JakartaGreater.com - Forum Militer
Aug 042014
 
(photo: danendra)

(photo: danendra)

Bandung – Presiden terpilih 2014 – 2019, Joko Widodo memiliki komitmen tinggi terhadap pembangunan dan kemajuan pertahanan TNI. Bahkan, anggaran pertahanan Indonesia direncanakan naik hingga 2 persen dari Produksi Domestik Bruto (PDB). Dengan begitu, pengembangan program pertahanan di Indonesia akan semakin baik.

Hal ini diungkapkan Anggota Komisi I DPR RI Tubagus Hasanuddin, Sabtu (2/8/2014). Menurutnya, di bawah kepemimpinan Jokowi-JK nanti, program pertahanan Indonesia akan maju dan melangkah ke depan sesuai tantangan zaman. Terlebih, visi-misi Jokowi-JK dalam pertahanan dan keamanan negara sangat jelas dan terarah.

“Anggaran pertahanan dinaikan 2 persen memang sudah menjadi program jangka panjang pemerintah sejak dulu, namun kenyataannya anggaran itu baru mencapi 0.8 persen,” kata Hasanuddin.

Tidak hanya itu, peningkatan anggaran pun akan difokuskan melalui pengembangan produksi alutsista produksi dalam negeri yang berpotensi besar untuk memproduksinya sendiri.

“Kita punya PT Pindad, PT DI, PT PAL, LAPAN, dan masih banyak lagi perusahaan yang siap memproduksi Alutsista di dalam,” jelasnya.

Dengan begitu, negara bisa melakukan efisiensi anggaran, bahkan keuangan bisa berputar di dalam negeri sendiri. Jika sudah begitu, maka akan menghasilkan nilai tambah bagi perekonomian dalam negeri.

Menurutnya, Alutsista modern saat ini sangat dibutuhkan untuk mengganti persenjataan yang telah dimakan zaman. Pengadaan Alutsista juga saat ini sedang dilakukan dengan pengawasan dan berdasarkan kebutuhan.

“Sekarang tinggal bagaimana rencana tersebut terwujud. Tentu syaratnya jangan ada kebocoran,” katanya.(fokusjabar.com)

Berbagi

  243 Responses to “Anggaran Pertahanan Naik Tahun 2014”

  1.  

    pertamax huhuy

    •  

      wah, diborong semua nih.. nebeng aja deh bung freaxout.. pertamax..!! hehehe..!!

      •  

        Kalah sama babeh beye ya bung vans kalo ngga salah denger 8% itu aja plus plus hehehe.
        Untuk yang lain sebelum baca di bawah saya harap ngga saling hujat. Itu udah ada yang mulai

        •  

          untuk saat ini (th 2014) anggaran baru 0,8 % dari pdb,, jadi nanti anggaran pertahanan akan dinaikkan menjadi 2% dari pdb(2019),,bertahap dari tahun 2014 samapi 2019,,

          •  

            amiin bung mj,, kl benar bs sampai 2% dari pdb, anggaran pertahanan bisa sampai 200 triliun per tahun,, tapi mungkin secara bertahap tdk langsung mak jleb gitu,,

          •  

            Semoga begitu bung MJ.Apalagi kalau melihat trackrecord JK, sangat mungkin Indonesia akan memiliki kekuatan militer yang hebat dan disegani.

          •  

            test

          •  

            amieen ..

            malas.com
            tolong di percepat pak jw dan jk ;

            1. membangunan infastruktur tni ( alustista,pelabuhan,jalan,pulau terluar ,bandara,dan juga tempat nongkrongnya ks ) terlepas namanya mef 1atau dua ,atau apapunnya dan klu digantu namanya jadi apa kek yg penting dipercepat udah ngebet ni ..udah bosan dan malas menunggu tolong dipercepat pak.
            2. jalan umum,jembatan cepat di aspal dan diganti jembatannya pak terutama di sumbar ya pak ,udah bosan jalan joget terus ..biar berangkat kerja pagi hari gak ngedumal lagi udah 8tahun.com
            3. listrik ..nah ini sumber penyakit ,,,capek dah klu ngomong yg satu ini,bikin gula darah naik
            4.riset di perbanyak dananya dan kalau bisa tlg di bantu nego sama putin dn xiaping ( salah gak ya tulisanya) soal tot dan klu bisa setelah dana dan dibantu juga apa yg kurang klu bisa isi kulkas bung jalo selalu penuh dikantor bikin seperti rumah dan bung jalo cs bisa betah lama2 dikantor .eheh harap .com
            5. pendidikan dan kesehatan tlg dipercepat ,penerapannya pak
            6.birokrasi ..nah ini penyakit.com
            7. dll
            ————
            salam bung pitik ,mj .jayalah indonesia

        •  

          Tambah 1 lagi yang paling penting bung Waduh, yaitu penegakan hukum terhadap segala aktifitas yang mempercepat kerusakan fasilitas/infrastruktur.

          Contoh utama penggunaan truk dengan jumlah dan berat tiap sumbu roda yang tidak sesuai ketentuan, bukan hanya truknya harus disita negara, juga petugas jembatan timbangnya harus diciduk semua. Di laut aja polair dan TNI-AL berani menyita kapal bendera asing, masa pjr dan dishub gak berani???

    •  

      Assalamualaikum wr.wb
      kalau menurutku pernyataannya keliru, belum-belum udah menyatakan anggaran naik sedangkan program atau rencannya belum dibuat.
      sebaiknya pernyataan pertama adalah suatu program atau suatu rencana.
      misalnya pemenuhan MEF itu kan sebuah program atau rencana jadi anggaran yang dibutuhkan tahu dan akurat sesuai kebutuhan yang ada.
      jadi yang dibutuhkan di list sehingga keluarlah biaya yang di butuhkan.
      itu juga belum tau seberapa persen porsi untuk AD AU dan AL, seberapa persen untuk pengembangan dan pemenuhan.
      itu kalau perang tidak mungkin bertahan lama la strategi dan rencananya tidak ada, belum-belum udah boros.
      kalau salah ya maaf 😀
      maaf oot 😀

      •  

        contoh:
        waduh anggaran pertahanan naik 2% (misal 2%= Rp 1000)
        kebutuhan kapal Rp 250, Tank Rp 100, Pesawat Rp 150 wah biar pas sama anggaran, di gandakan aja harganya lumayan-lumayan :v
        biar pas pendapatan sama pengeluaran :v

        •  

          lumayan buat THR mereka ,bung wongNdeso, hehehe…

          •  

            Kasian…kalian ini

          •  

            peace bung MJ…hehehe… maaf ikut ngelantur.. soalnya pak jokowi cuma bilang anggaran mau naik jadi 2%, tapi kenaikannya mau buat apa saja tdk dijelaskan. apa pak jokowi tetap mengikuti dgn daftar belanja MEF II atau tdk jg tdk dijelaskan, apa utk kenaikan gaji TNI dan jumlah kenaikannya jg tdk dijelaskan. Jadi ya banyak spekulasi di forum ini… Apalagi pak jokowi mengambil narasumber dari pak TB (tukang bisik), ya jadi makin ramai forum ini…
            hehehe..sekali lagi peace bung MJ..

    •  

      diborong semua nih sama bung freaxout.

    •  

      Dulu saya pernah posting di sini kenapa pemerintah kita sangat condong pada kebijakan “vehicle movement” ketimbang “human movement”. Karena “vehicle movement” sangat menguntungkan banyak pihak, salah satunya adalah mafia minyak itu. Saya punya kakak ipar yang berkecimpung di dunia perminyakan, dia mengatakan bahwa sumber energi alternatif seperti air, matahari dan angin sudah lama ditemukan dan dari hitungan ekonomi sudah memadai tetapi mafia minyak berusaha mati-matian mempertahankan hegemoni minyak sebagai bahan bakar dengan dalih modal yang dikeluarkan untuk eksplorasi minyak sudah miliaran dolar.

      Lihat saja di Indonesia, transportasi publik seperti diabaikan, atau sengaja diabaikan, atau sengaja dikondisikan buruk, supaya masyarakat membeli kendaraan pribadi, dan ujungnya konsumsi bbm tinggi. Pemerintah kita akan dapat bantuan luar negeri, khususnya Jepang dengan mudah jika mengajukan proposal untuk membangun jalan layang sampai 3 atau 6 tingkat, underpass bersusun-susun, asalkan konsumsi kendaraan dan bbm tinggi. Macet bukanlah urusan mereka yang menikmati hasil penjualan kendaraan dan mafia bbm.

      Jika saja presiden baru mampu dan berani membangun kereta dengan energi alternatif, saya angkat topi. Salut! Lihat saja jalur kereta Jkt-Bandung dimatikan demi jalan tol Cipularang. Aneh dan konyol. Coba saja presiden baru bisa membangun jalur kereta rel ganda dengan energi non-minyak dari Sabang sampai NTT. Jagoan deh!

    •  

      link aja

    •  

      yang penting PDB nya naikin terus, minimal pertahankan, kalo anggaran naik PDB turun sama aja bo’ong

      •  

        Yg tepat pertumbuhan ekonominya yg ditingkatkan bung tata, karena kalau pertumbuhannya stagnan otomatis PDB melempem dan cendrung turun…Maaf hanya melengkapi saja

    •  

      jd gitu ngitungnya ya? waw bingitss

      •  

        ya om ale …. maaf jika salah….namanya juga blajar matematika …… InsyaAlloh ndak meleset jauh ………. soal belanja Alutsita ya biar TNI yang lebih tau…..

