alasan agresi…
            USA dan koalisinya jelas tidak mau terjebak dalam dua perang yang berdarah2 di Vietnam dan Indonesia… dimana Indonesia menunjukan sikap militan yang sama seperti Vietnam, bahkan tanpa memiliki dukungan militer yang cukup sekalipun… Vietnam bahkan banyak belajar dari strategi perang Indonesia dari perang gerilya dan serangan umum versi mereka… Indonesia tidak dipandang remeh oleh negara2 sekutu karena bahkan Belanda berhasil di usir dari Indonesia padahal dengan dukungan militer modern sekalipun…

          •  

            intinya AS itu cuma manfaatin keadaan bung sugi ,
            bila indonesia militer nya gk kuat , belanda tk akan mau meninggalkan papua meski di tekan AS sekalipun.

            ini cuma omongan orang ngawur , hhhh sselamat pagi warjag semuanya.

          •  

            Hingga tahun 60an tidak banyak negara Asia dan Afrika yg telah merdeka bahkan saat GNB pertama di Beograd dimulai. Jadi tak ada pengaruh sama sekali menyerang negara yg merdeka dg kewibawaan PBB karena saat itu dalam kacamata PBB Indonesia bisa dianggap melakukan agresi militer baik kepada Papua maupun Sabah-Serawak. Militannya Indonesia itu hanya di darat karena kita kenal strategi gerilya. Jika perang laut dan udara, gabungan Belanda-UK-Australia-NZ jelas cukup untuk menghadapi Indonesia. Tu-16 dan KRI Irian bukan ancaman utama bagi mereka. Ancaman utamanya adalah bila Uni Soviet turut serta membantu secara langsung Indonesia lewat pemberian bom nuklir jelas itu yg dipikirkan oleh jenderal2 NATO dan para pejabat diplomat mereka. Uji coba rudal Kartika saat itu dilihat oleh barat sebagai ujicoba senjata IRBM atau ICBM. Makanya USA menarik Belanda agar mau mundur dari Papua apalagi saat itu tahun 62 juga terjadi Krisis Kuba. Jadi, itulah yg terjadi Bung Yuli. Kenapa Freeport bisa menjadi milik Freeport Inc lewat kontrak karya ?? Karena saat itu Indonesia membutuhkan dana untuk mengembalikan keadaan ekonomi Indonesia, dan tau siapa pemimpin delegasi Indonesia yg bertemu dg pihak USA serta Freeport di Swiss?? Beliau adalah Sri Sultan Hamengku Buwono IX yg terkenal sangat Nasionalis dan berpengaruh bagi negara ini. Jadi tak ada hubungannya USA dg Papua atas kepentingannya terhadap lahan tambang emas di Gunung Grasberg, Tembagapura Papua.

            Semua kaitan antara USA yg meminta mundur Belanda agar Papua jatuh ke tangan Indonesia dan mendalangi G30S PKI agar Soeharto menggantikan Soekarno adalah analisis yg lemah tanpa bukti karena seperti link CIA yg ane share kan diatas gak ada catatan akan hal itu. Itu bukanlah rekayasa karena awalnya tulisan itu adalah laporan intelijen langsung yg bersifat rahasia dan diserahkan kepada Pentagon untuk dilanjutkan Kepada POTUS (President Of The United States).

          •  

            Kalau linknya dibuat, maka citra amerika di publik terpuruk dengan maksud terselubungnya, kan sudah dibuka trump dokomennya, ada niatan cia untuk menggulingkan soekarno & membasmi pki, namun niatan itu gagal, & diteruskan soehartoe dimotori cia

            Mengenai pembunuhan jfk, kalau mmng sovyet yg dituduh mmbunuh jfk? Amerika cuma melongok sebagai pecundang

            Hahhaahaaaa

          •  

            Karena anda ini sukanya maksa… UK/USA/Australia akan mendapatkan predikat buruk jika membantu Belanda, karena saat itu seperti di ketahui merupakan runtutan peristiwa setelah Belanda hengkang dari Indonesia… dan satu wilayah yang dipertahankan Belanda yaitu Papua… apakah saat perang kemerdekaan UK/Australia membantu Belanda??? tidak… lalu mengapa tiba2 di Papua mereka akan membantu???
            USA jelas2 masih terlibat perang di Vietnam, UK berusaha mempertahankan Singapura dan Malaysia… Australia, kekuatan kala itu sehebat apa sih??? mereka masih disupport habis oleh USA…
            Sedangkan kekuatan Indonesia sangat menakutkan saat itu, menggunakan kekuatan untuk berperang melawan Indonesia saat itu jelas pilihan terakir…

            https://www.cnnindonesia.com/nasional/20171018101025-32-249164/dokumen-rahasia-as-ungkap-upaya-penggulingan-sukarno-dan-pki

            “Pengungkapan dokumen lama itu sendiri merupakan respons atas meningkatnya minat masyarakat terhadap dokumen yang tersisa mengenai pembunuhan massal tahun 1965-1966 yang ada di AS.

            Dokumen itu juga menyinggung hubungan AS-Indonesia, upaya Inggris dalam pembentukan Malaysia, dan perluasan operasi rahasia AS yang bertujuan memicu bentrokan antara Angkatan Darat dan PKI.”

