Feb 242014
 
leo56

Leopard 2A4 Indonesia

Jakarta. Kementerian Pertahanan dan Kementerian Keuangan bertemu dalam rapat tertutup bersama Komisi I DPR RI, di Jakarta, Senin (24/2/2014). Dalam pertemuan tersebut perwakilan militer meminta tambahan anggaran untuk kontrak modernisasi alat utama sistem pertahanan negara (alutsista) tahun anggaran 2014.

Dari total pagu anggaran Kemenhan sebesar Rp 83 triliun, porsi alutsista mencapai Rp 16,7 triliun. Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro membenarkan pihaknya meminta usulan dana tambahan Rp 11 triliun.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani menyatakan pihaknya menolak permintaan Kemenhan. “Sudah dibilangin APBN tidak punya space untuk itu,” ujarnya selepas rapat.

Ditemui terpisah, Kemenhan mengaku usulan mendadak itu diklaim terpaksa diajukan akibat pelemah kurs. “Dolar naik. Berarti ada kekurangan. Itu yang kita minta. Tadi DPR kesimpulannya minta supaya kita pemerintah yg selesaikan itu kemenkeu, kemenhan dan Bappenas,” kata Purnomo.

Menhan mengatakan, kontrak modernisasi alutsista sudah terlanjur dilakukan dengan rekanan TNI di luar negeri sejak tahun lalu. Karena sistemnya tahun jamak, alhasil kursnya dipatok fluktuatif.

“Kontrak kan kita masih pakai kurs Rp 9.700, sekarang sudah Rp 12.000,” kata mantan Menteri ESDM ini.

menhan-22

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro inspeksi peserta Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara PNS Kemenhan (photo:Widodo S. Jusuf /Antara)

Jika Kemenhan ngotot ingin tambahan, Askolani menyerahkan sepenuhnya wewenang itu kepada menteri keuangan Chatib Basri. Apalagi dalam rapat hari ini, ada pula tambahan anggaran untuk pos kemenhan lainnya. “Nanti kita review saja di internal pemerintah”.

Purnomo pun menyatakan bakal membawa persoalan ini ke sidang kabinet. Persoalan kewajiban melunasi kontrak itu mendesak bagi target modernisasi alutsista. “Nanti kita bicarakan lagi dengan kemenkeu,” tandasnya.

Sesuai data Kemenhan, percepatan pemenuhan alutsista untuk tahun anggaran 2013-2014 mencakup seluruh matra, baik mabes, AD, AL, dan AU.

Beberapa alat yang didatangkan misalnya kendaraan taktis 4X4 sebanyak 332 unit, dijadwalkan datang tahun ini. Ada juga enam unit helikopter serbu, 8 unit pesawat tempur F-16, serta 37 unit Tank Amphibi BMP-3F. (merdeka.com)

  100 Responses to “Kemenhan Butuh Dana Tambahan Rp 11 Triliun”

  1. yang mau dibeli banyak tp uang g ada..
    hadewwww..

    • pusing yah…..??
      jangan besar pasak dari pada tiangnya.
      itu kata orang2 tua tempo dulu…
      xixixi

    • Dlm artikel sdh jelas disebutkan bhw tambahan anggaran digunakan utk menutupi selisih asumsi dollar thd rupiah saat kontrak ditandatangani dg nilai dollar saat ini. Jelas bukan masalah pemerintah punya uang atau tidak, ttp masalah mekanisme saja. Mekanisme munculnya APBN didahului dg usulan Rencana Kegiatan dan Anggaran Kementerian dan Lembaga (RKAKL) yg diusulkan oleh masing2 kementerian. Proses ini berlangsung hampir 1 tahun sblm APBN disahkan. Sehingga ketika Kemenhan tiba2 meminta tambahan anggaran yg tidak ada dlm RKAKL 2014 Kemenhan, maka wajar jika Dirjen Anggaran Kemenkeu menolak nya. Sekarang kebijakan penambahan anggaran tergantung Menteri Keuangan apakah menolak atau menyetujui dg konsekuensi mencari tambahan anggaran dr pos lainnya. Misalkan dr sisa anggaran dr kementerian lainya krn sdh jamak tdk semua kementerian sanggup menyerap 100% anggaran yg telah diprogramkan, atau menggunakan anggaran cadangan APBN 2014. Pak menteri keu pasti jauh lbh tahu.

  2. Baru saja disinggung.

    “Persoalan kewajiban melunasi kontrak itu mendesak bagi target modernisasi alutsista”

    Semua kontrak non rupiah murni sepertinya dilakukan dalam USD πŸ™ mungkin ke depan Kemenhan harus kerjasama dengan Kemperin atau Kemendag untuk pembelian alutsista. Kemenhan bayar rupiah dan Kementrian lain mengirimkan komoditi yang disepakati

    • sudah ditolak DPR om, apa mungkin karena gak dapat “jatah” makanya ditolak ya om…. Hehehehe…..

      1% dari 11 T, bisa buat kampanye di kutub utara tu…… πŸ™‚

      • sepertinya tidak kalo untuk anggaran pertahanan bung @desperado, soalnya isu hot dan diperhatikan banyak pihak. konon alasannya karena tidak ada lagi celah untuk perubahan APBN dgn nilai sebesar itu. Mudah2an ada solusi dari Menkeu, jangan sampai ada kontrak terhambat gara2 pelemahan rupiah

  3. lego je leopard ke keke

    • Iya nanti coba ditawari ke Polandia, mereka doyan koq Leopard dan lega bisa lepas dari Twardy πŸ˜‰

    • lego baju aja ke malas ya..
      xixixi..

