Mei 302014
 
Panglima TNI Jenderal Moeldoko periksa pasukan yang akan ikut Latgab 2014

Panglima TNI Jenderal Moeldoko periksa pasukan yang akan ikut Latgab 2014

Jakarta. Panglima TNI, Jenderal Moeldoko mengatakan pemotongan anggaran pertahanan melalui Instruksi Presiden yang dikeluarkan pemerintah sangat mengganggu kinerja TNI ke depan. “Akan mengganggu kegiatan-kegiatan TNI yang sudah terprogram,” ujar Jenderal Moeldoko usai jumpa pers pasca peresmian Media Center TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Rabu 28 Mei 2014.

Menurut Moeldoko, dengan dipangkasnya anggaran 2014, maka akan mengganggu kesiapsiagaan TNI di tanah air. Kesiapsiagaan itu meliputi kekuatan di perbatasan, maupun operasional TNI keseluruhan.

TNI telah menyarankan kepada pemerintah untuk mengurangi pemotongan anggaran pertahanan menjadi sepertiga dari yang seharusnya. “Tidak perlu triliun lah, bisa dikurangi menjadi sepertiganya,” ujar Panglima TNI.

Pada 20 Mei 2014 lalu, Presiden SBY menerbitkan Inpres No. 4/2014 soal penghematan anggaran di 83 kementerian dan lembaga dalam APBN 2014, termasuk Kementrian Pertahanan yang dipangkas RP 10,508 triliun dari total anggaran Rp 86,376 triliun. Total anggaran yang dipangkas melalui inpres ini secara keseluruhan mencapai 100 triliun.

TNI saat ini sedang gencar melakukan pembenahan di tiga matra kesatuannya. Program itu pun terus digarap untuk mencapai target serta ditambah dengan penguatan di sektor perbatasan yang seringkali menimbulkan ketegangan dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia baru-baru ini. (Tempo.co / Prio Hari Kristanto).

Bagikan:

  245 Responses to “Anggaran Pertahanan Indonesia Dipangkas”

  1.  

    Wadehh…gmna gak dipotong lah apbn kita digerogoti oleh subsidi bbm yg ktanya gak tambah kecil malah tambah besar….kontra produktif bnget ktnya suruh hemat bbm tpi mlah bkin mobil murah dan subsidi bbm malah nikmati oleh golongan yg sebenarnya mampu tpi masih pngen disubsidi…walhasil yg dikorbanin adl kpentingan rakyat salah satunya anggaran bt TNI…PR besar utk Pemimpin yg Baru nanti

  2.  

    Mungkin pak Beye mau nyimpen anggaran untuk cadangan apabila sampe bener2 terjadi clue2 dr para sesepuh 2 tahun mendatang.. #mungkin

  3.  

    Trik trik kacangan tu, sengaja biar negara asean adem,maklum kita lagi genjot MEF.Agar adem ayem mw ga mw nipu deh.
    andaikan kita dpt keuntungan dri Freeport 50persen, wah makmur semua lini.Sedot buat perancangan infrastruktur,pendidikan,kesehatan dan buat militer.Alhasil kita jdi Macan Asia kembali.
    ingat subsidi bbm bisa tertutupi jika kita tegas atas pengambilan keuntungan freeport.

  4.  

    Rencana Bung Minor…itu rencana…sekali lagi rencana…

  5.  

    Pemerintah Australia berkomitmen terus meningkatkan belanja pertahanan sebesar 2 persen dari GDP.
    Pekan ini, ketegangan di Laut China Selatan antara Vietnam dan China terus meningkat menyusul tenggelamnya sebuah perahu nelayan Vietnam di dekat kapal perang China.

    Padahal ingin meningkatkan anggaran militernya karena merasa terancam tetangga utara yang mulai kuat militernya, kemudian ketegangan LCS menjadi kambing hitamnya.
    hehehe….sonotan mulai gelisah ini.

