May 302014
 
Panglima TNI Jenderal Moeldoko periksa pasukan yang akan ikut Latgab 2014

Panglima TNI Jenderal Moeldoko periksa pasukan yang akan ikut Latgab 2014

Jakarta. Panglima TNI, Jenderal Moeldoko mengatakan pemotongan anggaran pertahanan melalui Instruksi Presiden yang dikeluarkan pemerintah sangat mengganggu kinerja TNI ke depan. “Akan mengganggu kegiatan-kegiatan TNI yang sudah terprogram,” ujar Jenderal Moeldoko usai jumpa pers pasca peresmian Media Center TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Rabu 28 Mei 2014.

Menurut Moeldoko, dengan dipangkasnya anggaran 2014, maka akan mengganggu kesiapsiagaan TNI di tanah air. Kesiapsiagaan itu meliputi kekuatan di perbatasan, maupun operasional TNI keseluruhan.

TNI telah menyarankan kepada pemerintah untuk mengurangi pemotongan anggaran pertahanan menjadi sepertiga dari yang seharusnya. “Tidak perlu triliun lah, bisa dikurangi menjadi sepertiganya,” ujar Panglima TNI.

Pada 20 Mei 2014 lalu, Presiden SBY menerbitkan Inpres No. 4/2014 soal penghematan anggaran di 83 kementerian dan lembaga dalam APBN 2014, termasuk Kementrian Pertahanan yang dipangkas RP 10,508 triliun dari total anggaran Rp 86,376 triliun. Total anggaran yang dipangkas melalui inpres ini secara keseluruhan mencapai 100 triliun.

TNI saat ini sedang gencar melakukan pembenahan di tiga matra kesatuannya. Program itu pun terus digarap untuk mencapai target serta ditambah dengan penguatan di sektor perbatasan yang seringkali menimbulkan ketegangan dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia baru-baru ini. (Tempo.co / Prio Hari Kristanto).

  245 Responses to “Anggaran Pertahanan Indonesia Dipangkas”

  1. Ini pasti bagian dari strategi militer. Ya, kan? Asssalamualaikum, semua! Salam kenal. Saya sudah lama jadi pengamat Jakarta Greater. Hanya saja baru kali ini kirim komentar. Hm…

    • Walaikumsallam bung.selamat bergabung & Slam kenal kembali bung .bung@BSG

    • wa”alaikum salam bung, selamat bergabung, salam kenal

    • wa alaikum salam bung@BSG, salam kenal juga

    • SBY Sebut Indonesia Masuk Peringkat ke-10 Ekonomi Terbesar di Dunia

      http://mforum2.cari.com.my/forum.php?mod=viewthread&tid=801899

      seharusnya juga indonesia…, militernya peringkat ke 10 dunia

    • SAMSUNG akhirnya memilih Vietnam untuk Pendirian Pabriknya, meninggalkan Indonesia, Padahal Menteri Perindustrian dan Staffnya sudah bertemu dengan Pemimpin nomer satu dari Samsung………………..

      Alasanya : Regulasi / UU / Pajak yang ngak Jelas dan Ngawur…………………………….

      • Jelas dunkz om.. soale di vietnam upah buruh murah…. suap pejabat gampang…. kayak RI sebelum reformasi.. (walaupun sekarang masih ada…) lagian samsung menargetkan produk nya tersebut sebagian besar dipasarkan ke Cina, dan tidak terlalu makan ongkos transportasi lebih besar jika diproduksi di RI…..
        tapi itu menurut ane sih om…

        • faktor upah yang lebih murah tidak menarik karena produktivitas buruh vietnam juga kalah dari RI,

          http://www.establishmentpost.com/asean-labour-productivity-stacks/

          pengusaha selalu ingin kepastian berusaha, proses bertele2 membuat modal investasi yang mereka siapkan jadi terkatung2 / tidak menghasilkan dan bisa mendorong mereka kabur ke negara lain…

          makanya ada index / peringkat kemudahan berusaha (ease of doing business index dari world bank) di negara2 sedunia.

        • Betoel mbah danu, setelah Samsung, Sony, dll, sekarang gilirannya siapa ?

          5 Tahun kedepan, tergantung 9 Juli nanti
          Tanpa kepastian ekonomi, maka tak ada kepastian Alutsista (“ngak ada Duit”)

          IMF dan Bank Dunia mengoreksi laju pertumbuhan ekonomi hanya tinggal 4.5 – 5 %

          • bung melektech dan bung danu baru muncul lagi..

          • hehe saya naik pangkat jadi mbah nih?

            masih inget komen mbah Melektech tentang paparan lis A1 alutisista fantastis sekian bulan lalu;

            “saya nunggu lis A0 aja deh, permisi”

            jujur bung faadhil, membaca akumulasi ilusi berjamaah / bersahut2an lama2 eneg juga (sorry to say)…

          • Assalamualaikum Alhamdulillah teman2 lama hadir lagi, ada bung Danu, bung Faadhil, bung Desperado dan bung Melektech…. 😀

          • wa alaikum salaam bung Jalo…

          • Wa alaikum salam bung jalo….. 🙂

    • Disini kita harus membedakan antara kata pengadaan dan operasional. Untuk pengurangan anggaran di apbn 2014 ini yang paling memungkinkan adalah pengurangan biaya operasional di semua kementrian shg bisa lebih efisien seperti biaya dinas, bantuan sosial, dan jamuan2. Disini saya sangat mendukung langkah yg diambil oleh CT dkk.

      APBN ini dibuat utk satu tahun berjalan yaitu hanya tahun 2014 saja. Pengadaan beda dengan operasional, dalam pengadaan perlu waktu utk realisasinya. Dari proses procurementnya (penawaran, tender, pemilihan s\d pruchasing order), proses pabrikasinya bisa butuh waktu 1 atau 2 thn, termasuk pembelian second pasti user jg butuh retrofit dan perbaikan spek jg dan itu butuh waktu, dan walaupun barang sudah selesai dibuat belum tentu pada saat itu jg hrs dibayar. Pembayaran bisa saja cash bertahap atau bisa juga dgn credit. Jadi. Menurut saya yang orang awam ini proses pengadaan tidak berpengaruh tetapi akan berpengaruh di operasional TNI spt yg diutarakan pak moel.

      Menyikapi perubahan apbn 2014 ini menurut saya sgt konservatif yang dilatar belakangin oleh asumsi penurunan peneriman pajak dan kenaikan subsidi bbm akibat asumsi kenaikan kurs dollar. Disisi pengeluaran saya setuju ada penghematan tapi disisi penerimaan menurut saya kurang optimis sekali.

      Penurunan penerimaan pajak seharusnya disikapi bukan direlakan, kenapa bisa turun? Padahal menurut saya jika pemerintah bisa lbh kreatif, penurunan tsb bisa dihindari. Salah satunya adalah menjaga daya beli masyarakat dan meningkatkan investasi baik lokal maupun asing.

      Daya beli bisa dijaga kalau pemerintah bisa menjaga inflasi. Tingkat konsumsi masyarakat kita yang sgt tinggi di dunia seharusnya disikapi dengan peningkatkan disisi suply bukan malah mengurangi tingkat konsumsi tsb dgn kenaikan suku bunga. Oke lah suku bunga tsb dinaikkan krn utk mengurangi impor padahal menurut saya yang seharusnya diperbaiki adalah disisi suply\sektor riil.

      Untuk memperbaiki sisi suply dan mengurangi impor hanya ada satu cara tapi butuh kreatifitas pemerintah utk mendptkannya yaitu investasi. Disini good government sgt sgt diperlukan sekali spt perbaikan ikilm investasi dan pemangkasan birokrasi dan pungli.

      Bila tingkat konsumsi dan investasi dijaga maka akan ada peningkatan di pajak konsumsi\ppn dan income tax. Sekali lagi butuh kreatifitas tim ekonomi kita saat ini. Semangat pak ct dkk.

  2. mudah”an tidak trganggu rncana pngadaan alusista tni aaminn….

    • Nah itu dia bung. Statemen dari otoritas pertahanan pada berita awal soal pemangkasan anggaran itu, dikatakan tdk akan mengganggu Alutsista. Tp berita terakhir, Pak Moel tegas mengatakan bakal mengganggu. Sampe2 Pak Moel berharap pengurangannya jgn sampe angka triliunan. Ga tau neh jd ikut kecewa. Gmn kita tunggu pencerahan Bung @jalo dan para pakar lainnya…???

      • Ada sedikit perbedaan bung kambing jawa 🙂 ,
        kalo statement terdahulu dikatakan “tidak ada pengaruh untuk pengadaan alutsista”, sedangkan statement terakhir adalah terjadi pengaruh signifikan pada operasional karena dikatakan “akan mengganggu kegiatan2 TNI yang sudah diprogram”

        Ini 2 statement yang berbeda dan masih bisa diperdebatkan!

      • ada perbedaan antara pengadaan alutsista dengan operasional alutsista… semoga kendala ini tidak signifikan..

    • maaf bung jacky saya awam memberanikan ikut komen ; menurut saya mungkin yang perlu diperhatikan adalah perbedaan kata “kegiatan” dan kata “pengadaan”, mudah2an maksud penggunaan ke dua kata tersebut berbeda di lingkungan TNI (ngarep banged), mohon pencerahan dari yang berwenang (bung jalo, bung nar, bung PS dll)

      • salam kenal @bung ws.. iya sy jg merasa was” tkutnya pnambahan pasukan diperbatasan jd trganggu pdhl pnambahan tni dperbatasan itu kyknya harus scptnya dilaksanakan tapi mngkin ini smua sdh dipikirkan oleh ptinggi” tni kita… nd mohon pncerahannya dr @bung jalo,@bung nar,satrio,ps dan bung” lainnya..

    • Pak sby tdk mungkin mengurangi pengadaan MEF yg dia sendiri yg mencetuskan dan merancangnya.

      Pengadaan alustista beda dengan pengadaan barang biasa karena menyangkut pertahanan dan strategi militer. Saya sgt mendukung sekali pengadaan ini dirahasiakan, biarkan kaum hoaxer berkata apa yang penting NKRI sampai dengan sekarang masih bisa dijaga oleh alutsista yg sgt sederhana itu.

      Bangsa indonesia memang sgt sakti, dengan alutsista yg tua dan sederhana itu saja para prajurit kita masih bisa menjaga NKRI ini dari serbuan bangsa2 tetangga kita spt singapura, malaysia, PNG, australia dan disegani oleh negara2 besar spt india, cina, rusia dan asu disamping rongrongan dari dlm negeri sendiri spt separatis di aceh, maluku dan irian.

      • Kalau kita flash back di jaman suharto, kerahasian pengadaan alutsista sdh ada di jaman itu. Pasti kita bisa ingat pengadaan alutsista dari israel yg dibuat sgt rapih agar tdk ketahuan. Agar kerahasian pertahanan dan alutsista kita tetap terjaga, perlu dijaga extra hati2 komplek dan pangkalan militer kita agar musuh tdk mengetahui kekuatan negara kita yg sesungguhnya baik dari penyadapan, intelejen maupun dari penyusupan yg biasa byk dilakukan negara lain dgn menggunakan kasel, drone baik laut maupun udara dan agen intelejent maupun satelit militer.

  3. baru kali ini pemotongan ditetapkan melalui inpres.. sepertinya sangat sangat urgent….

    • Salam hangat bung vans

      Jelas saja Urgent bung,
      untuk membeli A**** Class om beruangn sma As**** mama eli kan butuh guede itu biayanya..jdi btuh biaya yg lebih.. IMHO

  4. Pertamax……….

  5. eh…ternyata ke 3
    Ya..semoga penghematan yang 100 T itu untuk pembelian alutsista yang lain…

  6. GO GO TNI

  7. hadeeehhhh… pupus sudah mimpi gue,,, 80 jadi 100 eh malah jadi 70..

