Apr 292015
 

tni

Jakarta – Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto menegaskan pentingnya transparansi anggaran militer untuk Minimum Essential Force (MEF), antara lain untuk mambangun iklim saling percaya dalam kehidupan bertetangga.

“Jangan sampai usaha untuk memperkuat perbatasan disalahartikan negara tetangga,” kata Andi Widjajanto, yang berbicara sebagai panelis dalam Forum Akuntabilitas Nasional Bidang Pertahanan di Balai Samudera, Jakarta Utara, Selasa (28/4).

Secara berseloroh Seskab Andi menambahkan pentingnya transparansi dalam mengelola anggaran bidang pertahanan. “Untuk pertahanan, masalah transparansi sederhana saja. Kalau tidak bisa dilakukan, maka prajurit mati.”

Andi kemudian menjelaskan bahwa pihak pengadaan barang dan jasa harus memahami sistem persenjataan.

“Saat beli Sukhoi (pesawat tempur Sukhoi SU-35), yang dibeli seluruh sistemnya, life cycle approuch. Satu siklus hidup dari senjata itu harus dipahami. Anggarannya harus komprehensif ke senjatanya,” kata Andi.

Seskab Andi Widjajanto sebagai panelis dalam Forum Akuntabilitas Nasional Bidang Pertahanan di Balai Samudera, Jakarta Utara, Selasa (28/4).

Seskab Andi Widjajanto sebagai panelis dalam Forum Akuntabilitas Nasional Bidang Pertahanan di Balai Samudera, Jakarta Utara, Selasa (28/4).

Menjawab pertanyaan seputar akuntabilitas dan transparansi, Seskab Andi Widjajanto mengatakan bahwa kebijakan pertahanan merupakan bagian dari janji kampanye Joko Widodo (Jokowi) sebagai Calon Presiden dengan mengusung politik pertahanan. Janji itu, menurut Andi, harus dipertanggungjawabkan.

Selain itu akuntabilitas dalam kebijakan pertahanan sesuai doktrin negara, yakni dari “zero enemies” menjadi “poros matitim dunia”.

“Hanya doktrin dasar TNI saja yang tidak berubah, yakni doktrin Pertahanan Semesta yang tidak pernah bergeser. Rakyat perlu diyakinkan masa pemerintahan Jokowi sesuai dengan doktrin poros maritim,” kata Andi.

Sedang mengenai transparansi, Andi mengatakan bahwa hal itu bertalian dengan upaya penangkalan.

“Dulu segala jenis senjata kekuatan pertahanan sifatnya rahasia. Sekarang ini untuk penangkalan yang gunanya penting untuk pertahanan dari negara-negara lain,” katanya.

Dengan transparansi, Andi Widjajanto melanjutkan, masyarakat luas menjadi tahu bahwa modernisasi yang kita lakukan bukanlah untuk tujuan perlombaan persenjataan, melainkan sebagai upaya modernisasi kekuatan angkatan laut dan udara.

Selain Andi Widjajanto, sebagai pengamat militer, hadir Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan DR. Marwanto Harjowiryono, M.A. Kepala BPKP. Forum diikuti antara lain BPK, Kementerian Pertahanan, BIN, dan Lembaga Sandi Negara. (Setkab.go.id)

  50 Responses to “Anggaran Militer Harus Dikelola Transparan”

  1.  

    1

  2.  

    setuju

  3.  

    Anggaran lagi..

    •  

      Bung danu mana sih kok lama gk nimbrung?? Bung danu..gimana nihh mslh anggaran militer hrs transparan gk sihh kok sy bingung?

      Trimss..

      •  

        anggaran harus transparan bung. tetapi spesifikasi dari alat yang dibeli tidak perlu terlalu detail. contoh : pembelian ks dengan kemampuan serang darat dan permukaan dengan kemampuan jarak min 200km. mampu bertahan dibawah permukaan selama 1 bulan tanpa perlu isi ulang baik perbekalan maupun oksigen. bisa mengantar sf sebanyak minimal 20 orang. dan lain sebagainya. anggaran usd x.xxxb.

  4.  

    brani?

  5.  

    Mnding ttp rahasia.. msa perthnan di umbar2

    •  

      Yang dirahsiakan itu adalah jenis,jumlah,dan penempatan. Dan tidak selamanya yang rahasia akan di tutup, pasti suatu saat akan dipublikasikan dan diganti dengan rahasia yang baru. Ingat kata panglima di atas rahasia masih ada rahasia.

  6.  

    Boleh dibabar transparan tp harus ada anggaran yg harus tetep rahasia

  7.  

    anggaran jgn di jadikan bancakan oknum2 rakus yg berjiwa pailit,tanpa mengesampingkan rahasia negara.

  8.  

    Akhirnya SU 35 keceplosan juga nih ini salah bung diego apa wartawannya nih

  9.  

    tetep harus ada yg goib kalo semua dibuka dipublik bisa dipetakan oleh negara laen

  10.  

    “Saat beli Sukhoi (pesawat tempur Sukhoi SU-35), yang dibeli seluruh sistemnya, life cycle approuch. Satu siklus hidup dari senjata itu harus dipahami. Anggarannya harus komprehensif ke senjatanya,” kata Andi.

