Dec 302014
 

kanal di Kra Isthmus, Thailand sepanjang 100 kilometer

RMOL. Pemerintah Republik Rakyat China sedang merencanakan pembangunan sebuah terusan atau kanal di Kra Isthmus, Thailand sepanjang 100 kilometer yang menghubungkan Laut China Selatan, Teluk Thailand dan Samudera India.

Dengan kanal itu, kapal-kapal dari dan menuju pelabuhan-pelabuhan China tak perlu lagi melewati Selat Malaka. Rute baru ini mempersingkat perjalanan sejauh 1.000 kilometer.

Selain itu, pelayaran melewati Selat Malaka dinilai tidak aman karena kasus pembajakan yang terbilang tinggi, belum lagi sedimentasi yang membuat kedalaman laut berkurang dan rongsokan kapal yang tersebar di banyak titik. Kabut dan kumpulan ikan yang berenang dalam rombongan berukuran besar juga menjadi persoalan lain di kawasan itu.

Secara umum, menurut China Daily Mail, pelayaran melalui Selat Malaka dua kali lebih berbahaya dari Terusan Suez di Mesir dan empat kali lebih berbahaya dari Terusan Panama di Amerika Latin.

Pembangunan terusan di Thailand ini lebih mudah dilakukan mengingat China telah memiliki hubungan baik tidak hanya dengan Thailand tetapi juga dengan ASEAN dalam beberapa tahun terakhir.

Nilai perdagangan China dengan ASEAN meningkat dari 54,8 miliar dolar AS di tahun 2002 menjadi 443,6 miliar dolar AS di tahun 2013. Dalam periode yang sama investasi China di kawasan itu meningkat menjadi sebesar 100 miliar dolar AS.

Perusahaan plat merah China, LiuGong Machinery Co. Ltd dan XCMG serta perusahaan swasta Sany Heavy Industry Co. Ltd akan terlibat dalam pembangunan Terusan Kra Isthmus.

Bukan hanya China, terusan ini juga akan menguntungkan negara-negara industri lain termasuk Jepang dan India. Selain Thailand, Vietnam pun akan menangguk untung. Kota di selatan Vietnam, Can Tho akan menjadi pelabuhan transisi di antara Teluk Thailand dan Laut China Selatan.

Pembangunan Terusan Kra Isthmus ini diperkirakan akan membuat rute perjalanan melalui Selat Malaka semakin sepi. Ini juga berarti ikut mengurangi jumlah kapal-kapal bertonase besar yang melewati kepulauan Indonesia. (RMOL)

Bagikan Artikel :

  97 Responses to “Ancaman Indonesia sebagai Poros Maritim”

  1. aduh bisa di bilang yg paling rugi si singapur

  2. mgkin pelabuhan2 di Atjeh tambah rame,,, dan upil makin sepi….

  3. semoga cepat terealisasi, kalau bisa Indonesia ambil bagian dlm pembuatan terusan ini. dan cepat bangun pelabuhan besar d sabang dan belawan.

    • M Arief Pranoto, Research Associate Global Future Institute (GFI) berpendapat, dibangunnya ‘Terusan Satingpra’ di Thailand ini, bukan Indonesia yang akan terancam, namun justru Singapura.

      “Mengapa demikian, karena pelabuhan-pelabuhan Singapura bakal sepi pengunjung. Hilir mudik kapal-kapal dari Laut Cina menuju Lautan Hindia cenderung akan melintas melalui Terusan Satingpra daripada via Selat Malaka. Lebih dekat jaraknya,” jelas Arief.

      Menurutnya, ini merupakan peperangan geopolitik antara Barat cq Amerika, Inggris ditambah Singapura melawan Cina.

      “Sebagaimana lazimnya, kemungkinan besar —tak lama lagi— seperti kasus (konflik intrastate) Aceh dan Thailand Selatan, wilayah Satingpra niscaya bakal meletus konflik komunal baik sifatnya horizontal maupun vertikal. Skenario besarnya adalah menghambat pembangunan Terusan Satingpra agar secara teknis gagal dengan alasan ‘situasi kurang kondusif’. Batal, atau tunda dulu rencana proyek Terusan Satingpra tersebut,” ujar Arief lagi.

      Namun Arief mempertanyakan, jika benar terjadi konflik komunal di Satingpra, siapa sesungguhnya (pencipta) di belakang konflik?”

      ————————–
      G’ ada ruginya, toh pulau weh dan natuna masih terlewati,,..

  4. Setahu gw dlu ada perjanjian antara Inggris-Muangthai untuk tidak membuka terusan Kra guna melindungi Malaya dan Singapura. Tp gak tau msh brlaku atau tidak.