  2.  

    keduax

    •  

      Nggak usah muluk muluk bang TB……….,minimal sama seperti Prestasi SBY sdh Bagus tinggal nerusin MEF 2 terlaksana sesuai program dan kebutuhan ancaman.
      Utamakan dulu kesejahteraan RAKYAT, tegakkan supremasi hukum, genjot pertumbuham ekonomi, rangkul semua elemen bangsa pentingnya persatuan dan kesatuan dst
      PR yg plg penting mslh freeport dan newmont sdh menunggu, ok kami pengin lihat pemerintahan nanti kebijaksanaanya sesuai amanat uud 45 dan pancasila apa nggak , bumi indonesia untuk kesejahteraan RAKYAT indonesia.

  3.  

    ketigax

  4.  

    ke empat

  5.  

    klimax

  6.  

    ke enem

  7.  

    ke 7

  8.  

    ke 8

  9.  

    ke 9

  10.  

    Wis pek en kabeh bung freaxout….he…he..he

  11.  

    ke 10 maap ngetroll hehehe rekor jkgr

  12.  

    walah ngga jadi rekor

  13.  

    Mulai keliatan taring nya presiden baru kita….. lanjut kan pak Jokowi kami senantiasa mendukung anda

  14.  

    Sepp..pak, ayo borong alutsista dari om rusky, trus lanjutin dah tuh gandiwa, biar anak nya aja yg kerja…mama di rumah aja..ga usah ikutan..trima beres ae, ntar pengen ini-itu banyak yg di jual lagi..monas mau di jual juga?? Kebangetan

  15.  

    banyak bacot kamu jet.. buktinya belum ada

  16.  

    Bung Freaxout bagi2 dong wk…wk.. Anggaran itu tergantung fokusnya kemana??? Belum terperinci,

    •  

      Klw anggaran ya garis besar.
      Klw terperinci berarti program di kementrian.

      Makanya masuk organisasi cipayung biar mengerti bagaimana tahapannya.

      •  

        Kamsudnya sich itu 2% utk bayar gaji atau buat beli alutista. He..he.. Kalau di cipayung mah saya cuman bisanya diluar pager doang.

        •  

          nanti dilihat aja bung cak wie, yang datang nanti Tank leopard atau tank Pajero , hehehe….

          •  

            Yg datang sudah pesanan apbn-p 2014.

            Klw ada yg lain2 itu di luar apbn.

            Kecuali 2015.. disitu dpr dan Pemerintah/c.q. dephan bisa revisi lagi setelah diketok mpr. Jadi klw bicara apbn ada tahapannya.

            Klw ada yg mau bermain cuman bisa di panja/pansus.

  17.  

    Pendukung jendral banci gede bacot ngamuk2.. wkwkwkwk..

    •  

      ada pernyataan saya dukung si jendral yang kamu bilang? otak dipakai dasari IQ tiarap

    •  

      kebetulan hanya ada dua kandidat jadi kamu pikir saya pro yang lain? logika kamu terbatas dan bila dibuka rongga kepalanya isinya hanya larutan tinja

    •  

      yang saya tidak setuju anda hanya bicara imajinasi tanpa fakta. ada fakta tetapi di lebih2kan sejalan dengan kedunguna melebihi batas yang pernah ada sejak alam semesta diciptakaan sampai saat ini.. ya selamat anda membuat rekor imajianiasi kedunguan baru hahaha

    •  

      Kita lihat presetasi idolnya bung jet setelah MK mengalahkan gugatan si jendral. Semoga kapasitasnya bener2 kuat dan otaknya brilian 🙂

      jujur saya pesimis tapi kalau belum dibuktikan ya sulit.. jadi ada yang harus dikorbankan.. paling nanti sang idol menyalahkan stafnya, partai oposisi, legislatif yang coba menjatuhkan pemerintahnya, menyalahkan negara tetangga yang curang hahaha. Korbannya paling pulau papua merdeka loool

      busway karatan saja yang disalahkan stafnya padahal yang ttd pengadaan siapa coba, katanya ada pengawasan yang terperinci tapi mana faktanya? kalau ada pengawasan berarti ada proses pencegahan dalam pengadaan dong.. katanya ada pengawasan terperinci tetapi komponen apbn dki double2 itemnya dengan allasan ngelesnya item apbd dki kan banyak masak di awasi satu2.. tulul bener… gimana mau awasin indonesia.. hadueeeh hancur maning son

      •  

        @ bung senopati: diriku akur banget ama pendapat + ulasan anda….siip maknyus.

      •  

        plong rasanya hati ini…hehehe…

      •  

        Pak joko sudah paling benar dalam hal pengawasan bung…. mengawasi gorong2, mengawasi waduk, mengawasi kampung deret dll, kalo APBD kan urusan orang kantor lawong pak joko kan pemimpin dilapangan 😀

        •  

          gini nih ceritanya
          ada si bossnya trus ada pemborong trus ada mandornya kemudian tukangnya masih ada keneknya lagi _ _ _ _
          jadi pak joko posisinya dimana nih????

        •  

          Hehehe…. apa ada yg salah dari perkataan sy? Apa sy mempersalahkan pola kerja jokowi disini? Justru sy menyebutkan bagaimana dia bekerja dlm keseharian yg merupakan jargonnya blusukan, anda tdk perlu tendensius atau sensitif bung…. yg pasti sy tidak pernah berganti2 id dlm berkomentar, cukup memakai Rafly dan sepertinya sy mengenali anda bung… hehehe

      •  

        belum tentu kena karena ada penyidikan terlebih dahulu 🙂

        saya gak tahu ukuran indeks korupsi di suatu negara, tetapi kalau indeksnya korupsi naik, berarti pemerintah gagal memberatanas korupsi. sebaliknya bagus

        jadi bukan berarti menteri korupsi terus cuci tangan hehehe ada proses, ada sistem gak blusukan tanpa arah ngeles tanpa arah apalagi pencitraan bombastis dengan mengontrak media hahaha

        •  

          @senopati…
          makan apa sih…waduh parahhh ni org otokk jongkokkk
          sekarang gak ada yg gratis sob..,klu iklan di media ..ya bayar apa itu bunyinya kontrak 1 atw 2 bulan ..ya bayarrrrrr..,sama aja kan dengan wowo dan semua yg make jasa media..,,klu kalah jgn cari alasan jadi kelihatn emg gak pantas pimpin bangsa ini
          —–
          sewaktu jokowi jadi walikota solo s,semua media meliput sepak terjangnya baik media pak surya, ical ,jk atau tanoe
          setelah mencalonkan diri jadi pilpres semua media menggujat ..dan cuma metro yg masih meliput segi positifnya ,ada juga tvri di acara pak soegeng
          —-
          media ,rri,lembaga survei,kpu,bawanslu dlll….terima nasib aja pak/bu ,,harap maklum ini anak masih pauuttt..ehehe
          —-
          terima ksh admin @diego salam super dan damai ..sr lagi sambil nikmati kemenangan

      •  

        udah..udah…pilpres udah basi…

        yang penting sekarang mari dukung gugatan mengenai libur nasional, karena banyak kecurangan supaya libur diulang lagi :mrgreen:

        •  

          katanya disuruh kerja… kok disuruh libur. ente gimana jalll. sing bener ae…
          ayoooo… kerja n bayar pajak. jangan pikir macem2. ane kok jd kaya sapi perah gini yaa…..

    •  

      satu lagi. bung jet, kalo papua merdeka kamu kan dapet cuan. bagi2 ke saya ya hahaha lumayan komisi nya besar kan

    •  

      Bung Jet…tanpa mengurangi rasa hormat…apa lebih baik kalau sharing hal hal yang positif saja diwarjag ini…biar keadaan lebih adem….salam

    •  

      bung jet sante kali
      ketidaksukaan kita terhadap kandidat A pasti anda anggap dia pro B
      pola pikir anda tolong jngan di sempitkan
      gk cape apa di masa perhitungan dan kampanye isi FB capres trus

      santeeee bro
      panasnya pilpres udah di guyur ama ademnya idul Fitri jd lupakan
      biarkan no 1 ke MK karna itu haknya
      dan jika sudah pelantikan no 2 pasti dan mau tidak mau harus hormat karena sudah ditetapkan

  18.  

    Saya masih gelap nih all . . .
    Bukannya anggaran sudah dipatok dalam APBN-P2014… maklum masih tingkat desa 🙁

    Ga mungkin kan alokasi subsidi lari ke pertahanan. Paling dari penambahan rekontrak dan peningkatan profit hasil BUMN.

    Mohon bimbingannya.

    •  

      Benar Bung @BarisanHarimauLiar APBN 2014 sudah disusun dr akhir 2013 lalu, dan sudah disahkan oleh DPR-RI awal 2014 lalu, kmudian terakhir saat CT menggantikan Hatta Rajasa sbgai Menko Ekonomi juga sudah disusun APBN-P (Perubahan) 2014 dimana tiap lembaga/Kementerian Negara Anggarannya dipotong termasuk Kemhan dengan Total keselurahan Instansi 100T. Untuk Tahun APBN 2015 pun masih disusun oleh pemerintahan SBY tp hanya Anggaran yg bersifat Rutin (Seperti gaji Pegawai dan belanja Rutin kantor/Instansi Pemerintah lainnya). Pemerintahan yang baru bisa merubah APBN 2015 tersebut diawal 2015 nanti atau di APBN-P 2015 nanti. itu setau saya yg sehari2 tukang antar barang/jasa di instansi pemerintah. CMIIW…

  19.  

    maaf ya warjager dan pengurusnya saya buat komentar dengan kalimat tidak layak.

    udah gemesszzzzz

  20.  

    Kalau gak yakin/pesimis sama presiden terpilih janganlah mencela dengan nama saudaramu(binatang) dan nama makananmu(isi tinja) , kitisi saja kawal kepemimpinan beliau kalau ada salah ya ditegur gitu” jga presidenmu kalau memang sakit hatimu belum hilang kalau tinggal di Indonesia silahkan pindah kewarganegaraan .

