Sep 172014
 
Kapal Selam Changbogo

Kapal Selam Changbogo

Jakarta – Rapat kerja Menteri BUMN Dahlan Iskan dengan Komisi VI DPR hakhirnya menyetujui pemberian dana segar, berupa penyertaan modal negara (PMN) Rp 1,5 triliun kepada PT PAL Indonesia (Persero).

Rapat yang berlangsung singkat 20 menit, dimulai pukul 20.00 WIB. Dana Rp 1,5 triliun ini diberikan dalam bentuk tunai, untuk proyek pembuatan kapal selam pertama.

Adapun suntikan modal untuk PAL, akan masuk dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2015. Kapal selam akan dibuat PAL di fasilitas miliknya yang berlokasi di Surabaya.

“Komisi VI dapat menyetujui usulan PMN dalam RAPBN 2015 sesuai surat Menteri BUMN kepada PAL senilai Rp 1,5 triliun dalam bentuk tunai, untuk pembangunan fasilitas kapal selam, dan penyediaan sumber daya manusia untuk bangun kapal selam,” kata Ketua Komisi VI DPR, Airlangga Hertarto dalam rapat di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (16/9/2014).

Dahlan-DPR Rapat 20 Menit, BUMN Ini Dapat Rp 1,5 T Untuk Bikin Kapal Selam (photo: detik.com)

Dahlan-DPR Rapat 20 Menit, BUMN Ini Dapat Rp 1,5 T Untuk Bikin Kapal Selam (photo: detik.com)

PAL membutuhkan total dana Rp 2,5 triliun untuk pengembangan kapal selam ini. Namun untuk tahun depan, dana yang disetujui baru mencapai Rp 1,5 triliun.

Uang ini, rencananya digunakan untuk membangun fasilitas pengembangan kapal selam, pembelian peralatan produksi, dan lain-lain yang menunjang pembangunan kapal selam tersebut. (detik.com).

jakartagreater.com

  109 Responses to “Anggaran Kapal Selam Indonesia, Cair”

  1.  

    Lebih cepat lebih baik
    biar lambat asal selamet
    alon alon asal kelakon

    esok lusa kagak janji …

  2.  

    Selamat akhirnya cair juga, selanjutnya adalah era baru pembuatan kapal selam nasional. Tapi by the way, kenapa uang sebesar itu dicairkan dalam bentuk tunai ya, bukannya kita sdh mengurangi transaksi tunai?

  3.  

    pa kbar bung grey,
    klo sudah bisa produksi ks sendiri, mau bikin ks model apasaja, dengan kemampuan dan persenjataan apasaja adalah suatu keniscayaan. melihat kekuatan dan potensi bangsa ini, apapun bisa dibuat, asal punya kemauan yg kuat dan bersungguh2, klo pak ustafz bilang “man jadda wajada”.
    tapi dalan mencapai cita2 pasti ada hal dan rintang, itu yg harus disadar, diwaspadai dan dicari solusinya. sabotase dari dalam dan
    luar, trlebih dr yg tidak suka mlihat kmjuan bnsa ini, adalh hal yg sngt mungkin.
    smoga sodara2 yg terlibat dlm pngambangn ks rs nasional kita diberi kemudahan dan kelancaran.

  4.  

    Alhamdulillah cair sebagian, Insya Allah yg lain segera ikut cair. Insya Allah kapal selam Indonesia tambah banyak dan tambah gahar. Amiin..

    •  

      Insya Allah kapal selamnya bisa minum segala macam bahan bakar, punya banyak alternatif sumber energi, irit biaya operasi. Bisa sering-sering meronda di lautan NKRI. Amiin..

      Insya Allah Litbang TNI mendapat kemudahan dan rejeki selalu berinovasi dan membuat produk alutsista nomor satu beserta pendukungnya. Amiin..

      #tambahandoa

  5.  

    wah PAL jadi punya pembiakan hiu ama paus tambah banyak nich yg di angon ama bung PS h.h.h..

  6.  

    hehehe… :mrgreen:

  7.  

    Selamat menyongsong INDONESIA HEBAT!!!!

  8.  

    cair krn efek PDIP cs sdh tumpul, n KMP solid..?

  9.  

    Singkat kata : Alhamdulillah…semoga semua proses berjalan lancar hingga KS nya bs diwujudkan & dioperasikan utk menambah kekuatan pertahanan NKRI

  10.  

    Ayo di laksanaken belanja material plus sembakonya dlu.
    Buruan, tar di sunat2 pulak.

  11.  

    bung banzai kalo masalah uang di bank emang banyak, tp mereka juga butuh jaminan kepastian buat ngucurin dana itu, saya setuju dengan pandangan anda tentang rencana b, hehe,,,
    bung ghi kalo masih ruwet minta jolong bung pocong biar di jepret, setuju?? hehe

  12.  

    Ijin melintas warjager dan para sesepuh selama ini sr semoga tidak ada aral melintang dalam pembuatan kaselnya amiin.

  13.  

    Jangan2 pemerintahan yg akan dipimpin jokowi tidak mendapat restu, selain anggaran pertahanan kecil, negara2 luar yg akan menjual alutsistanya minta dibayar kontan & harus ijin dahulu dengan pemerintahnya. apakah kredit eksport jaman SBY akan terulang di jaman jokowi? nampaknya negara2 luar lebih tau proyeksi Indonesia kedepan dari pada rakyat Indonesia sendiri.

  14.  

    Alhamdulillah sudah siap dicairkan.. ayo PT. PAL, Ayo Indonesia mari kembangkan sendiri Tekhnologi Nasional kita.. Indonesia Bisa !!! Indonesia Matoh !!!

  15.  

    X aja ke depan Ya bisa bikin Changbogo yg Bawa bulava,,,,

  16.  

    Lanjutken…..!!! Rakyat selalu mendukung dan menanti kehebatan dan ketangguahan TNI masa kini dan masa nanti. Salam hangat buat Komandan PS 🙂

  17.  

    Maju terus PT PAL….

  18.  

    Ks mini gmna kbarnya ya..sea ghost jg anteng2 aja..trus itu kapal buaya gmna..hee.. Moga ssepuh brknan ngasih lampu neon biar trang..

  19.  

    Disyukuri, sambil terus berharap yg trbaik utk negeri ini…

  20.  

    udah…. fokuskan ajah dulu buat KS pesanan TNI-AL yang TOT dengan korea, jangan sampai maunya banyak tapi mangkrak ditengah jalan kayak proyek-proyek pemerintah yang lain