  5. Justru menguntungkan Indonesia.Peranan Singapure akan berkurang dan pelabuhan Indonesia makin berperan .Dengan kemunduran Singapure dana kita baik dari export,import atau sengaja di simpan disana akan masuk lagi ke Indonesia karena tak menarik lagi nyimpan dana disana.Pernah ada pengamat ekonomi yang bilang dana dari Indonesia lebih kurang 4000 trilyun parkir di Singapure.

    • Mungkin maksud bung komerat,itu du’it kolong mlarat yg ngumpet di kamar upil nantinya akan balik lgi kesini.kena di upil udah tdk bisa jagain lgi,(melayani) kena mau bengkrat negaranya. ibarat anak bengal mau pulangg lgi kerumah.mungkin maksudnya begitoh.salam

    • eh..konglongmerat

    • Sy coba bantu jelaskan dari 1 hal saja. Di singapur itu banyak perusahaan2 multi nasional yg berkantor disana padahal pasar dan konsumennya ada di indonesia krn singapur dipandang sbgai kota jasa industri dan perdagangan yg dilalui akses pelayaran dr seluruh dunia. Kl ada terusan itu minimal nilai plus singapur dimata perusahaan2 multinas trsbt dr sudut akses lalulintas pelayaran tentu tdk menarik lg. Sehingga diharapkan perusahaan2 itu menempatkan kantor cabang/perwakilan u wilayah asia tenggara di jakarta sehingga ini akan menambah lapangan kerja buat saudara2 kita warga indonesia.

    • Simple bung Muwi..Kapal besar yang melewati perairan Indonesia jadi berkurang. Mereka singgahnya di singapura jadi bayar ke singapura. Resiko karam atau pencemaran laut jadi berkurang yang juga membuat beban pengawasan ALKI barat akan berkurang. Tapi mungkin aktivitas di pelabuhan-pelabuhan besar di Indonesia juga tidak akan berkurang kok sepanjang aktivitas ekspor-impor Indonesia terus meningkat setiap tahunnya.

  6. setuju banget 🙂
    plabuhan sabang tinggal di gedein 3 kali lipat bila perlu 10 kali lipat 🙂
    singapura bisa kolaps 🙂

  7. Kawasan Ekonomi Khusus di Sabang akan kembali mencuat dan menjadi besar…tinggal tunggu tanggal mainnya saja.

  8. hancurkan singaporno

  9. Indonesia masih bisa manangguk untung pulau weh atau pelabuhan di ujung Sumatra masih bisa buka lapak jasa perdagangan dan bekal ulang.

  10. saya melihat ada 2 keuntungan cina yg paling utama yakni dari sisi ekonomi dan militer.
    NKRI harus melihat ini secara cermat apakah ada kerugiaan ekonomi tingkat regional
    atau sebaliknya malah menguntungkan dari sisi pajak arus masuk barang via pelabuhan
    klo seandainya hal ini terealisasi. dari sisi hankam saya masih belum melihat kedepanya
    seperti apa meskipun samar2 terlihat cina akan mati matian melidungi kepentinganya dari
    campur tangan AS yg membuat pangkalan militer sampai tahun 2020 di pasifik dengan
    kepentingan yg sama.
    tahun2 kedepanya di pastikan tensi akan terus meningkat di antara 2 kekuatan ini apabila cina jadi melakukan penetrasi lewat jalur laut.

  11. Tidak perlu khawatir, potensi negeri ini jauh lebih baik daripada thai. Hanya perlu sedikit memutar otak dan bekerja lebih keras. Thai masih perlu bahan bakar? Perlu kapal? Perlu senjata ringan dan pasokan data intelejen utk pengamanan kanal dari ancaman teroris? Perlu pasokan utk industri perikanan? Perlu ini-itu? Kita bisa bantu.

  12. apakah di sisi lain indonesia dapat keuntungan atau kerugian jika rencana ini berlanjut…?
    maaf pertanyaan orang awam,
    mohon pencerahan para sesepuh..

  13. Indonesia ga terlalu terpengaruh oleh rencana tersebut … dari dulu kita ga mengandalkan itu.. kita mengandalkan hasil alam aja …. singapore yg bener2 huancurrrr …..

  14. cina memang gila punya modal dan nekat kita tunggu siapa yang makmur dan siapa yang gulung tikar

    • pd 2005, laporan dlm negeri yg dipersiapkan utk sekretaris pertahanan donald rumsfeld bocor ke washington times, menyebutkan strategi cina sbg pembantu teknik & proyek konstruksi kanal di tanah genting kra lengkap dng fasilitas pelabuhan & kilang, sbg bagian dr strategi “untaian mutiara” & keamanan suplai energy papa mao. rencana cina itu diperkirakan membutuhkan waktu lebih dari sepuluh tahun & akan mempekerjakan 30 ribuan pekerja kasar dengan biaya 20-30 milyar dollar.