    •  

      Perbedaan biasa bung rian, jangan asal ngomong suruh pindah kewarganegaraan dong…apa anda tahu..apa jadinya klo pendukung salah satu capres pindah kewarganegaraan…aceh akan merdeka… sumbar akan merdeka dll…klo ngomong dicerna mikir karena hampir 50% penduduk indonesia tercinta ini beda pilihan…

    •  

      Hari gini masih aja topik capres ini jadi bualan para pendukungnya..hadeuuh basi tong. Mau pesimis mau optimis ya terserah rakyat yang menilai.

    •  

      Ampuunn tuan..

  21.  

    Tambah satu lagi bung vans, drone transformer untuk nagkep pencuri ikan hehehe

  22.  

    Menurut ane sapapun presidenya,mef bkal tetep jalan.ni kan projek mercusuarnya sby…anggap kita sby,apa rido kita dah bngun sesuatu trus didiemin..ga lah…sby pasti tetep ngasih masukan dan arahan soal mef nie sapapun presidenya..n buat tmen2 yg mau ngotot adu debat kusir dmari..monggo trus kan ngotot terserah,paling ane lewatin aja komenya,males…

  23.  

    kira-kira leopardnya bakal jadi besi tua gak ya kalo pak TB jd menhan nya?

  24.  

    slam knal sblumnya
    aq ngrasa yg komen gmpang bgt di adu domba ma ASu hehe dewasa bro nyikapi tanggapan org lain mending mengawal progm pemerintah dr pd gede bacot n ngomg kyak popok bayi

    mf demi persatuan rakyat

  25.  

    semoga ini artinya juga menjamin kesejahteraan teman2x TNI. Ingat sesuai UU, tentara TNI yang profesional artinya juga kesejahteraannya dijamin negara. Bukan juga artinya tentara bayaran ya. Kalo pandangan saya ya ada baiknya satu level kompensasinya dengan swasta. Prajurit muda yg masuk dilevel terbawah, dg jenjang karir yang ada semoga 15 tahun kemudian mampu mengkuliahkan anaknya di PTN atau AMN.

    Kalo alusista, low profile saja asal industri dalam negeri yg diperkuat. Walau alusista strategis tetap diperlukan, sembunyiin aja.

    Ada yg mau dukung petisi hapus subsidi BBM?

  26.  

    sy ALHMDULILLH saja klo anggara pertahanan di naikkan 2 persen dari APBN.
    smoga tni kita makin gahar dgn alutsista yg canggih
    sehingga kedepan negara kita disegani oleh kawan dan di takuti oleh lawan.. biar pde merinding musuh2 nkri.amiiiin.. salam persatuan

  27.  

    idem..

  28.  

    Hai kawan…pasti ga banyak mengikuti perkembangan yaa…tanah abang kembali semrawut yaa karena mereka curi curi kesempatan saat pilpres(kebetulan saya buka lapak ditana abang)….dan transparansi anggaran itu jelas sekali kok…orang lama digeser diganti yang baru
    …susah buat mark up lagi..bukti nya memang bisa menghemat beberapa trilyun dari satu departemen saja tuh …PBB naik? Masuk akal kok…harga tanahnya juga NAIK gila gilaaan dijakarta…semua kontraktor yang nakal sembunyi sembunyi bayar dibelakang seperti dijalan senopati tuh sekarang boleh dan dapat ijin ,karena uangnya masuk ke kas DKI bukan ke kantong pribadi…..mengenai bus karatan?…waaah itu kebiasaan lama dari jaman yang lalu lalu..biasa korupsi yang dibawahnya karena sudah bertahun tahun terjadi..giliran pemimpinnya tegas untuk transparansi ya tetap coba coba terus untuk korupsi tuh…dan satu lagi nanti karena kalah di MK maka mau bikin pansus di DPR untuk mengganggu terus jalannya pemerintahan…kapan mau maju nya bangsa ini..maka nya perlu revolusi mental…salam persatuan

  29.  

    2 % amiin, mudah2an dpt dimanfaatkan scara maks melalui program2 yg komprehensif dan mengedepan pengadaan dan pengembangan industri dalam negeri

  30.  

    walupun hati ini ngenes, karena jagoan nya (sementara) kalah, ya sudah sesuai pesan bung preman, gak usah kita saling mencela, dan kita lihat bagaimana hasil MK kalau tetap kalah juga ya Innalillahi wa inna ilaihi rooji’uun….kita lihat bagaimana program yang akan dijalankan.

  31.  

    testis

  32.  

    Maaf sebelumnya bung Jet.. apakah mungkin dalam 2-3 tahun kedepan saja pertumbuhan bisa 7% sehingga anggaran pertahanan bisa naik jadi 2%? PR terbesar presiden baru kita nantinya ( siapapun dia ) adalah mengurangi subsidi BBM dan listrik secara bersamaan yang artinya jika harga pangan, transportasi tidak terkontrol inflasi bisa terbang lagi ke angka 7-9%..
    Sementara disaat bersamaan pula harus mengejar kenaikan tax ratio pajak ( menaikkan pajak dan mengejar puluhan juta wajib pajak baru ) supaya dalam menyusun APBN kita bisa mengurangi pos hutang dalam dan luar negeri serta percepatan pembangunan infrastruktur..
    Paling realistis anggaran alutsista 2% itu terwujud di 2019 atau MUNGKIN tidak akan terwujud sama sekali. Sama seperti SBY yang menargetkan pertumbuhan 7% di akhir jabatannya tapi ternyata malah 5 koma.. Mungkin juga salah satu PR Pak Jokowi kedepannya adalah mengkontrol pendapat2 pribadi orang-orang di sekelilingnya agar tidak mengumbar omongan yang bisa menjadi blunder bagi Pak jokowi sendiri kedepannya..
    Maaf ini cuma saran dari orang kecil yang sangat ingin Indonesia menjadi BESAR…

    •  

      Sependapat bung EA berkaca pada masih melambatnya perekonomian global yg sekarang ikut melambatnya perekonomian tiongkok akibat rebalancing ditambah normalisasi kebijakan the fed, saat ini semester kedua pertumbuhan perekonomian RI hanya bisa menyentuh 5,2%…. bukan pesimis tetapi jgn terlalu mengejar angka peresentase, ditengah upaya penghematan disemua kementrian. Lebih elegan menata kebutuhan rill apa yg kita paling kita butuhkan saat ini itu yg menjadi fokus.

    •  

      haduuuh nilai rupiah makin menurun…
      duluh 10 ribu dapat banyak sekarang cuma dpt 1
      cape2 usaha hasilnya segitu juga..
      ujung2nya yg misikin makin banyak..

    •  

      [email protected] ..
      inilah yg diharapkan dari pemimpin sob ..iaalah harapan ,,menumbukan lagi optisme dari anak bangsa ini ,,bisa yg penting pemimpinnya konsisten ..tidak mencla -mencle lagi tetap di garis lurus jadi kita yg digerbong belakang tinggal ikut.,harapan bisa mendatangkan energi positif dan investor positif ..,dengan harapan ini kita jadi semangat kerja dan bayar pajak dan pemimpin tetap konsisten untuk tidak korupsi ..,tapii kalau menca-menlce kayak tahun2 belakangan ini ..kita wajib mengkritik dan mengingatkan tapi kalau bandel juga waduh ( malas.com )..capek deh tambah 5 tahun lagi menunggu…waduh kapan majunya yg namanya indonesia raya
      ———-
      salam bung

      •  

        Positif thinking ya bung.. Salam kenal juga ya..

      •  

        jd “menca-menlce kayak tahun2 belakangan ini”, mencle dari sisi mana bung, apa dr sisi “harapan bisa mendatangkan energi positif dan investor positif “. investor positif itu yg bagaimana bung, apa yang hanya untuk “harapan ini kita jadi semangat kerja dan bayar pajak “.

  33.  

    Papua akan dibangun.. ngapain mau merdeka..??

  34.  

    kalau 0,8% = 80 TRILLIUN … Maka 2% = 200 Trilliun rupiah / tahun ………… Woww kerenn……..

  35.  

    Wah pembicaraan makin oot. Harapan saya Duet maut JKw adalah pemimpin tulus. Dipuji ga terbang, dikritik ga tumbang. Jadi tugas kita mengawasi pemerintah, kritikan harus tetap ada agar Republik semakin jaya.
    Btw kalau 2% dari PDB (USD 1T) itu nilainya USD 20 milyar (kisaran IDR 200-220T)… Jika belanja pegawai ditekan 20%-30%, berarti ada IDR 150T yg bisa dipakai belanja modal (alutsista baru, latihan, amunisi, markas, radar, maintenance)… weleh2 bisa MEF tiap tahun itu #hurraay.
    Mudah2an ekonomi Indonesia bisa mewujudkan hal itu.

  36.  

    Salam Kenal Semua para senior dan warga warjager,

    Selama ini saya hanya SR dimari, kebanyakan warjager disini jarang menyatakan keberpihakannya pada salah satu CAPRES, rata2 berbicara sebagai BANGSA INDONESIA yg sama2 menginginkan Bangsa ini BESAR bkn Proxy Negara lain. makanya kali ini saya tertarik coba menanggapi komentar Bung @jet, menurut pandanganku presiden baru yg terpilih sekarang blm menunjukkan bukti apa2 selain polesan “pencitraan” yg berlebihan oleh Media. Hasil Audit BPK atas keuangan Pemprov DKI malah menunjukkan sebaliknya dari yang bung @jet sampaikan. Termasuk soal Trans Jakarta, yg awalanya spesifikasi yg diinginkan Bus Eropa, yang datang bus China/Tiongkok dengan harga yg “tidak wajar”. Berkaitan dgn paparan bung @nara pada Artikel “Akhirnya,…Era Baru Alutsista Trimatra di Depan Mata (2)” saya malah kuatir, yg diinginkan Kemhan & TNI Fak pa T-50 yg datang malah J-20 Tiongkok. Apalagi jarang sekali Presiden yg terpilih sekarang memuji atau menyatakan komitmennya utk melanjutkan PROGRAM pembangunan pak BEYE yg dianggap berhasil.

