JakartaGreater.com - Forum Militer
Mar 082014
 

Militer China

Hari Rabu yang lalu China mengumumkan kenaikan belanja militer terbesar dalam dalam tiga tahun terakhir. Pemerintah China mengatakan akan meningkatkan anggaran pertahanan sebesar 12,2 persen tahun ini menjadi 808.2 milyar Yuan atau sekitar $131.5 milyar USD, bersamaan dengan upaya China untuk mengembangkan lebih banyak senjata berteknologi tinggi untuk pertahanan laut dan udara.

Kenaikan ini meneruskan tren tak terputus kenaikan dua digit dalam anggaran pertahanan Cina, hanya berada di bawah Amerika Serikat dalam jumlah selama dua dekade terakhir.

“Ini berita mengkhawatirkan untuk tetangga China, terutama Jepang,” kata Rory Medcalf, analis keamanan regional di Lowy Institute independen di Sydney.

Mereka yang berpikir Presiden Xi akan lebih memilih berkonsentrasi pada pembangunan domestik daripada ekspansi militer di tengah perlambatan ekonomi telah “meremehkan tekad China untuk membangun lingkungan strategis”, tambahnya .

Anggaran pertahanan 2014 adalah yang pertama bagi Presiden Xi, anak ‘pangeran’ dari seorang sesepuh Partai Komunis yang telah wafat, dan peningkatan pengeluaran tampaknya mencerminkan keinginannya untuk membangun apa yang disebutnya sebagai “China yang kuat dan diremajakan.”

Xi juga belum lama ini mendesak pimpinan militer China bekerja lebih cepat untuk membuat satu-satunya kapal induk mereka siap tempur.

Lonjakan anggaran belanja militer ini adalah yang terbesar sejak kenaikan sebesar 12,7 persen pada tahun 2011.

Kenaikan anggaran militer China sejak 2010. Grafik: VoA

Beberapa jam setelah pengumuman itu, para pejabat di Jepang dan Taiwan menyampaikan kekhawatiran atas tidak adanya rincian tentang bagaimana Beijing akan membelanjakan anggaran tersebut, kekhawatiran yang bergema sampai Washington.

China dan Jepang, sekutu utama AS di kawasan itu, semakin saling siap beradu demi pulau-pulau berbatu tak berpenghuni yang diklaim oleh masing-masing negara di Laut Cina Timur.

Militer China bukanlah “Pramuka dengan tombak”, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina Qin Gang dalam suatu briefing menanggapi kritik Jepang.

“Beberapa orang asing selalu mengharapkan China untuk menjadi anak bawang, ” kata Qin “Jika seperti itu, bagaimana kita bisa menjaga keamanan nasional dan perdamaian dunia?”

Beijing juga mengklaim 90 persen dari 3,5 juta km persegi wilayah Laut Cina Selatan, yang diyakini kaya minyak dan gas. Filipina, Vietnam, Malaysia, Brunei dan Taiwan mengklaim bagian-bagian dari perairan tersebut.

Berbicara pada pembukaan sidang tahunan parlemen China, Ketua parlemen Li Keqiang mengatakan pemerintah akan “memperkuat penelitian dalam pertahanan nasional dan pengembangan senjata dan peralatan teknologi tinggi dan baru ” dan “meningkatkan pertahanan perbatasan, laut dan udara”.

“Kami secara komprehensif akan meningkatkan sifat revolusioner angkatan bersenjata Cina, semakin memodernisasi dan meningkatkan kinerjanya, dan terus meningkatkan pencegahan dan kemampuan tempur di era informasi, “kata Li pada Kongres Nasional Rakyat.

PROYEKSI KEKUATAN

Belanja militer China telah memungkinkan Beijing untuk menciptakan kekuatan modern yang mampu memproyeksikan kekuatan tidak hanya di perairan yang disengketakan di Timur dan Selatan laut China, tetapi juga lebih jauh ke Samudra Pasifik dan Hindia Barat.