          •  

            Percuma bung Yuli dijelasin jg….

            inget kata Imam Syafi’i “Aku mampu berhujah dengan 10 orang yang berilmu, tapi aku pasti kalah dengan seorang yang jahil, karena orang yang jahil itu tidak pernah faham landasan ilmu”.

          •  

            Untuk Bung Agato.. setelah alutsista sovyet berdatangan, U2 berseliweran di langit Indonesia untuk memfoto keberadaan mereka dan foto2 itu membuat US dan Belanda tahu jikapun mereka berperang dengan Indonesia hasilnya akan sangat berdarah2 sementara US sendiri mulai fokus untuk masuk Vietnam saat itu.

        •  

          Itu PKI memberontak juga dukungan sapa kalo bukan Komunis China-Uni Soviet???

          •  

            Sejarah terjadinya pemberontakan PKI adalah masih menjadi tanda tanya besar, bahkan pernah diungkapkan kalau menghancurkan paham komunis di Indonesia adalah yang paling mudah dan murah… Antara pemberontakan atau spionase siapa yang tahu, karena justru setelah kejadian itu malah siapa saja yang dianggap PKI disikat diseluruh Indoensia??? baiknya Soeharto yang saat itu hanya Letkol pun menjadi tanda tanya besar… sedangkan isi supersemar sampai sekarang masih diperdebatkan…
            Dengan memimpin Indonesia selama lebih dari 30 tahun, dan melakukan beberapa manuver untuk membelokan isi sejarah jelas sulit untuk menemukan apa yang sebenarnya terjadi kala itu…
            Saya penggemar berat Soeharto kala itu, saya membaca buku Merdeka Tanahku Merdeka Negeriku 4 jilid yang seluruhnya seperti biografi Soeharto, semua buku sejarah hanya menggambarkan betapa hebatnya Soeharto, bahkan panglima besar Soedirman pun tidak begitu memiliki porsi besar dalam catatan sejarah Indonesia…

            Indonesia lagi2 dipaksa merapat ke blok timur justru karena membutuhkan dukungan untuk memerangi Belanda yang menguasai Papua saat itu, sesuatu yang tidak mungkin didapatkan dari sekutu Belanda seperti USA… jika kemudian karena dekat dengan USSR yang negaranya berpaham komunis sehingga akirnya komunis hidup di Indonesia jelas adalah efek dari kebutuhan alutista kala itu, sedangkan bagi USA komunis adalah seperti kanker yang harus dicegah dan dimusnahkan…
            Dan jelas USA adalah negara yang cerdas, karena mereka memanfaatkan kondisi itu justru untuk mendapatkan 2 keuntungan,
            1. Untuk mengusir Belanda dari Papua untuk prospek bagi USA sendiri untuk hasil bumi Papua barat seperti yang terjadi sekarang.
            2. Mereka menghancurkan Komunis justru dengan memanfaatkan kondisi politik internal Indonesia, dan itu sangat berhasil karena Komunis kemudian benar2 dinyatakan dilarang di Indonesia.

          •  

            Supersemar kan sudah jelas dibabarkan para pemerhati sejarah, itu cuma “surat perintah bung karno pada soeharto yg dilakukan pada 11 maret” utk mengamankan kekisruhan di Indonesia

            soeharto jadi presiden krn tap MPRS bukan krn supersemar, Tap MPRS No. XV / MPRS / 1966 yang menyatakan “ bahwa Apabila Presiden berhalangan, maka pemegang surat Perintah 11 Maret memegang jabatan Presiden “, dan tiba2 presiden soekarno menyerahkan mandat pada soeharto pada tanggal 22 Pebruari 1967 bertempat di Istana Negara berlangsung penyerahan kekuasaan pemerintahan dari Presiden Sukarno kepada pengemban Tap MPRS No. IX / MPRS / 1966, Letjen Suharto. Kenapa soekarno menyerahkan mandat ke soeharto? Mungkin krn sdh 2 kali pertanggungjawaban nya ditolak MPRS pada sidang ke 4, tanggal 22 juni 1966 dan Pada tanggal 10 Januari 1967 Presiden Sukarno menyampikan Pelengkap Nawaksara, tetapi kembali Pelengkap Nawaksara juga tidak diterima oleh MPRS. Penolakan yang kedua atas penjelasan presiden ini menunjukkan bahwa Mandataris MPRS sudah tidak mendapat kepercayaan dari MPRS.

          •  

            Bukan begitu bamboo, supersemar itu sudah berisi paksaan tentang pengambil alihan keamanan pemerintahan& saksinya ketika itu masih hidup

            Hahhaahaaaa

          •  

            Emangnya kurang apalagi PKI 2x memberontak terhadap RI ?? Lah sebelum memberontak aja mereka membunuh warga dan kiai di pulau Jawa khususnya Jateng dan Jatim. Kalo PKI jadi berkuasa, ente semua gak akan bisa beribadah hari ini.

          •  

            Agato..mungkin anda lupa Soekarno adalah satu-satunya presiden didunia yg bisa menyeimbangkan faham komunis, nasionalis & religius. pertanyaan selanjutnya sampai kapan beliau bs menyeimbangkan itu, apakah penerusnya kelak bisa berperan seperti beliau??mungkin pertanyaan ini jg mengusik AS, tentunya mereka lebih takut jk komunis akan mengambil alih peran itu yang tentunya akan merugikan kepentingan mereka selanjutnya..(maksud utama mereka).