    Maaf, ini hanya pendapat saya awam. Tapi kupikir siapapun presiden yg terpilih, jgn terlalu berharap terlalu berlebihan seolah-olah Presiden adalah “Dewa Penyelamat”. Bangsa ini maju bukan krn JOKOWI atau PRABOWO semata, tapi KITA sebagai anak2 bangsa. sekali lagi Maaf klau pendapatku kurang berkenan, terima kasih.

  37.  

    Kenapa ngotot bgt pengen RI1.. salah satunya tambang milik ical beserta si meong yg di kalimantan bakal dipajakin USD 2 permeter dikali luas lahan dikali lagi sejak kapan mulai menambang.. wkwkwkwk mereka ketar ketir diincer KPK pula.. para pengusaha sudah mulai membayar pajaknya..

  38.  

    200 Trilyun kalo asumsi GDP pada tahun pemerintahan SBY.. kalo bisa naek lagi angkanya bagaimana..?? :v

  39.  

    2% dari PDB itu kalau nggak salah setara dengan 8-10% APBN atau sekitar 140-160T. Satu tahun anggaran APBN = anggaran MEF tahap 1 (lima tahun anggaran). Alhamdulillah. Kejayaan NKRI didepan mata. Sebagai negara maritim (70% lebih wilayah merupakan lautan), mempunyai AL yg hebat dan disegani, akan segera terwujud. Jayalah NKRI menuju NUSANTARA JILID 2.

  40.  

    ya anggaplah itu semua benar [email protected]…kan semua perbuatan pasti ada balasannya..yg penting kt semua bersaudara…ok bung senopati..!!!!

  41.  

    Sungguh…tragiss…indonesia tetap ada berkat doa nya rakyat kecil se nusantara..tanpa pamrih…semoga allah membuka kan pintu hati..bagi kita semua..aminn…kebenaran..akan hilang apa bila hati nurani menjadi batu…maaf.com…

  42.  

    kok masih pada ngotot nih sama jagoannya, emang pada dapat apa sih kalau jagoannya menang? wait and see aja deh. ane sih berharap siapa pun presidennya mereka melakukan yg terbaik dgn negeri ini kalau banyak ga benernya baru deh silahkan digoyang goyang sukur2 bisa sampai jatuh

  43.  

    Komentarnya sepertinya banyak condong ke Korupsi min,…. mungkin perlu dibuat artikel terpisah dengan judul “Massifnya Korupsi di Indonesia”…

    Thank Artikelnya,… Tetap semangat dan selalu Waspada.

    •  

      memang demikian kenyataanya
      di meksiko masalah tersebar kartel narkoba sampai nyawa taruhannya
      di indo masalah terbesar adalah korupsi dengan nhyawa pula taruhannya…

      kpk pun tidak dapat berkutik dengan kasus korupsi kelas kakap dimana jaringan pemain sangat kuat hampir sama dengan jaringan narkoba..

      sering kita bangga dengan alutsista dalam negeri, tetapi setelah tahu bagaimana proses pengadaan industri strategis membeli barang mentah dan setengah jadi. .jadi mirissss abisss.. jadi buat apa jujur buat pelaporan pajak? toh duitnya diembat juga ya gak?

      proyek jalan PU: sudah jadi kode etik hampir setiap proyek konstruksi jalan 20% s/d 25% sudah wajib di setor ke user.. kalau pemain baru diseteor di awal kalau pemain lama bisa disetor setelah proyek selesai.. kondisi spt ini mau maju? sptnyaharus ada pemurnian terlebih dahulu di indo agar benar2 jadi negara maju untuk membuang budaya bussuk

      •  

        Berdasarkan pengalaman saya sebagai tukang antar barang/jasa instansi pemerintah, Klau Era mah HARTO dan MEGA mungkin iya segitu “UPETI”nya, Era SBY Upetinya ga sampai segitu kok bung @sennopati. Apalagi sekarang sejak 2012 utk paket diatas 200jt dilelang melalui LPSE. sangat sulit bermain harga, klau penawaran kita lulus ADM dan Teknis tetap harga terendah yg menang walaupun ada jagoan User/panitia lelang. Kecuali paket-paket yg “tidak umum” biasanya persyaratan ADM dan Teknisnya dipersulit (Hrs ada ISO, hrs melampirkan ini dan itu dsb) jadi yang bs masuk hanya GROUP jagoan user. itupun Upetinya ga se extrem bung sennopati sampaikan, krn pasti jadi temuan saat pemeriksaan dan kewajaran harga (Biasanya klau temuan msh sebatas Inspektorat & BPK kena pengembalian uang ke Negara senilai yg dianggap ga wajar). Ini cm pengalaman pribadi saya sebagai tukang antar2 barang/Jasa di Instansi Pemerintah termasuk KEMHAN RI…Klau ada salah mohon dikoreksi….Terima Kasih

        •  

          Sama aja bung nightwalker.. dr jaman pak karno sampe jaman SBY, yg namanya org brengsek pasti akan selalu ada, sy yg kerja d salah satu BUMN terbesar dh cukup ngrasainnya, SBY jg g 100% suci, jd siapapn presidennya, kebijakan yg baik mari kita dukung n yg krg baik mari kita koreksi..

          •  

            Nah itu dia bung @sorandaka, penyampaian saya diatas bkn mengatakan SBY maupun pemerintahannya 100% suci/bersih, Upeti/Fee proyek masih tetap ada bahkan sampai pemerintahan baru nanti akan tetap ada. Tetapi yg saya sampaikan Upeti jaman SBY tidak sebesar dan segila2an pemerintahan sebelum2nya. Dulu jaman mbah Harto mau dapet proyek Milyaran ckp ksh Upeti ke Oknum Pejabat tinggal contreng Proyek mana yg kita mau di DIPA. ga perlu tender2an main tunjuk langsung…sekarang praktek seperti itu masih ada (pemenangnya sudah ada sblm ditender)…tetapi jauh lebih sulit dilakukan, kecuali di KEMHAN dan beberapa Instansi sejenis, masih berlaku PENUNJUKAN LANGSUNG karena ada beberapa Proyek yg tidak bisa ditenderkan terbuka (Berkaitan dgn Rahasia Negara dan Pengadaan Strategis lainnya). Harapan kita tentunya semoga saja pemerintahan yg akan datang bisa pelan2 mengikis budaya upeti ini. Thx

          •  

            Amieen.. Saya jg berharap semoga saja pemerintahan yg akan datang bisa pelan2 mengikis budaya2 yg g baik ini..

  44.  

    jokowi gowo molopetoko. gak sampek 1th jokowi lengser. cekelen omonganku

    •  

      ah dulu SBY juga dibilang ga satu tahun lengser, nyatanya 10 tahun..tanya kenapa? karena dia dipilih rakyat sebagian besar. Jadi santai aja kalo pak Joko memang dipilih rakyat ga usah takut sama gertak-gertak sambal para elit. Bila perlu Libas semua yang maen2 haha..

    •  

      jgn gt cak joe-ko.. pilpres dh usai, siapapun yg jadi presiden, mari kita dukung kejayaan NKRI dg sepenuh hati, cz presiden bisa berganti, tp NKRI ttp ada sampe hari kiamat..

  45.  

    para penunggu warjager telah mendapat informasi bahwa SBY melakukan MODERNISASI besar besaran jauh lebih besar dari pada era trikora…

    lalu ada kata kunci bahwa………… TERLEPAS SIAPAPUN PRESIDENNYA, program modernisasi SBY telah DIPASTIKAN akan berlangsung… dan delivery nya sampai 2019… nah jaman kepemimpinan siapa itu ya….

    semoga saya salah….
    kalau saya mengatakan nanti jokowi bilang modernisasi adalah konsep dia…
    YAHHHH….. kita sudah tahu factnya lah…
    tapi suara kita akan kalah suara di banding gerbong mass media punya jokowi..

    pemerintahan solo jokowi terkenal suka menyalahkan bawahan kalau ada kesalahan.. dan kalau ada prestasi adalah prestasi dia bukan staf…
    http://www.youtube.com/watch?v=h7GflGwJBfA

  46.  

    Kalau yang bicara anggaran pertahanan bukan langsung dari Jokowi atah JK .. lebih baik dengarkan saja karena itu hanya sekedar wacana menarik perhatian publik saja …

    Banyak yang memuji-muji SBY …. tetapi tahukah anda bahwa pengelolaan ekonomi SBY adalah yang paling parah amburadulnya. ZTahukah anda bahwa Team ekonomi SBY sebenarnya sejak tahun 2011 mengajukan usulan langkah-langkah reformasi ekonomi hingga tahun 2014, terutama mengenai masalah subsidi energi (BBM dan Listrik) … tetapi sayangnya ..semua usulan yang bagus tersebut di tolak mentah-mentah oleh SBY demi faktor pencitraan … Akibatnya, saat ini, ketika terjadi krisis, ekonomi kita, terutama APBN dan neraca pembayaran, menjadi carut marut akibat subsidi energi yang makin besar sedang dipihak lain pajak berkurang secara significant. Walaupun rezim SBY kemudian membuat hutang secara gila-gilaan, tetapi tak ada efek positif sama sekali bagi negara ini … infrastruktur tambah hancur, tak ada stimulus ekonomi, produksi pertanian dan pangan menurun drastis, import makin menggila, inflasi makin tinggi sehingga makin banyak rakyat yang menjadi miskin …

    Dalam situasi tersebut di atas, sungguh sulit bagi Jokowi dan JK melakukan pperbaikan ekonomi negara, yang yang dijanjikan karena mereka berdua harus melakukan pekerjaan cici ppiring dan gelas di 2 tahun pertama akibat pesta-pora yang tidak bertanggung-jawab dari SBY dan para menterinya ….