  15. Sebetul nya ide ini adalah ide dari pm malaysia Mahatir Muhamad, entah kenapa waktu itu tidak bisa terlaksana sehingga kini muncul kembali gagasan dari china yg jelas negara yg paling beruntung adalah Malaysia dan Thailand dan yg paling rugi adalah singapora.

  16. srperti’a pelabuhan d aceh status’a akan sama dngn pelabuhan d selatan vietnam (transisi).
    “jalur sutra” akan d sematkan pd negeri gajah putih.

  17. Ini singapor akan mati matian melobi paman sam & isro’l utk menggagalkanya. Emang negri gajah Puteh cukup kuat kah menghadapi tekanan paman sam&isro’l?. (kecuali udah pindah kiblat itu’ mungkin bsa aja terjadi) tapi berapa % kemungkinanya?.kalo perkiraan saya sih, MASIH LAMAAAA &PANJAAAANG!!!.perjuangan membuka proyek itu.kecuali cina bisa menang diplomasi meyakinkan negara2 yg berkepentingan dgn negara seUPIL.(paman sam,isro’l&Eropeh) dan nantinya geo bisnis ASEAN&ASIA akan berubah coraknya tdk seperti skrng lagi.(mana yg paling kuat akan terlihat jelas&yg lemah makin tertindas.lalu posisi INDONESIA ??????? (hanya pusing 7keliling di kepala). @@@ salam

    • joint military training beberapa waktu lalu yg bersandikan cobra gold melibatkan 13.000 tentara dr usa, thailan (tuan rumah) singapura, jepang, korsel, Indonesia, dan malaysia. latma ini dibuka dengan latihan serangan amfibi di dekat pantai pattaya, thailand.
      yg menjadi aspek rawan dari latihanmiliter bersama tsb berpotensi utk dimanfaatkan sbg mapping (pemetaan) kondisi di “daerah target” mengingat keterlibatan singapura dlm latihan yg dimotori usa.

  18. Dibalik sebuah masalah terdapat dua jalan keluarnya. Tinggal kita bagaimana menyikapinya …
    Majukan pelabuhan di Aceh, Anambas dan Natuna menjadi pelabuhan bertaraf internasional dengan membangun sarana dan prasana yg mendukung.
    Niscaya itu akan berguna bagi kita dan jangan lupa memperkuat armada tempur kita untuk melindungi nya …

  19. karena kita kebetulan merencanakan tol laut, kanal di Kra bukan ancaman, hanya tol laut perlu diperpanjang hingga aceh/sabang (atau kota pelabuhan di kanal kra),

    https://papuaberubahbersamajokowijk.files.wordpress.com/2014/06/tol_laut.jpg

    barang impor dari eropa, timteng + asia timur akan diturunkan di aceh (atau pelabuhan lain di muara kanal Kra), selanjutnya diangkut kapal2 nasional yang melayani rute tol laut ke berbagai pelabuhan nusantara, hal yang sama untuk barang ekspor tujuan eropa, timteng + asia timur.

    keuntungannya, ongkos angkut kapal antara aceh/kra – upil + biaya transit di upil, yang biasanya masuk ke kantong orang lain atau kantong upil, akan kita rebut…

    • saya rasa kanal/terusan di kra akan sangat padat sehingga akan ada 2 pelabuhan dimasing2 pintu masuk kanal tersebut sebagai tempat singgah kapal untuk berlabuh sebelum mendapat izin masuk kedalam kanal tersebut. mungkin saja dengan dipilihnya kota Chan To di Vietnam sebagai kota Transito, Pulau sabang juga akan dilirik sebagai tempat transit kapal sebelum masuk kedalam terusan di Kra…

      yang pastinya, sisa bagaimana pemimpin kita secara masiv melobi negara2 yang terkait untuk bisa dapat menempatkan indonesia dalam posisi yang strategis…

    • Lah, Jadi siapa yg Nambah2 in kata itu bang?

      • dengan pertumbuhan ekonomi lebih merata di seluruh wilayah RI, ekonomi akan lebih kuat dan besar, dan sebagai negara dengan populasi ke 4 dunia, gak mungkin kita ‘dipunggungi’ pelayaran dunia…

  20. Indonesia ga perlu takut, dampak ekonominya bagi Indonesia ga terlalu signifikan, karena Indonesia memiliki aset kekayaan alam yg luar biasa banyaknya,, justru Singapurlah yang paling ketakutan dengan rencana tersebut, karena mau dibilang apa negara Singapura bisa maju hanya karena mengandalkan letak strategisnya untuk “bisnis pelabuhan” bagi kapal asing, kalau pelabuhan Singapura mati, matilah perekonomian di negara itu….