Banyak pengeluaran militer yang diperkirakan di luar anggaran resmi, bagaimanapun, dan banyak ahli memperkirakan pengeluaran riil lebih dekat ke $200 miliar USD. Anggaran dasar Departemen Pertahanan AS sendiri untuk tahun fiskal 2014 adalah $526.8 miliar USD.

Perbandingan anggaran pertahanan terhadap GDP. US-China. Grafik: qz.com

 

Perbandingan 10 besar nominal anggaran belanja militer

Lonjakan anggaran China diumumkan ketika negara-negara Asia tengah gugup menghadapi serangkaian langkah terbaru China untuk menegaskan kedaulatannya di wilayah sengketa, memperluas jangkauan militernya dan menantang dominasi tradisional pasukan AS di wilayah tersebut.

Pesawat tempur Cina dan pesawat pengintai sekarang ini secara rutin berpatroli zona identifikasi (ADIZ) kontroversial yang mencakup pulau-pulau yang disengketakan dengan Jepang ndi Laut Cina Timur. Kapal induk Beijing, sementara itu, melanjutkan latihan pertama di Laut Cina Selatan akhir tahun lalu.

Ketika Washington memutuskan untuk meningkatkan kehadiran militernya di Asia pasifik sebagai bagian dari strategi Pivot Asia, Cina sedang membangun kapal selam baru, kapal permukaan dan rudal balistik anti-kapal, dan telah menguji suatu teknologi baru yang bertujuan menghancurkan rudal di udara.

Namun demikian, para ahli mengatakan masih perlu beberapa dekade sebelum militer China sebanding dengan kekuatan angkatan bersenjata Amerika.

CHINA DIMINTA UNTUK Β TRANSPARAN

Kepala sekretaris kabinet Jepang, Yoshihide Suga, mengatakan kurangnya kejelasan Cina dalam kebijakan pertahanan dan pengeluaran menjadi perhatian global.

Sambil mengingatkan tidak ada hal kebutuhan “substansial” untuk meningkatkan anggaran memodernisasi militer China, David Lo, juru bicara Kementerian Pertahanan Taiwan, mengatakan banyak yang masih tersembunyi.

“Transparansi anggaran pertahanan China selalu dipertanyakan, walau banyak terlihat ada sejumlah besar persenjataan militer yang tersembunyi,” katanya .

Di Washington, David Helvey, deputi asisten menteri pertahanan untuk Asia Timur, mengatakan pada sidang komite Senat AS pada hari Selasa bahwa Pentagon sedang berusaha untuk membangun hubungan “sehat” dengan militer China, namun juga mengatakan Beijing harus lebih terbuka mengenai peningkatan kemampuan pasukan bersenjatanya.

Amerika Serikat bulan lalu mengatakan pihaknya khawatir bahwa klaim maritim China di Laut China Selatan adalah upaya untuk mendapatkan cengkraman kendali lautan di wilayah Asia-Pasifik.

“Kami tetap prihatin tentang kurangnya transparansi pertumbuhan militer China dan perilaku yang semakin asertif dalam domain maritim,” kata Helvey.

China telah berulang kali mengatakan bahwa dunia tidak perlu takut dengan peningkatan anggaran pengeluaran militer, yang dikatakan diperlukan militer China untuk tujuan defensif yang sah dan untuk modernisasi peralatan.

Fu Ying, juru bicara parlemen, menegaskan kebijakan tersebut pada Selasa lau, bahwa China sedang mencari perdamaian melalui “kekuatan”.

China akan “merespon secara efektif ” pada segala provokasi oleh mereka yang ingin mensabotase keamanan dan ketertiban wilayah, tambahnya.(reuters.com)

Bagikan :

  36 Responses to “Anggaran Pertahanan China 2014”

  1.  

    pertamax

  2.  

    Melu Nyimak

  3.  