      Menang Tender, Sritex Garap Pesanan Baju Militer Jerman dan Malaysia

      Editor : wijayanti
      SOLO – Pasca meninggalnya pendirinya, HM Lukminto, PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex) tetap berupaya untuk menjadi perusahaan yang profesional. Hal tersebut dibuktikan dengan raihan prestasi memenangkan tender pembuatan pakaian militer dari Jerman dan Malaysia tahun ini.
      β€œDengan kemenangan tersebut semakin mempertegas bahwa Sritex adalah perusahaan yang benar–benar profesional, kendati saat ini masih dalam situasi berkabung atas meninggalnya HM Lukminto,” ujar Humas PT Sritex, Basuki Saptono.
      Basuki mengatakan, tidak mudah untuk memenangkan tender, khususnya untuk seragam militer Jerman. Pasalnya, seragam militer Jerman terkenal sebagai seragam militer dengan spesifikasi yang tinggi dan paling sulit pembuatannya. Apalagi, dalam tender tersebut Sritex harus bersaing dengan perusahaan dari Eropa dan Asia.
      β€œSritex sudah menjadi supplier untuk kebutuhan militer Jerman dan Nato sejak tahun 1994. Dan pada saat itu kami sudah mampu memenuhi spesifikasi yang tinggi antara lain anti infra red. Sehingga, dengan memenangkan tender tahun ini Sritex terus memperkokoh posisinya,” ujarnya.
      Sedangkan untuk tender seragam militer dan pakaian pemerintah Malaysia, Sritex bersaing dengan beberapa pesaing dari Asia.
      β€œUntuk Malaysia, Sritex sudah menjadi pemasok seragam militer di negara tersebut sejak tahun 2010,” jelas Basuki.
      Adapun jumlah pesanan untuk ke dua negara tersebut adalah sebanyak 2,1 juta potong.

      http://www.soloblitz.co.id/2014/02/24/menang-tender-sritex-garap-pesanan-baju-militer-jerman-dan-malaysia/

  4. kurang uang Rp. 11 Trilyun, yang jadi pertanyaan :

    1.Kurang karena memang Kurs Dollar naik
    2.Kurang Karena ada belanja alusista baru diluar MEF 1 ATAU MEF 2 sehingga dana nya kurang
    3.Kurang Karena belanja alusista yang ga perlu tapi di beli juga sehingga mengurangi dana belanja alusista yang sudah terjadwal
    4.Kurang Karena situasi politik sekitar kawasan ( baca: abbot,singapure,PnG) yang sedang bergejolak sehingga di butuhkan daya tangkal secepatnya *(baca:penambahan alusista pengimbang)

    kalo saya berharap nomor 1 yang menjadi penyebab kurangnya dana belanja alusista.mungkin temen temen ada pendapat lain.thanks..

    • Saya masih inget pihak TNI atau Kemenhan yang ditanya mengenai program MEF dan kaitannya dengan pelemahan Rupiah. Jawabannya tidak terpengaruh karena semua kontrak sudah selesai. Jadi perkiraan anda mungkin benar.

      Atau, ini adalah beban pembayaran pembelian multi year tahun sebelumnya. Dan kontrak untuk pembelian dalam USD

      • eit jangan salah ini penambahan anggaran untuk APBN kan mendanai alutsista yang terprogram ditahun 2014
        Kalau dana MEF masih ada sekitaran 40 persen
        mosok diambilin dari dana mef
        hehehehe

        • ini berarti bukan krn kemenhan sudah kehabisan duit untuk beli alutsista dong bung satrio..?

          • ya iya lah buat pembelian alutsista
            ada dana APBN
            Ada dana MEF
            ada dana On Top
            tetapi kan semua sesuai dengan porsinya ,kalau disatu porsi sumber dana memang dirasa kurang yaa minta kan

            Bahkan pembelian satelit militer dari porsi kementrian lain
            pembelian early warning radar oth buat bakamla dari kementrian lain,

            doa ane semoga dana RnD alutsista masuk dianggaran pendidikan yang 20 persen dari apbn,

          • @bung satrio, pantesan ya bung dengan hanya porsi dana kemhan krg dr 1% bisa beli alutsista macam2. Lah sumber dananya banyak bgt. Cara pintar tuk mengakali dr pengawasan asing.

          • Dana pembayaran/angsuran pelunasan pembelian alutsista semuanya akhirnya juga diambil dari APBN, termasuk pembelian untuk MEF (dana untuk MEF termasuk juga dana KE yang diterima RI untuk membeli alutsista) …. Ingat dari Rp150 trillion dana untuk MEF 1, hampir 80% merupakan dana KE atau pinjaman ….

          • Tambahan komentar dari Bung Satrio di bawah juga cukup melegakan hati. Oh ya ada juga kasus di mana pemerintah suatu daerah membeli item (saya sebut item saja daripada alutsista biar nyambung) seperti helikopter atau kapal patroli yang kemudian di hibahkan kepada TNI sebagai operatornya. Nah kalau betul2 mau ngebut bisa juga dipakai tuh skema itu. Coba saja kalau setiap provinsi menyumbang satu kapal patroli atau helikopter berarti sudah ada tambahan sekian ( ngarep dot com daripada duitnya dikorupsi oleh tikus2 di daerah).

      • bisa jadi bung@now biasa harga dollar naik, harga ikan asin,tahu,tempe di warteg tetanga juga naik

      • iya, semua harga serba naik. IDR dari dulu sangat rentan, tapi setelah lebh dari 10 tahun tetap masih rentan terhadap USD kita harus bertanya apa yang salah. Di Asia mata uang kita yang turun paling rendah terhadap USD.

        kekurangan ini anggaran pertahanan APBN ya? saya baru inget πŸ™‚ MEF tidak terganggu, tapi jadwal bayar hutang dan penyelesaian kontrak berjalan tahun2 sebelumnya memang jadi meningkat dengan melemahnya IDR

        • Saya pikir jg begitu tapi takutnya schedule pembayaran utk tahun2 sebelumnya mengganggu atau memakai anggaran berjalan.

        • Klo dliat dr history taun lalu sih bung, rupiah kita anjlok krn banyak hutang swasta yg jatuh tempo. Plus bebarengan penggunaa dollar oleh pertamina tuk pembelian bbm. Jdnya rentan krn mis-kelola.
          Seharusnya kita kurangilah pemakaian dollar sekecil mungkin. Spt di sektor pelabuhan, separuhnya mrk gunakan dollar untuk pembayaran. Kemudisn bs jg dg cara meningkatkan prosentase bio fuel dlm bbm kita, sehingga bs mengurangi pembeluan bbm, dan akhirnya mengurangi jg penggunaan dollar.

