Jan 272015
 
Ilustrasi

Ilustrasi

Kementerian Pertahanan mengajukan tambahan Rp5,1 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2015 dari anggaran sebelumnya Rp96,6 triliun.

Hal itu diungkap Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dalam agenda rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPR.

Itu penambahan anggaran untuk 2015 yang dipaparkan Pak Menteri. Adapun dalam rencana strategis , Kemhan menganggarkan Rp417 triliun dibagi dalam 5 tahun,” ujar Tantowi Yahya, Wakil Ketua Komisi I DPR RI.

Penambahan itu, jelas Tantowi, untuk menopang pencapaian alat utama sistem pertahanan (alutsista) sesuai dengan standar minimum essential force (MEF) atau standar minimum negara mampu melakukan tindakan pertahanan.

Itu hanya untuk mencapai 60% minimum essential force,” kata Tantowi, di Kompleks Gedung Parlemen, Senin (26/1/2015).

Sebelumnya, Letnan Jenderal TNI Ediwan Prabowo, Sekretaris Jenderal Kemhan pernah menjelaskan, dalam pemenuhan belanja alutsista itu mengacu pada MEF, alutsista Indonesia baru mencapai 38% dari yang ditargetkan MEF. Adapun MEF 40% dari ideal.

“Meski demikian, anggaran itu akan disesuaikan dengan program pemerintah dengan mengacu skala prioritas.”

Untuk Alokasi belanja pegawai, tetap akan ada di TNI AD karena jumlah personel yang besar.

“Adapun untuk alat utama sistem pertahanan (alutsista), Kemhan akan mengintegrasikan mulai dari pengadaan alutsista TNI AD, TNI AL, dan TNI AU,” katanya.

Dalam pengadaan alutsista itu, jelasnya, TNI AU dan TNI AL akan mendapatkan porsi anggaran yang lebih besar menyusul mahalnya peralatan yang ada dalam shopping list Kemhan.

Misalnya, TNI AL a.l. menganggarkan pembelian dua unit kapal selam dari Korea Selatan yang saat ini satu unit sudah mencapai 60%, satu lagi masih akan mulai dibangun.

“Selanjutnya, TNI AL akan difokuskan untuk pengembangan produk dalam negeri,” ujarnya.

Adapun untuk TNI AU, a.l. masih akan dianggarkan peremajaan skuadron F-5 Tiger.

“Namun, belum diputuskan mau mengganti dengan pesawat jenis apa. Yang jelas, kemampuannya lebih bagus dari F-5 Tiger,” kata Ediwan. (Kabar24.com)

 

  51 Responses to “Menhan Usulkan Tambahan Dana Rp 5,1 Triliun”

  1.  

    mantap

  2.  

    Semoga ditambah pak… Aamiinnn….

  3.  

    semoga engak buat nyicil f16, heheh f16 baru jatuh di yunani

  4.  

    Moh maaf nyelaak nii, sedikit info saja , Terkait Imunitas/kekebalan hukum Pejabat KPK, adalah hak kekebalan pejabat KPK terkait hanya selama ybs menjabat atau menjalankan pekerjaannya, jadi bukan memiliki kekebalan hukum seumur hidup,,jika ada perkara hukum yang ditimpakan kepadanya maka tetap bisa dilakukan setelh tidak menjabat lagi,,gunanya hak imunitas (kekebalan hukum) pejabat KPK adalah agar pejabat terkait bisa menjalankan tugasnya tanpa “diganggu” pihak2 tertentu,,jika mau perkarakan harus menunggu ybs selesai menjalani tugasnya…memberikan kekebalan hukum kepada tim anti korupsi adalah hal yang lumrah dinegara2 maju (demokrasi)..salam save KPK,,TNI makin strong,,janayalh negeriku NKRI tercinta

  5.  

    ternyata cangbodo blom lunas ya ?
    jgn cm milih yg lebih baik dr f 5 pak , tapi yg gahar , yg lebih baik dr asia tenggara .. msk kalah ma upil !
    dn kalah bisa naikan anggaran alusista 5 thn sebesar 1000 tryn .. mg kedepan situasi politik tenang .. jd bisa fokus mengenjot prekonomian.. amin

  6.  

    lumayan…

  7.  

    Semoga Bpk2 Dewan yg terhomat turut mempelancar pencapaian MEF bukan malah ‘memperlambat’. Amin

  8.  

