Anggaran Pertahanan Naik Tahun 2014

243
121
(photo: danendra)
(photo: danendra)

Bandung – Presiden terpilih 2014 – 2019, Joko Widodo memiliki komitmen tinggi terhadap pembangunan dan kemajuan pertahanan TNI. Bahkan, anggaran pertahanan Indonesia direncanakan naik hingga 2 persen dari Produksi Domestik Bruto (PDB). Dengan begitu, pengembangan program pertahanan di Indonesia akan semakin baik.

Hal ini diungkapkan Anggota Komisi I DPR RI Tubagus Hasanuddin, Sabtu (2/8/2014). Menurutnya, di bawah kepemimpinan Jokowi-JK nanti, program pertahanan Indonesia akan maju dan melangkah ke depan sesuai tantangan zaman. Terlebih, visi-misi Jokowi-JK dalam pertahanan dan keamanan negara sangat jelas dan terarah.

“Anggaran pertahanan dinaikan 2 persen memang sudah menjadi program jangka panjang pemerintah sejak dulu, namun kenyataannya anggaran itu baru mencapi 0.8 persen,” kata Hasanuddin.

Tidak hanya itu, peningkatan anggaran pun akan difokuskan melalui pengembangan produksi alutsista produksi dalam negeri yang berpotensi besar untuk memproduksinya sendiri.

“Kita punya PT Pindad, PT DI, PT PAL, LAPAN, dan masih banyak lagi perusahaan yang siap memproduksi Alutsista di dalam,” jelasnya.

Dengan begitu, negara bisa melakukan efisiensi anggaran, bahkan keuangan bisa berputar di dalam negeri sendiri. Jika sudah begitu, maka akan menghasilkan nilai tambah bagi perekonomian dalam negeri.

Menurutnya, Alutsista modern saat ini sangat dibutuhkan untuk mengganti persenjataan yang telah dimakan zaman. Pengadaan Alutsista juga saat ini sedang dilakukan dengan pengawasan dan berdasarkan kebutuhan.

“Sekarang tinggal bagaimana rencana tersebut terwujud. Tentu syaratnya jangan ada kebocoran,” katanya.(fokusjabar.com)

243 KOMENTAR

  1. para penunggu warjager telah mendapat informasi bahwa SBY melakukan MODERNISASI besar besaran jauh lebih besar dari pada era trikora…

    lalu ada kata kunci bahwa………… TERLEPAS SIAPAPUN PRESIDENNYA, program modernisasi SBY telah DIPASTIKAN akan berlangsung… dan delivery nya sampai 2019… nah jaman kepemimpinan siapa itu ya….

    semoga saya salah….
    kalau saya mengatakan nanti jokowi bilang modernisasi adalah konsep dia…
    YAHHHH….. kita sudah tahu factnya lah…
    tapi suara kita akan kalah suara di banding gerbong mass media punya jokowi..

    pemerintahan solo jokowi terkenal suka menyalahkan bawahan kalau ada kesalahan.. dan kalau ada prestasi adalah prestasi dia bukan staf…
    http://www.youtube.com/watch?v=h7GflGwJBfA

  2. Kalau yang bicara anggaran pertahanan bukan langsung dari Jokowi atah JK .. lebih baik dengarkan saja karena itu hanya sekedar wacana menarik perhatian publik saja …

    Banyak yang memuji-muji SBY …. tetapi tahukah anda bahwa pengelolaan ekonomi SBY adalah yang paling parah amburadulnya. ZTahukah anda bahwa Team ekonomi SBY sebenarnya sejak tahun 2011 mengajukan usulan langkah-langkah reformasi ekonomi hingga tahun 2014, terutama mengenai masalah subsidi energi (BBM dan Listrik) … tetapi sayangnya ..semua usulan yang bagus tersebut di tolak mentah-mentah oleh SBY demi faktor pencitraan … Akibatnya, saat ini, ketika terjadi krisis, ekonomi kita, terutama APBN dan neraca pembayaran, menjadi carut marut akibat subsidi energi yang makin besar sedang dipihak lain pajak berkurang secara significant. Walaupun rezim SBY kemudian membuat hutang secara gila-gilaan, tetapi tak ada efek positif sama sekali bagi negara ini … infrastruktur tambah hancur, tak ada stimulus ekonomi, produksi pertanian dan pangan menurun drastis, import makin menggila, inflasi makin tinggi sehingga makin banyak rakyat yang menjadi miskin …

    Dalam situasi tersebut di atas, sungguh sulit bagi Jokowi dan JK melakukan pperbaikan ekonomi negara, yang yang dijanjikan karena mereka berdua harus melakukan pekerjaan cici ppiring dan gelas di 2 tahun pertama akibat pesta-pora yang tidak bertanggung-jawab dari SBY dan para menterinya ….

