Nov 182016
 
Latihan TNI AD di Natuna

Latihan TNI AD di Natuna (Dispenad)

Depok – Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyatakan sinyal konflik berkepanjangan antar-negara di kawasan Laut Tiongkok Selatan (LTS) belum juga mereda. Jenderal Gatot mengakui konflik tersebut mengancam keutuhan dan kedaulatan Republik Indonesia. Dia menjelaskan ancaman yang paling tampak yakni, rentan lepasnya Pulau Natuna dari NKRI.

Hal tersebut disebabkan karena angkatan bersenjata Tiongkok berencana kembali membangun pulau buatan dekat dengan wilayah Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia.

“Jika pulau itu ada dan Tiongkok menuntut negara lain mengakui itu adalah pulaunya, maka wilayah laut mereka akan sampai ke Natuna,” ujar Jenderal Gatot Nurmantyo saat memberikan kuliah umum di hadapan ratusan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat (16/11/2015).

Panglima TNI menjelaskan Tiongkok sebelumnya juga telah membangun bangunan permanen di Scarborough Shoal, yakni pulau karang yang berdekatan dengan wilayah Filipina, serta pembangunan infrastruktur di Fiery Cross Reef di Kepulauan Spratly. “Tiongkok juga telah menyatakan kedaulatan yang tidak terbantahkan atas pulau-pulau di LTS dan perairan yang berdekatan,” tegasnya.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memberikan kuliah umum di hadapan ratusan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Depok, (16/11/2016).

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memberikan kuliah umum di hadapan ratusan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Depok, (16/11/2016).

Ancaman tersebut bukan lagi teori. Ancaman itu sudah ada. Seperti misalnya ditemukannya sejumlah kapal ikan asal Tiongkok yang dikawal oleh kapal penjaga pantai Tiongkok di perairan ZEE Indonesia dekat Pulau Natuna.

Seperti kapal ikan Gui Bei Yu 27088 yang ditangkap perairan Natuna pada Mei lalu. “Jangan khawatirkan kapal ikannya saja, tapi coba perhatikan kapal pengawalnya. Dengan adanya kapal pengawal, berarti Tiongkok telah mengklaim perairan itu sebagai wilayahnya,” ungkapnya.

Selain itu, adanya klaim Tiongkok terhadap sebagian wilayahnya di negara Asia Tenggara berdasarkan sejarah masa lalunya, juga ikut menjadi kerisauan tersendiri bagi Indonesia dan negara-negara lain seperti Vietnam dan Myanmar.

“Tiongkok bisa saja mengirim satu juta warganya untuk mengklaim tanah di Vietnam karena Tiongkok dulu punya wilayah di sana,” ujarnya.

Jenderal Gatot Nurmantyo menambahkan ancaman tersebut tidak hanya diantisipasi dengan cara-cara militer, namun juga dengan mengajak masyarakat untuk menumbuhkan kembali semangat persatuan.

Sumber : JPNN.com

Bagikan:

  82 Responses to “Ancaman Terhadap Natuna Adalah Nyata”

  1.  

    Di utara tiongkok sedang bersiap siap masuk Ri jika terjadi kekacauan demikian pula di selatan As dah ancang ancang pula.Semoga tanggal 25 nanti situasi tetap kondusif.

  2.  

    pemimpin yang luar biasa, semoga allah selalu meridhoi langkah bapak..

  3.  

    Lalu ….
    apakah kita diam saja???

    •  

      Ancaman China membuat mata para pejabat yg dulunya picekkk jadi pada melek….tapi ada juga yg picekkk gak mari mari..ahaha anehh anehh..

      Kemana saja para pejabat kita selama ini..berbuat apa saja ?? buat alutsista yg bukan ecek ecek belum ?? Berapa jml senjta tni di gudang ??

      Dengan berat hati saya akui teknologi militer china masih diatas dan indonesia bukan lawan sepadan china, dan indonesia musti kejar ketertinggalannya jangan slow slow saja…apa lagi piceeekk maneh..

      Pendek kata Ini perang jaman rudal dan perang ekonomi, aturan china/aturan darwinisme/komunis siapa yg kuat bakal berkuasa..siapa yg lemah bakal dimangsa..