    •  

      kalo gak mau susah jangan jadi presiden bung! jaditukang bakso saja

    •  

      Belum bekerja sudah mengeluh….
      Kalo sudah tau ekonomi carut marut, dan kebagian cuci piring, kenapa mencalonkan diri jadi presiden.?
      Bukankah lebih baik jadi gubernur saja, sehingga tidak mengambil resiko skala nasional. Jadi presiden
      RI itu pekerjaan yg tidak ringan, harus bisa mengakomodasi keinginan seluruh rakyatnya yg berbeda suku.
      Kebiasaan dari masyarakat kita selalu menilai dari sisi buruknya saja, tanpa mau menimbang sisi baiknya.
      Mohon bila menganalisa berdasarkan data, bukan berdasarkan sentimen personal. Kalo anda katakan
      ekonomi jaman SBY amburadul parameternya apa saja, tolong dijabarkan biar kita semua mengerti. Perlu
      anda pahami juga salah satu penyebab tingginya impor adalah akibat pola hidup konsumtif masyarakatnya
      yg selalu bangga akan barang impor.
      Lalu infrastruktur hancur, parameternya apa saja yg anda tahu sehingga dapat kesimpulan seperti itu, jelaskan.
      Kalo anda adalah pendukung dari presiden terpilih, tidak perlu anda menghina hasil kerja presiden terdahulu.
      Indonesia bisa maju dan rakyatnya makmur tidak juga bisa dicapai dalam 10 tahun kedepan oleh presiden
      terpilih sekarang. Semua perlu proses bung Tupai Terbang. Rakyat sudah lebih cerdas menilai pemimpinnya
      berhasil atau tidak, karena seluruh rakyat Indonesia yg merasakan langsung, bukan segelintir Tupai2 yg hanya
      bisa mengeluh dan mencaci tanpa mau terlibat utk kemajuan bangsanya.
      Salam NKRI

      •  

        udah terlihat kok hasilnya dari pileg …sebaiknya anda interpeksi diri,cuci muka dan liat keluar jendela rumah indonesia..sebagian komen aku udah mewakilinya apa perlu dibahas dari semua prestasi kinerja minusnya mulai dari infrastruktur,hukum,ekonomi,politik luar negri..,dan alusista bekas..udahlah terima aja kritik @tupai terbang

        aku kasih contoh ,,lancang sekaliii mulut si upil berani menghina usman harun yg mana perdana mentri lie ky maafkannya zaman pak harto tapi mereka lancang mencaci pahlawan bangsa ini lagi dan ikut campurrr terusss…mudek si upil ,,pengen tangan kanan atw kiri bangsa upil ini, dan ia diaaam saja.,belum lagi malon,sonara,arab saudi ..,arab ssaudi ini bikin pusing ,,,terusss siksa putra -putri indonesia yg bekerja di negaranya..jadi tempe juga si abdullah ini…,diaaaaam jugga ahhh cukup dah
        prestasi yg bgs adalah penyelnggaran pilpres tahun ini ,itupun klu ngak ada ….! waktu yg jawab

        ssr lgiii

    •  

      ngoahahaha……ngoahahaha, bukannya mereka sdh tahu kondisi ekonomi RI?? kalau takut tantangan gak usah nyalon bung walang kopok (sebutan tradisional untuk tupai terbang di daerah saya)…tipe pemimpin yg mengeluh biasanya akan menyalahkan bawahannya, pendahulunya dan alam kalau ada masalah…ngoahahaha…..

      •  

        setuju Bung Lamp…. setiap ada masalah pasti “tanyakan saja sama ini,itu,anu…” seakan akan lepas tanggung jawab dan ga mau ketiban salah hehehe semoga pemimpin NEGERI ini bukan tipe sepert itu..

    •  

      kok pada emosi semua ya?

      dari dulu saya udah bilang pemerintah dalam kondisi ‘kram otak’, bukti terakhir, solar bersubsidi akan dibatasi.
      padahal ini digunakan truk pengangkut sembako, bis kota / antar kota (pengguna mayoritas rakyat menengah ke bawah) dan nelayan.
      sementara sedan2 mewah mau beli premium bersubsidi gak dibatasi ?
      mending membatasi solar bersubsidi atau premium ?

      rakyat harus ngakak atau nangis lihat situasi seperti ini ?

      yang tanggung jawab atas semua ini siapa lagi kalau bukan mantan menko perekonomian ?
      (yang masih milih dia sama aja gak ngerti permasalahan, malah mungkin lebih parah)

      yang bilang sulit ‘kan bung TT, saya yakin bagi JK akan mudah mengurai kemacetan ekonomi saat ini.
      mudah karena memang permasalahannya gak sulit – cuma yang ngurus pada kram otak semua…
      (atau bermain api dengan mafia minyak dan benar2 terbakar…)

      harga BBG per liter setara premium rp 3,100 – siapa suruh bikin mangkrak program konversi BBG ?
      mafia minyak ?

      harap diingat negara2 asean juga tanpa subsidi bbm dan para pemimpinnya tidak terobsesi pencitraan,
      http://kotabumi-lampura.blogspot.com/2013/06/7-negara-asean-yang-tak-sediakan-bbm.html

      •  

        berita terbaru;

        Ekonomi Indonesia hanya mampu tumbuh 5,12% pada kuartal II-2014. Bila melihat secara tahunan atau year on year (yoy), capaian ini merupakan yang terendah sejak 2009.
        ‘Secara yoy, terendah sejak 2009,’ ungkap Suhariyanto, Deputi Neraca dan Analisis Statistik Badan Pusat Statistik (BPS) di kantor pusat BPS, Jakarta, Selasa (5/8/2014).

        kemarin APBN dipotong 100 T sebagai talangan subsidi bbm, jika semua dana digelontorkan untuk subsidi bbm, semakin sedikit sisa dana untuk membangun (infrastruktur dsb), semaik sedikit pembangunan prasarana, ekonomi akan sulit tumbuh…

      •  

        subsidi bbm menyebabkan harga bbm indonesia menjadi yg termurah di asean, makanya banyak terjadi penyelundupan, contoh ke singapur, malaysia n timor leste, subsidi boleh tapi kalau sudah sampai 250 triliun per tahun benar benar memberatkan apbn, subsidinya 100 triliun aj, d hapus jg gpp biar biofuel bisa dipakai sbg subtitusi

  47.  

    biarlah takdir menemukan jalannya sendiri. harapannya tidak ada yang berbicara kotor baik isi kebon binatang maupun isi tempat sampah.

  48.  

    setuju 1000% buat bung preman.. jgn berlebihan dlm menyukai atau membenci sesuatu, takutlah kpd Dzat yg Maha membolak balikkan hati..

  49.  

    Maksud dari bung admin disini mau memberikan info tentang anggaran pertahanan 2014-2019 presiden terpilih sementara(nunggu oktober 2014). Mending kita fokus diskusi ke rencana apa saja yg mau di anggarkan dgn 2% trsebut?? Mungkin ada clue dari sesepuh mengenai anggaran sebesar itu??

    Sayang waktu kita kalo digunakan utk saling menghujat tentang presiden pilihan masing2 dari teman2 warjager, yg ada cuma menguras emosi dan tenaga.. saya yakin teman2 disini masih jauh lebih dewasa & pintar dlm berkomentar di banding komentar2 yg ada di artikel media2 sebelah yg bikin muak membacanya karena saling menghujat tanpa dasar yg isinya hanya caci maki belaka..

    Hayoo para sesepuh mungkin ada cluenya knp bisa keluar angka 2%?? Mau di borong apa aja ntu anggaran segede gitu yah kira2?? ????????????

    •  

      naah..mas AL nie yg benar…Formil jgn digunakan membahas politik..saya jg nunggu barbarannya para suhu..Salam kenal mas AL…

      •  

        Salam kenal juga bung tom.. kira2 dgn anggaran 2% enaknya ngeborong apaan yah bung tom? atau temen2 & sesepuh ada clue utk renstra 2014-2015?? Kayanya bung admin kudu ngbuat artikel yg ngebahas renstra apabaja yg harus di belii 2014-2015.. kali aja presiden or menhan terpilih. (Siapa pun presidennya) ngebaca nih warung & bisa jd referensi..huehehe.. biar adem lg nih warung

        *Colek bung jalo, bung yayan, bung satrio, bung nara & sesepuh yg lainnya yg ga bisa disebut
        Maaf kalo

        •  

          #maaf jarinya keriting,, Maksudnya 2014-2019..

        •  

          wahh saya gk berani ngehayal mas AL takut sakit hati..hehe…tp saya percaya itu semua udh d persiapkan Kemhan dan TNI..di pemerintahan sy mengharapkan kontribusi pk JK dlm pengadaan Alutsista dalam negri. inget waktu jd wapres memerintahkan PT.PINDAD ..”buat dulu pansernya, kualitas ditngkatkan belakangan, bagaimana BRI siap kasih dana?”…nah kepercayaan dan semangat utk mendorong industri Alutsista dalam negri spt ini yg saya ingin lihat besok2. Mudah2 an besok pk JK ngomong..” Kau tidak usah pikirkan dana. Itu tugas pemerintah..tugas kau adalah membuat senjata yg canggih…”..IMHO

        •  

          Kalo dengan anggaran yg 2% enaknya ngayalnya ” Kekuatan Militer Indonesia di peringkat berapa yaa…? “

  50.  