    • mung emje, gimana klo 80 + 100, buat belanja cepat yg gahar2, percepatan IFX, Satelit, Rudal, Thank,n bangun pangkalan2 baru
      klo pemotongan kan just reasoning legal formal, dan transparansi penggunaan dana APBN,
      (semoga)

  8. 2014 memang tak ada belanja alutsista, jadi aman deh..

  9. Waduh…

    • Ah bisa aja pak moel ini.. padahal hasil pemangkasan yang ber jumlah 100 trilyun kan buat bayarin uang muka pembelian alutsista yang dateng tahun 2015-2017.. agar presiden yg baru tidak bisa mengganggu proses pengadaannya.. hahaha

      • Hehehe… Sepikiran bung UCAV. Amanin dulu tuh pesanan… Kayaknya bapak yg tinggi besar itu sdh punya prediksi siapa penggantinya dan beliau agak khawatir tuh, sampai harus ngeluarin inpres.

      • mencerahkan sekali bung UCAV jadi teringat kata-kata sakti “sudah lunas” cuman di artikel atau komen siapa saya lupa hehehehehe…..mudah2an yang bersangkutan ngga lupa hahahahahaha, btw salam kenal bung UCAV

        • Hehehe.. hanya analisa tukang batagor bung WandS…
          Salam kenal juga bung WandS.. semoga sehat selalu…

          • Assalamualaikum…
            selmt siang K UCAV,KK puput perhatikan di komen2nya dan analisanya slalu berbobot dan mencerahkn.eh udh waktunya mau sholat jum’at.

          • hahaha.. iya barusan telat udah adzan malah masih di jalan…
            met siang juga put, have a nice day..
            hahaha terimakasih kalo analisanya bisa diterima, hanya celotehan seorang tukang batagor…

      • Hadeuh..udah jelas2 semua kementerian kena potongan deh. Kalau logika anda seperti itu, berarti pengurangan anggaran militer malaysia juga cuma kamuflase dan bohong dong. di exposed ke publik cuma untuk mengurangi ketegangan kawasan, padahal malaysia sedang memperkuat alutsistanya. Please terima sajalah. Menurut saya bagus malah semua kementerian kena potongan anggaran, biar hemat dan tidak dikorup uangnya. Uang potongan ini kan bisa digunakan untuk cadangan biaya untuk “jaga2” apabila negara dalam keadaan darurat

        • Yah bung sempak, namanya juga hanya analisa tukang batagor.. selama tidak ada pernyataan resmi pemerintah (pernyataan jujur pastinya) mana kita tau yg sebenarnya.. saya hanya mengumpulkan clue dari diskusi para kontributor dan warjager.. masalah anda mau percaya sudut lain dari berita ini, itu hak anda kok.. i’ll stick to this one..

          • Hehehehe..tenang Bung Ucav, kita berdiskusi santai saya. Terkadang susah untuk membuka tabir rahasia pemerintah. Kita hanya bisa menebaknya saja, tp untuk kasus pemotongan ini yang menimpa semua kementerian saya rasa memang ada “beban” yang harus ditanggung oleh pemerintah saat ini

          • Mengurus negara. Memang the most complicated things to do.. makanya membutuhkan banyak otak brilliant bekerjasama untuk menjalankan roda pemerintahan.. maka apabila kita yg awam ingin membuka tabir, pastinya sulit.. karena banyak skenario yang bisa di tempuh dengan pemangkasan ini, kita merasionalkan pemangkasan ini dengan skenario A, padahal pemerintah menjalankan Skenario B bahkan mungkin Z.. oleh karena itu, selain orang yg terlibat, mana kita tau yang sebenarnya..
            Karena saya gak bisa memikirkan skenario lain.. saya hanya bisa menyatukan puzzle yang bersebaran di warung kita tercinta, dan akhirnya mengambil kesimpulan yang saya tulis diatas.. masalah kebenarannya, Wallahu a’lam bi showab..

        • @bung sempak kenapa anda tidak menyatakan bahwa pemotongan anggaran tersebut adalah HOAX…apakah anda termasuk orang yang menghitung sendiri APBN tersebut dan bisa ngecek jumlah duit yang benar-benar ada ??, APBN tak lebih dari sekedar HOAX bung, the biggest HOAX, hahahahahaha peace bung, salam kenal buat bung sempak

          • @Bung WanS..Maaf bung saya bukan jamaah HOAX. Saya jarang aktif di forum HOAX tetanga, malah sering aktif disini.

            Salam kenal juga Bung WanS

          • kalo menurut saya ini ada hubungan nya dengan jebolnya subsidi bbm

        • Setuju dengan analasisa anda Bung Ucav,,masalahnya yang sering terjadi di anggota formil itu jika ada berita msalah pemotongan anggaran militer negara lain (katakanlah malaysia) sebagaian besar anggota formil kita langsung henghujat mereka, ada berita lagi tentang rencana leasing layangan mereka, dihujat lagi. Giliran anggaran kita yang dipotong kita tidak bisa menerima dengan lapang dada. Saya hanya menggunakan logika sederhana saja. Jika pemotongan anggaran kita adalah bagian dari skenario besar pemerintah kita, hal ini juga bisa terjadi dengan negara lain. Oleh karena itu, kita harus tetap waspada kedepannya

          • Saya setuju dengan bung sempak dalam hal ini..
            Nice arguments exchanges bung sempak.. have a nice day..
            Saya senang dengan perbincangan kita hari ini.. stay tuned untuk pencerahan dari top kontributor kita..siapa tau ada yg nonggol..

        • ente jg percaya kah bahwa move Malaysia di Tj Datuk Hitam tdk seiijin Indonesia k….utk alasan Indonesia selanjutnya membangun pangkalan selanjutnya utk persiapan konflik LCS…diplomasi antar negara penuh negosiasi..dan tawar menawar…..he5x…petinggi kedua negara ini bukan orang bloon….

      • malah menurut hemat saya, hal ini memang harus dilakukan untuk menyelamatkan APBN negara kita. Defisit besar, otomatis pembiayaan juga semakin besar nantinya. Tidak ada agenda tersembunyi dalam pemangkasan anggaran ini.

        Penyebab utama ya subsidi energi yang makin naik..

        1. Kurs rupiah terhadap dollar yang melemah
        2. Program pengendalian konsumsi BBM yang belum maksimal oleh kementerian ESDM
        3. Pertambahan kepemilikan kendaraan bermotor
        4. Harga minyak dunia
        5 Dan yang paling penting, penyalahgunaan subsidi oleh mereka yang sudah tidak berhak (misalnya konsumsi solar di daerah pertambangan, semoga pengawasan oleh ESDM bisa dilaksanakan secepatnya).

        Dari sisi penerimaan sendiri, penerimaan pajak diperkirakan turun hingga 70T. Jadi APBN kita di satu sisi harus menambah belanja, dan di sisi lain malah berkurang pendapatannya.

        Jalan keluarnya cuma 2, Motong Anggaran atau motong subsidi. Tapi yang dipilih oleh pemerintahan yang akan berakhir masa periodenya ini ya motong anggaran.

        Saya kira itu cukup jelas.
        Lagian, banyak exercise yang harus dikerjain oleh Kementerian terkait bung. Semacam ESDM, Kemenkeu, PPN/Bappenas untuk membahas hal seperti ini. Dan itu jelas penjabaran untuk hasil akhirnya.

        *sumber dari mana-mana. Berita aja banyak yang memuat kok 😀

      • @bung ucav, pesen batagor nya bung jngan lupa saos nya dikit aja, he…he…lumayan komentar nya bung sebagai seorang tukang batagor. salam bung

      • Lagi krisis kepercayaan sma media mas.. kita ga tau yg sesungguh terjadi di dapur istana.. apakah yang di lontarkan ke media adalah yang sebenarnya, atau mereka ingin kita percaya bahwa itu yg sebenarnya (padahal tidak).. Wallahu a’lam bis showab

      • bung UCAV,

        penghematan 100T bukan berarti bisa dialihkan ke pos tertentu, lha memang dananya gak ada di kas negara, alias tekor !

        pernyataan menkeu sekian bulan lalu apa kurang resmi / jujur: ‘gak ada duit’ ?

        kurs $ yang nyungsep ke lumpur ibarat guyuran air es di kepala, eh sebagian orang masih aja ngimpi, dana revolusi lah, talangan nyi roro kidul lah…

        well, dream on…

        • I will keep dream on the greatness of our beloved country and stop whining.. and keep on trying as hard as i can to contribute on our journey to make our dreams come true.. a journey to the better Indonesia.. that’s the least i can do..

          • you call pointing out reality whining ?
            no wonder, a true blue daydreamer !

            I also happened to dream of a great indonesia, which can only be achieved through recognizing and admitting our shortcomings and weaknesses, find the right solutions especially by choosing a tough, firm, and decisive leader who’s not afraid of becoming unpopular by making difficult but necessary decisions…

          • then you do it your way.. i’ll do it my way.. that’s simple, isn’t it..?

          • deal, like I said, dream on…

          • bung ucap,,,jd ingat lagu my way by Frank Sinatra ( cluenya banyak kata my nya hahaha )

          • mau ikut kontribusi? galakan STOP pemakaian premium bagi yang merasa alutsista itu penting. Kalau bukan dari kita, siapa lagi yang mau memulai?

            gaji saya cuma 1,4 jt bung. tapi sudah 2 tahun saya nggak nyentuh premium lagi.

          • bung pampijit.. i love that song.. hahaha
            meski gak kejamanan bung.. tapi real art memang tak lekang oleh waktu.. saya yg generasi muda juga nge fans sekali sama Frank Sinatra

        • nah ini dia kontributor top kita dah dateng… tidak ada pencerahan dari para kontributor, saya malah berangan-angan gak jelas hingga nulis gak karuan mencari skenario yang tepat menjawab pemangkasan anggaran.. niatnya sih pengen husnudzon aja alutsista startegisnya tetep jadi di beli gak kena dampak pemangkasan anggaran ini.. jadi otak ini berpikir liar bung jalo..
          apabila pemangkasan anggaran ini murni dampak dari pemberlakuan UU minerba, saya ikhlas bung jalo.. karena ini merupakan titik tolak untuk bangkit dari penjajahan terselubung negara adidaya untuk kita fight on..

        • Nah loh kok kontributor “top”???
          Sudah saya bilang saya gak terlalu ngerti ama yg namanya ekomonomi, 😀

          Biar lebih ngerti lebih baik baca inpresnya, nih saya bantu link-nya.

          http://sipuu.setkab.go.id/PUUdoc/174085/Inpres%20Nomor%204%20Tahun%202014.pdf

        • memang kenyataannya bung jalo salah satu kontributor top yang di punga JKGR, dan saya yakin warjager lainnya setuju.. saya ngefans banget sama bung jalo.. pokoknya luph u full deh.. hahaha…
          terimakasih pencerahannya bung jalo…

        • Heduuuh, masih banyak yg lain kenapa saya??
          Saya aja senang dengan komentar2 logika yg disampaikan bung Danu, 😀

        • andaikan disampaikan dengan bahasa yang santun dan tidak menghina.. hehehe 🙂

        • Banyak makna yg disampaikan oleh bung Danu, meski menyindir saya malah senang. Itulah Logika, jembatan penghubung” antara filsafat dan ilmu.

        • saya pastikan tidak ada niat menyindir bung Jalo, bahkan saya sangat menikmati artikel2 tentang kemajuan rekayasa alutsista kita yang fresh from the oven, banyak cutting edge technology tapi uraiannya tetap sangat membumi, tanpa bunga2…

          kalau ada bahasa kurang santun saya mohon maaf, tapi mohon dipahami juga bahwa pemaksaaan ilusi / menegakkan benang basahnya sudah overdosis, lha yang ngomong panglima TNI dan ada inpresnya, masih aja digoreng dan dipelintir, lalu siapa yang bisa kita percayai di republik ini?