  6.  

    setuju bung
    sudah waktunya pertambangan dikelola untuk keuntungan bangsa ini
    klo memang diperpanjang ya bagi hasil 50:50
    atau 70:30,70 untuk RI

  7.  

    yang perlu dipahami itu, siapa menko ekonomi kita skrg?

    kalau ga mau dibilang super pelit, ya super irit….

  8.  

    Menurut sy budget dikurangi ga mungkin karena projectnya sedang jalan dan projectnya alusistanya tambahh banyak,kalau dikurangi project alusistanya ga jalan. Ini merupakan bagian strategi agar negara tetangga tdk panik.imho slama NKRI

  9.  

    Setiap tahun negara ini selalu punya SIAP(sisa anggaran tahunan) dan jumlahnya puluhan T…masak sih anggaran ini tdk bisa dihabiskan(wong y tdk mau dihabiskan…bbrp waktu lalu subsidi BBM sdh ada yg gugat kalo utk Premium masak sih sebesar itu..jatuhnya subsidi BBM…kan hitungannnya g pernah jelas…krn Premium itu lebih murah dari Pertamax..he5x……

    Indonesia g mungkin menganggarkan pembelian alutsista lewat jalur resmi APBN …jujur saja krn elemen LSM anti militer sangat vokal dgn membawa isu pembangunan ekonomi dan biasanya amat mudah mengundang demo2 ….itu aja logikanya…kan g ribet…

    •  

      sisa anggaran lebih dan sisa pembiayaan anggaran lebih, itu digunakan untuk pembiayaan di tahun anggaran berikutnya bung.

      Tahun 2013 contohnya kita punya 39,5T. Nah dana itu kita pakai untuk pembiayaan di awal tahun anggaran berikutnya, seperti belanja pegawai, dan kegiatan atau program yang dicanangkan di awal tahun.

      Kenapa? Kan masih ada pajak?
      Penerimaan Pajak bagaimana di awal tahun? Apakah sudah menjamin duit udah ada segitu? Makanya digunakanlah SAL dan SiLPA ini..

      •  

        saya koreksi sedikit bung foxtrot,

        Aturan penggunaan Dana SILPA sudah tidak diperbolehkan lagi sejak 2004 disemua departemen. Semua dana sisa anggaran tahun lalu kembali ke kas negara yg bukan sebagai penerimaan negara.

        Belanja pegawai maupun kegiatan awal tahun tidak dibiaya oleh anggaran tahun lalu bung, melainkan melalui modal pemerintah yg disimpan di BI.

        Penerimaan pajak sudah berjalan sejak tgl 1 januari bung melalui setiap transaksi jual beli. Jadi tidak benar kalo awal tahun dana pajak tidak ada.

        Waahhhhh…anda semakin lama semakin ngawur komennya bung. Saran saya, cari referensi dulu sebelum komen sehingga tidak terkesan asal berpendapat saja nanti bisa menyesatkan.
        Salam NKRI

        •  

          bung BR ada referensi nya ga tentang penyimpangan hal itu? sementara itu di UU kok masih di atur ya??
          Pasal 3
          (1) Keuangan Negara dikelola secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan,
          efisien, ekonomis, efektif, transparan, dan bertanggung jawab dengan memperhatikan
          rasa keadilan dan kepatutan.
          (2) APBN, perubahan APBN, dan pertanggungjawaban pelaksanaan APBN setiap tahun
          ditetapkan dengan undang-undang.
          (3) APBD, perubahan APBD, dan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD setiap tahun
          ditetapkan dengan Peraturan Daerah.
          (4) APBN/APBD mempunyai fungsi otorisasi, perencanaan, pengawasan, alokasi,
          distribusi, dan stabilisasi.
          (5) Semua penerimaan yang menjadi hak dan pengeluaran yang menjadi kewajiban
          negara dalam tahun anggaran yang bersangkutan harus dimasukkan dalam APBN.
          (6) Semua penerimaan yang menjadi hak dan pengeluaran yang menjadi kewajiban
          daerah dalam tahun anggaran yang bersangkutan harus dimasukkan dalam APBD.
          (7) Surplus penerimaan negara/daerah dapat digunakan untuk membiayai pengeluaran
          negara/daerah tahun anggaran berikutnya.
          (8) Penggunaan surplus penerimaan negara/daerah sebagaimana dimaksud dalam ayat (7)
          untuk membentuk dana cadangan atau penyertaan pada Perusahaan Negara/Daerah
          harus memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari DPR/DPRD.