        • Sebenarnya bukan kekurangan bung @now.
          Ini merupakan ala kebiasaan dipemerintah, setelah APBN berjalan ada beberapa koreksi pembelanjaan yg mana perlu dilakukan perubahan. Contohnya sebagai akibat kenaikan harga BBM pada tahun berjalan, maka perlu dilakukan koreksi besaran harga dan itu dilakukan pada RAPBN perubahan yg kemudian akan disahkan sebagai APBN Perubahan.
          Biasanya sebelum itu selalu didahului oleh Surat Edaran Menkeu tentang rencana perubahan anggaran di masing2 departeman.
          Nah ala kebiasaan pula bagi semua departemen yg mengartikan RAPBN perubahan sebagai pengajuan tambahan dana utk departemennya. Sebenarnya tidak seperti itu, bisa saja berkurang dan bisa saja bertambah. Tapi sepengetahuan saya, belum ada Departemen yg mengajukan pengurangan dana, yg malah sering adalah meminta penambahan dana seperti Kemenhan.
          Coba kita perhatikan pada saat pengesahan RAPBN 2014 nanti jumlahnya berkurang atau tetap atau bertambah.? Sudah bisa dipastikan bertambah πŸ™‚
          dan sudah bisa dipastikan pengajuan Kemenhan akan disetujui.
          Mari kita ramai2 berimajinasi lg, alutsista apa yg akan dibeli pak Poer dng dana tambahan ini…..jayalah TNI πŸ™‚

          • bung nowy dan bung satrio serta bung2 yang lainnya, menurut pemahaman saya, Anggaran MEF 1 untuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah 2010-2014 untuk memenuhi kekuatan pokok minimal Besaran anggaran 150 trilyun tepatnya sekitar 156 trilyun.
            Dari 156 trilyun terdiri dari :

            1. Dana APBN th anggaran 2010-2014 untuk MEF 1 sebesar Rp. 99 triliun.

            2. Dana On Top (dana yang tak diambil dari APBN, tapi langsung dianggarkan Bappenas) untuk penguatan alat utama sistem senjata (alutsista) th 2010 – 2014 sebesar 57 triliun rupiah

            Dana On top :
            th 2012 cair sekitar 17 triyun
            th 2013 cair sekitar 12 trilyun
            th 2014 mengajukan 28 trilyun

            Dana APBN pada th 2014 83,4 trilyun untuk percepatan mef sekitar 30-35%

            Silahkan klo teman2 punya data yg lain

    • Kemenhan mengaku usulan mendadak itu diklaim terpaksa diajukan akibat pelemah kurs. β€œDolar naik. Berarti ada kekurangan.

      β€œKontrak kan kita masih pakai kurs Rp 9.700, sekarang sudah Rp 12.000

      mudah-mudahan ada penyelesaian yang baik. kalaupun nanti kemenkeu tidak bisa memberikan, saya harap memang karna dana betul-betul tidak ada. dan tidak ada oknum kayak di kemendag.

  5. buang mase je…macam pejabat betol
    itulah kerja kalian begadoh protes cih…negara pon guncang macam ada kalian di malaysia …dah kena gari…itulah mengapa kami lebeh maju

    • Indonesia masih bisa mencicil dan banyak Negara masih percaya dengan kemampuan Indonesia membayar hutang karena keuangan Negara Indonesia masih cukup sehat. yang lucu adalah untuk memenuhi persenjataan yang notabene untuk menjaga kedaulatan negara pakai cara sewa karena dah tak de kemampuan tuk membeli xixixixi kasiannnnn…

    • @cibay : you’re right,here we are Indonesian,we discuss for better Indonesia .And you ? You and all your people include your puppet leader only need to sit down ,and just do what British think and say.so sad you are .

    • Haha…. itulah bedanya kami sama kalian. kami bebas menyampai kan pendapat . Sedang anda bagai hidup dalam tempurung .. Sikit sikit mau d borgol (gari) haha makan tu gari kami disini bebas menyampailan xpresi kami sedang kamu kasiannnn…… nak becakap pun takut….. Hadeuh… zaman sudah moden bro sadarlah bangun dari tidur mu…

    • Bujug busettt.. Ngicik tapo diau kaba oyy telegu anyut… Teu ngarti urang bahasa loe..
      Mending ente referendum aje, malon.. Masuk propinsi indonesia, masuk jd kabupaten2 di kepri, kalbar, kaltim atau kaltara…

    • itulah bedanya indonesia raya dengan malon, kami menerapkan demokrasi sehingga semua orang bisa berpendapat dan bersuara dengan bebas bahkan berita sekecil apapun bisa didengar dan diketahui masyarakat umum beda dengan malon rakyatnya dikurung dalam sangkar seperti burung beo yang tidak bisa bersuara, jangan-jangan raja malon gay/homo juga tidak ada yang tahu kan. oleh karena itu wajar kalau orang macam cibay ini cari pelampiasan dengan bersuara disini karena di negaranya tidak ada tempat untuk bersuara

  6. itungan meleset ya? πŸ˜€ yuk ambil calculator lagi

    • Pesenya 8 yg bisa dibayar 3 doang(sisanya bwat bayar denda perkara dan gugatan arbitrase)

      Simana ni nasinya lontang sm sukro?….

      Bisa-bisa cuma bisa kebeli 1 lontong bekas + sukro 6 biji?….

      Ngenes denger berita ini

      Memeng bner slama ini banyak duri dalam daging di NKRI ini

      • Lontong plus sukro itu kan kalo ga salah program MEF bung @arjuna, sementara yang diberita itu permintaan tambahan anggaran pertahanan. Bayar hutang dll kan biasanya memang dianggarkan dari anggaran APBN per tahun. Makanya yang lari ke pengadaan persentasenya hanya 30%-an

        • Ane belum jelas ni om soal pembiayaan lewat MEF & APBN perbedaanya dimana ya?……

          Mohon pencerahanya πŸ˜€

        • waduh.. πŸ˜€

          MEF itu dapat dana khusus on top diluar anggaran pertahanan per tahun. Dana MEF dianggarkan per renstra (rencana strategis) 5 tahunan, sementara anggaran pertahanan keluar tiap tahun dan diambil dari dana APBN per tahun anggaran juga.