    Rp 417 T itu setara USD 33 M loh dengan kurs sekarang..
    Kalau planningnya untuk AU 2-3 ska trus AL nambah kasel, fregat, destro kayaknya memadai dehh..

    •  

      boss… itu untuk 5 tahun….. dan bukan hanya untuk alutsista ….. berita itu kurang pass……

      ini cuplikan berita di garudamiliter.com ……

      “Anggaran kementerian pertahanan periode lalu Rp 440 triliun dalam lima tahun, sekarang ini lima tahun hanya Rp 418 triliun. Penurunan ini jelas akan mempengaruhi,” terang Mahfudz.

  9.  

    sepertinya ada yg salah ketik “kemampuannya lebih bagus dari F-5 Tiger,” seharusnya f35 😀

    •  

      t-50 pak fa masih lama boss……..sekitar 2020 baru layani export

      •  

        Dalam skala kemajuan negara 2020 5 thn lagi itu g lama…. Beli 24 set F16 bekas saja 2011 smp sekarang baru sdh 4 thn nonggol 5 biji.

        Bisa dipercepat misal minta 2-3 buah di majuin 2018 pasti dikasih kalau beli nya 32 set, seperti kasus F-35 nya Ostrali.

  10.  

    percuma kalau bahas anggran dan belanja alutsista kalau politik sini tidak stabil. Bisa bisa pengganti F-5 tidak terjadi.

  11.  

    Bung admin Ane mau tanya boleh ya….begini kalo negara kita beli alutsita itu lewat perantara pihak ketiga nggak? kalo ya mengapa demikian, bukankah alat pertahanan negara harus yg terbaik dan optimal. kalo lewat pihak ketiga menurut ane akan ada yg hilang minimal 20% untuk pihak ketiga tersebut. mohon dicerahkan nih……terimakasih

  12.  

    Tukino juga bagus sebagai pengganti F5….

    •  

      f5 di cat ulang lagi, pasti lebih bagus..

    •  

      harusnya saja sih sekalian….

      hingga 2025 TNI AU punya 12 skadron tempur….

      – 6 skadron gripen ( 2 ska gripen e/f, 4 ska gripen NG )
      – 6 skadron sukhoi ( 1 ska 27/30, 1 ska 34, 2 ska 35, 2 ska t-50 )

      —– super tucano, hawk, f-5, f-16, t-50 golden eagle ….. dipensiun bertahap ) …………..

      cukup 2 macam saja….eropa + russia

  13.  

    Jangan lupa pak menhan dapur prajurit jg ditambah.hidup mati mereka hanya tuk bangsa ini

  14.  

    Good Job Pk. RR, jadi kapan DPR ketok palu untuk menyetujui pencairkan anggaran tsb ???

  15.  

    Semoga terealisasi….Tolong diawasi…supaya tidak di korupsi….Jangan beli product USA…berisiko di embargo….memang dapat komisi sih… Tapi ingat..itu dosa…

    •  

      harusnya saja sih sekalian….

      hingga 2025 TNI AU punya 12 skadron tempur….

      – 6 skadron gripen ( 2 ska gripen e/f, 4 ska gripen NG )
      – 6 skadron sukhoi ( 1 ska 27/30, 1 ska 34, 2 ska 35, 2 ska t-50 )

      —– super tucano, hawk, f-5, f-16, t-50 golden eagle ….. dipensiun bertahap ) …………..

      cukup 2 macam saja….eropa + russia ..

      •  

        Indonesia harusnya punya minimal 250 pesawat tempur syukur2 tembus 500 unit. Liat Turky atau Pakistan punya ratusan. China sj sekarang 700 pesawat tempur masih nambah terus.

  16.  

    Berita apaan ini ?? Paling yg di setujui setengahnya doang ?? Yg kemaren aja g keluar smua ? Maaf kalo salah he he

  17.  

    35 maneh dadi masalah……
    Ane pengagum keluarga su…..tp ga segitunya
    Kayak komentator bola aja……
    Serahkan ke tni kita cm penyeimbang….
    He he he…….

  18.  

    Mungkin bisa bantu nambahin, maksud berita diatas.