      Ahh Memang susah menjelaskan maknanya tapi kalo sudah kejadian baru plonga plongo koyo kebo…ya itulah terlalu slow

      •  

        setuju bung seto

      •  

        perang terang2 g mungkin bro.. apa kata dunia jika sebuah negara menginvasi sebuah negara berdaulat? justru akan mendapat tentangan dan dukungan dari negara lain.

        kecuali ada yg mengacaukan situasi kemamanan dan memecah belah persatuan didalam sebuah negara. seperti menginvasi sebuah negara dgn alasan perang thd teroris, senjata pemusnah masal dan kudeta yg terjadi ddlm nya

      •  

        teknologi militer cina itu semuanya copian dari bule2 barat, dan banyak dari juga bantuan dari israel…kan memang cina di rancang akan di benturkan dg indonesia.

        contoh bantuan israel…pesawat J10…itu kopian LAVI, tank ZBD99/type 99 juga tidak lepas dari tangan bantuan isarel teruram teknologi auto loader…drone cina yg mirip drone USA MQ1 juga bantuan israel. Radar Aesa nya juga. dan missile c705 dan c802 itu kopian exocet. tapi semua itu hanya kualiats KW2. lah sama yg kw 1 blangusng buatan barat aja kita tidak takut.

        Hampir tak ada yg original buatan china…yg revolusioner atau innovatif.

  4.  

    Sebelum menyerang secara militer China sudah mengirimkan ribuan pasukannya yg menyamar sebagai turis dan tenaga kerja asing ke Indonesia memanfaatkan bebas visa. Bisa saja kan?

  5.  

    Kalo yg digembar gemborkan dan yg diekspose trus serta dibicarakan terus itu tentang musuh yg diutara, sejatinya pak Gatot menyimpan rapat2 konflik sesungguhnya yaitu yg di Selatan. Kalo selama ini yg diekspose tentang pembangunan basis militer di Natuna, sebenarnya saya yakin TNI sedang mempersiapkan yg lebih besar lg di selatan. Biasanya seperti itu gaya diplomasi TNI.
    Apa kabar blok Masela.?

  6.  

    bukannya di blog dan forum militer sudah di bahas beberapa tahun lalu soal ancaman kedaulatan di lcs kok panglima dan para pejabatnya baru rame karang ya…

    •  

      beda presiden bung, wong dulu kapal kkp sampai dibully coast guard china…

      dulu kan zero enemy thousand friends..

      •  

        ahahahahhahah karena bersenandung lagu dengan irama gitar kreatifitas tiada henti menciptakan 5 album 40 lagu. dapatkan di toko kaset kusut terdekat.

        bapak lagi ceck sound jangan di ganggu stel auto pilot aja..
        ——————————————————
        dulu para pejuang berkorban dengan persenjataan ala kadarnya bambu runcing, golok,parang,keris dan senjata api rampasan, tapi hebatnya bisa memperjuangkan surabaya yg notabene diserang inggris the king of war dan kita menang.

        gk terbayang jika si bapak ini jd pejuang kemerdekaan???pst akan berkata “Nunggu Alutsista yg Moderen Dulu Berdatangan Baru kita War” 😀 kalo alutsita canggih baru bisa berani????sungguh analogi yg kekanak kanakakan.

        Baper tingkat kronis, pencuriga & selalu merasa dizalimi.

    •  

      Baru rame skrng bung, soalnya alutsista yg modern baru berdatangan sejak 2014 sampe sekarang dan sampe tahun 2019 nanti terus berdatangan pembelian alutsista pemerintah yg lalu.
      Terima kasih saya ucapkan kepada presiden yg terdahulu atas peremajaan alutsista TNI, sehingga presiden yg srkarang punya nyali krn ada alutsista yg dibeli pemerintah sebelumnya……xixixi