          Dana MEF 1 sekitar rp150 triliun (2010-2014) sementara anggaran pertahanan tahun 2014 dapat sekitar rp84 triliun.

          Dana MEF murni untuk percepatan modernisasi TNI. Sementara dana anggaran pertahanan masuk Kemenhan dan dibagi2 lagi antara Kemenhan sendiri, TNI AD, AL dan AU. Gaji sipil Kemenhan dan gaji anggota TNI, operasional, bayar hutang dll diambil dari anggaran per tahun tadi, termasuk sekitar 30% yang diperuntukkan untuk belanja alutsista.

          Misal 2014 anggaran 84 triliun maka anggaran belanja alutsista hanya 30%-nya atau sekitar rp25 tiliun. Sementara dana MEF yg rp150 triliun 100% digunakan untuk percepatan modernisasi TNI

          jadi ngantuk nih πŸ˜€

        • Dana MEF 150 T adalah dana yang disiapkan untuk peningkatan militer indonesia diluar anggaran APBN tahunan untuk kemenhan,,dalam program MEF I diantaranya yang dibiayai adalah sukhoi,T 50.C 295,Bmp 3F,Sigma 10514,Kapal selam dan lain lain,

          Kalau dana APBN adalah dana rutin pembelanjaan tahunan untuk porsi kemenhan,,dari dana yang dianggarkan thn 2014 sebesar 83 triliun ada dana 16 triliun yang dianggarkan untuk pembelian alutsista ..sisanya untuk gaji pegawai,biaya operasional dan perawatan alutsista yang sdh ada.

          Dari dana 16 triliun ini karena ada kenaikan dolar maka ada kekurangan dalam pemenuhan pembayaran pembelian alutsista yang ditargetkan,,maka dari itu kemenhan meminta tambahan dana kepada menteri keuangan sebesar 11 T
          salah satu alutsista yang dibiayai oleh APBN adalah heli apache dalam program multy year
          semoga jelas ya

        • Mungkin yg dimaksud bung @arjuna, sumber dana MEF jika bukan dari APBN lalu dari mana.? Begitu kan bung.?
          Saya beri sedikit bocoran bung
          Dipemerintahan itu ada dana yg bersumber dari APBN dan non APBN.
          Kalo yg bersumber dari APBN berasal dari penerimaan pajak, ekspor migas dan non migas, paiwisata dan telekomunikasi dll nya. Lalu kalo non APBN atau yg lebih dikenal dng dana non budgeter yg bersumber dari Dana sisa APBN thn yg lalu, dan hasil dr pengelolaan keuangan, seperti Jamsostek dan Dana Haji, pengelolaan bursa efek, Lembaga Penjamin Simpanan serta masih banyak lg dana non budgeter yg tdk bisa diasumsikan sebagai penerimaan negara.
          Mungkin sekedar menyegarkan ingatan kita, dana Talangan BLBI yg 800 triliun dan dana talangan Bank Century 6,7 Triliun bukan bersumber dr APBN.
          Sebenarnya Indonesia itu tdk miskin2 amat, jd kalo sekedar 150 triliun bagi pemerintah itu nilainya belum seberapa. Hanya saja sumber2 dana tersebut baru bisa digunakan dalam situasi darurat. Pada intinya sebagai perumpamaan, jika anda gajian perbulan dan gajih tersebut sudah dipakai oleh istri utk keperluan dapur, sekolah anak listrik dll ternyata akhir bulan masih ada sisa uang. Nan duit itulah yg ditabung buat beli motor atau beli mobil atau nyicil beli rumah. πŸ™‚

        • Penjelasan bung di bawah cukup melegakan hati sebetulnya. Tadinya saya juga sempat berpikir begitu. Berarti perhitungan GFP rank terbaru yang menempatkan Aussie harus dihitung ulang tuh πŸ™‚

        • Ralat: #..yang menempatkan Aussie persis di bawah Indonesia..#

        • Wah, terima kasih bung nowy, bung satrio dan bung ruskye atas penjelasannya. Jadi ngerti soal anggaran2 ini.

          Terima kasih jg bung donnie dan bung arjuna yg sdh nanya topik tsb. Gak kepikiran euy. He3… maklum, pengamat dalam masa percobaan.

  7. Saya harap ini masih koma, belum titik. Krn belum dibahas ditingkat selanjutnya, belum ada menkeunya dan mudah2 sby bisa mencari jalan keluarnya spt yg diutarakan para sesepuh disini msh banyak opsi lainnya spt barter, long term credit, anggaran non budget, produksi di dlm negeri.

  8. 11 T,, kira” buat mw nambah maenan apalagi buat TNI yaa,, maaph smw,, saya baru di sini,, salam kenal semua

  9. Sejak pertengahan tahun 2013 mestinya KemHan sdh mengantisipasi pelemahan rupiah. Kalau sekarang baru ngomong ke DPR ya terlambat. Kurang koordinasi.
    Antisipasi ya seperti 6. Bung @Arta says.
    Sekarang bagaimana? Paling baik amankan yg sdh kontrak sehingga Indonesia tidak malu dan MEF I ada hasil biarpun minimal.
    Selanjutnya semua berpikir yang realistis lah, jelas prioritasnya, jangan besar pasak dari tiang..

  10. kontrak modernisasi alutsista sudah terlanjur dilakukan dengan “rekanan TNI” di luar negeri sejak tahun lalu.
    mungkin kekurang itu buat ngasih calo dari OKNUM TNI yg punya REKANAN DARI LUAR,,,

  11. Lo Lo Lo,,? Ko calo,?? Bukan’a G to G bung #golput

  12. Gara2 pelemahan Rp, debt service ratio RI (prosentase kewajiban pembayaran utang LN terhadap penerimaan devisa ekspor) melonjak dari 25% (titik terendah) menjadi 42.7%, lampu kuning mulai berkedip…

    Alokasi belanja setiap sektor akan mengecil, termasuk hankam.
    Fokus ke arah pertahanan ZEE RI, balik lagi radar maritim sehingga kita bisa memantau seluruh ZEE tanpa sebuah kapal atau pesawat MPA-pun (hemat BBM).
    Optimasi (rancangan) kapal perang, berapa m panjang kapal terkecil yang dapat menggotong Yakhont?
    (apakah masih bisa lebih pendek dari Buyan M? bisa sih, fast boat dengan 2 x C-705 tapi cuma bisa muter2 sekeliling Natuna misalnya)
    Melindungi ZEE dengan Yakhont berarti kapalnya cukup kelas littoral, green navy dulu yang penting efektif.
    Destro, kapal induk mudah diucapkan, bayarnya yang sulit…

    Menurut pak TB F-16 dan Apache terancam wanprestasi karena tidak mampu bayar, ya udah Apache aja dibatalkan, Leo ditumpuk di Kalimantan.