        • Iya bener bung Danu itulah overdosis yg sudah terjadi di sebagian teman2, maaf juga kalau saya ada salah2 kata nih. Saran dan kritik selalu saya terima.

      • Mau pake timun ga bung James..?
        Bentar ya… lagi ngantri nih bung james.. hahaha.. salam juga buat bung james..

      • sebenarnya, ini dirapatkan di DPR loh.. terkait RAPBN-P.

        Baru kemaren rapatnya. meskipun hanya berjalan 20 menit. (diberitakan di media, dan memang begitu keadaannya)
        Bahkan Kementerian ESDM yang kena getahnya karena sebagai penanggung jawab/pelaksana program pengendali konsumsi bbm (plus ketidakhadiran menteri karena tengah menghadiri wisuda sekolah tinggi energi, di Jatim).
        Yang jadi pertanyaan, apakah rapat DPR ini tertutup dari media atau tidak. Bagaimana tanggapan para pelaku pemerintahan bila kredibilitas media dalam memberitakan dipertanyakan?

        Saya rasa tidak. Masalah anggaran adalah isu yang sangat sensitif. Kerasa banget soal pemangkasan anggaran ini. Karena ditakutkan akan mengganggu output dan program yang sudah dicanangkan.

        Pemotongan itu truly emang bikin sakit hati bung,, tapi mau gimana lagi, inilah realita…

      • Salam kenal bung ucav…saya sependapat dengan bung…saya selalu monitor ni warung berharap progres alutsista external sourches yg disampaikan bung nara beberapa waku lalu….

      • kalo memang yang terjadi demikian bung.. sungguh tak rido rasanya anggaran pertahanan dipangkang gara-gara subsidi BBM jebol.. padahal kan udah disepakati bahwa subsidi hanya 2000rb rupiah untuk per liter bbm, kalo harga minyak dunia naik, ya aturan bbm juga naik sesuai kenaikan harga bbm internasional.. pokonya dari pemerintah harga subsidinya per liter 2000 rp, gak kurang.. dan gak lebih… atau mending dihapuskan sekalian.. yg dikalimantan aja harga bbm 3 kali lipat pada masih bisa beli kok.. tapi balik lagi.. saya mendingan husnudzon aja deh.. bahwa ada something big dibelakangnya.. biar gak pusing aku.. i’ll just think positively, so i can do something positive…

      • udah kental unsur politisnya bung..

        belum lagi bila ada tekanan dari parlemen, dan apabila subsidi dipangkas atau bbm dinaikan, ya sama seperti sebelum-sebelumnya.. Pasti berujung demo dimana-mana nuntut soal bbm.

        memang kebijakan soal subsidi ini merupakan kebijakan yang tidak populis, padahal pengaruhnya sangat besar ke keuangan negara. Dan, tiap bbm naek, yang dicerca ya presiden dan pemerintahannya..

        *maaf bila oot*
        Saya takut hal ini bakalan berlanjut. Kenapa? Karena 2 calon pemimpin adalah kubu yang sangat pro dengan ekonomi kerakyatan. Termasuk yang vokal dalam menentang kenaikan harga bbm di tahun tahun sebelumnya.. 😀

      • Setuju bung UCAV slam kenal..lama jadi SR gatel juga nh tangan jdi warjagers,hihi

        Pergantian pemimpin menimbulkan kekhawatiran di TNI saat ini,jdi muncul inpres tersebut untuk amanin Pesenan yg udh di teken,
        klo pemimpin masa mendatang ga berorientasi pentingnya bidang pertahanan justru akan jadi Blunder bagi Indonesia sendiri..

        Salam NKRI..

        • hehehe salam hangat juga bung gogon dan keluarga.. ayo dong turun gunung gak usah jadi SR melulu.. kita diskusi bareng, saling bertukar pendapat.. mudah-mudahan ada pencerahan yang bisa didapat.. berbeda pendapat hal biasa.. asal di sampaikan dengan santun.. kalo udah mencibir pendapat orang lain di awal, malah jadi males ngeladenin, jadinya diskusinya tidak berbobot.. hahaha..
          mari kita galakan budaya santun bung gogon…

        • Well… mari kita bantu negeri ini dengan minimal berdoa dan berharap agar Insya Allah semua pesanan kita aman, rakyat negeri ini lebih makmur dan TNI beribu bahkan berjuta kali lipat lebih kuat dari yang terlihat.

      • hadoooh.. *tepok jidat*..
        kalo menurut saya sih yang demo kemarin ditunggangin partai opsisi bung.. unsurnya politis, bukan ekonomi kerakyatan…
        ekonomi kerakyatan kan aturannya menaikan tingkat daya beli masyarakat, bukan memanjakannya dengan subsidi sana-sini.. tidak mendidik itu..
        rakyat kecil gak pernah demo bung.. kita paling cuman kaget bentar.. tapi kita percaya kalo kita masih mampu beli dan pasti ada rizkinya.. semua udah ada yang ngatur.. itu yg selalu kami yakini..
        yang demo siapa..? mahasiswa yang bolos kuliah dan LSM yang mengatasnamakan suara rakyat.. kita sendiri sebagai rakyat kecil, fine-fine aja tuh..
        buat kami tuh yang penting roda ekonomi lancar berputar..
        lapangan pekerjaan ada.. suntikan dana untuk UMKM di galakan.. dan optimalisasi fungsi peran koperasi sebagai roda penggerak ekonomi kerakyatan…

      • hehehe..
        emang kenyataannya seperti itu.
        sangat menentang kebijakan menaikan harga bbm.
        alasannya waktu itu kan kenaikan harga bbm dapat menyengsarakan rakyat akibat kenaikan harga di segala lini, apalagi menjelang bulan ramadhan dan idul fitri.
        Memang betul sangat tidak mendidik, tapi dalam politik, segala hal menjadi mungkin.

        Sementara itu, subsidi masih saja dinikmati oleh yang tidak berhak.

        akhirnya hampir di seluruh wilayah Indonesia menentang.
        Bener bener dahhh…

        biar waktu yang menjawab soal subsidi bbm dipangkas atau tidak di pemerintahan yang akan datang..

        salam kenal bung…

      • @ bung foxtrot, APBN yg anda tahu bukan seperti 1 + 1 = pasti 2.
        Analoginya seperti ini, langit yg anda lihat berwarna biru diselingi awan putih, ternyata setelah anda teropong lebih dalam berwarna hitam dan terdapat bermacam benda bertaburan disana. Artinya masih banyak sekali dana2 siluman penerimaan negara yg tidak bisa dimasukkan dalam APBN.
        Contohnya seperti Dana Abadi Umat, Dana Jamsostek yg dikelola. Itu hanya sebagian kecil dari penerimaan negara yg tidak bisa dimasukkan dalam APBN.
        Tidak semua dana pemerintah diketahui masyarakat secara transparan sebagaimana semua gaji anda diberikan kepada istri anda namun pendapatan diluar gaji hanya anda yg tahu digunakan utk apa saja.
        Jadi dana yg ada diluar APBN itu masih banyak, lalu digunakan utk apa saja dana itu.? Hanya Tuhan dan pengelola Negara yang tahu.
        Salam NKRI

      • bung BR,

        Dana Abadi Umat, Dana Jamsostek setahu saya tidak tergolong penerimaan negara, karena ada pemiliknya (yi. para calon haji dan karyawan) walau memang dikelola negara.

        jika digunakan selain bagi kepentingan pemilik justru bisa didakwa korupsi seperti SDA…

      • jika memang masih ada penerimaan negara diluar APBN dan hanya Tuhan dan pengelola negara (eksekutif) yang tahu, itu telah melanggar prinsip check and balances, karena tak terawasi oleh legislatif / DPR, selain melanggar UU 17 2003,

        UU 17 2003
        TENTANG KEUANGAN NEGARA

        Pasal 3

        (1) Keuangan Negara dikelola secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan, dan bertanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan.

        (2) APBN, perubahan APBN, dan pertanggungjawaban pelaksanaan APBN setiap tahun ditetapkan dengan undang-undang.

        (4) APBN/APBD mempunyai fungsi otorisasi, perencanaan, pengawasan, alokasi, distribusi, dan stabilisasi.

        (5) Semua penerimaan yang menjadi hak dan pengeluaran yang menjadi kewajiban negara dalam tahun anggaran yang bersangkutan harus dimasukkan dalam APBN.

      • contoh sederhana nya gini aja bung danu.. sekolah swasta yang ada dalam lingkungan yayasan, bahwa bos itu harus dikelola oleh sekolah, dan peruntukannya untuk pembiayaan sekolah anak agar tidak terlalu membebani siswa, dan penggunaannya harus jelas dan ada pertanggungjawaban berupa laporan yang di buat rutin kepada dinas pendidikan.. pada realitanya banyak dana BOS yang di kelola oleh yayasan, yang diberikan kesekolah itu hanya berupa gaji staff dan guru bulanan.. untuk keperluan sekolah harus ada pengajuan berupa proposal.. sehingga untuk laporan ke dinas memakai laporan fiktif karena dana bos itu tidak diterima sekolah.. dan itu berlaku juga untuk dana bantuan dari pemerintah..

        contoh kedua seperti dana rutin kelurahan yang mencapai 150 juta/ 2 bulan, yang seharusnya digunakan untuk keperluan kantor, oprasional kelurahan, dan dipertanggung jawabkan dengan laporan keuangan yg jelas, ujung-ujungnya malah masuk kantong juga, untuk laporan ya fiktif lagi fiktif lagi…

        orang yg nerima laporan mana tau itu data fiktif.. asal data tersebut rasional, atau wajar tanpa pengecualian (dalam bahasa audit)..

        semuanya sudah ada aturan yang mengatur, dari mulai kepres, UU, kepmen, dll.. tapi aturan manusia itu fleksibel, pasti ada celah disana untuk di langgar, meski niat pelanggaran itu memang bermacam2.. baik atau buruk..
        wong aturan tuhan aja yang saklek orang masih banyak yg langgar kok..

        jadi naif kalo kita percaya seratus persen data pertanggung jawaban keuangan negara..

        ada yang pernah bilang di forum ini masalah pembiayaan alutsista strategis ini sangat sensitif sekali, sama sensitifnya dengan keberadaan alutsista strategis tersebut.. sehingga rapat DPRnya juga tertutup dan hanya yang berkepentingan yang hadir, dan media pun tidak diperkenankan untuk meliputnya.. mungkin juga rapat pemangkasan anggaran ini tertutup dari media.. asalkan ada anggota DPR yang menjadi perwakilan rakyat, presiden dan jajaran kementriannya. maka apa yang menjadi keputusannya dari rapat tersebut sah di mata undang-undang karena dipertanggung jawabkan kepada anggota dewan perwakilan rakyat.. adapun yang di blow up ke media bisa jadi adalah disinformasi karena rapat yang dibahas berisi sesuatu yang sensitif… wallahu a’lam..

      • bung Danu

        Dana Abadi Umat dan Jamsostek dikelola oleh siapa.? Ditempatkan dimana.? Apa anda bisa menetapkan besaran pastinya per tahun.? Yang harus anda ingat APBN disusun berdasarkan perhitungan satuan harganya tidak berlaku lunsum.

        Dana Abadi Umat bukan milik calon haji bung, tp milik mereka yg telah menunaikannya. Pertanyaannya, diserahkan kepada pemiliknya kah dana2 ditahun tahun sebelumnya.? Coba anda cek lg deh, kemana dana tersebut dipergunakan kalo anda benar2 tahu.