  21. ga perlu takut..selama ini pelabuhan kita rame tp tidak terlalu signifikan. kita masih ada sabang dan natuna dan jgn lupa kita masih ada jalur alki yang masih menjadi jalur utama perdagangan ke negeri selatan. siapa yg paling rugi paling singapura. segera perbaiki pelabuhan2 di jalur alki

  22. Kalau saya om,,,setuju ,,malah semoga dipercepat,,,agar singapor kelimpungan ,,,klo indonesia mah,,tau sendirilah om,,,aman itu

  23. Sepi dari apa?selama ini kapal kapal hanya menjadikan singapure tempat transit tanpa ada keuntungan apa apa ke Indonesia.Poros maritim yang mau kita bangun adalah pelayaran antar pulau dan beberapa untuk antar negara .Dengan majunya perdagangan antar pulau dengan biaya murah hampir semua kebutuhan dasar kita bisa penuhi.Selama ini ongkos ngirim barang antar pulau mahal karena tidak efisien.Karena pelabuhan dan prasarana tidak memadai.Di satu pulau beras bisa melimpah sementara di pulau lain kekurangan tapi nyatanya kita malah import dari luar ,kan konyol.Dengan majunya sektor maritim kita bisa hemat devisa ,mengurangi defisit karena banyak import.Karena pelabuhan kita sudah bisa di singgahi kapal peti kemas mega carrier besar kita bisa langsung exp/impor tanpa melewati singapure.Saya kira itulah sebagian besar visi poros maritim.Belum pernah terdengan rencana poros maritim yang di maksud seperti yang dilakukan Singapure selama ini.

  24. Semoga tidak timbul gangguan keamanan,separatis atau isu isu lain yg akan diangkat,di daerah yg akan di bangun terusan,dan pelabuhan pendukung di sekitarnya,singapura dan kawan kawannya terusik,dan tentu tidak akan tinggal diam,cina dkk melawan singapura dkk,kita tunggu siapa pemenangnya,

  25. indosat …pnya qatar mbah

  26. Apakah maksud dari poros maritim itu menjadikan negeri ini sbg tempat transit kapal2 kargo/barang?
    Kyknya bukan itu, sbb klu maksudnya cuma itu, mk ngapain jg kt repot2 bangun pelabuhan didaerah lain, buang2 duit sj, mending bangun dikepulauan riau sj, bereskan?

  27. Tambah rame aje nih asean..banyak kepentingan yg bermain siap-siap lah buat antisipasinye..siape lagi klo bukan gengnye si asu & kroni”nye buat gagalin ..apelagi singaporno anak emasnye si israhell & asu, kungfu panda vs kapten amerika pasti seru nih..hehehe..awal perang asia pasifik sudah dimulai..!!!

    ….NKRI HARGA MATI…

    • Kalo begitu nanti kita kecipratan ikutan tawuran tdk? kan ada dekat halaman rumah kita.(atau nonton saja,ambil ngompori biar panas getoh?)…salam bung

      • Yg jelas pasti kecipratan..cuman klo emang terjadi perang yg jelas tuh perang pasti cetar membahana, tapi menurut ane si asu ga bakal berani apelagi koko panda punya nuklir..si asu beraninye ma negara ecek” yg masih bisa di obok”..liat aje masalah ukraina mane berani perang sama papa bear.mikir die 1000× …klo emang berani si asu harus siap Juga ancur lebur..!!! Perang yg sekarang lebih dahsyat karena senjata nuke yg maen..salam kenal bung..!!!

  28. G’ ada masalah,,.

    Asal Indonesia mau membangun Pelabuhan di pulau terluar yang dekat/terlewati oleh jalur tsb,,..

    G’ ada masalah sama sekali,,..
    Malah akan menguntungkan kita,,…

  29. wacana pelabuhan terpadu seluas 500 hektar yang dibicarakan presiden, demikian realisasinya. Hmm. Pelabuhan ini terintegrasi bersama instalasi militer. Demikian pula kehadiran wapres ke aceh pada waktu lalu baru saja. Kebijakan ini sekaligus menjadi daya tawar China terhadap LCS yang lebih dikendalikannya. Pemerintah sudah tepat menaikkan status pelabuhan di natuna yang kian strategis..imho…

    • Idem bung,,..

      • tapi mesti diantisipasi bung. Bagaimanapun sejarah pengerahan dukungan tapal kuda dari gorontalo sampai banda aceh yang dulu kita lakukan dalam dukungan kampanye amerika di afganistan kita cukupkan. Dengan policy ini gejolak di patani akan kemudian diredam, misal, tawaran otonomi khusus patani. Malaysia juga dengan senang hati menciptakan kawasan triangulasi langkawi-pattaya-banda aceh. Yang mesti diperhatikan konsesi China sendiri yang harus disepakati 3 negara asean ini. Efek domino lain myanmar, laos, kamboja dan vietnam yang mengikut perkembangan ini. imho…bung danis..

  30. Suatu kerugian besar bagi Indonesia & singapore kl terusan kra sampai terwujud menjadikan rumah kita agak jauh dari jalan raya utama.
    Banyak yg bisa kita perbuat kl rmh kita tepat di pinggir jln raya.