    Ramalan Joyoboyo Tentang Perang Dunia Ketiga

    Besuk yen ana peperangan.
    Teka saka wetan, kulon, kidul lan lor.
    Akeh wong becik saya sengsara.
    Wong jahat saya seneng.
    Wektu iku akeh dhandhang diunekake kuntul.
    Ratu karo Ratu pada rembugan negara endi sing dipilih lan disenengi.
    Hore! Hore!
    Wong Jawa kari separo.
    Landa-Cina kari sejodho.

  4.  

    Jepang dibatasi konstitusi hanya menganggarkan 1% GDP, jika PM Abe berhasil merubahnya dan (misal) sama dengan persentase China (apalagi US) maka Jepang akan ada di posisi 2 dunia dalam anggaran. Jika China terus menaikan anggaran dengan kisaran 2 digit Jepang aka tersusul karena potensi ekonomi yang timpang. Hanya saja tetap ada diurutan 3 besar.

    “Jika”

  5.  

    Lu knapa sih gak mau makai nama okelah lagi
    Enakan nama lama da familier dan sdh kenal biar akrab
    Serius nanya

  6.  

    kurang ngajar proposal peneltian gw ditolak judulnya.,, bahhhhh,,, udah 3 variable katanya,,
    woyy bantu donk!!! kasih kisi2 buat junior2… saya lg buat proposal penelitian tentang hukum.. tapi dari judulnya sedikit melenceng dr tpx… KETERKAITAN HUKUM POLITIK DAN PERTAHANAN..

  7.  

    Thn 2014 saja, $131.5 milyar USD, udah gitu prosentasi terbesarnya belanja domestic,
    On the table lagi, gimana yg asli nya.??

    Lega banget ya,

    # jadi gigit jari nih
    πŸ˜€

    •  

      aslinya diperkirakan 224 milyar USD, hanya sajankonon sebagian diperuntukan bagi kenaikan gaji personil PLA yang besar. ini membuat US lega, selama ini biaya pengeluaran rutin PLA bagi gaji termasuk yg paling kecil persentasenya dan menjadi keuntungan besar bagi PLA karena dana bisa masuk untuk pengadaan.

      standar hidup meningkat di China, bahkan untuk perajurit. demikian juga dengan upah buruh. jika Indonesia masih terus rendah daya saing kesempatan limpahan ekonomi China bisa diambil Vietnam atau Myanmar yg masih punya upahnkerja murah

  8.  

    Jayabhaya raja kadiri abad 12 gak pernah bikin ramalan apapun… Jangka Jayabhaya itu karya sastra buatan antara 1800-1900 dgn mengambil nama jayabhaya untuk melegitimasi.

  9.  

    Berita terbaru amerika geser kapal perang ke laut hitam… Yuk kita lihat langkah2 rusia…

    •  

      Gue pernah baca sebuah koment di formil yg memang masuk akal buat Rusia,
      Rusia meminta dukungan Indonesia untuk mendekati tetangga nya di eropa,
      – German, Francis,
      Memang bila terwujud aliansi ini akan cukup kuat di regional, untuk mereduksi cengkraman pengaruh ASu di eropa.
      Juga bagus untuk program modernisasi militer kita.
      Terkait atau tidak dgn masalah ini, banyak hal yg kita maklumi kenapa kita melakukan perjanjian rahasia dgn Rusia. tapi bagaimana dgn German..??
      asset Alutsista strategis apa yg dimiliki German selain ks, destro dan MBTnya..??

      (kalo ada informasi mohon share ya, trimakasih)

      •  

        Msk akal bung.hub rusia-perancis cukup erat.terlihat dr pemesanan LHD mistral class oleh rusia pdhl kalau mau rusia jg bs buat.mungkin karena faktor hollande yg sosialis.jerman jg punya ketergantungan migas pd rusia.indo dpt memainkan peranannya dgn cantik dan menjadi komanditer (sekutu diam) ketiga negara eropa ini.