    • Belum bekerja sudah mengeluh….
      Kalo sudah tau ekonomi carut marut, dan kebagian cuci piring, kenapa mencalonkan diri jadi presiden.?
      Bukankah lebih baik jadi gubernur saja, sehingga tidak mengambil resiko skala nasional. Jadi presiden
      RI itu pekerjaan yg tidak ringan, harus bisa mengakomodasi keinginan seluruh rakyatnya yg berbeda suku.
      Kebiasaan dari masyarakat kita selalu menilai dari sisi buruknya saja, tanpa mau menimbang sisi baiknya.
      Mohon bila menganalisa berdasarkan data, bukan berdasarkan sentimen personal. Kalo anda katakan
      ekonomi jaman SBY amburadul parameternya apa saja, tolong dijabarkan biar kita semua mengerti. Perlu
      anda pahami juga salah satu penyebab tingginya impor adalah akibat pola hidup konsumtif masyarakatnya
      yg selalu bangga akan barang impor.
      Lalu infrastruktur hancur, parameternya apa saja yg anda tahu sehingga dapat kesimpulan seperti itu, jelaskan.
      Kalo anda adalah pendukung dari presiden terpilih, tidak perlu anda menghina hasil kerja presiden terdahulu.
      Indonesia bisa maju dan rakyatnya makmur tidak juga bisa dicapai dalam 10 tahun kedepan oleh presiden
      terpilih sekarang. Semua perlu proses bung Tupai Terbang. Rakyat sudah lebih cerdas menilai pemimpinnya
      berhasil atau tidak, karena seluruh rakyat Indonesia yg merasakan langsung, bukan segelintir Tupai2 yg hanya
      bisa mengeluh dan mencaci tanpa mau terlibat utk kemajuan bangsanya.
      Salam NKRI

      • udah terlihat kok hasilnya dari pileg …sebaiknya anda interpeksi diri,cuci muka dan liat keluar jendela rumah indonesia..sebagian komen aku udah mewakilinya apa perlu dibahas dari semua prestasi kinerja minusnya mulai dari infrastruktur,hukum,ekonomi,politik luar negri..,dan alusista bekas..udahlah terima aja kritik @tupai terbang

        aku kasih contoh ,,lancang sekaliii mulut si upil berani menghina usman harun yg mana perdana mentri lie ky maafkannya zaman pak harto tapi mereka lancang mencaci pahlawan bangsa ini lagi dan ikut campurrr terusss…mudek si upil ,,pengen tangan kanan atw kiri bangsa upil ini, dan ia diaaam saja.,belum lagi malon,sonara,arab saudi ..,arab ssaudi ini bikin pusing ,,,terusss siksa putra -putri indonesia yg bekerja di negaranya..jadi tempe juga si abdullah ini…,diaaaaam jugga ahhh cukup dah
        prestasi yg bgs adalah penyelnggaran pilpres tahun ini ,itupun klu ngak ada ….! waktu yg jawab

        ssr lgiii

    • ngoahahaha……ngoahahaha, bukannya mereka sdh tahu kondisi ekonomi RI?? kalau takut tantangan gak usah nyalon bung walang kopok (sebutan tradisional untuk tupai terbang di daerah saya)…tipe pemimpin yg mengeluh biasanya akan menyalahkan bawahannya, pendahulunya dan alam kalau ada masalah…ngoahahaha…..

    • kok pada emosi semua ya?

      dari dulu saya udah bilang pemerintah dalam kondisi ‘kram otak’, bukti terakhir, solar bersubsidi akan dibatasi.
      padahal ini digunakan truk pengangkut sembako, bis kota / antar kota (pengguna mayoritas rakyat menengah ke bawah) dan nelayan.
      sementara sedan2 mewah mau beli premium bersubsidi gak dibatasi ?
      mending membatasi solar bersubsidi atau premium ?

      rakyat harus ngakak atau nangis lihat situasi seperti ini ?

      yang tanggung jawab atas semua ini siapa lagi kalau bukan mantan menko perekonomian ?
      (yang masih milih dia sama aja gak ngerti permasalahan, malah mungkin lebih parah)

      yang bilang sulit ‘kan bung TT, saya yakin bagi JK akan mudah mengurai kemacetan ekonomi saat ini.
      mudah karena memang permasalahannya gak sulit – cuma yang ngurus pada kram otak semua…
      (atau bermain api dengan mafia minyak dan benar2 terbakar…)

      harga BBG per liter setara premium rp 3,100 – siapa suruh bikin mangkrak program konversi BBG ?
      mafia minyak ?