    • Betul Bung, semoga konsep tol laut dari Bapak Presiden mengatisipasi permasalahan di atas. Moga sehat2 semua

    • G’ jauh kok bang,,…
      Walaupun tdak benar2 di jalurnya,,..
      Tpi jika dibandingkan positif dan negatif ya,,..
      Lbih bnyak positifnya asal pemerintah mmpu mlobi negara2 yang bersangkutan untuk mnempatkan Indonesia dalam proyek tersebut,,…

      Smakin tahun smakin bnyak pula kpal dagang yang akan lewat,,..

      • Saya pikir china membuat nya untuk manfaat dirinya sendiri, sdngkan negara lain mendapat cipratan nya saja. Sebelum terusan ini jadi, china telah membuat pelabuhan yg sangat besar di Sri Lanka (imbal jasa menumpas Tamil Elam). Bisa jadi freeport nya sebelum masuk terusan, tanpa harus mampir Sabang atau Langkawi (Malaysia).

  31. Sangat penting bung utk di cermati,dan di analisa secara ekonomi dan stategis dalam arti luas,karna hal ??????????? sudah bisa di prediksi dari beberapa tahun yg laulu. Cuma tiongkok yang saat ??????????? bisa mengubah sejarah spektakuler dari masa lalu termasuk salah satunga membangun terusan.

    Kalo berbicara kerugian bukan singapore yg paling rugi tapi malah Indonesia dari sisi manapun salah satunya ehilangan posisi tawar scr geopolitik,strategis dan ekonomis. Tapi kita masih punya posisi tawar lain dari SDApun kalo pemerintah mau berpikir maju untuk generasi bangsa ??????????? karna sebenarnya kalo mau bankit maju bersama seluruh unsur bangsa ??????????? sangat potensial menciptakan sejarah kemajuan suatu negara ygjauh melampaui china. Ayo berpikir bekerja dan berperan.. Kita dorong pemerintah kita utk maju terutama yg di senayan harusnya lebih jernih berpikirnyajangan cuma pikir katong pribadi dan golongan tapi mendarong kehancurqn negara dan bangsa ???????????…..

    • apalagi Indonesia merupakan negara kepulauan, poros maritim bisa menjadi ciri khas dari Indonesia.
      Laut adalah tempat mencari nafkah bangsa Indonesia sebelum penjajah menjauhkan mereka hingga ke daratan.

      CMIIW

    • Indonesia masih bisa mengantisipasi dengan membangun pelabuhan internasional di Daerah Istimewah Aceh, yang lokasinya tidak jauh terusan tersebut, minimal sekelas pelabuhan Teluk Lamong di Surabaya, semua pasti ada solusinya, tinggal kejelian dari pemerintah kita aja

    • mega carrier tetap lewat selat sunda

  32. Kita harus mendukung tapi di barengi percepatan pembangunan pelabuhan internasional sabang yang pernah di cetuskan presiden soekarno,bila pembangunan tersendat kita tidak punya keeuntungan ekonomi yg di depan mata.

    • Patut diwaspadai bahwa China bukan lagi sebagai Negara yang Friendly melainkan Negeri Oportunis dan akan melakukan Ekspansi dengan memotong jalur pelayaran internasional .. Pergerakan ini secara langsung akan membawa dampak ekonomi yg besar bagi China dan bagi berengaruh negatif bagi Indonesia serta Asean …
      Dengan adanya jalur pelayaran baru tersebut point utamanya adalah untuk menghambat Pergerakan Armada USA .. dan akan mengurangi hegomoni Amerika di Kawasan Asia ..
      INdonesia sebagai Negara yang berpengaruh di Asean harus dapat memegang peranan dalam rangka melakukan pendekatan diplomasi untuk menekan Thailand agar menolak tawaran tersebut …

  33. Ayo bangun sabang. Jangan sampai dikorupsi lagi spt yang lalu. Masa korupsi pembangunan pelabuhan sabang saja sampai ratusan milyar. Semoga pak Jk turun tangan utk memantau langsung,shg sabang bisa diubah menjadi pelabuhan berstandar internasional.

  34. Hue..hue…, Strategi militer China, Takut kena Embargo jalur juga ya !.. 😛

  35. YAKIN rencana itu tidak berpengaruh terhadap rancangan POROS MARITIM RI, karena sesungguhnya RI sendiri tidak memperoelh banyak keuntungan dari Selat Malaka. Lagi pula POROS MARITIM tidak berorientasi kepada Selat Mala

  36. Pelabuhan Bebas Sabang seharusnya mulai dibangun kembali dari sekarang, tujuannya untuk mengantisipasi kepadatan antrian menuju terusan tanah genting Kra

    Tantangannya adalah bagaimana Pelabuhan Bebas Sabang menjadi menarik bagi kapal-kapal yang akan melewati terusan tanah genting Kra, fasilitas apa saja yang akan diberikan untuk menarik kapal-kapal itu singgah di pelabuhan bebas Sabang

    Saya usul saja, Pemerintah harus membangun kilang minyak di Sabang sehingga mampu menyediakan BBM bagi kapal-kapal samudera

  37. Bung Komerat ngingetin BLBI lagi, Semoga KPK lebih bertaring untuk mengusut lagi kasus ini.
    ratusan triliun. dan dibayar dengan aset yg nilainya jauh dibawahnya….