      Monggo

      •  

        Bung Ruskye @

        Ini saya suka..walau bagaimanapun kita harus bijaksana dalam menilai waktu . Jaman bapak besar dulu TNI AD – AL – AU adalah macan ompong , jadi wajar sebagai Pati TNI – POLRI bapak besar sangat berhati” dalam bertindak / merespons segala tindakan musuh , mengingat efex yg dihasilkan akan menyebar kemana” termasuk rakyat Indonesia . Darisitulah dibuka program MEF yang tujuan’a meningkatkan daya dobrak TNI di matra , dan setelah 10 tahun si macan Ompong menjelma menjadi macan yang sedang tumbuh gigi ( Lagi gatel”a ) karena punya senjata yg bisa di andalkan .
        Kalau sekarang pak JOKOWI berani tegas ya wajar karena TNI sudah bisa dikatakan kokoh disetiap matra . Semoga saja pak JOKOWI tidak terlena dan terus melanjutkan program MEF hingga tuntas dan mencapai tujuan’a ” Menjadikan TNI macan ASIA “

        •  

          jeng, coba catatan sejarahnya dibuka lagi,

          khususnya untuk matra laut, 4 unit sigma diponegoro class dan 3 unit bung tomo class udah diterima di masa “bapak besar” dan belum ada penambahan kekuatan yang signifikan hingga saat ini (kecuali sejumlah kcr).

          jadi di masa “bapak besar” TNI AL adalah macan ompong hanya karena kurang bbrp kcr ?

          dan TNI AL ujug2 jadi kokoh hanya karena ditambah beberapa kcr? xixixixi…

          emang tegas thd china itu hanya butuh tambahan bbrp kcr dan bukan terutama masalah nyali ? xixixixixi…

          •  

            bang..ubed sama kawe…ayo dong move on.come on on on oon…misal pajoko..dua priode.memimpin dan setelah pangsion ..nerima kah anda ??jika beliau di hujat di jelek di hina dinakan oleh pendukung presiden baru untuk menutupi kekurangan pemerintahnya..??…..ayoolah..saya udah bosan dengan komen anda berdua…ituuu..aja……saya pikir pa joko juga klo baca komen anda sebelll.bin empet…….pa joko orangnya santuun lhoo…mas..!lihat cara beliau berkomunikasi dengan prabowo …….trmakasih……wallohu khoirul maakirin..salam NKRI…

    •  

      @ PAWANG RUDAL ; kepending bikin album

  7.  

    Berani serang Indonesia harus terima pukulan \indonesia. Seperti orang kelahi kalah menang urusan belakang, yang penting harus bisa memberi kerugian pada penyerang. Kalo bisa bikin cacat seumur hidup bagi penyerang. Biarpun china negara bermiliter besar, tapi Indonesia tak akan tunduk pada China. Indonesia harus mulai kembangkan senjata kimia maupun biologi ataupun nuklir demi menjaga negara dengan pembalasan terhadap negara penyerang. Masalahnya saat ini senjata terbaru yang mematikan di dunia adalah uang dan eknomi suatu negara. Dan itu sdh dimiliki China plus dukungan besarnya wilayah dan penduduknya. Dan Indonesia dari segala lini harus saling menjaga dan mengontrol pergerakan imigran penduduk china di wilayah negara ini sebelum menjadi bumerang di kemudian hari. Dan pemerintah perlu mengetahui kadar nasionalisme penduduk china keturunan besrta pembinaannya. Bukannya rasis pada warga keturunan, tapi ancaman NKRI kedepan perlu jadi kajian sebagai upaya antisipasi dari segala sudut celah yang membahayakan keamanan Indonesia baik eksternal maupun internal di Republik tercinta ini. WELL MICH OF CUCUMBIE

    •  

      terus bagaimana ANCAMAN FPDA ? Menurut sodara nyata yang mana FPDA dengan CHINA ? kalau china belum teruji kenakalan nya di NKRI (kecuali personal) tapi kalau FPDA sgudang keburukan mereka terhadap kadaulatan BANGSA, waspada FPDA

    •  

      sembil menunggu MEF terpenuhi sebaiknya RI harus segera menguasai teknologi rudal.

      org lain bilang borong Su35
      org lain bilang borong s400
      org lain bilang borong destroyer
      org lain bilang borong leopard

      ane bilang.. segera bikin RUDAL..DAL…DAL

  8.  

    msh jd naga buntung aja klaimnya di laut seng ada lawan, apalagi klo sdh jd naga raksasa menggantikan Usa, bisa2 daratan diklaim jg, gak kebayang klo klaim penguasaan mongol dijadikan dasar, tp klo gak gitu mo taruh dimana penduduknya yg miliaran

  9.  