  10.  

    belum ada clue dr para pakar senior,,,silent dl ah

  11.  

    hmm untuk mengurangi biaya operasional ke depannya dalam khayalan ane nih misalnya kita membangun kapal perang yang mempunyai mode hybrid mode patrol dan mode tempur. mode hybrid menggunakan energi terbarukan seperti bantuan generator motor listrik bersumber tenaga sel surya dengan super kapasitor tinggi sehingga supply energi motor listrik yang masih sangat rakus energi dapat dijembatani sedangkan mode tempur menggunakan mesin tenaga diesel atau sekalian menggunakan reaktor nuklir dengan masing2 ada plus minusnya. Jadi waktu bertempur sel surya kapasitas tingginya langsung ngumpet sendiri atau melakukan riset mesin penggerak kapal perang yang menggunakan bio diesel sayangnya produksi bio diesel kita masih terbatas kalau menurut Juragan-juragan kira-kira apa potensi di negeri kita yang bisa kita kembangkan untuk membantu sektor pertahanan dan keamanan kita dengan sumber keuangan yang akan diperketat sesuai kata Bapak Panglima TNI, Jenderal Moeldoko pemotongan anggaran pertahanan melalui Instruksi Presiden yang dikeluarkan pemerintah sangat mengganggu kinerja TNI ke depan. “Akan mengganggu kegiatan-kegiatan TNI yang sudah terprogram,”

  12.  

    mana nih dah 5 artikel poro kiayi ne rung podo metu,opo sih podo wiridan

  13.  

    pemotongan anggaran tiap kementerian dan tiap matra mungkin memiliki persentase sendiri-sendiri yang besarannya mungkin didiskusikan dahulu antara Kemenhan dan Kemenkeu agar tidak mengganggu program-program prioritas yang sudah dituangkan dalam strategi pemenuhan MEF

  14.  

    n satu lagi yang om tan lupa….

    dipotong 10% atau 30% sekalipun bukan berarti uangnya kurang…dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup baik hal ini mjadi logis…mungkin karena sudah keterlaluan “cukup” untuk keperluan tahun 2014, jadi dipangkas…

  15.  

    Pada sibuk nih mau latgab..
    Semoga lancar ndan. :mrgreen:

  16.  

    Mbah berpendapat bahwa anggaran pendidikan minimal 30%, anggaran pertahanan dikit saja, yang penting utamakan dulu Guru dan pendidikan di Indonesia, jikalau sebuah bangsa mengutamakan pendidikan maka bangsa akan maju.

    •  

      lagu lama mbah…

      •  

        serem juga ya mbah, mirip freddy krueger dari elm street,

        http://farm4.static.flickr.com/3509/3865172352_29ec5d2a85_m.jpg

      •  

        hmm anda guru PNS atau guru swasta mbah?? Guru PNS sekarang sudah enak mbah, dan jika anda masih mengaku kehidupan seorang guru itu susah berarti “maaf” anda bukan seorang yang kreatif, contoh adik dari bapak saya seorang guru STM/SMK, tapi buktinya beliau bisa menyekolahkan ke 4 orang anak nya sampe jenjang sarjana, Guru jaman sekarang sudah nyaman banget mbah, dengan adanya tambahan tunjangan profesi, atau jika mau kreatip masih bisa nyambi di luar jadi guru les entah privat atau di lembaga pendidikan. oke anggaran pendidikan menjadi 30 % tapi nanti peruntukannya buat apa? gaji guru naik gitu? hmm tidak bisa mbah karena gaji guru di setarakan dengan gaji PNS lainnya disesuaikan dengan golongan PNS nya. jika mbah pengen kaya janganlah menjadi guru dimana guru merupakan abdi masyarakat mbah, dan tidak ada abdi masyarakat yang lebih kaya dari masyarakatnya,

    •  

      super sekali komentar anda mbah…selamat…..