      harap diingat negara2 asean juga tanpa subsidi bbm dan para pemimpinnya tidak terobsesi pencitraan,
      http://kotabumi-lampura.blogspot.com/2013/06/7-negara-asean-yang-tak-sediakan-bbm.html

      • berita terbaru;

        Ekonomi Indonesia hanya mampu tumbuh 5,12% pada kuartal II-2014. Bila melihat secara tahunan atau year on year (yoy), capaian ini merupakan yang terendah sejak 2009.
        ‘Secara yoy, terendah sejak 2009,’ ungkap Suhariyanto, Deputi Neraca dan Analisis Statistik Badan Pusat Statistik (BPS) di kantor pusat BPS, Jakarta, Selasa (5/8/2014).

        kemarin APBN dipotong 100 T sebagai talangan subsidi bbm, jika semua dana digelontorkan untuk subsidi bbm, semakin sedikit sisa dana untuk membangun (infrastruktur dsb), semaik sedikit pembangunan prasarana, ekonomi akan sulit tumbuh…

      • subsidi bbm menyebabkan harga bbm indonesia menjadi yg termurah di asean, makanya banyak terjadi penyelundupan, contoh ke singapur, malaysia n timor leste, subsidi boleh tapi kalau sudah sampai 250 triliun per tahun benar benar memberatkan apbn, subsidinya 100 triliun aj, d hapus jg gpp biar biofuel bisa dipakai sbg subtitusi

  3. Maksud dari bung admin disini mau memberikan info tentang anggaran pertahanan 2014-2019 presiden terpilih sementara(nunggu oktober 2014). Mending kita fokus diskusi ke rencana apa saja yg mau di anggarkan dgn 2% trsebut?? Mungkin ada clue dari sesepuh mengenai anggaran sebesar itu??

    Sayang waktu kita kalo digunakan utk saling menghujat tentang presiden pilihan masing2 dari teman2 warjager, yg ada cuma menguras emosi dan tenaga.. saya yakin teman2 disini masih jauh lebih dewasa & pintar dlm berkomentar di banding komentar2 yg ada di artikel media2 sebelah yg bikin muak membacanya karena saling menghujat tanpa dasar yg isinya hanya caci maki belaka..

    Hayoo para sesepuh mungkin ada cluenya knp bisa keluar angka 2%?? Mau di borong apa aja ntu anggaran segede gitu yah kira2?? ????????????

      • Salam kenal juga bung tom.. kira2 dgn anggaran 2% enaknya ngeborong apaan yah bung tom? atau temen2 & sesepuh ada clue utk renstra 2014-2015?? Kayanya bung admin kudu ngbuat artikel yg ngebahas renstra apabaja yg harus di belii 2014-2015.. kali aja presiden or menhan terpilih. (Siapa pun presidennya) ngebaca nih warung & bisa jd referensi..huehehe.. biar adem lg nih warung

        *Colek bung jalo, bung yayan, bung satrio, bung nara & sesepuh yg lainnya yg ga bisa disebut
        Maaf kalo

        • wahh saya gk berani ngehayal mas AL takut sakit hati..hehe…tp saya percaya itu semua udh d persiapkan Kemhan dan TNI..di pemerintahan sy mengharapkan kontribusi pk JK dlm pengadaan Alutsista dalam negri. inget waktu jd wapres memerintahkan PT.PINDAD ..”buat dulu pansernya, kualitas ditngkatkan belakangan, bagaimana BRI siap kasih dana?”…nah kepercayaan dan semangat utk mendorong industri Alutsista dalam negri spt ini yg saya ingin lihat besok2. Mudah2 an besok pk JK ngomong..” Kau tidak usah pikirkan dana. Itu tugas pemerintah..tugas kau adalah membuat senjata yg canggih…”..IMHO

  4. Setuju mas Preman…sedih ya liat rekan2 disini selalu berburuk sangka, mencaci, dan mencari kejelekan orang. Kita hrs ambil pengalaman dr perlakuan kita kpd pak SBY. dr awal dijelek2in trus terakhi2 malah di puji2. maksud saya kita kasih kesmpatan dulu kpd Presiden terpilih utk bekerja.dan martabat Kepresidenan hrs di jaga krn merupakan Lambang Negara. Nnti kelakuan kita yg selalu mencaci pemimpin kita dicontoh negara tetangga, kita marah… kalau kita tdk hormat gmana orang lain mau menghormati { Presiden kita } ?