    BTW, Februari hampir berlalu, kapan mulainya renegosiasi gas Tangguh?
    Jakarta, Indonesianway.com – Pemerintah siap melakukan renegosiasi kontrak perjanjian jual-beli Liquefied Natural Gas (LNG) Tangguh pada awal 2014. Demikian diungkapkan Menko Perekonomian, Hatta Rajasa usai acara Indonesia-China Business Luncheon di Jakarta, Kamis (3/10/2013).

    β€œDiawal 2014 kita akan mulai mulai melakukan renegosiasi soal itu. Sudah ada pembicaraan antar Menteri soal itu, karena pembicaraan pada level Presiden sudah dilakukan dulu semasa Presiden Hun Jintao,” ujar Hatta, seperti dikutip dari esdm.go.id.

    Pemerintah lelet negara lemah…

  13. uuuh..ruwettt..apapun yg diurus d negeri sendiri sll ruweet

  14. ya iya lah buat pembelian alutsista
    ada dana APBN
    Ada dana MEF
    ada dana On Top
    tetapi kan semua sesuai dengan porsinya ,kalau disatu porsi sumber dana memang dirasa kurang yaa minta kan

    Bahkan pembelian satelit militer dari porsi kementrian lain
    pembelian early warning radar oth buat bakamla dari kementrian lain,

    menambahkan bocoran sedikit Bung Satrio. untuk pembelian alutsista dari Rusia kita menggunakan kredit ekspor lagi seperti saat dulu pengadaan alutsista tahun 2007.

    Biar warjager pada puyeng, ada maksud apa ya kok kemenhan minta tambah pagu anggaran. kalo alasan klise ya karena menyesuaikan perbedaan kurs.:D

  15. untuk skala prioritas mungkin pemerintah sebaik nya mengubah skema pembelian dgn cara barter komoditi atau apalah asal jangan pake dollar

  16. menurut perkiraan sy yg masih awam..kenapa dari kemekeu tidak di loloskan..
    1. Rupiah melemah terhadap dollar..sangat kecil kemungkinan? (kemungkinan kontrak dilakukan sudah pasti di konfirmasikan ke kemenkeu tentang kesiapan anggaran sampai kontrak berakhir dengan perkiraan dollar batas tertinggi)
    2. Coba perhatiin berita akhir2 ini..kemungkinan ada usulan alutsista yg strategis dan mendesak atau
    3. pihak ke kemenhan/TNI gak mau tunjangan mereka kecil..he.he.
    maaf kalau salah menilai..salam NKRI dari Bangka

    • kan belum ada berita konfirmasi tidak diloloskan πŸ˜€

      untuk point 1 kontrak alutsista ada yang sebagian sudah dilunasi saat kontrak pembelian dibuat ada juga sebagian yang belum tergantung delivery dan kita sudah terima baru dilunasi. tapi biasanya kurs yang dipatok adalah kurs rupiah terhadap dolar saat sign kontrak pengadaan alutsista pada saat itu, tidak ada / jarang sekali pengadaan kurs alutsista menggunakan kurs yang mengambang alias bebas.

      untuk point 2 coba dianalisa sendiri aja. alutsista apa aja yang disign kontrak pembelian oleh kita saat kurs rupiah melemah. πŸ˜€

      untuk point 3 itu alasan yang tidak logis untuk meminta penambahan anggaran. prioritasnya bukan untuk itu.

  17. Negara kita tidak akan pernah maju jika korupsi masih merajalela…..

    Bayangkan Saja… setiap tahun APBN mesti disedot 60 triliun rupiah untuk membayar bunga obligasi rekapitalisasi perbankan eks-BLBI… bandingkan dengan anggaran MEF

    lebih miris lagi ..anak yang baru lahir saja sudah berutang 8 juta rupiah…

    http://www.suararakyat.co/2012/06/utang-blbi-bentuk-penindasan-pada.html

    http://www.koran-jakarta.com/?1838-ibarat%20langit%20dan%20bumi,%20utang%20blbi%20dibanding%20dengan%20penerimaan%20pajak

  18. Dari dulu negeri ini sudah lupa…..ingatnya hanya bisa belanja tapi lupa bagaimana mencari uangnya…Pemimpin di negeri ini semuanya bisa berjanji untuk memberikan ini itu..tapi tidak tahu dari mana mencari uangnya…ibarat seorang pemuda yng sedang melamar gadis dan menjanjikan segala sesuatu tetapi ketika ditanya..uangnya dari mana Bang..dia ga bisa menjawab……

    Negara ini kalo mau besar….maka mandirilah dari pembiayaan…kalo mau mandiri dari pembiayaan..maka maksimalkan penerimaan negara dari pajak…Hutang tidak perlu kalo pemimpin negeri ini tahu potensi pajak yang ada di dalam negaranya….lihat negara tetangga yang tax rationya sudah mencapai 15-16%, tetapi Indonesia hanya 11-12%, padahal setiap 1% tax ratio yang ada..bisa menghasilkan 70-85 trilyun rupiah….Negara ini tidak pernah serius untuk membesarkan dirinya dengan kemampuannya sendiri….lihatlah Direktorat Jenderal Pajak hanya dibiarkan dengan pegawai sebesar 32 rb pegawai…bandingkan dengan Jerman yang penduduk dan tingkat kesadaran WP tinggi memiliki pegawai 100 rb lebih…lihat juga jepang yang hampir sama dengan Jerman pegawai pajaknya 66 ribu orang….