    Orang-orang yang mengatasnamakan LSM anti nuklir itu piceekk apa ndak Bung Sego? Atau orang-orang yang dikit-dikit demo dan menafikkan musyawarah piiicceeek juga Bung Sego…?

    •  

      justru nuklir yg menjadi alasan kuat mreka akan menginvasi NKRI, contoh deket kan sudah ada bung “IRAK”
      tuh KORUT dan IRAN bentar lg menunggu waktu dan untung nya politik luar negri mreka hebat dan persatuannya lebih kuat/solid dibandingkan kita (entah unsur paksaan atau memang demikian adanya).

      yg jelas alutsista memang sebuah diplomasi militer tapi lebih baik lagi jika kita pandai merangkul/berteman dengan musuh dari musuh.

      getoh loh bro

    •  

      Kayaknya bung wakaakakaka..terlalu memang..

  10.  

    Darah itu merah cin…. kita mulai dari diri kita… boikot semua produk2 buatan china.. jajal pada wani ora.?? jangan cuma bisa nyumpahin pemerintah…

  11.  

    Saya hanya member gambaran efek dari sebuah ledak baik dari bahan llow dan high

    Bahan low baik itu petasan dll
    dg berat 1 gram jika meledak di dekat telinga maka bisa menyebabkan tuli jg gangguan otak
    Jika berat 10 gram bisa menyebab kerusakan permanen pd telinga otak dan mata.
    Jika dg berat 50gram bisa memecahkan tengkorak manusia

    Untuk yg jenis bhn high kelipatannya ledaknya bisa beribu kali.

    Jadi anda bisa bayangkan sendiri kl donfeng dg berat beratus kg bahan high
    Meledak di sekitar kalian.

    Banyak amal perbuatan saudaraku
    Biar setelah di goreng dongfeng tidak di goreng lg sama malaikat

    Salam

  12.  

    cinak emang suka bikin onar di wilayah lain, asal ingat aja meski sekuat apapun negara atau manusia itu,jika terlalu rakus dan sombongnya gak ketulungan, tuhan gak akan membiarkannya. yakin ajalah.

  13.  

    Segera saja dieksplorasi /eksploitasi semua SDA yg ada di wil. terluar/zee (seperti blok natuna & masela), untuk menunjukan eksistensi RI di wil. tsb.

  14.  

    Tenang saja teman-teman, yang penting kita tetap waspada. Jika ada penyusup China masuk seperti gaya Kuda Troya, kita habisi saja, tohh mereka tidak tahu rumah kita, emang kita takut apa. Jika kita di anggap musuh oleh China, dan itu merupakan ancaman, maka perlu gertakan dan perlawanan keras dari TNI di tambah diplomasi yang handal, setelah itu saya yakin itu China pasti balik kanan. Sejatinya China akan berpikir 100x kalau mau serang Indonesia, mereka bisanya mengklaim doang, soalnya kebanyakan penduduk dan pengeluaran negara, tetapi Asutralia, AS, Portugal, Belanda dan Inggris tidak pernah berpikir apapun untuk menyerang kita, lihat saja Libya, Irak dan Syria, negara ini di bikin porak poranda karena ulah mereka, padahal negara poros setan ini tidak berbatasan dengan mereka, yang ini perlu kita waspadai sebenarnya.Cadangan jarahan negara AS, Belanda, Portugal, Inggris dan di bantu Asutralia sudah menipis, mereka akan mencari cara menjarah lagi Indonesia negara tropis yang kaya sumber daya alam dan aneka ragam hasil bumi. Mereka adalah musuh-musuh sebenarnya.

  15.  

    Kalau china boleh mengakui wilayah yang dulu dikuasainya… apakah kita juga bisa klaim wilayah yang dulu sempat dikuasai para raja (nusantara) boleh dikalim lg kah… boleh?

