Anggaran Tambahan untuk TNI AL

36
74

image

Nay Pyi Taw – Program poros maritim dunia yang digaungkan Presiden Joko Widodo menimbulkan konsekuensi terhadap pertahanan laut. Karena itu, ke depan anggaran TNI AL akan ditambah guna menunjang hal ini.

“Harus (ditambah), tapi saya belum sampai ke jumlah berapa. Iya wajib dong kita teriak-teriak poros maritim, masa anggarannya nggak,” kata Jokowi saat jumpa pers di Hotel Hilton, Nay Pyi Taw, Myanmar, Kamis (13/11/2014) malam.

Dalam lima pilar doktrin poros maritim dunia, Jokowi sudah menyampaikan akan memperkuat pertahanan laut. Hal ini penting, guna menunjang transportasi laut antar pulau dan antar kawasan.

Tak hanya itu, program poros maritim juga akan ditunjang dengan penambahan pelabuhan. Saat ini, Jokowi sudah merencanakan bakal membangun 24 pelabuhan di Indonesia dalam waktu 5 tahun ke depan. Tujuh di antaranya, bakal diprioritaskan di awal tahun. Karena itu, Jokowi gencar mencari investor, termasuk dari Tiongkok.

“Tiongkok yang maritim betul-betul pengin industrinya dan jalur suteranya mereka. Kedua, mereka ingin masuk ke jaringan kereta api. Sehingga kemarin diajak naik kereta api cepat salah satunya itu. Hebat, dalam 8 tahun bisa lebih dari 10 ribu km,” terangnya. (Detik.com).

36 KOMENTAR

    • Perbanyak radar pantai INDRA buatan anak bangsa, diseluruh pantai di Indonesia, sehingga tidak ada satupun kapal yang tidak terdeteksi. Tambah pangkalan AL dan kapal patroli di titik tertentu yang mudah menjangkau daerah pengawasan.
      Saya dengar KCR 40 mampu diproduksi 2 unit setahun di Galangan kapal Batam. Apabila ada 5 galangan yang buat, maka dalam satu tahun bisa dibikin 10 unit. Kalau ada 10 galangan akan ada 100 KCR 40 dlm MEF2. ngarep.com.

  1. Smoga kdpan kita tidak mendengar lagi berita tentang pelanggaran, pencurian yg dilakukan oleh pihak asing diwilayah kedaulatan nkri, walaupun ada saya mau dengar beritanya ” ada pesawat asing yg ditembak oleh tni, kapal yg ditenggelamkan oleh tni krna masuk nkri tanpa izin” kan senang dengarnya

  2. Hmmm Langkah pak Jokowi memanggiL investor China ini bisakah disebut “POWER BALANCE ECONOMIC” untuk perusahaan dari barat , untung saja ReLnya yang dikerjakan China jangan sampai Kereta apinya juga , tapi tetap ditekankan juga kepada pak Jokowi entah itu berupa MASUKAN atau KRITIKAN untuk mengutarakan “PAK KALAU MAU KUALITAS YA MEMANG MAHAL , JANGAN MAU MURAH KUALITAS MERAGUKAN DENGAN IMING2 KUANTITAS” insya ALLAH pak Jokowi baca ini . Jangan sampai keLaLen !!!

    • bung jobel, klo pks sih saya baru akan percaya lagi sekitar tahun 2045, habis gimana, presiden partai yang ustadz aja main sapi ?

      dubes AS bilang,
      “Kerjasama terkait pengawasan laut, bagaimana melindungi laut dari illegal fishing,”

      terjemahannya gak harus berarti kapal USN ikut ronda seperti pemahaman dr paonganan, terlalu naif.

      kapal2 USN cukup banyak yang dilengkapi FIST / fleet imagery support terminal, yang berfungsi menerima citra yang diambil satelit mata2 amrik seperti KH dan lacrosse ( dan ternyata satelit2 sipil merekapun dimanfaatkan seperti landsat dan spot, persis integrasi radar sipil – militer kohanudnas).

      pergerakan kapal2 nelayan (asing) disekitar zee RI dengan sendirinya ikut terpantau.
      bagi mereka masalahnya tinggal share data aja yang selama ini mereka simpan sendiri, bisa se-simple itu…

      http://fas.org/spp/military/program/com/fleet_ops.htm

      • Wah, jd ngomongin partai nya ya bung.saya teringat dulu ucapan pak kwik kian gie swwaktu masih jd kader partai merah, beliau malah bilang bahwa partai nya partai terkorup. Link nya silahkan cari di google.Tp itu dulu, gak tau skrg, mudah2ah sudah berubah, dgn logika yg sama, saya juga berharap bahwa pks yg skrg bisa lbh baik. Kasihan, cm gara2 perbuatan 2 org, citra partai nya jd rusak.
        Maaf kalau ada bung2 yg tersinggung dgn komentar saya.. Maaf sebesar besar nya