            Lalu terjadi Dwikora, seperti pnh sy baca bbrp perwira tinggi AD sebenarnya enggan untuk konfrontasi dengan Upil, tentunya dg pertimbangan2, nah…mudeng kn maksud sy??seolah AS menemukan dg sendirinya jawaban itu…
            Nah skrg sy tanya, apakah AS tdk “bermain” disini???jangan ngeles…jd fansboy sih boleh aja, tp ya ojo kebangeten ngeyele…xixi

            Lalu soal larangan ibadah…(sy tegaskan dl sebelumnya sy bukan PKI & bkn anak keturunannya), kita ambil tokoh2 PKI :
            1. Semaun : mantan Sarekat Islam (SI)
            2. Alimin : mantan Sarekat Islam (SI)
            3. Musso : mantan Sarekat Islam (SI)
            4. D.N.Aidit/Achmad Aidit : Ayahnya adalah seorang pendiri perkumpulan keagamaan Nurul Islam yang berorientasi kepada Muhammadiyah.
            6. Amir Syarifuddin H : CSV-op Java yang menjadi cikal bakal GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia).
            Apakah nama-nama itu tdk beragama??? Sy rasa komunis adalah sebuah ideologi politik & bukan atheis ataupun menyangkut kepercayaan agama tertentu.
            Jadi pendapat anda itu menghukumi tanpa dasar, krn tdk mau belajar (lagi) sejarah…

          •  

            Konsep NASAKOM (Nasionalisme, Agama, Komunisme) hanyalah konsep belaka. Kenyataannya Mereka saling bantai satu dan lainnya apalagi karena Komunis. Berapa ratus ribu orang yg dibunuh oleh PKI sebelum peristiwa G30S PKI,. Jika Komunis hanya paham politik, maka Ente harus melihat kenyataan gimana umat beragama di Uni Soviet dan negara komunis Eropa timur dilarang beribadah saat itu. Apalagi kalo ente baca bukunya Karl Marx, Lenin dan Nietzsche. Karl Marx sendiri yg menyebutkan bahwa Agama adalah candu bagi manusia yg menghilangkan rasionalitas otak manusia.

          •  

            Hihii, loe bilang pula malay upil, apakah loe pernah melihat malay korek korek upil disekolah, hampir upil diseluruh mejanya, sehingga begitu terlena mrk digoda amerika, yg berakibat dikemudian hari f16 & hornet amerika dipasangi jammer di disudut sayapnya, mungkin pisangnya amerika gede kalleeee

            Tapi pembunuhan para kiayi indonesia itu bukan pki tapi suruhan cia, yg dituduhkan pki

            Hahaahaaaa

        •  

          Wah… orang ini yg d lihat hanya embargo saja… tdk mau belajar sejarahnya… susah kalo sdh berhubungan dg fans boy yg fanatik buta gini… tahi kucing bisa rasa coklat kalo sdh dr mami rika… xixixixi

      •  

        Bukan bangga mis marpuah bukan rusia yg embargo om harto ga mw berhub terlalu dekat dgn china dan rusia di mig 19 diganti ame sabre menyedihkan padahal dulu mig 19,tu 16 badger kita punya

        •  

          nii pada ketularan malon semua….ngeliat sejarah tuu dengan dua mata(sisi)baru ketemu masalahnya dan objektif…sukarno dekat dengan rusia makanya dibantu…sukarno lengser diganti suharto yang didukung sekutu( usa+konco)lah jelas rusia ogah mau bantu lagi malahan bantuan yang lalu mulai dihitung hutang dan harus dibayar…laa sebaliknya pemerintahan suharto yaa jelas lebih pro barat dan ogah dekat rusia dan konconya…!!!
          siapa salah siapa benar yaa tidak ada,,,karna keadaan memang harus begicu…!!!!
          tapi kalo gagal berebut kekuasaan mungkin kita perang besar dengan tetanga(seato)bisa jadi dengan sekutu…karna pengaruh partai komunis kian besar saja dengan kegagalan suharto merebut kekuasaan…!!!
          mungkin ceritanya jadi lain jika gagal perebutan kekuasaan tersebut…mungkin freeport sekarang dikelola rusia atau cina ini kemungkinan besar…!!!

          •  

            Kata siapa Soekarno cm dekat dg rusia??beliau juga sangat dekat dengan JFK.
            Seperti kata beliau “…JFK adalah satu-satunya kepala negara didunia yang mengajak saya (Soekarno) tidur dikamar pribadinya..” (Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia :Cindy Adams).
            Bisa dibayangkan seperti apa kedekatan mereka??