    Untuk tahun 2015 Anggaran Pertahanan kita berjumlah Rp. 96,6 Trilyun. Minta tambah menjadi Rp. 5,1 Trilyun. Menjadi Rp. 101.7 Trilyun.
    Jadi Kalau tiap tahun angkanya seperti itu alias tetap/ tidak ada penambahan
    Maka Anggaran pertahanan selama 5 tahun Rp. 508,5 Trilyun. sedangkan biaya perawatan dan operasional rutin serta gaji serta infra struktur. sebesar 60% walau seestinya bisa lebih kecil dari itu.
    Maka Rp. 508,5 Trilyun x 60% adalah Rp. 305,1 Trilyun untuk anggaran rutin dll. maka,
    Untuk belanja Alutsista dari APBN 5 tahun sebesar Rp. 508.5 dikurang Rp. 305.1 T = Rp 203, 4 Trilyun

    SEDANGKAN UNTUK MEF SELAMA LIMA TAHUN == RP. 418 TRILYUN
    JADI SEKURANG-KURANGNYA BELANJA ALUTSISTA LIMA TAHUN KEDEPAN SEBESAR ;
    RP. 203,4 TRILYUN + RP. 418 TRILYUN == RP 621.4 TRILYUN. (enam ratus dua puluh satu koma empat Trilyun rupiah)

    Itu Kalau APBN untuk pertahanan nya tetap.! Gimana kalau naik lima persen tiap tahun. ?????.!
    Silahkan dihitung lagi. kalau saya ngg berani ngebabar takut di toyor. he 7x wkwk 9x.

    •  

      bukan gitu boss…….. apbn sekarang untuk kemenhan 96T … minta tambah 5 T… total 101 T ….. 55% untuk perawatan dan alutsista baru ( sekitar 55T ) x 5 hanya sekitar 275 T selama 5 tahun……..

  19.  

    Anggaran 1 tahun sekitar 100T 40-45% buat gaji personil 3matra TNI sisa nya 60-55% dibagi ke 3 matra TNI setelah dibagi dananya Tidak semua nya buat belanja Alutsista masih dibagi lagi utk biaya perawatan Alutsista, ternyata 100T pun gak berasa udah abis ya ini sebabnya belanja Alutsistanya beli nya per Unit gak borongan lha duitnya memang mepet

  20.  

    shopping listnya di keluarin dong.

  21.  

    Wow!
    TNI akan makin keren nih. Seandainya anggaran utk alutsista 50% sj bs dserap olh industri dlm negeri, tentu akn mmbuatnya makin brkembang & bs mnsejahterakn banyak org.
    Ayo PT PAL manfaatkn listrik tenaga gelombang lautnya pak Zamrisyaf utk menggerakkan stidaknya mesin kapal2 nelayan agar mrk bs untung besar, syukur2 kaprang kt jg, shgg kt bs terus berpatroli spanjang thn tanpa trbebani biaya bbm. Jgn smp dicuri & kduluan org lain.
    Salut! Ternyata org Indonesia cerdas2.
    Majulah Indonesia!

  22.  

    Harusnya nilai anggaran dibedakan yang untuk gaji pegawai/prajurit dengan anggaran yang benar benar untuk pembelian dan perwatan alusista, ngomong ngomong sisa dana top up yang 15 milyar dolar jaman SBY masih tersisa brapa di tahun 2015 ini ataukan sudah terpakai semua untuk pembelian alusista?

  23.  

    Kalau mau belanja tni wah hrs libatkan kpk dlm mengaudit tni agar tdk ada mark uplg dlm pembelian senjata tni, sudah jd rahasia umum knp patipati tni lebih suka alutsista luar negeri sebenarnya bukan murni krn kwalitas tp lebih kpd fee yg cukup bsr dr produsen asing, apalagi kalau belanjanya ke rusia seluruh dunia pun tau betapa kotornya pejabat2 di dephan rusia, suap jd raharlsia umum di sana.

  24.  

    Kalau mau belanja tni wah hrs libatkan kpk dlm mengaudit tni agar tdk ada mark uplg dlm pembelian senjata tni, sudah jd rahasia umum knp patipati tni lebih suka alutsista luar negeri sebenarnya bukan murni krn kwalitas tp lebih kpd fee yg cukup bsr dr produsen asing, apalagi kalau belanjanya ke rusia seluruh dunia pun tau betapa kotornya pejabat2 di dephan rusia, suap jd raharlsia umum di sana, gak beda jauh ma indonesia, menyedihkan sekali melihat kenyataan ini.

  25.  

    sales sales mari mendekat…tingal sales brazil,jerman&belanda ini yang belum hadir…..

  26.  

    Mudah-mudahan stok BBM di anggar keeen juga yaa…. Percuma Alat nya canggih-canggih tapi ndak bisa jalan…… Bungker BBM….

 Leave a Reply