        • Jgn ustadz nya yg di garis bawahi dong bung.
          Ustadz juga manusia biasa sama seperti pemuka2 agama lain, jd tdk terlepas dari kekhilafan seperti nabi…
          Bukan berarti saya memaklumi perbuatan nya. Perbuatan nya ttp salah, terlepas ustad atau tdk. Kalau mnrt sy pribadi, pks atau partai lain, kalau ada yg korupsi, maka itu oknum nya yg jelek, bukan partai nya.
          Oke, terima kasih utk tanggapan nya bung danu.
          Wassalamualaikum…

        • maaf bung untuk ini saya berbeda, ustadz atau menteri agama adalah orang yang dihormati masyarakat secara khusus karena status mereka, dijadikan panutan, orang2 yang dimintai nasehat ketika ada masalah, yang memberi tausiah dan menghimbau kepada amar ma’ruf nahi munkar, jika mereka ini malah ikut berbuat tercela, kekecewaan masyarakat akan jauh lebih besar…

          selain itu pks juga memasang sendiri status partai
          dakwah…

        • Siap salah bung danu. Akan tetapi, ttp saja kan bung itu perbuatan oknum nya?
          Bukan kebijakan partai. Jd tdk elok sy rasa kalau kita malah menyalahkanpartai nya dgn mengatakan partai ono partai dakwah. Baik pdip atau pks itu perbuatan ooknum, bukan atas kebijakan partainya…

    • Lebih baik berita yang muncul dari opini partai politik atau pengikut berat salah satu partai politik bisa dicermati lebih lanjut. Saat ini terjadi saling serang antara 2 kubu di parlemen yang merembet menjadi mayoritas parlemen melawan minoritas parlemen plus eksekutif. PKS berada di salah satu kubu tersebut.

  3. setuju dengan bung PCM
    Dengan menggandeng Investor dari China, saya rasa sbgai BALANCE POWER banyaknya perusahaan BARAT di Indonesia, sehingga Indonesia tidak tepengaruh hanya oleh salah satu pihak, Namun saya perpendapat kita nantinya bisa mandiri dari Dalam Negeri dan diutamakan Investor dari Dalam Negeri,
    Untuk Proyek besar yang belum bisa tercover oleh PT dalam negeri OK, Namun jika sudah mohon agar diberi kesempatan Perusahaan lokal untuk menjadi pemegang proyek..

    Jayalah NKRI

  4. di jaman pak beye Nelayan kita kapalnya di ledakan oleh angkatan laut papu new guenea, para awak di paksa berenang dan 5 mati karena ke habisan napas, entah kasusnya bagaimana sekarang, bayangkan sekelas papua new guenea aja berani meledakkan kapal nelan, masa kita takut meledakan kapal nelayan asing, dan mohon pencerahannya terkait kasus peledakan kapal nelayan tersebut om om bagaimana sekarang kelanjutannya

  5. Hati2 dalam berdiplomasi dengan china dan negara asing ….Pemerintah dalam menggandeng Investor asing sebaiknya dikaitkan dengan tekanan bagi pemerintah yang akan diajak menjadi rekanan investasi agar mendorong pemberian TOT. Seperti contoh yang katanya ada pemberian TOT rudal C705 dan C802 aja sampai sekarang gak jelas lha lantas mau dikasih porsi bisnis bikin pelabuhan, kereta api, dst….dst…. Gaya diplomasi pemebrian hibah…kapal patroli…juga perlu dicermati dan dicurigai krn jangan2 Indonesia cuma dimanfaattin doang buat menjadi proxy

  6. Investor dari China boleh masuk dalam pembangunan infrasuktruktur poros maritim Indonesia, dengan syarat2 sbb :
    1. pastikan dan segera laksanakan terlebih dahulu produksi rudal C-705 di Indonesia.
    2. berikan kado buat TNI rudal SAM HQ-16 sesuai dgn kuantity/kuality yg dibutuhkan TNI.
    3. lengkapi pemenuhan radar maritim diseluruh Indonesia.
    4. syarat2 yg lain menyusul, tergantung kebutuhan.