  5. Ngomongin capres gada abisnye..lagian juga blm final dah gembar- gembor..putusan nanti nunggu di MK…bijimane klo tar putusan MK menangin PRABOWO..?? Ntar pendukung fanatik JOKOWI gmn..??? Bisa perang sodara nih negara lama-lama..!!! Santai az kaleee..kite do’ain semoga pemimpin yg baik,jujur,amanah & pro rakyat yg mng..!!! Dan klo emang berbuat curang do’ain biar kalah..!!! Amiin yaa rabb, engkau maha tau & engkau maha melihat,berikan kami pemimpin yg jujur,amanah yg pro rakyat,jgn engkau kasih negeri ini pemimpin yg buruk ahlaknye..!!! Semoga nih doa di qobul..!! Amiiin..!!!

    ….NKRI HARGA MATI…

  6. Saya jd tertawa dalam hati sambil mencoba tetap berfikir positif….. kemarin team pak TB sering memperolok dan mentertawakan kata2 kebocoran (menirukan iklan cat pelapis anti bocor)…bocoorrr…bocoorr… skrg pak TB berusaha menyakinkan kita memang benar terjadi kebocoran, tolong usahakan ditambal yg rapih ya pak supaya kebocorannya tidak semakin melebar….hehehe

  7. Nampak kali kalau disini banyak barisan sakit hati aka kwik kian gie dan pro suryadi…

    Jokowi berangkat dari permintaan daerah.. jadi wajar politikus elit getar getir… kebetulan aza partainya pdip…

    Saya juga awalnya ga suka jokowi masuk pdip… tapi dari pada keluarga cendana… haduh… sudah cukup dah… dah kenall kita.. jangankan jaksa agung, ibu tien aja ditembak.

    • Salam kenal @bung BHL,, biar ga nambah yg sakit ati, nyok ngebahas alutsista lg.. kira2 menurut bung BHL alutsista mana lg nih yg kudu di beli lg? Kan semntara budget udah jelas tuh 2%.. untuk 3 matra yg ada, kalo menrut bung BHL perlu atau ga adanya skala prioritas yg harus di beli? Untuk TNI AL,AD & AU?? Mungkin bung BHL bisa kasih pencerahan..huehehe

    • Sebenarnya saya berkeinginan, sesuai ketetapan undang2 yg disahkan wakil2 kita dari seluruh Indonesia, Bahwa : “seluruh alokasi anggaran pos pertahanan harus dihabiskan, dibagi-bagi, dan dinikmati sesuai hukum perundang2an kepada rakyat Indonesia sendiri. Tidak ada namanya beli senjata dari luar negri. Kecuali terpaksa, itu pun harus tot.

      Jadi tenaga ahli sampai sampai cleaning servis nya asli dagadu. Apa sih yg ga bisa kita buat kalau ada dana???

      Dan yg paling realistis bagi saya, yaitu alokasi prioritas primer dephan adalah nano satelit yg bermanfaat tidak hanya bagi militer tapi juga sipil. Tidsk usah numpang roket india, tapi silahkan habiskan anggaran buat roket angkasamya bung jalo. Aq ra popo asal jangan bocor ke luar.

  8. Mari kita kawal saja pemerintahan baru yg akan terbentuk pada oktober nanti terlepas siapapun yg akan menjadi presiden krn seorang presiden tidak akan mampu mengubah negara ini seorang diri perlu dukungan dri kita semua agar kita menjadi negara yg lebih makmur dan maju kedepannya…saatnya kita bersatu lagi atas nama NKRI

  9. Di MEF I pak SBY kasih anggaran diluar APBN sebesar 150T. Kira2, di MEF II nanti, kalo pak wowo jadi presiden, dikasih berapa anggarannya ya? ada yg bisa kasih pencerahan ?…soalnya di kampanyenya dan juga di artikel di atas tdk dibahas..

  10. aah ko warjager skarang pada kompanye sih, kan pilpres udah selesai.. siapapun yg jadi pemimpinnya yg penting amanah aja.. malah saling hujat 🙁
    pokonya alutsista harus hebat, lanjutkan program yg sudah ada atau menguatkan atau melapilisi atau memperkuat dan semuanya sah sah saja, yg penting tidak lagi terjajah dari segi apapun dari pihak asing. buat bumn, minimal pertamina bisa bersaing sama exon

  11. siapapun presiden nya sangat sulit realisasikan 2%PDB utk hankam, duitnya mo darimana? … pajak ? pajak bumi bangunan naek terus, kasian dong rakyat yg sdh berjuang banting tulang cari nafkah, ane jadi kepikiran berapa rakyat jaman kolonial kena pajak utk londo penjajah? , takutnya besaran pajak nya gak beda jauh !
    ekspor impor selisih nya gak besar! mampukah kita kurangi konsumsi impor?
    hasil laut … mampukah berantas illegal fishing?
    hasil tambang … adilkah bagi hasilnya?
    kebocoran anggaran … mampukah distop? dst dsb dll
    presiden sebaik apapun tetap hrs didukung semua elemen bangsa utk membuat bangsa ini menjadi besar, mandiri, sejahtera dan tidak gentar menghadapi negara lain … semoga