            Tapi suharto dibantu AS (CIA) dalam upayanya…dan jelaslah ada harga yang harus dibayar setelah itu. Itu tidak bisa dipungkiri…You Know Lah…
            Bahkan seorang Omar Dhani dalam kesempatan pernah berujar…”Jangankan suharto, Jenderal Sekaliber saya sekalipun tidak akan punya skenario secanggih itu (G30S)…”

            Nah soal freeport menurut sy bukan Cina/Rusia…
            Ingat Kata Soekarno “…Selama sy jadi Presiden Republik Indonesia tidak akan ada perusahaan asing berdiri disini…Biarlah nanti putra-putri kita yang akan mengolahnya…” (Maksudnya mereka disekolahin dulu biar pinter baru ngolah sendiri minyak, gas, tambang dll…)

          •  

            wah anda kurang paham…mungkin karna anda belum lahir waktu itu….terjadi ketegangan indonesia dan usa setelah wafatnya JFK…dan kian memburuk…masalah freeport…itu kan cerita
            seandainya…bisa jadi sukarno tidak mengijinkan…mungkin bisa jadi ada kudeta versi lainya…!!!

          •  

            Hahahhhhhh….berati sampean tua banget donk…KRI-Waigeo aja kalah,
            JFK meninggal tahun 1963 skrg 2018 berati kalo sampean hidup dijaman itu sy prediksi usia sampean lebih 60 tahun…ajiiibbb.

            Loh anda ragu dengan peran AS (CIA) atas kup itu…?? jangan-jangan anda tidak tahu siapa jenderal pertama yang ditawari AS sebelum harto…

          •  

            laa kata sapa saya dah tua…saya nih masih sekolah celana pendek(smp)tau…!!!
            kita tidak membahas proses kudeta atau alasanya…nanti bisa jadi isu hot lagi…kan berabe padahal sekarang musim banjir(ujan)….!!!
            jadi getu cerita keretakan hubungan luar negri kita dengan usa…malah ada isu hubungan memingalnya jfk dengan penggulingan kekuasaan yang terjadi diindonesia…sudah tersusun rapih dan terencana…padahal jfk masih hidup dan menjabat…!!?

          •  

            Sudah jelas, pembunuh jfk dibalik panggung itu adalah wakilnya yg diperankan cia hanya karna masalah dana perang yg ingin dihentikan jfk, kalau mengenai pki itu hanya tuduhan soeharto utk menguatkan alibinya supaya operasi yg diperintahkan soeharto menculik para jendral yg dimotori cia tidak diketahui publik

            Hahhaahaaaa

          •  

            Coba Bung Aming, kita tanyakan ke si Migrusia Ama Huha sumbernya dari mana kalo CIA pelaku kup. Bahkan data dari CIA sendiri gak ada disebutkan untuk merencanakan kup. Khusus untuk G30S/PKI bahkan CIA tidak mendalangi hal itu, tapi mendukung ABRI karena PKI telah dibantu oleh China. Ane kasih versi resmi data milik CIA yg sudah dibuka untuk umum. Tolong Migrusia Ama Huha baca baik2. Itu juga kalo kalian bisa bahasa Inggris. Nah coba buktikan mana data yg mendukung komentar anda diatas???

            https://www.cia.gov/library/center-for-the-study-of-intelligence/kent-csi/vol14no2/html/v14i2a02p_0001.htm

          •  

            Dan anda percaya kalau yang dirilis ini adalah yang versi komplitnya???
            Dan mendukung ABRI yang mana??? kondisi politik saat itu terjadi persaingan berat dimana Angkatan darat menjadi pesakitan dimana posisi Letkol Soeharto saat itu bertugas… sedangkan di dunia militer anak emasnya adalah AL dan AU karena mendapatkan banyak sekali alutista modern dari blok timur untuk mendukung pembebasan Irian barat…
            Justru yang dimanfaatkan saat itu adalah Angkatan darat yang sedang galau mengambil alih pemerintahan dan akirnya lihat yang terjadi selama pemerintahan Orba… di era orba mana ada supremasi angkatan udara dan laut??? yang ada adalah setiap kabupaten memiliki markas… bahkan untuk AD penyebaranya sampai di kecamatan, pasukan kopasus adalah anak emas di era pemerintahan Soeharto…
            Saya tidak tahu seberapa efektif tetapi dinegara maju seperti USA untuk keperluan pengamanan sipil jelas dipercayakan kepada Polisi…
            CIA jelas tidak akan mau merilis versi yang benar2 asli, karena jika memang terjadi spionase oleh CIA di Indonesia mereka akan mendapatkan kecaman luar biasa…
            Apakah seorang Letkol Soeharto mampu dan berani melakukan pengambil alihan pimpinan tertinggi negara Indonesia jika tidak ada yang memberikan support??? Apakah pembunuhan pimpinan tertinggi angkatan bersenjata atau para Jenderal saat itu karena pemberontakan PKI atau sebenarnya merupakan usaha untuk menghilangkan peluang adanya perlawanan ketika pengambil alihan pimpinan tertinggi bangsa oleh mereka yang berkepentingan??? ingat saja, era orde baru sangat otoriter, tidak bisa menerima kritik dan sangat keras kepada oposisi…
            Apa yang terjadi di saat itu akan menjadi misteri sejarah terbesar bagi negara Indonesia…