  10.  

    Menurut saya kurang tepat jika dikatakan;…Hingga saat ini Republik Rakyat Tiongkok tetap teguh terus mengibarkan tinggi-tinggi panji Marxisme-Leninisme dan konsekuen menjalankan kediktaturan proletariat dalam menjalankan sistem komunis pada garis yang benar sesuai perkembangan sejarah perjuangan kelas yang maju terus pantang mundur…

    ‘konsekuen menjalankan kediktaturan proletariat dalam menjalankan sistem komunis’ mungkin benar dalam arti tetap hanya ada satu partai, partai komunis sebagai kemasan walau jeroannya sudah dimodifikasi (direvisi) pragmatisme Deng Xiaoping, It does not matter whether a cat is black or white; if it catches mice, it is a good cat.
    Dalam ideologi Marxis ‘murni’, paham revisionis adalah dosa terbesar, dan ada yang menyebut Deng-Xiaoping arch-revisionist, revisionis nomor wahid.
    (Within the Marxist movement, the word revisionism is used to refer to various ideas, principles and theories that are based on a significant revision of fundamental Marxist premises. As such, revisionism often carries pejorative connotations -Wiki)

    Salah satu wujud utama komunisme adalah kepemilikan bersama (komunal) atas sarana produksi. Tahun 1999 pasal 11 UUD China diamandemen dan resmi mengakui perusahaan swasta sebagai bagian penting dari ekonomi pasar sosialis. Hari ini, jumlah sedan Rolls Royce milik para taipan/kapitalis China lebih banyak dari yang ada di AS.
    Communism (from Latin communis – common, universal) is a classless, moneyless, and stateless social order structured upon common ownership of the means of production (Wiki).
    Amandemen UUD di atas mencerminkan pokok pikiran Deng Xiaoping, β€œThere is no fundamental contradiction between socialism and a \market economy/ (=kapitalis). The problem is how to develop the productive forces more effectively. We used to have a \planned economy/ (=mirip Ekonomi terpimpin, huruf E pada usdEk, ajaran manipol usdek jaman orla) , but our experience over the years has proved that having a totally planned economy hampers the development of the productive forces to a certain extent.” (Deng Xiaoping, Selected Works, vol. III)

    Salah satu faktor utama yang membuat Cina mampu tumbuh sedemikian rupa menyaingi negara-negara maju lainnya adalah pemahaman mereka yang mendalam akan kebijaksanaan yang dikembangkan oleh bangsa Barat. Kishore Mahbubani berujar bahwa rahasia kebijaksanaan yang membuat peradaban Barat mencapai puncak kejayaannya di abad ke-20 adalah pragmatisme. Lebih dari seabad yang lalu, Jepang telah memahami kebijaksanaan ini dan mengimplementasikannya dalam restorasi Meiji. Tiga dekade yang lalu, seorang pragmatis tulen bernama Deng Xiaoping telah mengubah perjalanan sejarah bangsa Cina dengan menerapkan pragmatisme di setiap bidang kehidupan Cina. -icalkarim.wordpress.com/2010/02/12/cina-dan-etika-pragmatisme.

    Ulasan lengkap misalnya; http://www.zazuli.20m.com/permata/komunisme.htm

    •  

      Pragmatisme adalah kunci tumbuh berkembangnya peradaban….Konflik antar negara pada dasarnya adalah penguasaan sumber2 daya ..ideologi/agama/suku biasanya hanya pembenaran utk mendorong rakyat mau berjuang disisi penguasa mereka…Maka tdk heran Khalifah di Spanyol berhubungan politik erat dgn Raja Romawi di Konstantinopel, sdgkan Raja Perancis berhubungan politik dgn Khalifah Abbassiah di Baghdad…Atau ketika jatuhnya Konstantinopel oleh serbuan Turki Usmani ada fakta unik…pembela2 benteng konstantinopel ada sejumlah tentara Mesir Mamluk Muslim dan Tentara Turki dari Pangeran yg merupakan Paman Sultan Mehmet sendiri yg terusir…Disisi Turki Usmani sendiri ada puluhan ribu pasukan mereka yg merupakan berasal orang Katolik Italia…maupun Ortodks Eropa Timur, Bulgar dll.sebagai konsekuensi mrk sbg rakyat kesultanan Turki usmani……Jadi kalo melihat politk dari sisi hitam putih bahwa perang Konstantinopel perang Islam vs Kristen…bisa bikin salah analisa…

  11.  