        Dalam UU no 17 tahun 2003, yg dimaksud keuangan negara adalah yg terjabarkan dalam APBN bung, memang harus transparan. Lalu bagaimana dng dana Non Budgeter.? Bagaimana mempertanggung jawabkannya.? Ya tdk perlu dipertanggung jawabkan wong tidak ada wujudnya. Ibarat anda menghirup udara, anda merasakan segar tapi anda tidak melihat bentuk udara itu sendiri. Tapi udara itu bisa anda jual dalam bentuk kemasan. Anda juga tidak akan dikomplain oleh konsumen karena menjual barang yg tdk tampak tadi.

        Sepertinya anda yakin sekali kalo seluruh penghasilan anda bakal anda serahkan kepada istri anda secara transparan tanpa ada yg disembunyikan, kecuali memang anda tidak punya penghasilan sampingan selain gaji bulanan anda.

        bung Danu, tidak semua kesepakatan antara legislatif dan eksekutif dipaparkan ke publik. Yg tidak terekpose kepublik itulah merupakan dokumen rahasia negara. Rahasia negara itu bukan hanya berbau militer saja bung, tapi dalam hal keuangan negara juga ada.

        Terakhir…Dana penerimaan negara yg tidak masuk dalam APBN, pemanfaatannya tetap sepengetahuan legislatif namun bersifat tertutup.

        begitu ceritanya bung…maaf ini hanya analisa penjual tiwul pasar klewer…..salam kenal dan salam NKRI.

      • kalo ada yang mempertanyakan respon anggota dewan perwakilan rakyat, anggota DPR pasti telah di informasikan tentang urgensi pengadaan alutsista strategis dikarenakan ancaman dikawasan yang memang kian menjadi-jadi.. laporan intelejen negara juga mungkin di paparkan dalam rapat tersebut, dan saya yakin bahwa anggota DPR yang terhormat juga mempunyai jiwa nasionalisme, dan menyadari urgensi tersebut.. sehingga menyetujui pengadaannya karena menyangkut isu keamanan nasional.. untuk menyembunyikan informasi pengadaan yang bersifat sensitif itu di adakan lah disinformasi yang tellah disetujui oleh seluruh pihak yang terlibat, dan kementrian keuangan di tunjuk untuk merasionalisasi pemangkasan anggaran beberapa kementrian untuk pengadaan alutsista ini.. lalu disinformasi itulah yang di blow up ke media.. dan apabila ada yang mempertanyakan pemangkasan anggaran ini oleh pihak yang tidak terlibat, maka pihak yang terlibat akan satu suara menyampaikan disinformasi ini…

        tapi, lagi-lagi ini hanya satu dari berjuta skenario yang mungkin terjadi dibalik pemangkasan ini.. mungkin yang di blow up kemedia adalah kebenaran, mungkin ada skenario tersembunyi dibalik semuanya, siapa yang tahu kebenarannya? hanya pihak terlibat dan Allah SWT lah yang tau…

      • sedikit tambahan buat Bung Danu ya dari UU 17 2003
        TENTANG KEUANGAN NEGARA

        pasal 1 ayat :
        13. Pendapatan negara adalah hak pemerintah pusat yang diakui sebagai penambah
        nilai kekayaan bersih.
        14. Belanja negara adalah kewajiban pemerintah pusat yang diakui sebagai pengurang
        nilai kekayaan bersih.

        pasal 3 ayat
        (7) Surplus penerimaan negara/daerah dapat digunakan untuk membiayai pengeluaran
        negara/daerah tahun anggaran berikutnya.
        (8) Penggunaan surplus penerimaan negara/daerah sebagaimana dimaksud dalam ayat (7)
        untuk membentuk dana cadangan atau penyertaan pada Perusahaan Negara/Daerah
        harus memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari DPR/DPRD.

        Pasal 11
        (1) APBN merupakan wujud pengelolaan keuangan negara yang ditetapkan tiap tahun
        dengan undang- undang.
        (2) APBN terdiri atas anggaran pendapatan, anggaran belanja, dan pembiayaan.
        (3) Pendapatan negara terdiri atas penerimaan pajak, penerimaan bukan pajak, dan hibah.
        (4) Belanja negara dipergunakan untuk keperluan penyelenggaraan tugas pemerintahan
        pusat dan pelak- sanaan perimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah.
        (5) Belanja negara dirinci menurut organisasi, fungsi, dan jenis belanja.

        Pasal 12
        (1) APBN disusun sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan pemerintahan negara dan
        kemampuan dalam menghimpun pendapatan negara.
        (2) Penyusunan Rancangan APBN sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) berpedoman
        kepada rencana kerja Pemerintah dalam rangka mewujudkan tercapainya tujuan
        bernegara.
        (3) Dalam hal anggaran diperkirakan defisit, ditetapkan sumber-sumber pembiayaan
        untuk menutup defisit tersebut dalam Undang-undang tentang APBN.
        (4) Dalam hal anggaran diperkirakan surplus, Pemerintah Pusat dapat mengajukan
        rencana penggunaan surplus anggaran kepada Dewan Perwakilan Rakyat.

        Pasal 27
        (1) Pemerintah Pusat menyusun Laporan Realisasi Semester Pertama APBN dan
        prognosis untuk 6 (enam) bulan berikutnya.
        (2) Laporan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) disampaikan kepada DPR selambatlambatnya
        pada akhir Juli tahun anggaran yang bersangkutan, untuk dibahas bersama
        antara DPR dan Pemerintah Pusat.
        (3) Penyesuaian APBN dengan perkembangan dan/atau perubahan keadaan dibahas
        bersama DPR dengan Pemerintah Pusat dalam rangka penyusunan prakiraan perubahan
        atas APBN tahun anggaran yang bersangkutan, apabila terjadi :
        a. perkembangan ekonomi makro yang tidak sesuai dengan asumsi yang
        digunakan dalam APBN;
        b. perubahan pokok-pokok kebijakan fiskal;
        c. keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antarunit
        organisasi, antarkegiatan, dan antarjenis belanja;
        d. keadaan yang menyebabkan saldo anggaran lebih tahun sebelumnya harus
        digunakan untuk pembiayaan anggaran yang berjalan.
        (4) Dalam keadaan darurat Pemerintah dapat melakukan pengeluaran yang belum tersedia
        anggarannya, yang selanjutnya diusulkan dalam rancangan perubahan APBN dan/atau
        disampaikan dalam Laporan Realisasi Anggaran.
        (5) Pemerintah Pusat mengajukan rancangan undang-undang tentang Perubahan APBN
        tahun anggaran yang bersangkutan berdasarkan perubahan sebagaimana dimaksud dalam
        ayat (3) untuk mendapatkan persetujuan DPR sebelum tahun anggaran yang bersangkutan
        berakhir.

  10. “Menurut Moeldoko, dengan dipangkasnya anggaran 2014, maka akan mengganggu kesiapsiagaan TNI di tanah air. Kesiapsiagaan itu meliputi kekuatan di perbatasan, maupun operasional TNI keseluruhan”…. mudah mudahan tidak mengganggu proses pengadaan alutsista, tetep miris sih dengarnya..

  11. Yah sayang sekalee. Moga tahun depan gx di sunat lagii…

  12. duh ….knapa kok dipangkas ? kontrak pembelian alutsista dah lunas pa belum yach ?

    • kontrak pembelian alutsista biasanya multiyear atau pake kredit ekspor, jadi nggak langsung lunas. dan namanya kontrak mau gak mau harus dipenuhi, kalo nggak mau kena penalty. jadi kayaknya soal alutsista masih aman.CMIIW

      • Betul bung rules..pengadaan alutsista biasanya multi years.
        Klo udah kontrak trus dibatalin bakal kena penalty..nah yg belum kontrak ini yg agak dag dig dug karena bisa tersendat/dilihat ulang.
        Semoga presiden berikutnya masih tetap berwawasan nusantara sehingga otot kawat republik ini lebih diperkuat
        JAYA NKRI!!

  13. Mudahan ini hanya sebagai strategy TNT saja…untuk mendapatkan anggaran yang lebih besar lagi, agar memiliki daya gentar yang lebih Dahsyat…….colek Komandan Nara@ dan sesepuh yang lain…

  14. semoga pak moeldoko bohong,.
    hehehe

  15. Hadeh terjadi pemangkasan
    Mudah2an tidak mengganggu rencana yg sudah ada

  16. Harus Tetap Optimis lah…

  17. Kemungkinan dana yg dipangkas akan dialokasikan untuk pembangunan pangkalan militer didaerah perbatasan yg rawan…CMIIW

    • bukan,pembangunan pangkalan militer dari anggaran pertahanan dw,,, ada program yang lebih urgent kalee,, yang jelas bukan untuk pensiun para pejabat…. huaahuaa hahahahhaaaaaaaaaaa

      • Alhamdulillah kalau begitu…lega dengernya

      • buset dahh…

        itu APBN defisitnya mulai gede.

        Defisit dikhawatirkan bakalan lebih dari 3% terhadap PDB kalo gak dipotong kayak gini .. Subsidi energi membengkak, Penerimaan berkurang, kas negara jadi gak ada duit dah..
        Hampir seluruh K/L kena pemotongan. Sementara, pemotongan itu sendiri akan sangat mengganggu program program pemerintah dan tentu saja mempengaruhi output.
        Kasarnya aja, Harusnya menghasilkan 3 kebijakan tapi setelah pemotongan tinggal 1 kebijakan aja. 2 kebijakan lagi ditunda untuk tahun depan…

        Pembahasan RAPBN untuk jadi UU APBN itu alot banget loh bung. Mulai dari usulan per K/L aja udah alot sana sini. Tanda bintang, koreksi, kelengkapan berkas, dll. Belum kalo udah mau dibahas di DPR, lebih alot lagi. Masa iya pemotongan dilakukan untuk hal yang bersifat ngawang ngawang kayak gitu bung?
        Cape loh mikirin program, alokasi anggaran, output dll itu..

        salam kenal bung

        • Kalo bung foxtrot berkecimpung di pemerintahan, maka bung akan memahami bagaimana sebenarnya berjalannya pembahasan anggaran.
          Itu semua sekedar sandiwara yg skenarionya sudah dibuat sebelumnya.
          Lantangnya suara seorang anggota dewan bukan murni aspirasi rakyat yg dibawa, melainkan ada dua kemungkinan.
          Kemungkinan yang pertama jatah dia lebih kecil dr yg lain jadinya minta tambah. Itu trik umum di dewan lho bung.
          Kemungkinan kedua sebenarnya dia membawa misi pesan sponsor dr K/L yg dikritiknya tadi, agar K/L tersebut ditambah dananya atau programnya bisa digolkan dikarenakan mendapat kritikan sang wakil rakyat tadi.
          Yang terakhir ini bukan merupakan rahasia umum lagi lho bung.
          Salam NKRI.

  18. sangat disayangkan..!! atau sdh tercapai target menyerang musuh langsung ke kandangnya..????..???

    • beluuummmm, alutsista kita masih hanging di alam khayalan, emang kepunyaan kita. tapi belum benar benar ada ditangan. inget kata AKAN dan SEGERA.. jangan lupa kata TERTUNDA.

  19. Mudah2an ni untuk anggaran yg lain….!!!!!!

  20. ini hanya strategi pengelabuan musuh 2 negara dibalik itu ada anggaran yang tak terhtung jumlahnya sudah dipersiapakan untuk modernisasi TNI.

  21. semoga hanya bagian dari strategi TNI aja..

  22. lam knal wat teman teman warjager semua..