          •  

            ASAL (Agato Sugimura Aming Lee)..maaf tp sy lebih percaya dengan pelaku sejarah waktu itu Marsekal Omar Dhani (KSAU).
            Bahkan beliaupun masih meyakini bahwa dibalik G30S adalah CIA…
            ini sy kutip : “Menurut saya CIA itu sangat terlibat, dan Harto adalah tangan yang dipakai. G30S 1965 itu bikinan Harto,”…

            https://nasional.tempo.co/read/705258/omar-dani-cia-terlibat-g30s-1965-dan-soeharto-yang-dipakai

            Bung Yuli…sia-sia energi untuk meladeni org macam ini

          •  

            migrusia…anda makin salah paham mengartikan komen saya diatas…..suharto naik atas dukungan usa entah cia atau bukan tapi jelas amerika….!!!
            masalah dalang pki atau apalah alasanya saya malas komen…karna menyangkut…kebenaran yang saya juga masih belum yakin…apalagi sejarah kelam tersebut bukan hanya banyaknyakorban tapi juga banyaknya pelaku yang terlibat jadi sekali lagi jangan memperdebatkan hal lampau yang menyakitkan…mungkin anda bukan keluarga korban…atau bukan keluarga pelaku…jadi tidak bisa merasakan sakit dan dendam…jadi saran saya STOP…
            MULAI LAKAKUKAN REKONSILIASI…HAPUS SEJARAH
            KELAM…KARNA BANYAKNYA PELAKAU DAN KORBAN TIDAK TAU APA PERMASALAHAN YANG TERJADI SEBENARNYA….!!!!

          •  

            oke,,buat sy yang penting anda mengakui peran AS lewat harto.
            sy bukan memperdebatkan atau mengorek luka lama bung aming…sbg anak bangsa sy jg berhak tahu sejarah bangsanya (yg bener). justru karena fakta2 ini kita bs hidup berbangsa & bernegara smp sekarang…JAS MERAH bung…

          •  

            bukankah dari awal saya komen sudah jelas
            dan anda menangapinya.saya kira sudah clear dan anda paham tentang proses beralih haluan politik indonesia ke unisofyet kala itu…tapi masalah berkenaan dengan proses kudeta saya tidak menjawab komen anda dan huha.karna saya merasa itu tidak bisa jadi bahan perdebatan karna baik data dan kesaksian sepihak tanpa ada yang dikonfirmasikan dengan fihak terduga…
            luka bagi saksi sejarah baik kedua kubu yang tak tau menau tentang permasalahan itu jadi pertimbangan…kalo para petinggi kedua kubu mungkin sudah tau dampak dari apa yang mereka buat.tapi bagi kaum kecil yang tidak tau menau permasalahan yang terbawa arus permasalah yang memakan korban…PATUT DIBERI SIMPATI…karna jelas mereka korban sesunguhnya…!!!

          •  

            Dari penjelasan aming lee, disimpulkan dalang pemberontakan itu adalah soharto sebagai kaki tangan cia

            Hahhaahaaaa

          •  

            sebentar bung aming sy bingung dg yg gagal paham disini sp,,berawal sy komen agato soal PKI. trs anda menjelaskan krn Soekarno dekat dg rusia, nah sy jelaskan kalo Soekarno jg dekat dg JFK.
            trs anda beralih soal freeport,,sy kutip “….mungkin ceritanya jadi lain jika gagal perebutan kekuasaan tersebut…mungkin freeport sekarang dikelola rusia atau cina ini kemungkinan besar…!!!”.
            lalu sy berpendapat belum tentu karena kata Soekarno “Selama sy jadi Presiden Republik Indonesia tidak akan ada perusahaan asing berdiri disini…Biarlah nanti putra-putri kita yang akan mengolahnya…”
            nah mengenai Omar Dhani sy cuma kutip pendapat beliau soal PKI & peran CIA, salah?? tidak ada sedikitpun luka lama soal PKI yg sy korek-korek….
            mohon dikoreksi…

          •  

            xixixizzzZ….gue komen panjang lebar masih belum paham tepok pramuka..pok…prok…prookkk…!!!
            entah engak paham atau memang sengaja menyepelekan data fakta yang mendukung peristiwa tersebut….!!!
            nii gua kasih sedikit bayangan buat loe berpikir rasional..
            .!!!
            PADA TAHUN TAHUN TERSEBUT KITA JADI. POKUS KEDUA KUBU…JADI BUKAN HANYA USA DENGAN CIA NYA TAPI JUGA FIHAK SEKUTU LAINYA,BEGITU SEBALIKNYA DENGAN FAKTA WARSAWA mengirim begitu banyaknya agen oprasional baik pencari informasi maupun agen sebagai ekskutor lapangan…jadi jangan sepelekan permasalahan seaunguhnya…kalian pikir hanya fihak sekutu yang yang mau dan mampu bertindak…???
            uni sofyet dengan fakta warsawanya sama dengan usa
            dengan sekutunya…sama sama memperebutkan dominasi dunia jadi lucu kalo ada yang berpikir uni sofyet tidak bertindak bahkan tidak tau kejadian tersebut..
            .sedang kedua kubu memandang indonesia dengan mata penuh nafsu(amat
            penting )…!!!
            sebenarnya gampang bila ini tau kebenaran…semua fihak yang terkait memberi data dan akan dikonfirmasikan dengan fihak lainya…tapikan semua tidak mau termasuk rusia dan cina…terlebih pihak kita…karna masih menjadi hal sensitif…lihat bagai mana pemerintah dan tni menamgapi hal berkenaan dengan kejadian tersebut…jadi tak perlu bicara seolah kita tau kejadian seaunguhnya dan pasti itu yang terjadi…saya harap banyak orang paham hal ini….!!!