    •  

      Anak kecilpun tau mbah..

    •  

      idenya sangat menginspirasi mbah !! sampai tak bisa berkata2. LOL

    •  

      Saya setuju usulan mbah bowo agar anggaran pendidikan tinggi…..anggaran pertahanan dikit saja tapi……..anggaran pendidikannya dibuat fleksibel….termasuk mendidik anak bangsa buat belajar bikin rudal, buat belajar bikin pespur, buat belajar bikil KS, buat belajar bikin medium tank dan belajar dalam arti seluas-luasnya termasuk belajar memproduksi masal ……termasuk belajar mengadopsi teknologi yang belum dikuasai melalui pembelian peralatan belajar untuk pertahanan dengan persyaratan TOT, atau sekalian belajar membangun pertahanan untuk antisipasi menghangatnya suhu kawasan yang berdampaik naiknya eskalasi ancaman he he he, ieeeeiiiiitttt ojo nesu……iki kan kamlufase……., jangan maknai yang tersurat….coba renungkan yang tersirat……penghematan 100T, lumayan buat kejar setoran sebelum lengser terjamin semua yang direncanakan terealisasi tak peduli siapa yang jadi pemimpin berikutnya. Ingat falsafah nampak kuat ketika lemah, nampak lemah ketika kuat…….

  17.  

    mohon ijin ikut berpendapat ya, penghematan di tahun 2014, sepertinya agar tdk dimanfaatkan utk kegiatan pemilu, karena ditengarai banyak dana2 yang secara tdk langsung dipakai utk kegiatan tersebut, resminya memang utk menyiapkan subsidi karena asumsi kurs dollar khususnya yang (mungkin) tdk pas, jadi sy berpendapat MEF tetap berjalan sesuai rencana.

  18.  

    bung mr patton,mgkn ga piranha ganas ini jg yg mengganjal proyek mobil listrik dan motor listrik?
    saya pikir mobil dan motor listrik salah satu cara yg baik untuk mengurangi konsumsi bbm kita
    dalam hayalan saya,andai PLN dan pertamina jg BUMN yg lain mau berkreatifitas menggandeng para ilmuwan untuk mengembangkan usaha pasti lbh baipk ke depannya
    pertaminna meanyokong perkembangan mobil dan motor listrikaa
    PLN mengeluarkoan produk listrik rumah tangga yg terbarukan,semacam listrik tenaga surya,genset listrik yg rechargeable
    hehehehe
    maaf bung,hayalan ngawur

  19.  

    Bung Nara, Bung Jalo…sudah ada penampakan Slava class kah di latgab…?

  20.  

    Kalau saya, mendingan bbm subsidi bagi mobil plat hitam selain mobil pick up dan mobil box, truk pengangkut bahan sembako, kemudian mobil plat hitam, mobil plat merah serta plat putih jng diberikan subsidi. kecuali utk plat putih dng jenis kndraan di atas. Utk spd motor dng hrg di ats 20 jt diwajibkn pkai pertamax

    •  

      Setuju bung harimau..semua jenis mobil pribadi wjib pkek bbm non subsidi,kecuali mobil angkutan massal dan barang…naikin pjak kndaraan pribadi,,pasang tarif untuk jalan dalam kota yang sring macet,,,suka gregetan liatin mereka yng antri premium tpi pkek kndraan yg hrganya puluhan juta,pdhl mtor saya yg hrganya murah itupun kredit ttep setia pkek pertamax..dan kebanyakan org” kyak mrka itu yg suka protes klo bbm subsidi dinaikin…

  21.  

    Trus kalau anggaran naik apa anda kira pajak ngak naek ? jaman sekarang susah, pajak naek, bbm naek, PLN naek, apa saja naek. apa-apaan ini, masih enak jamannya Pak Harto pak…., semuanya murah, gemah ripah loh jinawe, rakyat senang, semua tertip.

    Lagian ngak perlu alutsista yang hebat-hebat………. mau melawan siapa ?