    Setuju mas Preman…sedih ya liat rekan2 disini selalu berburuk sangka, mencaci, dan mencari kejelekan orang. Kita hrs ambil pengalaman dr perlakuan kita kpd pak SBY. dr awal dijelek2in trus terakhi2 malah di puji2. maksud saya kita kasih kesmpatan dulu kpd Presiden terpilih utk bekerja.dan martabat Kepresidenan hrs di jaga krn merupakan Lambang Negara. Nnti kelakuan kita yg selalu mencaci pemimpin kita dicontoh negara tetangga, kita marah… kalau kita tdk hormat gmana orang lain mau menghormati { Presiden kita } ?

  51.  

    Ngomongin capres gada abisnye..lagian juga blm final dah gembar- gembor..putusan nanti nunggu di MK…bijimane klo tar putusan MK menangin PRABOWO..?? Ntar pendukung fanatik JOKOWI gmn..??? Bisa perang sodara nih negara lama-lama..!!! Santai az kaleee..kite do’ain semoga pemimpin yg baik,jujur,amanah & pro rakyat yg mng..!!! Dan klo emang berbuat curang do’ain biar kalah..!!! Amiin yaa rabb, engkau maha tau & engkau maha melihat,berikan kami pemimpin yg jujur,amanah yg pro rakyat,jgn engkau kasih negeri ini pemimpin yg buruk ahlaknye..!!! Semoga nih doa di qobul..!! Amiiin..!!!

    ….NKRI HARGA MATI…

  52.  

    Saya jd tertawa dalam hati sambil mencoba tetap berfikir positif….. kemarin team pak TB sering memperolok dan mentertawakan kata2 kebocoran (menirukan iklan cat pelapis anti bocor)…bocoorrr…bocoorr… skrg pak TB berusaha menyakinkan kita memang benar terjadi kebocoran, tolong usahakan ditambal yg rapih ya pak supaya kebocorannya tidak semakin melebar….hehehe

    •  

      Dimulai dengan mengulang libur lebaran. saya yakin banyak kecurangan sehingga liburan itu harus diulang serentak dan menyeluruh….. 🙂

      •  

        Hal ini bisa dilihat dari sering salahnya penetapan tanggal libur lebaran, yg berdampak kepada bingungnya para pemudik yg akan pulang kampung…jd memang harus segera diulang…hehehe

  53.  

    buat para bwarjager, mari kita pilih menteri kita, disini terdapat nama nama yg sudah tidak asing di kalangan warjager semua, ada jenderal moeldoko, bahkan ada tb hasanudin juga ikut, mari kita sama-sama salurkan aspirasi kita

    http://www.jokowicenter.com/polling-menteri/

  54.  

    buat para warjager, mari kita pilih menteri kita, disini terdapat nama nama yg sudah tidak asing di kalangan warjager semua, ada jenderal moeldoko, bahkan ada tb hasanudin juga ikut, mari kita sama-sama salurkan aspirasi kita

    http://www.jokowicenter.com/polling-menteri/

  55.  

    Nampak kali kalau disini banyak barisan sakit hati aka kwik kian gie dan pro suryadi…

    Jokowi berangkat dari permintaan daerah.. jadi wajar politikus elit getar getir… kebetulan aza partainya pdip…

    Saya juga awalnya ga suka jokowi masuk pdip… tapi dari pada keluarga cendana… haduh… sudah cukup dah… dah kenall kita.. jangankan jaksa agung, ibu tien aja ditembak.

    •  

      Salam kenal @bung BHL,, biar ga nambah yg sakit ati, nyok ngebahas alutsista lg.. kira2 menurut bung BHL alutsista mana lg nih yg kudu di beli lg? Kan semntara budget udah jelas tuh 2%.. untuk 3 matra yg ada, kalo menrut bung BHL perlu atau ga adanya skala prioritas yg harus di beli? Untuk TNI AL,AD & AU?? Mungkin bung BHL bisa kasih pencerahan..huehehe

    •  

      2% gdp setara dgn 200 triliun bung,, dengan gdp 878 milyar dollar (2013),, tinggal utak atik aja,, dikurangin gaji tni yg biasanya naik 6-10% per tahun,,

    •  

      Sebenarnya saya berkeinginan, sesuai ketetapan undang2 yg disahkan wakil2 kita dari seluruh Indonesia, Bahwa : “seluruh alokasi anggaran pos pertahanan harus dihabiskan, dibagi-bagi, dan dinikmati sesuai hukum perundang2an kepada rakyat Indonesia sendiri. Tidak ada namanya beli senjata dari luar negri. Kecuali terpaksa, itu pun harus tot.

      Jadi tenaga ahli sampai sampai cleaning servis nya asli dagadu. Apa sih yg ga bisa kita buat kalau ada dana???

      Dan yg paling realistis bagi saya, yaitu alokasi prioritas primer dephan adalah nano satelit yg bermanfaat tidak hanya bagi militer tapi juga sipil. Tidsk usah numpang roket india, tapi silahkan habiskan anggaran buat roket angkasamya bung jalo. Aq ra popo asal jangan bocor ke luar.

  56.  

    Dalam politik dan jualan perlu persaingan agar hasilnyabaik kecuali kalo kolpngkalingkong hehe.

    Biasa aja beda pendapat untuk kontrol. Kalo dead lock.. ya sdh mundur teratur cuci tangan

  57.  

    Bung @Vans malah dr beberapa media nasional menempatkan TBH sebagai calon MENHAN RI dlm kabinet JKW…hehehehee bagaimana nasib MEF II dan III nantinya? Semoga ditempati orang yg lebih layak…

  58.  

    yach, nanti kalo jadi presiden beneran dilihat aja bung. Apa dengan 2% itu alutsista yg didapat lebih banyak dari 0.8%nya pak SBY atau sama jumlah dan kualitasnya, atau malah lebih sedikit….

  59.  

    Semua pasti ada masa nya, wait n see..!hehe

  60.  

    Mari kita kawal saja pemerintahan baru yg akan terbentuk pada oktober nanti terlepas siapapun yg akan menjadi presiden krn seorang presiden tidak akan mampu mengubah negara ini seorang diri perlu dukungan dri kita semua agar kita menjadi negara yg lebih makmur dan maju kedepannya…saatnya kita bersatu lagi atas nama NKRI

  61.  

    Di MEF I pak SBY kasih anggaran diluar APBN sebesar 150T. Kira2, di MEF II nanti, kalo pak wowo jadi presiden, dikasih berapa anggarannya ya? ada yg bisa kasih pencerahan ?…soalnya di kampanyenya dan juga di artikel di atas tdk dibahas..

  62.  

    Agree..hitam kata bung Karno hitam kata kko,putih kata bung Karno putih kata kko.
    Bravo marinir #porosMaritim

    •  

      poros maritim apaan sih? apa saja kriteria utk jd poros maritim. mohon dicerahkan… apa bedanya dengan hub and spoke transport system? kl sama ya bukan hal baru dong..

  63.  

    Jokowi 1,5% dari pdb dengan catatan pertumbuhan ekonomi 7%.
    Jadi si tb tdk usah di dengerin

  64.  

    aah ko warjager skarang pada kompanye sih, kan pilpres udah selesai.. siapapun yg jadi pemimpinnya yg penting amanah aja.. malah saling hujat 🙁
    pokonya alutsista harus hebat, lanjutkan program yg sudah ada atau menguatkan atau melapilisi atau memperkuat dan semuanya sah sah saja, yg penting tidak lagi terjajah dari segi apapun dari pihak asing. buat bumn, minimal pertamina bisa bersaing sama exon

  65.  

    siapapun presiden nya sangat sulit realisasikan 2%PDB utk hankam, duitnya mo darimana? … pajak ? pajak bumi bangunan naek terus, kasian dong rakyat yg sdh berjuang banting tulang cari nafkah, ane jadi kepikiran berapa rakyat jaman kolonial kena pajak utk londo penjajah? , takutnya besaran pajak nya gak beda jauh !
    ekspor impor selisih nya gak besar! mampukah kita kurangi konsumsi impor?
    hasil laut … mampukah berantas illegal fishing?
    hasil tambang … adilkah bagi hasilnya?
    kebocoran anggaran … mampukah distop? dst dsb dll
    presiden sebaik apapun tetap hrs didukung semua elemen bangsa utk membuat bangsa ini menjadi besar, mandiri, sejahtera dan tidak gentar menghadapi negara lain … semoga

    •  

      Setuju bung Den [email protected] teringat diskusi di artikel sebelumnya mengenai “sumber dana moderenisasi ….”, ada banyak sumber dana yg potensial yg bisa digunakan untuk kepentingan Hankam maupun kesejahteraan rakyat, tp terganjal pada oknum2 “pembawa amanah” rakyat itu sendiri,

      Besar harapan presiden kedepan dengan tagline “revolusi mental” itu mengikut sertakan para pembawa amanah rakyat juga, agar benar2 bisa membawa “amanah rakyat” ini untuk kemajuan Bangsa tercinta ini. (Maaf , koreksi jika saya salah)

  66.  

    bosen msh az bhs politik tar tunggu keputusan mk gt az kok repot siapa pun yg menang ya terima az. skrang mari kta bhas masalah alutsista ge ok please

  67.  

    Pak Jokowi kalau ngga cocok sama Leo, aku ro popo….tapi AD dibeliiin Apache E! Yang ADA huruf E dibelakang Apache…at least 80 biji! Buat ngancurin tank pendekar maloy di Kalimantan + melindungi infantryman + menuntun F 16 block 52 ID gebom sasaran darat/laut

  68.  