  16.  

    @seto gondo jayadi agung
    Setuju bung komen anda.

  17.  

    Jangan alergi dengan perang ,toh tetap ada gunanya . Penduduk dunia sudah tidak ideal lagi .Daya tampung bumi sudah overload .Dengan adanya perang,wabah penyakit bagi manusia secara langsung atau lewat binantang ternak dan tumbuhan akan menimbuklan kelaparan dan kematian ,bencana adalah cara Tuhan untuk menyeimbangkan penduduk bumi . Jadi perang sebagai salah satu untuk menciptakan ekosistem bumi yang sehat tetap di perlukan . Maka agar kita tidak jadi korban persiapkan alutsista dengan yang terbaik,lebih unggul dari lawan ,jangan alutsista yang hanya bagus untuk parade saja karena sebetulnya ompong.

  18.  

    apa daya sego jagung jadi bubur

  19.  

    Kalau Panglima TNI sudah ngomong secara terbuka tentang ancaman nyata dari pihak luar terhadap NKRI bagi saya bukan soal tahu nya saat ini atau sudah dari dulu (saya yakin dulu juga sudah tahu) namun yang terpenting adalah adanya pengakuan secara terbuka dari petinggi militer kita bahwa ADA ancaman NYATA itu bagus sekali, meningkatkan kesadaran bela negara bangsa Indonesia

    soalnya dulu dulu selalu dikatakan tidak ada ancaman perang terbuka dengan pihak luar sampai sepuluh tahun kedepan bla bla bla ………..

  20.  

    @nyinyir : Indonesia memperioritaskan 7 item dari 18 item Alpalhankam.
    Kelompok alpalhankam itu sendiri terdiri dari kendaraan tempur, MKB, propelan, roket, senjata, kapal perang atas air, kapal selam, CMS, pesawat tempur, pesawat angkut, UAV, radar, satelit, peluru kendali, bom, alat komunikasi, almatsus Polri, dan nonalutsista.

    “Setelah dilihat tujuh itu, ketemulah prioritas, seperti propelan, roket, rudal, medium tank, radar, kapal selam, pesawat tempur,” kata Ketua Bidang Alih Teknologi dan Ofset Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) Laksamana Muda Purn Rachmad Lubis di Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (10/11/2016).

    •  

      trus arahnya kmn bung?
      itu baru kan.. sedang akan atau wacana?

      “Kamis (10/11/2016)”

      telat bung.. terlalu lama bobok nya sehingga kesiangan dikepung musuh..

    •  

      @nyinyir : Apakah dari kesemua (18 item) belum pernah di laksanakan atau di kerjakan sama sekali?
      Butuh dedikasi lebih dari sekedar bicara jika ingin mencapai hasil yang di inginkan.
      China saja yang termasuk negara yang sering mendapatkan ToT dari negara luar harus membutuhkan waktu di atas 5 tahun.
      Perlu anda ketahui, dari zaman Indonesia merdeka hingga sekarang, para ahli kita (Lapan dan lainnya) belum dapat mencapai target yang di inginkan.
      Oleh karena itu, dari 18 item Alpalhankam, hanya memperioritaskan 7 item Alpalhankam, yaitu propelan, roket, rudal, tank medium, radar, kapal selam dan pesawat tempur.
      Btw tidak ada kata terlambat untuk mencapai kemandirian alutista.

  21.  

    Tes

  22.  

    Sekedar mengingatkan lagi histori sejarah Indonesia agar hal ini buat pembelajaran bagi orang2 yang sok suci dan munafik ingat…kejayaan kerajaan Sriwijaya dan Mojopahit…yang hancur karena hal sepele karena permasalahan di dalam internal kerajaan itu sendiri…sungguh tragis kerajaan yang besar itu hancur dan tak pernah berbekas….saya juga salut dengan Bapak panglima kita yang sdh membeberkan permasalahan yang akan dihadapi oleh NKRI kedepannya semoga generasi muda kita yang mendengarkan bisa mencermati dan lebih berhati-hati dalam bertindak, dan jangan mudah dihasut dan diadu domba…kita butuhkan persatuan dan kesatuan untuk menjaga wilayah NKRI dari rongrongan bandit-bandit dari negara luar yang ingin mengincer kekayaan SDA negara Kesatuan Republik Indonesia yang kami cintai ini, TNI dan Rakyat harus bersatu padu membangun silahturahmi bernegara agar NKRI tetap kuat dan solit shg negara luar yang akan usil akan berpikir 100X…