    •  

      iya mbah, pak harto jg yg bikin dolar jadi 12rb dari 2ribu an, pak harto yang menjerumuskan negara kita ke jurang krismon berkepanjangan, jaman pak harto enak tapi fatal mbah

    •  

      lha waktu pergolakan tahun 65 anda kemana aja mbah?? ketika itu di tawarkan konsep sosialis dan liberalis?? apa yang terjadi saat ini adalah hasil dari pemilihan konsep tersebut, dimana setiap orang harus berjuang sendiri untuk dapat hidup nyaman. tidak ada lagi persamaan mbah, yang mau berjuang yang bisa sukses, yang ga mau berusaha ya jangan protes jika hidup susah.

  22.  

    Kalau saya tulis statement kaya ente pasti lgs di delete.

  23.  

    apa gak tambah susah mbah klo bakar2an ?

  24.  

    Haduh… Blm gondrong sdh dipotong nih!kita memang harus cerdas mengelola anggaran jgn sampai minus atau bangkrut.

  25.  

    Pemotongan anggaran seharusnya tak boleh menyentuh departemen prtahanan…

  26.  

    halahhh… omon tok.. wong dijajah kok enak,, ngrasakno roti.. ono daging tekos ae gae royok an, yo enak saiki, piye ra piye tetep enak saiki,,

  27.  

    omong-omong tentang BBM, ada teman punya penemuan BBM yang terbarukan, dg bahan baku yg mudah didapat di nusantara , didapat ketika melakukan penelitian di Jepang dan sudah mendapat persetujuan dr profesornya yg asli jepang agar dikembangkan di Indonesia , dengan harga dibawah pertamax namun kualitas RON setara pertamax, pernah hak ciptanya di minati SHELL namun sampai saat ini masih tidak mau diberikan kepada bangsa lain dikarenakan nasionalismenya, yang jadi persoalan beliaunya tidak bisa memasarkan produknya karena peraturan Menteri ESDM bahwa distribusi BBM adalah hak mutlak Pertamina, dan BBM hasil produksinya hanya dapat didistribusikan kepada komunitas atau kelompok tercatat saja , tidak dapat dijual umum. Bagaimana Indonesia mau mengurangi subsidi BBM kalau peratuan yang dibuat tidak mendukung……..

    •  

      bung ts,coba didiskusikan dengan bung jalo,mgkn beliau ada ide,siapa tahu ada jalan keluarnya
      klo menurut jalan pikiran saya yg urakan,coba untuk persentasi ke pak dahlan sebagai menteri bumn dan ke pertamina
      lalu produksi untuk lingkup kecil,untuk sendiri,keluarga atau masyarakat
      memang ga mudah bung mendobrak apa yg ada sekarang,tapi perubahan menuju yg lbh baik hrs tetap dilakukan
      teman anda,ricky elson dan para ilmuwan yg mengabdikan ilmunya untuk masyarakat luas bagi saya adalah pahlawan masa kini
      salam bung
      sampaikan jg salam hormat saya untuk teman anda

  28.  

    @ bung minoritas…santai aja bung…jika anda kurang sreg dengan pencerahan alusista dari Bung Nara aku ra po po…kalau saya percaya dengan pencerahan bung nara…salam hangat bung.

  29.  

    su34, thyphoon, akula dll sudah dibayar LUNAS !!!!
    lanjut tiduur ..

  30.  

    banyak yg nyasar nih.,ikutan ah ,salam kenal warga jkgr mg sehat sllu

  31.  

    Menurut saya masih banyak skema pembayaran untuk membeli alutsista bung , Kan bisa ditukar dengan hasil bumi atau lain lain . Kredit ekspor banyak bung

  32.  

    @ simbah.
    Enak jaman saiki mbah. Dek mben jaman pk hrto ak iki gag mudeng internet. Alkhamdulilah jaman saiki biso nimbrung ning warjag. Hee

  33.  

    knapa kementrian agama paling kecil pemotongannya…. padahal duit disana berlimpah dari sistem antrian haji yang bisa didepositokan dan berbunga ( termasuk kementrian dalam sejarah yang masuk kategori “paling korup”)

  34.  