    Bung @AL, saya usulkan TNI harus mulai mengoleksi alutsista yg bisa menggetarkan BUKAN MENGGELIKAN bagi musuh potensial dan kalau bisa diproduksi di dalam negeri meskipun tetap harus kerjasama lisensi atau sharing. Utk AU : radar aktif dan pasif serta S300/S400. Pesawat patroli perlu ditambah UAV, Pemukul SU35. Utk AL : Kapal selam Diesel dan Midget, KCR40/60, destroyer dan cn235 MPA serta satuan pemukul SU34, membentuk batalion2 marinir dng senjata lengkap dan terbaru disetiap perbatasan yg ada lautnya. Utk AD : Apace/MI35, Astros, Nexter, RHAN dan DF21 serta batalion mekanis di daerah separatis/teroris papua. Jadi sebagai orang awam (maklum hanya pedagang ayam di pasar) bermimpi TNI dilengkapi alutsista yg MENGGETARKAN bukan yg MENGGELIKAN thd musuh potensial. Jayalah NKRI menuju NUSANTARA Jilid 2.

    •  

      Beli.. beli.. beli… semua serba beli. Itulah mental konsumerisme yg berkembang di era materialisme dan hedonisme yg kini melanda anak muda repoblik mimpi.

  69.  

    Bung AL salam kenal.. menurut pendapat saya anggaran militer sebesar 2% ato sekitar 200 triliyun bisa kita gunakan untuk empat prioritas seperti 1. Untuk menambah anggaran riset dan pengembangan alutsista buatan dalam negeri. 2. Sesuai dengan visi misi jokowi untuk menjadikan negara indonesia menjadi negara poros maritim dunia dan sesuai juga dengan jati diri bangsa kita yang merupakan negara kepulauan maritim yang berbatasan dengan dua samudera yang menurut sejarah nenek moyang kita dahulu terkenal dangan kekuatan maritimnya yang sangat kuat, maka saat ini kita sangat butuh kekuatan pada angkatan laut kita. Menurut saya ada beberapa lapisan kekuatan yang harus kita miliki di laut mengingat begitu luasnya wilayah laut kita. Untuk wilayah perbatasan di laut dijaga kapal perang jenis destroyer dan kapal selam jenis kilo class ( ada yang mengatakan kapal selam kilo tidak bisa beroperasi di laut indonesia yang dangkal, itu salah karena di teluk persia yang lebih dangkal lautnya dari laut kita kapal selam kilo class iran bisa beroperasi bahkan kapal selam nuklir amerika pun beroperasi di sana). Untuk lapisan kedua di jaga kapal jenis fregat, korvet dan kapal selam jenis changbogo dan terakhir untuk lapisan ketiga atau di wilayah pantai dijaga jenis kapal cepat pembawa rudal dan torpedo, dan speadboat berkecepatan tinggi berpeluncur roket dan membawa rudal manpads ( jangan anggap remeh speadboat berpeluncur roket, masih ingat dengan taktik sea skimming pada rudal untuk menghindari radar..?! Liat seberapa tinggi speadboat. Pada tahun 2012 sebuah kapal perang israel hancur terbakar karena roket yang diluncurkan dari speadboat hamas). Dan lapisan terakhir menggunakan rudal dari darat ke laut. 3. Pertahanan udara . Selain kekurangan pesawat tempur yang tidak kalah penting adalah kita kekurangan bahkan belum punya rudal pertahanan udara jarak menengah dan jauh. Selama ini militer kita hanya punya pertahanan udara jarak pendek yang tidak sanggup mengghadapi pesawat tempur modern dan rudal balistik. Untuk rudal pertahanan udara jarak menengah kita butuh seperti rudal jenis buk sedangkan untuk jarak jauh kita butuk rudal jenis s300. Saya dengar pak jokowi berencana akan membeli pesawat tempur buatan eropa. Selain pesawat tempur dan rudal kita juga butuh uav dan radar. Pak jokowi sudah berencana akan membeli uav untuk kegunaan berbagai misi. Uav sangat penting karena memiliki banyak fungsi salah satu fungsinya selain memata matai adalah Uav bisa digunakan pada berbagai jenis medan tempur seperti di laut, di udara di kota, di hutan dan anti perang geriliya. Uav juga memiliki kelebihan memiliki kamera yang bisa memantau daerah ratusan kilometer sangat cocok untuk anti ilegalfishing. Uav bisa menghancurkan helikopter, tank dan lain lain. Untuk jenis uav menurutku kita sebaiknya membeli uav buatan iran karena selain membeli kita juga akan dikasih ToT teknologi uav . Iran sudah transfer teknologi uav nya kenegara seperti venezuela dengan uav mohajernya dan rusia dengan scaneagelnya. Saya dengar iran berencana akan menjual uav shahed 129 yang memiliki jangkauan 1700 km daya tahan terbang 24 jam dan irit bahan bakar sejam cuma 33 dollar . Untuk radar kita sangat kekurangan. Kedepan saya harap kerjasama lipi dan iran terus berlanjut semoga kita dapat ToT radar jenis matla ul fajr yg memiliki jangkauan 487 km, radar pasif alim, radar ghadir yg baru buatan iran yg memiliki jangkauan 1100 km dan ketinggian 300 km ato radar sepehr yg memiliki jangkauan 2500 km – 3000 km. 4.yg terakhir kita butuh kemampuan persenjataan jenis rudal jelajah dan rudal balistik.

    •  

      Aminn… tp tunggu hasil dari MK ya bung, lusa baru mulai sidang paling lambat tanggal 22 agustus sudah ada hasil… tp kl hasilnya tdk sesuai dgn harapan ya ra popo ya…hehehe

    •  

      kalau dari saya sederhana saja, karena hobi main game war , saya lebih cenderung berpendapat 1% untuk membangun research and development center of defense di Indonesia, dan 1 % nya meneruskan program pak SBY. karena dari metro tv yang saya lihat tgl 4 kemarin malam tentang geliat industri pertahanan Indonesia memang sangat perlu Indonesia membangun research and development yang terpadu, kalau bisa kita buat yang teknologinya tinggi, tak perlu modernisasi lagi tapi harus melakukan kuantum pertahanan,secara pribadi saya bosan melihat bentuk teknologi militer yang itu itu saja_ya karena pengaruh game war oot..
      salam

  70.  

    Bingung..negara kita pake demokrasi pancasila apa demokrasi liberal..maap terkadang..elite2 negara seperti produk dalam negeri..suka made in luar..kalu gak produk luar kayak gak trend…kwatir nya kita dah kebablasan niru2 sono..mau ditiru tapi gak ngerti..paksain aja..maap…komentar rakyat jelata..

  71.  

    Sebenarnya pesan pak jokowi soal leo.. adalah dia ingin membanggakan proyek Pak JK soal kemandirian alutsista dengan terciptanya anoa.. karena ketidaktahuan dia soal alutsista, dia pikir peran leo bisa digantikan dengan semodel anoa yg bisa dibuat sendiri.. itu cuma kesalahpahaman..

  72.  

    Laa yg jelekin dia malah lebih tau lagi.. wkwkwkwk..

  73.  

    melu urun sworo:menurut pendapat pribadi aku,pilih satu tao dua…pastinya semua ada kurang lebihnya,yang membedakan hanyalah pola pikir & asal jati diri.
    bila no-satu terpilih maka indonesia akan berkiblat pada blok barat tapi bila no-dua yang terpilih maka akan berkiblat pada blok timur & bila no-satu tao dua bicara tentang nasionalisme..biarlah lembaran sejarah yang membuktikan kebenarannya.dan coal bpk SBY..dimana partainya yang dihancurkan oleh kader22nya sendiri(KKN)patut di apresiasi atas segala upayanya dlm membangun armada perang TNI,bahkan melebihi kejayaan masa bung KARNO..

  74.  

    Kalo menurut saya pribadi, artikel diatas menyesatkan karena antara judul dan isi tidak ada sangkut pautnya. Judulnya tahun 2014 ada kenaikan anggaran, tapi isinya tidak ada yang menyebutkan tahun 2014 ada kenaikan anggaran. isinya cuma menyebut akan ada kenaikan sebesar 2% tapi tidak jelas tahun berapa dan ada menyebut 2% untuk rencana jangka panjang (berarti untuk rencana 25 tahun kedepan). maaf kalo saya keliru.

    •  

      Mohon maaf sebagai gambaran saja bro :

      PDB Indonesia tahun 2013 sebesar 878 miyar dollar AS, = 10.184 trilliun …( Rp. 11.600 / 1 usd ),
      0,8% PDB = 81,4 trilliun rupiah …untuk anggaran TNI – 2014 ( gaji, belanja rutin, dll sekitar 45 trilliun rupiah )……..
      artinya tahun anggaran 2014 TNI punya spare anggaran Alutsista sekitar 36 trilliun rupiah .

      * Jika tahun 2014 PDB naik 7% berarti = 10.896 trilliun,.. 2% = 217,9 trilliun …. dibulatkan = 218 trilliun rupiah ….