    • Setuju bung Den [email protected] teringat diskusi di artikel sebelumnya mengenai “sumber dana moderenisasi ….”, ada banyak sumber dana yg potensial yg bisa digunakan untuk kepentingan Hankam maupun kesejahteraan rakyat, tp terganjal pada oknum2 “pembawa amanah” rakyat itu sendiri,

      Besar harapan presiden kedepan dengan tagline “revolusi mental” itu mengikut sertakan para pembawa amanah rakyat juga, agar benar2 bisa membawa “amanah rakyat” ini untuk kemajuan Bangsa tercinta ini. (Maaf , koreksi jika saya salah)

  12. Pak Jokowi kalau ngga cocok sama Leo, aku ro popo….tapi AD dibeliiin Apache E! Yang ADA huruf E dibelakang Apache…at least 80 biji! Buat ngancurin tank pendekar maloy di Kalimantan + melindungi infantryman + menuntun F 16 block 52 ID gebom sasaran darat/laut

  13. Bung @AL, saya usulkan TNI harus mulai mengoleksi alutsista yg bisa menggetarkan BUKAN MENGGELIKAN bagi musuh potensial dan kalau bisa diproduksi di dalam negeri meskipun tetap harus kerjasama lisensi atau sharing. Utk AU : radar aktif dan pasif serta S300/S400. Pesawat patroli perlu ditambah UAV, Pemukul SU35. Utk AL : Kapal selam Diesel dan Midget, KCR40/60, destroyer dan cn235 MPA serta satuan pemukul SU34, membentuk batalion2 marinir dng senjata lengkap dan terbaru disetiap perbatasan yg ada lautnya. Utk AD : Apace/MI35, Astros, Nexter, RHAN dan DF21 serta batalion mekanis di daerah separatis/teroris papua. Jadi sebagai orang awam (maklum hanya pedagang ayam di pasar) bermimpi TNI dilengkapi alutsista yg MENGGETARKAN bukan yg MENGGELIKAN thd musuh potensial. Jayalah NKRI menuju NUSANTARA Jilid 2.

  14. Bung AL salam kenal.. menurut pendapat saya anggaran militer sebesar 2% ato sekitar 200 triliyun bisa kita gunakan untuk empat prioritas seperti 1. Untuk menambah anggaran riset dan pengembangan alutsista buatan dalam negeri. 2. Sesuai dengan visi misi jokowi untuk menjadikan negara indonesia menjadi negara poros maritim dunia dan sesuai juga dengan jati diri bangsa kita yang merupakan negara kepulauan maritim yang berbatasan dengan dua samudera yang menurut sejarah nenek moyang kita dahulu terkenal dangan kekuatan maritimnya yang sangat kuat, maka saat ini kita sangat butuh kekuatan pada angkatan laut kita. Menurut saya ada beberapa lapisan kekuatan yang harus kita miliki di laut mengingat begitu luasnya wilayah laut kita. Untuk wilayah perbatasan di laut dijaga kapal perang jenis destroyer dan kapal selam jenis kilo class ( ada yang mengatakan kapal selam kilo tidak bisa beroperasi di laut indonesia yang dangkal, itu salah karena di teluk persia yang lebih dangkal lautnya dari laut kita kapal selam kilo class iran bisa beroperasi bahkan kapal selam nuklir amerika pun beroperasi di sana). Untuk lapisan kedua di jaga kapal jenis fregat, korvet dan kapal selam jenis changbogo dan terakhir untuk lapisan ketiga atau di wilayah pantai dijaga jenis kapal cepat pembawa rudal dan torpedo, dan speadboat berkecepatan tinggi berpeluncur roket dan membawa rudal manpads ( jangan anggap remeh speadboat berpeluncur roket, masih ingat dengan taktik sea skimming pada rudal untuk menghindari radar..?! Liat seberapa tinggi speadboat. Pada tahun 2012 sebuah kapal perang israel hancur terbakar karena roket yang diluncurkan dari speadboat hamas). Dan lapisan terakhir menggunakan rudal dari darat ke laut. 3. Pertahanan udara . Selain kekurangan pesawat tempur yang tidak kalah penting adalah kita kekurangan bahkan belum punya rudal pertahanan udara jarak menengah dan jauh. Selama ini militer kita hanya punya pertahanan udara jarak pendek yang tidak sanggup mengghadapi pesawat tempur modern dan rudal balistik. Untuk rudal pertahanan udara jarak menengah kita butuh seperti rudal jenis buk sedangkan untuk jarak jauh kita butuk rudal jenis s300. Saya dengar pak jokowi berencana akan membeli pesawat tempur buatan eropa. Selain pesawat tempur dan rudal kita juga butuh uav dan radar. Pak jokowi sudah berencana akan membeli uav untuk kegunaan berbagai misi. Uav sangat penting karena memiliki banyak fungsi salah satu fungsinya selain memata matai adalah Uav bisa digunakan pada berbagai jenis medan tempur seperti di laut, di udara di kota, di hutan dan anti perang geriliya. Uav juga memiliki kelebihan memiliki kamera yang bisa memantau daerah ratusan kilometer sangat cocok untuk anti ilegalfishing. Uav bisa menghancurkan helikopter, tank dan lain lain. Untuk jenis uav menurutku kita sebaiknya membeli uav buatan iran karena selain membeli kita juga akan dikasih ToT teknologi uav . Iran sudah transfer teknologi uav nya kenegara seperti venezuela dengan uav mohajernya dan rusia dengan scaneagelnya. Saya dengar iran berencana akan menjual uav shahed 129 yang memiliki jangkauan 1700 km daya tahan terbang 24 jam dan irit bahan bakar sejam cuma 33 dollar . Untuk radar kita sangat kekurangan. Kedepan saya harap kerjasama lipi dan iran terus berlanjut semoga kita dapat ToT radar jenis matla ul fajr yg memiliki jangkauan 487 km, radar pasif alim, radar ghadir yg baru buatan iran yg memiliki jangkauan 1100 km dan ketinggian 300 km ato radar sepehr yg memiliki jangkauan 2500 km – 3000 km. 4.yg terakhir kita butuh kemampuan persenjataan jenis rudal jelajah dan rudal balistik.