    Di tengah perebutan pengaruh ideologi/agama/ras, posisi indonesia gak jelas…kita sebagai bangsa yang terbuka menerima semua pengaruh asing, di sini semua ada semua oke. Kita seperti tidak punya identitas kebangsaan yang jelas. Tidak seperti cina, jepang atau india yang tetap memegang teguh budaya aslinya sebagai identitas bangsa. Saatnya kita mengenal, memahami & membangunkan identitas bangsa yang selama ini seperti kita telantarkan sendiri…

    •  

      Saya justru merasa Indonesia memiliki identitas yang sudah jelas. Indonesia memiliki Sumpah Pemuda : Satu nusa, satu bangsa, satu bahasa untuk menyatukan berbagai suku, bahasa, ras di seluruh pelosok Indonesia. Kerugian negara dengan satu etnis adalah isu primordialisme menjadi ujung tombak perpecahan karena etnis terbiasa menggunakan bahasa, kebiasaan, adat masing-masing sehingga komunikasi antara etnis terputus, contohnya Ukraina saat ini, Cekoslovakia saat dulu, China-Turkistan Timur (Xinjiang).

      Indonesia adalah contoh negara multietnis paling baik yang tidak mengedepankan satu etnis dan satu bahasa etnis tertentu yang mayoritas namun mengambil satu posisi di tengah yang tidak berat sebelah, sehingga menjadikannya bisa diterima seluruh rakyat Indonesia.

  12.  

    Iyah saya rasa presiden sby hrs mendekati perancis dan jerman utk mendukung rusia. Perancis walaupun anggota nato tp selalu bersebarangan dgn inggris dari jaman dulu kala dan perancis tdk pernah tunduk dgn amerika. Jerman apalagi sadar sbg negara besar di eropa, dgn kebangkitan jerman kemungkinan akan timbul rasa superior dibandingkan negara lain makanya amerika hrs menyadap perancis dan jerman utk mengetahui posisi mereka.

    Amerika akan menjadi polisi dunia lagi kalau kita tdk membantu rusia utk menjadi negara balance oposisinya. Rusia sbg teman yg nyata bagi kita tidak salah kalau kita bantu mereka utk mendapatkan dukungan perancis dan jerman di eropa apalagi kalau rusia sendiri yg memintanya kpd kita.

  13.  

    Emang bankrut boss…iuran PBB aja nunggak,obligasi terancam default apalagi kalo rame2 ngegoyang $.bsok2 pasti nodong negara laen minta uang pake ancaman senjata.reman…

  14.  