  23. Sepertinya pemotongan ini buat nambah biaya pengamanan pilpres…semoga lancar tanpa gejolak berarti ya..aamiin

  24. kemarin banyak komen ‘capres gak ngerti alutsista, bahaya bagi kelanjutan MEF dst’, nah situas ini membuktikan bahwa yang maha penting itu E K O N O M I, ekonomi sehat alutsista perkasa, ekonomi morat marit alutsista miris…

    >kasus uni soviet, tidak hanya alutsista yang terdampak, bisa2 negaranya sekalian ambruk jika ekonomi senin-kemis

    >kasus amrik, era pembangunan alutsista paling fantastis bukan di jaman jenderal brilian pemenang PD II eisenhower, tapi di jaman ronald reagan, bintang film yang semasa PD II bertugas/wamil di dalam negeri di unit militer ‘pinggiran’, active duty with the 1st Motion Picture Unit.
    tapi di jaman presiden reagan SDI / star wars diprakarsai…

    • setuju bung danu apalah arti militer kuat kalo cuman nantinya dipake buat madamin kerusuhan rakyat yg kelaparan.

    • anekdot:

      nama reagan pernah diplesetkan jadi ray gun / senjata sinar laser yang digadang2 lewat SDI…

    • IMHO Ekonomi memang sangat penting bung danu….tapi tdk menjamin bisa membawa bangsanya menuju kemakmuran….

      contoh yg paling nyata ya bangsa kita ini sekarang…ekonomi masuk 10/15 besar dunia….tpi kmarin saya baca masih lbih dr 50% rakyat kita trgolong miskin/dibawah grs kmiskinan…

      Yg paling penting utk berubah itu ya attitude, sikap mental terutama kegigihan (willing) dlm berjuang, dan akhlak, intinya pendidikan.
      Klo ada 2 orang yg punya tingkat kmiskinan yg sama, yg punya attitude utk berjuang dan tdk bisa menggantungkan nasibnya pada pihak lainlah yg akan lebih cepat/bisa kluar dr kmiskinan…..bukan yg menunggu seseorang/pihak lain dtg utk mengubah nasibnya…..sayangnya yg kedua inilah bung yg masih jdi mayoritas pemikiran rakyat kita, terutama kalangan bawah….(hasil interaksi bertahun2 saya dgn berbagai kalangan)….
      Dan yg terakhir tpi jga maha penting sinergitas dan keterkaitan faktor2 tdi bung yg hrs diperjuangkan mati2an oleh pemerintah selaku pelaksana negri ini (seharusnya)…

      Contohnya sonora, beberapa kali saya kesana dan dikalangan bawah sebenarnya mental mereka tdk lbih baik dr kita….tpi pemerintahnya betul2 memperjuangkan kesejahteraan rakyatnya melalui sinergi faktor2 tdi….

      Dan saya kira KEGIGIHAN ini pula yg membuat TNI kita disegani dan ditakuti, meskipun tertinggal dr sisi modernisasi alutsista….seperti jg kegigihan pejuang kita di masa lampau yg berhasil mengusir penjajah dr negri ini

      • betul bung Redemption,

        tidak bisa berhenti hanya di ekonomi yang sehat, harus diperhatikan juga pemerataannya, tapi tetap langkah pertama ekonomi harus sehat, jika morat marit seperti saat ini, apa yang mau diratakan ?

        ekonomi RI besar karena jumlah rakyatnya juga besar (praktis tidak mungkin orang tak butuh uang untuk membeli sesuatu barang/jasa, tak mungkin sebuah keluarga mandiri dalam sandang, pangan, papan, obat, transportasi, pendidikan dst, pasti harus bertransaksi dengan pihak2 lain dan menggerakkan ekonomi)

        dan sesuatu yang berukuran besar tidak kebal dari aneka penyakit…

  25. Makanya jadi tentara jangan berjiwa trilyunan…ingat leluhur pendiri NKRI jaman penjajahan sampai jaman kemerdekaan mereka berjuang dan mempertahankan nyawa agar cucu* bisa hidup merdeka dan meneruskan hasil perjuanganya dengan tenaga dan pikiran untuk kedaulatan NKRI..bukanya enggak ada anggaran lalu mengeluh…

  26. hmm..saya blg apa,tahun ini adalah pembuktian benar atau tidaknya realisasi kedatangan alutsista..makanya kita jgn sombong dulu mo bli inilah,itulah tp ga mengukur kemampuan finansial..mana yg jago2 koment blg alutsista akan berdatangan 2014,malah ada yg nglawak kilo sm amur sdh berkeliaran di laut nkri,s300/400 sdh ada beberapa batre,su 35 sdh terbang di angkasa nkri tp semua itu dirahasiakan..tp semua seperti tong kosong nyaring bunyinya,malu dong sm tetangga hehe
    tp jika mmg berharap tni bnr2 mau maju,syaratnya prabowo harus duduk jd RI1 dan pak moeldoko tetap jd panglima tni..itu br saya percaya tni akan jauh lbh berotot,tp klo prabowo gagal dan pak moeldoko turun,saya jd ragu akan nasib bangsa ini kedepannya,khususnya nasib tni..jaman megawati,rivalitas antar angkatan seolah2 mmg dikondisikan..saudara dr corp baju coklat begitu dimanjakan,sementara tni dipagari,peran tni di kebiri(mungkin ibu mega trauma masa lalu)..

    • walah dia kampanye, nah kalo mr. P nggak jadi RI1, mau referendum lagi dunk bung F?

      • katanya nasionalis,nah pendukungnya kok bisa2nya nyaranin referendum separatis.
        :tepok jidat

        • ya pasti referendum lah, semua pengikutnya nih:

          jagoan nilep nyawa
          jagoan nilep sapi eh dagingnya
          jagoan nilep infaq masjid eh dana haji
          jagoan nilep dana Alquran
          jagoan nabrak, baek yang anak mentri maupun anak artis pendukungnya…
          jagoan nenggelemin rakyat pake lumpur
          jagoan zigzag, pindah-pindah partai, belum setahun aja udah 2 kali pindah ke 3 partai….

          kalo kalah gimana urusan mimpi mau korupsi tuh??? makanya kudu referendum, biar pengikutnya dapet kursi kabinet, rame-rame ngabisin duit buat beli alutsista… 🙂

        • Gong nya mantep bung TaksudiDisalahi,
          tapi sayang juga anda ikutan kampanye di sini……

    • Ngomong opo tho le…

    • Gitu ya..hmm..tapi koq nyebut2 ya..dua orang itu jgn sebut dimari..

    • maaf bung frans, saya ngga percaya APBN karena saya ngga ngitung sendiri uangnya dan uangnyapun ngga lewat rekening saya, jadi pemotongan APBN/anggaran tersebut menurut saya adalah HOAX trully HOAX, hehehehehehehe salam kenal bung frans

      • bung.. kasihan para pegawai negeri yang udah cape cape bikin exercise, model, simulasi untuk bahas hal ini lantas pemotongan anggaran dibilang hoax.. cape deh…

        INPRES dibilang hoax? Emang pemerintahan cuma ngejar alutsista doang?

        • hehehehe maaf bung foxtrot, bukan maksud saya menyatakan bahwa para orang2 yg sdh susah payah “ngarang” APBN itu pembohong semua bung, saya cuman ingin agar warjagers tegas menjaga garis, jangan sampai bila masalah alutsista strategis langsung berdiri digaris HPYHOP (hura percoyo yen hura…..dst) giliran berita pemotongan APBN percoyo wae meski ga ono photone (ga ikut ngitung uangnya) hehehehehehe. Tapi maaf bung foxtrot apakah anda tahu klo pemasukan pemerintah bulan ini bisa nutupi pengeluarannya ??? hehehe salam kenal bung foxtrot

        • pemotongan anggaran dibilang hoax…..ya emang hoax kalo anda paham.
          Yang dipotong itu anggaran yang sama sekali blom direalisasikan kegiatannya sampai dengan Triwulan kedua ini, bahkan ada K/L yg asal buat kegiatan aja. Kebanyakan K/L menyusun anggaran seperti ibu2 yg bawa duit banyak belanja ke mall. Barang yg dibeli belum tentu yg dibutuhkan. Bukan belanja berdasarkan keperluan.
          Dari pada uangnya habis percuma dan hasilnya tdk tepat sasaran, lebih baik dipangkas sebelum dibelanjakan. Hasil pangkasannya dikemanakan.? Tanyakan aja sama pengelola negara…hehehe
          Salam NKRI

          • salamkenal @bung BR
            saya setujudg anda, anggaran d potong n mau d kemanain kita tdk akan pernah tau, yg d mediahoax atau bukangax ada yg tau, yg penting kita cukuppercaya dan optimis utk TNI kita
            JAYA NKRI

    • kawan lare alit@suka2 saya dong mau nulis apaan,demokrasi coy..you suka silahkan baca,ga suka ya merem..mau dibilang kampanye atau bkn silahkan..bereskan hehe

      • Demokrasi harus juga memperhatikan hak orang lain. Selain kita juga harus menghormati pemilik warung. Jk pemilik warung tidak menghendaki adanya kampanye ya hrs dihormati. Budaya sopan dan menghargai adalah salah satu ciri demokrasi kita. Jg atas nama demokrasi lantas nabrak “pagar”. Oke bung.

      • lo gak liat koalisi PS? semua jagoan korup, biar niat PS mau beli pespur canggih juga gak bakalan jadi kenyataan gara-gara duitnya dirongrong begundalnya.

        Mau potong kompas? lha masing-masing partai minta jatah mentri, termasuk kemenhan yang basah, mana ada dana buat beli alutsista???

        MIKIR……..!

      • Probowo teh tukang nyulik aktifis lain…..

    • mas frans kalo mau kampanye jgn disini, ini forum bkan tempat kampanye….

    • Bung Frans, dipotong saat ini bukan berarti tidak ada pembelanjaan juga. Hemat saya pemotongan akan berpengaruh tapi tidak serta merta membuat rencana batal 100% karena pemotongan tidak 100%. Ekonomi memang harus diselamatkan namun dalam era saat ini Pertahanan Keamanan juga perlu mendapat prioritas karena kedua hal ini saling berikatan. Kebijakan Politiklah yang mengarahkan dinamika kedua hal ini

    • wah kalo ane tulis kaya gitu,, di blg kampret kampanye tuuu

    • Frans itu SONORA kawan-kawan.

      http://jakartagreater.com/panglima-tni-peringatkan-malaysia-soal-tanjung-datuk/
      comment 77 frans says:
      May 29, 2014 at 11:35 pm
      kawan pampijit@klo tni kehabisan granat bs pake kelepon buat nyambit..
      Tldm mangap trus..sedapnye..boleh tahan tni punye weapon lah

      Dari kemaren diajak diskusi kabur terus , lalu memprovokasi ‘Budi ” yang g jelas juga “Budi” siapa .
      Waspada dan waspada pada Mr Agen Referandum .

      • Kehadiran teman2 yg percaya sepenuhnya akan info2 yg ada dibutuhkan disini…..
        Kehadiran teman2 yg tdk percaya sama sekali (kaum hoaxer) juga dibutuhkan disini…..
        Kehadiran teman2 yg grey area (antara percaya tdk percaya) jg dibutuhkan disini
        Kehadiran antek asing jg dibolehkan dimari….(biar mereka keder bung)
        Silahkan utarakan opini asal disertai dgn argumentasi yg jelas dan sikap berdiskusi yg sopan dan santun…..

  27. Asssalamualaikum, salam sejahtera utk kita semua. klupun ada pemotongan anggaran semoga tdk terlalu mengganggu program2 yg akan & telah dilaksanakan. selalu berharap yg terbaik demi kemajuan serta kemandirian TNI.

    #balik lagi ke laptop sesuai dgn clue2 terdahulu yg telah dijabarkan oleh para Suhu…..ngadhemmm lagi achhhh SR Mode ON#

  28. mungkin sebaiknya memang dipotong daripada ngutang lagi, ayo capres siapa yang berani untuk potong subsidi BBM

    • saya yakin kedua capres berani, lagian memang harus, tak ada pilihan lain, kecuali negara akan dibuat bangkrut…

      masalah kecil cuman di cawapres, parahnya situasi ekonomi saat ini kan tanggung jawab / kinerja salah satu cawapres?