    • kalau dari saya sederhana saja, karena hobi main game war , saya lebih cenderung berpendapat 1% untuk membangun research and development center of defense di Indonesia, dan 1 % nya meneruskan program pak SBY. karena dari metro tv yang saya lihat tgl 4 kemarin malam tentang geliat industri pertahanan Indonesia memang sangat perlu Indonesia membangun research and development yang terpadu, kalau bisa kita buat yang teknologinya tinggi, tak perlu modernisasi lagi tapi harus melakukan kuantum pertahanan,secara pribadi saya bosan melihat bentuk teknologi militer yang itu itu saja_ya karena pengaruh game war oot..
      salam

  15. Bingung..negara kita pake demokrasi pancasila apa demokrasi liberal..maap terkadang..elite2 negara seperti produk dalam negeri..suka made in luar..kalu gak produk luar kayak gak trend…kwatir nya kita dah kebablasan niru2 sono..mau ditiru tapi gak ngerti..paksain aja..maap…komentar rakyat jelata..

  16. Sebenarnya pesan pak jokowi soal leo.. adalah dia ingin membanggakan proyek Pak JK soal kemandirian alutsista dengan terciptanya anoa.. karena ketidaktahuan dia soal alutsista, dia pikir peran leo bisa digantikan dengan semodel anoa yg bisa dibuat sendiri.. itu cuma kesalahpahaman..

  17. melu urun sworo:menurut pendapat pribadi aku,pilih satu tao dua…pastinya semua ada kurang lebihnya,yang membedakan hanyalah pola pikir & asal jati diri.
    bila no-satu terpilih maka indonesia akan berkiblat pada blok barat tapi bila no-dua yang terpilih maka akan berkiblat pada blok timur & bila no-satu tao dua bicara tentang nasionalisme..biarlah lembaran sejarah yang membuktikan kebenarannya.dan coal bpk SBY..dimana partainya yang dihancurkan oleh kader22nya sendiri(KKN)patut di apresiasi atas segala upayanya dlm membangun armada perang TNI,bahkan melebihi kejayaan masa bung KARNO..

  18. Kalo menurut saya pribadi, artikel diatas menyesatkan karena antara judul dan isi tidak ada sangkut pautnya. Judulnya tahun 2014 ada kenaikan anggaran, tapi isinya tidak ada yang menyebutkan tahun 2014 ada kenaikan anggaran. isinya cuma menyebut akan ada kenaikan sebesar 2% tapi tidak jelas tahun berapa dan ada menyebut 2% untuk rencana jangka panjang (berarti untuk rencana 25 tahun kedepan). maaf kalo saya keliru.