    Mohon adek-adek Pilihlah ### ###### untuk Jadi Presiden Republik Indonesia

    – BERAS AKAN MURAH
    – BBM MURAH
    – KESEHATAN GRATIS
    – PENDIDIKAN GRATIS
    – TOLERANSI DAN PLURALISME

    RAKYAT AKAN MAKMUR SEMUA
    BAHAGIA DAN SEJAHTERA

    ######, AMANAH RAKYAT

    Pesen Mbah sebagai sesepuh

    •  

      Tuuu kan bener prediksi saya

      Satrio says:
      March 6, 2014 at 3:01 pm

      SEBELUM saya menulis artikel yang terakhir tentang Indonesia harus Non block (Netral)
      Prediksi saya Ancaman fenomena akan ada tarik menarik antara dua blok agar Indonesia beraliansi akan semakin kencang mulai TERBUKTI .
      Hemm dari postingan postingan yang pro china dan pro barat (Usa) akan terus gencar mencoba menggiring opini semua rakyat Indonesia agar mendukung dan memperkuat dukungan ke masing masing blok .
      SETELAH itu baru dimunculkan tokoh tokoh capres unggulan dari masing masing blok .
      Tahap awal mem brain stoming dulu masyrakat indonesia dengan RIBUAN info ,opini, diberbagai sumber informasi,,,memanfaatkan isue isue yang terjadi mulai LCS,papua, timtim (yg sdh kadaluarasa malah) sipadan ligitan,ambalat ,serumpun dll.
      ———————————————————————————————————————————————

      Sayang saya belum sempat baca siapa capres yg diunggulkan mbah bowo jadi saya bisa analisa pergerakannya
      bung now email saya ya siapa yg dimaksut mbah bowo πŸ˜€

      •  

        Ini adalah forum yang bebas berpendapat dan mbah bebas berpendapat juga. Ini adalah negara demokrasi dan semua orang berhak mengemukakan pendapatnya.

        Mohon mbah sebagai orang yang tua mohon di hormati,
        Mbah hanya kagum dengan sosok beliau yang sangat merakyat.
        Beliaulah harapan Indonesia satu-satunya.
        Untuk menyelamatkan Bangsa ini.

      •  

        Salam kenal [email protected]
        Analisis yg mantap bung satrio…..terbukti dr [email protected] mbah bowo di atas

        Pengen banget ktmu sama smpeyan bung, jujur sya kagum sama analisa bung satrio di warjag ……

        •  

          Ane masih penasaran siapa yang dijagoin mbah bowo ,sensor bung now spasinya kok gak sama dengan yg ada kw kw nya πŸ˜€
          bung now email ane yaa

          @Bung AL
          Walah bung ada ada saja sampean ini
          mau ketemu jg ngapain,jgn nawari janda lho πŸ˜€ .kalau tanya yg serius japri aja ,

          @Bung SR
          Kalau anda bener masih 17 thn silahkan belajar disini yang baik diambil yang jelek dibuang saja,
          Kalau ada yang gak jelas boleh tanya saya dan para sesepuh,

  15.  

    sudah lama saya mengikuti blog ini dan saya memilih untuk DIAM sampai setelah saya menulis komen saya ini. dengan skala error 1 s/d tak terhingga dari semua komentar dan artikel yang saya ikuti, sebagi anak kecil (saya masih 17 kak.. πŸ˜€ ) saya sudah bisa menilai. kak admin, dan kakak-kakak yang lain, tolong dibimbinganya ya kak.. di dunia nyata saya sebarkan pemikiran kakak2 semua yang saya nilai “sesuai” dengan SEJARAH DAN KEMUNGKINANNYA.. Serta lindungi KAMI dari OPINI YANG MENYESATKAN. kak Satrio, kak yayan, kak now… ada fans kalian disini πŸ˜€

  16.  

    Hmm…China saat ini sudah tidak sepenuhnya murni menjalankan sistem komunisme terutama di sektor ekonomi, yang sudah mengalami keterbukaan sejak jaman Deng Xiao Ping. Maka itu saat ini sudah mulai terlihat jurang yang besar antara kaum kaya dan kaum miskin. Tekanan pada pemerintah China saat ini adalah mendistribusikan kekayaan dari sekelompok orang ke lebih banyak orang lewat insentif usaha di daerah-daerah yang relatif lebih miskin. China bergantung kepada niat baik pemerintah dalam hal ini politbiro partai komunis China untuk menggunakan kekuasaannya (yang masih otoriter) demi kesejahteraan rakyat, hal ini yang menjadi pembeda dengan sistem demokrasi yang menekankan kepada suara rakyat mayoritas. Baik komunisme maupun demokrasi memiliki kelemahan dan keuntungan masing-masing.