          •  

            Dengan demikian dalangnya soehartoe kaki tangan cia

            Hahhaahaaaa

        •  

          Yang ngomong JFK dibunuh karena CIA, tolong kasih linknya, Buat Bung Diego mohon diperhatikan orang yang suka ngomong hoax tanpa bukti seperti ini. Kalo berlebihan berkomentar lebih baik di banned aja dulu.

          •  

            Jika link nya dibuat, sudah jelas pencitraan amerika yg diketahui orang itu hanya maksud yg trselubung.

            Kalau loe bilang soviyet yg dituduh mmbunuh jfk? Berarti amerika hanya melongok sebgai pecundang, gitukan maksud loe kan

            Hahhaahaaaa

          •  

            Nih linknya
            https://www.cia.gov/library/center-for-the-study-of-intelligence/kent-csi/vol14no2/html/v14i2a02p_0001.htm

            Lah mana data pendukung ente?? Jangan asal omong HOAX aja!!! Mana sumbernya??? Mana???

          •  

            Loe carik saja disitu, sebelum matinya jfk apa saja perannya di negara negara yg tidak cocok dengan paham amerika & yg cocok dengan paham amerika

            Hahhaahaaaa

          •  

            Bilang aja gak punya data, bilang aja kalo ngomongnya ngibul, bilang aja kalo yg ente omongin tuh HOAX. Gak bisa kasih link berarti HOAX !!! Ane aja mau ngasih linknya, lah Napa ente males sambil nyuruh orang lain yg cari??? Emangnya Laptop,PC atau HP ente gak ada search engine ya???

          •  

            komen huha isu yang berkembang didalam para pengamat internasional…jadi belum bisa dipertangung jawabkan masalah itu….walau memang penyelidikan berkembang kearah sana…tapi itu masih sekedar isu…maka dari itu saya malas tangapi komentar bung migrusia dan huha…karna masih samar untuk dicerna….karna banyaknya alasan dan motif …saling kait mengkait baik isu politik maupun ekonomi…baik dalam maupun luar negri…jadi gitu deh….!!!

          •  

            Jdi loe gak percaya sama migrussia, begitu yaa aming lee

            Hahhaahaaaa

          •  

            dia sama kayak kamu suka mancing diair keruh…kalo mancing air kecuh dari semprotan sih enak
            …laa ini mancing yang bisa jadi fitnah…kan repot…!?!?

          •  

            Hanya karna link tidak ada fitnah begitu yaa,
            tapi ini mmng begitu, sekali masuk kena semprot supaya ladang ladang yg disemprot tumbuh biji

            Hahhaahaaaa

          •  

            bukan masalah link haa…
            tapi memang terlalu rumit kalo kamu campurkan isu…kalo isu kematian jfk banyak dalil…yang bisa disangkutkan dengan kejadian tersebut…dan juga banyak motifnya pula…termasuk isu terjadinya kudeta diindonesia…bahkan freeport termasuk motif isu pula…lagian kan kita pengamat amatiran…dan kertabatasan data…jadi sulit menyimpulkan….gitu deh…!!!

          •  

            Kalau mengenai data? Itu kemarin lalu trump mmbuka dokumen hasil penyelidikan pembunuhan jfk, bahwa yg dituduhkan itu adalah sovyet, tapi amerika malah melongok sebagai pecundang

            Hahhaahaaaa

          •  

            Kondisi di kala terjadinya pengambil alihan kekuasaan di tahun 66 dan semua peristiwa yang menyertianya jelas sangat sulit untuk kembali dibuktikan saat ini, terutama karena begitu masifnya era pemerintahan orba melakukan sterilisasi… sejarah yang terjadi saat itu sangat komplek, antara memberangus Komunis, mengambil alih kekuasaan hingga USA menguasai Freeport dan pemerintahan orba yang dekat dengan USA atau barat sentris dan cenderung anti blok timur… disambung agresi ke Timor leste yang didukung USA, termasuk kekerasan di Papua… tetapi kemudian menjadi babak baru dimana dijadikan alasan USA dan Australia justru untuk memusuhi Indonesia dan pemerintahan Soeharto kala itu…
            Kebenaran akan sangat sulit dibuktikan dan diketemukan karena pelaku2 sejarah sudah pada meninggal, dan pasti dokumen2 terkait pasti sudah dimusnahkan oleh pihak2 yang berkait… seperti halnya hilangnya naskah asli Supersemar…
            Tetapi dari semua itu, tanpa campur tangan USA rasanya tidak mungkin Komunis di hilangkan dari Indonesia saat itu, karena USA dan sekutunya sangat aktif dan agresif dalam memblok perkembangan komunis di asia pada saat itu… termasuk keterlibatan perng Korea dan perang Vietnam, mungkin Indonesia adalah satu2nya perang melawan komunis yang paling murah bagi USA, karena justru masing2 pihak di Indonesia sendiri yang menjalankan misi bagi mereka, dan mungkin juga karena didukung belum kuatnya akar komunis di Indonesia kala itu…

            Bahkan pengamat jempolan pun sulit untuk memastikan yang terjadi saat itu meskipun alur terjadinya banyak hal seperti kudeta bisa di logika dengan mudah… hanya saja tanpa dukungan dokumen maupun saksi hidup yang benar2 memahami kejadian saat itu, jelas semuanya adalah bukan pendapat valid, hanya sebatas pendapat dan penafsiran yang masih sulit dibuktikan kebenaranya..