    • Mohon maaf sebagai gambaran saja bro :

      PDB Indonesia tahun 2013 sebesar 878 miyar dollar AS, = 10.184 trilliun …( Rp. 11.600 / 1 usd ),
      0,8% PDB = 81,4 trilliun rupiah …untuk anggaran TNI – 2014 ( gaji, belanja rutin, dll sekitar 45 trilliun rupiah )……..
      artinya tahun anggaran 2014 TNI punya spare anggaran Alutsista sekitar 36 trilliun rupiah .

      * Jika tahun 2014 PDB naik 7% berarti = 10.896 trilliun,.. 2% = 217,9 trilliun …. dibulatkan = 218 trilliun rupiah ….

      * maka Anggaran 2015 = 218 Trilliun Rupiah ….( anggaran rutin,gaji,dll naik 10% = 50 trilliun)
      berarti tahun anggaran 2015 TNI punya spare anggaran Alutsista 168 Trilliun Rupiah

      * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2015 = 168 Trilliun Rupiah )

      * Jika tahun 2015 PDB naik 7% berarti = 11,658 trilliun,.. 2% = 233 trilliun …( belanja rutin + gaji 55 trilliun rupiah )
      berarti tahun anggaran 2016 TNI punya spare anggaran Alutsista 178 Trilliun Rupiah

      * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2016 = 178 Trilliun Rupiah )

      * Jika tahun 2016 PDB naik 7% berarti = 12.474 trilliun,.. 2% = 250 trilliun …( belanja rutin + gaji 60 trilliun rupiah )
      berarti tahun anggaran 2017 TNI punya spare anggaran Alutsista 190 Trilliun Rupiah

      * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2017 = 190 Trilliun Rupiah )

      * Jika tahun 2017 PDB naik 7% berarti = 13.347 trilliun,.. 2% = 267 trilliun …( belanja rutin + gaji 66 trilliun rupiah )
      berarti tahun anggaran 2018 TNI punya spare anggaran Alutsista 201 Trilliun Rupiah

      * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2018 = 201 Trilliun Rupiah )

      * Jika tahun 2018 PDB naik 7% berarti = 14.281 trilliun,.. 2% = 285 trilliun …( belanja rutin + gaji 73 trilliun rupiah )
      berarti tahun anggaran 2019 TNI punya spare anggaran Alutsista 212 Trilliun Rupiah

      * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2019 = 212 Trilliun Rupiah )

      ======================================================================================

      * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2015 = 168 Trilliun Rupiah )
      * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2016 = 178 Trilliun Rupiah )
      * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2017 = 190 Trilliun Rupiah )
      * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2018 = 201 Trilliun Rupiah )
      * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2019 = 212 Trilliun Rupiah )
      ================================================= ( + )
      * ( ANGGARAN MEF II ( 2015 – 2019 ) = 949 Trilliun Rupiah )

  19. Mohon maaf sebagai gambaran saja bro :

    PDB Indonesia tahun 2013 sebesar 878 miyar dollar AS, = 10.184 trilliun …( Rp. 11.600 / 1 usd ),
    0,8% PDB = 81,4 trilliun rupiah …untuk anggaran TNI – 2014 ( gaji, belanja rutin, dll sekitar 45 trilliun rupiah )……..
    artinya tahun anggaran 2014 TNI punya spare anggaran Alutsista sekitar 36 trilliun rupiah .

    * Jika tahun 2014 PDB naik 7% berarti = 10.896 trilliun,.. 2% = 217,9 trilliun …. dibulatkan = 218 trilliun rupiah ….

    * maka Anggaran 2015 = 218 Trilliun Rupiah ….( anggaran rutin,gaji,dll naik 10% = 50 trilliun)
    berarti tahun anggaran 2015 TNI punya spare anggaran Alutsista 168 Trilliun Rupiah

    * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2015 = 168 Trilliun Rupiah )

    * Jika tahun 2015 PDB naik 7% berarti = 11,658 trilliun,.. 2% = 233 trilliun …( belanja rutin + gaji 55 trilliun rupiah )
    berarti tahun anggaran 2016 TNI punya spare anggaran Alutsista 178 Trilliun Rupiah

    * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2016 = 178 Trilliun Rupiah )

    * Jika tahun 2016 PDB naik 7% berarti = 12.474 trilliun,.. 2% = 250 trilliun …( belanja rutin + gaji 60 trilliun rupiah )
    berarti tahun anggaran 2017 TNI punya spare anggaran Alutsista 190 Trilliun Rupiah

    * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2017 = 190 Trilliun Rupiah )