  38. Apalagi thailand adalah surga wanita penghibur, pria penghibur bahkan mutan penghibur juga ada. Bagi pelaut kra isthmus adalah terusan bahagia.

  39. Ambil positifnya saja. Terusan Kra membuat Indonesia menjadi lebih tenang… Hanya ketika tenang kita bisa mengevaluasi diri krn tdk ada orang lain yang terus-terusan mengganggu.

  40. mungkin indonesia hanya akan menjadi penonton saja sebab potensi yg dekat saja tdk bisa dioptimalkann apalagi yg jauh.

  41. Yang pasti akan mati itu ya negri Si Upil. Karena terlalu bergantung kepada “jasa” dan perdagangan. Kalu Indonesia?….eits tunggu aja langkah antisipasinya. Wait n see.

  42. Banyak negara maju atau kaya tanpa mempunyai jalur-jalur ekonomi dunia. Gak perlu terlalu kawatir, yg penting infrastruktur, manufaktur dan teknologi indonesia harus di genjot besar-besaran siapapun presidennya, otomatis Indonesia akan jadi salah satu negara kuat di dunia.

  43. Yang paling sakit mah Singapura !

    • muodar lah singapura

      • Setuju. Singapura sebagai salah satu pelabuhan peti kemas tersibuk di dunia bakal kelabakan jika rencana ini di implementasikan. Dibandingkan indonesia yg memiliki sda sbg daya tawar lain, maka singapura tidak memiliki itu. Mereka hanya menjual service dan fasilitas. Krn itulah pelabuhan kontainer yg berada di batam pun sulit utk menandingi singapura. Keinginan utk membangun pelabuhan yg lebih mumpuni secara fasilitas di batam pun sdh ada sejak lama. Tapi selalu terkendala. Tidak jelas apakah krn birokrasi pemerintah atau intervensi singapura yg khawatir pasar nya akan tergerus.

  44. tidak akan berpengaruh banyak ke Indonesia. Yg paling fatal adalah kepentingan Singapore dan malaysia.
    Selama ini “fungsi maritim” Indonesia telah diserobot oleh Spore dengan menjadi Hub perdangan laut dan udara di selat malaka.
    Lebih baik kita semakin meningkatkan produksi industri dan maritim sendiri dan membangun pelabuhan raksasa sebagai pintu masuk ke negara kita. Perdagangan antar pulau nusantara juga potensi raksasa yg harus direalisasikan.