  23.  

    ya’juj ma’juj itu bangsa manusia yang tak terkalahkan, jahat dan kejam, serta tak bermoral dan berotak cerdas. menurut banyak para ahli, ya’juj dan ma’juj itu sudah lama keluar dari rumah aslinya…dan sudah sering berbuat kerusakan dan kejahatan di muka bumi.

    menurutku…YM ini adalah bangsa eropa barat yg keturunan suku kazars yg menguasai posisi tinggi /penting diseluruh negeri negeri itu. mereka sudah terbukti perusak , jahat dan tak bermoral….lihat daftar ngeri2 yg diduduki dan di genoside (aborigin, indian amerika utara dan selatan, afsel, negara afrika lainnya ).

    sedangkan cina belum pernah satu kalipun menaklukan dunia atau menggenoside penduduk negeri..sebenarnya meraka itu bangsa 2 yg besar, baik, berbudaya tinggi, bermoral tinggi (dg banyak lahirnya filsuf2 besar disana) dan mereka saling menaklukkan satu dg yg lainya, sehingga tidak sempat utk melakukan penklukan keluar wilayah cina.

    Hanya pada zaman akhir dunia ini mereka telah ter pengaruh dan menjual diri menjadi anak buah dajjal dan akhirnya menjadi seperti bangsa YM.

  24.  

    Yah itulah kawan2, yg terpenting jgn sampai mau diadu domba, siapapun pemimpin RI yang sah hrs kita dukung. Jgn ada makar ato kudeta terhadap negara, biar RI semakin maju.

  25.  

    Pepatah mengatakan MUSUH DARI MUSUH KU ADALAH TEMAN KU……

  26.  

    Bener kata bung seto, ancaman nyata itu cina dan neo komunis, skrg ini byk warga negara cina yg bekerja di ri tanpa dokumen yg jelas,mereka tdk bisa bahasa indonesia dan ini nyata,klo ini dijadikan siasat kuda troly gmn? Apakah pemerintah tau n sadar?

  27.  

    Test..

  28.  

    Ancaman thd Natuna? Mungkin tepatnya Laut ZEE Natuna yg kaya SDA Oil, Gas & Perikanan. Gak usah takut sama China, mereka juga mikir 2x utk clash dg RI, krn lebih besar ruginya drpd untungnya.

  29.  

    Politik luar negeri indonesia adalah bebas aktif bukan politik netral.bebas artinya indonesia bisa memihak kemanapun negara yg dianggap benar dan bisa bersekutu dgn siapapun.aktif berarti indonesia senantiasa turut berupaya menciptakan perdamaian dunia.dlm kasus lcs indonesia bisa berpihK kepada asean dlm membendung ambisi cina karena kawasan asean adalah kepentingan indonesia juga.sudah seharusnya indonesia bersama negara asean bersatu menghadapi cina.tksh.

  30.  

    Test

  31.  

    Yang muda di cekoki ton-tonan narkoba, yang tua dicekoki sama kartu sakti, yang penguasa dicekoki sama uang, yang masyarakat di adudomba dengan isu SARA. Begitulah aseng berstrategi.
    Panglima TNI bilang Umat Islam adalah garda terakhir keutuhan NKRI. Tanpa mengesampingkan peran agama lain
    Umat Islam bilang TNI adalah garda terdepan keutuhan NKRI.
    Trus yang tengah-tengah mana? bukan mabuk narkoba kan

  32.  

    alangkah baiknya wilayah di kasih pagar goib aja…

  33.  

    alangkah baiknya wilayah itu dikasih pagar goib aja.. negara kita ini kan juga terkenal ilmu” sperti itu..

 Leave a Reply