          •  

            malah gue ragu data puluhan tahun dipeti eskan…tiba tiba dibuka…malah buat curiga orang yang punya nalar …ada apa…kan kesana pikiranya…karna semua punya motif dan tujuanya…!!!

          •  

            https://www.cnnindonesia.com/nasional/20171018101025-32-249164/dokumen-rahasia-as-ungkap-upaya-penggulingan-sukarno-dan-pki

            Saya dulu adalah penggemar berat Soeharto… bahkan saya membaca buku 4 jilid Merdeka Tanahku Merdeka Negeriku koleksi babe saya… Semua buku sejarah selalu menempatkan beliau sebagai orang paling top di Indonesia

          •  

            makanya bung yuli kita sebagai orang yang melek informasi…dan punya nalar yang bagus,,engah mudah terpancing data pro dan kontra tanpa menyelidiki bingkaian si pembuat informasi…apa lagi sekedar isu…sudah pernah saya bilang semua data dan informasi dibuat untuk tujuan baik maupun buruk….benar maupun bohong(hoax)..jadi jangan diterima mentah tanpa diolah apa lagi data dan informasi sefihak…tanpa mampu dikonfirmasi dan diuji kebenaranya…!!!

          •  

            Benar sekali bung… bisa jadi itu dilakukan untuk membersihkan mereka supaya tidak dikaitkan dengan kebijakan dimasa lalu yang menimbulkan krisis di sebuah negara…
            Kalau mau mengingat lagi, era Orde baru itu adalah masa paling sulit bagi demokrasi di Indonesia, politik di pemerintahan dan kemiliteran yang sangat rumit, pemerintahan yang melakukan kontrol super keras kepada pihak2 oposisi…
            Jangan harap bisa menulis komen sebebas sekarang di JKGR… ini kalau dilakukan di era Orba mungkin besok atau sekarang tiba2 sudah di ciduk dan tiba2 hilang…
            Pelajarilah sejarah Indonesia secara mendalam, jangan dikira sejarah Indonesia itu mulus tanpa ada goncangan2 hebat didalamnya… dari perang kerajaan, perang kemerdekaan, penjajahan, pemberontakan, pengambil alihan kekuasaan, politik di dunia militer dimasa lalu, dominasi militer di era masa lalu…

          •  

            Embargo usa ga main2 bukan militer aj,ekonomi juga pasti ditekan

          •  

            Jdi loe gak percaya sama migrussia, begitu yaa aming lee

            Hahhaahaaaa

            Komen : Kampret loe….Hahhaahaaaa

      •  

        Trus yang bikin tim-tim lepas siapa… dan efek embargo nya sampe sekarang.. contoh kopasus di embargo nggak boleh latihan bareng… belajar dulu leee… sebelum komen biar nggak diarani kemplo

        •  

          Loh, gak liat hasil jajak pendapat???

        •  

          Loh, gak liat hasil jajak pendapat???

          Btw Mang, ente gak mau disebut Be*go Napa malah bilang kemplo?? MAU NGAJAK BERANTEM HAH !!!!!

          •  

            Hehehe…. mbah langsung naik pintam… kono kelon ae sama aming kalo pusing wkwkwk

          •  

            nah gitu kan malah keliatan lebih cerdas situ ketimbang sok koreksi konen orang lain…lebih nyinyir…sapa tau ada komen yang salah dan. doubl comment….bisa diketawain…yaa engak…!!!

        •  

          kamu engak ngarti bahasa tulisan saya yaa…???
          laa napa ke timtim sih…kan yang diomongin puluhan tahun sebelum timtim jadi wilayah kita…?!?!?
          kalo kamu mau bahas timtim..oke…tapi kira kira paham engak…yang satu diatas aja kamu engak paham…mau bahas yang lain…!!!!

          •  

            timtim sebelum integrasi dengan indonesia adalah wilayah yang jadi incaran dua kubu adikuasa…maka sebab dari itu usa memberi dukungan. dan persetujuan timtim terintegrasi dengan indonesia…..masalah lepas timtim…tidak mutlak usa bermain disana…tapi memang benar dunia internesional menyorotinya secara langsung…termasuk amerika…lepasnya timtim…karna ketidak mampuan indonesia untuk mempertahankan timtim ,baik dari segi ekonomi maupun politik karna kita sedang mengalami masalah multi dimensional…dengan adanya desakan internasional dan kita perlu dukungan dari dunia internasional baik. ekonomi maupun politik…jadi terpaksa dibuat pemilihan pendapat rakyat…dan yang pro indonesia mengalami kekalahan..
            .NAH SEKARANG ASUONO WAE…COBA KEMUKAN PENDAPAT. SITU….!!!

          •  

            Emang ASUWONO WAE tuh orang !!!