  45. Membaca artikel diatas, Pembangunan Kra Cannel mempunyai dampak serius terhadap konstelasi geo-ekonomi, geo-politik dan militer khususnya terhadap negara2 ASEAN (minus Philipine). Dimana strategy proyek ini secara geostrategy dimaknai sebagai strategi China untuk melakukan pecah belah terhadap konstelasi negara ASEAN sendiri dengan memainkan kartu ekonominya terhadap Thailand, Myanmar, Malaysia, Kamboja,Viet Nam, Laos dan mungkin juga Indonesia namun secara opposite terhadap Singapore.
    Secara hitung2an ekonomi seperti artikel diatas sudah dibahas sangat gamblang betapa sangat menguntungkannya memangkas jarak 1000 km rute pelayaran, argumen ini sulit terbantahkan. Siapapun pelaku ekonomi akan berpikir rasional. Belum lagi dampak ikutan multipliernya terhadap perkembangan ekonomi di daerah2 berdekatan dengan Kra Cannel yang akan menerima manfaat ekonomi paling besar.
    Jelas perlu diakui Kra Cannel memberikan leverage(daya tawar) yang sangat signifikan bagi Thailand atau mungkin Malaysia untuk memainkan kartunya.
    Bagaimana dengan Indonesia, saya sangat setuju dengan sebagian besar pendapat para Bung diatas bahwa Indonesai relatif tidak berdampak rugi terlalu banyak, dan malah mungkin justru dapat mengambil manfaat banyak potensial ekonomi dengan membuka area di Sabang/Aceh sebagai hub port/transito port dan bahkan justru meningkatkan daya tawarnya terhadap Singapore.
    Tapi semua perhitungan di atas tentu akan berubah kalkulasinya apabila mesin ekonomi Indonesia kedepannnya bekerja lebih efisien dan bertumbuh semakin kencang, bahkan memungkinkan bersaing dengan Cina, tidak mustahil gravitasi ekonomi ASEAN semakin berat ke selatan (Indonesia) sehingga artinya Kra Cannel hanya akan dilalui oleh kapal2 baik dari Asia Timur atau Barat yang tidak ada keperluan sama sekali untuk singgah di Indonesia . Dan kita semua tahu Indonesia adalah sumber SDA apapun sehingga mayoritas pelayaran timur ataupun barat tetaplah memerlukan pelabuhan Indonesia untuk mengisi palkanya/kontainernya dengan barang2 dari Indonesia.
    Secara teori geo ekonomi, manakala pusaran gravitasi ekonomi (baca: besaran ekonomi) suatu negara sangat besar maka berpotensi berdampak/menyeret ekonomi negara2 di sekitarnya. Saat ini kita masih terpana dengan besaran perekonomian Cina, namun hal ini akan berubah seperti diramalkan banyak lembaga Ekonomi dunia terhadap Indonesia 10/20 tahun kedepan dengan asumsi politik/keamanan Indonesia tetap stabil.
    Namun yang perlu dicermati, dampak pembangunan Kra Cannel ini juga berakibat pada strategi militer dari banyak negara2 yang terlibat. Tidak dapat dipungkiri Militer India hadir permanen di Kep Andaman/Nicobar (lebih kurang 50 km dari wil RI) dan memiliki pangkalan gabungan penting (semacam Kogabwilhan kita) dengan komandan bintang 3 dan bahkan issuenya US memiliki station base tetap di kepulauan tsb untuk melakukan monitoring dan dukungan cepat terhadap gugus tugas armada. Silahkan baca beberapa referensi dari sumber dibawah.
    Jadi kira2 apakah dengan terlibat secara penuh di Kra Cannel, Cina mencoba mengalihkan issue LCS dengan menawarkan gula2 ke beberapa negara ASEAN sekaligus mendapatkan manfaat banyak dibaliknya demi kepentingan strategis Cina?Memecah belah ASEAN, siapa kawan siapa lawan? Atau Cina mencoba memotong (mengurung) Malaysia/Singapore dan sekaligus Pangkalan India/US sekaligus dari arah selatan dan utara (Myanmar)? Dan apakah kira2 Paman Sam mendukung proyek ini mengingat secara strategis hal ini akan memukul sekutunya secara langsung (Singapore). Apakah konflik Patani yang selama ini menghambat proyek ini merupakan kunci akses paman Sam untuk mendapatkan manfaat dan kontrol terhadap Kra Cannel mengingat Thailand secara tradisi sangat dekat ke Paman Sam.
    Bagaimanapun Indonesia adalah pemilik semua kartu (mendapatkan semua manfaat apapun) dari semua skenario yang dimainkan para gajah (US, Cina, India, Jepang, Australia) dan siapa memegang Indonesia akan memenangkan semuanya. Justru inilah kesempatan Indonesia untuk memainkan kartunya agar wilayah pengaruh Indonesia terhadap semua negara ASEAN semakin diperhitungkan sehingga ASEAN adalah tetap mandala Indonesia (sphere of influence) dan Indonesia adalah tetap inti selnya dan Indonesia adalah anchor dari semua startegi apapun yang akan dimainkan oleh pihak lainnya. Saya kira inilah yang disebut fungsi poros (poros maritim??) atau centre of gravity dalam arti sebenar benarnya. just Imho
    Beberapa sumber referensi :

    Andaman and Nicobar Command
    “Previously there was a consideration to replace Fortress Commander, Andaman and Nicobar Islands (FORTAN) with a Far Eastern Naval Command (FENC). The previous plan to set up FENC was set in motion in 1995 following a closed-door meeting in Washington between then Indian prime minister, P V Narasimha Rao, and then US president, Bill Clinton. At the time, Pentagon officials made a formal request to the United Front coalition government in New Delhi to open a base in the islands.[6]
    The 750-km long Andaman and Nicobar archipelago comprise a chain of 572 islands, and is located about 1200 km from mainland India, but is merely 90 km from Indonesia and 50 km from Myanmar. An Indian armed forces command at Andaman and Nicobar Islands would help in to prevent smuggling, piracy, drug and gun trafficking, poaching and illegal immigration in the region and especially in the Malacca Strait. The A&NC would also be in a position to assist the multinational Malacca Straits Security Initiative, aimed at curbing threats in the Malacca Straits.[3][7][8] An Indian command in the islands could also counter any future threat from China, which was rumoured to have set up a surveillance post in Myanmar’s Coco Islands, 40 km off the northern tip of the Andamans”
    http://en.wikipedia.org/wiki/Andaman_and_Nicobar_Command

    Connie: 8 Tahun Lagi, Perang Beralih ke Asia Pasifik
    2012-08-08 09:18:32 WIB
    http://www.politikindonesia.com/index.php?k=wawancara&i=36758-Connie:-8-Tahun-Lagi,-Perang-Beralih-ke-Asia-Pasifik-