      • ha..ha..ha iya baru inget ane, ni ekonomi buram gara-gara buapake si tukang tabrak di tol jagorawi. Eh ternyata die dapet dukungan dari sesama buapake tukang tabrak di tol jagorawi juga loh…masak 2-2nya punya masalah yang sama yah?
        trus yang laen juga prestasi sama, kalo gak daging sapi, dana Al-quran, dana Haji, termasuk daging HAM juga ada nyang nyangkut tuh….

    • Potongan subsidi bisa dilakukan caranya dengan menghilangkan BBM bersubsidi di pasaran secara perlahan-lahan, khususnya untuk kota Jakarta, Surabaya dan Medan. Ide untuk menaikkan harga BBM bersubsidi adalah isu yang sensitif dan akan banyak digunakan oleh kaum yg kontra pemerintah sebagai senjata andalannya untuk menyerang pemerintah. Sebaiknya BBM bersubdi harus dihilangkan dari pasaran, caranya perlahan-lahan biar tidak timbul kekacauan di masyarakat

      • ni program subsidi konsultan salah satu capres:
        Menghilangkan bbm subsidi di kota-kota besar kelas 1 dan 2 ! (Jabotabek, Surabaya, Medan, Makassar, Bandung, Yogyakarta, Solo, Malang, Balikpapan, Banjarmasin, Pekanbaru, Pontianak, Palembang, Banda Aceh, Bandar Lampung dll)
        Pembelian bbm subsidi tiap kendaraan tiap pombensin dibatasi maksimum 15 liter untuk roda 4, 50 liter solar roda 6 keatas dan 5 liter roda dua).
        Percepat konversi gas dan pembangunan SPBG

        Khusus Jakarta Raya semua pombensin hanya menjual pertamax yang paling tinggi RON-nya. Gak masalah nanti pada pergi keluar kota hanya untuk beli premium, karena memang cara yang sekarang direncanakan pake RFID gak bakalan efisien dan efektif.

      • Pengurangan hingga penghapusan subsidi bisa dilakukan namun harus dikontrol secara ketat oleh pemerintah. Kontrol produk import dan kontrol pasar untuk kebutuhan pokok. Dengan kontrol ketat di awal-awal masa penghapusan subsidi sampai sentimen masyarakat menjadi positif baru kontrol bisa dikendorkan.

        Kontrol harus dibarengi dengan pengawasan ketat bukan hanya perihal kebutuhan pokok sehari-hari namun juga arus informasi dari dan antar masyarakat karena isu ini akan digunakan oleh mereka yang ingin mengacaukan NKRI. Jadi pada masa-masa awal akan seperti kondisi “otoriter” sama seperti masa-masa awal Singapura di bawah kepemimpinan Lee Kuan Yeuw.

  29. test…sepi

  30. Semoga walaupun di potong anggaranya pengaruhnya tidak terlalu besar. Program TNI tetap berjalan baik pelatihan penguatan dan pengadaannya.

  31. mungkin pemangkasan anggaran tidak berdampak pada rencana pembelian alutsista (apalagi yg terlanjur kontrak) tetapi lebih berdampak pada kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan, apakah itu latihan tempur tiap matra, jumlah operasi operasi yang dikurangi. membatasi kemampuan siaga tempur. bisa jadi pengiriman atau pelatihan-pelatihan bagi tentara kita akan menjadi terbatas. tetapi saya berharap para petinggi TNI sudah menemukan cara yang bisa mengatasi permasalahan yang timbul.
    ayo pak Moel… anda bisa…

    • padahal belum genap sebulan pak beye mengatakan bahwa ekonomi Indonesia masuk dalam 10 besar dunia. kok ada pemangkasan di sejumlah instansi dan lembaga….

      bung Jalo mana niih….

  32. Beberapa kementrian anggaran dipotong, tapi belum ada keterangan alokasi pemotongan anggaran tersebut. Atau mungkin Pemeritah tidak punya uang ? Sepertinya tidak. Pertumbuhan masih postif kwartal ini. Ada yang paham tentang hal ini ?

    • untuk menjaga defisit dalam APBN bung. Agar tidak melampaui 3% dari PDB (amanat UU)

      penyebabnya kurang lebih karena belanja subsidi bbm dan listrik mengalami kenaikan, sedangkan untuk penerimaan dari pajak malah turun sekitar 70T.

  33. salam persatuan dan kesatuan ………………

    jayalah NKRI, ……….

  34. Saya diatas jelas. Bukan mengganggu pengadaan. Namun mengganggu mobilisasi yg bkl muter” ngecek pagar dan bila ad yg rese bin usil ..

  35. Saya rasa kamsutnya .. Mf blepotan

  36. kawan wandS@bs ia bs tdk kawan..urusan anggaran sensitif bgt kawan..telinga pejabat pd bemekaran,otak sm hatinya langsung dimasuki roh jahat..skrg teserah pejabat dah maunya apa,ikuti saja..kita triak2 jg ga guna,yg penting dapur kita ngbul,pengen bli ini itu duit ada..pengen jln kemana bw kluarga dana ada,pastinya hrs kerja keras dong..jgn lupa pajak kita byr..udah beres!

  37. Relatif kecil dibandingkan beberapa yang lain pemotongannya.

    BADAN SAR NASIONAL 30,38%
    KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG KESEJAHTERAAN RAKYAT 30,37%
    BADAN INTELIJEN NEGARA 30,23%
    KEMENTERIAN SOSIAL 30,23%
    BADAN PENGEMBANGAN WILAYAH SURAMADU 30,20%
    BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN 30,15%
    BPKPB DAN PB SABANG 30,13%
    BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN TERORISME 30,11%
    BADAN PENANGGULANGAN LUMPUR SIDOARJO 30,11%
    BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN BENCANA 30,07%
    LEMBAGA SANDI NEGARA 29,95%
    BADAN KOORDINASI PENANAMAN MODAL 29,93%
    KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG POLITIK, HUKUM DAN KEAMANAN 29,82%
    KEMENTERIAN PERDAGANGAN 29,79%
    KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP 29,67%
    KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN 29,65%
    LEMBAGA KETAHANAN NASIONAL 29,64%
    LEMBAGA KEBIJAKAN PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH 29,59%
    KEMENTERIAN PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL 29,48%
    BADAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL 29,42%
    KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK 29,38%
    BADAN NASIONAL PENEMPATAN DAN PERLINDUNGAN TKI 29,30%
    KEMENTERIAN PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI 29,27%
    LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL 29,18%
    KEMENTERIAN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI 28,73%
    KEMENTERIAN PERUMAHAN RAKYAT 28,71%
    KEMENTERIAN PERTANIAN 28,59%
    MAJELIS PERMUSYAWARATAN RAKYAT 27,72%
    KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN 27,54%
    KOMISI YUDISIAL RI 27,41%
    KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM 27,15%
    KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL 27,05%
    KEMENTERIAN BADAN USAHA MILIK NEGARA 27,04%
    KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM 27,03%
    DEWAN KETAHANAN NASIONAL 26,90%
    KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF 26,89%
    KOMISI PENGAWAS PERSAINGAN USAHA 26,80%
    BADAN METEOROLOGI KLIMATOLOGI DAN GEOFISIKA 26,58%
    DEWAN PERWAKILAN RAKYAT 26,52%
    BADAN STANDARDISASI NASIONAL 26,38%
    BADAN NARKOTIKA NASIONAL 26,30%
    KEMENTERIAN DALAM NEGERI 26,12%
    BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN 25,49%
    KEMENTERIAN PERHUBUNGAN 25,14%
    BADAN INFORMASI GEOSPASIAL 24,81%
    BADAN PEMERIKSA KEUANGAN 24,14%
    KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN 23,97%
    MAHKAMAH KONSTITUSI 23,94%
    KEMENTERIAN RISET DAN TEKNOLOGI 23,57%
    BADAN PENGAWAS TENAGA NUKLIR 23,49%
    LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK TELEVISI REPUBLIK INDONESIA 23,34%
    KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI 21,63%
    DEWAN PERWAKILAN DAERAH 21,48%
    BADAN PUSAT STATISTIK 21,28%
    PUSAT PELAPORAN ANALISIS DAN TRANSAKSI KEUANGAN 21,20%
    KOMISI NASIONAL HAK AZASI MANUSIA 21,03%
    KEMENTERIAN KEHUTANAN 18,82%
    SEKRETARIAT KABINET 18,26%
    LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK RADIO REPUBLIK INDONESIA 17,86%
    KEJAKSAAN REPUBLIK INDONESIA 17,61%
    LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA 17,61%
    BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA 17,42%
    OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA 17,23%
    KEMENTERIAN PEMUDA DAN OLAH RAGA 16,64%
    BADAN TENAGA NUKLIR NASIONAL 16,57%
    KEMENTERIAN KEUANGAN 16,31%
    BPPT 16,24%
    BPKP 15,93%
    ARSIP NASIONAL REPUBLIK INDONESIA 15,84%
    KEMENTERIAN LUAR NEGERI 15,59%
    BADAN PERTANAHAN NASIONAL 15,19%
    LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA 13,91%
    MAHKAMAH AGUNG 13,48%
    KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM 13,27%
    KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA 12,85%
    KEMENTERIAN SEKRETARIAT NEGARA 12,59%
    KEMENTERIAN PERTAHANAN 12,17%
    KEMENTERIAN KESEHATAN 11,75%
    BAPPENAS 9,20%
    BPKPB DAN PB BATAM 8,19%
    KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA 6,76%
    PERPUSTAKAAN NASIONAL 6,74%
    KEMENTERIAN AGAMA 5,17%
    KEMENTERIAN PENDIDIKAN  DAN KEBUDAYAAN 0,00%
    KOMISI PEMILIHAN UMUM 0,00%
    BADAN PENGAWAS PEMILU 0,00%

  38. kemungkinan besar karena besarnya subsidi untuk energi. jika subsidi energi
    tinggi sedangkan penerimaan negara
    yang tak besar, akibatnya belanja
    negara harus dikurangi.
    jika penerimaan negara tidak bisa
    digenjot lagi, maka setidaknya ada tiga
    opsi yang bisa dilakukan. Kedua opsi
    tersebut adalah pemotongan belanja
    negara, penyesuaian harga Bahan
    Bakar Minyak (BBM) atau mengurangi
    jumlah subsidi BBM dan listrik. Penerimaan negara sementara berkurang mungkin karena pemberlakuan UU Minerba. Ada yg masih ingat, pemberlakuan UU Minerba akan mengurangi pemasukan negara dalam beberapa waktu, tapi akan memberikan pemasukan berlipat2 di tahun2 berikutnya karena adanya nilai tambah. Sabar untuk sementara.

  39. Terserah pemerintah dech..!! Kita cuma bisa apa coba, pemerintah yg punya pemikiran masyarakat hanya mengawasi..
    Beli alutsista banyak klo ditumpuk dijawa sumatra jg ga efisien, sekali bom tu pulau jg bakal abis tu alutsista..
    Kalimantan mpe skrg ga dipayungi alutsista pdhl disini cadangan SDA buat NKRI..
    Mending beli alutsista yg strategis dlu dech buat defensif klo opensif stelah defens nya dibenahi dlu dech..

  40. Hayo buka rekening dari rakyat untuk negara

    • Buat TNI bung spesifik’y..
      Siap nih 100rb pertama..
      Salam knal bung panjul..

    • Kok sekarang gak ada ya? Dulu saja waktu jaman perang kemerdekaan, rakyat Aceh bisa ikut membantu menyumbang beli pesawat, senjata, amunisi, obat-obatan, juga membiayai pemerintah pusat di Yogyakarta.