      * maka Anggaran 2015 = 218 Trilliun Rupiah ….( anggaran rutin,gaji,dll naik 10% = 50 trilliun)
      berarti tahun anggaran 2015 TNI punya spare anggaran Alutsista 168 Trilliun Rupiah

      * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2015 = 168 Trilliun Rupiah )

      * Jika tahun 2015 PDB naik 7% berarti = 11,658 trilliun,.. 2% = 233 trilliun …( belanja rutin + gaji 55 trilliun rupiah )
      berarti tahun anggaran 2016 TNI punya spare anggaran Alutsista 178 Trilliun Rupiah

      * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2016 = 178 Trilliun Rupiah )

      * Jika tahun 2016 PDB naik 7% berarti = 12.474 trilliun,.. 2% = 250 trilliun …( belanja rutin + gaji 60 trilliun rupiah )
      berarti tahun anggaran 2017 TNI punya spare anggaran Alutsista 190 Trilliun Rupiah

      * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2017 = 190 Trilliun Rupiah )

      * Jika tahun 2017 PDB naik 7% berarti = 13.347 trilliun,.. 2% = 267 trilliun …( belanja rutin + gaji 66 trilliun rupiah )
      berarti tahun anggaran 2018 TNI punya spare anggaran Alutsista 201 Trilliun Rupiah

      * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2018 = 201 Trilliun Rupiah )

      * Jika tahun 2018 PDB naik 7% berarti = 14.281 trilliun,.. 2% = 285 trilliun …( belanja rutin + gaji 73 trilliun rupiah )
      berarti tahun anggaran 2019 TNI punya spare anggaran Alutsista 212 Trilliun Rupiah

      * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2019 = 212 Trilliun Rupiah )

      ======================================================================================

      * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2015 = 168 Trilliun Rupiah )
      * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2016 = 178 Trilliun Rupiah )
      * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2017 = 190 Trilliun Rupiah )
      * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2018 = 201 Trilliun Rupiah )
      * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2019 = 212 Trilliun Rupiah )
      ================================================= ( + )
      * ( ANGGARAN MEF II ( 2015 – 2019 ) = 949 Trilliun Rupiah )

  75.  

    gagal paham ya bung, pahami isinya jgn judulnya, kadang judul emang menyesatkan, hehehe
    bukan naik 2% bung, tp naik menjadi 2% dari gdp

  76.  

    Mohon maaf sebagai gambaran saja bro :

    PDB Indonesia tahun 2013 sebesar 878 miyar dollar AS, = 10.184 trilliun …( Rp. 11.600 / 1 usd ),
    0,8% PDB = 81,4 trilliun rupiah …untuk anggaran TNI – 2014 ( gaji, belanja rutin, dll sekitar 45 trilliun rupiah )……..
    artinya tahun anggaran 2014 TNI punya spare anggaran Alutsista sekitar 36 trilliun rupiah .

    * Jika tahun 2014 PDB naik 7% berarti = 10.896 trilliun,.. 2% = 217,9 trilliun …. dibulatkan = 218 trilliun rupiah ….

    * maka Anggaran 2015 = 218 Trilliun Rupiah ….( anggaran rutin,gaji,dll naik 10% = 50 trilliun)
    berarti tahun anggaran 2015 TNI punya spare anggaran Alutsista 168 Trilliun Rupiah

    * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2015 = 168 Trilliun Rupiah )

    * Jika tahun 2015 PDB naik 7% berarti = 11,658 trilliun,.. 2% = 233 trilliun …( belanja rutin + gaji 55 trilliun rupiah )
    berarti tahun anggaran 2016 TNI punya spare anggaran Alutsista 178 Trilliun Rupiah

    * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2016 = 178 Trilliun Rupiah )

    * Jika tahun 2016 PDB naik 7% berarti = 12.474 trilliun,.. 2% = 250 trilliun …( belanja rutin + gaji 60 trilliun rupiah )
    berarti tahun anggaran 2017 TNI punya spare anggaran Alutsista 190 Trilliun Rupiah

    * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2017 = 190 Trilliun Rupiah )

    * Jika tahun 2017 PDB naik 7% berarti = 13.347 trilliun,.. 2% = 267 trilliun …( belanja rutin + gaji 66 trilliun rupiah )
    berarti tahun anggaran 2018 TNI punya spare anggaran Alutsista 201 Trilliun Rupiah

    * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2018 = 201 Trilliun Rupiah )

    * Jika tahun 2018 PDB naik 7% berarti = 14.281 trilliun,.. 2% = 285 trilliun …( belanja rutin + gaji 73 trilliun rupiah )
    berarti tahun anggaran 2019 TNI punya spare anggaran Alutsista 212 Trilliun Rupiah

    * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2019 = 212 Trilliun Rupiah )

    ======================================================================================

    * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2015 = 168 Trilliun Rupiah )
    * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2016 = 178 Trilliun Rupiah )
    * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2017 = 190 Trilliun Rupiah )
    * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2018 = 201 Trilliun Rupiah )
    * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2019 = 212 Trilliun Rupiah )
    ================================================= ( + )
    * ( ANGGARAN MEF II ( 2015 – 2019 ) = 949 Trilliun Rupiah )

    Kita yakin apa yang pernah diinformasikan di Forum ini oleh Bung Jalo, Bung Yayan, sesepuh yang lain
    pasti bisa tercover …

    sangat wajar jika TNI akan segera melengkapi diri dengan tambahan tambahan :

    2 skuadron TYPHOON = 36 pesawat tempur TYPHOON
    2 skuadron RAFALE = 36 pesawat tempur RAFALE
    2 skuadron SUKHOI – 35 = 36 pesawat tempur SUKHOI-35
    ==============================================
    ( pengadaan tahun 2015 – 2019 ) 108 pesawat tempur baru

    kalau toh harga rata rata pesawat tempur + persenjataan komplit + sparepart per unit ( @ 1,1 Trilliun )
    jika dijumlah cuma 119 Trilliun Rupiah ….. weleh weleh kecil bro … hehehe ……. tuh anggaran 949 Trilliun …
    masih sisa 830 Trilliun ….

    WAH WAH WAH …..bisa jadi NKRI akan terkuat di kawasan Asean + Australia ….. BRAVO…BRAVO…BRAVO ……

    jika perlu bisa ikut beli F-35 tuch sekalian 2 skuadron ( 36 unit + persenjataan komplit + sparepart )
    paling juga @ 1,35 trilliun atau total = 50 Trilliun Rupiah …tuh anggaran masih 830 Trilliun – 50 T = 780 Trilliun Rupiah..

    hehehe pengadaan pesawat tempur tahun anggaran 2015 – 2019 bisa total 144 pesawat tempur baru …………………..
    BYUH…BYUH …BYUH …….pasti dach Asean + kawasan sekitar jadi menunjuk Indonesia sebagai SAUDARA TUA…

    itu masih sisa 780 Trilliun …….. ini bisa pesan industri alutsita dalam negri + import dengan Transfer of Teknologi

    750 panser ANOA Pindad …..
    50 unit KCR 40 ….
    50 unit KCR 60 ……………..
    10 KS KILO / ARMOUR …….
    10 Kapal Destroyer ………
    15 kapal Fregart …….
    100 kapal patroli …………………
    10 LPD / LST ……
    1000 rudal YAKHONT + ToT………..
    1000 rudal C.705,803,805 1000 biji + Tot ………..
    1000 rudal ecoxxet block II/III 1000 biji + Tot
    10 batery BUK 2 MK
    10 batery S-300/400
    ============================== dan panjang lagi bro … + biaya perawatan dan operasional alutsita sdh okey…

    BRAVO NKRI….. BRAVO TNI

  77.  

    ada yg minta pemilu di ulang
    ada yg minta final piala dunia di ulang
    ada yg minta libur lebaran diulang
    kalo saya mah cuma pengen minta THR nya di ulang boleh ga 🙂

  78.  

    udah lah bung cakra si jet kagak usah di dengerin dari pertama diamah kong kali kong sama sennopati palsu, bikin ribut disini, jkw fansboy masuk ke formil yang kudunya militer fansboy jadinya kagak nyambung kecuali jkw suporter baru nyambung. orang pada ngga ngerti kalo ada percepatan mef omongannya bung nara kagak pernah di catet. udah saya kasih tau pertama di atas plus plus eh di terusin aje, payah

  79.  

    wong jokowi udah bilang anggaran pertahanan katanya naik 2% asaaaaaaaalll….. pertumbuhan ekonomi stabil di 7% kaya sekarang…..

    kalau stabil yahhhh…… kl nga stabil ya ttep diniliai sekarang 😀

  80.  

    konon kabarnya di blacklist dengan AMRIK, 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂
    loe kira di NKRI semua orang otaknya mirip @SENOPATI dan kawan2 yang G****K dan gampang ditipu

  81.  

    Naik 2% saya kira tidak luar biasa. Dengan berkembangnya ekonomi Indonesia, tentunya total keseluruhan APBN 2014 nanti besarannya lebih daripada 2013, jadi wajar kalo besaran anggaran pertahanan juga ikut-ikutan naik.

  82.  

    Lah untung bukan wowo yang menang kalo dia yang menang anggaran 2% bisa2 d beliin kuda semua tekrok tekrok balik jaman diponegoro wkwkwkwk pissss

  83.  

    Usulan rakyat jelata seperti saya : BELI/BUAT ALUTSISTA YG MENGGETARKAN bukan YG MENGGELIKAN (seperti alat penggeli saja, xixixixi) walaupun dimulai dari sedikit demi sedikit, karena pengalaman saya kumpul dengan para preman di pasar, mereka segan dan hormat krn kita punya senjata/jurus andalan, meskipun senjata/jurus tsb belum pernah saya gunakan. Mungkin ada persamaannya dng alutsista, mungkin lebih banyak tidak samanya. maklum hanya pendapat pedagang ayam.

  84.  

    Kecuali yang mengaku beragama, shollat 5 waktu aja gak pernah 🙂
    Jangan anggap yang pake peci dan sorban lebih khusyu daripada yang pake dasi bah….

  85.  

    Ampun pak… ane jgn diloakin…
    meskipun ente udah tanda tangan ngloakin kedaulatan dan negara ini…
    untuk ngebayar preman2 anda yang haus akan bau amis (ups harum…takut.com)

  86.  

    He he he, arus perubahan pasca pilpres, warjag lebih hangat piss……

  87.  

    he kampret…!!! salah forum lu..!!

 Leave a Reply