    * Jika tahun 2017 PDB naik 7% berarti = 13.347 trilliun,.. 2% = 267 trilliun …( belanja rutin + gaji 66 trilliun rupiah )
    berarti tahun anggaran 2018 TNI punya spare anggaran Alutsista 201 Trilliun Rupiah

    * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2018 = 201 Trilliun Rupiah )

    * Jika tahun 2018 PDB naik 7% berarti = 14.281 trilliun,.. 2% = 285 trilliun …( belanja rutin + gaji 73 trilliun rupiah )
    berarti tahun anggaran 2019 TNI punya spare anggaran Alutsista 212 Trilliun Rupiah

    * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2019 = 212 Trilliun Rupiah )

    ======================================================================================

    * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2015 = 168 Trilliun Rupiah )
    * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2016 = 178 Trilliun Rupiah )
    * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2017 = 190 Trilliun Rupiah )
    * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2018 = 201 Trilliun Rupiah )
    * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2019 = 212 Trilliun Rupiah )
    ================================================= ( + )
    * ( ANGGARAN MEF II ( 2015 – 2019 ) = 949 Trilliun Rupiah )

    Kita yakin apa yang pernah diinformasikan di Forum ini oleh Bung Jalo, Bung Yayan, sesepuh yang lain
    pasti bisa tercover …

    sangat wajar jika TNI akan segera melengkapi diri dengan tambahan tambahan :

    2 skuadron TYPHOON = 36 pesawat tempur TYPHOON
    2 skuadron RAFALE = 36 pesawat tempur RAFALE
    2 skuadron SUKHOI – 35 = 36 pesawat tempur SUKHOI-35
    ==============================================
    ( pengadaan tahun 2015 – 2019 ) 108 pesawat tempur baru

    kalau toh harga rata rata pesawat tempur + persenjataan komplit + sparepart per unit ( @ 1,1 Trilliun )
    jika dijumlah cuma 119 Trilliun Rupiah ….. weleh weleh kecil bro … hehehe ……. tuh anggaran 949 Trilliun …
    masih sisa 830 Trilliun ….

    WAH WAH WAH …..bisa jadi NKRI akan terkuat di kawasan Asean + Australia ….. BRAVO…BRAVO…BRAVO ……

    jika perlu bisa ikut beli F-35 tuch sekalian 2 skuadron ( 36 unit + persenjataan komplit + sparepart )
    paling juga @ 1,35 trilliun atau total = 50 Trilliun Rupiah …tuh anggaran masih 830 Trilliun – 50 T = 780 Trilliun Rupiah..

    hehehe pengadaan pesawat tempur tahun anggaran 2015 – 2019 bisa total 144 pesawat tempur baru …………………..
    BYUH…BYUH …BYUH …….pasti dach Asean + kawasan sekitar jadi menunjuk Indonesia sebagai SAUDARA TUA…

    itu masih sisa 780 Trilliun …….. ini bisa pesan industri alutsita dalam negri + import dengan Transfer of Teknologi

    750 panser ANOA Pindad …..
    50 unit KCR 40 ….
    50 unit KCR 60 ……………..
    10 KS KILO / ARMOUR …….
    10 Kapal Destroyer ………
    15 kapal Fregart …….
    100 kapal patroli …………………
    10 LPD / LST ……
    1000 rudal YAKHONT + ToT………..
    1000 rudal C.705,803,805 1000 biji + Tot ………..
    1000 rudal ecoxxet block II/III 1000 biji + Tot
    10 batery BUK 2 MK
    10 batery S-300/400
    ============================== dan panjang lagi bro … + biaya perawatan dan operasional alutsita sdh okey…

    BRAVO NKRI….. BRAVO TNI

  20. udah lah bung cakra si jet kagak usah di dengerin dari pertama diamah kong kali kong sama sennopati palsu, bikin ribut disini, jkw fansboy masuk ke formil yang kudunya militer fansboy jadinya kagak nyambung kecuali jkw suporter baru nyambung. orang pada ngga ngerti kalo ada percepatan mef omongannya bung nara kagak pernah di catet. udah saya kasih tau pertama di atas plus plus eh di terusin aje, payah

  21. Usulan rakyat jelata seperti saya : BELI/BUAT ALUTSISTA YG MENGGETARKAN bukan YG MENGGELIKAN (seperti alat penggeli saja, xixixixi) walaupun dimulai dari sedikit demi sedikit, karena pengalaman saya kumpul dengan para preman di pasar, mereka segan dan hormat krn kita punya senjata/jurus andalan, meskipun senjata/jurus tsb belum pernah saya gunakan. Mungkin ada persamaannya dng alutsista, mungkin lebih banyak tidak samanya. maklum hanya pendapat pedagang ayam.