    @bung DIEGO
    request artikel khusus yang cetar membahana untuk memperingati HARI LAHIR
    JAKARTA GREATER
    terimakasih…dari putra indonesia yang cinta TNI

    •  

      Saya pun tidak ingat kapan hari lahirnya jakartagreater…he..he..he..but, anyway Thanks. Artikel cetar membahana banyak bertaburan dari sumbangsih rekan-rekan, plus dialognya juga cetar membahana.

      •  

        kalau tidak salah bulan may 2012 yang waktu itu anggota baru 3 atau 4 orang…peng copas pertama artikel dari jakarta greater adalah “militerindonesia@blogspot.com

        maksud cetar membahana adalah..artikel yg dapat membungkam mulut jamaah hoaxer…

        maaf kalau salah..ingatan buruh TKI

  35.  

    Setelah selesai r.purna di dpr (kosumsi media),biasanya seblm anggaran di syahkan oleh presiden utk di gunakan..anggaran tsbt masih bisa di utak atik sesuai kebutuhan yg lebih strategis dan jg tetap masih ada anggaran tambahan !! Misalnya masuk dana dari itu ..ini..dgn alasan kemarin blm final..he.he..maaf cuma ngarep!

  36.  

    potongan yg kagak keliatan aja pd ribut
    ada yg ahli menejemen negara?
    tlong kasih pencerahan dari sisi ekonomi dan politik!
    salam damai selalu

  37.  

    bung urakan, kita sampai sekarang masih bingung harus melewati jalan yg mana, modal yang ada hanya idealisme , sementara ini lagi sibuk mencari investor yang benar-benar patriotik, silahkan yg mempunyai akses ke pendana patriotik kita harapkan bantuannya, kontak email ada di admin……..

  38.  

    salm kenal

  39.  

    bung danu untuk masalah teknologi pengeboran minyak, memang selama ini seperti chevron, shell itu mempunyai teknologi nya?? hmm tidak Bung Danu, perusahaan minyak itu rada2 di sub kontrak kan lagi untuk urusan pengeborannya, example seperti Schlumberger Limited ( http://en.wikipedia.org/wiki/Schlumberger ) yang merupakan perusahaan spesialis pengeboran minyak dan gas. perusahaan ini banyak mempunyai klien di indonesia lho hehehehe,

  40.  

    bung danu untuk masalah teknologi pengeboran minyak, memang selama ini seperti chevron, shell itu mempunyai teknologi nya?? hmm tidak Bung Danu, perusahaan minyak itu rada2 di sub kontrak kan lagi untuk urusan pengeborannya, example seperti Schlumberger Limited ( http://en.wikipedia.org/wiki/Schlumberger ) yang merupakan perusahaan spesialis pengeboran minyak dan gas. perusahaan ini banyak mempunyai klien di indonesia lho hehehehe, masalahnya knp pertamina tidak mengontrak perusahaan ini??

  41.  

    mantap..

  42.  

    bung rexaine,

    jika chevron seluruhnya mengandalkan teknologi pihak lain, maka ia tidak akan memiliki keunggulan komparatif terhadap oil companies pesaing yang menggunakan jasa perusahaan yang sama (mis schlumberger).

    sebuah perusahaan minyak praktis akan memonopoli suatu cadangan minyak besar di laut sangat dalam jika hanya dia yang menguasai suatu teknologi yang mampu menjangkau cadangan tsb.

    Chevron’s commitment to technology doesn’t end there. The company’s technology ventures arm is a venture capital operation that invests in emerging technologies with the potential to improve Chevron’s performance. The branch currently has a portfolio of investments in 37 companies and recently launched its fifth fund to source its next generation of emerging oil-field technologies. Not only have the technologies developed through these investments added substantial earnings for the company, but they can help it solve some of its biggest technical challenges to extract more oil out of Chevron reservoirs.

  43.  

    sebagai pesaing tangguh, shell pun malakukan hal yang sama,

    http://www.shell.com/global/future-energy/going-underground/smartfields.html