      Seandainya saja ada rekening dari rakyat untuk TNI 🙁

  41. anda yakin tuh bung ???

    • @bung aroel, tentu saja beliau yakin bung, wong penerimaan negara semuanya masuk ke rekening beliau, bayar PNS pun pake cek yang ditandatangani beliau hehehehehe, @bung minoritas peace bung, salam kenal buat anda berdua

  42. Tenang bung…..typhoon, rafale, su 35 sdh lunas. Bahkan f22 pun sudah dipesan lunas. Sbentar lagi akan ada kapal induk juga yg sdh tanda tangan kontrak. Jadi berita di atas adalah disinfo spy tetangga tidak takut dgn kita. LOL

  43. salam knal para sesepuh warjag, dan para warjager’s, sbg SR selama ini mo sedikit komen,
    mugnkin itu dananya,dialokasikan buat pembangunan2 pangkalan baru, termasuk tanjung datu, natuna , dll yg membutuhkan alokasi dana tidak sedikit….dan mungkin lebih, semoga ini benar
    u operasional kan sebagai antisipasi Sonotan dan SOnora berulah, sementara kan sudah diantisipasi dg diplomatik, normalisasi diplomatik sonotan dan sonora sudah diikat melalui perundingan2 dalam bulan2 kedepan, termasuk patroli bersama di tj datu, dll dan mungkin sudah ada dana taktis u antisipasi kejadian2 luar biasa pastinya sbg bagian kontingensi plan…
    (mohon pencerahan klo salah)..

  44. Semua kementerian kena potong.. hmmm nyimak dulu lihat kejadian yg akan datang..

  45. Cancut Tali Wondho.. Rawe-rawe Rantas, Malang-malang Putung.. Jangan tanya apa yang bisa kita dapatkan dari negeri ini, tapi tanyalah apa yang bisa kita berikan untuk negeri ini.. Sampai titik darah penghabisan kita persembahkan bagi IBU PERTIWI.”(Soekarno)Salam MERAH PUTIH…JAYALAH NEGERIKU, TEGAKLAH GARUDAKU,JAYALAH NUSANTARAKU

  46. Wadehh…gmna gak dipotong lah apbn kita digerogoti oleh subsidi bbm yg ktanya gak tambah kecil malah tambah besar….kontra produktif bnget ktnya suruh hemat bbm tpi mlah bkin mobil murah dan subsidi bbm malah nikmati oleh golongan yg sebenarnya mampu tpi masih pngen disubsidi…walhasil yg dikorbanin adl kpentingan rakyat salah satunya anggaran bt TNI…PR besar utk Pemimpin yg Baru nanti

  47. Mungkin pak Beye mau nyimpen anggaran untuk cadangan apabila sampe bener2 terjadi clue2 dr para sesepuh 2 tahun mendatang.. #mungkin

  48. Trik trik kacangan tu, sengaja biar negara asean adem,maklum kita lagi genjot MEF.Agar adem ayem mw ga mw nipu deh.
    andaikan kita dpt keuntungan dri Freeport 50persen, wah makmur semua lini.Sedot buat perancangan infrastruktur,pendidikan,kesehatan dan buat militer.Alhasil kita jdi Macan Asia kembali.
    ingat subsidi bbm bisa tertutupi jika kita tegas atas pengambilan keuntungan freeport.

  49. Rencana Bung Minor…itu rencana…sekali lagi rencana…

  50. Pemerintah Australia berkomitmen terus meningkatkan belanja pertahanan sebesar 2 persen dari GDP.
    Pekan ini, ketegangan di Laut China Selatan antara Vietnam dan China terus meningkat menyusul tenggelamnya sebuah perahu nelayan Vietnam di dekat kapal perang China.

    Padahal ingin meningkatkan anggaran militernya karena merasa terancam tetangga utara yang mulai kuat militernya, kemudian ketegangan LCS menjadi kambing hitamnya.
    hehehe….sonotan mulai gelisah ini.

  51. setuju bung
    sudah waktunya pertambangan dikelola untuk keuntungan bangsa ini
    klo memang diperpanjang ya bagi hasil 50:50
    atau 70:30,70 untuk RI

  52. yang perlu dipahami itu, siapa menko ekonomi kita skrg?

    kalau ga mau dibilang super pelit, ya super irit….

  53. Menurut sy budget dikurangi ga mungkin karena projectnya sedang jalan dan projectnya alusistanya tambahh banyak,kalau dikurangi project alusistanya ga jalan. Ini merupakan bagian strategi agar negara tetangga tdk panik.imho slama NKRI

  54. Setiap tahun negara ini selalu punya SIAP(sisa anggaran tahunan) dan jumlahnya puluhan T…masak sih anggaran ini tdk bisa dihabiskan(wong y tdk mau dihabiskan…bbrp waktu lalu subsidi BBM sdh ada yg gugat kalo utk Premium masak sih sebesar itu..jatuhnya subsidi BBM…kan hitungannnya g pernah jelas…krn Premium itu lebih murah dari Pertamax..he5x……

    Indonesia g mungkin menganggarkan pembelian alutsista lewat jalur resmi APBN …jujur saja krn elemen LSM anti militer sangat vokal dgn membawa isu pembangunan ekonomi dan biasanya amat mudah mengundang demo2 ….itu aja logikanya…kan g ribet…

    • sisa anggaran lebih dan sisa pembiayaan anggaran lebih, itu digunakan untuk pembiayaan di tahun anggaran berikutnya bung.

      Tahun 2013 contohnya kita punya 39,5T. Nah dana itu kita pakai untuk pembiayaan di awal tahun anggaran berikutnya, seperti belanja pegawai, dan kegiatan atau program yang dicanangkan di awal tahun.

      Kenapa? Kan masih ada pajak?
      Penerimaan Pajak bagaimana di awal tahun? Apakah sudah menjamin duit udah ada segitu? Makanya digunakanlah SAL dan SiLPA ini..

      • saya koreksi sedikit bung foxtrot,

        Aturan penggunaan Dana SILPA sudah tidak diperbolehkan lagi sejak 2004 disemua departemen. Semua dana sisa anggaran tahun lalu kembali ke kas negara yg bukan sebagai penerimaan negara.

        Belanja pegawai maupun kegiatan awal tahun tidak dibiaya oleh anggaran tahun lalu bung, melainkan melalui modal pemerintah yg disimpan di BI.

        Penerimaan pajak sudah berjalan sejak tgl 1 januari bung melalui setiap transaksi jual beli. Jadi tidak benar kalo awal tahun dana pajak tidak ada.

        Waahhhhh…anda semakin lama semakin ngawur komennya bung. Saran saya, cari referensi dulu sebelum komen sehingga tidak terkesan asal berpendapat saja nanti bisa menyesatkan.
        Salam NKRI

        • bung BR ada referensi nya ga tentang penyimpangan hal itu? sementara itu di UU kok masih di atur ya??
          Pasal 3
          (1) Keuangan Negara dikelola secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan,
          efisien, ekonomis, efektif, transparan, dan bertanggung jawab dengan memperhatikan
          rasa keadilan dan kepatutan.
          (2) APBN, perubahan APBN, dan pertanggungjawaban pelaksanaan APBN setiap tahun
          ditetapkan dengan undang-undang.
          (3) APBD, perubahan APBD, dan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD setiap tahun
          ditetapkan dengan Peraturan Daerah.
          (4) APBN/APBD mempunyai fungsi otorisasi, perencanaan, pengawasan, alokasi,
          distribusi, dan stabilisasi.
          (5) Semua penerimaan yang menjadi hak dan pengeluaran yang menjadi kewajiban
          negara dalam tahun anggaran yang bersangkutan harus dimasukkan dalam APBN.
          (6) Semua penerimaan yang menjadi hak dan pengeluaran yang menjadi kewajiban
          daerah dalam tahun anggaran yang bersangkutan harus dimasukkan dalam APBD.
          (7) Surplus penerimaan negara/daerah dapat digunakan untuk membiayai pengeluaran
          negara/daerah tahun anggaran berikutnya.
          (8) Penggunaan surplus penerimaan negara/daerah sebagaimana dimaksud dalam ayat (7)
          untuk membentuk dana cadangan atau penyertaan pada Perusahaan Negara/Daerah
          harus memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari DPR/DPRD.

  55. belum ada clue dr para pakar senior,,,silent dl ah

  56. hmm untuk mengurangi biaya operasional ke depannya dalam khayalan ane nih misalnya kita membangun kapal perang yang mempunyai mode hybrid mode patrol dan mode tempur. mode hybrid menggunakan energi terbarukan seperti bantuan generator motor listrik bersumber tenaga sel surya dengan super kapasitor tinggi sehingga supply energi motor listrik yang masih sangat rakus energi dapat dijembatani sedangkan mode tempur menggunakan mesin tenaga diesel atau sekalian menggunakan reaktor nuklir dengan masing2 ada plus minusnya. Jadi waktu bertempur sel surya kapasitas tingginya langsung ngumpet sendiri atau melakukan riset mesin penggerak kapal perang yang menggunakan bio diesel sayangnya produksi bio diesel kita masih terbatas kalau menurut Juragan-juragan kira-kira apa potensi di negeri kita yang bisa kita kembangkan untuk membantu sektor pertahanan dan keamanan kita dengan sumber keuangan yang akan diperketat sesuai kata Bapak Panglima TNI, Jenderal Moeldoko pemotongan anggaran pertahanan melalui Instruksi Presiden yang dikeluarkan pemerintah sangat mengganggu kinerja TNI ke depan. “Akan mengganggu kegiatan-kegiatan TNI yang sudah terprogram,”

  57. mana nih dah 5 artikel poro kiayi ne rung podo metu,opo sih podo wiridan

  58. pemotongan anggaran tiap kementerian dan tiap matra mungkin memiliki persentase sendiri-sendiri yang besarannya mungkin didiskusikan dahulu antara Kemenhan dan Kemenkeu agar tidak mengganggu program-program prioritas yang sudah dituangkan dalam strategi pemenuhan MEF

  59. n satu lagi yang om tan lupa….

    dipotong 10% atau 30% sekalipun bukan berarti uangnya kurang…dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup baik hal ini mjadi logis…mungkin karena sudah keterlaluan “cukup” untuk keperluan tahun 2014, jadi dipangkas…

  60. Pada sibuk nih mau latgab..
    Semoga lancar ndan. :mrgreen:

  61. Mbah berpendapat bahwa anggaran pendidikan minimal 30%, anggaran pertahanan dikit saja, yang penting utamakan dulu Guru dan pendidikan di Indonesia, jikalau sebuah bangsa mengutamakan pendidikan maka bangsa akan maju.

    • lagu lama mbah…

      • serem juga ya mbah, mirip freddy krueger dari elm street,

        http://farm4.static.flickr.com/3509/3865172352_29ec5d2a85_m.jpg

      • hmm anda guru PNS atau guru swasta mbah?? Guru PNS sekarang sudah enak mbah, dan jika anda masih mengaku kehidupan seorang guru itu susah berarti “maaf” anda bukan seorang yang kreatif, contoh adik dari bapak saya seorang guru STM/SMK, tapi buktinya beliau bisa menyekolahkan ke 4 orang anak nya sampe jenjang sarjana, Guru jaman sekarang sudah nyaman banget mbah, dengan adanya tambahan tunjangan profesi, atau jika mau kreatip masih bisa nyambi di luar jadi guru les entah privat atau di lembaga pendidikan. oke anggaran pendidikan menjadi 30 % tapi nanti peruntukannya buat apa? gaji guru naik gitu? hmm tidak bisa mbah karena gaji guru di setarakan dengan gaji PNS lainnya disesuaikan dengan golongan PNS nya. jika mbah pengen kaya janganlah menjadi guru dimana guru merupakan abdi masyarakat mbah, dan tidak ada abdi masyarakat yang lebih kaya dari masyarakatnya,

    • super sekali komentar anda mbah…selamat…..