          •  

            Sugigi n aming emang benar-benar pasang yang luar biasa… makin mantap aja goyangan nya… wkwkwk

          •  

            Amerika itu menghibahkan pesawatnya hanya karna ingin melirik sumber daya alamnya

            Hahhaahaaaaa

          •  

            Kondisi di Timtim sangat erat hubunganya dengan peran pemerintahan orde baru… dan dekatnya hubungan antara pemerintahan orba dengan USA…
            Jika merunut sejarah, salah satu alasan Indoensia medapatkan dukungan adalah adanya permintaan pemerintahan orba untuk mendapat dukungan dari USA untuk menduduki timor timur dengan alasan Fretilin yang disinyalir menjadi kepanjangan tangan komunis… dan alasan itu ternyata mengena dan USA maupun Australia memberikan dukungan secara forum internasional maupun secara persenjataan… tentu saja ada alasan yang mendasarinya terutama kepentingan USA maupun Australia, justru situasi politik internal militer Indonesia lah yang sebenarnya memiliki peran besar bagi lepasnya Timor timur dari Indonesia… Terutama era pemerintahan orba yang menganut jawasentris dimana pembangunan masif dilakukan di pulau Jawa terutama Jakarta dan wilayah perbatasan atau pulau2 diluar tidak diperhatikan…
            Perlawanan yang timbul dari akar perlawanan Fretilin ternyata kembali menguat dan karena tekanan luar biasa di dunia internasional akirnya USA pun berbalik berseteru dengan pemerintahan Soeharto kala itu, hingga adanya embargo militer termasuk adanya rencana akusisi pespur Rusia, krismon dan akirnya berakirnya pemerintahan Soeharto dan ditambah lepasnya Timor leste….
            Australia paling agresif memanfaatkan lepasnya Timor timur untuk kepentingan ekonominya, yang justru sangat membingungkan adalah sikap antara pemerintahan Orba – USA- Aussie, dari sebelumnya bahu membahu kemudian menjadi pecah kongsi… Jika hanya karena alasan pelanggaran HAM di Timor timur saya pesimis… karena apa yang sudah didapatkan USA dari pemerintahan Orba….

          •  

            Pernah tersirat beritanya, pelepasan timtim itu ada dukungan dari pejabat militer indonesia untuk meraup keuntungan

            Hahhaahaaaa

        •  

          Dulu sebelum isu timtim mau dilepas? Amerika mmng sudah tidak lg suka kepemimpinan soharto di indonesia, dengan demikian amerika mmbuat cara melengserkan soeharto tanpa harus merusak hubungan amerika dengan indonesia dengan cara mmbuat krisis ekonomi diindonesia, setelah itu terjadi? Maka kerusuhan terjadi disamping itu soeharto mndapat pinjaman dari imf, nah dari pinjaman imf disinilah hubungan indonesia dgn amerika terus brjalan & lepasnya timtim itu akibat militer indonesia tidak paham situasi

          Hahhaahaaaa

          •  

            kamu lagi haa…nambah nambah…!!!
            jelas sebagian besar warga negara engak paham situasi yang dialami….jangan kata jaga timtim…laa seluruh indonesia juga bergolak…maka disebut krisis multi dimensional…baik ekonomi politik keamanan…belum lagi mata culas serigala baik tetangga maupun dunia…jadi keputusan yang diambil telah melalui kajian dan diplomasi yang matang….maka dari itu ada sebagian yang mengungkit usa tidak punya tanggung jawab dan lepas tanggan terhadap masalah timtim…karna terintegrasinya timtim kewilayah indonesia juga ada peran amerika dan sekutu…!!!

          •  

            Mmng amerika tidak suka lg dengan kepimimpinan soeharto yg dulu juga dipilih amerika melalui cia, tapi bagai mana cara melengserkan soeharto tanpa harus merusak hubungan amerika dengan indonesia itu lah caranya yg dibuat amerika yg gue sebutkan sebelumnya diatas

            Hahhaahaaaa

  9.  

    hahahhahaha, tabiat lama…. nglarang2 dan mengatur bangsa merdeka, efek ketakutan akut

  10.  

    Keunggulan sistem2 SAM yg setara S400 adalah bersifat mandiri..jadi gak perlu intregrasi dengan SAM kecil…tinggal komandonya yg diintegrasikan…

  11.  

    betapa pahit nya embargo AS buat bangsa ini,
    gara2 embargo AS BANGSA INI di injak2 harga dirinya oleh negara lain, terutama yg ngaku serumpun tpi menikam disaat saudaranya sedang terpuruk,
    semoga negara penjajah AS* ITU secepatnya hancur .

  12.  

    Bung rojes, tolong amankan nie bung agato sugimura, semua sdh tdk suka dia disini,,,tolong banned dia segera, agar jkgr ini jd aman dan tentram tanpa ada komen2 yg merasa selalu benar, tdk mau dikritik dna banyak sskali membuat warjag disini marah besar,,,

  13.  

    benar bung yuli , waktu itu si pope di tukar dengan 10 pesawat hercules.

    https://m.merdeka.com/peristiwa/kisah-as-tukar-pilot-cia-dengan-pesawat-hercules-tni-au.html

 Leave a Reply