    Saya sangat yakin jika kita serius membenahi pajak dan membesarkan institusi pajak terlebih dahulu….semua kebutuhan anggaran termasuk Alutsista bukan lagi persoalan…dengan target penerimaan 1180 trilyun dari pajak di tahun 2014 ini pajak sudah mencapai 78% dari penerimaan negara …bayangkan…jika tax ratio kita bisa sampai 16% maka akan ada tambahan lebih 300 triyun…

    • zip..zip..huraa.. itu respon pling jitu yg ditunggu2, sbgian dr kita enggan blajar dr bangsa2 lain gmn cr nangkap ikan,nasionalisme? dah makin langka , keteladanan? dah lama punah. pesimis? ya ga lah….sapa tahu umpan ada yg makan, yg pnting striiike..mantap

    • Beda konteks bro kl hutang beli alutsista, dengan berhutang jangka panjang pemebelian memang bisa memberatkan anggaran, tapi bisa menjamin pengiriman alutsista ,suku cadang, n pelatihan alias sedikit bisa mengakali embargo. “situ ngga kirim sisanya, ane ngga bayar” itu positifnya kl beli alutsista kredit. Itu juga mengapa Russia dengan PD-nya bilang dia antiembargo buat Indonesia, krn dia nawarin kredit lunak jangka panjang, krn kl Russia ngga kirim suku cadang / pelatuhan SU 27/30 sesuai kontrak, kita kagak bayar sisanya. sama2 apes jadinya.

    • Kalau mendengar bahwa setiap tahun kerugian yang diderita akibat pencurian hasil laut mencapai puluhan triliun pertahun, kok saya jadi kepikiran memaksimalkan pengamanan dan pemanfaatan sumber daya laut kita. Setiap berhasil mengamankan dan memanfaatkan 10T misalnya, maka dapat bonus tambahan 1 kapal patroli he..he

  19. iya ya semua barang naik hanya celana sj yang turun he,he,he

  20. Mudah-mudahan segala slogan pemerintah mengenai pembangunan kembali TNI gak berakhir “anti klimak” seiring dengan lengsernya SBY Oktober nanti ….

  21. Aduh… BELI ALUTSISTA JANGAN PAKE DOLLAR!!!!!!!
    BUANG AJA DOLLAR AS KE TONG SAMPAH……..

    Pilih mata uang yang relatif stabil terhadap Rupiah……
    Beli alutsista Rusia kok pake dollar AS?
    Beli alutsista China kok pake dollar AS?
    Beli alutsista negara2 Eropa kok pake dollar AS?
    Beli alutsista dari negara lain kok pake dollar AS???????????

    SEGERA EMBARGO DIRI SENDIRI DARI DOLLAR AS…….
    HILANGKAN SEMUA MEMORI INDAH DAN MEMORI PAHIT DARI DOLLAR AS…..
    RUPIAH-DOLLAR AS, TIDAK STABIL……

    Rupiah dan dollar AS dalam pelaminan mahligai rumah tangga sangat rentan terhadap kekisruhan2 “rumah tangga” dan dikerjai oleh konglomerat2 asing binaan AS….

    Calon Mempelai pendamping Rupiah dalam pelaminan harus dicari yang stabil, yang tidak cepat minta cerai, dan yang tidak berkelahi setiap hari….

    Sudah saatnya membuang hegemoni dollar AS dalam seluruh aspek perdagangan RI…!!!

    • Defisit transaksi berjalan RI membuat Rp melemah terhadap semua mata uang asing seperti grafik,

      Semua mata uang di atas melemah thd USD, tetapi pelemahan Rp paling buruk sehingga Rp pun relatif melemah terhadap Rubel/RUB (Su, BMP, Kilo), Real Brazil/BRL (Tukino udah lunas?) dan lira Turki/TRY (proyek kerjasama tank medium?)…

      Log exchange rate against USD of Argentina Peso (ARS, blue), Brazilian Reals (BRL, red), Chilean Peso (CLP, green), Indonesia rupiah (IDR, black), Indian rupee (INR, teal), Russian ruble (RUB, purple), South African rand (ZAR, olive green), Thai baht (THB, dark blue), and Turkish lira (TRY, pink), all expressed against the USD, 2013M05=0. February observation pertains to 18 February. A decline indicates a weakening of the currency.

    • Rp pun melemah terhadap Chinese Yuan/CNY, QW-3, HQ-xx tambah mahal harganya…

      http://www.dollars.com/images/charts/CNY_IDR_5year.png

  22. beli dari cina pke yuan
    beli dari rusia pake rebel
    beli dari korea pake won
    beli dari eropa pake euro
    beli dari us baru pake dolar, gtu kan gurih2 enyoy

  23. Berita hari ini: πŸ˜€

    Jakarta -Salah satu orang terkaya di Rusia, Oleg Deripaska hari ini manyambangi kantor Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat di Jalan Gatot Soebroto, Jakarta. Oleg datang ditemani oleh Wakil Ketua Umum Bidang ICT dan Penyiaran Didie Suwondo.

    Belum ada info lebih lanjut apa maksud orang terkaya Rusia itu bertemu MS Hidayat. Namun sekitar pukul 15:10 WIB, terlihat ada 7 orang delegasi Rusia yang terlihat memasuki ruangan MS Hidayat di Lantai 2 Kemenperin.

    Sebelumnya, Oleg pun beberapa waktu lalu terbang ke Indonesia untuk bertemu perwakilan pemerintah. Ia sempat menyambangi kantor Menko Perekonomian Hatta Rajasa untuk merencanakan investasi di Indonesia di Jalan Lapangan Banteng.

    Oleg ingin menanamkan investasi di Indonesia dengan nilai US$ 6 miliar atau sekitar Rp 60 triliun. Investasi ini dalam bentuk pembangunan smelter atau pemurnian hasil tambang mentah. Menurut rencana, pabrik ini akan dibangun di Tayan, Kalimantan Barat.