    Untuk Amerika, saat ini hutang mereka sudah sangat besar dan yang mengalami dampak langsung adalah rakyat Amerika sendiri terutama soal kesehatan (Obama care) yang menjadi isu paling panas di Amerika saat ini dimana pemerintah dinilai mengucurkan dana miliaran dolar untuk militer namun sangat pelit untuk rakyatnya sendiri contohnya untuk hal kesehatan. Selain itu isu kebebasan rakyat Amerika saat ini (Amandemen pertama dan kedua) juga sedang panas-panasnya dimana banyak rakyat Amerika resah pemerintah Federal akan menghilangkan kebebasan rakyat Amerika terkait kebebasan berpendapat dan hak menyandang senjata,

    Amerika saat ini dihantui oleh gejolak dalam negeri dibanding luar negeri dan salah satu cara menangkal isu ini adalah pengalihan isu kepada musuh luar negeri untuk membawa rakyat Amerika tidak berfokus kepada masalah dalam negerinya sendiri.

  17.  

    Amirika tdk akan melepaskan Eropa ke pengaruh Rusia krn ada tiga masalah pertama bahan bakar(dg konflik crimea Eropa sangat membutuhkan bahan bakar dr Rusia ttp Amirika melihat ini sbg kesempatan dagang besar karena bahan bakar Amirika berlimpah bisa dijual ke Erapa), kedua pesawat terbang(sebenarnya banyak yg sangat membutuhkan F 35 ttp karena krismon shg Kanada, Belanda, Italia membatalkan pembelian pesawat dr Amirika ini sangat menjengkelkan hrs dikawal kalau tdk dikawal bisa2 pesanan pesawat jatuh ke Rusia yg murah dan sangat menarik di dlm pameran dirgantara dunia militer di prancis) dan ketiga penutupan akses jalur laut Rusia melalui Crimea bila sampai masuk ke laut hitam maka akan menjadi bencana bagi kapal2 AS/NATO menjadi kesulitan krn bisa leluasa menguasai laut Eropa dibantu Tiongkok sdh menggalang lebih dahulu dg negara2 timur tengah dg memberikan pinjaman lunak utk pengembangan minyak, mineral strategis, proyek2 infratruktur, bantuan persenjataan pembuatan jalan rel kereta api dibantu Israel “Med Red Rel” &”Kanal Baja” shg dpt menggunakan empat lautan kaspia, Mediterania, laut hitam dan teluk persia “Four seas Strategi” utk menguasai perdagangan Eropa serta mengamankan bahan bakar dr gangguan kapal2 AS utk pertumbuhan perekonomian Tiongkok). Salam…………

  18.  

    kalo us goverment bankrut bisa jadi, itu yg gue demen, tp belum benar2 bangkrut selama seluruh dunia masih pakai dollar system dlm setiap transaksi perdagangan antar negaranya, us gov bisa aja minta the fed mencetak dolar sebanyak yg dia mau, tentu dgn menerbitkan surat utang negara. krn utang us gov adalah dollar yg bisa dicetak oleh bank sentralnya sendiri, dan utang itu tdk perlu dilunasi oleh us gov, cukup dijamain akan dibayar bunganya saja dgn uang pajak rakyatnya. IMHO πŸ™‚

  19.  

    Walah Walah Serem sekali Anggaran China πŸ™
    Ga kebayang kalo China benar benar berani merebut laut Indonesia, Malaysia, Brunei, Vietnam, Taiwan, Jepang, dan Filipina Negara Pa Mao Zedong Betul Betul Keren Habis Sangking Kerennya bikin semua tetangga ketakutan Sesegera Mungkin Indonesia sebagai Negara Terkuat di ASEAN Harus membuat Poros Militer Baru Untuk Menangani Kearoganan China Ini πŸ™

  20.  

    tambah gemuk aja ni china….

 Leave a Reply