    • Anak kecilpun tau mbah..

    • idenya sangat menginspirasi mbah !! sampai tak bisa berkata2. LOL

    • Saya setuju usulan mbah bowo agar anggaran pendidikan tinggi…..anggaran pertahanan dikit saja tapi……..anggaran pendidikannya dibuat fleksibel….termasuk mendidik anak bangsa buat belajar bikin rudal, buat belajar bikin pespur, buat belajar bikil KS, buat belajar bikin medium tank dan belajar dalam arti seluas-luasnya termasuk belajar memproduksi masal ……termasuk belajar mengadopsi teknologi yang belum dikuasai melalui pembelian peralatan belajar untuk pertahanan dengan persyaratan TOT, atau sekalian belajar membangun pertahanan untuk antisipasi menghangatnya suhu kawasan yang berdampaik naiknya eskalasi ancaman he he he, ieeeeiiiiitttt ojo nesu……iki kan kamlufase……., jangan maknai yang tersurat….coba renungkan yang tersirat……penghematan 100T, lumayan buat kejar setoran sebelum lengser terjamin semua yang direncanakan terealisasi tak peduli siapa yang jadi pemimpin berikutnya. Ingat falsafah nampak kuat ketika lemah, nampak lemah ketika kuat…….

  62. mohon ijin ikut berpendapat ya, penghematan di tahun 2014, sepertinya agar tdk dimanfaatkan utk kegiatan pemilu, karena ditengarai banyak dana2 yang secara tdk langsung dipakai utk kegiatan tersebut, resminya memang utk menyiapkan subsidi karena asumsi kurs dollar khususnya yang (mungkin) tdk pas, jadi sy berpendapat MEF tetap berjalan sesuai rencana.

  63. bung mr patton,mgkn ga piranha ganas ini jg yg mengganjal proyek mobil listrik dan motor listrik?
    saya pikir mobil dan motor listrik salah satu cara yg baik untuk mengurangi konsumsi bbm kita
    dalam hayalan saya,andai PLN dan pertamina jg BUMN yg lain mau berkreatifitas menggandeng para ilmuwan untuk mengembangkan usaha pasti lbh baipk ke depannya
    pertaminna meanyokong perkembangan mobil dan motor listrikaa
    PLN mengeluarkoan produk listrik rumah tangga yg terbarukan,semacam listrik tenaga surya,genset listrik yg rechargeable
    hehehehe
    maaf bung,hayalan ngawur

  64. Bung Nara, Bung Jalo…sudah ada penampakan Slava class kah di latgab…?

  65. Kalau saya, mendingan bbm subsidi bagi mobil plat hitam selain mobil pick up dan mobil box, truk pengangkut bahan sembako, kemudian mobil plat hitam, mobil plat merah serta plat putih jng diberikan subsidi. kecuali utk plat putih dng jenis kndraan di atas. Utk spd motor dng hrg di ats 20 jt diwajibkn pkai pertamax

    • Setuju bung harimau..semua jenis mobil pribadi wjib pkek bbm non subsidi,kecuali mobil angkutan massal dan barang…naikin pjak kndaraan pribadi,,pasang tarif untuk jalan dalam kota yang sring macet,,,suka gregetan liatin mereka yng antri premium tpi pkek kndraan yg hrganya puluhan juta,pdhl mtor saya yg hrganya murah itupun kredit ttep setia pkek pertamax..dan kebanyakan org” kyak mrka itu yg suka protes klo bbm subsidi dinaikin…

  66. Trus kalau anggaran naik apa anda kira pajak ngak naek ? jaman sekarang susah, pajak naek, bbm naek, PLN naek, apa saja naek. apa-apaan ini, masih enak jamannya Pak Harto pak…., semuanya murah, gemah ripah loh jinawe, rakyat senang, semua tertip.

    Lagian ngak perlu alutsista yang hebat-hebat………. mau melawan siapa ?

    • iya mbah, pak harto jg yg bikin dolar jadi 12rb dari 2ribu an, pak harto yang menjerumuskan negara kita ke jurang krismon berkepanjangan, jaman pak harto enak tapi fatal mbah

    • lha waktu pergolakan tahun 65 anda kemana aja mbah?? ketika itu di tawarkan konsep sosialis dan liberalis?? apa yang terjadi saat ini adalah hasil dari pemilihan konsep tersebut, dimana setiap orang harus berjuang sendiri untuk dapat hidup nyaman. tidak ada lagi persamaan mbah, yang mau berjuang yang bisa sukses, yang ga mau berusaha ya jangan protes jika hidup susah.

  67. Kalau saya tulis statement kaya ente pasti lgs di delete.

  68. apa gak tambah susah mbah klo bakar2an ?

  69. Haduh… Blm gondrong sdh dipotong nih!kita memang harus cerdas mengelola anggaran jgn sampai minus atau bangkrut.

  70. Pemotongan anggaran seharusnya tak boleh menyentuh departemen prtahanan…

  71. halahhh… omon tok.. wong dijajah kok enak,, ngrasakno roti.. ono daging tekos ae gae royok an, yo enak saiki, piye ra piye tetep enak saiki,,

  72. omong-omong tentang BBM, ada teman punya penemuan BBM yang terbarukan, dg bahan baku yg mudah didapat di nusantara , didapat ketika melakukan penelitian di Jepang dan sudah mendapat persetujuan dr profesornya yg asli jepang agar dikembangkan di Indonesia , dengan harga dibawah pertamax namun kualitas RON setara pertamax, pernah hak ciptanya di minati SHELL namun sampai saat ini masih tidak mau diberikan kepada bangsa lain dikarenakan nasionalismenya, yang jadi persoalan beliaunya tidak bisa memasarkan produknya karena peraturan Menteri ESDM bahwa distribusi BBM adalah hak mutlak Pertamina, dan BBM hasil produksinya hanya dapat didistribusikan kepada komunitas atau kelompok tercatat saja , tidak dapat dijual umum. Bagaimana Indonesia mau mengurangi subsidi BBM kalau peratuan yang dibuat tidak mendukung……..

    • bung ts,coba didiskusikan dengan bung jalo,mgkn beliau ada ide,siapa tahu ada jalan keluarnya
      klo menurut jalan pikiran saya yg urakan,coba untuk persentasi ke pak dahlan sebagai menteri bumn dan ke pertamina
      lalu produksi untuk lingkup kecil,untuk sendiri,keluarga atau masyarakat
      memang ga mudah bung mendobrak apa yg ada sekarang,tapi perubahan menuju yg lbh baik hrs tetap dilakukan
      teman anda,ricky elson dan para ilmuwan yg mengabdikan ilmunya untuk masyarakat luas bagi saya adalah pahlawan masa kini
      salam bung
      sampaikan jg salam hormat saya untuk teman anda

  73. @ bung minoritas…santai aja bung…jika anda kurang sreg dengan pencerahan alusista dari Bung Nara aku ra po po…kalau saya percaya dengan pencerahan bung nara…salam hangat bung.

  74. su34, thyphoon, akula dll sudah dibayar LUNAS !!!!
    lanjut tiduur ..

  75. banyak yg nyasar nih.,ikutan ah ,salam kenal warga jkgr mg sehat sllu

  76. Menurut saya masih banyak skema pembayaran untuk membeli alutsista bung , Kan bisa ditukar dengan hasil bumi atau lain lain . Kredit ekspor banyak bung

  77. @ simbah.
    Enak jaman saiki mbah. Dek mben jaman pk hrto ak iki gag mudeng internet. Alkhamdulilah jaman saiki biso nimbrung ning warjag. Hee

  78. knapa kementrian agama paling kecil pemotongannya…. padahal duit disana berlimpah dari sistem antrian haji yang bisa didepositokan dan berbunga ( termasuk kementrian dalam sejarah yang masuk kategori “paling korup”)

  79. @bung DIEGO
    request artikel khusus yang cetar membahana untuk memperingati HARI LAHIR
    JAKARTA GREATER
    terimakasih…dari putra indonesia yang cinta TNI

    • Saya pun tidak ingat kapan hari lahirnya jakartagreater…he..he..he..but, anyway Thanks. Artikel cetar membahana banyak bertaburan dari sumbangsih rekan-rekan, plus dialognya juga cetar membahana.

      • kalau tidak salah bulan may 2012 yang waktu itu anggota baru 3 atau 4 orang…peng copas pertama artikel dari jakarta greater adalah “militerindonesia@blogspot.com

        maksud cetar membahana adalah..artikel yg dapat membungkam mulut jamaah hoaxer…

        maaf kalau salah..ingatan buruh TKI

  80. Setelah selesai r.purna di dpr (kosumsi media),biasanya seblm anggaran di syahkan oleh presiden utk di gunakan..anggaran tsbt masih bisa di utak atik sesuai kebutuhan yg lebih strategis dan jg tetap masih ada anggaran tambahan !! Misalnya masuk dana dari itu ..ini..dgn alasan kemarin blm final..he.he..maaf cuma ngarep!

  81. potongan yg kagak keliatan aja pd ribut
    ada yg ahli menejemen negara?
    tlong kasih pencerahan dari sisi ekonomi dan politik!
    salam damai selalu

  82. bung urakan, kita sampai sekarang masih bingung harus melewati jalan yg mana, modal yang ada hanya idealisme , sementara ini lagi sibuk mencari investor yang benar-benar patriotik, silahkan yg mempunyai akses ke pendana patriotik kita harapkan bantuannya, kontak email ada di admin……..

  83. salm kenal

  84. bung danu untuk masalah teknologi pengeboran minyak, memang selama ini seperti chevron, shell itu mempunyai teknologi nya?? hmm tidak Bung Danu, perusahaan minyak itu rada2 di sub kontrak kan lagi untuk urusan pengeborannya, example seperti Schlumberger Limited ( http://en.wikipedia.org/wiki/Schlumberger ) yang merupakan perusahaan spesialis pengeboran minyak dan gas. perusahaan ini banyak mempunyai klien di indonesia lho hehehehe,

  85. bung danu untuk masalah teknologi pengeboran minyak, memang selama ini seperti chevron, shell itu mempunyai teknologi nya?? hmm tidak Bung Danu, perusahaan minyak itu rada2 di sub kontrak kan lagi untuk urusan pengeborannya, example seperti Schlumberger Limited ( http://en.wikipedia.org/wiki/Schlumberger ) yang merupakan perusahaan spesialis pengeboran minyak dan gas. perusahaan ini banyak mempunyai klien di indonesia lho hehehehe, masalahnya knp pertamina tidak mengontrak perusahaan ini??

  86. mantap..

  87. bung rexaine,

    jika chevron seluruhnya mengandalkan teknologi pihak lain, maka ia tidak akan memiliki keunggulan komparatif terhadap oil companies pesaing yang menggunakan jasa perusahaan yang sama (mis schlumberger).

    sebuah perusahaan minyak praktis akan memonopoli suatu cadangan minyak besar di laut sangat dalam jika hanya dia yang menguasai suatu teknologi yang mampu menjangkau cadangan tsb.

    Chevron’s commitment to technology doesn’t end there. The company’s technology ventures arm is a venture capital operation that invests in emerging technologies with the potential to improve Chevron’s performance. The branch currently has a portfolio of investments in 37 companies and recently launched its fifth fund to source its next generation of emerging oil-field technologies. Not only have the technologies developed through these investments added substantial earnings for the company, but they can help it solve some of its biggest technical challenges to extract more oil out of Chevron reservoirs.

  88. sebagai pesaing tangguh, shell pun malakukan hal yang sama,

    http://www.shell.com/global/future-energy/going-underground/smartfields.html

 Leave a Reply