    “RUSAL akan melakukan investasi sebesar US$ 6 miliar dimulai dengan US$ 3 miliar dulu untuk membangun smelter dari bauksit ke alumina, dari alumina ke aluminium, dan berpotensi nanti ke industri hilirnya sampai ke aluminium foil, berbagai macam turunan aluminium,” kata Hatta akhir tahun lalu.

    Menurut Hatta, minat perusahaan Rusia tersebut datang akibat UU Minerba tahun 2009, terkait pelarangan ekspor barang tambang mentah di Indonesia mulai 2014. Kehadiran orang terkaya di Rusia tersebut untuk ketiga kalinya ke Indonesia adalah untuk memastikan aturan itu.

    Forbes mencatat kekayaan Oleg Deripaska mencapai US$ 8,5 miliar atau sekitar Rp 85 triliun. Oleg menjadi orang terkaya ke-16 di Rusia dan ke-131 di dunia.

    • Berita bagus. Investor baru masuk akan membuat investor lama ga bisa terlalu jual mahal.

      • Kenapa Freeport / Newmount susah banget disuruh buat smelter, sedang kan investor dari rusia justru dateng jauh-jauh buat bangun smelter disini, sebegitu rakuskah si berat (US).

      • prinsip ekonomi bung, dan kapitalisme memang sepenuhnya itung2an untung rugi. selain itu juga Indonesia yang kuat secara ekonomi tidak akan mudah tunduk pada tekanan politik asing. wajib smelter itu langkah maju walau telat πŸ™‚

        dengan datangnya investor Russia yang diuntungkan jelas adalah Indonesia

      • betul, mental. mereka kebanyakan pintar koq, cuma mentalnya itu yang mental “nasi lemak” πŸ˜‰

      • Bung Now Masih ingat clue dari saya kapan hari
        Pemerintah berani keras dengan penerapan UU minerba karena ada dukungan dari pengusaha rusia yang siap membangun smelter besar besaran

        entar ane kasih list perusahaannya
        hehehehe

        • yep.

          billionaire Russia kebanyakan bergerak di bidang tambang dan migas, jika mereka memberikan komitmen gak heran pemerintah kita berani menerapkan wajib smelter. Ini luar biasa bung, memberikan harapan bahwa Indonesia bergerak maju. Tidak lagi jual kolor beli rokok tapi jual produk hulu tapiii… masih untuk beli rokok πŸ˜† masih akan terus berlanjut sampai nanti ada keberpihakan pemerintah terhadap industri ataupun komoditi dalam negeri, sampai ketika kita ga usah keluar devisa hanya untuk sekedar payung dan ikan asing produk asing

      • gue sedikit ga setuju… dulu tapi ya..dulu

        Pejabat kita itu tampak lemah dlm publikasi tapi ini SEPERTINYA.
        sepertinya, sehingga rakyat pun tidak nuntut macem2. siapa yg akan menduga.?
        serba HIDDEN jadinya, senyap, aman, kantong tebal, sekalipun tdk gagah dalam pemberitaan.

        coba dipublish begini, Freeport memberikan keuntungan sampe 40 % buat negara..wah itu akan rame, dan tidak bisa dikorupsi tentunya.
        selama bisa di hidden, hidden lah ..biar serba ADEM.
        πŸ˜€

        • kita tunggu aja keputusan kontrak blok Mahakam Total Inpex apakah diperpanjang pasca 2017.

          yang pasti 2006 dirut pertamina Widya Purnama tegaskan siap kelola blok cepu sendiri, bank2 nasional siap dengan back-up dana, Widya dipecat kontrak ExxonMobil diperpanjang…

    • Letaknya di Kalimantan Barat, milik perusaaan rusia, dekat LCS, kmungkinan bs jd obvitnas. Tahapan selanjutnya, sekalian jd alasan minta HIBAH gratis payung udara πŸ™‚

  24. urang uang Rp. 11 Trilyun, yang jadi pertanyaan :

    1.Kurang karena memang Kurs Dollar naik
    2.Kurang Karena ada belanja alusista baru diluar MEF 1 ATAU MEF 2 sehingga dana nya kurang
    3.Kurang Karena belanja alusista yang ga perlu tapi di beli juga sehingga mengurangi dana belanja alusista yang sudah terjadwal
    4.Kurang Karena situasi politik sekitar kawasan ( baca: abbot,singapure,PnG) yang sedang bergejolak sehingga di butuhkan daya tangkal secepatnya *(baca:penambahan alusista pengimbang)

    kalo saya berharap nomor 1 yang menjadi penyebab kurangnya dana belanja alusista.mungkin temen temen ada pendapat lain. …..

    ternyata pagi hari saya koran KOMPAS. disana tertulis. bahwa tambahan 11 trilyun untuk pembayaran kekurangan F16 BLOK 52 HIBAH DARI USA DAN JUGA APACHE, SHINGGA KLO TDK DIBAYAR SECEPATNYA MAKA INDONESIA TERANCAM DI TUNTUT KE ARBITRASE INTERNASIONAL…gara gara F16 HIBAH DAN APache ini maka uang TNI berkurang …: Sumber KOMPAS hari ini

  25. sekalian nih mau minta pencerahan sama ekonom

    Knpa dunia masih mempertahankan $ . bahkan pada transaksi 2 negara yg bukan domain $..?

    dalam pikiran awam gue, Jika FED menarik sebagian dollar yg beredar dipasaran, otomatis $ pun sulit dicari dan menjadi superior terhadap mata uang lainnya dlm konversi.
    Lebih jauhnya qo setia ya…pada $ πŸ˜€

    • Kalau yg sy pelajari waktu kuliah sih,itu karena $ adalah uang yg di jamin dgn emas sehingga nilainya stabil.setiap federal reserve mengeluarkan $1 ke pasar maka emas seberat 2,33 grain disimpan dlm fort knox,benteng terkuat USA Tempat mereka menyimpan kekayaan devisanya.setiap mereka ingin menarik $ maka mereka harus melempar emas tsb ke pasar.jadi tidak mudah bg USA untuk menarik $.$ hilang di pasar karena ulah spekulan bkn USA.Kecuali kalau spekulan itu di modali USA.Tp USA lg bangkrut gene.byr obligasi aja terancam default