    Andaman and Nicobar Islands: India’s Strategic Outpost
    http://thediplomat.com/2014/03/andaman-and-nicobar-islands-indias-strategic-outpost/

    How a Thai Canal Could Transform Southeast Asia
    http://thediplomat.com/2013/12/how-a-thai-canal-could-transform-southeast-asia/

    Why has India blocked foreign tsunami aid to the Nicobar and Andaman islands?
    http://www.wsws.org/en/articles/2005/01/anda-j25.html

  46. Semoga Secepatnya Dibangun……….
    Lebih CEpat Lebih Baik.
    Tidak ada pengaruh yg merugikan Indonesia.
    Rugi hanya di awal, tp untung kemudian.
    Bangun Pelabuhan di Aceh, Anambas n Natuna.
    Dengan sendirinya singaporno n malingsya akan rontok ekonominya.

  47. Kenapa kok cemas yaa.. masalah terusan tersebut tidak akan terlalu berpengaruh besar buat indonesia dalam hal dunia pelayaran. masalhnya kapal ukuran besar itu hanya berani bersandar di pelabuhan singapura, SANGAT jarang sekali singgah di pelabuhan pelabuhan indonesia. sedangkan aktifitas bongkar muat pelabuhan kita yang terjadi selama ini prosentasenya paling besar / tak lain adalah aktifitas perdagangan antara indonesia dengan negara luar..

    yuk kita bersama sama meramaikan terusan tersebut dengan cara membangun PELABUHAN KELAS INTERNASIONAL DI WILAYAH ACEH dengan segala fasilitas yang sangat modern dan tingkat pelyanan yang sangat tinggi seperti :

    – kecepatan pelayanan arus bongkar muat dari hitungan hari menuju hitungan jam secara cepat dan tepat
    – pelayanan penyediaan bahan bahan logistik untuk kapal kapal internasional yang sedang transit dengan jaminan pelayanan dan mutu yang tinggi.
    – penyediaan sarana untuk perbaikan kapal dengan jaminan mutu tinggi.
    – penyediaan area pelabuhan yang memudahkan kapal kapal ukuran besar dapat sandar dengan cepat dan sangat aman. ( termasuk meliputi panjang dermaga dan kedalaman alur laut )
    – tersedianya jaringan komunikasi antar kapal dan antar pelabuhan dengan teknologi tinggi ( termasuk untuk memandu kapal saat berlayar )

    apabila poin diatas ini saja dipenuhi maka dengan sendirinya peranan pelabuhan singapura akan segera pindah ke pelabuhan kita..

    – bukankah hal ini akan menguntungkan kita dengan catatan terpenuhinya poin poin tersebut. mari berlomba lomba dan bersaing dengan mereka…

    – selanjutnya tinggal memikirkan merebut FIR dari singapura.

  48. siapa yg mengelola terusan ini bila sudah beroperasi, 100% thailand sendiri kah, atau terbuka dengan tetangganya? singapura termasuk?

  49. Memang klo eknmi Malaysia dan singapura ambruk, Indonesia jadi kaya.? China saja telah membangun pelabuhan bebas di Sri Lanka yg sangat besar. Sri Lanka sendiri adalah partner ekonomi utama China dalam jalur sutra laut.

  50. YG PALING KHAWATIR SINGAPORE, KITA MALAH TERBANTU …:D..ARTINYA EKSPORT KITA GA USAH TRANSIT SINGAPORE..YG PLG DEKET DGN TERUSAN KAN SABANG…TINGGAL GEDEIN AJA PELABUHAN SABANGNYA…

  51. terusan kra ini menguntungkan indonesia, karena selama ini terbukti selat malaka hanya menguntungkan singapur, membuat negara sebesar jakarta ini menjadi sangat kaya raya. sebaliknya pelayaran internasional di selat malaka hanya jadi beban indonesia, kapal asing cuma numpang lewat indonesia thok, bikin sempit jalur dan ganggu pelayaran lokal, giliran transit kapal asing itu malah ke singapur, belum lagi kapal karam yang berserakan di selat malaka, yang untung dari selat malaka itu singapur prompak dan pemburu harta katun.

  52. Pantesan konflik aceh&thailand tiada pernah bisa berakhir,selalu bergejolak..dengan terus bergejolak kanal kra tidak akan pernah terealisasi

  53. Apa kena mengena malaysia dlm hal ni?? Indon tak habis2 dengki dengan malaysia…

    Memang ada perancangan utk membangunkan jalur sutra oleh China..tapi bukan bererti malaysia bakal runtuh…

    Buktinya??? Taman industri malaysia-china di kuantan & program pelabuhan melaka(malaysia-china)…

    Haha udah dapat hint nya??

 Leave a Reply