  11.  

    brarti tinggal nunggu pesawat gen 5 dari uncle bear

  12.  

    Ya tetap saja harus ada yang ghoib. Kalau ada yang ngasih langsung serang saja, cuussss muncul puluhan lontong, ratusan kapal destroyer dan 10 skuadron su 50. Amin.

  13.  

    Pejabat ngomong mbulet,wartawan meluruskan tapi malah jadi bengkok ” (Pesawat sukhoi SU 35 ) bahasa tulis wartawan,dari mana dia tahu yang dimaksud Andi.W. Sukoi itu SU 35.??

  14.  

    apik wae pak,saya rakyat petani,buruh hanya pengen tidur nyenyak,berangkat kerja aman dari begal,

  15.  

    Ini yg saya suka…biar rakyat bangga akan TNI…

  16.  

    Masih aja mikirin tetangga ,, tetangga aja belum tentu mikirin kita ,, Indonesia boleh baik Tapi jangn terlalu baik ,, ngelunjak ntaar tuh para tetangga ,,
    Gk yg utara gk yg selatan gk yg timur gk yg barat
    Bapeeet semua nyaa ,, !!!

  17.  

    Wah ini sungkan apa malah nyindir tetangga roh….kok mbulet…….yah kalo transparan kayaknya krg pass…lebih pas nya terkendali n dapat dipertanggung jawabkan……

  18.  

    Ini aroma pesanan asing. Untuk melemahkan wibawa bangsa. Mana ada di dunia ini negara yg belanja alutsista dikelola secara tranparant. Karena itu bagian deterent strategi pertahanan. Ga semuanya harus telanjang kaleee…. Apalagi yg sifatnya strategis Harus disamarkan. Salam satu jiwa

  19.  

    yg rahasia harus ada .
    aneh” aja pemerintah sekarang .
    mau di kebiri ni negara .

  20.  

    Apa masih ada oknum berani yg bikin bocor anggaran utk pertahanan negara? kalo masih ada ya kebangetan udah dana terbatas masih ada yg berani nyunat kapan kita bisa beli Kilo class ato pun Destroyer buat memperkuat jargon “Poros Maritim” Dunia

  21.  

    Bung obatnya di minum dulu bung..
    Tarik nafas.. hentakan.. 3x
    Air putihnya dmnuk dlu bung..

  22.  

    Wakakaa..awas ada yg gk kuaat..hati hati naruh botolnya ntar miring miring jatuh tuh botol..pyaar..

  23.  

    maksudnya jgn sampai kita membeli alutsista yg rongsokan seperti F16. Tetap pak jokowi merahasiakan alutsista yg dianggap paling membuat tetangga panas dingin

  24.  

    keceplosan Su35 dibeli…… 😀

    ada berita juga tp bener apa gak ya : ada pengadaan 7 skuadron tp jatah su35 cuma fix 1 dan sisanya yg lbh gede jd rebutan viper, rafale, typhoon & gripen

  25.  

    Yang lucu waktu armada KASEL US kena CILUKBA kemarin…ehh…berdalih kerjasama latihan sama Armada KASEL TNI kita di Tanjung Perak Surabaya…hua..ha..ha…daripada malu SLONONGBOY…dasar US…mo nyusup tanpa permisi…

  26.  

    Apa ini?? Pertahanan negara dibuat transparan dengan alasan tdk ada rasa curiga negara tetangga. Emang sekolahnya dimana juga Andi wijayanto itu?? Pertahanan negara adalah merupakan kelangsungan hidup suatu bangsa, jadi pertahanan emang harus dirahasiakan dari negara lain. Emang kalo kita dah tranpasaran atas kepeimilkan senjata dan alutsista kita, negara lain pada ikutan saling terbuka pada kita?? Jadi komentar Andi wijayanto tersebut tdklah mendasar dan hanya pemikiran picik seseorang. Kalo semua2 yang kita punya selalu tranparan pada negara lain berarti dengan mudah negara lain menghancurkan negeri ini dengan segala kepentingan dan misinya sendiri. Jangan hanya alasan pemberantasan dan pencegahan korupsi terus mengorbankan pertahanan negara ini. Amerika saja yg beralutsista lengkap saja tdk mungkin semua dibuka di publik aplg negara lain. Dengan transparasanyya pertahanan negara bisa dgn mudah negara lain menguasai bangsa ini, bagaikan menelanjangi diri kepada umum.(tindakan seorang yg GILA)………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

  27.  

    ????????

  28.  

    Kilo sudah jalan jalan bung di laut pantai selatan

  29.  

    Hhhaaaaaaaa….??????

  30.  

    Pak Andy Widjajanto ini adalah akademisi UI, dia pengamat, analis militer, jadi secara ilmiah pasti paham dunia kemiliteran, itu keuntungan kabinet Jokowi

    tapi apa betul ya Su-35 udah teken kontrak sampe bisa disebutin begitu gamblang ? ngeri-ngeri sedaappp nih…