  26. Itu tracked IFV, IMHO kemiripan dengan tank hanya track wheel-nya itu, ga mirip dengan gambar desing medium tank Pindad yang beredar. Tapi lumayan lah, bagaimanapun proses ini adalah pembelajaran berharga bagi Pindad, sambil nunggu design kerjasama medium tank dengan Turkey keluar.

    btw, videonya dimunculkan di sini saja

    • Nanti ada sedikit info seputar tank medium pindad dan turki… Semoga bermartabat

    • Pinggir atasnya itu loh agak kurang kedalam…., terkesan plat keatas…. tinggi dan kakinya kurang lebar, agak ngeri kalau jalanannya miring, bisa ngeguling
      Tapi tetep perlu diapresiasi, masih dalam proses belajar…. πŸ˜€ mantappp lahhhhh

      • Soalnya kurang lebar, dan body-nya tinggi, jadi terlihat jinjit.atau mungkin memang ground clearance-nya tinggi. Entah kenapa Pindad ngotot ngaku ini prototype tank medium.

        Bagi saya tidak masalah tank medium indigenous Pindad jelek atau bahkan gagal, itu proses wajar, dan selama ada upaya2 maka saya sangat mendukung upaya2 Pindad. Tapi jangan melakukan pembodohan dengan mengatakan itu adalah tank medium (yang dilengkapi jendela dan berpintu di belakang serta space untuk ngangkut personil) πŸ™„

      • Tampak terlalu ringkih untuk sebuah tank, semakin tinggi body harusnya semakin rentan terhadap tembakan lawan.

        Rancangan kan tidak perlu dari 0, bisa nyontek yang ada.
        APC Achzarit Israel (modif T-55/54 rampasan dengan turet dibuang) ini mungkin bisa dijadikan acuan tinggi yang ideal. Rancangan pintu + ramp keluar personil juga sangat unik…

  27. berarti level kekurangan dana bisa jadi butuh instruksi presiden. atau harus menunda pembahasan beberapa RUU, biar bisa berhemat sementara waktu.

  28. Kalaupun tertunda ya cuma 1 tahun bung. Yang diminta kan penambahan anggaran pertahanan dari APBN. Jika permintaan ditolak Menkeu, mudah2an akan ada penyesuaian dari anggaran pertahanan thun depan. Walau bagaimana modernisasi utama akan terus berlanjut, kebanyakan kan mengandalkan dana MEF, Apache sendiri agak kental nilai politisnya. Sedangkan radar cuaca itu jika sampai terhambat sangat disayangkan, apalagi saat ini di seluruh dunia sedang terjadi anomali cuaca yang menimbulkan bencana, termasuk di Indonesia

    • Perasaan saya malah bilang bahwa hal ini adalah penolakan atau pembatalan tawaran dan order secara “halus”… jadi inget rencana pembelian leo yg dijegal parlemen belanda..
      Ya gk tahu juga karena berita di koran hanyalah sejarah bisa jadi kenyataannya berbeda 181 derajat

      • Apache maksudnya bung? bisa saja sih, walau TNI AD sudah jelas ngebet pada alutsista yang satu itu. Soalnya iconic dan akan menaikkan level AD kita yang selama 1 dasawarsa sebelumnya puasa mutih. Entahlah jika ada unsur tekanan politik dari unsur asing lain dengan iming2 tertentu. Sementara untuk saya sendiri untuk berita ini cenderung text book merasa ini murni karena pelemahan rupiah sesuai berita. IDR kita anjlok rendah banget lo bung terhadap USD dibanding negara2 lain

        Pada kenyataannya siapa yang tau, bisa saja memang berbeda 179 derajat πŸ˜‰

        • Jangan kawatir lah
          Bener kata bung ruskie diatas
          Ini hanyalah tarik menarik dalam APBN perubahan .
          tahun kemarin juga gitu kok,
          Nanti kalau udah diestujui tambahan oleh depkeu baru digodok di DPR tuk disetujui

          Kalau ada dari kalangan dewan yg sudah koar koar itu ada pesan yg harus di penuhi agar mulus dianggarkan dlm APBN perubahan
          coba dicari berita thn kemarin alutsista apa yg tarik menarik untuk dimasukan APBN perubahan.

          Apache itu pembiayaan multi year mulai APBN thn kemarin.
          gak mungkin gak jadi.itu dibilang bisa wan prestasi atau gagal
          adalah bumbu agar depkeu menyetujui tambahan dana 11 T untuk masuk APBN perubahan,

        • tapi memang ada beda ‘sedikit’ antara saat ini dengan setahun lalu;

          sepertinya akan diperlukan penajaman prioritas…

        • “sedikit” buncit πŸ˜€

          Inshaallah, di APBN 2014 ini akan ada penyesuaian. Kemenhan butuh duitnya sekarang dan Menkeu ga bisa memasukannya ke APBN tahun lalu. Kata komisi 1 semua alutsista berlanjut, tapi telat penyelesaian keuangan = unit telat datang, rugi waktu

  29. Ada unsur sensasinya, maklum menjelang pemilu.

    Kalaupun ada kekurangan dana untuk F-16 dsb, ya ini dulu yang dipenuhi/diprioritaskan dengan menunda pembelian2 yang lain (daripada jadi perkara), sepertinya tidak mungkin jika alokasi APBN 2014 hanya pas2an untuk kelima item yang disebut.

    Tapi betul bahwa beberapa tahun ke depan harusnya akan ada pengadaan yang tertunda karena hingga akhir tahun ini diprediksi kurs USD baru akan membaik ke Rp 11,400, masih jauh dari level 9,700an sebelum Rp nyungsep akibat defisit perdagangan…

  30. normalnya suku bunga berkisar 1% sampai 1,2% per bulan. keuangan syariah bisa ditekan sampai 0,8% per bulan. selain beban bunga 2% per bulan sangat tinggi sekali, beban fluktuasi tukar rupiah terhadap dolar juga besar dan sulit diprediksi. usaha rupiah, transaksi rupiah, pinjaman rupiah, gak cocok pinjam uang dolar. kecuali kalo bisnis ke luar negeri baru bisa pinjem dolar, tapi ga seberat 2% bunga kalee….

 Leave a Reply